Friday, October 23, 2020

MENJELAJAH KEINDAHAN CURUG DI SENTUL BOGOR

Holaa semua! Ketemu lagi kita di edisi jalan jalan mamiefunky.

Akhirnya, ada jalan2 pertama ( ke Ciletuh  & Sawarna, klik disini : Geopark Ciletuh dan disini Sawarna Beach ), tentunya diikuti jalan2 kedua. Sepertinya si Corona udah berhasil bikin kita stress, diem di rumah terus hampir 9 bulan, jadi udah mencapai puncak kebosanan. Kaki dah gatel, koper dan ransel udah minta dikeluarin dari lemari, terus jadi nekad cari kesempatan biar bisa jalan2, harus cari tempat pelarian biar pikiran teuteup waras. Kemanapun jalan2nya, yang penting keluar dari rumah segera, macem di rumahnya ada setan aja yaaa....wkwkwk!

Kali ini tempat jalan2nya lebih deket lagi dari Jakarta, yaitu di Sentul Bogor. Cuma sekitar 45 menit aja jarak tempuhnya dari Jakarta. Memang sih tempat wisata ini udah lama exist, tapi dulu2 kita kagak berminat ke sana. Heran juga yaa. Kenapa pas lagi masa pandemi Covid gini, jadi tergiur kepengen jalan2 ke sana. Entahlah, saking udah hopeless gak ada tujuan wisata lain, begitu diajakin ke sana, akuh gak pake mikir lama2, langsung iya in aja biar cepet. hehehe. Padahal si Papoy ajakin ke sini tuh ada unsur2 penyiksaan nya loh. Beliau tuh mau trekking sambil lari...istilahnya trail run. Karena emang harusnya beliau itu ikutan event trail run di Sentul ini bulan Juni lalu. Berhubung batal event nya karena wabah Covid19, jadi kayaknya masih penasaran kepengen lari di alam gitu2 lah. Dan akuh lah yang jadi sasaran empuk buat nemenin beliau. Tapi yahh aku sih yes...gak tau Mas Anang....wkwkwk! Yah iyah aja lah, daripada masak mulu di dapur ye kann, mending liat2 pemandangan alam, walaupun sambil disiksa suruh lari2...hahaha. Apapun itu, udah takdirnya Maria....Ferguso emang gitu orangnya, mau gimana lagi...*jadi curcol dah.

Ini perginya terhitung bener2 mendadak banget, kagak pake planning2 segala. Begitu ngomong, besoknya pagi2 jam 5.40 kita udah jalan dari rumah. Bayangin coba, kalo ngantor aja gua gak bangun sepagi ini. Demi untuk jalan2, jadi rajin banget...hahaha, sampe bisa lihat sunrise di tengah jalan...

Nahh, jam 6.25 kita udah sampe nih di meeting point di bunderan Sentul Nirwana. Jadi ceritanya kita pake jasa guide untuk trekking di Sentul ini. Nama guidenya Abdul, dan akun IG nya adalah @pesonaalamsentul_hiking. Siapa tau ada yang berminat, silakan kontak langsung aja ya. Recommended kok. Kita ambil paket trekking ke 4 curug dengan durasi sekitar 5 jam dengan biaya Rp. 150.000 per orang.
Jadi dari meeting point tadi, ternyata kita masih harus menempuh sekitar 10 km lagi melewati jalanan kampung yang agak sempit untuk ukuran 2 mobil, jalanannya udah aspal sih, tapi banyak lobang2, apalagi perginya pas musim ujan begini. Ajrut2an lah jalanannya. Sekitar 35 menit baru deh kita sampe di tempat parkiran yaitu di lahan rumah warga yang dijadikan tempat parkir bagi orang2 yang mau trekking di sini. Kalau yang tempat wisata, ada lagi tempat parkirnya. Kita tuh pergi pas hari kerja ( makanya Alvin dan Miko gak ikut, mereka lagi sekolah online ), dengan anggapan ah pasti sepi karena hari kerja, bukan hari Sabtu Minggu yang katanya bisa macet sampe 3 jam kalo pas weekend. Eh taunya, parkirannya penuh loh. Gak kaleng2 boss, mobil2 yang parkir juga ada Alphard dan Mercy. Gileee....sepertinya orang2 tuh udah haus travelling, jadi mau hari apa pun kayaknya udah dijadiin hari wajib jalan2 ye kann. Nah tuh, pas kita sampe sini, udah ada rombongan cewek2 yang lagi siap2 mau trekking. Oh iya, di rumah warga ini tersedia toilet dengan membayar Rp. 5000 per orang. Ck ck ck..lumayan juga ya pendapatan dari toilet ini kalo satu hari pengunjungnya rame disini.
Nahh, kita pun sama seperti rombongan cewek2 tadi, sebelum jalan trekking, kita melakukan pemanasan dulu sebentar, lemesin otot2 dulu nih dipandu sama Abdul guide kita. Oh iya, kita bakal dipinjemin tongkat trekking juga ya...Dan wajib pake sepatunya yang khusus trekking gaess, biar gak licin. Apalagi semalam habis hujan katanya, yah bisa jadi jalannya sedikit becek gitu. Kostum kita udah macem atlet trekking aja nih...hahaha
Kita start mulai trekking sekitar jam 7.30 an. Belom apa2, jalannya udah menanjak nih...masuk gigi satu deh...
Setelah melewati pemukiman warga, kita mulai memasuki area persawahan. Kita masih sopan nih masih pake masker. Padahal udah sepi di sepanjang jalan udah gak ketemu orang lain.
Pake harus nyebrangin jembatan kecil dulu nih, jalannya harus hati2 biar gak kepleset. Nah dari sini udah mulai copot deh maskernya, udah engap gak bisa napas kalo jalan sambil pake masker tuh.
Cuman sayang, bentuk sawahnya udah acak2an karena beberapa area padinya udah dipanen, jadi gak rapi berbentuk terasering gitu...
Melewati pinggir sungai yang airnya jernih banget....
Nahh kann, mulai lah disiksa...disuruh lari...lari ..lari...dibelakang ada suara anjing galak...hihiihi
Kalo kayak gini jadi inget trekking di Nepal...ye kannn!
Heran deh, sekalinya ketemu tangga, banyak banget gak udah2.
Si Papoy mah happy banget nih roman2nya, naga2nya bakal diajak daftar trail run tahun depan nih

CURUG BARONG

Curug pertama yang kita kunjungi adalah Curug Barong. Yah air terjunnya kecil aja sih, ini sih bisa dibilang air mancur ya...wkwkwk. Disini sih ketemu dengan beberapa pengunjung lain juga. Jadi gak sepi2 banget gitu. Cuma kita foto2nya selalu menghindari orang lain...jadi terlihat sepi.
Nah dibawahnya ada kolamnya, mungkin kedalamannya sekitar 2 meter nih. Kita sih langsung nyemplung aja dahhh, abis trekking panas2an keringetan, langsung ketemu airnya yang dingin...jadi segerr banget rasanya.
Airnya memang bening banget nih..gak bohong deh. Liat aja tuh batu2 di dasarnya keliatan jelas.
Masih di area situ juga, turun sedikit dari kolam yang tadi, ketemu air terjun lagi...Lumayan bagus juga...
Nah bisa nembak cowok deh disini...hahaha
Nah loh, turunnya gimana donggg nih? Masa kudu loncat?
Hari ini kebetulan dikasih cuaca yang bagus, cerah banget. Asik lahh buat explore disini. Jadi abis tadi nyemplung ke kolam, udah basah2 bajunya, akhirnya kering sendiri lagi deh. Makanya pake bajunya setipis mungkin, biar gak ribet harus ganti2 baju, walaupun teuteup sih kita kan bawa ransel kecil isi baju ganti, tapi masih ada beberapa tempat lagi untuk bermain air, jadi gak mungkin langsung ganti baju saat itu.

LEUWI CEPET & LEUWI LIEUK

Tempat kedua adalah Leuwi Cepet dan Leuwi Lieuk yang areanya berdekatan. Yah tentunya untuk menuju kesini kita tadi tuh lanjutin trekking lagi melewati jalanan yang banyak tanjakannya. Siapin kaki aja pokoknya.
Ini di pintu masuknya...
Berjalan sedikit udah ketemu deh Leuwi Cepet....Leuwi itu mungkin artinya kolam yaa..soalnya disini gak ada air terjunnya. Cuma ada kolam yang airnya bening dan kedalamannya sekitar 3-4 meter gitu yang di tengah sana. Karena males buka2 sepatu, kita nyemplung aja langsung dah...Disini ketemu sekitar 5 orang aja yang juga lagi foto2 di kolam. Jadi Leuwi Cepet itu cuma kolam gini doang ya..
Nahh asik juga sebenernya kalo mau berendam2 disini, airnya bening dan sepi pengunjungnya.
Yah lumayan bagus lah kalo buat spot foto2 sih yaa...
Lanjut jalan sebentar, ketemu Leuwi Lieuk nya. Yah olohh, disini ternyata udah rame banget pengunjungnya. Mereka disini tuh pada loncat2 dari batu terjun ke kolam. Aseli rame banget, dan sepertinya kagak ada wabah Covid disini. Orang happy2 aja semua gerombolan begitu.
Kita sih langsung skip tempat ini, gak berminat lagi nyemplung2 disitu.

CURUG CIBALIUNG

Guidenya pun menyediakan tempat cadangan, yang gak masuk ke dalam list paket yang kita ambil, tapi karena kita kecewa sama si Leuwi Lieuk yang gak bisa kita nikmati, jadi kita dibawa ke yang namanya Curug Cibaliung. Ini loket tempat beli karcisnya sekaligus pintu masuknya.
Wah lumayan nih, ketemu kolam yang gak dalem, airnya bening, bisa buat berenang2 nih disini.
Terus kita lanjut masuk lebih ke dalam lagi dari lokasi kolam bening tadi, tentunya lewatin tanjakan dulu..
 Akhirnya ketemu air terjun kecil dengan kolam nya yang berwarna hijau tosca dengan kedalaman sekitar 3-4 meter.
Kalo yang bisa berenang sih enak banget nihh langsung maen terjun terjun aja..
Yah akuh mah gak bisa berenang, bisanya maen air aja dah di pinggir kolam...
Gayanya seakan2 lagi berenang....padahal itu tinggal jongkok aja...hahaha
Hadeuhh...nyesel juga ya dulu kenapa kagak belajar berenang yang bener. Eh tapi disini ada yang sewain jaket pelampung kok. Kalo gak salah Rp. 20 rb atau 25 rb gitu. Ahh mahal, cuma nyemplung2 bentaran doang kok...Bahkan di warung2 yang ada di sekitar curug ini ada yang jualin celana dalam juga loh. Mungkin banyak orang yang gak bawa baju ganti, tapi kepengen nyemplung. Jadi yang punya warung liat ada peluang jualin baju/CD deh disini.
Pokoknya kalo nyemplung yah langsung aja, gak pake buka sepatu dulu...biar gak ribet.
Okelah Ferguso, kalo cuma trekking sebentar dan ketemu kolam ijo2 kayak gini sih Maria udah happy lah, no complain.
Kita seneng banget malah dibawa ke Curug Cibaliung ini, karena ternyata asik banget tempatnya buat foto2.
Pengunjungnya sih ada aja, tapi kita cari spot yang sepi...udah kayak foto prewed aja dah..
Hmmm....Ferguso lagi doa apaan lagi tuh yaa? Jangan2 mau ajak naek gunung lagi nih..
Airnya bening...segerrrr poll!
Udah lupa deh kalo sekarang jaman susah lagi ada wabah Covid 19 yang bikin luluh lantak seluruh dunia..
Wahh beneran, gak rugi juga kita pake guide. Dia bisa fotoin kita yang bagus2
Pokoknya puas2in maen air dan foto2 deh disini..
Padahal itu airnya lumayan deres loh...tapi asik juga kaki direndam disitu kayak lagi dipijit2
Guide nya bisa juga foto candid  nih...
Nahh kalo mau refleksi seluruh badan, tinggal baring aja di air begini...
Berasa udah nenek2 dituntun begini...haahha. Tapi emang bahaya sih disini batu2 nya licin, jadi harus pegangan...
Nah disini ada jembatannya juga...tapi cuma menghubungkan warung satu dengan warung satunya lagi. Wahh warungnya diserbu orang nih, rame banget disini.
Jadi jangan takut kelaparan, disini ada warung yang jualan utamanya adalah Indomie...mantapp juga sih, kalo abis maen air kan dingin2 tuh, bisa langsung menyantap semangkuk indomie rebus. Sluurrppp!
Nahh ini kolam yang tadi ada di dekat pintu masuk nya....kita sempetin berenang dulu disini saking ngiler liat airnya yang bening.
Oh iya, setelah dipaksa2 si Papoy buat nyelem, akhirnya gua berhasil juga punya foto underwater nih..
Liat aja kolamnya dangkal banget, paling cuma sepaha doang, jadi masih aman buat yang gak bisa berenang sih ya...
Nahh dari Curug Cibaliung itu kita jalan pulang nya lewatin si Leuwi Lieuk lagi . Lalu kita mampir ke warung yang ada di atasnya karena emang udah laper banget dari pagi berangkat kan gak sempet sarapan. Tentunya kita harus cari warung yang sepi jangan sampe ketemu gerombolan orang.
Nahh cocok nih warungnya, udah sepi, view nya langsung ke Leuwi Lieuk di bawah sana...
Tuh liat aja rame banget kann....padahal ini hari Selasa loh...bukan weekend. Tapi herannya, di sepanjang jalan tadi kita gak ketemu mereka sama sekali loh. Mungkin mereka lewat jalan lain, kata guide nya bisa ada 2 jalan menuju kesini.
Bayangin aja kalo pergi kesini saat weekend atau hari libur, aujubilahhh, pasti kayak cendol lah!
Disini kita pesen Indomie rebus plus telor, dan makan bakwan sayur yang gak disangka2 kok enak banget, sampe makan 2 biji. Beuhh, gimana mau kurus yaa?!
Oh iya, gak jauh dari warung tadi, ada spot foto dibawah pohon gitu...tapi waktu itu pas ada orang bule lagi duduk ngaso disitu. Jadi kita fotonya agak minggir sedikit deh..

LEUWI HEJO

Udah makan dan istirahat sebentar, kita lanjut lagi ke tempat terakhir yaitu Leuwi Hejo, jaraknya gak begitu jauh dari curug Lieuk tadi, jadi searah pulang. Nah ini view dari atas ke arah sungai nya...
Nahh tuh ada papan namanya kann..Leuwi Hejo..
Kayak gini lah kolamnya itu...emang warnanya hijau....hijau tosca.
Kolamnya ini lebih dalam lagi daripada leuwi2 sebelomnya, tulisan di pinggir sih bilang kedalamannya bisa sekitar 7 meteran. Hadeuhh, tambah takut lah gua mau nyemplung2. Padahal orang2 kesini tuh mau loncat2 dari atas batu di belakang sana. Seru banget kann! Akuh yah jadi penonton aja lah...
Beraninya cuma merambat2 di pinggir2 batu aja...hahaha, cemen banget dah! Abis pandemi kelar, mau les berenang deh...
Untung di spot bagian kolam ini gak rame sama orang, semua pada ngumpul nya di tempat2 yang dangkal, yang ada batu2nya.
Nahh, Leuwi Hejo ini adalah tempat yang paling rame dari semua curug yang kita kunjungi, karena mungkin selain ada tempat nongkrongnya, akses masuknya yang paling dekat dengan tempat parkir. Jadi gak perlu trekking2 dan jalan kaki yang lama, makanya jadi favorit pengunjung.
Nahh, selesai deh acara trekking ke 4 curug kita hari ini. Mau jalan pulang masih harus lewatin tangga2 lagi...
Karena kita parkir nya beda sama pengunjung2 lain, kita mah masih harus lewatin kebun2 dan jalan yang lumayan jauh. Mana mataharinya udah panas terik banget nih...
Gak berasa, kita selesai trekking sekitar jam 12.30 an. Pas 5 jam an deh selesai keliling ke 4...eh 5  curug itu. Kan dapet bonus 1 curug pengganti yang rame entuh..
Nahh begitulah cerita perjalanan trekking kita di daerah Sentul Bogor ini. Puas dengan pelayanan guidenya yang ternyata pinter foto2. Cukup puas dengan pemandangan yang ada, puas bermain air yang jernih dan menyegarkan. Udah cukup membuat kita refresh, keluar dari rutinitas dan kejenuhan suasana kota. Dan kita sih fine2 aja, gak ketemu gerombolan orang, gak papasan banyak orang juga. Dan terutama, dikasih cuaca yang cerah ceria. Siangnya pas kita balik ke Jakarta, malah langsung hujan deras banget. So thankgod banget dahh...kita udah aman dan senang jalan2 hari ini.

Oh iya, si guide nya cerita, dia tuh sering banget bawa rombongan yang mau trekking, tapi begitu lihat medan trekking nya tanjakan begajulan gitu, banyak yang minta balik lagi. Jadi asal udah ketemu sawah hijau2, foto2 bentar, pulang. Ada juga yang udah ketemu Leuwi Hijau doang, minta balik aja gak mau lanjut trekking. Cape katanya. hahaha....lucu juga ceritanya. Emang bener sih, ini paha gua aja 2 hari belom ilang pegel2nya. Sakit juga kalo abis duduk terus bangun mau jalan tuh rasanya seperti ironmen..hahaha. Yah memang, gak semua orang suka model jalan2 yang bikin cape begini, segala ada trekking2 nya, apalagi di masa wabah pandemi Covid begini kan. Tapi daripada kagak ada tempat lain, yahh akuh mah rekomendasiin boleh lahh kesini. Tapi jangan hari libur, jangan pas weekend yaa. Bisa terjebak macet parah soalnya dan juga ketemu gerombolan orang2 yang suka bikin parno. Yang penting stay safe and healhty aja gaess!
Okay deh, segini dulu laporan dari Sentul...sampe ketemu lagi di trip lainnya.
Babayy Ciaobella!

1. rajin banget yan.. gua ngebayanginnya aja juga udah berasa cape nya. hahaha.
    tapi cakep sih ya curug2nya....

1. iya, aku pun heran kenapa rajin banget...hahaha, saking udah gak tau mau jalan2 kemana lagi Man, jadi pilih yang deket2 dan itung2 olahraga deh..gak disangka curugnya lumayan bagus2..

2. Lumayan ya gak jauh dari Jakarta masih ada lokasi yang menarik gini :D . Tapi iya sih kebayang bikin gempor juga ya, trekking seharian gitu plus apalagi kalau pas panas-panas pula, hahaha... .

1. iya gempor juga ko, 2 hari paha sakit2 kalo jalan.hahaha, jalan2 tapi tersiksa juga ya...

3. Airasia lg promo mi. Unlimited deal. Beli 1.5jt. bisa pakai 6 bulan ke tujuan domestik. Tapi buat Sumatra, Jawa, Bali + Lombok.