Sunday, October 13, 2013

MAKASSAR TRIP

Saatnya tugas negara lagi nih. Kali ini sasarannya adalah kota Makassar. Ihhh, kantor gua emang sesuatu yah, cabangnya ada dimana-mana, bikin gua harus wara-wiri di dunia persilatan ..eh dunia percabangan. Padahal yang namanya emak2, kadang suka dilema kalo harus pergi keluar kota begini. Seperti saat mau berangkat kemaren itu, eh tau2 si Miko pake acara badannya panas, padahal sebelumnya sehat-sehat aja. Mana tiket udah di tangan, kagak bisa dibatalin pula. Eh, terus si Papi ikutan gak enak badan, pake mual-mual segala. Hahhhh? Jangan-jangan isii kaliii? Hehehee, jelaslah isi......isi angin badannya, alias masuk angin.

Nahh, coba bayangin aja, kalo jadi istri dan ibu yang baik ( prett! ), gimana rasanya kalo dikasih masalah kayak begitu? Cukup pusing pastinya. Hmmm...gua sih cuma bisa pasrah aja deh, berharap pas gua berangkat, mereka udah pada sembuh sakitnya. Yah beruntung sih, akhirnya pas hari H gua berangkat, si Miko udah gak panas lagi badannya. Sementara si Papi setelah gua nyampe Makassar, malah makin parah dan harus ke dokter segala buat memeriksakan kandungannya....ehh periksa penyakitnya maksud gua. Sigghhh, untung aja gak ada yang serius, cuman masalah pencernaan sepertinya....sotoy.com hehehe, gua juga kagak tau sakit apa, wong gua gak dampingin ke dokter sih.

Ahh, malah jadi curhat yaa....panjang pula curhatnya. Hehehee. Yah abaikan deh, kalo tadi itu masalahnya emak2 yang penuh dengan keribetan dan kontoversi hati dalam dilematika berumah tangga ( caelahhh..canggih kann bahasanya ), mending sekarang gua bagi-bagi oleh-oleh cerita perjalanan singkat gua ke Makassar aja dah ya. 

Ini adalah kali ke empat gua ke Makassar. Yang pertama kali adalah tahun 2004 dan malah jadi yang berkesan banget, dimana waktu itu gua terdampar di Makasar sampe 2 minggu lamanya karena ada masalah dengan database yang harus diberesin dan makan waktu lama, gak bisa cepet-cepet balik ke Jakarta. Dan itupun, nyaris gua pulang hanya tinggal nama....hiks! Lhooo, apa gerangan yang terjadi? 
Here it is....the untold story begins....( saingan Batman begins yaaa ).

Ceritanya, disaat kunjungan gua itu ada satu hari Minggu yang mana orang-orang kantor cabang sana mau ajak gua pergi mancing ke pulau, kalo tidak salah namanya Kodeng Ngareng, entah ada gak tuh di peta, gua gak pernah cari tau lagi saking traumanya. Hahahaa. Hari itu sangat cerah dan kiita pergi ber 11 orang dengan menyewa sebuah perahu nelayan biasa yang gak begitu besar, jadi duduknya aja rapet-rapet deh. Begitu nyampe laut lepas, mulai deh pasang kail pancing dan gak pake lama, langsung dapet ikan gede-gede dengan ukuran sekitar 7-8 ons. Wahhh, bener-bener bikin betah sampe keasikan mancing lupa waktu, tau-tau udah jam 3 sore dan kita mampir lah ke pulau pribadi Kodeng Ngareng itu yang pantainya putihhhh dan airnya jernih. Tambah deh lupa waktu, maen-maen air dan foto-foto narsis pun dilanjutkan sampe tiba saatnya mau pulang si tukang perahunya ragu-ragu mau jalan karena ombaknya udah semakin besar dan dia khawatir perahunya tidak bisa menampung orang banyak lagi. Wewww.....mulailah terjadi kepanikan. Masa sihh kita terdampar di pulau ini? Tapi Tuhan masih baik, tiba-tiba aja sinyal hp yang tadinya gak ada di sepanjang perjalanan tadi, bisa tiba-tiba ada dan kita bisa menghubungi temennya si tukang perahu supaya bisa kirim satu perahu tambahan buat jemput kita. 

Akhirnya kita menunggu dijemput sampe udah sekitar jam 7 malam di pulau itu.Rombongan pun dibagi ke dalam 2 perahu nelayan. Apakah udah aman dan selamat? Justru ini belom puncak cerita, baru pendahuluan doang, gak ada apa2nya kalo cuman terdampar di pulau yah paling pinjem villa orang bule yang katanya pemilik pulau ini. Begitu kita naek ke perahu, perjalanan horor pun dimulai, dimana saat berada di tengah laut, di atas kapal nelayan kecil biasa, tanpa ada lampu atau sinar apapun, kita berlayar menembus kegelapan dengan ombak yang setinggi atap rumah dan suara bergemeretakan di segala penjuru perahu, seakan-akan itu perahu mau pecah! Aduhhh, saat itu doa gua begitu kencengnya ( dalem ati bo! ), mengalahkan doa saat kunjungan gua ke Jambi itu lohh...( baca disini). Gua udah pasrah sepasrah-pasrahnya, udah mikir yang kagak-kagak. Dan semua orang pun sama, kita semua terdiam seribu bahasa, tidak ada lagi candaan dan tawa. Boro-boro becanda, ngomong aja males! Hahahah...yah eyah lahh! Aduhhhhh pokoknya horor banget deh, bikin nyali ciut dan baru nyadar kalo kita tuh gak punya kuasa atas apapun juga saat itu. Hihhh, untung aja si tukang perahu begitu percaya diri dan dia mengarahkan perahunya tanpa melawan arus, jadi kalo ada ombak tinggi yah itu perahu akan keangkat setinggi ombaknya dan akan kebanting setinggi itu juga. Kebayang gak sih? Itu yang bikin ngeri. Perahu kebanting-banting dengan bunyi berderak-derak sangat kencang, terus seakan-akan ikatan kayu-kayu di perahu seperti mau lepas semua ditambah lagi air laut udah ikutan masuk dan merendam kaki kita, belom lagi baju udah basah semua terkena cipratan ombak tinggi.  Dan begitu liat sinar setitik aja, betapa harapan langsung berkobar-kobar lagi, gua bakal selamat...gua bakal selamatttt! Yahhhh, akhirnya....sedikit-sedikit nyala lampu di kota mulai terlihat dan kita berlayar semakin mendekati daratan dan ombak juga udah semakin mereda. Thanks God! Kita sampe dengan selamat...Yeayyyyy, semua bernapas lega...dan kita bisa ketawa-ketawa lagi mentertawai nyali kita yang tadi udah ciut di tengah lautan sana. Ahhh, bener- bener gak ada yang bisa nandingin pengalaman horor gua dah, kecuali si para tukang perahunya itu sendiri kali yaa yang udah terbiasa ngadepin ombak begini.

Nahh, sekarang disuruh balik lagi ke kota yang penuh kenangan horor ( banyak juga kenangan manisnya sihh), walopun bukan perjalanan wisata, cuman perjalanan dinas, tetapi teteup aja banyak yang seru disini. Terlebih gua kembali bertemu dengan temen-temen di kantor cabang yang waktu itu ikut dalam perahu horor itu, kita ketawa-tawa bernostalgia. Dan rata-rata ber 11 orang itu mengaku kapok serta tidak ada lagi yang berani pergi mancing naik perahu. Wakakakak! Traumanya sungguh mendalam rupanya. Tidak seperti gua, biarpun trauma, yah mau gak mau masih juga harus naik perahu kayak gitu lagi waktu ke pulau Tidung ( baca disini). Ihhh, berarti mental gua bener-bener teruji dan layak dapat bintang nih. hahahhaa....prett, malah memuji diri sendiri sihh!

Yahh tentunya karena gak kemana-mana selama 4 hari disini, gua cuman sharing wisata kuliner dan review hotel aja deh. Ini karena kita dateng pas timingnya kurang tepat, dimana semua hotel full booked. Kebetulan ada banyak acara disana, seperti kongres dokter se Indonesia, pelatihan orang2 STPN dan terakhir malah ada konsernya si Noah..( hmm apa hubungannya konser sama hotel penuh?! yahhh gua hubung2in aja deh ). Jadi rombongan gua yang cuman bertiga doang ini, harus mengalami dua kali ganti hotel karena gak kebagian kamar. Tapi lumayan deh, dengan begitu jadinya bisa nyobain jenis-jenis hotel baru di Makassar yang beberapa tahun ini kabarnya lagi marak pembangunan hotelnya. Setiap ada lahan kosong, ruko bekas, semua dibangun jadi hotel. Iyah lahh, harusnya Makassar kan udah jadi tujuan wisata favorit juga sekarang, terlebih lagi udah ada penerbangan murah kesana. Ini aja pas gua disana, jalanan macet dimana-mana. Sekarang Makassar rame banget dah, beda dengan tahun2 dulu gua kesini.

Oh iya, hari pertama nyampe diajak makan di RM. Seafood Apong yang baru beberapa lama ini buka. Restonya sangat rame dan susah cari parkirnya. Semua meja terisi semua. Hmm...apa sih istimewanya? Ternyata emang enak2 makanannya. Yang kita pesen ada ikan sukang dimasak parape, ada ikan kudu-kudu digoreng tepung, pokoknya nama ikannya aneh-aneh tapi rasanya maknyuss deh. Nah kayak gini deh penampakan ikan kudu-kudu....setau gua ( yang suka sotoy ini ) ikan ini cuman ada di Makassar aja...Jadi kulitnya itu keras banget, dagingnya yang udah digoreng tepung disajikan cantik dengan kulit ikan yang sudah digoreng sehingga unik bentuknya.

Sehabis makan, kita cek in ke hotel pertama yang namanya hotel Grand Town di daerah Panakukkang dan letaknya ini lumayan strategis deket dengan mall Panakukkang. Oh iya, kita beli voucher hotelnya ini di bandara, dekat pintu keluar. Tarif hotel ini Rp. 550.000 per malam...hhmmm, sepertinya agak mahal ya dibandingin dengan tarif hotel berbintang dari group yang sudah ternama. Sekilas info aja, kemaren voucher Hotel Swissbell Inn Rp.550.000 juga, tapi sayang semua kamarnya penuh.

Begitu sampe hotel, udah berekspektasi tinggi karena disain interiornya yang unik bergaya Renaissance, dengan lukisan di sepanjang lorong dan juga langit-langitnya yang berthema dewa dewi Yunani kuno serta banyak patung-patung cupid, angel kecil2 gitu lahh. Dan hebatnya lagi, setiap lantai mempunyai thema yang berbeda-beda walaupun masih dalam gaya Renaissance. Ini restaurantnya yang ada di sebelah recepcionist :
Tuh banyak patung-patung cupid dan angel di sini :

 Ini atap di lobby:
 Nah ini atap di lorong menuju ke kamar kita :
 Iseng-iseng menuju ke lantai lain, ternyata atap lorongnya beda lagi gambarnya :
 Ini juga di lantai lain beda lagi gambarnya ...bener-bener kreatif yaaa :
 Belum lagi lukisan yang bertebaran di sepanjang dinding lorong itu juga berbeda-beda, cocok banget buat banci foto kayak gua, semua difotoin dehh ...hehehhehe
 Terus ada juga yang kontroversial version ...wakakakakka
 Tapii, udah terpesona dengan interior dari lobby sampai lorong seluruh lantai, ehhh sampe kamarnya sepertinya sih tidak terlalu istimewa yah. Kamarnya biasa aja, lebar tempat tidurnya pun kurang lebar, paling cuman keren tirainya doang tuh. Dan ada yang terasa mengganggu banget, yaitu air ( atau kamar mandinya nihh?...entahlah ) tercium aroma bau got. Hadeuhhhh......sayang banget deh. Terus gak ada meja wastafel di kamar mandi seperti di hotel-hotel berbintang gitu, disini cuma ada wastafel biasa. Dan info dari temen gua, katanya air di daerah Panakukkang sini memang kurang bagus, kandungan mineralnya sangat tinggi. Hmm...mungkin itu kali yang menyebabkan bau got? Entah lahh...
 Oh iya, kalo kesini jangan lupa makan ikan bandeng bakar di RM. Paotere. Rasanya maknyusss dengan ditemani kangkung dan sambel dicampur mangga muda dan tomat hijau.
 Gak lupa juga kita pergi ke Mall Trans Studio. Tapi disini sepi banget mall nya, apa karena letaknya jauh yah di daerah Tanjung Bunga gitu di ujung pantai dan katanya sih merupakan daerah reklamasi.  Ini kupu-kupu ada di langit-langit pintu masuk, bagus juga....

Udah gitu, karena nyampe sini udah sekitar jam 8.30 malem, yahh itu Trans Studionya udah tutup lahhh. Cape dehhh....hehehhee, beginilah nasib kalo kesini buat urusan kerjaan, sampe mau maen aja keburu tutup dah itu si Trans Studio....kagak sopan! Terpaksa deh cuman puas foto di depan pintu masuknya aja...Halahhh, yang penting gua udah pernah nyampe disini dehh! Maksa dot com.
Karena cape muter-muterin mall, jadinya lapar lagi dan haus, cari nya yang seger-seger. Akhirnya nongkrong di Madam Rich cafe. Interior cafenya lucu juga dengan banyak lampu gantung yang unik. Pesenan kita ada roti tissue ( yang ternyata gak lembut seperti tissue, tapi garing-garing gitu ), es campur, teh tarik, es cendol dan jus terong belanda.

Dan hotel kedua adalah Aerotel Smile Hotel yang terletak dekat dengan pantai Losari. Kita beli voucer hotel seharga Rp. 580.000 per malam. Kamarnya lumayan nyaman dan yang penting tidak berbau. Yang paling sebel kalo ketemu kamar hotel tuh berbau lembab, bau rokok, dan parahnya lagi kalo bau got. Untunglah yang kali ini tidak bau....hehhehe
 Tapi hotel yang ini juga agak sedikit aneh letak kamarnya itu susah dijangkau dari lobby, karena bentuknya ngantong ( sempit di depan, lebar di belakang ), jadi untuk menuju kamar kita harus bepindah lift di lantai 5 dan harus melewati lorong agak panjang. Tapi uniknya, di sepanjang lorong itu, kita bakal disuguhi dengan beberapa lukisan besar-besar yang menggambarkan ciri khas daerah Makassar...

Gua suka yang gambar kerbau ini, warnanya cerah....

Dan di depan lift ada juga patung yang dibuat dari rangkaian koin-koin kuno....canggih ini sih :

Dann, begitu pagi harinya, ketemulah view ke arah Pantai Losari dari balkon hotel lantai 12 :
Jangan lupa sempetin waktu mampir ke toko oleh-oleh khas Makassar dan akan ketemu banyak jenis kacang-kacangan, mulai dari kacang mede, kacang rempah, kacang telor, banyak deh. Kalo biasa sih beli yang merk Ayam. Begitu juga disini banyak terdapat jagung marning beraneka macam merknya. Biasa belinya titip sama temen yang tidak ada merk dan tidak dijual di toko-toko, rasanya lebih enak dan beda. Nahh tuhh bingung kannn....kalo mau jagung harus kontek temen gua dulu deh.
 Dan tentunya harus mampir juga ke Kios Irian di Jalan Lombok, karena disini jual nyuknyang ( baso babi ) yang rasanya maknyuss. Disini bisa juga pesan es pisang ijo yang seger kalo dimakan saat lagi panas2 begini. Ditambah lagi dengan pastel ( jalangkote ), duhh ini perut bisa pecah kekenyangan dahh! Pulang ke Jakarta bisa banting-banting timbangan....lebayyy!
 Wisata kuliner terakhir adalah makan di RM.Nelayan dekat pantai Losari situ.....duhh gua suka banget sama sambelnya yang harus kita campur-campur sendiri. Ada mangga mudanya, ada petis, ada gula merah, ada sambel cabenya, dan ada juga tomat hijaunya. Kumplit deh. Seru makannya. Nah disini kita bisa pesan otak-otaknya juga, jadi dimakan dengan sambelnya itu bener-bener rasanya mantap bener dah! Selebihnya kita juga pesan ikan-ikanan seperti hari sebelumnya....ada yang dibakar, dibumbui parape dan pesen lagi ikan kudu-kudu goreng tepung. Bener-bener ketagihan lahh....
 Pastikan juga mampir di Benteng Rotterdam :

Dengan patung Sultan Hassanudin di depannya :
   Kalo ada waktu bisa masuk ke dalamnya dan bisa berkeliling disana...
 Dan akhirnya kita udah harus jalan menuju Bandara Sultan Hassanudin buat balik ke Jakarta...di area komplek bandara berdirilah patung sang pahlawan itu :

Bentuk bandara nya sekilas mirip seperti yang di China...katanya mah nyontek airport Baiyun...
 Tapi kenyataannya, pas masuk ke dalam airportnya, gua bener-bener terpana. Bukan karena bagusnya, tapi karena ternyata airportnya ini tidak nyaman sama sekali. Pertama masuk aja udah rempong nyari konter Garuda yang letaknya di pojok kiri. Lalu ternyata tempat boarding dan lounge nya ada di pojok sebelah kanan. Bahhh, dari sini aja udah keliatan perancang airport ini sedikit galau ya, mau ke kiri atau kanan sihh? Bukannya dibikin sekalian jalan aja gituu. Terus kedua, airport nya kan berkonsep langit-langit tinggi, tapi kagak ada AC nya sodara2! Busettt dahh...beda banget sama yang di China, begitu masuk kan nyeessss, dingin banget. Eh yang disini malah kayak masuk ruangan sauna. Udah gitu lounge nya juga kursinya sedikit, jadi tamunya maen diterima-terima aja, tapi gak kebagian duduk di dalem lounge.

Dan yang lebih cetarrrr lagi, tertulis di boarding pass gate nomor 1, kenyataanya kita boarding di gate nomor 5 yang berjarak sekitar 500 meter. Jadi gua yang udah nunggu di daerah gate 1, harus balik lagi jalan menuju gate 5. Udah gitu, sampe sana bengong sebengong2nya, ngeliat antrian orang yang udah kayak di Dufan. Ada apaaan sih? Gua pikir ini orang pada mau demo di airport. Ternyata boo....mereka ini mau boarding. Lha gua juga mau boarding. Tapi masa satu pesawat orangnya banyak amattt? Gak mungkin tohh? Ternyata oh ternyata....Ini semua adalah penumpang dari lima airline....yupp...sekali lagi : LIMA airline yang semuanya bareng mau boarding di waktu berbarengan. Dan lebih gilanya lagi, disini antri karena masih harus masukin tas ke mesin pemeriksa. Yahh elahhh pabapak...buibu...udah nyampe sini baru diperiksa lagiii tasnya? Parahhh banget sihh ini airport!! Keringet gua udah ngucur banyak banget nih...gak keren banget sih mau boarding aja uyek-uyekan gini kayak di terminal bis. Busettttt! Bahhh...cuman ada di Makassar. Pas di pesawat gua kipas-kipas terus saking tadi kepanasan dan emosi jiwa...hahhahaa. Goodbye deh Makassar...see you kapan-kapan....
 Dannn gua masih beruntung tiba di Soekarno Hatta dengan selamat. Kepulangan gua ini bersamaan dengan waktunya long weekend menjelang Lebaran Haji ( Idul Adha ), sehingga semua penerbangan rame dan bikin macet dimana-mana karena orang mau liburan. Ahhh, akhirnya lega deh udah nyampe rumah dan bertemu lagi dengan my lovely family. Oh iya, gua beli otak-otak buat dibawa pulang yang mereknya di dus ini nihh... Dan tentunya gua bakar lagi, jadi mirip seperti aslinya dehh ada gosong-gosong di daunnya...rasanya enakkk. Oh iya, harganya pun gak mahal kok, Rp. 3.000 per buah.
Selamat menikmati long long long weekend dahhh! 4 hari bo! Babayyyy!

32 comments:

  1. ikan kudu2 nya serem banget ya yan tampangnya. hahaha.

    iya itu yang kupu2 di mal trans studio keren banget dah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Man...tampangnya serem, tapi dagingnya enak...
      kupu2nya emang bagus sih

      Delete
  2. Luar biasa liputan perjalanan wisatanya yang lengkap mulai dari even, koleksi pameran, info wisata, serta kulinermya. Namun yang mengharukan adalah dibagian terakhirnya di Bandara itu. Hmmm sepertinya cukup membingungkan pengunjung dan calon penumpang ya.

    Untuk otak otak saya suka dengan Otak otak Ikan Tenggiri yang keren dan saya suka sekali hiehiehiehee. Saya punya teman di Makasar, namun sampai sekarang belum ada kesempatan tuk mampir ke Makasar. Sayang sekali tidak dicantumkan budget atauu harga harg di sini ya. Setidaknya calon wisawatawan yang merencanakan untuk ke Makasar bisa tau perbandingan harganya. Eniewei. Ini tulisan yang keren. I like it

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh makasih mas Asep masukannya...nanti saya kasih harga beberapa makanan yang saya beli serta harga hotel.

      Delete
  3. aihh tumben nih cerita tugas kenegaraannya panjang, biasanya yang kemaren singkat-singkat.. hahaha..

    ikan kudu2nya kek tengkorak ya.. hahaha..

    yang naek perahu dan nerjang ombang sih serem banget ci! kalo nyali gak kuat sih, udah trauma kali ya kalo next time harus ke laut lagi.. gila, kalo tebalik pegimana ya itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kalo ke Makassar tuh banyak kenangan the...jadi ceritanya panjang..hehehhe...kalo perahunya tebalik, yah tinggal nama doang dehh..wakakkaa

      Delete
  4. di gading ada resto samudra rasa, seafood khas makassar gitu, jual ikan kudu2 juga. tapi gue sih gak suka ci, abis rugi ikannya berat tapi dagingnya dikit hehe... Tapi emang unik sih ya.


    Bandaranya sayang ya, dari luar udah keren gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu ikan kudu2 nya import dari Makassar kali yah..harganya pasti lebih mahal..yah bener rugi kalo ditimbang berat kulitnya aja ngel.
      ho oh tuh bandaranya parah banget kalo masih begitu terus....gak sekeren tampak luarnya...dalemnya semrawut

      Delete
  5. itu perahu motor atau pake kayuh gitu sih ci? gile gw sih bisa stress hahaha paling takut sm laut lepas, pdhl jmn duulu bgt ke bali pernah ke pulau trus sm mas2 diajak ketengah laut lepas naik banana boat... tapi kan ombaknya gak setinggi atap rumah errrr trus siang bolong, skrg sih sejak merit jd pengecut makin hari hahaha ke dufan aja jd takut naik macem2 -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perahu motor fel, tapi ukuran kecil.....stress gila lahh naiknya...hahahaha...makanya trauma juga kalo naek perahu...yang kayak di dufan juga udah gak sentuh2 maenan halilintar dan teman2nya yang menyeramkan itu dehh...sayang jantung...wkwkwkwk

      Delete
  6. Wuih, kebayang banget serem pastinya ya pas kejadian naik perahu itu. Mana malam-malam lagi kejadiannya jadi kan tambah makin horor aja...

    Btw, hotel yang pertama sayang banget ya kamarnya nggak oke. Interiornya kayaknya agak kebanting kalau dibandingin sama interior hallway-nya, hehe. Dan udah gitu kamarnya bau got lagi, WTF banget, hahaha. Yang hotel kedua kayaknya memang lebih oke ya :D .

    Btw, ikan kudu-kudu kayaknya kudu dicobain dah kalau ke Makassar. Tapi penampilan luarnya agak serem gitu ya :P . Dan itu kupu2 di mall Trans Studionya keren!! :D

    Dan buset ya itu Bandara Makassar. Padahal kan penampilannya kayak keren gitu, tapi dalamnya parah ya rupanya, gak ada AC pula. Btw, itu kayaknya ada orang lain yang juga motoin sebegitu banyaknya orang yang mau boarding di satu gate tuh, hahaha :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh pokoknya horor banget dah ko, terutama karena malam2 juga, gak keliatan apa2. Iyah hotel yg pertama untung cuma 1 malam, jadi mau minta pindah kamar kan udah nanggung. Ikan kudu-kudu harus cobain, dagingnya enak. Emang sayang banget deh tuh airportnya...kurang canggih! Hahaha

      Delete
  7. Ih yaampun ci serem banget itu yang lagi di perahu, aku juga pernah waktu itu di manado naik perahu kecil gitu ramean terus ombaknya parah bgt malem2 juga lagi udah pasrah bgt deh untung selamat hahaha abis itu gabakal mau naik gituan lagi hahahaha... Eh itu ikannya kok serem yah ci mukanya hahaha... Ahhhh pisang ijooo udah lama banget gak makan itu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh iyah re, malem2 naek perahu tuh ombaknya gede banget kan yaa...serem to the max...hahhaa
      Ikan kudu2 mukanya serem, hatinya baik....eh dagingnya enak maksudnya.

      Delete
  8. Di bsd ada rm ujung pandang ada ikan kudu2 itu, tp gua biasa aja ga terlalu fave, yg gua doyan sambelnya campur2 plus ikan bakar bumbu parape enak yahh..
    Enak lg dinas luar itu gak bosen di kantor muli, asal jgn keseringan aja sih ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya viol, rumah makan makassar mah pasti dah banyak di Jakarta, cuman maksudnya asal ikan kudu2 itu dari laut sulawesi gitu...ikan masak bumbu parape emang enak, ahh enak2 semua dah...hahahaha

      Delete
  9. hotel grand town itu bagus banget yah koridor nya... tapi kamarnya biasa.. kalo Aerotel Smile aku juga pernah nginep disitu, dan keluhannya sama.. dari lobby ke kamar ribet banget... hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh ri, bagus koridornya doang hotel GT. Nah bener kann banyak yang kumplen soal letak kamarnya yang di belakang banget itu...jadi jauhhh yah

      Delete
  10. Wew, emang dilema ya mi kalau lagi keadaan rumah ditinggal kurang nyaman karena ada yang sakit..
    Bujut deh, bisa kedampar gitu ya dulu.. Pengalaman yang takan terlupakan.

    Itu nginep dihotel Mi ? Kok kayak ada dimuseum Yunani abad pertengahan ye.. Keren. Dalemnya sih menurut gue udah mayan yahutt mi *ketauanjarangkehotel*

    hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sra,pengalaman tidak terlupakan dehh terdampar di pulau...hotelnya keren luarnya aja sra..

      Delete
  11. Lu crt bandara nya yg kae gitu lgs g inget bandara di kashmir india , idem tuh kae gitu . Iya otak2 nya biasa g panggang sampe meletus gendut gitu mantap 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah sayang banget yan Ven...keren luarnya doang.......

      Delete
  12. seru banget pengalamannya di airport itu.. gw bayanginnya aja udah kesel hahhaa...
    semoga ga ngalamin kaya gitu lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Xiao...airportnya tidak sekeren tampilannya nih...semoga sih taon depan kesana lagi udah lebih bagus pelayanannya..

      Delete
  13. saya juga baru dari makassar agak kaget lihat kondisi bandarnya,. kemungkinan karena ruang tunggu bandaranya lagi direnovasi... kalau dulu tiap gate disekat dengan dinding kaca... dan ada pendingin udara....kalau sekarang kacanya dilepas sehingga dari gate-1 ke gate selanjutnya gak ada sekatnya.. sekarang scanning pemeriksaan barang juga dilakukan pada saat mau boarding jadi terjadi antrian.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh dulu ternyata malah lebih baik dong ya kalo disekat kaca, dikasih pendingin udara, jadi nyaman buat duduk menunggu saat boarding. Yang bikin parah antrian memang si scanning periksa barang itu sihhh...semoga aja ke depannya bisa lebih baik pelayanan bandara ini

      Delete
  14. Wah ternyata mamie juga mengalami badai di tengah laut ya .. Aku juga pernah waktu naik ferry dari Phuket menuju Krabi. Emang rasanya kayak kita hanya bisa berserah kepada Tuhan. Dan syukurnya selamat sampai tujuan.

    Bandaranya kok kayak gitu ya?? Mungkin cuma waktu long weekend aja. Pasti banyak delay nya kalo tiap hari kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah do, kalo di tengah lautan itu seperti gak ada artinya ya...cuman bisa pasrah aja....
      mungkin airportnya diserbu pas liburan aja nih...kalo kagak, yah bener tuh tiap hari delay teruss

      Delete
  15. Aaa.. serunyaaa.. Aku dulu kesana cuma pas ngurusin si tempat main yang udah keburu tutup itu mba.. hahahaha.. Sayang ga bisa masuk yaa.

    Btw, kamar hotel yang pertama sayang banget ya kamarnya bikin ngedrop. Padahal udah kece berat gitu lobby dan lorong2nya.. Mewah banget keliatannya..

    Aduuuh.. otak2... maaaak, cari mana iniiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. oww iya kamu kan pernah kerja di perusahaan yang lambang segitiga itu toh be....
      iyah tuh kebanting kamar hotelnya sama interior lorong dan lobby...
      otak-otaknya maap deh be, cuman bisa bagi gambarnya doang....hehehhee

      Delete
  16. Serem banget deh ci pengalamannya.. Tapi berarti sama kayak di Manado, tar klo misalnya cici mau ke Bunaken nih yah trus keliling pulau2nya, udah harus balik sebelum jam 5 sore. Soale itu ombaknya bakal gede bener..huhuhu..

    Sayang banget yah itu hotel, udah cantik depannya padahall...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah py serem....berarti kalo mau ke pulau tuh harus liat2 jam terus yah..jadi parno deh.
      Hotelnya emang agak mengecewakan kamarnya. Breakfastnya pun es te de be ge te ...hehehe

      Delete