Wednesday, August 28, 2013

TEMPLE OF HEAVEN ( SUMMER IN BEIJING PART 3 )

Hari ke 3, kita terbangun karena suara2 berisik dari sekitar apartemen si Apak. Bunyi klakson dan orang2 berteriak ternyata kedengeran juga loh, padahal kita ada di lantai 14. Busett deh, apalagi yang ada di bawah ya? Orang China sini kalo ngomong kan suaranya gede2 dan tereak2. Kalo yang gak biasa denger, kirain ada yang berantem. hehehhee. Liat sebentar keluar jendela, dan nemuin pemandangan ini :
Udah rame aja ternyata yang belanja sayur mayur. Dan langsung borong dari mobilnya, kalo bisa sih beli sayur bonusnya mobil ya. hehehe
Terus hari ini kita rencana mau ke Temple of Heaven ( Tiantandongmen ) dan diguide sama Michael, anaknya CC BJ yang umurnya baru 13 tahun. Kita naek bis kota yang tarifnya cuman RMB 1 ( Rp. 1675 ) per orang. Astagaaa....murah banget kannn!

Ini bisnya kok matching sama kaos gua yah  hahahha.... padahal suwer deh, gua gak tau kalo interior bis disini warnanya dominasi kuning. Itu si engkoh yang lagi duduk sampe lirik gua segitunya ya? Apalah salah gua? Cuman narsis di bis doang koh, masalah buat elo? wakakkaka
Tapi disini bener2 hebat juga nih orang2nya, kalo ada orang lebih tua yang naik bis, yang muda2 pada bangun dan akan kasih kursinya ke orangtua itu. Kesadarannya bener2 tinggi.
Begitu turun di halte seberang Temple of Heaven, kita tinggal naek jembatan penyebrangan yang lebar banget nih. Di Jakarta mana ada selebar ini jembatan penyeberangannya?
 Nahh, gedung di belakang itu adalah Hong Qiao Market ( sejenis mangga dua nya Beijing ), yang barang2nya ciamik, tapi nawarnya harus tega yah, biarin aja diomelin dan dimaki2 sama penjualnya, yang penting ujung2nya dikasih kok dengan harga yang murah, puas rasanya dapet barang setelah nawar 70-80% dari harga semula. Dan hebatnya, pelayan disini semua rata2 jago berbahasa Inggris, kita gak berasa ada di Beijing jadinya..hehehe
Tiket masuk ke Temple of Heaven adalah RMB 35 ( Rp.58.675 ) utk dewasa dan tarif anak2 kayaknya sih separonya deh, lupa. hehehe. yang jelas gua bayar RMB 154 ( Rp. 257.950 ) untuk ber 5. Ternyata hari ini ( atau hari2 lain pun ) disini rame banget loh. Ini masih pagi aja antrian udah lumayan panjang. Emang sih gak sepanjang antrian Dufan, tapi orangnya di dalem udah padat.
Tiketnya terdiri dari 3 bagian, masing2 akan disobek saat kita masuk ke area itu. Jadi satu tiket ini berlaku untuk masuk ke 3 area utama yaitu : The Hall of Prayer for Good Harvest , Echo Wall dan Circular Mound Altar.
Nah ini gua capture in peta area Temple of Heaven yang luasnya 2,73 km persegi. Wewww....kebayang nih kalo kerajinan dikelilingin semua bisa2 kaki pada copot dahh. hahahaa
Gambar diambil dari beijingtrip.com
Kita masuk dari East gate dan inilah guide kita hari ini.....Michael from Beijing....hehehhee.
Di belakang itu koridor panjang menuju pintu masuk temple yang terdapat banyak orangtua berkumpul untuk sekedar ngobrol, ada juga yang main mahyong, senam pagi, taichi, merajut dan berjualan. Rame dah pokoknya.
Di taman ini terdapat 7 star stones dan ada cerita sejarahnya nih...terjemahin sendiri yah...heehhehe
 Kayak gini deh bentuk batunya : Kita sih langsung aja menuju ke bangunan utama temple yaitu The Hall of Prayer for Good Harvest dan melewati gerbangnya yang mempunyai pegangan pintu unik kayak gini : Eh tau gak kenapa pegangannya item separo gitu?

Sebabbb...banyak yang foto dengan pose begini nihhh  : megangin pegangannya...yah lama2 luntur lahh emasnya...hahahha
Gerbang masuknya yang dibelakang kita itu....
 
dan inilah yang disebut The Hall of Prayer for Good Harvest, bangunan yang beratap melingkar besar sebanyak tiga tingkat dan merupakan tempat kaisar berdoa memohon kelimpahan panen dan terhindar dari bencana. Bentuk temple yang bulat dan lapangannya yang kotak melambangkan langit dan bumi. UNESCO pun memasukkan Temple of Heaven ini ke dalam list world heritage pada tahun 1998. Wahh, waktu disana gak ada langit biru sedikit pun, semua abu2 ketutup asap polusi. Sayang banget!
 Berusaha foto jauh dari orang2 yang berkerumun ataupun lalu lalang...siggh...susahhh bo! hehehhee
Gak lupa foto berempat donggg :
Dan disebelah kiri dan kanan kompleks ini, ada bangunan  bernama East dan West Annex Hall yang digunakan untuk memajang koleksi benda2 peninggalan sejarah dan benda2 lainnya.
Dan yang penting sih, hall ini ber AC bo! Jadi gua sih numpang ngadem disini aja dehh...soalnya udaranya puanasss ruar biasa!
Di dalem hall ini ada miniatur temple, ada yang warna warni, ada juga yang terbuat dari kayu :
Dan inilah benda2 peninggalan sejarah....hmmm...emasnya menarik nih buat digotong bawa pulang...hehehe
Kitapun jalan mendekati temple, orang2 udah berkerumun disini...rebutan posisi foto deh ahh..
 Bandingin sama dulu pergi...agak sepi orangnya karena musim dingin kali ya...Dan itu langitnya biru bangettt! 
Mending geser dikit kesini aja posenya...hehehe, sepi kannn!
Nahh, sebelah sini juga sepi...pokoknya harus foto yang banyak dehh...jalannya jauh soalnya, males balik lagi kesini mah...
Nahhh, atap temple yang biru inilah yang melambangkan heaven.
Inilah interior dalam temple dimana tiang2 penyangga bangunan sama sekali tidak menggunakan paku, hanya menggunakan kayu2 aja....ck ck ck ...hebat banget kan teknologinya.
 
Setelah puas foto2 di area The Hall of Prayer for Good Harvest, kita menuju ke Imperial Vault of Heaven...udah antri nih yang mau  masuk ke dalem sana...ada apahan emangnya di dalem?
Ohh di dalem sana ada versi kecilnya The Hall of Prayer for Good Harvest, atapnya sama2 bulat, tapi gak sampe bertingkat 3....
 Orang2 pada berebutan naek tuh ke templenya....entah untuk berdoa atau cuman foto2 aja...karena rame yang antri , jadinya gua skip aja deh, malah duduk2 numpang ngaso deh saking udah pegel nih kaki.
Nahh, gua capture in gambar kompleks nya Imperial Vault of Heaven nih, soalnya fotografer saya tidak mungkin bisa foto kayak gini...hahahaha ( pisss yo pap! ). Harusnya kayak gini lah isi kompleks Imperial itu, dimana tembok bulat yang mengelilingi komplek bangunan itulah yang disebut sebagai Echo Wall yang dibangun dari batu yang sangat rapat, sehingga tidak bisa terdengar sampai keluar tembok.
Gambar diambil dari visitourchina.com
Si Apak sih cerita kalo jaman dulu tuh temboknya itu bisa dipegang, dirasakan dan ditest kebenaran gemanya dengan menempelkan telinga di temboknya langsung seperti gambar di bawah ini : orang cukup berbisik di ujung sana dan yang ujung sini udah bisa denger...
Gambar diambil dari abc.net.au
Nahh, karena ada tangan2 iseng ( jahat ), yang entah mencoret2 temboknya atau dipocel2 ( ngetes kerapatan batunya kali yaa ), daripada temboknya rusak, belakangan ini dikasih pager deh di sekeliling tembok, jadi kita udah gak bisa lagi nempelin kuping di tembok. Akhirnya, yang pada penasaran pada ngetesnya dengan berteriak-teriak...yah sama juga bohong...udah kedengeran duluan suaranya...gak efek tuh...haiyaaa....
Gambar diambil dari balytra.com
Sesudah itu, terakhir kita masuk ke Modular Mound Altar, yaitu altar baru melingkar berlapis tiga untuk persembahan kurban pada saat winter setiap tahun dan juga sebagai ungkapan terima kasih kepada surga dan berharap semuanya baik. ( hadeuhh ini terjemahannya susah bo!! )
Sang fotografer ikutan mejeng juga disini.....
Nah ini juga gua capture in foto tampak atas dari altar itu, selain biar bisa melihat keindahan bentuk utuhnya, juga supaya kebayang betapa luasnya kompleks disini, bikin kaki bener2 mau copot kalo mau kelilingin semua sih. Inilah jantung dari Temple of Heaven...Ceritanya di altar ini ada pemimpin doanya yang berdiri di batu bulat dan dia akan berteriak lalu batu2 altar ini akan mengantarkan suaranya sampai ke surga.
Gambar diambil dari blog.chinatraveldepot.com
 Di depannya ada taman berpohon besar dan banyak orang berteduh dari panas disini, ada juga yang maen bola dan ini sekumpulan orang bule iseng belajar taichi...
Terus ini ada orang berkursi roda dengan tulisan penuh di kertas yang digantungin di lehernya....mungkin arti tulisannya itu minta bantuan kali yah...something like that sih keliatannya.
Ada juga yang ngamen....tapi bukan sembarang ngamen. Ini pengamennya niat banget bawa sound system gitu, jadi suaranya ciamik. Kalo gak liat sih kirain disetelin lagu dari pengelola taman ini. Taunya live show...hahaha...cuman kasihan, sedikit banget yang nonton, rata2 acuh tak acuh lewatin doang, kasih duit pun tidak, padahal suaranya gak kalah sama Richie Ren ( jiahhh...ketauan deh angkatannya...hahahaa). Yah h, kalo gak yang baru2 kayak si Jay Chow lah...( itu juga lamaa malihh!). Ahh pokoknya suaranya bagusss.

Terus pas mau keluar, lewatin sebarisan pohon2 yang keliatannya sih umurnya udah puluhan bahkan ratusan tahun kali deh...bagus banget tuh batangnya...

Oh iya, ada yang jualan souvenir dan liat kipas dibarisin gini cakep juga yah....

Akhirnya....kita keluar deh dari komplek itu. Ini adalah gerbang masuk dari South Gate....Jadi gerbang sebelah kiri adalah tempat masuk, sedangkan yang sebelah kanan tempat keluar.


Hmmm...itu jalannya masih jauh banget tuh mau ke jalan raya...dan ternyata kita teuteup harus balik lagi ke tempat kita pertama kali masuk yaitu East Gate karena kita mau naek kereta bawah tanah dan stasiunnya lebih deket kesana jalannya.....yaolohhhh buset.....
Alhasil, kita harus berjalan memutari si temple yang gede itu sodara2. Jauhhhh banget dah perasaan. Eh dari belakang viewnya cakep juga nih :( si Papi malah kesenengan kita nyasar...jadi bisa liat beginian...sigghhh ).
Bangunan ini berarti yang ada di samping temple dekat hall ber AC itu...bisa keluar ke belakang sini.
Dan kita punya gambar lagi dari sisi lain arah belakang temple....Ini sih kejadian deh malah muterin semua areanya.....Pantesan kaki mau copot rasanya...huahhhh mana puanas banget tengah hari begini.
Kita jalan dari ujung jalan sana itu...huhuhuuu, jauhhhhh kaliii!


Jadi kalo digambarin pake peta, kayak gini lah rute kita : yang panah biru adalah rute kedatangan, yang panah merah adalah rute kita pulang. Wewwww...
Pulangnya kita lewatin koridor panjang lagi yang udah mulai sepi. Mungkin karena udah siang dan hawa udah panas, soalnya mereka dateng kesini kan biasanya untuk berolahraga bersama.
OMG.....setelah berjuang keluar dari Temple of Heaven...kita bener2 berasa lapar. Dan tujuan kita adalah kemana lagi kalo bukan ke resto KFC yang ada di seberang temple. Halahhh, ini berarti masih harus lewatin jembatan penyeberangan itu lagi ( serasa dejavu dah ) . Haiyaaa...mana pas jam 12 an sedeng panas2nya aujubilahh dah! Itu keringet bukan netes lagi, tapi ngucur! Lengket bener dah perasaan. Untunglah di KFC kita bisa ngadem2 dan lempengin kaki barang setengah jam gitu. Rasanya udah duduk, males jalan lagi. Padahal setelah ini, kita masih punya tempat wisata lain yang mau dikunjungin. Ciayoooo!( jalan terseok-seok menuju subway ).

32 comments:

  1. Eh, iya lho. Temanku bilang katanya kalau ke Beijing mesti naik kendaraan umumnya. Murah bener soalnya katanya, huahahaha :P .

    Btw, temple-nya keren ya! Dan gerbangnya memang cocok bgt buat foto-foto sambil megang pegangannya itu. Gak heran ya jadi setengah item, hahaha.

    Itu batang pohonnya keren banget!!

    Dan akhir-akhirnya makan KFC lagi ya, huahaha. Aku juga kadang kalau pergi-pergi gitu baru makan KFC sih. Kalau di Belanda mah hampir nggak pernah (soalnya kalau mau makan KFC mesti ke luar kota gitu, huahaha).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah heran yah murah banget ko...bener2 pemerintahnya urusin tranportasi masyarakat nih..gak korup.
      batang pohonnya emang keren...
      KFC mah penyelamat di tengah kelaparan dimana2...hahaha

      Delete
  2. interior nya bagus banget ya... warna warni banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya itu udah direnov Man....jadi gonjrang ganjreng warnanya..

      Delete
  3. hmmmmmm..... huaaa ciiii jadi pengen ke peijing lagi..
    tp inget RMB mahal plus skrg polusi ama macetnya gelooo jadi males jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nih wi...RMB lagi naek yah...tapi si Cebu lagi promo tuh buat thn depan...buruan...hehhehe

      Delete
  4. wuahh pengen banget g Beijing lagi , jaman jebot g kesana.
    emang bgs ya temple disana ukir2an nya , wrn/i nya ..ijo kuning merah biru putih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. lu kan suka pergi jalan2 pas orang kerja tuh ven....gampang cari tiket murah...hehehe, dah pergi lagi aja...kalo bisa pas autumn tuh ven

      Delete
  5. pertama gw pergi panas kedua gw pergi hujan jadi beli payung dadakan hahahaha murah sih 10RMB tapi habis dari sini ke Tian An Men hujan badai angin tuh payung ketiup angin dan rusak wakakaka...

    kayanya gw ada foto di batang pohon gitu pas hujan2 trus daun2 pada berguguran bagus loh ci!

    gw kalau suruh balik kesana lagi sih males hahaha tapi entah suatu saat kalau sama anak2, dulu kan lom ada anak...

    eh iyah gw ke hung qiau juga di temenin istrinya adik pho2 gw yg orang asli beijing ngomong mandarin aja muter blkgnya ada rrr dengernya susah, jadi dia yg bantu nawar hahaha kita kesana naik bus dari apartemen dia gw lupa apt dia daerah mana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bener tuh fel, disini anginnya kenceng aujubilah...payung mah bisa terbang atau terbalik rusak deh
      musim gugur emang lebih bagus kayaknya....daun juga warnanya kuning2 gitu...cakeppp
      kata sodara gua, malah orang beijing sendiri kalo nawar gak dikasih loh...biasa mereka lebih suka yang belanja turis asing

      Delete
  6. Hahaha... Gempor-gempor deh ya Ci. Tapi gak papa lah, makin banyak dapet fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gempor banget ngel....untunglah ada hadiah hiburannya, yaitu fotonya jadi banyakkk...hahaha

      Delete
  7. Di jakarta kalo ada jembatan selebar itu bakal tetep sempit soalnya kiri kanan ada gerobak bakso, siomai, tukang payung, gantungan hape, dll hehee..

    cebu murah banget ya? jd penasaran hehhee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya bener yah Xiao...dibikinin lebar juga bakal diparkirin gerobak dan kaki lima...sighhhh...cape deh
      iyah si cebu kalo murah, cuman 1 peso loh

      Delete
  8. Wow seru yah di sana... Cuman kebayang ci itu panas dan ramenya kaya apa.. Mana mereka teh berisik klo ngomong... Hehehe terus sayang banget yah langitnya gak biru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh teka...itu teh ngomong sama berantem beda2 tipis ajaa....sama2 tereakan ...hahaha
      langitnya kagak ada biru2nya sama sekali....sayang banget deh

      Delete
  9. Sampe terpesona gitu ngkohnya..haha :D

    Murah yah bus disana, bisa keliling kota tuh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi...iyah py, lirikannya meuni sadis banget....
      benerr..kalo keliling2 kota murah meriah transportasinya

      Delete
  10. ci...jauh2 ke cina ujung2nya makan KFC juga hehehehe... enakan mana sama KFC di indo? hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nihh, bener2 lidahnya gak bisa dipisahkan sama KFC. Eh tapi beda mel ayamnya...lebih enakkkk..

      Delete
  11. keren deh bangunan nya.
    liat yang minta bantuan yang pake kursi roda itu kasian banget ya mbak, teryata di negara orang masih ada juga orang2 yg susah gitu ya mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh dea..dimana2 juga banyak orang yang perlu bantuan, kasian sihh

      Delete
  12. Haii yance, salam kenal yaa.. passive reader nih selama ini, jd ikutan komen krn terpesona sama petualangan ke beijingnya. gw dulu ke beijing ikut tour jadi ya keburu2 ga detail kaya kamu gini. seruuu yaaa!!

    ^yosefin^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lam kenal juga yosefin....tengkyu dah mampir kesini.
      Kalo jalan2 gak ikut ada enaknya, bisa bebas waktu gak terikat. Cuman harus banyak cari tau sebelomnya....info transportasi dll. Yg enak yah klo punya sodara atau temen yang anterin. Hehehe

      Delete
  13. liat pasarnya mah asa di gedebage
    tapi begitu scrol ke bawah
    anjrit keren abis tuh mie
    kapan indonesia bersih seperti itu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mass....itu pasar mah di indo ge banyak yaa....emang nih heran bener, pada kemana tuh sampahnya ya?

      Delete
  14. Kelihatannya emang bagusan waktu musim gugur mamie .. Ga bakal kepanasan hahaha .. Kadang kalau kepanasan, tubuhku bisa ngambek ga mau diatur, dan ujung2nya bisa me-skip sendiri jadwal2 yang sudah terorganisir wkwkwk ..

    Semoga ada kesempatan secepatnya buat sambang ke keluarga yang tidak dikenal di negeri nenek moyang hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah do...kalo summer mah puanas bikin cepet cape dan emosi...hahhaa
      dari sekarang udah mulai deh cari sodara disana...biar gampang kalo mau kesana tanpa ikut tur...hehehee

      Delete
  15. Gak kebayang deh yah kalo ke cina bawa toddler. Pasti rempong abis mana wcnya jorok hahaha. Kalo ke sana enaknya pas anak2 udah pada gede yah ci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh bener chris, rempong sih dah pasti rempong, tinggal tergantung orangtuanya bisa enjoy ga buat travelling sama anaknya, soalnya kalo nunggu anaknya gede bisa gak jalan2 terus deh...hehehe

      Delete
  16. temple heavennya cakep bangettt.. hihiih.. terus kipasnya bagus yah ci.. gak diborong tuh? :p

    eh tumben nih bajunya gak kembaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dah cape n panas, gak napsu lagi buat borong2 the...hahaha
      Seragam partai nya belum kering nih...hihihi...jadi pake bebas dulu dehh kostumnya

      Delete