Tuesday, August 12, 2014

PHUKET I'M COMING ( THAILAND TRIP PART 2 )

Setelah terombang ambing ( .....naek perahu keleus! ) selama 6 jam an di dalam bis yang bunyi kreyat kreyot sepanjang jalan, antara tidur dan kagak tidur, antara sadar dan kagak sadar, akhirnya sampe lah kita di terminal 2 Phuket sekitar jam 4 pagi.Suasana masih gelap gulita di sini.....
Busett kita nyampe nya jam-jam orang lagi enak tidur yaa..... pegawai2 terminalnya aja belom pada nongol nih....sunyi sepi tidak nampak ada orang ....Gua cari sampe ke belakang, kagak ada orang juga . Spadaaa....knock knock.... anybody home? Hihh, agak merinding juga inget film horor Thailand.....

Yah udah lah, akhirnya duduk aja .... nunggu ada orang yang bisa ditanya2 seputar transportasi menuju ke Patong Beach. Katanya jam operasionalnya sekitar jam 6.00 pagi baru buka. Haduhh, mau tidur lagi juga udah tanggung yaa....tampangnya muka bantal semua nihhh
Nahh ini jadwal bis ke berbagai tujuan dari Phuket....huhh, disini malah ada yang tarifnya cuman 300 bath dari Phuket ke Hatyai, jadi tambah kesel ajaa sama calo bis yang nipu kita di Hatyai kemaren itu...*dendam membara....hahahhaa
Sembari nunggu, gua manfaatin toiletnya buat sikat gigi, cuci muka dan keramas. Iyahhh! Keramas... soalnya kagak betah udah seharian di jalan . Kemaren itu kan mulai dari KL belom ketemu kamar mandi lagi,..hahahhaa...Harus tahan berjorok-jorok ria nih kalo lagi backpackeran gini. Lagipula gua kagak mau rugi sekalian aja keramas soalnya toiletnya bayar.

Nahh ternyata pas gua lagi ke toilet ini, si Papi tebar pesona berkenalan dengan seorang cewe asal Malaysia yang mau urus tiket pulang ke Malaysia, Sebut aja namanya Miss Aida. Pas ngobrol2, dia tanya kita ini dari mana mau kemana, dan begitu kita bilang kalo kita mau ke Patong Beach, wahh kebetulan banget si Miss Aida nawarin bantuan, katanya temannya bawa mobil dan mau kerja ke arah Patong Beach juga. Nanti terserah kita mau bayar berapa aja ( itung-itung ongkos taxi ). Lebih enak omong langsung kayak si Miss Aida gini sih yaa, daripada ditipu2 gitu  ( sakitnya tuhh disiniii....*nunjuk dompet ...masih kagak terima  kena tipu...). Wahh kita sih seneng2 aja ada tumpangan yang langsung ke tempat tujuan kita. Langsung naek deh ke mobilnya uyek-uyekan ber 4 di jok belakang. Sementara Miss Aida duduk di depan dan tentunya temennya di bangku supir dong ya.

Terus mereka cerita, kalo cuaca di Phuket beberapa hari ini selalu turun hujan angin ( sedikit badai gitu lah ). Waduhhh, kita dateng pas timing nya kurang tepat nih. Pegimana mau jalan2 muter2 ke tempat wisatanya kalo hujan badai gitu? Sekarang aja udah turun hujan rintik2 nih. Pasrah aja dehh. Rencananya kita tuh kepengen bermotor ria disini... ( Padahal naek motor aja gua belom becus, baru belajar sekali , itupun jalan lurus doang di gang. hahahaha...). Jadi begitu sampe Patong, kita minta tolong di cariin tempat sewa motor, soalnya tadi mereka bilang punya teman juga yang usaha rental motor. Tapi ternyata agak ribet cari tempat temennya itu, kita khawatir nanti malah kagak bisa balikin motornya alias nyasar2 cari alamatnya ini. Sayang sihh si Miss Aida dan temannya itu harus pergi kerja, tidak bisa jadi guide buat kita. Kalo gak kan enak tuh mereka aja yang ajak kita jalan2 dan kita bayarin deh bensinnya. hahahhaa *mau enaknya aja....

Akhirnya, si Miss Aida kerahin jaringan kenalannya,  dan muncullah si Charlie yang memang kerjanya sewain mobil sekaligus guide. Jadilah kita tawar menawar dengan si Charlie, dan kena charge 700 bath ( sekitar Rp. 260.000 ) untuk sewa mobilnya selama 1/2 hari aja ( dari jam 8 sampe jam 12 siang ..soalnya jam 1 siang kita udah harus naek kapal ferry ke Phiphi Island). Wah bersyukur juga kita ketemu Miss Aida, yang tadinya rencana mau sewa motor, malah dapetnya sewa mobil plus guide nya nih. Gak jadi deh mau gila-gilaan naek motor macem backpacker2 yang kita lihat di youtube.... hahahhaa...Harganya pun beda-beda tipis lah...karena kalo sewa motor pun harus sewa 2 buah toh?? Akhirnya setelah deal dengan Charlie sudah oke, barulah kita berpisah dengan Miss Aida dan temannya itu. Kita kasih mereka 400 bath sebagai pengganti jasa anter ke Patong sini. Nahh, tidak lupa kita berfoto bersama dulu sebagai tanda terima kasih atas bantuannya...*siapa tau nanti ke Phuket lagi bisa ketemuan....wkwkwkwk
Urusan transportasi udah beres, baru berasa lega dehhh. Sekarang baru lah berasa jalan-jalannya. Soalnya dari kemaren belom ketemu tempat wisata, cuman ribet sama urusan transportasi doang kagak berasa jalan-jalannya.... hahaha ..

Jadi tempat wisata yang sempet kita kunjungin dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ( cuman beberapa jam doang )  di Phuket ini adalah :

1. Patong Beach

Kita mulai dengan bikin footsign di tulisan Patong Beach yang ngehits ituuu....( ini mah kata gua aja ngehits...gak tau dehh diluar sana ngehits atau kagak....).

Di Patong ini masih sekitar jam 8 pagi, suasana nya mendung-mendung gimanaaa gitu...bikin males jalan pengennya narik selimut. Kita kan emang belom tidur dari semalem nih....

.Sepiii ....atau kepagian yaa kalo mau ke pantai?
Pantainya sih gak bagus-bagus banget.....biasa ajaaa.....( lebih bagus pantai Bangka ...wkwkwkwk )
Terlebih lagi cuacanya gak mendukung...mendung dan berangin...fotonya juga jadi gelap-gelap, langitnya kagak biru. Gua cariin deretan bangku dan payung pantai warna warni seperti di blog2 orang itu kok gak ada yaa? Apa salah lokasi nihh? Tidak seindah yang di promosi in neeehh! Kecewa berat....
Yahh yang penting judulnya udah pernah ke Patong Beach lah ....hahaha...*menghibur diri...

2. Karon Beach

Setelah itu kita berhenti di Karon Beach dengan ciri khasnya ada patung naganya. ( eh naga atau ular yaaa? something like that lahh...hahaha ).
Dari jalan raya dihubungkan dengan jembatan  ini untuk menuju ke pantainya.
Pantainya sih biasa aja, pasirnya berwarna coklat dan halus teksturnya. Bule2 ada juga yang berenang disini walaupun masih pagi. Ombaknya lumayan gede....
Gua kurang suka pantai yang pasirnya coklat begini, keliatan kotor. Dan memang ada sedikit sampah disana sini sih..kurang terawat dan kagak ada fasilitas apa-apa disini.

3. Kata Beach
Selanjutnya kita menuju ke Kata Beach, salah satu pantai lain di Phuket yang juga menjadi tujuan wisata para turis mancanegara.
Pantainya sama juga nih sama si Karon, pasirnya berwarna coklat dan halus....
Sepertinya cuaca sedang jelek, lautnya lagi pasang, sehingga ombaknya gede-gede dan orang males ke pantai sepagi ini...Liat aja nih sepiii kagak ada orang....hiyyyy! Pada kemana yaa?
This moment brought to you by tongsis....( eh ada paparazzi nihh yang candid kita lagi bernarsis ria...)

4. Karon View Point
Setelah itu kita dibawa ke Karon View Point ...
Tempat untuk melihat view ke arah pantai dan laut dari ketinggian...
Wahhh bagus juga view nya dari sini...
Tapi sayang banget yahh, langitnya mendung2 mau hujan, jadinya gak biru...
Agak lucu juga pergi sama guide Charlie ini, kita cuma dikasih waktu paling 5 menit untuk setiap tempat. Selalu disuruh cepet2 karena mau hujan katanya. Padahal tau sendiri dong kalo kita udah foto2 kan suka lupa laut lupa daratan...hahaha, jadi agak kesel juga kalo disuruh buru2. Lhaa orang masih lama kok jam 12 nya, kenapa harus cepet2? Haiyaa...jadi fotonya gak bisa banyak2 deh....hahahhaa

5. Big Budha Phuket
Wahh, kita bersyukur juga gak jadi sewa motornya. Jalan menuju ke Big Budha ini sungguh menyeramkan, terjal dan berkelok2. Kalo baru belajar motor langsung disuruh jalan kesini sih dijamin bakal ngepot-ngepot dehh...wkwkwkwk. Thanks God...kita dikasih jalan pake mobil aja. Aman dan nyaman....

Sampe di sini udah mulai hujan rintik-rintik. Makanya si Charlie juga cuma kasih kita waktu 15 menit aja...
Waktu masuk gua maen nyelonong aja karena udah baca dipapan itu : Free Entry. Eh tapi kena semprit juga...taunya kalo pake celana pendek harus ditutup pake kain yang mereka sediakan. Jadilah gua berkain ria...*sebel kainnya kagak matching sama kaos pink eyke....huh!
Udah baca-baca di blog orang, kalo Big Budha ini sedang dalam taraf pembangunan. Eh sampe gua kesini pun, belom beres-beres juga nih....jadi sebagian masih dibangun2 dan ditutup2in terpal serta besi-besi tiang pancangnya masih belom dirapihin. Ditambah lagi bangunan yang beratap hijau itu kesannya kumuh. Kurang sedap dipandang mata maupun difoto....
Nahh, kita bisa naek sampe ke atas deket ke patungnya....
Selain yang putih itu, ada juga patung yang berwarna emas di sampingnya...tapi gak terlalu gede ukurannya...
Dari atas itu kita bisa melihat view ke arah laut dan kota juga......saat itu agak berkabut dan mendung sih, jadi kurang jelas yaa...sayang banget deh cuacanya gak mendukung nih pas kesini...hiks!

6. Wat Chalong
Di Phuket ini ada kuil yang terkenal juga yaitu Wat Chalong. Ternyata bagus juga kuil2nya berukiran emas dan berciri khas Thailand sekali.
Sawasdee ka from Phuket.....
Gua paling suka sama kuil yang ada gajahnya ini...
Terus kalau kita masuk ke salah satu kuil yang besar, di dalamnya bertaburan patung2 Budha berwarna emas dengan berbagai ukuran.
Ada yang duduk, ada juga yang tiduran patungnya....
Kalau kita naek ke lantai paling atas, kita bisa melihat view ke arah bukit2 hijau dan kompleks bangunan kuil ini.
Ini view dari atas ke salah satu kuil di kompleks Wat Chalong ..bentuknya unik banget ya kuilnya...
Gak terasa, muter-muter di kompleks ini juga memakan waktu bisa 1/2 jam loh. Apalagi ditambah foto2 disana sini...
Akhirnya, tempat wisatanya habis deh ....

7. Phong Phang Seafood Restaurant
Berhubung perut udah lapar berat karena tadi pagi tidak sempat sarapan, si Charlie mengajak kita ke Phong Phang Seafood Restaurant yang katanya tempat makan seafood terenak di Phuket.
Yang kita pesan tentu saja : Tom yam seafood....cah kangkung, ayam asam manis dan ikan kerapu goreng saos Thailand. Welee...soal rasa yah jangan ditanya deh. Entah karena kelaparan atau memang masakannya enak nih....rasanya sangat maknyussss! Yang top markotop tomyam dan ikan kerapunya itu....nyam nyam! Dapet bonus nyobain sepiring padthai ....enak juga bo, cuman lupa difoto karena udah abis diserbu rame2...hahaha
Tapi begitu dateng tagihannya...semuanya habis 2300 bath ( sekitar Rp. 850.000 ). Wewww.....ini makanan termahal nih selama perjalanan kita. Ck ck ck...apa kita kena tipu lagi yaa? Gak usah dipikirin deh...yang penting perut kenyang dan enjoy ajaaa!  daripada sakit ati mikirin kena tipu melulu. hahahhaa...Sebelum berpisah dengan si Charlie, kita foto bareng dulu deh....
Setelah itu, kita dianter menuju ke ferry terminal untuk melanjutkan perjalanan kita menuju : Phiphi Island!

( Bersambung )

35 comments:

  1. Haloo cici.. setelah stalker berapa lama akhirnya daku comment juga.. aku seneng liat jiwa backpackeran kalian, soalnya gw juga suka jalan jalan, ga sabar nunggu anak2 gede buat diajak petualang gini. xixi..
    ditunggu lanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu yul dah berkunjung kesini...iyahh nih harus cobain jadi backpacker, seru juga sih kalo bareng anak2 yang mulai abege...hehehehe

      Delete
  2. weeew hebat ci... udah perjalanan berjam2 masih semangat. kalo gua pasti langsung teler hehehe...

    cepetan lanjutin ceritanya ci... hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibawa jalan2 sih kagak teler des, coba kalo langsung ketemu kasur, pasti ngegelosor dahhh

      Delete
  3. Hahaha .. Biasa lah kalo pake guide dikasih tempat makan yang mahal, biasanya mereka juga dapat komisi karena berhasil membawa pelanggan ke sana .. Sekali-kali makan enak dan mahal bisa dimaklumi hahaha (ikut menghibur biar tambah lega) hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener do...mereka pasti dapet komisi tuh. untung aja makanannya enak...agak rela lah bayarnya...hahahaa

      Delete
  4. Gila.... kalo gue sampe phuket langsung nyari hotel dan molor kali huahahahaha. Wong gue cuma gara2 buka angpao ga tidur aja, sampe Langkawi di hotel lgsg molor dgn sukses dan bangun pas dinner time! HUHAHAHAHA....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan gara2 ogah rugi kepengen sampe ke Phuket juga le..makanya tidur di bis dijabanin juga dah...harusnya mah kagak ada jadwal ke phuket, tapi nginep dihotel...hahahha

      Delete
  5. wah hoki banget ketemu ama si miss aida yang baik gitu... tapi kalian berani juga ya langsung ngikut. kalo diculik gimana yan? huahahaha :P

    kalo ke thailand tuh makanannya yang enak2... dan murah2 pula ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Man...untung lah kita bertemu si Aida itu...kita mah polos2 aja kagak kepikir ada yang mau culik kita...rugi nyulik kita, makannya banyak...hahahha. Makanan sih murah2, cuman di resto ini aja agak digetok

      Delete
  6. ngikik g baca crt lu Yan , beneran hebring dah bs backparean . g kagak berani .
    tp g blng sih itu pantai jauh bgt sama pantai2 ciamik di Indo , makanya kl wisata pantai di Luar sana g suka males , pantainya biasa saja yooo !
    sayang aja pantai di Indo ga dipoles kalo ga ga kalah lah sama maldives .
    g ogah ah ke Patong beach .. ahaaaaa
    g bs ngerasain gmn jengkel lu ditipu ha222 .amit2 dah g kena tepu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo barengan keluarga mungkin oke-oke aja mau backpackeran juga ven...iyahhh pantainya cupu gituuu ah...kagak ada bagus2nya...malessin banget. Payah nih pemerintah kita kurang promosi wisata indo

      Delete
  7. Ngeri amat ya itu terminal kosong banget nget...
    tapi disana tingkat kejahatannya ga tinggi kan ya.

    Yang di Phong Phang itu mahal bener ya..
    gw bisa kejengkang kalo dapet tagihan segitu hahhaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. so far sih aman2 aja xiao...ketemu paling tukang tipu doang...wkwkwkwk
      iyahhh si Phong Phang mahal buat komisi si Charlie kali tuhh...hahahhaa

      Delete
  8. Iya beneran yan.... bagusan pantai nya di bangka and belitung. Kemaren aku baru liburan dari sono.... ya ampun pantainya keren keren banget, pasirnya putih and halus lagi. By the way itu anak - anak kuat yaa, tidur cuma sebentar masih kuat aja di ajak jalan. Kalo anak ku bisa rewel seharian tuh.... maklum anak cewek... lebih rewel ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah setuju kann ngel....pantai bangka pasti lebih bagus dari ini. kalo belitung aku lom pernah nih...iyahh puji Tuhan nih anak2 pada kuat dan sehat2 aja selama perjalanan..

      Delete
  9. Kok Patongnya sepiiii bangeeeet??? Gak ada bangku-bangku gituuu??? Awal tahun aku ke sana, part yang deket tulisan Patong Beach itu penuuuhhh bangku bangku hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh una...kagak ada bangku2nya...kagak ada payung2nya...pada kemana yaaa? hanyut mungkin...hahahaha. Payah nih pas aku ke sana kurang gereget pantainya...

      Delete
  10. Mungkin karena masih pagi kali ya ci, makanya Patong Beach sepi. Pas gue ke sana, siang tengah hari bolong rame banget. Akhirnya males foto-foto di pantainya karena kepanasan, terus ngadem di mol hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah masih pagi dan cuacanya pas berangin nih ngwl...jadi blom dipasang deh bangku2s dan payung..takut berantakan ketiup angin

      Delete
  11. yan, itu di terminal ada penampakan ya yang kaos biru ituh ? wakakaka kabur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh iyaaa..ada orang tuhh yaa...hiyyyy

      Delete
  12. Ihhh liat tripnya mamie funky bnr2 nostalgia tp mmg sih ci, resto d phuket it mahal amit2 yah. dmn2 kena tourist trap deh. phuket mmg gak bgs ci, msh bgs negara sendiri hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..kalo pantainya sih kalah jauhhh...untung aja ada yang lain yang bisa diliat seperti big budha dan viewpoint itu...

      Delete
  13. Di Phuket bagus juga ya ada Buddha-nya itu :D . Kalo pantainya sih memang bukan di Phuketnya sih ya yang oke :D *padahal belum pernah ke Phuket :D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai mah indonesia juwaranya yaa...untungnya di phuket ketolong sama atraksi2 dan wisata kuliner..jadi masih mending lah ada bagus2nya

      Delete
  14. Emang di Thailand kayaknya ga jauh2 dari tomyum yah ci Yan? :D

    Pas banget yah ci ketemu si miss Aida..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul py...dimana2 jualan tomyum dan kita juga ga bosen2 makannya....hahahaha. Iyah tuh, kebetulan bgt ketemu miss aida

      Delete
  15. Ho Oh cii,,, kok pantainya std std aja yah, waktu eke ke pattaya juga kesannya, yahh begini doank?? ini sih di ketek"in sama pantai" di Balii wkwkwk... Pantaii bangka juga lebih bagus"... syg belum bs kembanginnya aja.. hehe...

    duh, klo ga ad miss aida, rempong jg ya cii... >,< klo naik motor ke big buddha nyusruk di jalan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh untung tuh ada miss aida..beneran itu jalan ke big budha mengerikan dehh kalo naek motor mahh....

      Delete
  16. Halo bu, blog-nya inspiring bgt :) saya sekalian mau tanya nih, kalau mau make jasanya Charlie itu gimana ya? dia dari tour mana? soalnya ada rencana mau ke sana juga, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih udah mampir kesini...saya usahakan cari kartu nama si Charlie dullu yaa...waktu itu dikasih dan inget2 masih disimpan, tapi lupa dimana. Nanti saya update lagi blognya kalo sudan ketemu...

      Delete
    2. Terimakasih udah mampir kesini...saya usahakan cari kartu nama si Charlie dullu yaa...waktu itu dikasih dan inget2 masih disimpan, tapi lupa dimana. Nanti saya update lagi blognya kalo sudan ketemu...

      Delete
  17. Lagi lagi saya senyum2 bacanya :). Bagus Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih yaaa udah mampir ke sini....hehehe

      Delete