Tuesday, March 26, 2013

PALEMBANG TRIP

Baru juga lurusin pinggang sebentar ( sekitar semingguan ), ehh panggilan trip dinas udah terdengar lagi. Hadeuhh....serasa jadi prajurit perang , yang harus siap diterjunin di utan mana saja dan kapan saja. Tapi tapi....trip kali ini ke Palembang lohh, kotanya mpek2 makanan kedoyanan gua. Lumayan deh, ada hiburannya. Jadi berangkatnya juga dengan senang hati dunk tentunya, gak dumel2. Halahhh!

Naek pesawat pagi tentunya perlu pengorbanan tersendiri buat bangun subuh2, itupun udah kayak anak SD mau pergi piknik, kagak bisa tidur! Masalahnya sih bukan tegang atau apa, tapi takut alarm gua mati dan gua ketinggalan pesawat bo. Bisa2 yang tadinya perjalanan gratis, harus gantiin tiket pesawat kan kagak lucu! Jadilah jam 4 pagi udah bangun dan beres2. Jam 6.20 udah duduk duduk cakep di lounge nunggu pesawat yang jam 8 pagi. Hadeuhh, masih lama kan ya? Daripada telat sih..mending nongkrong di lounge, kagak stres. Tapi dasar lounge nya dudul nih, pengumuman boardingnya di lounge agak telat, jadilah gua dan temen gua orang terakhir yang masuk ke pesawat, sementara yang laen udah pada duduk rapi aja gitu. Wakakaka.....Lagian, tumben amat nih ontime ??? bikin orang jalan sampe ngepot2 dari lounge ke pesawat. Udah gitu emang paling kagak enak jadi orang yang naek ke pesawat terakhir. Jatah bagasi kita di kabin udah pasti diserobot orang. Beuhh....itu kabinnya penuh, gua udah cembetut aja dah sambil kasihin tas gua ke pramugarinya. Tulung urusin yah, saya mau duduk....( penumpang kurang ajar pengen ditendang! hahahha). 


Begitu nyampe di Palembang, langsung menuju kantor cabang, ceritanya kerja dulu dong. Dan begitu jam makan siang tiba, langsung deh kita diajak makan di mpek2 Beringin. Weww....pokoknya kalo gak inget gaun pesta gua, pasti tuh mpek2 bakal disikat habis ( lebay version dah ). Tapi ati2 nih yang kagak doyan pedes, disini cukanya pedes mampus, kagak ada yang pedesnya biasa, tapi pedes banget dah. Sampe huh hah huh hah sehabis makan, teuteup aja gak ilang2 pedes dan panas mulutnya. Tapii,  minumnya kan pesen es kacang merah, beuhh....mulut yang tadinya panas, langsung nyessss, terus udara yang tadinya puanass minta ampun, tiba2 langsung ademmm. Sluuurrpp! nyam nyam deh ronde pertama di siang bolong ini.
 Malemnya kita makan di resto Chinesefood yang banyak tersebar di kota ini. Rasanya juga mancappp! Sampe lupa kagak di foto deh saking laparnya. hahahhaa. Udah gitu langsung menuju hotel karena kekenyangan, sementara duren dan duku Palembang melambai2 sepanjang jalan, tapi gak tergoda deh, saking udah cape dan ngantuknya.

Gua heran nih di Palembang padahal keliatan gak rame, tapi pas dari pagi mau booking hotel kok pada penuh semua yah? Jadi akhirnya kita nginep di Aston Hotel di Jalan Basuki Rahmat aja deh karena yang lain pada penuh. Emang ini musim liburan? Perasaan sih bukan yah, tapi kenapa pada penuh? Entahlah....saya ngantuk, jadi tidak mencoba bertanya. hahahaaha. Kayak gini deh kamarnya dan lorong hotelnya. Hmm...gak terlalu istimewa banget sih untuk harga Rp. 668.000/ malam ya. Biasa aja kamar dan fasilitasnya ( belagu yaak! hehehehe ). Abis mehong kalo disuruh bayar sendiri mah mending yang lain aja hotelnya.
 Pagi2 sebelom sarapan ngintip ke kolam renangnya yang ada di lantai 3. Imut aja ukurannya , yahh cuman kalo lagi bisnis trip gini mana keinget mo bawa baju renang ya? Yang ada cuman berandai2 bisa foto di ujung sono , sepertinya bakal bagus deh ...jiahhh!

Terus gua langsung ke resto buat sarapan yang terletak di lobby. Wahh, rame banget ternyata nih yang sarapan. Sepertinya disini ada seminar atau simposium gitu deh. Pantesan kamar hotel pada penuh yah, disini banyak diadakan seminar, rapat, perjalanan dinas, wisata...maju juga bisnis hotel disini. Dan sarapannya gak jauh dari : mpek2! Hahahaha..gua cobain mpek2nya enak, sampe nambah 2 kali. Trus disini ada pizza juga yang tipisss gitu. Enak juga. Jarang2 sarapan dihotel ada pizza. Hajarr aja dah. Jadi hari ini ke kantor dengan full tank...hihiihi, asal jangan sampe ngantuk aja deh karena kekenyangan.
 Terus, hari ini makan siangnya kagak mau pusing mikir, kita ke Beringin lagi dunk. Makan mpek2 lagi bo! Halahhh, sepertinya gua bisa idup nih biarpun gak ketemu nasi asal ketemu mpek2 aja tiap hari. hahahhaa....kaco dah! Baru 1 malem 2 hari disini aja sepertinya lingkar pinggang udah nambah beberapa centimeter. Gubrak!

Dan ceritanya, karena kerjaan di Palembang udah selesai, kita mau lanjut ke kantor cabang yang ada di Jambi. Naek apa dong ke Jambi? Dulu gua udah pernah ke Jambi naek mobil, tapi udah bersumpah kagak mau lagi lewatin lintas Sumatera itu pake mobil, karena jalur ini benar2 dangerous dan liar. Lewatin utan2 dan perjalanan bisa sampe 6 jam. Gua sih pengennya naek pesawat dunk. Tapi setelah tanya2, emang sih ada pesawat dari Palembang ke Jambi, tapi dalam artian pesawatnya bakal ke Jakarta dulu, baru nanti ke Jambi. Jiahhh....sama juga boong. Apalagi tiketnya mahal. Ya sutra lah, akhirnya dengan terpaksa kita milih naek travel dengan harga murah meriah saja Rp.110.000/orang.

Travelnya itu mobil Kijang Innova, penumpangnya ada 5 orang, dan gua beserta temen gua duduk di baris tengah. Yang 2 orang lagi duduk di baris paling belakang, satu di depan bareng supir. Awal2 mobil start jalan menuju keluar kota Jambi sih masih sore sekitar jam 5 dan jalanan macet, jadi supirnya nyetirnya kagak enak banget deh. Bentar2 injek rem bikin mabok aja. Rasanya udah pengen gua gantiin aja tuh...wakakakka...jiwa preman gua berontak, pengen suruh dia turun aja. Abisnya, itu dapetin SIM dari mana sih nyetir kayak gitu. Belom lagi yang horor tuh setelah kita masuk ke hutan belantara yang bener2 gelap gulita kagak ada listrik dan jalanan berkelok2. Haiyaaa....gua mah udah pasrah, sepertinya nyawa kita jadi tarohan dan cuman ngandelin kelihaian si sopir aja nih. Si sopir ngebut karena mungkin mau ngejar waktu, dan selalu menyalip truk2 gandeng yang kagak pernah sepi di jalanan ini, tapi tentunya dengan cara menyalipnya yang menurut gua sangat barbar. Itu kap mobil sepertinya mau masuk ke kolong bak truk setiap dia mau nyalip, dipepet abis, jaraknya deket banget. Kaki gua rasanya udah mau injek rem aja bawaannya. Hadeuhh, kebayang dong 6 jam bakal begini terus. Gimana mau tidur2 nyaman disini? Yang ada gua tegang dan liatin jalanan mulu, soalnya was was banget. Dan beberapa kali emang nyaris kejadian tuh mobil ciuman sama mobil lain, kalo gak salah sampe 3 kali dah, dua kali mobil kecil, yang satunya mobil truk tronton. Damn! Gilaaa...gua pasrah sepasrah pasrahnya. Cuman baca doa2 aja dalem ati dan berharap gua nyampe di Jambi dengan selamat. Bahhh, pengalaman paling edan nih! Ngeri dahhh. Belom lagi bapak yang duduk di belakang itu muntah. Dia mabok bo. Ihhh ampunnnnn! Gua rasanya pengen turun aja , tapi ini di utan...gimana cara?hahahhaa

Belom lagi taunya ada supir travel satu grup sama si sopir ini yang mogok, jadi tiap beberapa menit telepon minta bantuan, jadi tuh sopir tambah kagak konsen nyetirnya sambil telepon sambil injek gas. Hadeuhh...sakit kepala liatnya. Eh, udah ketemu sama temennya itu di pinggir jalan, malah pake acara tukeran aki mobil dan kita penumpangnya dapet bonus ikut2an dorong mobil dulu malem2 di tengah utan gelap gulita! What a dayyy! ( Eh gua mah kagak dorong ding, cuman nonton di pinggir aja. Temen gua yang cowo yang ikutan dorong...wakakka! ) Sumpah...ini antara kesel banget, tapi ada lucunya juga. Gak dua kali deh begini. Trus waktu supirnya turun karena mobil temennya itu ternyata mogok lagi ( udah 2 kali nolonginnya, waktu kita kesita deh ), eh semua penumpang yang ada di dalem mobil itu semua pada curcol deh, mereka bilang ini sopir ganas kali, liar, brutal ( kayak Sun go kong ya? hahahha ), mereka yang sering bolak balik Palembang Jambi belom pernah tuh katanya nemu travel yang ngebut dan asal2an gini nyetirnya. Terus, sekalinya udah masuk kota kabupaten kan jalanannya mulus, tuh sopir ngebut dong, ehhh tau2 lobangnya segede kubangan dan dia ngerem tapi mobil sempet kecebur juga, kita semua yang di dalem mobil keloncat sampe kejedot dan gua udah tereak aja lah : aaarrgghhhh. Dan sempet beberapa kali tuh kecebur2 gini karena emang jalanannya berlobang yang gede2 gitu,Dung dung banget kannnn! Haiyaa, sementara gua udah lemes lah kagak komen apa2. Cuman berharap, sopir ini lumayan baek hati menolong sesama temennya yang mogok di tengah utan, pasti Tuhan berkati lah.

Akhirnya, setelah 7 jam bersama mobil travel ini, kita nyampe dengan selamat di Hotel Cosmo Jambi sekitar jam 1 pagi. Thanks God! Dan hati gua agak memaafkan si sopir itu karena dia anter gua nomor satu saat udah sampe kota Jambi. Sementara bapak2 yang lain itu entah turun dimana dan sampe kapan. Haiyaaa...tapi pastinya semua nyampe dengan selamat deh.

Paginya sengaja minta dijemput agak siangan karena mau tidur agak lamaan saking ngantuknya. Jam 9 baru deh start kerja lagi. Selama di Jambi yah apalagi makannya kalo bukan mpek2. Wewww...disini juga bertebaran toko yang jual mpek2 di seluruh penjuru kota. Lha wong kotanya kecil gini, sejam juga kelar kali dikelilingin. Soalnya kagak pake macet. Kayaknya enak deh buat tinggal, suasananya masih tenang, kagak rush hour, kagak ada macet. Tenang tenang adem ayem aja gitu. Sempet nyobain nasi hainam yang menurut gua agak unik, karena dagingnya disajikan terpisah dan agak berkuah sedikit. Kayak gini deh :
 Terus katanya yang terkenal di Jambi tuh adalah kwetiaunya. Gak boleh dilewatkan dong....harus dicobain juga. Dan terbukti emang enakkkk! Gua cobain yang goreng dan kwetiaw siram juga. Mancapppp! Tapi jenis kwetiawnya agak beda, bentuknya pendek2 dan tebal, bukan yang panjang dan tipis2 gitu. Dagingnya juga banyak. Kenyang dah! Malah abis ini sempet nyobain duren Lubuk Linggau dan dukunya yang gede. ahhh...enak enak yahh!
Setelah 3 hari di Jambi dan berarti total 5 hari trip kali ini, berarti 4 hari gua kagak ketemu nasi, karena makannya mpek2 terus. Hahahaa....puas banget kan! Ditambah lagi pas hari terakhir masih bungkus bawa pulang buat oleh2. Ohhh mpek2...aku padamu lah!

Kalo buat wisata kuliner, kedua kota ini boleh lah dikunjungin. Banyak makanan yang cocok dilidah. Cumann gua pesen yah, jangan sampe naek travel malem2 dari Palembang ke Jambi atau sebaliknya deh. Mending kalo mau lewat darat gitu, lebih baik waktunya pagi atau siang hari karena travelnya lebih nyaman dan aman. Sigghhh....yang penting sekarang gua udah nyampe di rumah dengan aman sentosa. Peyuk peyuk my boys. Thanks God!

28 comments:

  1. di palembang gak makan pindang ama mie celor yan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sempet Man..karena cuman 1 1/2 hari aja...embat mpek2 doang

      Delete
  2. Wahahaha, masih doyan pempek gak Mi?
    Aduuuh itu kok bisa sih travelnya @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih na...blom bosen nihhh...hahahha
      iya ngeri banget travelnya....

      Delete
  3. ngiler ama makanan nyaaaa *garukin tembok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian tuh temboknya dea.....hehehehe

      Delete
  4. mpek2 palembang emang gak ada duanya yah ci.. biasa dibawain sama om aku, kuahnya dahsyatt,, pedes2 nagih ya :)))

    btw itu travel ngeri abis!! emang gak enak sih kalo bawa mobil gas rem gas rem gitu, berasa puyeng en mau muntah. trus si bapak belakang muntah, yg laen gak kepengen ikut muntah? hahahahah biasa kan nular :))

    next, dinas kemana lagi ci? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh om kamu tinggal di plb the? asikk donggg....mantap lah mpek2 mah, gak bosenin.
      ngerii banget.....satu mobil udah bau2 munttah...wekssss! tapi mau bagaimana lagi...pasrah aja.
      pengennya sih ke Bali...Makasar...Medan..arrghh..masih banyak dah the..

      Delete
  5. waaaa, senangnya bisa jalan2 terus, biarpun sambil kerja juga sih hehehehe.

    aku belom pernah ke palembang, tapi temenku cerita emang mpek2nya paling enak. jadi pengen kesana hehehehe.

    ReplyDelete
  6. cape mel kalo sambil kerja mah...sebenernya di jakarta juga banyak mpek2 enak...cuman gak afdol kan kalo ke plb gak makanin mpek2nya sering2...kemaruk.com

    ReplyDelete
  7. Waaah, baru tahu kalo cukanya pempek yang di Palembang pedes. Disana kaga ada yang pilihan kaga pedes sama sekali ya?? Aku sama yang "pedes" buat pempek di Jawa aja biasanya udah kaga tahan, dan selalu milih yg ga pedes nih, huahahaha :P

    Btw, itu supir travel-nya horor bener ya. Gila. Apa kaga ada yang komplain ke perusahaannya tuh?? Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya pedes semua deh ko....kagak ada yang gak pedes...
      iya heran juga, gak ada yang berani lapor atau komplain ke perusahaan travelnya...

      Delete
  8. Trans Sumatra emang tempat yang tepat buat uji nyali dijalan sih..hahha.. Syukurlah tiba dengan selamat sentosa, jadikan bisa makan enak lagi.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iihh ini mah lebih dari sekedar uji nyali....bisa2 nyawa melayang say...hahahhaha

      Delete
  9. Ya ampun itu travel, ikut deg2an bacanya. Puji syukur sampe di Jambi dengan selamat. Mpek2 itu emang enak banget yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ngel...serem banget dah, untung sampe dengan selamat. mpek2 gak ada matinya di sana mah

      Delete
  10. Wiiihhh .. Enaknya makan pempek palembang sepuasnya. Bikin ngiler aja. Kwetiaunya juga enak kelihatannya. Mamie kalo jalan2 makan terus bisa gendut lo hehehe (sirik mode on) ..

    Travelnya kok beringasan banget ya .. Untung selamat sampai dirumah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya lama2 bakal gendut lah do....hahahhaaha, untung kagak lama2 disono.
      iya thanks God nyampe dengan selamat...

      Delete
  11. duh ngences ci sama mpek2nya...waktu itu di kampung tweets heboh ngko2 palembang jual mpek2 kita order lewat sms aja tar dia kirim bayar belakangan setelah barang sampe loh hahaha gw bingung kok dia bs percaya, kl ada yg abis beli kabur gimana tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh itu engko2 nekad jualannya yah..untung aja pada jujur fel...hahahha

      Delete
  12. mbanyaaaa.. aku mau pempeeeek.. huhuhuhu.. :(

    ReplyDelete
  13. ga salah tuh sopir nyetir mobil apa truk sapi? gila banget...

    dulu karyawan gua juga pernah ke daerah sana naik bus... mabok banget kata dia.

    pempeknya merangsang banget ci... :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah des...nggilani nyetirnya...hahahhaa

      Delete
  14. jadi pengen makan pempek.. *lap iler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sih harusnya mpek2 banyak beredar diseluruh penjuru daerah...gak harus ke plb kan...

      Delete
  15. Aston emang standarnya begitu ya, tp biasanya utk breakfast termasuk yg lumayan enak. Hmmmm... Foto2 makanan bener2 menggugah selera sluuurp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya el, Aston begitu2 Aja emang.....hehehe

      Delete