Thursday, June 27, 2024

LIBURAN KE MALANG DAN GUNUNG BROMO

Holaaa! Apa kabar nya nih dunia perblog an? Masih ada gituh yang suka baca blog? hahahaha...kayaknya sih udah pada kabur yaa! Orang lebih suka lihat secara audio visual , dibanding disuruh baca. Apalagi jaman now udah tersedia platform nya, para konten creator atau blogger udah gak pake ribet lagi tinggal upload aja dah ya. Gak perlu ngarang2 kata kata dan edit edit foto segala.

Tapi gak apa apa deh, Maria masih mau update blog nya ini buat kenang2an. Karena udah hampir 17 tahun ngeblog, kalau ditinggalin kok rasanya sayang aja. Padahal juga emang tidak menghasilkan uang....hahaha. Maklum lah, blogger jadul, gak paham setting nya buat bikin blog ini menghasilkan duit. Gimana atuhh! Udah gak rame pula pengunjung blog nya...hiks! Udah ketinggalan jaman dah!

Dah lah, langsung aja ke topik utama yaa...kebanyakan curcol nya ya! wkwkwk...Kebiasaan susah dihilangkan. Semakin tua, semakin pengen ngoceh2 melulu. Jadi ceritanya, berhubung libur Lebaran tahun ini kita kagak jalan jalan kemana pun, cuma di Jakarta, gowes, masak, tidur...repeat sampe sepuluh hari begitu terus, gimana kagak bosen yaaaa!? Udah lah, kalau begitu terus caranya sih bakalan uban cepet tumbuh nih. Maka dari itu, begitu tau si Ferguso telah mendaftarkan dirinya buat ikutan event gowes di Surabaya, yaitu Bromokom challenge yang termasuk event nasional lumayan gede, Maria pun punya secercah cahaya ilahi...eh salah....setitik harapan supaya bisa ikut sambil healing2 nih ke Surabaya. Lalu mulai lah dibikin planningnya, supaya win win solution buat kita berdua. Gak cuma bapak2 yang happy karena bisa gowes ikut event besar, nah ibu2 nya pun happy bisa healing2 sambil kulineran. Yah jelas, kepilih lah tempat wisata yang dekat dengan Surabaya apalagi kalau bukan ke kota Malang yang notabene dekat dengan tempat wisata alam Gunung Bromo. Mantap kannn pilihannya! Nahh sekarang siapin kacang kuaci permen sama minumannnya dah...karena sepertinya ceritanya bakal puanjang dikali lebar sama dengan luas...LOL! Ceritanya bakal diselipin acara gowes Bromokom soalnya, jadi puanjaaanggg deh! 

Ceritanya dimulai dari saat berangkat dari rumah nih ( biar tambah panjang ceritanya..wkwkwk ). Jam 5.45 kita udah jalan dan ini pertama kali nya naik mobil melintasi tol ke Surabaya yang katanya bakal makan waktu tempuh sekitar 8 jam. 
Mari kita cobaaa! Ini udah sampe gerbang tol Kalikangkung ...perasaan kalau di sosmed belakangnya itu view gunung deh..ini kagak keliatan gunungnya. Apa editan yaa foto yg beredar ituh?
Tapi emang secandu ituh kalau melintasi tol Semarang, karena view nya cantik dan banyak gunung atau bukit yang terlihat jelas dari jalan tol.
Hari itu juga cerah banget cuacanya...ini sih dibikinin vlog travel bakal estetik banget..hahaha
Kalo udah melintasi tol Semarang, jangan lupa mampir dulu di rest area tol Salatiga di km 456. Terakhir kita mampir disini tuh tahun 2021 saat pulang mendaki gunung Lawu. Rest area terbagus dan estetik sih menurut gua.
Sekarang udah sampe disini sekitar jam 10.30 an dan tiba2 aja perutnya mendadak laper. Kita isi perut dulu di Golden Lamian yang masih sepi banget pagi itu. hahaha...yah emang belum jam makan siang sih yaa...
Abis itu ketemu konter bluder bu Tjokro yang legend ituh...emang enakkk yaa!
Lanjut foto2 bentar view jalan tol dan pemandangan di belakang rest area nya.
Ini view jalan tol dari atas jembatan yang berada di atas jalan tol.
Keren juga pemandangan jalan tol  begini...mana langitnya biru banget..cakeppp!
Lanjut menembus tol Surabaya yang cuma lurus doang dan cuaca terik panas dengan sinar matahari yang menyilaukan mata. Kita langsung menuju ke lokasi pengambilan racepack untuk event Bromokom di Town Square Surabaya dan sampe situ sekitar jam 14.30. Tuhh berarti kita sampe Surabaya setelah 9 jam an nyetir mobil, cuma berhenti 2 kali di rest area. Terhitung cepat sih ya. Untung juga pas kita sampe di tempat pengambilan racepacknya lagi agak sepi, jadi gak pake lama antri ambil racepacknya. Sempetin foto2 dulu di photobooth nya. Nahh Bromokom itu dianggap acara naik haji buat para pegowes nih. Kalau udah lulus Bromokom, udah sah dah sebagai pegowes handal...
Oh iya..KOM itu singkatan dari King of Mountain yaa...jadi yang mengikuti Bromokom dan bisa podium nomor 1 s/d 3 misalnya..udah layak jadi King of Mountain. Begitulah sekilas info..
Abis itu meluncur ke Bess Mansion Hotel untuk check in. Untung aja pas sepi juga, jadi leluasa deh turunin barang2 sekaligus sepeda di lobby. 
Enak nih, hotelnya ini bisa bawa sepeda ke dalam kamarnya.  
 
Kamarnya terbilang luas juga. Nyaman lah..Harganya juga affordable, sekitar Rp. 500 ribuan. Mantap kann!
Malamnya kita makan di Ie Hua resto chinese food hasil googling ..padahal awalnya pengen makan steak di Boncafe yang legend ituh, tapi pikir2 malas banget jauh dari hotel. Lha taunya, setelah makan baru sadar kalo Ie Hua resto ini letaknya bersebrangan sama si Boncafe....cape dehh! hahaha, kurang canggih ini browsingnya..
Pesanan kita paikut goreng madu, rasanya enakkkk.
Lindung cah fumak, enak sih tapi lindung nya bisa dihitung  dengan jari, kebanyakan sayurnya.
Baso goreng nya biasa aja, apalagi sambel cocolnya cuma sambal saos biasa, kurang nampol.
Nahh besok paginya jam 4.30 tuh para peserta udah disuruh kumpul di Polda Jatim yang letaknya di sebrang hotel kita. Jadi setelah melepas Ferguso di lobby, aku mah balik ke kamar dan leyeh2 lagi  sambil beres2 barang nanti mau cek out jam 7 an. Eh ternyata waktu start peserta Bromokom yang diikuti sekitar 1700 an peserta itu kedengaran loh dari kamar hotel di lantai 8. Dan mereka lewat depan hotel ber peleton panjang sekali gak putus2....seru banget liatnya...
Tuh liat aja pesertanya banyak banget! Seruu kannn liatnya!
Abis mandi dan beres2 baru turun sarapan sekalian cek out. Sarapannya juga bervariasi dan enak2.

BROMOKOM 2024

Nahh berikutnya baru deh Maria berpetualang mencari keberadaan kakang Ferguso yang dari subuh udah gowes menuju desa Wonokitri Bromo, berjarak 92 km dari Surabaya ini. Maria cuma mengandalkan aplikasi Waze, tinggal ketik aja tujuannya ke GOR Pasuruan, eh beneran segampang ituh loh tinggal ikutin aja. Diarahin masuk tol, yah masuk tol. Diarahin exit tol tau2 udah melewati GOR Pasuruan sebagai tempat Check Point pertama acara Bromokom. Ternyata pas Maria lewat situ, pas banget peserta Bromokom udah start lanjutin lagi gowesnya menuju ke rute lombanya menaiki bukit yang berkelok kelok. Beruntung banget Maria yang naik mobil bisa lewat jalur yang sama, sehingga bisa menemukan Ferguso di tengah2 ribuan peserta. Udah agak juling sih matanya liatin pegowes seragam mirip2, dan spesific cari yang pake helm merah. Akhirnya sekitar 10 kilometer sebelum finish line, ketemu deh Ferguso yang masih segar bugar gak keliatan cape2 nya..
Selalu on point kalau ketemu fotografer..hahaha..
Tak lupa pasang senyum yang manis...siapa bilang cape ikut Bromokom? Nih masih bisa ketawa ketiwi di tanjakan..LOL! Padahal kalau Maria yang ikut sih itu udah pasti tergeletak pingsan..wkwkwk!
Akhirnya dengan kekuatan ojek seratus ribu, Maria berhasil sampe di garis finish duluan beberapa detik, sebelum akhirnya berhasil merekam dan fotoin Ferguso pas mencapai garis finish. Gila, totalitas banget kann jadi manager atlet tuh..hahaha, dokumentasi nya lengkap sepanjang jalan!
Yeayyy! Akhinya finish juga...lumayan loh Ferguso ada di urutan 17 dari peserta di golongan umur beliau yang 50 -54 tahun...
Meriah banget nihh di Pendopo Agung desa Wonokitri sebagai tempat finish para pegowes di acara Bromokom. Terus ada hidangan makanan dan refreshment nya juga. Ada sate, soto, buah, nasi dan lauk pauknya. Mantap lah. Tahun depan katanya Ferguso mau ikutan lagi. Glekk...siap2 aja Maria jadi driver evac lagi...
Jangan dilewatkan foto di spot foto finisher ini buat kenang kenangan...

MALANG

Nahhh, setelah acara Bromokom selesai...dari parkiran mobil di pasar Tosari, kita gak balik ke Surabaya, tapi lanjutin lewat jalan pintas menuju ke Malang. Lumayan juga jalanannya menanjak curam dan meliuk2 naik turun bukit. Sekitar 1,5 jam akhirnhya sampe lah kita di kota Malang. Tempat pertama yang mau kita tuju adalah Bakso President yang lumayan viral karena keunikan lokasinya yang di pinggir rel kereta. Nahhh, dari parkiran mobil, kita harus lewatin rel kereta nya nih..
Ini daftar menu dan harganya. Semua orang bilang mahal banget! hahaha..Udah kayak harga baso di Jakarta aja yaa.
Kita pilih meja nya yang di luar dekat rel kereta...berharap keretanya lewat buat bikin konten. Eh taunya, jadwal kereta lewatnya masih lama. Ya udah,,,makan aja dah gak bisa ngonten.hehehe
Bakso nya yah seperti bakso pada umumnya sih...rasanya enak2 aja menurut gua. Tapi bukan yang spesial rasanya, standard rasa bakso aja...hahaha. Gak cocok jadi youtuber mukbang ya..
Setelah itu kita check in di Hotel Santika Premiere Malang. Lobby nya luas juga nih.
Sebelah lobby langsung terlihat kolam renang yang asri.
Kita pilih hotel ini karena kamarnya luas, sehingga kita bisa masukin 2 sepeda ke dalam kamar. Mantap kan!
View dari balkon kamar ke arah kolam renang.
Gak tahan kalau gak nyebur..apalagi tadi pagi abis gowes mendaki Bromo,,,pasti enak banget itu otot2nya langsung ke refresh..
Malemnya kita jalan jalan ke BNR ( Batu Night Spectacular ) di daerah Batu yang jaraknya sekitar 18 kilometer dari hotel. Lumayan jauh juga ya..
Iya ini seperti Dufan nya Jakarta ya...ada banyak wahana bermain disini. Tentunya udah gak cocok untuk jantung golongan lansia seperti Maria...hehehe. 
Jadi kita melipir ke pinggir yang ada Lampion Garden.
Nahhh wahana ini cucok meong dah sama jiwa narsis Maria...liat aja nihh ada castle warna pink...cakep kann!
Ada keretanya Cinderella...tapi yang naek bukan Cinderella ya, tapi upik abu..LOL!
Fotonya jangan gowes melulu atuh bang Ferguso, sekali sekali foto mesra begini...wkwkwk!
Di dalam lampion garden ini kan terdapat lampion2 yang berbentuk shio, sepertinya yang ini bentuk shio tikus...hmmm..entahlah, kurang mirip sih sama tikus, lebih mirip srigala gak sih?
Besok paginya, kita sempat gowes keliling kota Malang nih. Pertama2 mampir di Alun alun Malang, masih sepi atau emang sepi yaa yang olahraga disini? Yang gowes sih cuma kita berdua doang, gak liat yang lain.
Lanjut ke spot foto berikutnya yaitu Kayu Tangan Heritage..nah disini ketemu sama beberapa pegowes, karena ternyata emang jalur favorit gowes dalam kota Malang. 
Kalau gak salah ini taman depan Balaikota Malang...cakep juga tamannya..
Lanjut gowesnya sampai melewati stasiun Malang.
Mampir bentar ke Kampung Warna Warni, tapi yah emang bukan rute gowes buat roadbike ya..gak cucok gowes disini..hahaaha. Tapi ada loh orang naik sepeda mountain bike ( MTB ) yang lewatin rute ini, sempet viral. Keren juga ...liat turunannya aja terjal banget, bikin nyali ciut.
Siang hari kita mampir ke resto legend di Malang yaitu Toko Oen.
Pesenan kita  menu yang direkomendasikan pelayannya yaitu eskrim spesial seharga Rp. 65.000. Tapi biasa aja rasanya..kemahalan ahh! 
Kroket legend dengan cocolan mustard seharga Rp. 50.000...rasanya enak juga. Gede2 ukuran kroketnya.
Kita pesen steak juga, yah rasanya enak2 aja, ciri khas steak jaman dulu gitu...pake kentang goreng.seharga Rp. 100.000. Gak keburu difoto udah habis ludes tandas...hahaha
Nah inilah total kerusakan di Toko Oen...
Setelah itu kita pindah hotel dan check in di hotel The 101 Malang.
Lumayan kamarnya luas dan bersih.
Hoki juga dapet kamar yang jendela besar dengan view ke gunung. Cakepp!
Hotel ini ada rooftop bar nya dengan view ke gunung juga.
Ada ayunan rotan disini, tapi yah kali panas banget siang2 duduk disini...
Kolam renangnya indoor...cocok deh buat yang gak tahan panas matahari.
Siangnya kita makan di rumah makan Rawon Rampal hasil rekomendasi dari driver taxi.
Yah rasanya xoxo aja seperti rawon, kurang garam malahan, harus kita olah lagi tambahin ini itu nya. Harganya mahal banget Rp.50.000 semangkuk, tapi herannya yang makan disini antri loh. ck ck ck...luar biasa bisnis makanan di Malang bisa hebat begini daya jualnya.
Malamnya kita pesan makanan di Grabfood yaitu sate Klenteng yang terkenal di Malang. Ternyata deket dari hotel, tapi dibaca2 rekomendasi nya banyak yang menyebutkan kalau di rumah makan ini susah parkir, jadi kita pesan online aja. Rasanya emang enak, harganya yah sama kayak sate babi di Jakarta...sayur asin nya porsinya banyak banget dikasih kuahnya. Bisa sepanci kecil kali kalau dituang semua.

GUNUNG BROMO
Inilah alasan kita pindah hotel dari Santika ke The 101, supaya lebih murah hotelnya karena gak kita tidurin. Gimana mau tidur, jam 12 malam kita dijemput sama driver dari pesonaturmalang, buat explore ke gunung Bromo. Jadi kita ambil paket yang murah meriah aja, gak private, digabungin dengan peserta lain, makanya dijemput lebih awal supaya bisa berkumpul semua di basecamp tempat naik mobil jeepnya. Singkat cerita jam 3 an pagi kita proses perjalanan ke Bromo yang meliuk2 melewati bukit di tengah kegelapan malam. Awalnya mobil jeep rombongan kita sendirian aja, eh lama2 di bukit itu ternyata udah berkumpul ratusan jeep yang rame banget semua menuju ke titik lokasi melihat sunrise di Penanjakan. Untungnya gak macet loh...Salut banget koordinasi sesama operator mobil jeep nya. Singkat cerita kita udah sampe di spot pertama yaitu Penanjakan Bromo. Kita harus menunggu sunrise sekitar 1 jam an di warung2 yang ada di pinggir jalan raya. Suhu nya cukup dingin sekitar 14 derajat, untung aja ada perapian arang yang bisa kita gunakan untuk menghangatkan tangan dan badan.
Jalan sedikit menaiki jalan tanjakan, kita udah bisa melihat view secakep ini...Sunrise nya baru keluar nih...Ini view ke arah Gunung Batok ya..bukan gunung Bromo nya ( banyak yang salah kaprah selama ini, termasuk Maria juga pikir itu gunung Bromo nya hehehe ). Gunung Bromo di balik Gunung Batok itu ya. Saat itu gak boleh naik ke Gunung Bromo karena sedang mengeluarkan asap...
Cepet banget loh terangnya, tadi nanjak kesini masih gelap gulita, eh nunggu bentaran aja udah terang..fotonya jadi keliatan jelas deh lautan awan dan pegunungan di belakang sana.
Macem foto prewed aja ya..hahahha...
Tapi emang secakep ituhhh gaess view di Bromo ini, cucok meong buat foto prewed. 
Gayanya udah kayak model iklan jeep kannn! hahaha...Spot ini disebut bukit Widodaren...
Bisa juga bergaya naek kuda, bayar Rp. 20.000 ke bapak tukang kudanya...hehehe
Untunglah kita ambil paket murah meriah bisa rebah...wkwkwk! Paket tur yang kita ambil seharga Rp. 290.000 per orang, udah include anter jemput di hotel, biaya naik jeep, dan jasa fotografer. Hasil fotonya okeh okeh juga ! Gak beda sama yang private...hahaha. Senangnya kalau bisa dapet yang murah, tapi berkualitas.
Ke Bromo kerjaannya yah foto2 aja terus..sampe mati gaya..wkwkwk!
Nahhh yang unik adalah kita bisa makan baso di area bukit Teletubies. Mantap banget kann!
Cuaca nya cerah, tapi anginnya lumayan dingin. Cocok banget dah ngopi2 dan makan baso disini.
Nahh inilah yang disebut spot bukit Teletubies...hijau royo royo di sekeliling 360 derajat...
Jadi model iklan jeep merah lagi..hahaha
Mantapp lah view nya cakep banget disini..Pokoknya kita puas banget wisata ke Bromo nya pas cuaca nya cerah dan hasil fotonya juga sesuai expectasi. Nahh yang belum pernah ke Bromo, yukkk segera dikunjungi...
Pas posting ini, baca berita baru aja lahan di gunung Bromo terbakar seluas 8 hektar. Wah wah wah..berarti terbakar untuk ke sekian kalinya nih. Tapi tenang aja, kemarin sih lahan yang bekas terbakar itu malah tumbuh baru pohon2 dan rumputnya, warnanya lebih hijau royo royo. Malah jadi subur tanahnya dari bekas2 tanaman yang terbakar.

SURABAYA
Setelah dari Bromo, kita balik ke hotel dan beres2 untuk check out. Habis itu lanjut balik ke Surabaya lagi. Sore nya kita sempet jalan ke Madura melewati jembatan Suramadu nih...
Tujuannya sengaja mau cari nasi bebek Sinjay yang terkenal di Madura.
Akhirnya kesampean juga makan nasi bebek Sinjay. Gede banget bebeknya! Sambelnya pedes sekali kakak! Rasanya yah enak juga, kayak bebek H.Slamet tapi yang ini ada kriuk kriuk bumbu rempahnya. Namanya aja udah sampe Madura, yah harus cobain lah!
Setelah itu mampir ke Tunjungan Plaza. Saking panjang mall nya, sampe bingung mau ngapain disini. Mau  makan tadi udah kenyang makan nasi bebek Sinjay. Akhirnya cuma beli bluder Bu Tjokro yang buka konter disini dan langsung balik ke hotel buat istirahat. Cape banget hari ini...
Kita check in di Hotel Khas Surabaya yang dekat Tugu Pahlawan.
Expectasi kita satu grup hotel Khas itu kayak yang di Semarang...yah mirip2 lah, tapi kondisi kamarnya sedikit kotor lantainya.
Kalau pilihan menu breakfast yah hampir sama dengan yang di Semarang, cukup banyak pilihan dan variasinya. Inih pegowes sarapan dulu sebelum mulai gowes pagi ini..
Nahhh alasan kita menginap disini tuh karena si Ferguso udah niat setelah ikut event Bromokom itu, pulang ke Jakarta nya mau gowes sendiri. Astagaaaaa....itulah sebabnya Maria sampe bela belain cuti juga supaya bisa mengawal beliau sepanjang gowes dari Surabaya ke Jakarta. Udah macem Paspampres aja yak! Kudu dikawal...yahh serem kaliii naek sepeda sendirian melintasi rute Surabaya Jakarta yang belum pernah kita lewatin selama ini. Kan biasa nya naek pesawat atau kalau naik mobil pasti lewat jalan tol, gak pernah lewat jalan raya utama lintas Jawa. Yah karena udah niat, yahh harus diturutin lah...Foto dulu depan gerbang hotel sebelum start gowes...
Mampir ke lokasi Titik Nol depan Tugu Pahlawan Surabaya. Anggap disini lah titik start menuju Jakarta...
Ciayoo Babang Ferguso...start dari Tugu Pahlawan sendirian loh ya...finish nya di Semarang untuk hari pertama. Bakal menempuh jarak sekitar 315 km. Ganbate!
Maria juga sendirian nyetir nya, kita sama2 cari jalan masing2 menuju check point pertama di wihara Tuban. Tentunya Maria nyampe duluan beberapa jam sebelum Ferguso sampe...
Gila cuaca di Tuban ini panassss banget nget...persis di pinggir pantai letaknya.
Kalau bukan karena urusan gowes menggowes, Maria kagak bakal pernah ke wihara ini, kagak bakal pernah lewatin kota Tuban. hahaha..Kadang Maria heran juga sama diri sendiri, sanggup nyetir sendirian dan cari jalan cuma andalin aplikasi Waze aja. Untung cukup akurat, gak pake acara nyasar2 loh!
Nah ini dia otak dari semua urusan gowes menggowes Surabaya Jakarta..akhirnya beliau sampe juga setelah ditungguin lama banget....
Nahh setelah itu beliau makan di rest area bis2 lintas Jawa yang menu nya kurang menarik, Maria aja gak makan saking gak napsu liatnya. Abis makan, kita berpisah lagi cari jalan masing2 dan janjian ketemu di Lasem buat mampir ke klenteng yang ada di sana...
Akhirnya Maria sampe di Klenteng berwarna pink ini setelah asal aja ketik di Waze, ketemunya Klenteng Cu An Kiong
Unik juga klentengnya warna pink ya..
Gak ada orang satupun pas sampe sini saat menjelang maghrib...yah udah foto2 aja sendiri..hahaha
Maria mah lanjut jalan lagi menuju Semarang..ternyata Ferguso malah ke Klenteng yang lain yang berwarna dominan merah. hahaha..untung aja gak ditungguin di klenteng pink tadi.
Namanya Oemah Merah Heritage..beliau malah sempet foto2 disini dan makan nasi padang.

SEMARANG
Karena Maria gak tungguin Ferguso, jadi dari Lasem tadi langsung menuju Semarang dan masuk tol Demak supaya lebih cepat sampai. Karena Semarang juga terkenal macet kan. Akhirnya sampe hotel Khas Semarang jam 8 malam. Dan tau gak? Babang Ferguso sampe di hotel jam 1 pagi! Gilaaaa gilaaa! Dia langsung tidur tuhh pas udah sampe kamar...Maria juga udah ngorok tadi, beliau buka pintu sendiri pake kartu kamar dari recepcionist.
Dan sempet janjian buat ketemuan sama temen pegowes yang tinggal di Semarang. Thankyou ya buat luangin waktunya nemenin makan...hahaha
Pake dikasih oleh2 segala...Thankyou again!
Paginya sarapan dengan menu yang cukup banyak pilihannya.
Inilah hari ke 2 babang Ferguso gowes Sby Jkt, hari ini finish line di kota Cirebon, bakal menempuh jarak sekitar 231 km. Ciayoooo! Hari ini start agak siang..efek cape semalem...
Emang ada ya orang kuat banget begini? Gowes ratusan kilometer di cuaca panas demi untuk ambisi pribadi ..hahhaa, padahal bukan mau jadi atlet juga toh?
Kali ini kita janjian ketemu di RM Pak Kardi di Comal Pemalang, mau makan kepiting lagi seperti dulu kita pulang dari naik gunung Lawu. Akhirnya setelah nunggu 2 jam an, nongol juga nih babang Ferguso.
Kepiting dan cah kangkung udah siap...hajarrrr!
Foto dulu dong biar gak dikira hoax...hehehe

CIREBON
Akhirnya sampe di Cirebon sekitar jam 19.30 an, kita langsung menuju ke rumah makan Empal Gentong Haji Apud yang katanya legendaris. Mari kita cobaa...Iya enak juga rasa sotonya...
Pesen sate kambing juga 10 tusuk, rasanya emang enak. Daging kambingnya gak alot.
Abis makan kita check in di Hotel Santika Cirebon.  
Sepanjang Jawa trip ini, kayaknya cocok sama hotel Santika yang punya kamar sedikit lebih luas dibanding hotel lain dengan harga yang mirip2.
Apalagi pilihan makanan saat breakfast pun banyak dan bervariasi..jadi menambah nilai plus hotel ini. Sampe dibikinin member Santika grup juga nih sama recepcionistnya...hahaha
Kolam renangnya keliatannya enak nih buat berendem2...sayang kagak ada waktu, karena pagi ini udah mau check out, Ferguso mau lanjutin gowes lagi sampe rumah.
Foto dulu di lobby hotel Santika Cirebon sebelum start gowes, dari sini ke rumah bakal menempuh sekitar 260 kilometer..
Lobby hotelnya bagus juga..
Bangunan hotelnya terbilang jadul ya...tapi estetik..
Dari Cirebon kita ketemuan lagi untuk makan siang di Villaggio Outlet di Karawang, mumpung sekalian lewat. Eh pas sampe sini pas hujan deras pula. 
Jauh jauh kesini, dari sekian banyak outlet makanan di foodcourt nya, pilihnya baso Afung aja dah. Udah kangen pengen ngebakso, pas pula ini lagi hujan, cuaca dingin enak banget makan bakso.
Nahhh abis makan, kita berpisah deh tuh. Maria mah shopping2 cuci mata di komplek villaggio ini yang semua pasang bandrol diskon ...Emak2 mana boleh ketemu kata2 diskon ye gak? Lama dahh muter2 disini sampe kaki sengklek.
Sementara Ferguso melanjutkan tugas negaranya yaitu gowes pulang ke rumah..masih ada sekitar 85 kilometer lagi. Untung juga hujannya pas udah reda. Ciayoooo!
Maria mah sampe rumah sekitar jam 5 sore. Eh Ferguso dong, sampe rumah jam 19.30 an...Thankgod, akhirnya selamat lancar jaya sampe di rumah. Home sweet Home...setelah ditinggal selama seminggu. hahaha...
Dan inilah ukuran jarak gowes dari Surabaya ke Jakarta : sekitar 826 kilometer dengan waktu gowesnya ( moving time ) 35 jam 41 menit. Busetttt....Maria yang ikutin naek mobil aja sampe 3 hari baru sampe rumah..hahaha, di campur waktu tidur di hotel, waktu kulineran dan shopping. Emang makin lama gowesnya Ferguso makin menggila ya. Ada ada aja idenya. Yang ngikutin juga tepar, cape, ngantuk. Lha pegowesnya mah segar bugar kagak ada cape2nya. Haiyaaaa....
Jadi begitulah cerita trip kita selama seminggu ini. Menyusuri pulau Jawa dari barat ke timur. Yah itung2 cari pengalaman baru juga roadtrip begini. Ketemu hal2 baru dan tentunya menambah koleksi foto2 travelling yang gak ada abis2nya...hahaha. Yang penting sih tetap bisa happy , tetap waras dan tetap sehat di sepanjang perjalanan, selalu dilindungi Tuhan dimana pun kita berada, serta selamat sampe di rumah.
Sekian dulu ceritanya, sampe bertemu di cerita perjalanan berikutnya. Babay Ciaobella!

4 comments:

  1. Akhirnya blog nya diupdate lagi.. Tenang aja Mamie. Masih ada aku sbg pembaca setia lbh dr 1 dekade wkwk. Ratjun soalnya seru.. Mantap Papie Ferguso makin lama gowesnya makin jalur ya makin panjang ya.. Sehat2 trs y PapieMamie.. Keep updating

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...senangnya masih ada yang mau mampir ke sini...thankyou yaa

      Delete
  2. Saya setia membaca... update terus ci.... sehat2 selalu yaaaa

    ReplyDelete