Monday, September 9, 2013

HENG MOUNTAIN ( DATONG TRIP PART 2 )

Hari ini kita bangun pagi dengan tubuh yang segar...nyenyak dah tidurnya saking kemaren udah super duper capenya. Setelah beres mandi, kita sarapan dulu dong. Sarapannya ala buffet gitu...lumayan lengkap mulai dari roti, telur, nasi, bakpao, salad, buah, bubur...banyak deh.
Makanannya lumayan enak2 ...apalagi ada bakminya...huahhh, jadi sakit ati ngapain semalem beli mahal2, pagi2 makan bakmi mah gratis...haiyaaa

Sesudah sarapan, saatnya melanjutkan perjalanan berikutnya. Wahh gua gak nyangka, di Datong ini ternyata ada beberapa tempat wisata yang terkenal lohh. Makanya hari ini kita mau samperin nih. Soal transportasinya, kemaren kita udah nego sama supir taxi yang anter kita dari Yungang Grottoes ke hotel, nah kita nego sama dia buat anterin kita hari ini dengan tarif RMB 260 ( Rp. 435.500 ). Weww...mahal juga yah...hahhaaa, masih pake perhitungan pula nih! Pengennya sihh naek bis atau kereta lagi kalo bisa..kan bisa irit banyak. Tapi tempat yang kita mau tuju ini jaraknya sekitar 60 km dari kota, pulang pergi udah 120 km bo! Sutra lah, relakan saja, yang penting sampe dengan selamat...

Tempat pertama yang mau kita tuju adalah Hengshan....Kebanyakan orang2 menuliskan Hengshan Mountain...padahal shan itu kan artinya gunung, kalo nulisnya Hengshan Mountain artinya gunung gunung Heng....hahahaaha ( tau dah gelap...). Dan tentunya Heng Mountain ini yang ada di provinsi Shanxi yah, yang adanya di sebelah utara ( makanya sering disebut Northern Hengshan) , dan termasuk ke dalam 5 besar gunung suci di China. . Sedangkan ada lagi yang namanya mirip Hengshan juga,  tapi ada di provisin Hunan sebelah selatan.

Sepanjang jalan, mata kita udah mulai dimanjakan dengan pemandangan pegunungan, pepohonan ijo ijo dan langit biruu....

Cerah banget hari ini...dan kagak adem lagi seperti kemaren. Mataharinya terasa mulai panas juga kayak di Beijing nihh....sighhh, payah dah, bakal berleleran keringet lagi.
Awalnya di mobil kena AC adem2 jadi ngantuk dehh....sempet ketiduran sesaat, karena kan perjalanannya sekitar 1 jam gitu baru sampe. Tapi begitu kebangun, wahh udah gak bisa tidur lagi deh karena semakin ke atas gunung, viewnya kok semakin bagus.
Kita lewatin terowongan segala....di China mah udah biasa nih ngebolongin bukit buat tembusin bikin jalan raya....kalo gak salah ini namanya Hengshan tunnel deh..
Nahh, begitu keluar terowongan, ketemu deh pemandangan danau di kaki bukit :
Duhhh, pokoknya sepanjang jalan ini cakep-cakep banget viewnya...kagak tahan dah kalo kagak difotoin....
Dan tentunya dipejeng dimari dong yah fotonya...hehehhe..Maap deh, postingan kali ini fotonya bakalan banyaaakkk banget sodara2! Gak tahannn kalo gak dipajang...hahahaha. Narsis to the max lah!
Masalahnya, kita kan udah penuh perjuangan banget buat dateng kesini...jadi yah harus dimaksimalin lah...kan gak mungkin toh kalo harus balik lagi kesini mah....
Nahh ini kita udah sampe di pintu gerbang masuk kendaraan menuju parkiran ....dari gerbang sini aja udah keliatan tuh bukit2 cantik di atas sana
Di area parkiran, yang berarti di kaki bukit Heng, terdapat patung ini.....mungkin inilah yang disebut Zhuangguan Monument ( hayoo dah siapa yang bisa baca tuh hurup kanji....jago deh! hehehe).
Dari parkiran kita naek tangga ke atas sana untuk menuju gerbang masuk ke area wisata
Kayak ginilah view dari atas ke arah parkiran, wahhh hari ini lumayan rame juga pengunjungnya yah....banyak mobil2 pribadi...taxi kita yang warna merah itu...
Sebelum masuk, kita harus beli tiket dulu nih ( ihhhh kagak ada yang gratis apahhh? dari kemaren bayar melulu...hahahha). Trus ada 2 pilihan jalan menuju ke atas , naek cable car atau jalan kaki. Jelas aja  gua dan anak2 pilih yang enak dong yahh yaitu naek cable car . Sedangkan si Papi dan si Cefu pilih jalan kaki aja tuh...ck ck ck...gua masih suka heran ajaa, kaki mereka dari apahan siii...kok kuat gak ada cape2nya sih! hihihihii. So, gua harus bayar cable car sekitar RMB 45 ( Rp. 75.375 ) per orang dan tiket masuknya sendiri sekitar RMB 30 ( Rp. 50. 250 ) per orang. Jadi total 3 orang ber cable car aja udah sekitar Rp. 375.000 an , kalo ber 5 yah sekitar  Rp. 475.000 an deh total semuanya. ...Yaolohhh....disini kok mahal2 yah kalo masuk tempat wisata. hehehhee ( prinsip #mami pelit selalu alwasy and forever.. lama2 bisa ga berlaku nihh ) Yahhh oke lahhh,  daripada panas2 begini suruh naek gunung jalan kaki? Ogah ahh.....mending kita duduk duduk cantik di dalem cable car aja dah....Ini aja ditawarin mau beli tiketnya yang ada asuransi gak...gua langsung jawab : kagakkkk! hahahahaha
Wuihhh, padahal mahhh jiper juga nih naek cable car. Pertama, dari cara naeknya aja udah bikin sentress. Pegimana kagak sentress, itu cable carnya kecil pisan euy. Terus naeknya sambil lari2 uber gondolanya yang kagak pake berenti...Huahhhhh...emang orang China ini pada crazy! Sen cin ping! hahahhaa....Kalo lambat2, diomelin loh sama penjaganya. Dibentak gitu, supaya orang pada cepet2 naek jangan sampe ketinggalan. Yaolohhhh....kita yang liatin orang2 yang naek sebelum kita jadi ikutan panik. Gua udah atur strategi sama Alvin dan Miko, siapa yang duluan naek, berikutnya siapa, dan yang terakhir siapa. Haiayaaaaa...emang serem juga sih yahh gondolanya tinggi banget lohhh sampe ke atas sono...
Finally......we did it! Begitu udah diatas gondola, baru deh kita ketawa2 gila.....dan asik berfoto2 ria....

Nihhh gondolanya kecil banget kannn.....Kalo bertiga sama anak2 sih lumayan dempet2an...

Udah diatas, yang tadinya perasaan galau, waswas, takut, deg2an...langsung ilang seketika dehh...viewnya cakep banget dari atas sini :
Semakin ke atas yah semakin cakep...semua keliatan..termasuk danau yang tadi kita lewatin di jalan...
Dan gua sih cita2nya cuman satu...seandainya gua ada di dalem gondola biru itu, dan difotoin dari arah sini sambil bergaya dadah dadah atau gaya cherry belle ( gak mungkin gaya loncat tohh?! )....pasti kerennn banget yakk! Prettt! hahahaaa... Gimana menurut kalian? Kerennn yahhh! Sayang ajah...gak mungkin lah foto begitu, harus niat banget ini sih....hik hik hiks ( teuteup merasa menyesal, kenapa udah sampe sini gak bisa terwujud juga mimpi gua ini....! )
Oh iya, sebelom berpisah di bawah tadi kan kita udah janjian sama si Papi kalo kita bakal ketemuan di tempat turun cable car, jadi setelah turun dari cable car itu kita muter2 seputar sini aja supaya jangan terpisah, bisa reypot urusannya. Gua pikir kan yang jalan kaki lebih lama donggg daripada yang naek cable car....
Supaya gak nyasar, disimak dulu petanya....untung aja masih ada bahasa Inggrisnya nih...
Terusss, apa kabarnya nih yang jalan kaki yahh? Oh iya, sebenernya, ini ide yang brilian juga untuk kita berpisah ambil jalan masing2....Dengan begitu, kita jadi punya koleksi foto lengkap dari dua sisi...Caelahhhh....siapa dulu donggg...Mamie funky gitu loh! Coba kalo gua gak nekad, gak mandiri, takut2 gak bisa jalan sendiri, pasti udah ikut2an si Papi  jalan kaki deh tuh...Kalo dengan berpisah gini kan, jadi komplit deh informasinya....( biarin deh postingannya tambah panjanggg....wakakakak).

Nahhh, jadi beginilah jalurnya si Papi & Cefu yang berjalan kaki ke atas .....tentunya ketemu tangga dong yahh....
Dan tangga lagi....wewwww....dan terlihat curam pula tangganya. Gua langsung merasa bersyukur udah ambil keputusan yang tepat : naek cable car aja walopun maharani pitaloka alias mahal pisan euy.. hahahha
Baru naek sedikit aja, udah nemu pemandangan cakep ke arah bawah sana....
Jalannya masih nanjak terus tuhh ( yaeyahh lahh namanya naek gunung atuhh nanjak lah arahnya )....ihhhh, mana panas terik banget keliatannya....nehi nehi deh kalo ekeh disuruh jalan kaki...wakakakka sombong bangets! Coba aja kalo gak ada cable car, sepertinya sih bakal dijabanin juga ..ngesot ngesot dah!
Ketemu pohon ini yang sepertinya sih ada cerita sejarahnya nih.....sampe orang banyak berkerubung disini...Kalo gak salah ini pohon pine gitu deh...bagus yahh

Pokoknya, bagi yang berjalan kaki juga gak bakal nyesel dehh....bakal ketemu lebih banyak view cakep2 disepanjang jalan ke atas ...kayak yang satu ini :
Terus satu lagi yang ini juga cakeppp :
Wahhh, untung cuacanya mendukung banget nih hari ini...kita beruntung bisa dapetin langit biru....Tampak di kejauhan sana tempat parkir tadi ...wihhhhh jauhh kannnn! Gemporrr dahh kaki...
Nahh, terus sebenernya ada apahan sih di atas sini ? Yahh gak ada apa-apa sihh.....Jiahhhhhh...capeee dehh, masa udah jalan cape2 terus kagak ada apa2? hihihihi...yah setau gua sihh cuman ada pemandangan cakepp, pohon ijo2 dan langit biru....teruss, di sebelah sana kuil....di sebelah sini juga kuil.....gitu doang sih! hahahhaa
Yupp, di tempat ini dibangun banyak kuil nihh...kalo liat di petanya tuhh banyak deh nama2nya...puyeng juga...hahaha,,,( tiba2 dapet ide mau jadiin ini sebagai pertanyaan quiz giveaway nanti nihh...#clue ...)

Bentuk templenya unik2 juga....

Yang ini kalo gak salah adalah kuil tempat ajaran agama Tao....
Nahhh, ada kuil yang cetarrr dan ngehits banget nihh disini...Dimanaa? dimanaa? Ituuu tuhh di tebing sana ( tanda panah merahh ). Wowww.....kok bisa nemplok disitu yah? Ck ck ck...
Nihhh begitu di zoom baru dahhh lebih cetarrr lagii bo! Kerennnn kannnn! Ini namanya Sister in Law Cliff. Jangan tanya gimana cara bikinnya yeee....gua aja belom kepikir nih, gimana cara angkut kayu2nya tuh ke gunung gitu? ck ck ck lagi lahh
Dan ceritanya.....kita berempat berkumpul bersama lagi disini....setelah sekitar 1 jam kucing2an di tengah hutan belantara di atas gunung ini. Jadi tadi tuh ceritanya setelah keluar dari tempat cable car, kita berselisih jalan. Gua mah nunggu di perempatan yang tadi ada foto petunjuk jalan itu, sementara si Papi tembus2 jalannya dari arah atas. Ternyata banyak jalan menuju Roma...eh menuju kesini...Untunglah gua punya feeling harus balik lagi ke tempat cable car, jadi ketemu deh. Kalo kagak mah, bener2 runyam urusannya maen cari carian di utan begini gak kelar2 dah seharian. Tadi sih sempet tereak2 di atas sini manggil2 si Papi, sekalian ngetes gema di atas gunung ini ikutan orang2 yang pada tereak, tapi gak ada yang jawab2. hihihii...siapa juga yang denger yah? Ada hp juga gua kagak baca SMS dan kagak kedengeran ada yang misscall....halahhh
Abis itu kita ke temple yang paling tinggi nih , namanya Chao Hall ....ditandai dengan seratusan anak tangga yang membentuk sudut sekitar 45 derajat ( lebih kayaknya, hampir tegak lurus perasaan....).....sampe berasa cape banget..di tengah jalan duduk dulu ahhh
Lanjutin naeknya ngerayap aja lahh....cape en pegell banget bo! Gak bisa cepet2...kecil2 anak tangganya...bisa keserimpet ntar jatoh terguling2 dehh...bahayaa! Faktor U ini sihhh...
Nahh tuhhh orang2 juga merayap juga naeknya (seneng ada temennya yang merayap...bukan cicak loh ya hehehe)....tampak dari samping nihh...
Tuhhh orang2 pada semangat banget mau naek sampe ke atas sini....biar pegel juga hayu aja dahh lewatin tangga itu. Padahal setelah itu baru tau ada jalan lain yang nembus ke bawah juga tapi bukan tangga curam begini. halahhhh makkk!
Sok mau bikin foto artistik ceritanya....bagus kan? Awas kalo geleng2!!
Aseli ini cape banget....sampe harus ngaso dulu ambil napas disini, sambil iseng liatin orang yang pada naek udah ngos2 an semua...
Di atas sini semuanya yah kuil2 gitu, dengan lampion2 dan pernak pernik sembahyangnya....disini ada yang namanya Sutra Mansion bla bla bla....( orang China mah paling pinter dah ngejual sejarah...gua kagak ngerti ini apaan , menurut gua kagak penting ..hahahha).
Nahh ke atas itu masih ada kuil lagi....ahh cape deh kalo harus cari tangga naek lagi mah...kita langsung turun jalan balik aja deh.
So, jalan balik ke parkiran pun kita berpisah lagi. Kali ini si Alvin kepengen jalan kaki, jadi gua sama Miko yang naek cable car. Oh iya, padahal tiket cable carnya bisa dijual lohh kalo ada yang mau, malah bisa berharga lebih mahal, karena kan logikanya orang mau turun cepat karena udah cape.  Cuman gua gak jual tuh...entah kenapa waktu itu galau antara mau turun jalan kaki atau naek cable car aja. Trus tiba2 berasa cape banget yah putusin naek cable car aja, trus udah harus berpisah sama si Cefu, gua sendiri mah gak bisa ngomongnya tuhh harus jual tiket itu. Jiahhh.....lagi2 masalah bahasa! Payah deh ahh

Yang jalan kaki so pasti ketemu pemandangan yang cakep2 lagi deh...
Ini view ke arah Chao Hall secara utuh....
Nahhh tadi tuh di atas kita udah liat ada lagi temple yang nyempil di bukit itu ( tanda anak panah merah ). ck ck ck...pegimana jalannya tuh mau kesana?

Ohh tenang ajah, ternyata ada jalurnya kok buat menuju kesana, tinggal ikutin aja petunjuk jalannya. "Makanya kalo mau mampir kesini harus ikutin jalur yang jalan kaki. Kalo naek cable car, mana bisa kesini?" Gitu kata si Papi...gua sih cuma manggut manggut aja....terserah deh, orang udah capeee! hehehee

 Kalo gak salah ini namanya Living Palace ...deket2 sama kuil yang ngegantung di tebing tadi itu...( Sister in law Cliff ).
Nihh setelah dizoom baru keliatan lebih jelas kann...

Setelah nyampe sono, yahh kuil lagi dehh.....( emang disini kompleks perkuilan sihh yahh...)
Nah yang tinggal disini yah para pendeta Tao itu, yang bajunya punya ciri khas seperti di gambar ini dengan hidup kesehariannya yah kayak gitu.


Kalo dari arah palace ini viewnya kearah temple2 yang di atas tadi itu...
Sedangkan yang naek cable car ( gua dan Miko ) punya foto lain lagi nih....wahhh perasaan lebih serem lagi nih jalan turun nya....perasaan lebih curam gitu deh, soalnya kita duduknya ngadep ke depan dengan kemiringan berapa derajat tuh yaaa? kagak bawa penggaris busur sihh...( mulai jayus dehh...efek kena angin kenceng nihh hahahhaa). Langsung keliatan tuh tempat parkiran mobil nun jauh disana...
Nahh kalo agak landai begini kan gak begitu ngeri yah....tentunya dengan view beda lagi....tebing2 karang bo!
Ahhhh, akhirnya nyampe juga kita dibawah....balik ke tempat parkiran. Eh ketemu view cakep lagi tuh kuil2 di belakang sana....dengan ciri khas pohon pine nya itu...
Dan yang jalan kaki juga punya pemandangan ke kuil yang sama tapi dari arah samping...karena jalan pulangnya deket kuil ini..
Dan ini foto terakhir...janji dehh...ini foto terakhir di postingan ini....stoknya abiss!hahahhaa...

Dan akhirnya kita nyampe bawah sini dalam kondisi kelaparan berat, sementara harus cepet2 pergi uber waktu mau ke tempat yang satunya lagi. Jadi kita beli bapao aja tuh di toko yang ada di sebelah kanan di bawah kuil itu. Hmm..rasa bapaonya anehh, soalnya isinya campur aduk sayur2an segala macem. Lupa difoto euy. Jiahhh....terpaksa makan segigit dua gigit doang, setelah itu malah beli eskrim aja dah saking kepanasan disini. Bener2 hawanya panas...gak seadem kemaren waktu hujan. Siggghh....( elap keringet ).

Gimanaaa gimanaa? bagus gak tempat ini? Bagusssssss ! (gaya pak Tino Sidin). Hayooo lah pada dateng kesini....( kok jadi gua yang promosi nihh?! ). Dijamin kagak nyesel! Yah kalo nyesel sih itu salah sendiri, kenapa nyesel! Ihhh apahan sih nihh....Udah mulai ngaco....mulai lieur2 kebanyakan pilih foto hahahhaa...udah dulu yakkk....nanti sambung lagi... babayyy!

36 comments:

  1. wuiii asli itu cable car nya serem amat ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih serem mah naek dan turun gondolanya Man...lari2 gitu...weww

      Delete
  2. pemandangan nya emang asli seger banget di mata ya mbak..

    ReplyDelete
  3. Cable Car-nya jadul gitu ya, macem yang di TMII hihi...
    Tapi view-nya cakeeeep!!! Wah Datong ini berarti must visit banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ngel, jadul dan lumayan serem sihh yah...
      COba deh mulai browsing2 ttg Datong...lama2 pasti kepengen kesana

      Delete
  4. jalan-jalan ke blognya TK, ampir setiap blog ada komen dari mamie funky.. iseng-iseng liat, blognya asik! :) my dream future, udah nikah dan punya anak tetep ngeblog..hehe cool momma :) salam kenal yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga ranie....tengkyu dah mampir kesini yah

      Delete
  5. pemandangan yang indah dan asri... masih terawat dengan baik ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bro...asri banget view nya...bayar tiketnya mahal pasti buat biaya perawatannya..gak dikorup..hehehe sotoy.com

      Delete
  6. Pendeta Tao-nya penampilannya persis kayak yg di cerita-cerita silat gitu ya, terutama topinya tuh, huahahaha :P .

    Btw, pemandangannya memang kelihatannya oke banget ya :) .

    Wuah, kalau jalan kaki berapa lama tuh dari bawah sampai atas (dan sebaliknya)? Dulu di Innsbruck buat naik gunungnya bisa jalan kaki (bukan jalan kaki sih, lebih tepat disebut hiking sepertinya); tapi kalau jalan kaki sekali jalan 4 jam dong. Jadi mending naik cable car aja, mana gratisan soalnya termauk dalam paket Innsbruck Card, huahaha :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bajunya ciri khas banget ya ko...
      Jalan kakinya paling setengah jam aja kok...karena udah ada jalan setapak yg disemen gitu plus tangga tangga rapi...gak model hiking...jadi sebenernya kalo mau irit bisa banget tuh

      Delete
  7. wuihhh puas dah liat foto2nyaa..

    cakep banget yah ci..

    itu kaki gak nyut2an ngerayap naekin tangga yang banyak banget, udah gitu berliku-liku gak sih ci? aku ngeliatnya udah cape sendiri..ahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kaki mah udah ngalahin betis tukang becak the...wakakkaka...cuman kagak ada yang sudi gotong gua nih...terpaksa dehh ngesott...untung aja ada cable car..

      Delete
  8. Bagus banget kuilnya. Terutama yang nyempil di tebing. Cuman rasanya sulit menuju kuil itu kalo ga bisa bahasanya. Tanya2 orang juga terkendala bahasa. Emang harus belajar bahasa mandarin nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah do. yang nyempil itu yang bikin unik...tapi masih untung loh petunjuk2 jalan udah pake bahasa inggris...ketolong lah gak buta sama sekali...hehhee

      Delete
  9. komen pertama: fotonya banyak banget euy! hahaha
    komen kedua: wuihh... liat tangganya aja uda capek duluan. untung si mami pinter milih naek cable car. hahaha.. tapi cable carnya agak serem ya..
    btw, pemandangannnya keren!! disana kuil disini kuil.. *kok kayak lagu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh banyak yaa fotonya...#pura2 gak tau
      Untung ada cable car sihh...klo gak kaki bisa gempor lin...

      Delete
  10. Hi mamie salam kenal yah udah sering baca blognya tp baru sempet komen *maafkan. Bagus2 banget fotonya, viewnya keren2, cakep ya Datong ini, jadi pengen kesana hahaha...

    .Rere

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu yah rere ...dah mampir kesini. iyahhh hayoo lah pesen tiket ke Datong...bagus2 lohh disana

      Delete
  11. pemandangannya beneran kayak di pelem silat tuh.. lain kali kalo kesana bawa kostum pendekar trus poto2, hahhaaa...

    ngeri ya cable car-nya tapi kalo udah disana sih gw pasti ga peduli.. hajar aja hahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan Xiao, gua ditawarin tiket nya yang pake asuransi tuhhh...pas udah di depan mata emang mengerikan cable carnya....hahhahhaa, tapi begitu udah di atas liat view yang cakep gituu, jadi lupaa semua dahhh...hahahha

      Delete
  12. halo salam kenal, belakangan ini sering baca blognya abis elo suka travelling seru deh.

    iya bagus banget pemandangannya, gua juga sama pasti foto yang banyak sekali mumpung udah sampe dan jauh kan? tulisan elo juga bagus, lucu, menghibur di tengah malam kalo lagi blogwalking, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheehhe..tengkyu selvi...dah mampir kesini...sering2 aja atuhh....

      Delete
  13. woooooow asik banget jalan-jalannya, berasa masuk film kungfu. itu gimana caranya kalo mau ke kuil yang di sister in-law cliff? serem banget kayaknya...
    kunjungan perdana ke sini cici. salam kenal yah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada track nya kok drey klo mau kesitu...cuman kita kurang rajin ajaa males jalan kesono...hehehe
      Tengkyu yah dah mampir kesini...lam kenal juga

      Delete
  14. pemandangannya keren banget...

    ReplyDelete
  15. itu patung keren amat
    masa naek kuda ngadep buntut
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya yahh...mas rawin perhatiin banget...gak nyadar..hehehe

      Delete
  16. OMG.. pemandangannya keren bangeeeeeeeeeeeeeeet.. huaaaaa..
    Aku sih kayaknya ga akan berani naik gondolanya mba.. bisa beser di atas. Tapi pemandangannya itu loooh.. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh jiper juga sebenernya be...tapi diniatin demi pemandangan indahh..hehehe

      Delete
  17. aku suka banget naik cable car atau kereta gantung gitu2...
    tapi yg ini kok kayaknya serem banget... kayak ga stabil gitu cable carnya...
    terbuka gitu lagi... :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja van....ada asuransinya kok..hahahaha...iyahh sihh seremm, tapi klo udah liat viewnya, seremnya ilang tuh

      Delete
  18. Bru beres baca,pgn JD anak Mamie biar traveling teros😀

    ReplyDelete