Saturday, March 30, 2019

JALAN JALAN KE JAIPUR ( PART 2 )

Tanpa basa basi kepanjangan, mari kita lanjutkan kisah "Incredible India" trip mamiefunky part 2...masih tentang Jaipur, The Pink City.
Buat yang belum baca part 1 nya, silakan klik disini aja : Jalan jalan ke Jaipur ( Part 1 ).
Oke siyappp semuaa yaaa! Siapin cemilan, kuaci kek, popcorn kek, jangan lupa internetnya juga dicek kuotanya, soalnya postingannya bakalan panjang kali lebar sama dengan luas....hihihii.


Setelah sarapan, kita siap2 untuk checkout dari hotel Comfort Inn dan tas ransel kita dititipin disini supaya nanti sore balik lagi kesini sekalian bisa numpang ke toilet dan bersih2 karena nanti sore kita mau naek bis ke kota Agra.
Kita dijemput driver tuktuk jam 08.30 lalu langsung jalan ke tujuan pertama kita pagi ini. Kita melewati gate yang ada di tengah kota, yang sepertinya menghubungkan antara old city dan new city. Mungkin ini adalah salah satu dari 9 gate yang ada di Kota Jaipur ini sama halnya seperti Patrika Gate ( di postingan sebelum ini ) yang dibangun dengan artistik dan cantik.
Pagi ini tujuan pertama kita adalah mau ( balik lagi ) ke Amer Fort. Yahh beginilah kalo kagak ikut tour, bisa sesuka hati mau kemana. Balik lagi ke tempat yang sama pun gak masyalah. Tapi tentunya kita gak masuk lagi ke dalam Amer Fort nya yang berbayar itu. Lhaa, terus mau ngapain? Pertama, mau foto lagi sama burung2 ini, soalnya kemaren belom sempet dikasih makan. Eh, tapi bukan itu ding alasan balik lagi kesini tuh...ntar dibawah dijelasin ya.
Oh iya, kemaren kan gak beli jagung, hari ini sengaja beli jagung biar bisa foto2 manjah sama burung2 ini....
Gua beli jagungnya sama ibu2 yang udah gelar dagangannya duluan disitu, terus gak lama dateng deh tuh bedebah bapak2 tukang jagung yang kemaren, dan dia kembali usir2 gua gak boleh berdiri disini. Aneh juga, masalah amat sih tu bapak2....*jadi KZL!

AMER GREATWALL
Oh iya balik lagi ke tujuan utama kenapa balik lagi ke Amer Fort. Di postingan sebelumnya kan gua bilang gua males diajak naek ke puncak tangga benteng yang kayak Great Wall itu. Gua lebih milih duduk dan nunggu aja, si Papoy yang naek. Terus begitu belio turun kasih liat foto2 di atas....masya olohhh, ternyata itulah yang gua cari dari kemaren di Amer Fort tapi gak nemu spot ini. View nya cakep banget menurut gua dan banyak postingan di akun IG tentang tempat ini. Nahh ini foto si Papoy siang kemaren :
Bagus kannn, makanya gua ngajak si Papoy buat balik lagi kesini, untung aja belio mau nurutin kemauan gua yang suka mau menang sendiri ini...hehehe, apa dulu dong sogokannya...ye kann! Kalo suami orang laen belom tentu mau kann diajak balik lagi, apalagi ke tempat yang nyusahin dan bikin cape. Ah Ferguso, ai lop yu pull dah! Dan gua udah siapin kaki buat manjat ke atas. Liat kann anak tangganya yang lumayan banyak itu? Segini fotonya udah di tengah2, jadi keliatan udah deket....
Liat dong ke arah belakang gua.....itu pemandangannya spektakuler banget deh! Seluruh benteng Amer Fort dari ujung ke ujung keliatan dari atas sini. Kerennn! Yang gak keren sih yang jaket merah itu, jalan naek merayap kayak truk gandeng di tanjakan....wewwww!
Yahh cencunya naek ke atas sini harus ada jeda tarik napas, ngaso dulu. Kalo bisa sih ngopi2 dulu, santaii, biar kuat sampe atas. hihihii....
Nahh begini dahh kalo kagak ada tempat duduk buat ngaso....orang antimainstream mah nangkring aja dimari....sambil ngeliat view ke bawah dan ke seberang sana yang bikin mulut berdecak kagum..ck ck ck...
Kagum, kenapa gua sanggup jalan naek sampe di atas sini. Kagum, karena ternyata pagi ini pilihan gua tepat untuk balik lagi kesini. Kagum, karena kok kagak ada orang lain yang datang kesini....sepi bingit nihh. Jadi bukan di photoshop orangnya diilang2in yaa....ini memang kagak ada orang lain yang naek kesini pagi ini. Gak tau deh, pada kemana yaa orang2 lain itu?
Kagak seru kalo fotonya kagak di ujung.....
Nahhh ini juga foto yang diambil kemaren siang sama si Papoy, diambil dari atas kubah ke arah kubah yang satu lagi di seberang sana.
Dan tau2, gua udah disuruh berdiri aja di atas kubah itu....
Harap maklum yaaa, ini atas permintaan fotografernya demi untuk promosi gratis di blog ini, maka digelar lah hasil2 fotonya disini.
Mau yang pake zoom in..zoom out, semuanya ada. Bagi yang udah gak tahan pengen muntah, dimuntahin aja dulu biar lega.....wkwkwkwk!
Heran banget deh, disini nih bisa kena serangan narsis akut. Gak kuat kalo gak foto2, apalagi kagak ada orang lain lagi....Bebas shay!
Kalo foto yg diatas itu kubahnya kan ke arah pegunungan, sekarang gua udah disuruh pindah ke kubah satu lagi yang diseberang dengan view ke kota
Cuma sayang nih, pagi ini cahaya mataharinya masih belum keluar maksimal , jadi sepertinya agak berkabut gitu yaa.....hiks!
Ah pokoknya fotografer bilang duduk aja disitu, yahh akupun duduk aja....gampang kannn! Daripada disuruh loncat2...kan bisa jatoh, danger itu sih!
Kira merasa seperti menemukan hidden treasure gitu saat berada disini. View nya bener2 indah!
Kebayang gak hebatnya jaman itu, bisa bangun struktur benteng seperti begini sekitar 430 tahun yang lalu....
Terlihat samar2 kan deretan tembok benteng membentang sepanjang bukit ....amazing!
Nahhh disana lah fotografer nya mengambil gambar...jadi kita saling berseberangan...Kebayang kan gimana komunikasinya? Teriak2 pun gak bakal kedengeran....Kita pake kode morse...wkwkwk
Disini gratis pula, cuma tinggal siapin kaki aja buat naek kesini.
Untungnya pemandangan yang didapat disini sebanding dengan cape naeknya.
Pokoknya puas2in aja foto di setiap spot di atas sini. Semuanya bagus2!
Buat yang takut ketinggian, jangan ditiru yaa gaya duduk manis manja di atas sini....
Fotografer mah gampang aja cuma bilang : ya tahan...tahan...duduk aja disitu...tahannnn! Yang kagak tahan tuh modelnya udah gemeteran....
Apalagi sampe harus berdiri berdiri segala....wewww! Perlu latihan kungfu setahun dulu nih... untungnya gua udah berguru ke shaolin temple waktu bulan Januari lalu, jadi udah lumayan deh ilmu meringankan tubuhnya kepake disini.
Biar bisa stabil berdiri disini, gak sembarangan loh. Harus puasa Senin Kamis dulu....wkwkwk!
Pokoknya cuma mamiefunky lah yang bisa begini ...ye kannn? Ye kann! Iya in aja napaa....
Dibalik foto2 yang lumayan cetar membahana di atas tadi, beginilah perjuangan seorang model yang harus tetap profesional demi untuk mendapatkan foto2 yang antimainstream. Susahhh bo!
Duhhh, jadi tau deh begitu berat ternyata tuntutan jadi seorang model. That's why gua gak mau ahhh jadi model....*dilempar batu sama massa.
 
Ternyata cape juga yaa jadi model....ngaso dulu ahh!
Terlihat kota Amer dibawah sana dan wall structure ini masih berlanjut ke atas bukit sana.
Lagi mengkhayal, seandainya ada coffee shop di atas sini, pasti kita betah deh menghabiskan waktu disini.
Ahhh, beruntung juga nih kagak ada orang satupun disini saat itu, jadi bisa menclak sana, menclok sini fotonya.
Untung juga yaa tempat ini gratis dan gak dijadikan tempat wisata,  jadi sepi2 aja. Yah mungkin gak semua orang mau naek tangga yang lumayan curam begini keleus, gak kayak kita yang antimainstream....hajar teruss tempat2 yang susah dijangkau, pantang pulang sebelum diexplore semua tempatnya, blusukan ke ujung2 pun teuteup nyampe....*elap keringet.
Nahhh tapi coba aja liat, kalo gak naek ke atas sini, gimana bisa nemuin pemandangan cakep begini ..ye kann! Makanya kudu rajin explore...
Begitu turun, baru berasa beneran cape banget lohh kakinya. Tips buat yang mau ke atas sana : pakelah sepatu yang cocok dan sebaiknya pergi saat sunset. Katanya view nya lebih cantik lagi. Kita aja nyesel, gak punya waktu pas sunset buat naek kesini. Mungkinkah balik lagi? Hmmm....let's see lah. Jadi jangan lewatkan tempat ini kalo ke Jaipur, terutama kalo ke Amer Fort ya.

NAHARGARH FORT
Selanjutnya kita mampir ke Nahargarh Fort yang lokasinya berdekatan dengan Amer Fort dan masih dalam satu rangkaian pegunungan Aravalli Hills. Bedanya, kalo Amer Fort terletak di pinggir jalan raya, si Nahargarh Fort ini terletak di atas bukit dan jalan masuknya berkisar sekitar 4 kilometer dengan melewati jalan yang muat pas 2 kendaraan serta berkelok kelok dan menanjak.
Juga melewati hutan yang kata driver tuktuk kita, dia percaya disitu masih ada harimau, atau panther dan binatang buas lainnya. Jadi gua berdoa, jangan sampe mogok aja nih tuktuk di tengah jalan ...bisa metong kita! hahaha. Yahh tentunya binatang buasnya gak berkeliaran dipinggir2 jalan raya ini kok, mereka ada di tengah hutan. Cuma kan gak tauu yaa kalo lagi apes bisa aja kejadian hal2 yang gak diinginkan. Nahargarh sendiri berarti tiger.....karena dulu di sekitar benteng banyak harimau, makanya dikasih nama Nahargarh Fort.
Disini kita harus beli tiket masuk seharga INR 200 per orang ( sekitar Rp. 40.000 ). Pengunjungnya rame juga disini....
Nahhh spot pertama yang kita temui adalah view ke arah kota Jaipur. Orang2 pada antri foto disini. Berhubung udah cape dan hawa sedikit panas, gua mulai  males deh foto2. Alhasil, fotografer pribadi gua malah ngeshoot model lain deh....hahaha. Gua disuruh bergaya begitu? Nehi dehh! Kagak bisa!
Disini kagak ada yang bisa dimintain tolong buat fotoin kita, yah kita pake tongsis aja lahh. Yang penting udah nyampe nihh di Nahargarh Fort.
  Di dalam komplek fort ini ada stepwell nya juga. Lumayan gede, tapi gak boleh dimasukin.
Di balik tembok stepwell, view nya juga ke arah kota Jaipur.
Stepwell ini jaman dulu dijadikan sebagai kolam atau sumur dan dibangun dengan arsitektur yang cakep2 banget.
Setiap stepwell beda2 bentuknya, tapi semuanya artistik dan keren menurut gua.
Ini tampak depan benteng utamanya, di atasnya ada rooftop yang view nya juga bagus menghadap ke kota Jaipur.
Setiap kali melafalkan Nahargarh, gua seperti berasa menyebutkan Asgardh....welcome to Asgardh, ketemu Thor dong yee.....*maaf gak fokus.
Me and meriam....pake belina gak nihh? *jayus...
Di depan pintu masuk benteng utama, terdapat dua buah meriam di kiri dan kanannya.
 Melewati pintu, ada semacam teras yang punya 3 jendela/pintu berukir.
Melewati pintu masuk berikutnya, kita akan sampai ke pelataran benteng.
Di pelataran itu, di kiri dan kanannya terdapat ruangan2 yang isinya benda2 antik peninggalan jaman dulu.
Karena kagak pake guide, gua juga kurang tau apa arti deretan batu2 merah di tengah pelataran ini. Sepertinya semacam sculpture park dari seniman2 gitu....
Ini masuk ke dalam ruangan lain lagi...
Yang bagian ini sepertinya ruang penyimpanan furniture2 jaman dulu yang pernah dipakai pada masanya. Ada sofa, tempat tidur, dll.
Kemudian kita bisa naek ke lantai 2 dan menemukan jendela2 di setiap bagian atas ruangan tadi.
Can you spot me?
Nah ini dia bagian rooftop nya yang artistik dengan ukiran2 di tiap atap ruangan2 di bawah tadi.
Dengan view menghadap ke arah kota Jaipur.
 Sayang cuacanya kayak berkabut gitu yaa, jadi gak terlalu jelas gambar perkotaan di background ini.
Padahal siang ini cuacanya cerah dan sedikit panas hawanya. Pengunjung juga gak terlalu rame yang naek ke atas sini.
Dari salah satu ujung rooftop, view nya ke arah tembok benteng dan kota Jaipur.
Jadi temboknya ini panjang juga loh, mirip Great Wall gitu deh.
Jadi sama seperti Amer Fort dan Jaigarh Fort, Nahargarh Fort juga membentang di bukit Aravalli Hills dan ketiganya membentuk cincin pertahanan yang kuat di Rajasthan.
Awalnya nama benteng ini adalah Sudarshangarh, tetapi kemudian dikenal sebagai Nahargarh yang berarti tempat tinggal harimau.
Bukit ini bener2 dikelilingin oleh benteng, liat aja deretan tembok di belakang sana membentang sepanjang bukit.
Viewnya lumayan bagus ya, dan ini adanya di Jaipur loh. Gak kebayang sebelumnya ternyata India memiliki peninggalan benteng sekeren ini.
Kalo mau ditelusuri sih, bisa aja kita sampe ke ujung bentng sana, tapi males juga, hawanya udah panas dan pemandangannya sama ke arah kota Jaipur juga.
Dan banyak yang bilang, lebih bagus kalo kesini pas sunset....pemandangan ke arah kota Jaipur bakal lebih cantik lagi.
Di area tempat parkir pun masih cekrek2 terus...

HAWA MAHAL
Setelah itu kita lanjut menuju ke Hawa Mahal. Ada yang bilang kalo mau foto2 di Hawa Mahal, view nya lebih bagus dari sebuah cafe yang ada di seberang Hawa Mahal yang namanya Windview Cafe. Letaknya ada di antara pertokoan sepanjang jalan depan Hawa Mahal dan kita harus melewati anak tangga yang sedikit menukik ke atas dan ada seorang anak laki2 yang mengantar kita ke cafe. Sebenarnya anak ini bekerja di toko souvenir yang ada di sebelah cafe, jadi dia lagi jadi salesman yang baik dan gigih banget nawarin kita supaya mampir ke toko nya dia setelah selesai makan.
En tada....ini dia Hawa Mahal yang heits itu terbentang di depan mata kita. Terlihat megah dan mewah banget yaa.
Beruntung juga pas kesini, kita dapet meja yang di tepi cafe, walaupun panas, tapi pemandangan di belakangnya dongg kerennn banget!
Serasa lagi makan di castle2 gitu yaa...royal lunch ceritanya....*ngayal...
Padahal pesennya nasi goreng briyani sama cheese sandwich dan minumnya orea milkshake.
Gak mahal juga kok harga makanan disini. Segini habis INR 530 ( sekitar Rp. 106.000 ) aja. Yah memang cafenya juga biasa aja kok, bukan cafe yang mewah gitu.
Selain itu, cafe ini mempunyai pemandangan ke arah benteng di atas bukit sana....entah benteng yang mana....sepertinya sih Nahargarh fort...
Mumpung ada anak laki2 yang tadi anterin kita, kita pun minta tolong difotoin...lumayan bagus juga hasilnya....hehehe
Lagi ngitungin jumlah jendelanya, katanya ada 953 jumlah jendelanya. Banyaknya jendela memenuhi muka istana, sehingga dijuluki Istana Seribu Jendela. Atau juga sering dijuluki sebagai Wind Palace ( Istana Angin, dari kata Hawa yang artinya angin atau udara, sementara Mahal artinya istana ) karena banyaknya jendela membuat istana menjadi tetap sejuk karena letak geografis Jaipur yang berada di pinggiran padang pasir Tsar yang merupakan padang pasir terbesar di India, sehingga hawa panas sering menyapa ibukota Rajasthan ini. Malah di musim panas bisa mencapai suhu 50 derajat Celcius.
Hawa Mahal dibangun pada tahun 1799 atas permintaan Maharaja Sawai Pratap Singh dan didisain oleh Lal Chand Usta dengan mengadopsi disainnya pada mahkota Dewa Kresna, dewa utama agama Hindu.
Pada jaman dulu, Maharaja Sawai Pratap Singh atau Raja Rajput yang terkenal ketaatannya kepada adat tradisional India, menjalankan peraturan bahwa wanita keluarga istana tidak diijinkan terlihat di muka umum karena bisa menjatuhkan martabatnya. Oleh karena itu Raja membuat para wanita keluarga istana  tetap tinggal di dalam rumah dan tidak boleh bertemu dengan orang asing. Lalu istana didisain dengan jendela yang disebut jharokhas yang dirancang sedemikian rupa sehingga para putri dan wanita keluarga istana dapat melihat aktivitas warga dan perayaan festival di jalanan tanpa terlihat dari luar.
Hawa Mahal menjadi spot foto wajib bagi para wisatawan yang ke Jaipur. Terdiri dari 5 lantai dan menjulang tinggi sekitar 15 meter. Tapi banyak yang kecele dianggapnya bangunan yang sisi di tepi jalan ini adalah bagian depan istana. Padahal ini adalah bagian belakangnya.
Pokoknya jangan sampe dilewatkan Hawa Mahal ini kalo ke Jaipur. Wajib kesini karena memang bagus banget buat pepotoan.
Di seberang Hawa Mahal terdapat pasar seni yang menjual pernak pernik khas Rajasthan dan souvenir untuk oleh2. Tapi menurut driver tuktuk sebaiknya tidak shopping disini karena harganya mahal2, terutama bila yang berbelanja wisatawan asing. Makanya kita cuma lewatin aja tanpa niat untuk membeli.

CITY PALACE
Melewati pasar seni tadi dan berbelok ke kiri, kita akan memasuki gerbang City Palace. City Palace adalah salah satu tempat wisata yang didirikan pada waktu yang sama dengan kota Jaipur itu sendiri oleh Maharaja Sawai Jai Singh II yang memindahkan istananya ke Jaipur dari Amber pada tahun 1727.
Untuk masuk ke City Palace kita harus beli tiket masuk dulu seharga INR 700 per orang ( sekitar Rp. 140.000 ) untuk foreigner. Harga tiket ini untuk melihat istana bagian luar dan museum saja. Ditawarin untuk masuk ke istana yang harganya INR 3500 per orang ( sekitar Rp. 700.000 ) yang langsung ditolak sama si Papoy, sementara gua teuteup kepengen sihh karena kalo liat di IG orang2 tuh keren banget di dalam istananya. Huahhhh......galau kann kalo ketemu yang mahal2. Tapi yah sudahlah, memang haram jadah harga tiket masuk istananya itu... maharani pitaloka amat sihh!
Nahh di dalam City Palace ini ada beberapa bagian bangunan yang bentuknya unik2 dan artistik. Salah satunya yang terdapat di bagian paling depan setelah pintu masuk ini yang disebut Mubarak Mahal ( Palace of Welcome ).
Di dalamnya dijadikan semacam museum yang menyimpan koleksi baju yang dipakai Sang Maharaja pada masanya.
Yang ini di atas bangunannya dibuat berbentuk seperti mahkota gitu ya..
Setiap bangunan penuh dengan ukiran yang rumit dan detail, mempercantik bangunannya.
Foto dulu ah sama para penjaga istana ini....tapi terusnya dimintain duit sama mereka! hahaha, mana ada yang gratis yaa...
Begitu masuk kita akan melihat bangunan semacam aula yang berwarna pink yang kalo tidak salah bernama Diwan i Aam.
Di dalam aula itu tersimpan guci raksasa terbuat dari metal atau kuningan, terdapat hiasan dinding dari senapan asli,  dan tombak yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat artistik.
Di tengahnya terdapat lampu gantung yang juga artistik dengan ukiran2 di seluruh dindingnya.
Kok pas banget ya kostumnya blended matching sama bangunannya...
Lalu kita masuk ke bangunan samping nya lagi. Sepertinya bagian istana yang ini yang disebut Ridhi Sidi Pol, dengan bentuk bangunan dominan berwarna pink dan jendela2 berukir dan gerbangnya beratap seperti mahkota raja.
Di dalamnya ada yang disebut sebagai Pritam Niwas Chowk yang begitu masuk kita akan tiba di pelataran atau halaman terbuka yang memiliki 4 pintu berukir indah di dinding dengan 4 thema yang masing2 melambangkan musim dan dewa dalam agama Hindu.
Peacock Gate melambangkan musim gugur dan didedikasikan untuk dewa Vishnu.
Rose Gate melambangkan musim gugur dan didedikasikan untuk Goddess Devi.
 Leheriya Gate melambangkan musim semi dan didedikasikan untuk Dewa Ganesha.
 Lotus Gate melambangkan musim panas dan didedikasikan untuk Dewa Shiva.
Dan semua pintu ini bener2 membuat gua betah disini....fotonya kudu banyak dong...hahaha
Susah menentukan yang mana yang favorit...semuanya bagussss!
Daripada pusing, mending kita loncat loncat aja dulu deh...biar nambah tinggi...*udah mati gaya.
Loncat bersama merak merak cantik....
Nahh di dalam sini lah ada yang disebut Chandra Mahal dimana keluarga kerajaan masih ada yang tinggal di dalamnya, makanya yang dibuka untuk umum adalah bagian bawah saja. Di bagian atas itu lah yang disebut istana dan yang tadi tiket masuknya sekitar Rp.700.000 ituh! Aku tuh pengen masuk kesana, tapi mentok di dompet. Mahal benerrr. Tapi coba aja liat2 IG orang yang udah masuk kesana, cakep banget makkk! *sayang akuh bukan konglomerat....
Jadi  City Palace ini telah menjadi rumah Jaipur Darbar ( keluarga kerajaan Jaipur ) sejak tahun 1732 hingga saat ini. Hanya bedanya adalah saat ini pemiliknya bukan raja Jaipur lagi.
Di dalam komplek City Palace inilah baru berasa benar2 berada di Pink City...
Hampir semua rata2 bercat warna pink...
Ah pokoknya betah deh di City Palace ini, cucok banget bagi yang suka pepotoan berada disini. Dan untungnya saat itu pengunjungnya gak terlalu rame banget, jadi gak panjang antrian buat foto2nya. Coba kalo di Indo, wahhhh pasti udah mengular nihh mau foto2 disini.
Tak lupa foto dulu sama gajah penjaga pintu gerbang istana....
Banyak banget, hampir setiap sudut nya menyimpan tempat2 yang unik dan seru buat di explore.
City Palace adalah salah satu tempat wajib dikunjungi kalo ke Jaipur, jangan dilewatkan ya. Kalo bisa sih masuk ke dalam Chandra Mahal nya yang istananya indah2 itu tapi harus rela bayar Rp. 700.000 per orang. Kalo gua kok belom rela yaa...coba aja dikali dua orang, satu orang modelnya, satu orang fotografernya, total Rp. 1,4 jeti bo cuma buat liat2 doang! Nehi ah....*tapi pengen! Arrgghhhh....*langsung tebarin pupuk ke pohon duit di kebon.

ALBERTHALL MUSEUM
Di kota Jaipur yang mempunyai banyak bangunan berarsitektur indah, Alberthall Jaipur mungkin yang paling dekoratif dan menakjubkan secara visual. Daya tariknya terletak pada kubah yang yang terinspirasi Indo Saracenic yang indah dan lengkungan berukir. Letaknya di tengah kota dan gratis untuk dilihat umum dari luarnya aja.
Gedung konser besar dibangun pada tahun 1876 dengan tujuan memastikan Pangeran Albert dari Inggris akan mengunjungi Jaipur selama turnya ke India. Gerakan dari Maharaja itu akhirnya menjadikan Alberthall Jaipur sebagai Alberthall Museum pada saat ini yang menampilkan peninggalan sejarah Jaipur. Museum buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 dan biaya masuknya INR 150 ( sekitar Rp. 30.000 ).
Kita mah paling males masuk ke museum, jadi jelasa gak masuk ke dalam, cuma pose pose manjah sama burung ajaa di halaman depan gedung.
Astaga....banyak bener burungnya. Aku syukaaa!
Come to mama!
Epic!
Oh burung, nyanyikanlah....katakan padanya aku rindu...*jadi kepengen nyanyi Ini Rindu Farid Hardha....LOL!
Just spread your wings and fly high....
Setelah puas maenan sama burung, kita pun langsung jalan lagi menuju hotel. Di tengah2 perjalanan di ajak driver tuktuk kita untuk mampir ke kios yang jual chai ( teh India ) yang berasa teh jahe susu. Dan enak banget rasanya. Harganya cuma INR 5 ( sekitar Rp. 1000 ) aja! Kita ketagihan chai ini loh, besok2nya kalo makan di restoran, pasti pesen minumnya chai ( tea ). hahaha....
Setelah itu kita balik ke hotel dan mengambil tas ransel lalu langsung dianter driver tuktuk kita ke kantor travel tempat kemaren kita beli tiket bis ke Agra. Ternyata tempat naek bisnya bukan disini, untung aja tadi driver tuktuknya belom pergi, jadi masih bisa anter kita lagi ke tempat naek bis yang entahlah dimana.
Jadi agen travel yang jual tiket bis itu sepertinya cuma booking di internet aja, bis nya entah dimana berentinya, nanti baru diinfo ke penumpangnya. Hadeuhhh, untung ada driver tuktuk yang bisa translate in tuh. Kalo kagak, kita bingung dah. Udah punya tiket di tangan, tapi gak tau naeknya dimana. Kan gila yaa...Dan ternyata disinilah kita disuruh nunggu, di ruko itu tuh agen yang jual tiket bis juga. Gak ada tempat duduk, gak ada ruang tunggu. Hadeuhh...crazy Indian! Ini aja gua numpang duduk di bangku warung yang ada di depan ruko. Ngobrol2 sama satu keluarga India yang juga nunggu disitu dan mereka mau pulang kampung ke kota apa gitu yang jalannya mungkin sekitar 10 jam dan naek bis yang sama dengan kita. Weww...jadi kita bakal di drop ke kota Agra nih ceritanya, bis nya mah lanjut jalan lagi kemana gitu.
Nahh beginilah waktu mau naek ke bis nya...antri bo! hahaha...
Dan gua terkagum2 pas naek ke dalam bis, ternyata bis ini punya tipe sleeper juga loh. Weleee...keliatan canggih futuristik gitu kann? Tapi kagak gitu lahhh kenyataannya mah...India tetap India ...hahaha. Ini sepanjang jalan kreyat kreyot berisik kali bahh! Bikin gak bisa tidur dan kagak shantay!
Liat aja jendelanya...karena dibikin buat sleeper, maka sepertinya bis ini dirombak jadi pendek, sehingga letak jendela di atas kepala kita. Kalo mau liat keluar jendela, harus bangun dulu. Halah...gak santai kannn jadinya! wkwkwk...
Oh iya, karena kita pikir kita bakal menempuh 5 jam perjalanan, kita mah ambil seat yang reclyning biasa aja. Lumayan sih ada colokan listriknya buat charge hp. Tapi India bagian sini agak sedikit terbelakang memang yaa....ini jalanannya bentar masuk tol, tau2 udah keluar jalan biasa. Macet2, ngerem2, berenti2, bikin mabok. Nanti masuk tol, terus keluar lagi. Sepertinya tol nya itu gak ada yang langsung gitu, jaraknya pendek2 aja. Crazy! Inilah yang bikin jadi lama perjalanannya. Kalo tol terus mungkin gak sampe 5 jam kali yaa...
Di tengah perjalanan kita mampir dulu ke sebuah rumah makan di pinggir jalan. Sekitar jam 8 an malem kayaknya. Dan sebelnya, gua pas kebelet pengen pipis pula disini. Nanya ke si Papoy yang abis pipis ke belakang rumah makan, belio bilang : lhaa, cowok2 ke belakang itu pipis nya di tanah lapang aja, gak ada toilet. Waduhhh! *panik. Terus, ada sih tulisan toilet buat cewe, bentuknya ruangan kotak bertembok atap terbuka di samping kanan dari foto ini. Yahh udah gua siapin mental aja deh buat pipis disitu. Dan you know whatt??? Itu sih barbar banget! Cuma kamar kotak, kagak ada air, kagak ada lobang WC nya, kagak ada tempat sampah pula, cuma lantai aja gitu....Oh mai gat...terpaksa lahhhh yaaa. Gua udah gak bisa nahan pipis....dengan menyebut nama Tuhan berkali2, gua pipis aja lah disitu! Damnnn! Whatever lahh! Yang penting siapin aja tisue banyak2. *lagi2 gua ngomel2 ngalor ngidul sendiri....India kalo dibilang jorok dan bau, yahhh begini ini. Memang gak disemua negara bagian...di kota2 kecil dan kumuh aja sih yang model begini. Jadi siapin mental yaaa kalo mau kesini...
Kita pesen nasi briyani, ordernya sih gak pedes, tapi yang dateng malah pedes buanget, mana porsinya gede juga nih bisa buat berdua. Karena takut panas dalem dan sakit perut, kita gak abisin deh, walaupun jujur rasanya sih lumayan enak.
Karena masih laper, kita beli buah aja deh. Lumayan ganjel pisang....
Oh iya, beginilah penampakan bis nya dengan harga tiketnya INR 700 ( sekitar Rp. 140.000 ) aja per orang. wkwkwk....Gilaaa, bagusan juga bis di Jakarta jurusan Jawa nih....
Cuma mamiefunky deh yang bisa nerimo situasi kondisi begajulan macam begini, travelling murah meriah acak kadut ajrut2an jauh dari luxury luxury an. Kalo cewek2 manja jaman now pasti udah menjerit histeris. Ngapain naek bis begini, gak ada yang lebih bagus apahh? Gua juga kagak tau bakal dapet bis begini. Kemaren kan belinya di agen travel, dia bilang bis nya premium, taunya bahan bakarnya kali premium, bis nya mah B ajah! Ahhh, crazy Indian! Meneketehe! Yang penting gua selamat lahh sampe di Agra...Thankgod!
Nahhh, berarti cerita jalan-jalan di Jaipur nya udah kelar nih...Gimana? Gimana? Masih mau ke Jaipur dong dengan segala keindahannya yang udah gua tebar disini, dalam dua postingan pula. Gua aja kalo dapet tiket murah lagi, mau aja loh balik lagi. Ye kannn pap? *lirik si Papoy, my fotografer.
Nanti bakal lanjut lagi cerita jalan-jalan kita di Agra dengan Taj Mahal yang terkenal seantero jagad raya itu. Tunggu aja yaa...lagi siapin bahan2nya dulu macem triplek, paku, lem kayu, semen....Hahh? emangnya mau bangun rumah apahh? *nyambi jadi kuli bangunan dulu, buat beli tiket berikutnya.
Babayy Ciaobella!

Baca keseruan kita ke Taj Mahal disini : JALAN JALAN KE TAJ MAHAL DAN AGRA FORT

16 comments:

  1. limmy mama radhika raniaApril 1, 2019 at 10:59 AM

    ya ampun yan. kalo gw disuruh naik bus itu pasti muntah sepanjang jalan wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...memang sih trip begini bukan untuk semua orang...

      Delete
  2. Ci,
    Ini pertama kali gw komen hehehe.. maap yee
    Keknya gw engga perlu ke Jaipur, gw udah liat kota Jaipur dari blog cici ha ha ha.
    Salam sayang. Sherly

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sherly..thanks commentnya...iyah cukup liat foto2nya aja yaa

      Delete
  3. duh keren banget ya view nya.. gak kalah lah sama eropah

    ReplyDelete
  4. Ci, foto pas di ujung2 itu bikin deg2an. Apalagi yg ci2 naek tembok. Padahal cuma liat foto yah, tp deg2an gimanaaaaa gitu. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, emang gak semua orang berani naek2 sih ya...tapi aku fine2 aja waktu itu, yang penting yakin aja itu gak bahaya

      Delete
  5. Gara2 liad blog cici jd pengen ke indiaaa... tapi kata misua bahayaa ini ituu sampe sy suru misua baca blog cici...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh...kalo saya udah pergi dan pulang dengan aman, berarti bener2 beruntung dong ya...hehehe.

      Delete
  6. ini udah liat2 di ig cici, trus liat plus baca blognya, total bangettt ihh~~ adegan yang manjat2 di Jaipurnya itu tetep bikin deg2an. hahahha puasa senen-kemisnya berhasil yaaa hahaha
    dan ko ivan sih selalu terniat klo moto2in yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya the, aseli ini fotografer nya terniat..dan modelnya pun terpasrah...hahaha

      Delete
  7. Aaaah, ternyata pemandangan dari yang kayak Great Wall-nya itu keren banget ya! Dulu aku sih lihat dari bentengnya doang, engga naik ke atasnya itu!!

    Wuaaah, keren banget naik bus di India!! Dulu aku mah nyewa mobil sama drivernya aja, atau kalau engga naik kereta, huahahaha :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya view dari atas amer wall itu bagus banget, walopun sedikit cape naek ke atasnya, tapi terbayar sama view nya yang bagus. Naek bis di India bener2 diluar rencana, tadinya mau sewa mobil, tapi semua di charge dobel jadi mahal banget...hahaha, jadi belok deh ke yg lebih ekonomis...

      Delete
  8. Boleh saya tau, gimana dan dimana beli tiket bus dari Jaipur ke agra?
    Thankyou.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta diantar sopir bajaj ke agen tiket bis...ada di postingan Jaipur 1..silakan baca sebelum postingan ini

      Delete