Sunday, May 5, 2013

PADANG TRIP

Saatnya ngebolang lagi....kali ini sasarannya adalah Padang Sumatera Barat. Yeayyyy! Sedikit exciting, sedikit waswas juga. Exciting karena gua belom pernah ke Padang, jadi seneng2 aja pergi ke tempat baru, waswas yahhh karena dah pada tau dong Padang itu kan daerah rawan gempa, dan gua orang yang parno an gitu deh ( apalagi dah faktor U.....parno nya naek level nihh, suka parno ga paruguh ). Tapi yahh mau gak mau deh, harus berangkat juga toh.

Ahh payah bener nih, kali ini naek Garuda delay hampir 1 jam, gara2 urusan buruh kateringnya mogok, sehingga kita gak dapet sarapan dan nanti dapet kompensasi uang aja di bandara tujuan. Ih nyusahin juga yah yang pada demo itu... ( mendingan demo masak aja sana...banyak yang seneng ). Nah, pas gua nyampe bandara Minangkabau ( eh gua baru tau nama bandara Padang tuh Minangkabau lohh....biasa kan nama pahlawan ya? ), gua dah langsung cari toilet aja, sementara sebagian orang sibuk urus bagasinya dan sebagian besar malah antri di bagian lost and found. Gua sempet becanda sama temen gua :"itu orang2 pada ngapain sih di lost n found? Masa bagasinya pada ilang semua ya? Aneh ihh." Temen gua juga geleng2 doang. Pas di taxi lewatin restoran perut gua berasa lapar nih, dan tiba2 aja gua teringat kenapa orang2 pada antri di lost & found itu, ternyata mereka sedang mengklaim kompensasi sarapan di pesawat tadi, dengan cara tunjukin boarding pass nya diganti duit dehh......jiahhhhh pantesan! Kita mah gak berusaha ngambil jatah kita , malah buru2 keluar cari taxi dan pergi ngeloyor tanpa dapet apa-apa.



Dari airport ke kota Padangnya lumayan jauh juga, tapi disini jalanannya kagak pake macet, jadi gak pake lama udah nyampe di tengah kota. Udaranya puanass luar binasa dah. Pas makan siang aja gua cobain pake aplikasi instaweatherpro udah 31 derajat aja. Lumayan meleleh deh disini.
Mana makan siangnya soto Padang pula...panas-panas sedep mantep, sambil beleleran keringet. Beuhhhh! Nikmatt! Padahal seumur2 gua belom pernah loh makan soto Padang, dan emang sih katanya di Jakarta gak ada soto ini ( belom dicek kebenarannya ), tapi langsung doyan dan rasanya emang enak, walopun di dalemnya itu antara daging, atau kikil atau lemak2, minyak2, gak jelas gitu deh, tapi gua makanin. Biasa gua kagak doyan yang lemak2 minyak2 gitu. hahahaaa....apa ini cuman efek lapar semata gara2 tadi pagi gak sarapan ya?

Terus malemnya kita nginep di hotel Grand Zuri Padang. Hotelnya masih terbilang baru ( beroperasi sekitar 2 bulanan gitu deh ), jadi keliatan clean dan minimalis. Saking minimalisnya, sampe gak ada lemari dan kulkasnya.  Huhh...apakabarnya nih sama krim pagi dan krim malem gua!? Lumer atuhh lah. Tapi yang paling penting mah ada wifi nya dunk. Kalo kagak, bisa mati gaya dah! Tapi mending lah nginep di hotel yang terbilang baru begini, dibandingin nginep di hotel yang abis direnovasi bekas gempa gimana hayoo? Bisa horor to the max kali yahh? Syeremm lah ngebayangin bekas tempat orang2 kejepit atau ketimpa dan ketimbun reruntuhan gedung. Hiyyyy! horor mennn! Ini aja gua abis diceritain sama temen pas lewatin hotel yang kerennn banget, taunya itu hotel lama yang paling parah akibat gempa dulu dan dibangun lagi. Gua jadi berasa horor di dalem kamar sendirian, sampe susah tidur keingetan yang serem2.
 Bangun pagi, buka jendela ketemu pemandangan bukit2 hijau di belakang hotel. Cuman sayang agak mendung karena semalem abis ujan gede. Suhu udaranya lumayan jadi adem....
Ini resto tempat sarapannya. Pilihan makanannya lumayan banyak macemnya, standard bintang 4 lah ( eh gak tau juga nih bintangnya berapa sebenernya, kan mereka mengklaim sendiri ya ) , ada bubur ayam, nasi goreng beserta teman2nya, buah2an , salad bar, roti, aneka jus, aneka kue, dan makanan khas daerah sini. 
 Tapiii, dari sekian banyak pilihan makanannya, gua cuman tertarik sama yang difoto ini:
Yuppp....ini kue namanya kue lopis, jadi lopis itu adalah kue ketan yang di kasih taburan kelapa trus dimakan dengan saus gula merah. Rasanya yang ini bener2 mantapppp! Lembut dan enak, manisnya sedang. Jadi 3 hari gua nginep disini, gua sarapan ini terus loh. Gak makan yang lain. Gila yaa? Abis enak banget. Dan saking jarangnya nemuin lopis enak di Jakarta, kesempetan lah makan disini tiap hari 2 biji buat sarapan. hahahahaa...kaco dah.

Siangnya kita makan di resto masakan padang, tapi yang jualan orang Chinese. Emang katanya begitu disini malah orang chinese yang buka resto padang, bukan kayak di Jakarta yang kebanyakan orang Padang asli yang masak. Dan modelnya standard lah disaji semua dimeja, ditebar deh tuhh segala macem tinggal pilih aja. Gua cuman cobain rendang dan sayur daun singkongnya aja, dan rasanya emang enak sihh! 

Malemnya, kita makan sate ayam bumbu kacang yang mana bumbu kacangnya itu beda banget sama sate di Jakarta atau dimana2. Disini bumbu kacangnya itu ada kriuk2nya, entah apaan, sepertinya sih bawang goreng gitu. Terus kacangnya masih kasar2 cincangnya, jadi berasa banget kacangnya. Syedap lahh! Sampe lupa difoto saking udah buru2 dimakan ludes.
Abis makan sate, berasa belom nampol, jadi lanjut lagi ke tempat makan es duren yang emang disini tuh ternyata gudangnya es duren, di setiap berapa meter banyak yang jualan es duren. Kita nyobain yang di  Ganti nan lamo...lucu juga yak namanya. Rasanya bener2 mantapppp ! Sluurrpppp! Durennya berasa banget.

Besok paginya lagi udara cerahhh....makanya view nya cakep banget nihh dari jendela hotel :
 Gak kebayang yah kalo sampe terjadi gempa lagi....gua aja kalo malem mau tidur suka ngebayangin parno sendiri, berharap jangan sampe ada gempa kalo gua lagi disini. Syerem pren! Haiyaaa, senio jadinya. Oh iya, ini foto satu lagi ke arah bukit,  gua suka sama foto awannya yang ini....putih ber arak :
 Hari ketiga kita makan di Hau's Tea. Jiahh...ceritanya ke Padang kagak mau makan nasi padang, jadilah makannya ke resto lain yang mungkin di Jakarta juga makanannya ada.  Tapi disini uniknya setiap makan dikasih komplemen berupa rainbow jelly. Terus, kita dua kali balik kesini saking ketagihan, dapet jellynya beda lagi warnanya. Lucu juga bentuknya kayak eskrim dan rasanya pun enakkk!
 Kalo yang pertama kali kesini, pesennya mie hotplate. Buset dah, disini porsinya gede banget, sampe ga abis saking banyaknya, lagipula rasanya biasa aja.Terus yang kedua kali pesen somay yang juga porsinya gede2, rasanya enakkkk...plus cemilannya cakwe udang dan minumannya es buah. Wihhh, es buahnya mantep banget, semua buah dicemplungin ke dalem mangkuknya. Lengkap deh..mulai dari buah naga, pepaya, bangkuang, anggur, strawbery, lengkeng, bangkuang, kiwi, melon, sawo, belimbing....herann juga gua kok bisa lengkap banget? Kalo buahnya lagi susah gak musim, harganya dikurangin kali ya?
 Oh iya, ternyata Padang itu malah dijulukin kota bangkuang ya? Gua juga baru tau pas disini sepanjang jalan menuju airport dan di beberapa titik di sepanjang pantainya itu banyak orang jualan bangkuang. Kirain Bogor doang yang suka bertaburan penjual bangkuang, ternyata di Padang sini juga sebagai penghasil bangkuang. Sampe dibikinin patung bentuk bangkuang juga loh di jalan mau ke airport. Lucu juga...sayang gak sempet difoto. Banyak yang belom tau juga kan ya?

Selain bangkuang, tentunya di Padang banyak singkong  dong yah, sampe dibikin singkong balado yang terkenal itu. Dan gua gak mau ketinggalan dong kalo gak mampir ke salah satu penjual oleh2 ngetop disini. Gua mampir ke toko Christine Hakim yang ternyata cuman namanya aja yang mirip sama artis kondang, padahal orangnya mah beda, tuh foto orangnya yang ada di kotak itu. Padahal niatnya gak mau beli banyak2, tapi kalo urusan singkong balado ini, gua doyan banget. Jadi deh pilih pilih, lama2 kok banyak sampe sekotak gede, sampe dapet bonusnya kripik lagi. hehehehe, hasil nembak sama si om pemiliknya. Yahh akhirnya kudu masuk bagasi lah kalo begini gede dusnya. Padahal males banget masukin bagasi kalo short trip begini, lama ambil bagasinya di airport nanti. Tapi demi kripik balado, gua rela dahh!

 Inilah setelah ditebar dan siap didistribusi, oleh-oleh khas Padang. Rancak bana! jie duo tigo.....
 Haiyaa....kesimpulannya : kalo ke Padang rasanya udah jangan mikirin timbangan dehh. Rugi! hahahaha. Sayang belom sempet foto sama jam gadang, padahal ini cita2 gua. Soalnya dia ada di kota Bukit tinggi sih yang harus 2 jam lagi perjalanan dari kota Padang. Belom sempet ke pantai nya yang katanya bagus2, belom sempet ke ngarai Sihanouk nya. Pegimana mau jalan jalan? Orang kesini buat kerja tohh, stiap hari nyampe hotel udah jam 11 malem, cuapeenya poll! Onde mande.....kudu balik lagi nih?

48 comments:

  1. Foto-foto makanannya bikin ngiler!!! Masakan Padang memang enak-enak ya!! Hehehe. Btw, itu satenya bukan Sate Padangkah?? :D

    Dan bukannya kue lopis di pulau Jawa juga banyak? Kalo nggak salah di Jogja gitu ada loh yg jualan lopis di pasar, hehehe :D

    Sayang juga ya jadi kelewatan gak ngambil kompensasinya. Kan lumayan juga tuh sebenernya. Dan itu lucu toko oleh-olehnya namanya Christine Hakim, nyahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masakannya enak2 ko, satenya sate ayam, kalo sate padang kan kebanyakan daging sapi yah...( ditanya malah nanya balik...heheheh)
      kue lopis emang banyak di jawa, tapi jarang nemu yang enak...
      ho oh nih kompensasinya gak tau juga diganti berapa rupiah...
      christine hakimnya cuman kesamaan nama doang sihh...hehehe

      Delete
  2. jadi makanan padangnya disana beda gak ama yang di jakarta yan? atau mirip2 rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya mirip lah Man....gua susah bedain rasanya...hahahah, pokoknya berasa rendang yah rendang begitu lah...hahahaa

      Delete
  3. Py waktu makan Es Duren ganti nan lamo langsung mabokk.. hahaha.. Cuman di padang aja ya ci? Gak sampe ke Bukit Tinggi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sampe mabok? emangnya mengandung alkohol ? hahahhaa....iya cuman di padang kotanya doang, gak kemana mana

      Delete
  4. Iiihh... jadi pengen ke Padang. Akupun suka kripik singkong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah enakk kripiknya ngel....asal jangan panas dalem aja kebanyakan

      Delete
  5. jadi enakan padang jakarta atau padang aslinya ci? makanannya bikin laper di pagi hari gini hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua baru nyobain satu resto doang sih mel, so far masih enakan yang di jakarta sih...hahahaa

      Delete
  6. Hotelnya nampak bagus ya...
    Makanannya bikin ngiler... apalagi es durennya... >.<
    Astaga itu byk banget oleh2 kripiknya... Mau dong dikirimin satu... hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm....berat di ongkir nih bro...hahahha

      Delete
  7. g sih udh prnh ke Padang brp taun lalu , pas g balik ke JKT terjadilah gempa .
    trus htl tmp g tinggal (Ambacang) di Jl perniagaan hancur lebur jiahhh ... sampe suami tmn g yg org bule mnt poto itu hotel mau ditunjukin sama kolega temen2 bulenya . berasa lolos dari maut hi222
    G udah ke jam gadang , ngarai sihanouk , btw mnrt g pribadi g lbh cinta Bali dr Padang ha222
    padang sepi , kl pantai masih jauh lbh bgs Belitung & lombok .
    soal makanan ... chinese food disana mnrt g krg enak . trus Nasi kapau disana enakan di jakarta pny wkwwkkkk
    kalau ada org padang bisa diomelin deh g . kikikikkkkk
    tp kalau g diajak lg n gretong boleh lah kita meninjau lg kesana . oh iya Danau Maninjau juga udah g samperin . sepi sekali ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iya ven, kalo ada orang padang bisa diblacklist lu...
      iya sih, kalo gretong mah pergi aja...gak rugi kok

      Delete
  8. Haha ketawa baca komennya veny, untung gak dibaca viol hehe.. Gua pernah ke bukit tinggi nebeng rumah temen waktu SMA. Terus ke padang, pekan baru. Memang bedalah ama Bali tp gua suka jg, apalagi di bukit tinggi adem.

    Soto padang ada kok di grogol gua suka makan, rasanya asin2 gitu kan? Duh ngiler gua lht es durennya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sihh teuteup lebih rame bali ya el...beda suasananya juga.
      wah nanti kapan2 gua hunting ke grogol dehh...sama gak rasanya nihh

      Delete
  9. nyesel banget dateng kesini pas perut kosong :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngiler yah dea? elap ilernya tuhh..hehehe

      Delete
  10. ini ngomong2 holidaynya apa siapa ci?
    kok tumben banget gak ada poto2 narsisnya?
    yang ada poto makanan doang..hahahaaha
    padang emang gudangnya makanan yaa, dan semuanya kaya rempah ama santen2!
    gilee, pas balik jakarta berani nimbang gak tuh ci? hahahaha
    keripik singkong baladonya padang kan yg gede2 panjang itu ya, yg pedesnya manteeep.. *ngiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh ini teh urusan gawean the....bukan holiday. kalo holiday mah dijamin fotonya udah bertaburan...wakakakak
      dijamin timbangannya naek the..gua gak berani nimbang...hehehhe

      Delete
  11. Lopiiiiiissss.. mau kue lopisnyaaaaaaa...
    Haiiks.. makanannya keliatan enak semua mba.. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya sih ...emang enakk be..hehehe ( nambah2in ngiler )

      Delete
  12. gue jadi pengen beli nasi padang besok! hahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..bawaan orok ya tia? buat dedenya si amoy

      Delete
  13. untung nyampe padang karyawan warungnya, hotelnya ga demo juga
    foto-fotonya bikin sakit ati
    jadi pengen pulang
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iya, untung disana kagak pada demo, kalo gak bisa mati kelaparan...

      Delete
  14. iya ci... padang tuh panas dan menu makanannya ya begitu semua :-)
    tapi gua kurang suka nasi padang yang di padang malah. lebih suka yang di jakarta :-D mungkin karena bumbunya udah disesuaikan sama lidah jakarta.

    es durennya emang mantep yaaaaaaaa... sayang dulu gua ke padang cuma makan 1x. gua padahal ga doyan duren, tapi es duren padang beda banget rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener des...masakan padang di jkt lebih variasi rasanya dan lebih enak. Es duren juga gua cuman sekali nyobainnya...nyesel gak tiap hari makan es...hehehe

      Delete
  15. sudah makan ikan bakar di taplau kan mbak? mantap banget disana sambil lihat pemandangan laut, minum air kelapa muda...behhh mantap lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh gak sempet makan di pingggir pantai nih...padahal tiap hari lewatin ...katanya sih mahal yah seafood2 di pinggir pantai itu

      Delete
  16. saya selalu ingin bisa bepergian kapan pun saya mau.. tetapi sepertinya tidak bisa semudah membayangkannya ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar sis...pasti suatu hari bisa...hehehe, dah banyak tiket dan hotel murah kan sekarang

      Delete
  17. Ci Yance, bacanya langsung ngiler inih bayangin masakan padang yang sedep itu.. Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapin anduk dan..buat elap iler..heheheh

      Delete
  18. wah, di padang ceritanya wisata kuliner ya Mi.
    Soto padang belom pernah nyoba juga.. Hot plate sama jelly nya juga bikin penasaran. Kapan gue ke padang yak ? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini judulnya when work meet foods sra...hehehe

      Delete
  19. saya bacanya lompat lompat gara2 itu poto2 makanannya bikin laper.. hehee

    saya bacanya sambil nahan rasa lapar.. haha
    ok, seru skali ya bisa keluar kota, kalo saya diposisi cici kurangi jam tidur dan pake waktu itu sebagai jalan2 mengelilingi tempat baru.

    salam kenal ci ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lam kenal susan...eh masih sodara sama kelinci yah? kok loncat2 ? hehehee

      Delete
  20. Hahaha.
    Yoi, abis makanannya ruame banget ya Mi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalah rame sih sama bubaran bioskop.( abaikan....)....

      Delete
  21. ci gw juga doyan banget sama lupis...dl jaman nunggu clarissa di skul lama ke pasar buat beli lupis suka keabisan kl dapet girang bgt sampe gw borong semua...skrg di skul baru depannya ada enci jual kue basah kehabisan juga hahaha jd tuh nci kl liat muka gw lgs komen lupisnya abiss....

    di liat dr fotonya hotel sama restorannya bagus yah...

    gw jd pengen nasi padang, es durian, keripik balado...tanggung jawab nih ci jam 11 malam...loe pasti gak percaya gw kl makan padang seporsi bungkus pasti habis, org2 tuh pd shok kl liat gw makan padang sebungkus habis hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dulu atuh fel...sesama penggemar lopis...hihiii
      busettt...satu buntelan nasi padang itu lu bisa abisin sendirian fel
      ? hebatttt.....itu kan nasinya buanyakk banget.....klo gua mah paling mentok setengahnya dah

      Delete
  22. bukan faktor U sepertinya. aku juga parnoan gempa, kok, hahaha. itu hotelnya keliatan nyaman tapinya, emang sih bayangin bekas yang kejepit2 bikin serem... btw, itu rainbow jellynya bkin ngiler. mauuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya takuttt yah sama gempa ndi...ho oh, jelly nya segerr!

      Delete
  23. waw..keripiknya banyak bangettt..mau bagi berapa RT tuh? :D makanannya kok keliatan enak2 semua ya.... * lap iler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah kalap klo ke tempat oleh2...semua keliatan enak, jadi pengen nyobain...

      Delete
  24. wih baru mampir lagi ke sini.. taunya si cici abis ajalan-jalan juga.. ke Padang dalam rangka apa nih ci? sama si Ko Ivan?

    btw asik gak di Padang? klo dari kulinernya sih TK salah banget nih mampir sini malem2.. NGILER SUMPAH.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpehh teka, kagak asik ke padang....soalnya perginya urusan kerjaan, jadii yahh liat aja fotonya mana ada guanya? Mana ada pantainya? Karena gak bawa potograper ( ivan ) lahhh....hehehee

      Delete