Wednesday, October 17, 2018

TAMAN SAFARI INDONESIA

Terakhir kali gua ke Taman Safari Cisarua Bogor adalah waktu si Alvin masih di TK. Itupun dalam rangka refreshing anak2 TK. Dan sebagai mamie yang baik cencunya jadi ikutan refreshing buat nemenin anaknya dong, walaupun harus ijin dari kantor. Yahhh begitulah nasib mamah mamah muda yang kerja kantoran dan masih punya anak balita, harus memilih antara anak atau kerjaan. Pilih anak dong yaaa pastinya! *jadi curcol. Nahh setelah itu, gak pernah lagi deh ke TSI. Bayangin aja sekarang si Alvin sendiri udah mau kuliah, jadi hitung aja udah berapa taon lamanya tuhh gak ke sini.

Nahh, jadilah kemaren tanggal 8 September kita jalan-jalan ke TSI lagi nih. Dan yang bikin kita kepengen kesini lagi adalah karena sekarang ada wahana baru di TSI yaitu Istana Panda yang baru diluncurkan sekitar bulan November 2017. Jadi masih terbilang baru lah yaa. Kita kan serba kekinian, gak mau ketinggalan dunk.


Kita bela-belain berangkat pagi2 ssekitar jam 6 supaya gak kena macet, eh taunya teuteup aja kena macet karena ada penutupan jalan satu arah pas jam 8 an. Macetnya berenti total pas sampe di tol Ciawi. Lumayan lah sekitar 45 menitan nunggunya. Tapi sesudahnya langsung lancar karena arah Puncak dibuka satu arah jalannya. Cusss meluncurr dehh ke TKP!

Sepanjang jalan menuju gerbang masuk TSI, banyak terdapat kios2 yang jual sayur mayur. Kita pun sempetin berenti buat beli wortel yang nanti bisa untuk diberikan kepada hewan-hewan di dalam jalur safari.

Tiket masuk Taman Safari Indonesia saat weekend begini adalah Rp. 230.000 per orang dewasa dan Rp. 210.000 untuk anak2. Untuk tiket mobil roda 4 adalah Rp. 20.000. Kalau weekday harga tiket masuknya lebih murah yaitu Rp. 195.000 untuk dewasa dan Rp. 170.000 untuk anak2. Hmmm...lumayan ya bedanya. Tapiiii, namanya juga mamiefunky, kalau ada yang lebih mahal, ngapain pilih yang murah?  Pretttt! Belaguuuuu banget yaa! hahahaha...ke laut ajeeee deh! Yah abis pegimana dunk, eikeh kan cuma kuli yang sibuk bekerja di weekday, cuma bisa libur di weekend, otomatis apa2 juga kenanya yang mahal. Harga tiket masuk mahal, misalnya mau nginep hotel pun kena ratenya yang mahal. Cape dehhh....*jadi curcol. Makanya, doain dong biar eikeh cepet jadi boss! Aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn! *konon Amin yang panjang bisa lebih cepat dikabulkan....hihihihi.

Setelah melewati loket penjualan tiket, kita sampe di gerbang berikutnya untuk pengecekan tiket, dan lalu dibagikan coklat sesuai jumlah tiket masuknya. Mungkin ada sponsor nih. Terus, saatnya kita bersafari ria dehh ....melihat koleksi hewan di TSI yang tentunya jarang kita temui sehari2. Yah eyah lah...masa ketemu macan dan singa di komplek perumahan? Bisa ngibrit terbirit-birit itu sih...

Saking udah lamanya gak ke TSI,  seru juga rasanya ngasih makan hewan2 yang datang menghampiri mobil kita. Apalagi gua ngajak keponakan gua si Achis yang belom pernah kesini, seneng banget dia bisa liat dan kasih makan hewan langsung. Walaupun takut2 dan akhirnya wortelnya dilempar ke luar jendela pas hewannya nyamperin jendela mobil.
Nahhh inilah hewan2 yang berhasil kita jepret....
  Gajahnya terlihat lucukkk...kiyutt...
Unta unta manjahhh....bulunya terlihat rontok dan keruwel2 gitu, males mandi kali yaa mereka..hihihi
Jerapah nya lagi merumput...
Macan nya bosen kali yaa disini....kerjaannya tidur2an aja...
Badak bercula satu ...salah satu hewan yang dilindungi...
Nahh ini dia yang kata si Papoy makan sayuran mulu tapi gak kurus2...#eh
Huee...gua paling serem dibagian ini...buayanya gede2 banget.
Beruangnya kurus2 ...gak napsu makan kali yaa

Pemandangannya pun bagus disini....kayak safari beneran di hutan mana gituuu yaa....

Setelah selesai bersafari ria, kita langsung menuju tempat parkiran yang dekat dengan tempat naik shuttle bus yang bakal membawa kita ke Istana Panda. Naek shuttle bus ini gratis karena kita beli tiket terusan dan tinggal tunjukin gelang yang dikasih saat beli tiket masuk tadi. Hari ini lumayan rame pengunjung yang mau visit ke Istana Panda pagi2 ini.

Perjalanan dari lokasi shuttle bus ke Istana Panda sekitar 3 menit aja melewati jalan menanjak karena letaknya di atas bukit dan sedikit sejuk hawanya. Begitu turun dari shuttle bus, kita ketemu satu spot untuk foto dengan lantai dari kaca dan view ke arah perbukitan. Tentunya spot ini gak gratis, kalau mau foto harus bayar Rp. 100.000 dan akan mendapatkan satu foto ukuran lumayan besar dengan hardcover bermotif Istana Panda. Karena kita udah bayar, gak mau rugi kitapun foto2 memakai kamera sendiri. Langsung jepret2 agak banyak aja...wkwkwk. Beginilah hasilnya...
Hawanya sejuk disini..terlihat kabut turun di belakang sana...
Love, peace and gahulllll! wkwkwkwk...

Setelah itu tak lupa foto2 dulu di depan Istana Panda....
Bukan mamie dan papie panda...
Yang ini ada dibalik patung panda yang ada di foto di atas itu...

Masuk ke dalam Istana Panda, di lantai pertama disambut dengan lampu gantung berbentuk panda. Lucukkk! Bisa kali nihh dibawa pulang...
  Udah mirip belom sama yang di sebelah kanan gua?
Di dekat tangga eskalator naek, ada sepasang panda lucu nihh....yang satu pake batik dan satunya pake baju tradisional Tiongkok.
Naek ke lantai 2 atau 3 gitu, ruangannya adalah berisi beberapa penjelasan tentang segala macam yang berkaitan dengan panda gitu deh. Ada spot bagus nih disini...
Eh ada lagi nih barisan panda nya...
Ada ruang operasi panda juga....

Oh iya, panda disini ada 2 ekor yang diimport dari China langsung. Dan kita bisa menyaksikan di theater mininya bagaimana proses pengiriman panda dari tempat asalnya sampai tiba dengan selamat di bandara lalu diangkut ke Taman Safari Cisarua Bogor. Sampe ada penyambutan nya segala loh macam tamu negara, anak2 sekolah berbaris di tepi jalan sambil mengibarkan bendera. Meriah banget deh...

Panda yang ini namanya Cai Tao, tinggal di dalam gedung, tapi ada akses untuk keluar gedung juga sih. Jadi dia bisa bebas ke sana ke sini.
 Lucu dan menggemaskan yaa si Cai Tao ..pengen di peyukkkk! Lembut kali yaa....
Dan panda yang satu lagi bernama Hu Chun. Kebetulan saat kita kesini, si Hu Chun sedang berulang tahun nih di tanggal 8 September. Lucu yaa sampe ada KTP nya gini, bentuknya e-KITAS pula...
 Lucu juga area tempat tinggalnya si Hu Chun didekor balon ulang tahun, macam orang lagi ultah aja.
Terus si Hu Chun nya dimana? Dia ngumpet di pojokan....sampe kita susah carinya.
Selain dua panda itu, disini terdapat beberapa jenis hewan lain, seperti burung ini...
Terus ada juga panda merah yang di film Kungfu Panda jadi Sefu itu loh...Duhh mukanya kiyut banget yaa....
Ada 6 ekor panda merah disini, dan ini ciri2 untuk membedakannya....hadeuhh perasaan mah sekilas sama aja yaa....hihihi

 Kita keliling sebentar di sini.... soalnya mau mengejar waktu menonton show2 di wahana lainnya.
 
Tak lupa kita makan dulu di foodcourt Istana Panda ini. Ada beberapa macam menu, tapi kita pilihnya mie semua. Dan rasanya enak2. Harganya lumayan mahal juga sih.....

View restorannya ke arah perbukitan juga bagus. Sayang kita gak kebagian meja yang ada di pinggir2 resto....
 Numpang foto aja disini...

Di lantai paling bawah adalah toko souvenir yang menjual beraneka ragam pernak pernik berbentuk panda dan barang2 lainnya.
Ada photoboothnya juga deket toko souvenir....sepertinya buat anak kecil, tapi gua kan gak punya anak kecil, anak2 gua udah gede semua. Tapi kepengennnn foto disini...gimana dong...hahahaha *masa kecil gua belom ada beginian...harap maklum yaa..
Nahh inilah show yang sempet kita saksikan....Cowboy show yang berlangsung sekitar jam 13.30...
Tapi hati2 yah kalo mau nonton cowboy show ini, duduknya jangan paling depan dekat sumur yang dipake untuk properti show, karena nanti airnya akan muncrat sampe ke penonton dan bikin basah.
Yah seru juga buat hiburan....
Di TSI ini ada zona dimana didalamnya ada koleksi ular berbagai jenis dari yang kecil sampai yang besar...
Iguana nya gede banget...
Nahh ini nih yang si Papoy bilang mirip sama gua.....hueeeee! *nangis
Eh ada burung penguin juga loh disini...
Bukannya burung penguin itu sukanya daerah dingin yaa?
Terus kita nonton Bird Show juga....
Penonton yang bersedia berpartisipasi dalam show....asik juga ditemplokin burung...
 Kita ke bagian minizoo yang ada di dekat stasiun kereta api mini...
Disini ada macan putih ...macan juga ada yang albino ya...
Ada photobooth bersama orang hutan...namanya Yosi. Cuma si Yosi ini terlalu aktif, gak bisa diem. Jadi fotonya gak ada yang bener deh...
Ada  juga the Lion King nih....mau diajakin ngobrol, dia buang muka terus. Payah deh...
Menurut gua, Taman Safari Cisarua ini bagus juga lah. Koleksi hewannya banyak, sampe ada komodo segala loh disini. eerrghhh..ngapain jauh2 ke Labuan Bajo buat liat komodo yaa...ke TSI aja...*udah kayak duta TSI. Dan disini juga banyak wahana dan show yang bisa kita nikmatin. TSI cocok lah buat semua usia, karena wahananya cocok buat anak2 dan orang dewasa. Puas banget maen seharian disini. Ini aja kita baru pulang sekitar jam 6 sore, dan itupun gak semua wahana atau show bisa kita tonton karena waktunya kurang. Kalau mau hemat, bisa bawa makanan dari rumah sih...hehehe *tips jalan-jalan hemat. Tapi namanya juga lagi piknik yaa, kalau udah urusan perut lapar, yah jajan-jajan aja disini.
Okay dehh, sekian laporan dari Taman Safari Cisarua Bogor....sampe ketemu lagi di acara halan-halan mamiefunky squad lainnya. Babayy Ciaobella!

13 comments:

  1. aku juga kayaknya uda lama banget ga ke taman safari... terakhir itu waktu masih sekolah hahahaha... pengen ajak jayden kesana sih, cuma antara mau tapi males hahahaha... nanti deh tunggu dedenya uda lahir baru diniatin kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh ajak jayden nih ke TSI, anak2 pasti seneng deh...

      Delete
  2. Hahaha, dulu pas kecil (awal masuk SD) pernah ke TSI yang di Bogor ini, trus baru kesana lagi pas kuliah, ahahahah :P .

    Itu pemandangan dari Istana Pandanya keren ya kayaknya! Tapi nyebelin juga mau foto di balkonnya gitu kok mesti bayar lagi, hahaha. Tapi mungkin kalo digratisin bakal jadi rame banget kali yah, malah jadi susah foto-fotonya :P .

    Panda yang diimpor itu kalo nggak salah di Belanda juga ada beberapa tahun yang lalu. Lumayan heboh juga gebyarnya soalnya sama KLM (yang ngangkut pandanya dari China) dijadiin material iklan di socmed :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, di balkon nya itu lantainya dari kaca, gak boleh banyak2 orang nya, ada kapasitas maksimum sekitar 5-6 orang aja, jadi itu mungkin yang jadi pertimbangan juga makanya dijadiin spot foto berbayar. Kasian yaa panda diexport kemana2, nanti dia kangen sama kampung halamannya gimana dong...hahaha

      Delete
  3. Ci Yance... bener Ci TSI aku bilang juga bagus banget, even sama yg diBali masih bagusan Cisarua IMHO, trus mereka berhasil breeding satwanya, kaya Gajah sama Singa aja banyak banget disana,aku bilang tiket masuk segitu worthed banget sama show-show. daaan bisa naik wahana tanpa bayar lagi. Tapiii kalo Royal Safari Gardennya so-so, harganya cukup tinggi banget trus kamarnya ga worthed si, cuma fasilitasnya ada mini waterpark aja, beberapa satwa aja disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tes...TSI udah lumayan lengkap wahananya dan bagus2 koleksi hewannya. Aku malah blom pernah nginep di hotel Royal safari garden nya nih...

      Delete
  4. Ci, baru pertama nih baca cerita soal TSI tapi gak terlalu penuh drama dan macetnya gak super parah. Soalnya beberapa kali baca blog orang soal TSI, pasti ada aja drama macet, drama keujanan, drama kelaparan, pokoknya bikin ilfeel. Berarti cici sekeluarga diberkati banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena kita enjoy ajaa senyampenya, jadi gak berasa kena macet parah..dan urusan makan udah persiapan dari rumah, gak pake drama kelaparan dan gak pake bete2 ...kuncinya enjoy aja le...biar happy jalan2nya....

      Delete
  5. TSI sekarang makin baguuuuuss ya. aku kesana feb 2017 ci, jadi belom ada si panda2 imut itu. trus pake acara ujan seharian, jd gak maksimal deh :(

    etapi itu tiketnya naik jauh yaa ci~ kalo sekeluarga ke sana udah jutaannya~~ ntap :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah udah jauh lebih bagus dibanding waktu si Alvin msh TK dulu..hahaha...emang iya sih, tiketnya bisa jutaan klo perginya rombongan mah the...

      Delete
  6. Tiket masuk taman safari, uda termasuk sama tiket ke istana panda?

    ReplyDelete