Monday, July 29, 2013

TAMAN BUNGA NUSANTARA

Bulan puasa masih tersisa setengah bulan lagi....eh gak sampe ding...paling tinggal 10 hari lagi....eh tapi ..tapiii...ini kalo tanggal Lebarannya gak mundur loh yahhh.! Tau sendiri kan, di Indo mah Lebaran aja bisa ingkar janji ...hahahhaa.  Dan seperti ingin mengulang kejadian taon lalu saat kita ke Cibodas...( baca disini : dijamin gak bakal nyesel bacanya....hehehe ) One Fine Day at Cibodas
maka hari Minggu di akhir bulan Juli ini, kita mau jalan-jalan lagi ke Puncak sana, tepatnya keTaman Bunga Nusantara. Tentunya sekarang dengan suasana berbeda daripada taon lalu, dimana taon lalu perginya dalam kondisi belom dibagi THR, sementara yang sekarang udah dibagiin dong ( kertasnya doang, duitnya mah blom nyampe ke rekening..hehehe) , tapi teuteup  hepiiiii dong! #big grin....#loncat loncat horse riding lagii....( lama2 langsing dehh loncat-loncat mulu...wakkakaka).



Teruss,  berbeda dari taon lalu juga, hari ini kita sengaja pergi subuh2 dari rumah , ceritanya niat nih pagi2 mau nguber misa di gereja Lembah Karmel...( Ciyehhhh, domba yang ilang udah ketemu nihh...wakakaak). Iyah donggg, gua niat mau mengucap syukur atas berkat Tuhan Yesus selama ini....( kemana ajaa buuu? baru ngucap syukur sekarang? hahahhaa). Maksudnya, tiap hari juga udah bersyukur, yang ini lebih diniatin ke masalah ikut misanya itu sih yang masih suka males. jiahhhhh.....

Bagi umat Katholik, yang belum tau gereja di Lembah Karmel itu, mari sini saya kasih tau....( gayanyaa.). Ihhh, gua kan bukan baru sekali ini kesini, tapi dulu cukup sering kesini, jadi lumayan familiar juga, buktinya walopun udah hampir 10 tahun gak kesini, gua masih hapal jalannya, gak pake nyasar tuh! hahaha. Jadi ceritanya, Gereja Lembah Karmel itu adalah gereja katolik beraliran karismatik, puji2an nya pake tepok tangan jadi sedikit bersemangat, gak seperti gereja katholik ortodox yang puji2an tenang. Yah gua sih jiwanya lebih cocok ke yang karismatik ( suka hura hura....wewww! bukan huru hara lohh yahh! ), soalnya gua suka ngantuk kalo suasananya tenang2. hahahaha ( ketauan dah yahh! ). Ini aja yang pake tepok2, begitu masuk ke kotbah juga gua ngantuk! wakakaka...Maklum deh, bangunnya subuh2....ahhhh, ini kok jadi ngalor ngidul gak jelas. Lanjut deh yahh. Sekilas info lagi, kalo hari minggu ke 4 setiap bulan itu ada misa penyembuhan di gereja ini, dan biasanya umat yang dateng bisa berkali lipet dari biasanya. Ini nih penambah macetnya Puncak....wewww!

Perjalanan ke Lembah Karmel itu harus pagi2 dari Jakarta, normalnya sih bisa 3 jam an, sekarang aja karena bulan puasa, jadi jalanan sepanjang tol Jagorawi - Cisarua - Gadog - Puncak masih aman lancar terkendali. Wiss....satu jam udah nyampe puncak pas. Tapii, begitu menuju jalan raya Kota Bunga itu, wele wele....jalanannya ancur lebur, ini naek mobil aja serasa naek kuda, ajrut ajrutan kepentok kiri kepentok kanan, tapi akhirnya waktu tempuhnya bisa dipangkas total jadi 2 1/2 jam aja. Dan begitu nyampe, karena misanya mulai jam 9.30, sementara kita udah sampe jam 8.30, maka kita mampir dulu deh ke warung bubur yang ada di sebelah kantin gereja. Lumayan bisa isi perut dulu, karena misa nya bakal lama bisa sampe jam 12 siang, makanya harus nyarap dulu supaya gak keroncongan perutnya. hahahaa bisa aja nih alesannya mo jajan. Bener ajaaaa...yang dibeli bukan cuman bubur, tapi beserta temen2nya, kita beli nasi uduk, sate ayam , pisang goreng plus tahu isi. Huahhh...ini mau misa atau piknik sihh? Banyak bener jajannya? hahahhaa.....sekalian makan siang dah yahh ini sih!

Nahh, jadi kayak gini deh gerejanya.....di halaman depannya ada patung TY







Si Miko sampe garuk garuk kepala yang kagak gatel, liat emaknya masih juga narsis di depan gereja....wakakakak....( padahal yang foto2 mah bukan aye doang, rata2 yang baru dateng kesini juga pengen foto dah! ).










gua sih belom pernah ke gereja Katolik laen yang gedenya segede ini, jadi gua nobatkan gereja ini paling gede yang pernah gua masukin. hahahaha....

Uniknya, disini tuh didepan pintu masuk gereja udah disiapin kantong2 plastik kresek. Buat apahan? buat Buat sumbangan? Noooo....buat duit persembahan? Nooo....buat jajan gorengan? ihhh...ini pikirannya jajan mulu! bukannnn....Jadi buat apahan dong? Kantong kresek ini gunanya adalah buat naro sendal/sepatu kita, jadi kita masuk ke dalam gereja itu telanjang kaki ( ciaka ) sambil nenteng kantong kresek sendal kita itu pastinya, nahh makanya gerejanya teuteup bersih. Tapi dinginnnn banget lantainya bo! hehehhee

Dan akhirnya, semua tempat duduk dari mulai lesehan dibawah, sampai yang di balkon, semua terisi penuh. Acara misa juga berjalan lancar dengan puji2an nya yang menggema karena orangnya ruamee. Wah sukacita deh semua, termasuk gua yang udah lama gak sorak sorai begini. hahahaha. Si Miko dan si Alvin sih gua suruh ikutan bina iman ( sekolah minggu anak2 ), ehhh mereka malah udah ketuaan, katanya yang ikutan itu anak2 balita semua, mereka yang paling gede. Jiahhh, ini emaknya gimana sihh! Kagak ngurusin anak2nya....( mereka kan emang belom dibaptis )... hahaha...maap dehh vin...mik....mami juga kagak teu! hahahhaa, abis kan tadi diumumin, bagi anak2 yang mau ikut bina iman, harap berkumpul di aula. yahh gua sih cuman suruh2 aja, gak ngecek juga itu buat umur berapa. Ketauan kannn  jarang kemari....hihihihi

Bubar gereja, kita gak langsung pulang Jakarta dunk...kan udah niat mau ke Taman Bunga Nusantara yang lokasinya emang searah sama gereja ini, dilewatin malah tadi. Jadi arah pulang itu, kita bakal ketemu TBN ini. Gak pake lama, kita udah nyampe disini sekitar jam 12 an siang, saat matahari sedang panas2nya. Hadeuhhhh....kenapa sihhh, di puncak juga rasanya kok panasss? Mana ada adem2nya nihh...kulit langsung terasa kebakar. Tapi demi foto sesiong, apapun dijabanin dehh. Paling kulitnya melepuh dikittt....wewwww! Tidakkkkkk!

Suasana di TBN ini lengang banget, gak banyak pengunjungnya, sampe loket pintu masuknya aja sepiii gak da makhluk satupun....eh ada ding satu orang pengunjung doang nih...

Enaknyaaa kalo kagak pake antri. Tiket masuknya Rp. 25.000 / orang, lumayan deh harganya masih masuk bajet, walopun masih agak gelap ada apahan di dalem sana sampe harus bayar segitu. Kemaren sih udah brosing2, teuteup aja belum ketemu blog/website yang detail jelasin ada apa di TBN.

Mari siniii, saya yang jelasin dehh yahh....hahahaa, belagu banget yahh!Bisa disambitin sendal nih.
Maksud gua, gua mah jelasinnya pake gambar ....alias foto. Tau dongg, gambar lebih mempunyai seribu makna berarti dibandingin kata2 indah? Nahhh itu keahlian gua dahh....tebar tebar foto mah! wakakaka, walopun gak tau penjelasannya, yang penting pajang foto dulu, keterangan menyusul. hehehhee....
Nah ini pintu gerbang masuknya :




















Ini tarif masuknya, beserta tambahan2nya :

Setelah masuk pintu gerbangnya, kita langsung nemuin batu peresmian TBN ini yang ternyata udah diresmiin dari taon 1995 oleh presiden Soeharto. Emang sih dari dulu kalo ke gereja Lembah Karmel pengen mampir kesini, tapi gak kesampean terus, karena terlalu rame orangnya. Kalo sekarang bulan puasa sih enak, agak lengang, fotonya gak banyak orang dibelakang...hahhaaaha...serasa taman private aje!

Terus abis itu, terlihat pemandangan bebungaan di depan mata, mulai galau dehh mau foto yang mana, ke kiri apa ke kanan...Sasaran pertama ke burung merak ini dulu deh, yang ada di sebelah kanan ..

Sebelahnya si burung merak itu, tepat di tengah2, ada undak2an kolam air terjun buatan yang mengalir sampai ke bawah....

Yang ini view dari bawah ke arah atas....ke arah gerbang masuknya TBN...
Nah, di dalem sini udah ada papan petunjuknya, jadi terserah deh mau ke tempat apa duluan....








Ada pohon pucuk merah...dengan jerapah :

Ada patung dewi....apa yah namanya? kagak ngecek nihh....lupaaa, saking sibuknya foto2...hehheehe
Di air danau ini, ada bebek hitam yang jadi icon TBN ini...yang tadi patungnya ada di gerbang paling depan :
Terus ada juga tanaman yang dibentuk seperti dinosaurus :
Ada yang model barong Bali nih :
Dan gua pastinya masih cinta yang unyu unyu....ini bunga lavender ( klo gak salah...), bagus benerrr bejejer sepanjang jalan ini....

Dan tentunya ketemu deh sama bebungaan yang beraneka ragam dan warna.....

Dan inilah yang disebut Garden Tram yang tarifnya Rp.5.000...( kalo sama tiket masuk jadi total Rp. 30.000...)
Yang ini  (mungkin) yang namanya Dotto Train....gua taunya es dotto, tapi kereta ini gak ada es nya tuhh? ..hahaha. Ini tarifnya juga sama ...Rp.5.000...

Ahhhh, kalo ikut tur mamie funky kan paket lengkapnya cuman modal kaki, jadi kita gak perlu naek kereta2an, cukup jalan kaki saja kelilingin ini yang entah berapa hektar tau! hahahhaa....cetarrr bangett kannn?! Gemporr dahhh! Untung banyak tersebar tempat2 ngaso, salah satunya yang ini :
Untung aja tuh bangku semen bukan merk Ligna, bisa bisa udah duduk lupa berdiri deh ( jiahhhh ngiklan dulu nihh..).
Terus ada taman gaya Bali juga nih :

Didalemnya ternyata bagus....dibikin taman :






Disini ketemu menara tinggi yang disebut Menara Pandang....
Lumayan tinggi sih, liatnya udah males naeknya....ada liftnya loh, tapi semua pada rajin naek tangga manual aja dan emang bener nyesel kalo kagak naek kesini....liat aja nih pemandangannya dari atas kayak begini :
ada musical fountainnya ....
Ada bunga raksasa dari bebungaan :
 Ada labirin dari tanaman :




Disebelah sini ada juga Taman Mediteran yang isinya banyak kaktusnya :
Terus ada juga taman bonsai :
Sementara gua lagi sibuk foto, itu anak berdua udah menghilang....mereka mau mencari wahana permainan dan gak sabaran nungguin emak bapaknya foto2. Jadi dari sekian hektar luasnya, gua berpisah dengan kids, tanpa telepon, tanpa bb...mereka gua lepas begitu aja, dengan keyakinan bahwa mereka kagak bakal nyasar. Gileee juga, udahan abis foto baru sadar, kok mereka lamaa banget kagak balik2?  Gua akhirnya jadi ikutan ngelilingin alam Imajinasi , tempat wahana2 permainan itu berada sambil celingak celinguk sampe leher panjang, teuteup aja gak keliatan keberadaan mereka. Biasa, dari kejauhan aja udah kedengeran suara mereka yang cetarrr membahana! hahahhaa....Tapi gua gak punya rasa khawatir berlebihan sih...cuman sedikit ajaa ( hmmm...ibu macam apa kau! ). Abis, tempatnya sepi dan aman lah gua pikir sih....anak2 gua juga kan udah gede..jadi yakin aman aja...Padahal biasanya di mall aja parno luar biasa kalo udah kepisah....hadeuhh....ini yang luasnya hektaran, kita nyantai2 aja hunting foto....hihihihihi

Dan akhirnya, kita ketemu Taman Dahlia...yang bagus banget karena bertaburan bunga dahlia dalam berbagai warna, kita kanclep deh disini buat foto keluarga ...hahahaa
 satu lagiii....
 jangan bosen yahh.....hahahhaa
 masih ada lagiii....

 Nahh tadi kan foto ber 4....sekarang yang ber 3 dunk....
 I like this one....very much!
 Dan ini kita ada di Taman Perancis ...belom pernah sih kesana, tapi mungkin seperti inilah :

 Yang ini juga lumayan bagus....pohon cemara rapi berbaris di deket musical fountain...

Dan ini ada air mancur kecil  di Taman Mawar :
Wahh, pokoknya ternyata banyak banget deh pojok2 seru buat foto2...masih ada taman amerika, rumah kaca, green house, taman air, dll yang gak bisa dikelilingin semua nih. Kayaknya harus dari pagi dehh...ga rugi juga bayar Rp.25.000 dan kita betah disini sampe jam 5 sore. Baru berasa deh nih kaki cenat cenut...dana terutama perut juga udah keroncongan karena muter2 nya jauh. Tapi jangan khawatir sih kalo di dalem sini masih ada yang jualan minuman dan makanan, banyak kios2 yang jualan walopun bulan puasa. 

Tapi kita gak mau makan didalem situ, kita sengaja mau makan sate kambing di jalan raya masuk Kota Bunga. Untung aja dia buka pas bulan puasa ini....Yang kita pesen sop kambing, tongseng kambing, sate ayam dan sate kambing. Begitu dateng, langsung deh makan dengan lahap, udah kayak orang 3 hari gak makan, sampe pesen nasinya 3 bakul! Yang rekomended emang sop kambing dan sate kambingnya. Rasanya maknyusss! Makannya pas ujan dingin2 pula. Slurrppp! Sementara tongsengnya biasa sajo....hambar kurang medok. 
Wahh pokoknya, ke Puncak kali ini puas juga deh...Terbukti, liburan mah kagak perlu yang mahal2..go local juga it's okee....tinggal gimana kita menikmatinya aja lah...buktinya gua dapet foto banyak banget disini. hehehhee.....babayyyyy! Mau bales tidur dulu ahhh.....

33 comments:

  1. Cici eke liat kau sekeluarga lho., kita jg kesana. Jd pas ci yance ambil payung d mobil kita mau plg. Ga tahan ama panasnya. Hahahhaha
    Gila tahan banget sampe jam 5. Kita plgan sejam apa 2 jam. Panas dan males jalan, alhasil kita ambil yg 30 rb. Jalanny parah, lbh bagus lwt cipanas situ. Bagus tu ci kyny klo foto prewed disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh...kamu pas disana ya? jangan2 yang di depan gerbang keluar itu ya? ( berasa diliatin seseorang nihh...hahahhaa).
      iyah puanas banget yah pas nyampe situ....eh emang disitu ada yang lagi prewed lohh...harusnya bagus sih foto2nya tuhh

      Delete
    2. Yoiiii lg nunggu yg lain keluar. Ddku yg pertama blg ciii itu kyny mamie funky dee, lgsg celingak celinguk cr suaminya cici ama miko alvin dan bener aja ad. Dipastikan 100% mamie funky. Ahahahha mw nyapa tp ga enak.

      Delete
    3. wele weleee....sampe dede kamu ngenalin aku juga? wakakakka....ahhh coba nyapa....paling gak kan bisa kenalan...hehehhee

      Delete
    4. Yoii dia silent reader jg. Hahhaha next time ga malu2 lg d buat nyapaaa hahhaha dunia ternyata kecil. Sama2 hometown bogor lg

      Delete
    5. Iyaaaa....gapapa panggil aja, pasti nyahut kok.hehehe...sippplahh

      Delete
  2. Thanks buat sharenya mamie. Lihat foto-foto di atas teringat sama Nong Nooch di Pattaya. Heran ya, di Pattaya taman seperti ini bisa ramai turisnya. Coba taman ini juga dijadikan satu sama tur di Indonesia, pasti uga bakal ramai. Hitung2 bisa jadi tambahan devisa negara. (Kok jadi ngelantur dah kayak Mentri Pariwisata saja aku)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh di indo mah payah do....ini aja infrastrukturnya gak mendukung, gimana mau dipromosiin tour2 jadi masuk ke dalam list tempat yang wajib dikunjungin? malah jadi pilihan terakhir aja dehh...hahahha

      Delete
  3. Bagus banget ya emang tempatnya Ci. Jadi seger ngelihat banyak banget bunganya.
    Btw lantai gerejanya pasti adem ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah dan....biasa tinggal di Jakarta, begitu liat ijo2 langsung segerrr!
      lantainya kagak pake adem....tapi dinginn!

      Delete
  4. gua pernah ke lembah karmel sekali doang tapi gak pas jam misa.

    taman bunga nusantaranya bagus banget ya yan...

    tapi yang paling mantep sate nya nih.. wuii jadi kangen pengen makan sate kambing.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh udah pernah Man ke lembah Karmel? jadi tau lah yahh rutenya yang agak susah ditempuh...hehehehe
      Lumayan bagus lah Man TBN ini...cuman harus teuteup dirawat nih, kalo kagak, bunga2nya pada mati dehh
      satenya enakkk banget! ( biar ngiler dehh ..disono gak ada kan?)

      Delete
  5. ga bosen liat foto-foto nya keren keren abis bikin ngiler mata nih...........
    bagus banget yaa taman nya, cocok deh buat prewedding :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dea...cocok buat foto prewed nihh

      Delete
  6. kayaknya waktu sma pernah retret di lembah karmel deh... kalo ngeliat patungnya harusnya tempatnya sih sama, tapi ga yakin juga soalnya aulanya kayaknya ga segede itu deh hehehehe...

    taman bunga nusantara ini kan sering dipake buat prewed, tempatnya emang bagus sih... ternyata masuknya ga mahal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh aula mah letaknya di samping mel....ini gerejanya lebih ke atas lagi letaknya. kalo orang retret emang tempatnya di aula..bukan di gereja..beda gedung.
      iyah kemaren juga pas ada pasangan yang lagi foto tuh, kita nontonin aja dehh...hahaha

      Delete
  7. keren ya TBN. itu yang pas pohon cemara baris kok mirip kayak film korea 49 days. hahaha...maap ya. gue lg tergila2 korea. ngeliat foto ini itu imajinasinya langsung ke film korea. wkwkwkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan bagus lah tia....lumayan buat penghibur daripada gak bisa ke korea...kesini aja...hahahhahaha

      Delete
  8. gw jadi kangen lembah karmel dulu gw suka retret ci disana tapi baru ikut 2 doang penyembuhan luka batin sama karunia roh kudus gile itu retret roh kudusnya beneran kenceng hehehe....gw yg biasa misa biasa tiba2 cukup shok pas retret pasalnya gw gak tau karismatik gitu...trus pas puji2an gw denger kiri kanan kok pd berisik gak jelas pd akhirnya gw tau mrk sedang berbahasa roh...dan beneran mukjijat pas retret penyembuhan luka batin yg gw shok liat tata caranya entah gimana tiba2 gw dapet karunia bisa berbahasa roh sama bisa puji2an saat bersamaan, tadinya gw bingung tiba2 kok mulut gw kaya mau ngoceh2 sendiri tp gw tahan2 sampe gemeteran badan gw dingin, trus kt tmn gw kalau kita menolak rekasinya begitu jadi sebaiknya nanti kl ada saat adorasi lg gw sebaiknya lepas aja dan terima...gitu deh asal muasalnya hahaha...

    di situ ada frater ganteng loh ci gw lupa namanya siapa haha tapi emg beneran ganteng, jd tiap kali di aula pertemuan selalu di wanti2 ini ganteng buat tuhan hahaha jangan di ganggu yah..trus rumah peristirahatan romo yohanes sama frater2 nya nanjak (jd jgn belok dr jalan utama ke tpt retret itu sama gereja) masih lurus kira2 5-10 menit tar baru belok kanan..tempatnya keren loh kiri kanan gitu pohon cemara tinggi2 gw yakin loe pasti demen foto2 disitu wakakaka...wkt itu gw sempet masuk ke dalem gitu deh dikasih liat kapel kecil khusus mrk sama kamar2...kl kita ada masalah luka batin boleh sewa kamar disitu buat tenangin diri

    selama ini taman bunga gw cuman lewat depan aja tanpa berniat masuk ternyata bagus yah hahaha...cuman yah itu deh males kesananya jauh yah mana jalannya jelek...kadang kalo dari kota bunga lurus ketemu persimpangan maunya udah belok kanan aja biar ke tpt sate atau ke simpang raya, bukannya belok kiri ke lembah karmel atau taman bunga hahaha

    sorry yah komen gw jd panjang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh..bagus fel, ulasan elu malah nambahin postingan gua dah....jadi lengkap informasinya ( termasuk si frater ganteng! hahahhaa ). Gua juga pernah liat tuh fraternya...tapi kemaren udah gak keliatan...jangan2 udah jadi orang biasa ( gosippp banget! wakakkaa).

      eh beneran lu bisa bahasa roh fel? gua sih biasa2 aja doanya, jadi gak pernah dikasih tuhh berbahasa roh...( tau kali gua orang sableng...gak dikasih...hihihihi)

      iyah bikin males nihhh jalanannya ancur...coba kalo aspal licin, kan gak pake lama kalo mau kesitu..

      Delete
  9. Huaaaa.. tamannya baguuuss banget dan yang paling penting.. bersih! keliatan adem dan dingin gitu pula... hihihi..

    Aduh mba... ujung2nya kok kasih liat foto sate yaaa.. duuuuuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ati2 ngeces bumil....hehehe
      Ihhh, di sini gak seadem itu be...31 derajat celcius...panassss!

      Delete
  10. Wih jadi pengen ke Lembah Karmel sama Taman Bunga Nusantara. Belom pernah. Tapi malesnya kalo ke puncak itu macetnya itu lhooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrr ngel....cuman males di jalan klo macet....mending bulan puasa dehh, gak macet

      Delete
  11. 1. Wah, lama juga ya misanya sampe 2,5 jam gitu, hmmmm....

    2. Taman bunganya oke juga ya. Dan hawanya keliatan adem gitu. Kayaknya ENAAK!! :D Btw, ngomongin taman bunga jadi inget taman Keukenhof di Belanda yg bukanya pas musim semi doang. Tapi kereen. Itu taman isinya bunga-bunga semua dan banyak tulipnya!! :D Dan tulipnya disusun rapi banget gitu sampe dari jauh keliatan kayak karpet warna-warni, hahaha...

    3. Foto makanannya bikin NGILER!! Untung ini sekarang pas baca masih kenyang efek dinner dan satu bungkus Cheetos, hahahaha :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.misa lama karena ada misa penyembuhan, setelah komuni itu ada acara doa'in orang sakit, disebutin satu persatu yg sakit ini harap berdiri, trus sebut lagi yang sakit itu....secara spesifik sakitnya kan banyak macem, jadi lamaaaa deh.

      2. Gak seadem keliatannya kok....disitu sekitar 31 derajat celcius kok, panassss..hahahha...wahh kalo tulip warna warni kayak karpet gitu pasti bagus banget dehh...

      3. Untunglah udah kenyang, jadi gak ngiler yahh

      Delete
  12. gua kemaren ke puncak lewatin tuh taman bunga, dalemnya mayan bagus juga ya, cocok buat orang prewed. aduh gua ngiler liat sop kambingnya, dulu gua gak doyan loh sop kambing tapi karna dipaksa buat naikin tekanan darah skarang malah doyaaan, tiap minggu nyariin hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren pas disana juga ada penganten lg foto prewed tuh viol....kasian leleran keringet...hahaha

      Delete
  13. Wow, ternyata bagus banget ya dalemnya taman bunga itu...
    Pengen deh jalan di labirin pohon pohon ituuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus lah na....daripada kebun raya Bogor, bagusan yg ini...hayuu lah kesana

      Delete
  14. Ternyata gede ya, dulu gua cuma sejam di sana lantaran tiba2 mendung gelaap. Lihat foto2nya jadi kepengen pergi lagi, ternyata masih banyak yang belom disambangin. Taman dahlia itu cakep pisan. Foto2nya keren nih!! Slurrrp tongseng kambing gua paling doyan, tapi kalau yg gak pinter masaknya suka keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah el, taman dahlianya cakep2 bunganya....sayang emang klo udah kesana pake acara mendung2 segala, jadi gak bisa kelilingin semua. Tongseng emang harus dipresto kali ya...biar empuk. Klo gak bisa masaknya, kayak makan sendal jepit toh...hehehe

      Delete
  15. cantik bgt, jdi pengen ke sna...
    kpn yaa bsa ke sna...!!!
    heeemmm...

    ReplyDelete