Friday, February 2, 2024

HONGKONG MACAU TRIP 2024

Holaa pemirsa!
Asikkk nihhh, tahun 2024 udah dibuka dengan acara jalan jalan gratis! Jadi semangat deh update blog nya...buru buru diupdate biar kagak keburu lupa. LOL! Maklum, gak cuman kesabaran Maria yang tipis, otak Maria juga semakin tipis tergerus waktu...Halah!

Nahh, seperti yang Maria suka bilang kalo Maria bukan kerja di perusahaan MLM, yang suka kasih karyawan2nya jalan2 gratis, tapi Maria cuma nguli aja di kantor yang dimiliki oleh dewa.Terus dewa nya ini nih yang baik banget, suka kasih karyawannya healing2 keluar negeri. Dia tau kali ya, kerja di perusahaan milik dia itu berat, karyawan cepet stress dan lama2 bisa sinting, makanya disuruh jalan2 dulu sebelum dipecut lagi..hahaha. Bercandyaaaa.... bercandyaaa...yahh! Gawat nih kalau ada yang ngadu mah, ntar Maria kagak diajak jalan2 lagi dah! Nama Maria bisa auto diblacklist! Jangan sampee dahh...Maria masih butuh healing2 gratis...hahaha. Kalau bayar sendiri sih bukan healing, pulang2 dompetnya yang sakit..LOL!

Tahun ini tujuan jalan2nya adalah ke Hongkong dan Macau selama 5 hari 6 malam. Terhitung sebentar banget dibandingin jalan2 ke Eropa mah ya...hihiihi...*ngelunjak. Inipun jalan2 luar negeri di kantor Maria udah ketunda 4 tahun gara2 si covid. Parahhh ya. Kalau kagak mah, blog Maria udah update cerita travelling ke banyak negara tuh.. Haiyaaa! Tapi bersyukur aja lah, tahun 2024 ini akhirnya terlaksana juga jalan2 ke luar negeri nya. Yukkk, kita langsung menuju ke cerita inti nya aja, yaitu cerita mulai dari persiapan dan selama perjalanan di Hongkong dan Macau...Cusss ke TKP...

Pas diinfo ikut turnya tuh sekitar 2 bulan sebelumnya, mana pasport Maria pas abis pula masa berlakunya. Terakhir yang pas ke Nepal tahun 2019 ituh nganggur2 aja tuh pasport gak kepake, tau2 udah expired. Terpaksa harus urus perpanjangan pasport dulu. Untungnya sekarang sih gampang ya tinggal daftar di aplikasi m pasport dan bisa pilih kantor imigrasi terdekat. Tapi dibilang gampang gak juga loh, kalau waktunya mepet tuh gak bisa langsung dapat kuota di kantor imigrasi yang kita pilih, terutama kalau mau perpanjang pasport electronik. Kita harus rajin cari kantor imigrasi yang punya kuota banyak untuk perpanjangan pasport electronik itu. Terbukti pas Maria pilih kantor imigrasi deket kantor yaitu di Lippo Mall Puri, eh udah full kuota nya sampe bulan Desember. Panik dong..sementara awal Januari udah mau berangkat. Langsung puter haluan, cari kantor imigrasi nya yang di Tangerang kota yang jauh dikit sekalian. Pikir kan disitu pasti agak sepi , gak bakal antri kayak di Jakarta. Eh ternyata lumayan antri juga tuh, tapi cepet sih karena cuma proses foto doang, sementara data2 kita kalau mau perpanjang electronik tuh udah ada semua di database, gak usah bawa dokumen2 penting lagi jadinya. Udah diupload di aplikasi pas kita daftar, seperti KTP, Kartu Keluarga, foto pasport lama. Tinggal dateng aja buat foto. Dan cepet juga prosesnya, 3 hari udah selesai dan siap diambil. Udah gitu masa berlakunya sekarang kan jadi 10 tahun. Mantap juga kann...kagak repot bentar2 harus perpanjang pasport. Cuma agak nyesel yaa...kita bikin pasport nya pasport electronik yang 48 halaman, harganya tentu lebih mahal. Terus ternyata sekarang mah kagak di cap2 tuh di kantor imigrasi Hongkong ataupun Macau. Pergi dan balik Jakarta pun lewatin autogate imigration, jadi pasport Maria terlihat masih baru aja, kosong dalemnya tanpa ada cap cip cup imigrasinya. Haiyaaa...jadi buat apa bikin yang sampe 48 halaman malihh?! *getok2 kepala sendiri.

Oh iya, karena kita perginya pake agen tour, makanya gak usah repot2 browsing cari tahu hal2 yang harus diperhatiin selama perjalanan, seperti misalnya : 
- cuaca dan suhu di Hongkong Macau sekitar 17 - 23 derajat Celcius, disarankan bawa jaket tapi gak yang tebel2 kayak mau ke daerah salju... hihihi. Disarankan juga bawa payung...
- diinfo juga soal colokan listrik ( steker ) yang dipakai yaitu colokan 3 pipih,  bawa  adaptor universal aja kalo punya.
- mata uang di Hongkong adalah Hongkong Dollar dengan kurs saat itu Rp. 2000.
- mata uang di Macau adalah MOP ( pataca ) dengan kurs saat itu Rp. 1850, dikasih tau juga jangan tukar MOP banyak2, karena MOP cuma berlaku di Macau doang. Di money changer Indonesia juga mana ada yang jual kan yaa, gak bisa tuker juga. Toh di Macau terima HKD kok, jadi belanja pake HKD dan minta kembalian HKD juga..jangan mau dikasih MOP. Demikian sekilas info...hahaha

Pas hari H diwanti2 buat dateng ke airport 4 jam sebelumnya. Whattt???!! Haiyaaa...lama amat nunggunya ya. Ditakutin ada peserta yang telat dateng, karena mereka mau urusin bagasinya katanya. Untuk seat sih udah dibookingin secara grup, tinggal kita check in sendiri2 bersama koper kita. Semua pas pergi sih bagasi kagak ada yang lewat dari batas maksimalnya yang 23 kilogram ituh ya. Gak tau deh ntar baliknya, udah pasti beranak pinak bagasinya. LOL! Udah gitu kartu imigrasinya udah diisiin juga, jadi gak ribet. Terlebih lagi kita kan kebanyakan pada lewat autogate, langsung cuss dah menuju gate nunggu boarding. 

Perjalanan sekitar 4 jam an dengan Cathay Pacific, dapet meal di pesawatnya nasi kuning dengan ikan dan ada croissant nya juga yang ajaib kok rasanya enak seperti croissant punya bakery terkenal itu. 
Langitnya cerah banget di sepanjang penerbangan, dan begitu memasuki langit Hongkong, tersebar tuh pemandangan laut yang lumayan cakep dengan pulau2 tersebar di sekitarnya.
Begitu landing, kita masuk antrian imigrasi yang lumayan panjang. Tapi cepet juga kok gak bertele2 petugasnya. Setelah itu langsung urus koper2 kita dan jalan menuju ke bis yang menjemput kita. Tempat pertama yang kita tuju adalah Heritage 1881 yang merupakan komplek shopping dan entertainment yang bangunannya berbentuk kuno dan artistik yang pernah digunakan sebagai markas besar Polisi Laut Hongkong. Yah tentu aja gak dilewatkan buat foto2 disini ya..walaupun terlihat biasa saja gak istimewa...hihihihi! Namanya juga turis, apa juga difoto..ye kann!



Setelah itu kita diajak ke Avenue of Stars, yang letaknya masih dikawasan dekat Heritage 1881 juga, yaitu daerah Tsim Sha Tsui. Disini terdapat patung Bruce Lee yang menandai kawasan ini. 
Dan cetakan telapak tangan para artis yang dulu tersebar di lantai, sejak Covid melanda akhirnya dipindahkan ke railing pagar sepanjang pantai. Udah kurang greget yaa jadinya. Udah gitu, karena letaknya memanjang sepanjang pagar, yah kita harus rajin bacain satu per satu nama2 artis yang kita kenal. Maria sih males carinya ya, karena dari awal kagak ketemu yang kenal..wkwkwk. Rata2 sutradara atau artis yang kurang hits di Indonesia. Tapi akhirnya, ketemu juga beberapa yang emang idola nya Maria nih...keke Andy!



Mungkin gak ya suatu hari telapak tangan Maria ada disini? Yahh kagak mungkin lahhh yaw!
Pas ada kapal khas Hongkong nih merapat disini, sebenernya pengen naek, tapi gak ada waktunya.
Sayang nih kita gak ada kesempatan untuk foto2 disini saat malam hari yang view nya bagus banget dengan lampu2 warna warni dan kalau dulu Maria kesini tuh ada pertunjukan sinar laser nya di jam2 tertentu.
Disini anginnya lumayan dashyat ya, semakin sore udaranya juga semakin dingin. Pengunjungnya malah tambah rame.
Setelah itu kita diajak ke restoran Majesty Chinese Restoran di Nathan Road untuk makan malam. Wah, disini enak2 nih makanannya. Tapi gak difoto makanannya saking udah pada lenyap masuk mulut.
Abis itu cek in hotel Harbour Plaza 8 Degree. Kamarnya lumayan luas lah untuk berdua dengan koper2 gede. Yang penting kamar mandinya bersih. 
Ada kolam renangnya juga
Area outdoor di lantai 2 sebelah kolam renang..
Foto dari lantai ke arah langit...
Paginya sarapan lumayan beragam juga pilihannya. Tapi gak difoto karena banyak...

Setelah itu kita bakal  makan siang dan shopping di Tung Chung Citygate yang merupakan factory outlet dari brand2 terkenal. Disini sih Maria cuma makan aja di food court nya, waktu itu pesan Nasi dengan Pork Roasted seharga HKD 47. Gila, ukurannya jumbo dan tentunya gak abis..Rasanya mah enak, cuma kegedean porsinya. Katanya cewe2 Hongkong porsi makannya ya segitu ituh. Busetttt!
Berhubung di sini kagak ada yang ngerti bahasa Inggris, jadi cara pesennya gampang : foto aja makanan yang kita mau di poster2 yang ditempel di dinding sebelah kasir. Tinggal tunjukin fotonya ke kasir dan kasih duitnya. Beres deh...
Tempat wisata berikutnya adalah Ngong Ping Village 360, dimana kita akan naek cable car dari terminalnya yang deket dari Tung Chung Citygate itu. 
Perjalanan naik cable car kurang lebih 25 menit sepanjang sekitar 5,7 kilometer menghubungkan dataran tinggi Ngong Ping dan kota Tung Chung. Dari atas kita bisa menikmati pemandangan hamparan laut, bandara dan pegunungan Lantau Island. Juga terlihat Tian Tan Buddha dari ketinggian. 
Beruntung siang ini langitnya cerah banget..

Sesampainya di gate Ngong Ping Village, kita akan berjalan sedikit melewati toko2 souvenir dan kedai kopi, ada Starbucks juga disini, kita menuju ke Tian Tan Buddha yang terletak di atas bukit dan harus menaiki sekitar 231 anak tangga. Lumayan yaa...
Yeayyy..sampe juga di atas...
Bayangin aja dulu tahun 2007 kita kesini saat si Mik2 masih kecil, jadi Ferguso gendong dia di pundak sambil naik ke atas. hahaha...Jadi nostalgia keinget ribetnya jalan2 bawa bocil, dorong2 stroler di jalanan pavling blok, arrgghhh...kok kita kuat banget dulu ya. Dan ternyata dulu Maria posting ceritanya di tahun 2007..klik disini : GIANT BUDDHA. Aihhhh parah yaaaa, ternyata udah 17 tahun lalu...cepet banget yaa waktu berlalu! 
Sampai di atas, kita bisa memasuki aula nya untuk berdoa.
Lalu menikmati view dari atas yang bisa melihat juga ke Polin Monastery
Pas arah balik jalan ke cable car, baru sempet foto2 di gerbangnya ini..
Sama gerbang penanda Ngong Ping Village juga..
Nah yang kayak gini juga gak luput difoto..biar tercapai sesuai dengan kata2 yang tertulis disitu. Tebak hayo, yg ketutup badan Maria itu apa tulisannya? *bukan quiz
Setelah puas foto2 di atas patung Big Buddha, kita mampir ke Polin Monastery nya, cuma foto2 di halaman depan kuilnya aja yang full dengan lampion merah.
Ini jalan masuknya dipenuhi dengan lampion warna warni.
Setelah itu kita mau balik dengan naik cable car lagi dan ternyata antrian udah panjang banget, sekitar 30 menit lah antrinya di jam 5 an sore. Dan ketika naik cable car turun itu cuacanya udah dingin mulai berkabut, anginnya masuk dari sela2 lubang dan lumayan membuat menggigil. 

Besoknya kita diajak ke kawasan pantai yaitu ke West Kowloon Promenade  & Art Park. Disini tentunya foto2 aja kerjaannya ya...
Bagus juga nih view nya. kayak yang di Avenue of Stars...
Nah ini foto di halaman museum nya...gedung yang tinggi itu lupa namanya apa..


Museum nya yang di belakang Maria ituh tuh..
Terus kita masuk ke Hongkong Palace Museum yang banyak terdapat barang langka dan bersejarah.
Pintu masuk museumnya berwarna merah..kayak pintu gerbang kuil2 Tiongkok ..
Baju dan sepatu raja...
Lupa nanya, ini jam nya lapis emas gak ya? Mau dikerokin emasnya...buat modal main di kasino nanti
Barisan patung dewa2, kalau di rumah ada beginian agak serem juga yaa..auranya auto horor.
Keluar dari museum lewat pintu exit di samping gedung, nemuin view kayak gini...bagus yaa. Sebelah kanan itu pantai yang tadi Maria foto2..
Kalau ini di halaman dalam depan gedung museum nya..
Setelah itu ke Victoria Peak dengan naik tram, keretanya kayak kereta panoramic yang ataspnya kaca, samping kiri kanan juga kaca lebar2. Kita udah dispill oleh tur guide nya, kalo duduk naik tram pilih yang sebelah kanan, karena nanti akan melihat view ke arah laut dan kota Hongkong. Jadi kita semua berebutan deh duduknya mau sebelah kanan pinggir jendela.
Padahal tadi pagi cerah sampe kita dapet view dengan langit biru di pantai. Eh, tiba2 langsung mendung dan mulai gerimis. Nah kayak gini view nya dilihat dari jendela tram nya.
Padahal kalo di Victoria Peak itu kan justru mau lihat pemandangan kota Hongkong dari atas ya, kalau langit biru kan pastinya lebih bagus lagi. Memang lagi kurang beruntung nih..
Eh tapi dulu tahun 2007 pas kesini juga mendung2...Heran ya, kenapa gak pernah dapet cuaca yang cerah kalau pas kesini. Yang mau baca cerita tahun 2007, klik disini : HONGKONG 2007 PART 1.

Nah kali ini Maria pantang pulang sebelum foto yang banyak disini...wkwkwk! Udah kadung sampe sini, yah masa berteduh doang?
Duhhh..kenapa pake acara mendung segala sih siang ini...
Kebayang kan kalau langitnya biru, pasti bagus tuh view laut nya..
Bener2 abis Maria selesai foto disini, langsung turun hujan loh..
Turun dari Victoria Peak kita mampir sebentar ke Bauhunia Square, tapi yah cuma gitu doang adanya patung bunga Bauhunia berwarna emas yang katanya hadiah dari raja siapa gitu..Lupa euy, kagak menyimak omongan guide nya..hahaha
Ini aja fotonya nitip sama temen yang turun, karena sebagian orang pada males turun akibat gerimis...
Nah sorenya kita dilepas deh di Ladies Market untuk shopping till drop. Hahaha, cape juga mata liatin barang2 , tapi kagak beli. Males banget nawar2nya kalau yang di kaki lima gitu. Akhirnya ikut2an aja beli kaos sablonan Hongkong yang harganya HKD 100 dapet 7 kaos. Yah, typical belanja dari dulu juga HKD 100 dapet 3 atau 4, sampe tahun 2024 juga masih HKD 100, tapi tentu kurs nya udah naek 2 kali lipat ya.

Terus kita jajan buat makan malam, ketemu tempat jual wonton mie enak dan porsi jumbo. Harganya HKD 40, yah klo di Indo yah layak lah harga Rp. 80.000 dapet 2 porsi bakmi yah! Rasanya enak sih, cuma tawar pedes2 aja karena bumbu yang tersedia cuma chili oil aja, kagak ada jeruk, saos tomat, saos sambel, kecap asin atau cabe iris kayak di Indo...hahaha. 
Abis itu beli minum air jeruk lemon, wah seger banget dah! Harganya xoxo lah sekitar  HKD 25..antri juga yang beli ini, padahal udah menjelang malam udaranya semakin dingin.
Enak inih..segerrr!
Untungnya pas detik terakhir waktunya udah mau berkumpul balik ke hotel, Maria menemukan satu toko baju yang barangnya bagus2 dan lagi diskon pula. Langsung borong deh! Sampe akhirnya lari2 ke arah bis nya berada...pas ontime sampe di bis! Tour guide udah celingak celinguk cariin kita...hahaha!

Nahh itu kan cerita selama di Hongkong...sekarang kita beralih cerita saat perjalanan ke Macau dan selama 2 hari di Macau.
Jadi dari hotel di Hongkong itu pagi2 kita udah cek out langsung menuju terminal bis untuk naik Golden Bus tujuan Macau. Di terminal itu kita harus melewati imigrasi nya juga, artinya keluar Hongkong. 
Naik bis ke Macau akan melewati jembatan di atas laut dan kecepatan bis diatur tidak boleh melewati batas maksimal yang ditetapkan. Kalau kecepatannya lewat, maka akan bunyi2 tuh alatnya kasih tanda untuk turunin kecepatannya. Mungkin sekitar 70 km/ jam deh. Pokoknya sekitar 1 jam udah sampai di terminal bus Macau dan kita harus lewatin imigrasi Macau untuk keluar dari terminal.
Tahun 2007 Maria pernah ke Macau naek ferry. Waktu itu kita keliling dari Shenzen, Guangzhou dan Zuhai, lalu nyebrang ke Macau. Yang mau baca bisa klik disini : MACAU 2007  dan disini : SHENZEN, GUANGZOU, ZUHAI. Jadi sekarang oke juga punya pengalaman baru lagi ke Macau naik bis.

Dari situ kita langsung di ajak ke Ama Temple. Yah kecil aja sih templenya, Maria pun cuma foto di depan nya doang, kagak masuk2 ke dalamnya. Jadi cerita sejarahnya Ama Temple adalah kuil tertua dan pertama kalinya bangsa Portugis mendarat di Macau
Malahan nemu toko oleh2 di samping temple, Ko Kei Bakery kalo gak salah. Dan nemu portueguese eggtart yang rasanya maknyuss. Sampe makan 2 biji pas anget2. Mantap!
Nahh, di Koi Kei Bakery terhampar lah macem2 kue dan snack oleh2 khas Macau..harganya lumayan mahal2..masa ada yang 1 kotak itu seharga HKD 208...masyaolohhh! Rp. 400 ribuan buat cookies? Maria belom rela beli nya...obat gendut pula! Mending nanti cari resep nya bikin sendiri..LOL! *dasar pelit

Setelah makan siang, diajak ke Venetian Complex yang guede banget. Lalu dilepas lah kita disitu sampai sore.  
Udahlah, kita explore sampai ke ujung2, tentunya fotonya banyak jadinya. hahaha.


Lihat antrian Lord Stow's Eggtart yang legend itu sampai mengular panjang udah males aja, padahal udah masukin ke wishlist mau beli cobain. 
Untunglah lewat jalur orang dalam alias titip tour guide nya, kita bisa dapet tanpa perlu antri. Nahh, pentingnya ikut tur tuh begitu, bayar lebih mahal bisa dapet priviledge dibanding pergi sendiri, repot browsing2 map, repot cari2 alamat, harus antri sendiri di tempat2 yang hits,dll. Kalau grup tur gitu kan dikasih akses khusus. 
Berhubung jualnya di mall Venetian, tentu aja harganya lebih  mahal dibanding di outlet nya yang reguler. Kalau gak salah inget, ini seharga HKD 13 per buah. Masih masuk akal lah harganya.
Karena acara bebas di Venetian itu sekitar 2,5 jam, makanya Maria explore sampe ke ujung2,mulai dari tengah casino..
 Melewati ballroom hotel yang keren banget..Mevwahh!
Jalannya jauh banget, tau2 sampe di halaman Parisian. 

Udah deh, betah di situ pepotoan dan bikin konten.
Setelah acara bebas dan disuruh berkumpul lagi di titik kumpulnya, taunya grup tur kita malah dikasih waktu photo2 di halaman Hotel Grand Sheraton yang literally di seberangnya Parisian dan nyambung dengan The Londoner, Jadilah disitu sesi foto2 lagi dari angle yang berbeda..hahaha. 
Emang keren sih bangunan hotel Grand Sheraton ini..kayak istana atau gereja kuno gitu

Aura nya kayak di Eropa yak? *ngayal
Nah ini foto dari seberang jalan Venetian Complex....
Dan sekalian katanya mau nunggu sampe lampu2nya nyala, karena lebih bagus lagi. Puas deh foto2nya.



Lampunya banyak warna juga ternyata...ada ungu
Ada yang pink
Ada yang biru ombre..
Setelah itu kita check in di hotel Casa Real, lumayan bagus juga. Lobby nya kayak gini :
Kamar nya luas juga. Wifinya lancar..
Ada kolam renangnya indoor
Ada tempat gym nya juga...bahkan ada casino nya. Emang dasar Macau, hampir setiap hotel ada casinonya sendiri..biar tamunya kagak pergi keluar2 ..hahaha
Abis check in, kita malah ngelayap ke sekitar hotel. Ternyata deket juga dengan Sand's Casino, jadi kita masuk ke dalamnya juga buat lihat2 orang yang menghabiskan duit nya disana. Rata2 orangtua loh yang main di dalem ituh..udah kayak gak mikir duitnya bakal abis...pokoknya happy. 
Besoknya jadwal tur kita adalah ke Ruins of St.Paul yang merupakan bangunan sisa reruntuhan katedral yang dibangun abad ke 16. Sampe sana udah rame banget turis yang datang, susah juga mau foto2nya. Mana cuacanya mulai panas banget, mataharinya kinclong bener.
Dengan kekuatan bulan, Maria hilangkan orang2 disitu...hahaha...
Yah pokoknya disini fotonya dikit..karena orang lalu lalang gak berenti2...kebanyakan turis China yang gak tau etika, orang jelas2 lagi pose buat foto, dia maen lewat2 aja tanpa dosa...Capeee aku tuh!
Setelah foto2 selesai, kita malah jalan keluar masuk toko oleh2 di sepanjang jalan menuju Senado Square. Dan kenyang banget nyobain tester kue dan dendeng yang ada disitu..LOL!
Setelah itu kita ke Taipa Village yang merupakan bangunan Portugis dengan gang sempit yang menggambarkan kehidupan desa Macau seratusan tahun lalu. Sekarang menjadi daerah wisata kuliner. 
Masuk ke dalam gang nya penuh sekali dengan turis, kebanyakan semuanya antri untuk membeli makanannya. 
Maria cobain waffle aja seharga HKD 25 ( berarti sekitar Rp. 50.000 ), sebanding sih ukurannya juga jumbo. 
Setelah itu kita ke Wynn Hotel untuk menyaksikan Galaxy Diamond Show, yaitu pertunjukan air mancur dengan lampu warna warni. 
Pertunjukannya hanya sekitar 3 menit aja sih..cape nunggunya. Karena kita dateng jam 15.30, show nya dimulai jam 16.00. 

Selebihnya kita acara bebas muter2 sampe jam 5. Ketemu lobby nya yang dekornya wow 
Setelah itu kita balik ke hotel dan kita keluar lagi ngelayap sendiri ke Lisboa Casino..
Besok udah harus pulang ke Jakarta. Nah, yang pusing pas mau packing kopernya nih...udah penuh sama oleh2 yang bentuknya kotak2 dus gitu. Pusing juga kalau buat kasih orang, bakal penyok2 kalau dipaksain penuh2...hahaha. Bisa2 kue nya yang ringkih jadi bubuk pas sampe rumah. LOL! 
Nah paginya pas cek out dari hotel, kita dapet breakfastnya dalam box gitu, isinya sandwich dingin, telur dan jus jeruk. Mana cek out nya jam 5.30 pagi, masih ngantuk gak napsu makan. Jadi gak kemakan deh breakfastnya.
Sampe airport dapet gate tunggunya di gate 70, bayangin aja jalannya jauhh bener. Keburu lapar gak sih..hahaha. 
Lucu nih ketemu patung di deket tempat tunggu boarding...
Udah gitu, di pesawat harusnya ada pilihan 2 macam mealnya : nasi kuning atau omellet sosis. Pas banget barisan kita, nasi kuningnya abis sodara2! Astagaaa...selalu deh takdirnya begitu! Jadinya dapetnya omelette dan sosis. Dikasih komplimen roti bulat itu 2 biji..hahaha..
Untunglah cuaca cerah, kagak ada turbulence nya sama sekali. Mulus luss sampe landing di Soetta. Thankgod! Cuma nunggu bagasinya lama banget. Untung juga kagak salah kostum, udah pulang ini Maria sengaja pake kaos oblong aja, karena sampe Jakarta udah pasti panas banget. 

Jadi begitulah cerita Hongkong trip tahun ini...Cukup bisa membuat fresh kembali..Dan besoknya udah harus kerja lagi deh, biar tahun depan diajak jalan2 gratis lagi dong! Eh, tapi Maria sih langsung ajuin cuti ding...hahaha, soalnya udah tau kalau abis pulang jalan2 pastinya capeee! Cape bongkar baju kotor dan oleh2nya. LOL!
Cerita oleh2...akhirnya Maria beli juga deh kue yang lumayan mahal harganya, emang udah cobain testernya berkali2 dan suka sama rasanya. Ini tuh krispy luarnya, dalemnya abon babi plus seaweed. Makanya yang muslim diwanti2 jangan beli yang model ini.
Dan sisanya beli macem2 coklat, kue dan dendeng. Ini semua adalah oleh2 Macau, karena di Hongkong sih gak cari oleh2 makanan lagi, carinya baju. Tapi jangan khawatir, buat yang gak sempet beli oleh2 di Macau, nanti di airport ada juga kok yang jual, cuma harganya sedikit lebih mahal..beda sekitar Rp. 40 ribuan. Yah itung2 ongkos gotong2 koper dari Macau ke Hongkong dah...
Yah udah, segitu dulu dah...sampe ketemu di cerita jalan2 berikutnya...Babayy Ciaobella!

4 comments:

  1. asik blog travelling lagi nih finally yaa after si covid, ditunggu blog jalan jalanlainnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nih baru update lagi, semoga aja kedepannya makin banyak acara jalan2 luar negerinya...hahaha

      Delete
  2. Mariaaaaa,, ditunggu sampe sepuluh purnama, akhirnya munculnya udpate blog HK Macaunya... tapiiiii,, kok ngak berjilid2 sih.... nunggunya sepuluh purnama, bacanya belum 1 jam udah selesai.... ( eh kok mirip ya dengan kondisi waiting 30 menit air mancur warnanya hany untuk lihat 3 menit .. huahaahahah )

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah begitu lah kalau perginya pake tur, acaranya sat set sat set kagak banyak drama dibanding kalau pergi sendiri..jadi gak banyak ceritanya, dibikin ringkes aja 1 postingan...hehehe..Beda ya kalau pergi sendiri, ada acara nyasarnya, ada acara hunting makanannya, berburu tempat2 hits, fotonya segambreng udah pasti..LOL! Kalau ini pergi ama orang kantor so pasti harus pencitraan dikit, biar gak terlalu menonjol narsis nya..

      Delete