Monday, September 23, 2013

HOHHOT , INNER MONGOLIA

Well....setelah dari Datong itu, karena nanggung udah nyampe di China bagian utara, kita lanjutin dikit lagi dengan kereta, nyampe deh di kota yang bernama Hohhot. Iyahh benerrr, tulisannya emang Hohhot, kagak salah tulis kok. Gua aja baru sekarang tau ada kota namanya begitu. Wewww....si mamie emang cemen dah, kagak tau mulu...( gituu kata si Papi...). Yah maklum ajah dah, gua mah taunya centong sama ulekan..... kalo hot mah ngulek cabe yah bakal jadi hot tuhh...Ahhh, abaikan!

Jadiii, Hohhot itu adalah ibukotanya provinsi Inner Mongolia, dalam bahasa Mandarin disebutkan sebagai : Hu He Hao Te yang artinya kota biru. Provinsi Inner Mongolia berarti  provinsi yang berbatasan langsung dengan Mongolia dan Rusia. Jaraknya sekitar 360 km dari Datong..berarti sekitar 690 km dari Beijing. Busettt, tour mamie funky emang bukan tour biasa, harus "sesuatu" kalo kata Syahrini mah, jadi kagak nanggung2, dijabanin terus deh tanpa tidur tanpa lelah pokoknya dalam waktu yang cuman 3 hari kita udah harus nyampe di tempat2 wisata Datong dan Hohhot. Untung aja badannya pada kuat2 nihh..kita kagak ada yang sakit. Thanks God! Nahh , kira2 begini lah peta trip kita dari Beijing - Datong - Hohhot :

Gambar diambil dari chinatoday.com
Tiket kereta apinya dari Datong ke Hohhot sekitar RMB 43,5 ( Rp. 72.800 ) untuk yang seatnya duduk ( seperti di spoiler postingan sebelumnya ). Kita beli yang duduk aja, karena kan perjalanannya masih sore dan tidak begitu lama. Di kereta kita masih bisa menikmati pemandangan yang indah sepanjang perjalanan.

Perjalanannya makan waktu sekitar 3,5 jam dan akhirnya nyampe di stasiun Hohhot sekitar jam 8.30 an malam. Di stasiun udah mulai terlihat keunikan kota ini yaitu dari tulisannya yang menganut bilingual yaitu yang satu tulisan kanji Mandarin dan satunya lagi tulisan dalam huruf Mongolia.
Di taxi nya juga tertera dual bahasa penulisan ( gak penting....sekilas inpoh doang! ) . Tapi lucu juga nih daerah yah, kenapa jadi galau gini sih bahasanya? Mau China atau mau Mongol sih? hahahha
Kita naek taxi sebentar aja udah nyampe di Hotel Baili Holiday.... Oh iya, bayar taxi cuman RMB 15 ( Rp.25.000 ), berarti jaraknya deket dari stasiun dan hotelnya ada di tengah kota. Hotelnya udah dipesen online dengan rate sekitar RMB 150 ( Rp.250.000 ) dan beginilah bentuk kamarnya... lumayan banget lah cuma untuk melepas lelah semalem aja
Begitu nyampe kamar ada wifi dan iseng2 online, udah seminggu kagak eksis rasanya gimanaaa gitu ( beuhh sapa lo sihh?! hihihii). Gua coba2 deh update status di medsoc....ehhh anehh, dari kemarin di Beijing kan emang semua medsoc diblock tohh yahh, lhaa disini kok bisa nihh?  hahhaaa..langsung norak deh update statusnya juga....Tapi sih, setelah gua search lagi status gua ini hilang di FB gak nongol..aneh lahh pokoknya. Kalo di Path beneran muncul. Nahh, jadi kalo ada yang kesini masih teteup mau eksis, yah pake Path ajaa tuhh...( bocoran dikit...hahaha..sok banget deh, padahal mungkin cuman kebetulan aja. ).

Begitu buka jendela, ketemu deh view ke arah kota Hohhot....hmmm, gua agak underestimate nih tentang Hohhot, gua pikir bakal ke kampung atau kota yang sepi ala kota2 di Indo gitu, ehh alahhh taunya disini tuhh kan emang ibukota provinsi, yah jelas2 aja ini merupakan kota yang udah modern dan rame. Gedung2nya juga banyak yang megah dan jalan raya lebar2. Makanya jangan suka judge the city by it's name yahh! ( itu sih gua doang ....)
Udah di hotel, baru inget kita kan belom makan siang dari sejak terakhir di kereta makan popmie itu.....wewww, akhirnya jam 9 an keluar lagi mau cari makan. Eh ketemu satu resto namanya Yonghe dan baru sekarang kita nemu makanan yang enakkkkkk dan cocok di lidah. Lucunya lagi, gua pesen yang namanya Yinnichaofan....taunya itu tuh nasi goreng ikan asin. Beuhhhh.....jauh2 sampe ke Inner Mongolia, ketemunya nasi goreng ikan asin. Hahahha....tapi rasanya enakkkk!
Tepat di perempatan jalan yang mau kita seberangi waktu jalan balik ke hotel, ada satu mall yang namanya City Mall dan keliatan "wahh" banget dengan lampu2nya yang berbentuk batang2 pohon dan bisa berganti2 warna. Keren dahhh! Oh iya, waktu kita jalan kaki ini terasa hawanya lumayan dingin seperti di Datong kemarin. Apa cuman malem harinya aja nih ya?
Besok paginya, buka jendela baru deh keliatan lebih jelas bentuk2 bangunannya....rapi yah kotanya...
Pagi ini kita langsung cek out dan berhubung gak dapet sarapan di hotel, jadi si Papi dan si Cefu keliling sekitar hotel dan nemuin tukang roti. Cumannn, jangan bayangin roti model Breadtalk atau Breadlife deh yahh...ini roti ekonomis yang dijual dipinggir jalan aja.  Rasanya xoxo lahhh, cuman buat ganjel perut sementara aja. Dan satu lagi ada yang jualan telor yang direndam dengan kuah warna coklat, jangan2 ini telor kecap kali yah ( nebakk doang ). Gua gak tau rasanya, soalnya gak makan telor ini.
Sekilas info, kita punya waktu di Hohhot ini cuman setengah hari aja ( sampe jam 3 sore ), karena kita udah pesen tiket kereta online untuk balik ke Beijing. Hadeuhh, bener2 waktunya mepet banget dahh. Dan sebenernya di Hohhot ini ada beberapa tempat wisata yang bagus2 untuk dikunjungin, tapi karena keterbatasan waktu, kita cuman bisa pilih satu tempat aja dan itu adalah : XILAMUREN GRASSLAND.

Jaraknya dari kota sekitar 100 kilometer...busettt, harus sewa pembalap ini sih biar cepet nyampe. Semalem sih kita udah dapet mobil ( sejenis minivan ) untuk pergi ke tempat itu, Sewa mobilnya RMB 600 ( Rp.1 jeti bokk! ). Huahhh, gua mau pingsan bentar....ini mah bukan maharani pitaloka lagiii. Super mehong bow! Yah yah yahh, gua tau, jaraknya emang jauh...jadi mau kagak mau yah harus rela bayarnya ( meringis dah keluarin remingpi dari dompet..). Daripada disuruh naek kuda? hahahaa....

Okeh...kita udah di mobil dan dalam perjalanan ke Xilamuren yang sekitar 2 jam an ( berangkat jam 7 pagi ), dan gua gak bisa tidur lah. Kenapa? Rugiiii kalo tidur2 mah, mending di rumah aja yeee....hehehhe. Masalahnya, pemandangannya cakeppppp benerr sodara!
Trus lewatin satu kota kecil yang cantik banget di sepanjang jalan raya yang lebar2 itu dibarisin ribuan pot2 bunga yang kecil2....hmmm, perasaan di Ace Hardware pot bunga kecil begini aja mahal banget, apalagi ini berjejer ribuan biji, berapa duitt tuh yaa totalnya?

Oh iya, dari namanya aja udah jelas kannn....kita mau ke padang rumput. Dan di sepanjang jalan menuju kesana udah disuguhin yang ijo2 terus...bener2 seger dahh! ck ck ck....ga berenti2 lidah berdecak, liat pemandangan sepanjang jalan menuju Xilamuren grassland yang biutipul...
Udah liat yang ijo2, eh ada yang kuning2 juga. Apahan tuh? Oh em ji...gua langsung ngejerit histeris : "STOPPPP!" ( ngejerit dalem ati doang sihh )...terus bisik2 sama si Cefu, minta tolong sopirnya berenti sebentar disini. Yessss! cita-cita gua buat foto di sunflower garden bakal kesampean nihh....Gilaaa...gilaaa, gua udah menggila ngeliat bunga matahari dimana2....Oh Goddddd....dis is peri peri biutipul! bunga mataharinya lohh yaaahh...( orangnya mah abaikan ajaaahhh! hihihihi).
Kagak tahannnn...gua harus foto yang banyak dimarii....kapan lagi ketemu bunga matahari segede gaban begini?
Madep kesini...madep kesana, semua bunga matahari yang ukurannya gede-gede sodara! Duhhh, kalo tanem di rumah gua bisa idup gak yaa? Ntar gua cobain tanem kuwaci biji matahari deh..kali-kali aja bisa numbuh bagus kayak gini. Trus, sayang banget nih anak2 pas tidur pula..jadi mereka gak bisa foto2 disini...haiyaaa, pegimana sihh, jalan2 malah pada ketiduran di mobil nihh....
Abis itu lanjutin perjalanan lagi dan mulai deh ketemu rombongan sapi....heran yah, mereka dilepasin aja di padang rumput begini, terus pulangnya kemana nihh? kagak keliatan kandangnya booo? Ke kiri rumput, ke kanan juga sama aja rumput semua..

Abis itu, ketemu juga rombongan domba......ihhh gua pengen turun disini, mau foto sama domba. Tapi kagak bisa....huhuhuhu, soalnya gak ada waktu berenti2, nanti bisa-bisa kita kagak sampe-sampe ke grassland tujuan sebenarnya...Abisnya, pemandangan sepanjang jalannya menggoda iman banci foto nihhh, pegimana dunk!


Kalo tadi sapi dan domba pada berombongan, kalo kuda maunya sendirian aja...lone ranger kalii! hihihii

Akhirnya ketemu deh petunjuk arah bahwa kita udah sampe di area Xilamuren Grassland....
Ada patung2 kuda yang menjadi ciri khas grassland...
Mulai ketemu deh sama bangunan berciri khas Mongolian....dalam size giant pula! Mungkin ini gedung perkantoran nih....
Setelah beberapa saat kita akan memasuki daerah Grassland Reminiscence Resort ...jalanannya sengaja dibiarkan alami berbatu2 dan kagak diaspal, malahan ada aliran sungai kecil yang harus kita lalui dengan mobil...
Akhirnyaaaa....setelah 2 jam perjalanan...sampe juga kita di daerah resort ini...

Dan ini harusnya sih hotelnya.....kita gak tanya2 soalnya kagak niat nginep sihh...hehehhee, Oh iya, ternyata di padang rumput begini hawanya dingin banget, begitu turun dari mobil ketiup angin langsung menggigil...untung aja kita bawa jaket, jadi pasukan berjaket deh disini.

Widihhhh, kalo berbaris begini keliatan bagus yahh...bangunan hotel yang berciri khas Mongolian....
Fasilitas disini tuhh ada persewaan kuda yang ternyata harganya bisa sekitar RMB 360 ( Rp. 600.000 ) untuk durasi 1/2 jam. Belom lagi yang mau ngider sampe 1 jam lebih bisa sampe RMB 600 ( Rp.1 juta ). Apahhhh? Busettt mahal banget yahhh. Gua langsung ngibrit jauh2 dahh, daripada tuh anak dua minta naek kuda. Bisa pulang ke Jakarta ngesot dah! ntar kalo mau naek kuda gua ajak ke Puncak aja, sepuluh ribu masih bisa ditawar kali....hahahhaa. Ihh gemes banget, kenapa mahal banget sihh disini? Untung aja gua gak hobi naek kuda...wewww. Lagipula disini saking banyak kudanya, aromanya bener2 kagak sedap! Bau kotoran kuda sangat menyengat hidung...hadeuhhh sayang banget deh!
Ada juga persewaan ATV, ini juga sami miwon lahh....sarua jeung keneh alias sama aja mahalnya ( bagi gua !! hehehhee). Untung aja boleh numpang mejeng nihh buat dokumentasi, kalo sampe dipungut bayaran juga bakal gua tebalikin deh! Emosi jiwa jadinya liat yang mahal2....wakakakak.
Lhaaa, terus mau ngapain dong disini? Anak2 udah mulai rewel ngomel2, main ini gak boleh, main itu gak boleh ( si mamie pelit deh ahhh...hehehhee)...yang ada kita tuh kalo bengong2 doang di tempat terbuka gini ketiup angin dingin banget booo...sampe akhirnya malah merapat ke tempat pembakaran sampah supaya anget...bahhhh! Kagak keren benerr yaa? Padahal ini masuk musim panas, tapi udah sedingin begini anginnya. Pantes aja Jenghis Khan pengen menguasai wilayah lain yang lebih hangat dan nyaman kali yaa...Dan sekilas info, untuk itulah Great Wall of China didirikan yaitu untuk menahan serangan dari bangsa Mongolia, karena tembok besar Cina itu membelah sampe ke daerah Inner Mongolia ini loh...busetttt dahh yah, kita aja naek kereta sampe berjam2...apalagi itu ngebangun tembok besar begitu bisa makan waktu berapa taon jadinya ya? ck ck ck...
Nihh kita udah berjalan sejauh ini dari tempat keramaian tadi....dingin banget deh anginnya..
Akhirnya kita balik ke tempat2 persewaan itu dan pilih mainan yang murah2 aja lah...hihihi....yaitu panah2an...the archer...Tarifnya RMB 80 ( Rp. 134.000 ) untuk sekitar 20 anak panah. Sighh...ini juga menurut gua mahal bo..( Hadeuhhh si mami tehh, semua dibilang mahal... ). Anak2 udah pada manyun aja...Eh tapi kan akhirnya dikasih juga tohh...Yahh namanya juga anak2, busurnya aja lebih gede dari badannya, manahnya kagak ada yang bener dehh....Kata Miko kan : YOLO miii...YOLO! Yang penting cobain deh yaa Mik..biar gak norak....hihihii
Nahhh, anak2 gua beruntung banget dong, umur segini udah pada pernah main panah. Lhaaa gua? Setua ini baru sekali ini pegang busur panah....kerennn kann! hahahaha...
Giliran gua yang manah nihh...boro2 sampe ke targetnya, itu anak panahnya tiba2 berenti di tengah jalan...mogok ( maksudnya jatoh ). hahahha. Payah deh ahh...pegimana mau jadi pemanah handal nih kayak si Yoko?
Eh untung juga nihh, karena sepi gak ada yang main, dengan sekali bayar, kita berempat boleh main lohh.. Asik kannn! Jadi semua bisa cobain dehh...
Selain kuda, ada persewaan kereta kuda juga nih...ahhh, udah gak niat tanya2 deh..pasti mahal! ( udah pesimis duluan ). Mending jalan kaki aja, lebih sehat ( alias terpaksa bo! ).hehehe. Ohh ternyata, disini tuh justru musim panas seperti ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencari penghasilan dari tempat ini, karena selebihnya sepanjang tahun itu udaranya begitu dingin, sehingga tidak memungkinkan untuk menjual fasilitas disini. Ohhhh gituuu tohhh, pantes ajaaa eperiting peri-peri ekpensip!
Ihh ketemu lagi sama rombongan domba nihh...beda sama yang tadi di jalanan itu....Tapi sayang, mereka ada di lahan yang berpagar dan kagak bisa dideketin....huahhh...ilang lagi kesempatan berfoto bareng mereka nih..
Terus sejauh mata memandang dari arah resort, kita bakal melihat "sesuatu" di atas bukit sana...Penasaran donggg, akhirnya kita samperin aja dehh..tentunya dengan naik mobil sewaan kita itu, gak perlu naik kuda...
Setelah didekati, ternyata beginilah bentuknya...setumpukan batu yang disebut Aobao dan ternyata ini adalah tempat pemujaan orang2 Mongolia pada jaman dahulu. 
Tapi ngomong2 dari tadi kok rumputnya pada botak begini yahh? Kagak seperti permadani ijo yang rumputnya rata macam di lapangan golf? huhuhu, mungkin gara2 musim panas nihh..jadi rumputnya sebagian kering....ahhh jadi kurang oceh yahh? Padahal browsing di internet mah foto2nya bikin ngilerr banget dehh! Apa gua salah lokasi yaa?
Disini ada juga kuda yang sepertinya tidak bertuan...eh tapiii begitu gua jadiin background foto, entah darimana ( ini kan padang rumput yang luas, kagak keliatan orang gituuu ), tiba2 dateng deh yang punya...beuhhh, masalah buat lo ya? hihihihi.....masa foto bareng kuda juga kudu dipungut bayarin nihh?! ( mulai gulung lengan baju....hahahha).
Dan ketika kita lagi asik berpose ria disini, yang ini sih kagak pake tiba2, udah keliatan seorang A'ih2 (Oma2) dateng menghampiri kita dengan naik motor dan ngajak ngomong nyerocos aja, padahal gua kan kagak ngerti. Jadi mau ngapain itu si A'ih tehh? Ohhh hohohohoo....ternyata dia menawarkan persewaan baju khas Mongol berikut sama si domba kecilnya itu... Ahaaaaa! Cita-cita gua bakal tercapai lagii dehhh...Serahin semua urusan tawar menawar sama si Cefu dan akhirnya sepakat harganya sekitar RMB 10 untuk masing2 ( baju dan domba total RMB 20 atau Rp. 33.500 ). Dah gak usah mikir...langsung hajar ajahhh....bungkuss dah! eh maksudnya, yaudah dandanin saya dehh!
Dan akhirnya , perkenalkan : inilah dia puteri Mongol yang tidak pernah dikenal....dengan sepatu pinknya...hahaahaa ( lupa di crop )
Kagak pantes banget yaa? Bodo amattt! Yang penting gua peluk si domba imut ituu....untung aja dia wangi kagak bau....bersih pula....ahhhhhh.....lucunyaaa ( dombanya? atau putri Mongolnya? prettt! ).
Akhirnya semua berebutan mau foto juga sama si domba...dan si Papi dengan kostum (pesuruh) Jenghis Khan...hehehehe....gak tahan deh sendal jepitnya matching juga boo!
Akhirnya kita berhasil menemukan anggota keluarga kita yang hilang selama ini...hik hiks...ehh? Salahhhh...salahhh...bukan ding...ini sodaranya si Nonoy kata si Miko mah..Untung aja dia gak maksa bawa pulang. Bisa repot nih nawarnya...hihihiihi
Dan saking asiknya kita foto2, kagak nyadar kalo di sekitaran kita itu banyak terdapat benda yang tidak seharusnya ada disini...wewwww! Untung aja kagak keinjek...bisa2 jadi oleh2 tuhh....yeaayyyy! Tapi namanya aja disini banyak kuda, yang buang hajat sembarangan...mau pegimana lagi dunk? Jadi jalannya harus hati-hati dehhh..
Emak dan anaknya in action :
Retro style ....hmmm, kayak foto prewed yaa? hahahha, maksudnya, bagus juga disini jadi lokasi foto outdoor prewed...( pake kostum cowboy gituu kali yahh...cetarrr dahh! ).
Dan ternyata disini ada juga semacam camp tentara gitu....
Huhh, yang gua heran, masih banyak aja yah orang yang naek kuda? Kan mehong banget...apa duit mereka kagak berseri yaa? sirik aja...orang sirik cuman bisa foto kayak begini doang....hahahha
Nahhh, ini baru putri Mongol aseli...mereka tau aja kita candid nihh... gayanya oceee maricehh!
Akhirnya udah bosen disini, kita langsung balik ke kota Hohhot dehh...nahh ini dia mobil yang kita sewa, minivan yang di depan itu...hmm, masih mikir, mahal amat sihh sewa mobilnya...huhuhu, kagak bisa lebih murah apah yaa! Mentang2 kagak bisa ngomong Mongol...coba kalo diajak ngomong Mongol, dapet diskon lah kali sedikitt....hihiiihi

Dan pas perjalanan pulang, kita berenti lagi di sunflower garden yang lebih luasss....cetarrr banget kann?
Karena anak2 kan tadi belom foto disini karena tidur, jadi mereka kepengen juga foto di sunflower garden ini. Tapi sayang, menjelang sore begini, bunga mataharinya udah pada merunduk layu...cape kalii ! hahahha. Yah namanya aja bunga matahari...dia akan tegak berbunga mekar saat menghadap matahari...kirain gua selama ini cuman mengada2 aja, ternyata beneran begitu mataharinya membelakangi mereka, bunga2 ini akan merunduk layu tidak seperti saat pagi hari tadi gua foto sebelumnya...
Terus, sepanjang perjalanan tadi tuhh kita heran pada kemana sih penduduk aseli sini? Dimana mereka tinggal? Dari tadi kan ketemunya padang rumput melulu. Nahh beginilah sekilas perkampungan mereka yang sempet di candid...bentuk rumahnya kebanyakan pake batu bata yang ditumpuk2 gituu...
Ditengah perjalanan si supir sempet berenti di tempat yang jual madu dan serbuk sari bunga matahari nih...Gua gak berani turun, karena disitu banyak lebahnya. Yang di kotak2 itu tempat lebah semua...
Akhirnya kita nyampe di Hohhot East Railway Station on time..Untung aja disini jalanannya kagak pake macet. Oh iya, ini stasiun yang berbeda dengan saat kedatangan kemaren malem. Yang ini terlihat lebih modern dan megah...keliatannya sih baru selesai dibangun....
Dalemnya luas banget kayak airport di kota2 kecil....dengan penjual souvenir dan baju2 ciri khas Mongolia

Waktu keberangkatan telah tiba...dan beginilah suasana peron di Hohhot East Railway Station saat mau naik kereta ..
Herann nihh, kita selalu kebagian gerbong yang jauhhh banget deh jalannya. Tapi kali ini kita lebih santai kagak pake berebut. Karena, tujuan kita kali ini kan balik ke Beijing dengan lama perjalanan sekitar 7 jam aja...Ajaaaa? Busetttt dahhh
Tapi 7 jam bukan masalah lagi sekarang...karena kita dapet tiket dengan soft sleeper, yaitu gerbong dengan kamar tidur. Yippiii....Lumayan kan, kita jadi bisa istirahat deh. Yah tentunya ada harga ada rupa, harga tiketnya  RMB 205 ( Rp. 343.000 ) untuk dewasa dan RMB 155 (Rp. 260.000 ) untuk anak2...Hihhh...meringis juga nihhh nyabut remingpinya.....satu jutaan buat naek kereta bo! Tapi puas juga lahhh...kamarnya bersihh...

Dan ini lorong depan kamar kita di dalem gerbong...kagak seperti lagi di dalem kereta yaa?
Dann kebayang gak sihhh....7 jam perjalanan kagak ngapa2in? Yang ada bawaannya laparr....kerjaannya jajan melulu..bentar2 nungguin pelayan yang dorong2 nawarin makanan..hehehe...lagi2 yang dibeli si popmie yahud ini...emang enak sihh rasanya! Nagih dehh
Udah kenyang makan popmie. tidur lagi...masih belom nyampe juga...halahhh! foto2 aja dulu....
Bangun tidur lapar lagii....hahahha, capee dehh yah. Jajan lagi....beli makan malem nih yang rasanya lumayan enak karena masih fresh from the oven. Terus cobain beli susu keju yang dibikin jadi kayak permen gitu....katanya sih ini oleh2 khas sini...
Nahhh anak yang kagak bisa diem model si Miko, jelas aja bosen bener di dalem kamar yang ukurannya cuman sekitar 2x2 meter doang..kerjaannya naik turun ranjang tingkat...norak juga nih anak! Belom pernah tidur di ranjang tingkat sihh....kalo gua kan udah pernah, jadi gak ikutan norak!hahahha
Wihhh, pemandangan diluar kereta juga gak kalah cakepnya sama yang di Xilamuren Grassland itu lohh...
Wele-wele...dengan penuh perjuangan ( padahal mah cuman tidur2an doang kerjanya ), kita nyampe juga di Beijing Railway Station....stasiun tertua di Beijing ini. Suasananya ruameee minta ampun, udah kayak pasar malem. Yang anehnya, banyak orang duduk-duduk atau baring-baring di halaman stasiun ini...lengkap dengan tas koper dan ransel mereka. Sepertinya sih mereka pada nunggu jadwal keberangkatan gitu...mungkin di dalem stasiun tidak diperbolehkan menginap kali..jadi mereka duduk-duduk aja di jalan2, di halaman, dimana-mana deh...
Ahhh Thanks God...yang penting perjalanan kita ke Datong dan Inner Mongolia udah diberkati, diberi cuaca yang bagus, dipertemukan dengan orang-orang yang baik, diberi hal-hal yang menjadi cita2 gua...foto di tempat2 yang gak umum...Yahh eyah lahh, kalo mau umum mah disitu tuhh...WC umum aja! Wakakakak.
Yah walopun badan cape, mata ngantuk, kaki mau copot, baju kotor berapa ransel tau.....what ever! Yang penting kita hepi dahhh! Selamat datang kembali di Beijing!

33 comments:

  1. yang di bunga matahari bagus bangettt cii.. padangnya juga cakep.. aduhh anak dombanya juga lucu ih.. hahahah..

    pas disana jarang makan apa gimana ci? tumben foto makanan dikit~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah the milihin fotonya, perasaan bagus semua...wakakkka...
      iyah nih, disana kita jarang makan...karena sibuk jalan dan foto2...yang ada popmie lagi popmie lagi dah

      Delete
  2. beberapa kali gw kebacanya HOT HOT hahhaa...
    itu nasi gorengnya kayak nasgor jawa...
    Pemandangannya bagus bangetttt... Sayang naik kuda dan mainannya mahal2 ya..
    Lucu banget itu tiba2 ada yg nawarin kostum buat foto..

    Dulu gw kepengen tuh naik kereta yg gerbong tidur.. yg dibayangin tentu aja euro train hahaa.. lama ga kesampean juga skg ngimpi china train aja deh ga pa-pa hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, awalnya juga gua nyebutnya hot hot mulu xiao..
      iyah disono mahal2..untung aja nyewa baju mongol itu murah meriah....
      gak nyampe europe...kereta ini juga lumayan lahhhh..hahhaa

      Delete
  3. itu sepatu ama sandalnya bisa matching gitu warna sama bajunya. hihihi...

    ReplyDelete
  4. Untung pas foto sama si sunflower kagak ada lebah yg nemplok yah ci? :D Liat domba2 di padang gitu serasa lagi dieropa gitu yah ci, cuman yah itu.. Rumputnya rada botak..haha :D Seruu petualangannyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah py...si lebah tau aja mana yang lebih maniss...( jelas bunganya lahh! hehehe). Iyah nihh agak kuciwa gara2 si rumput botak

      Delete
  5. Foto yg di sunflower bagusss banget ci. Yg pake kostum mongol jg lucu2 hehehe

    ReplyDelete
  6. Ahahaha seru...
    Itu aku kira hurup mongol itu hurup Arab dibikin vertikal -__-
    Kocak banget sih Miko YOLO YOLO, you only live once kan ya Miiii
    kupinjem ah, kalo pengen apa2 ama ibukku bilang YOLO YOLO :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. huruf Mongol emang agak aneh...kayak cacing na...hahahha
      iyah, inget YOLO terus dehh!

      Delete
  7. Sunflower garden yang kedua keren banget ya, GEDEE gitu! Kalau datangnya pas pagi pas bunga-bunganya tegak pasti keren abis ya :D .

    Dan itu pemandangannya kereen! Padang rumput gitu ala Mongolia (kan beda sama yang standar pemandangan China :D), kayak di film2 gitu kan, nyahaha....

    Btw, keretanya oke juga ya. Dan gak mahal lah harganya, kan 7 jam gitu dan itu dapat kasur segala, hehehe :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hik hiks yang pertama itu salah tempat berenti di sunflower gardennya, gara2 udah histeris...hahaha, jadinya dapet yang gardennya gak luas...cape dehh...
      iyahh ko...ini beda daripada pemandangan standar china yang kuil-kuil melulu itu...
      keretanya bagus juga sihh...lumayan lah kalo dapet yang soft sleeper, itung2 biaya hotel...hehhee

      Delete
  8. Wah .. Mahal ya Mongolia. Tapi emang bagus sih. Padahal itu jalan sendiri. Beruntung banget mamie ada saudara yang bisa menjadi guide juga. Coba kalau jalan sendiri pasti kebingungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya do, masih untung itu bawa penterjemah...coba kalo ngomong sendiri belepotan, pasti dikasih harga turis...hahahha

      Delete
  9. wihhh gile kotanya rapih sekaliiiii, udah kayak lego yg disusun ya, semua kotak2 dan bersih!
    kereta n stasiunnya aja bersih banget, pdhal bayangan gw kota di cina kecuali kota gedenya bakalan jorok n kumuh. Padang rumput dan dombanya impian gw banget! pengen juga deh foto sama si domba cantik putih berseri ituuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mel...kotanya rapi dan bersih..dombanya wangi pula tuh...enak dipeluk2..hehhee

      Delete
  10. Keren sih pemandangannya tapi di Grassland-nya sendiri nggak ngapa-ngapain ya? BOring juga hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ngel, ke grassland ini gak cucok kalo gak berjiwa petualang..bingung mau ngapain. mau naik kuda pemandangannya dari ujung ke ujung begitu semua, mahal pula...hahaha...jadi cuman foto2 doang dehh

      Delete
  11. iya bner ya mbak bagus deh kalo buat foto prewed ...
    suka sama bunga matahari nyaaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh dea..bunga mataharinya bagus...buat foto prewed disitu bagus juga tuhh

      Delete
  12. Mbaaaaa.. jalan2nya berapa lama siiih? kok bisa tau tempat2 keren gitu darimanaaaa? hahaha.. Asli bagus2 tempat yang didatengin ih.. menarik semuaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan2 nya mah sebentar doang be.... Kurang malahan...hehehe..ini hasil iseng brosing2, ketemu dehhh gak sengaja

      Delete
  13. bagus nih ulasannya..
    gambar2nya juga keren2.
    kapan2 bagi dong cerita2 perjalananya/tripnya ke China di blog Tionghoa
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu dah mampir kesini...nanti di link aja blog nya..hehehe

      Delete
    2. Kalo mba "mamie_funky" berkenan sih, bisa jadi Kontributor untuk blog Tionghoa, khusus bagian liputan perjalanan. Soalnya kita butuh artikel2 tentang WISATA di China. Tentu mba bisa melampirkan foto2 dari keluarga juga dong, hehe

      Delete
    3. wah terimakasih nih tawarannya. boleh juga sihh sekali2 jadi kontributor..tapi saya belum pernah nulis artikel dengan bahasa formal... biasa pake bahasa sehari2 acak kadut...harus ditulis ulang deh ya...

      Delete
    4. Mba, boleh minta emailnya buat PM?

      Tenang mba (saya panggil mba ya soalnya belum tahu nama, hehe), gaya bahasanya tentu seperti kebanyakan blogger tentunya. Dibawa santai aja. Jangan serius2 amat kayak KORAN, hehe.

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. Gedung khas Mongolia nya keren banget tuh.
    Hhmmm kapan saya bisa mampir kesana ya ?
    Jadi pengen nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah keren....hayo tiket budget airline lagi pada sale tuhh

      Delete