Saturday, June 9, 2018

MIKO'S GRADUATION DAY

Kali ini giliran cerita graduation day nya si Miko.....

Awalnya gua pengen skip aja acara ini, karena males harus ijin kantor lagi. Tuhhh, karyawan teladan banget kann gua. Prett! hahaha. ...Biar ke sekolah mah diwakilin sama si Papoy aja yang siap sedia setiap saat. *kalah Rexona mah! Tapi kan gila aja yaa, masa anak sekolah 3 taon, pas diundang ke acara kelulusannya yang cuma sejam dua jam malah gak mau hadir nih emaknya? *emak macam apa tuh! Terlebih di undangannya tertulis undangan berlaku untuk kedua orangtua ( waktu graduation day si Alvin, undangan berlaku untuk 1 orangtua yang mewakili aja ). Jadi kan memang sangat diharapkan kedua orangtua hadir lengkap. Si Miko bisa kecewa berat lahhh kalo emaknya gak dateng mah, dia pasti bilang mamie pilih kasih, ke acara graduation Alvin mau dateng, giliran dia masa gua gak mau dateng. Ye kannn! Wewww....kebayang gak kalo anaknya 4 orang terus lulus di tahun yang sama? pegimanaaa yeee urusannya? wkwkwk ...   Pantesan yaa kemaren2 ada surat edaran dari Kemendikbud ( kalo kagak salah...), bahwa acara graduation2 an begitu dihimbau hanya diadakan untuk lulusan tingkat sarjana aja, kan mungkin supaya tidak memberatkan orang tua juga yaa. Yahhh, gak usah diperdebatkan sih, suka-suka aja, kalo orangtua memang mensupport penuh anaknya mah menurut gua it's not a big deal. Tuntutan kids jaman now kan memang berubah, udah gak kayak dulu lagi. Pada akhirnya, otak gua masih waras kok sebagai emak2 yang sangat sayang ke anaknya. Gua dateng lahhh!

Berhubung Alvin dan Miko bersekolah di satu sekolah yang sama, yah jadinya background foto untuk para lulusan SMP masih bisa pakai yang bekas anak SMA 3 minggu lalu. Fotonya sama persis deh...cuma orangnya aja yang beda...
Panggung acaranya sederhana ajaa....di aula yang sama waktu graduation day si Alvin .
Siapa yang nyangka tampang imut kiyut begini udah jadi anak SMA bulan depan....
Susunan acara nya sama persis dengan acara waktu pelulusan Alvin, cuma kali ini panitia nya lebih siap dan rapi. Contohnya waktu anak naik ke atas panggung untuk menerima tanda sah sudah lulus, maka diatur fotografernya buat fotoin satu persatu dan si anak gak buru2 jalan turun.
 
Jadi setiap anak punya kenang2an lah saat moment menerima medali, bersalaman dan seterusnya....patut diacungin jempol.
Nahhh, urusan belajar anak2 itu kan dimana-mana rasanya pasti jadi masalah besar buat orangtua ya. Termasuk si Miko ini, yang begitu masuk ke tingkat SMP, dia bener2 super santai, jarang belajar dan gak ambisius kepengen dapet nilai bagus. Gak pernah baca buku pelajaran, kerjaannya maen game dan nonton tivi. Sampe mau ujian nasional kemaren aja dia masih santai-santai aja gak belajar, padahal di test Try Out ( TO ) yang diadain dari bulan November buat memacu semangat belajar murid2 untuk menghadapi Ujian Nasional, si Miko dapet nilai jeblok dibawah 50. Gimana kita orangtua kagak stress coba? Tapi emang sih, yang jeblok bukan dia sendiri, tapi masih ada beberapa temennya juga, sampe pihak sekolah manggil orangtua rapat ke sekolah dan diminta orangtua lebih mengawasi anaknya supaya belajar menghadapi UN. Yahh mulut sih udah pegel yaa kasih tau dan nyuruh si Miko belajar, tapi anak jaman now yahh begitu lah gayanya. Dengan santainya bilang :"kan udah belajar di sekolah, ngapain lagi di rumah belajar? Capee tau mie." Yahh owohhh, pegimana kagak deg-deg an rasanya jadi orangtua kalo anaknya masih aja santai2 gak belajar padahal test2 yang dilewatin nilainya kritis semua. Sigghhhh.

Pas hari pengumuman lulus ( sebelum acara graduation day ), si Miko kirimin capture an gambar nilai hasil ujian nasional yang bisa didonlot dari website. Inilah nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) si Miko yang bikin gua legaaaaaaa bukan kepalang, sampe rasanya mau makan-makan mulu nih...hahaha. Kagak ada yang jeblok satupun, diluar dugaan! Dan dengan angka rata2 85, menurut gua udah bagus dan memuaskan lahh. Padahal waktu UN itu anak2 kan pada teriak soalnya susah2 banget, dan gua yakin gua aja belom tentu bisa ngerjainnya. Ye kann!
 
Memang sih, kelulusan siswa tahun ini  berdasarkan Ujian Sekolah Berstandard Nasional ( USBN ) dan itu mencakup sekitar 12 atau 14 mata pelajaran ( kalo gak salah....wewww banyak kaliii! ). Dan nilai2 nya si Miko juga lumayan bagus. Super legaaa dehhh jadi orangtua....Dan sekolah Tarsisius 2 menyatakan kelulusan siswa 100 % untuk tahun ajaran tahun ini.

Di tengah-tengah acara juga ada pembacaan nama-nama siswa yang berprestasi dan sekali lagi, kita mah kagak berharap dahhh si Miko dapet piala. Karena ngeliat setiap hari anaknya santai dan gak pernah belajar gitu. Kali ini pihak sekolah menyediakan lebih banyak piala untuk tingkat SMP dibanding untuk anak2 SMA waktu acara graduation 3 minggu lalu, dengan kategori macem2 dan rejeki mah emang kagak kemana2 ya, taunya si Miko masuk di urutan 9 dari 10 anak dengan nilai UNBK tertinggi untuk sekolah Tarsisius 2. Tuhh coba, kalo sekolah cuma sediain piala 3 besar doang mah, si Miko kagak bakal dapet piala lah. Tapi suratan takdir yahhh memang kebagian piala juga akhirnya..... Ahhhh Mikmik......akhirnyaaa dapet piala juga dan bikin bangga orangtua. Aku padamu lahhh anak kuhh!
Lumayan kannn, jadinya kita orangtua naek ke panggung lagi untuk mendampingi si Miko terima piala. Uhhhh, biarpun cuma urutan ke 9, gua bangga dongggg! Paling gak, dari seluruh angkatan, masih kepilih lahh nerima piala. Iya gak Mik?!
Dan salah satu agenda panitia yang patut dipuji juga adalah : foto bersama satu angkatan lulusan SMP angkatan ke 27 ini....( waktu Alvin gak ada...haiyaaa! ).
Dan juga foto bersama dengan para guru serta kepala sekolah dan wakil kepsek.
Gaya bebas....sebebas anak2 yang gak dibebani oleh ujian, PR dan tugas lagi....
Selesai acara , tibalah saatnya acara pepotoan dan narsis2an di photobooth yang udah disediakan....Tentunya kita gak melewatkan spot ini dengan formasi lengkap : mamiefunky squad!
We're proud of you ..Miko!
Miko bersama piala nya...
Dan satu lagi yang membuktikan kerja panitia acara kelulusan ini bagus adalah : setiap anak mendapatkan boneka Teddy Bear bertoga dengan nama masing2 anak. Tuhh, beda kan persiapan panitia kelulusan anak SMA dan SMP....pokoknya kita yang hadir juga jadi nyaman dan senang deh.
Flashback sedikit ke belakang, waktu SD si Miko itu sempet beberapa kali berprestasi. Semuanya dari lomba sempoa. Ini salah satu fotonya ketemu waktu lagi cari foto2 lama.Sejak SMP aja dia agak males belajar.
Tapi untunglah, di penghujung tahun pelajaran SMP, si Miko nyumbangin satu piala lagi, biar rame dehhh rak nya. hehehe. Ntar kalo mamie butuh duit, kali2 aja yaa bisa dibawa ke pegadaian nih...
Ahhh , pokoknya orangtua mana sih yang kagak bangga kalo anaknya berprestasi? Mau prestasi kecil tingkat RT, tingkat sekolah....apapun tingkat nya, gak masalah. Dan tentunya membuat anak jadi lebih percaya diri lagi dengan dikasih penghargaan begini toh? Yah semoga aja prestasi nya bakal berkembang lagi di tingkat SMA. Gitu kan Mik? *mamie masih berharap....
Okay deh, segini dulu ngaco belo sebelum libur Lebaran. Abis ini gua mau kasih Alvin dan Miko hadiah jalan2 gratis keliling dunia deh...dunia fantasi! wkwkwk. Kita mau liburan dulu yakkk! Tunggu cerita liburan kita yaaaa! Babayyy Ciaobella!

4 comments:

  1. Aaahh terharu ya kelulusan lengkap gini
    congrat ya miko akhirny naik level jadi anak SMA
    Jaman ak dulu kok ndk ada acara kelulusan kek gini ya? cuma pas kuliah doank yg pake toga dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu mir..iya jaman sekarang acara kelulusan anak2 mulai dari playgroup sampe SMA yah heboh begitu lah mir...kids jaman now udah beda banget acaranya

      Delete
  2. Congratulations, Miko! Sudah lulus SMP dengan nilai yang memuaskan. Sukses terus di SMA ya.

    ReplyDelete