Saturday, February 27, 2016

HIDROPONIK-ING

Udah selesai edisi jalan-jalannya....kembali ke kehidupan nyata deh, balik lagi ke kebiasan lama : posting-posting kagak jelas dan kagak penting.... hahahha.

Alkisah, hiduplah seorang ratu lebah di sebuah negeri antah berantah. Konon kabarnya, sang ratu sedang mengalami masa-masa kegalauan dalam hidupnya. Ohh udah jadi ratu juga kagak lepas dari masalah yaa? Kirain udah live happily ever after.....Ahh, makanya jangan pada percaya sama dongeng dehh, percaya sama Tuhan ajah! *maap agak sedikit error sepertinya...hihihi. Teruss, pada kepoh gakk kepengen tau kenapa si ratu teh jadi galawer gituu? Rupanya, sang ratu kan mempunyai dua orang anak laki-laki yang sedang tumbuh remaja, usia-usia rawan yang gampang terombang ambing ombak di lautan, masa-masa dimana mereka sibuk bereksplorasi di "dunia nya" sendiri, lebih memilih teman2nya dibandingkan si ratu yang jelas-jelas ibunya sendiri! *jiwa dramanya keluar....dannnnn apalagi kalau sampe mereka udah punya pacar?! Wah wah wah...gak terbayangkan, sepertinya sang ratu akan dicampakkan. Sakitttt.....*sakitnya tuhh di kantong. Soalnya anaknya sang ratu pasti akan meminta uang buat modal ngedate sama pacarnya...ooopss!


Ehemmm...stop deh cuplikan drama Kids vs Mamie yang gak bakal tayang di bioskop manapun juga. karena cuma ada di kisah kasih di sekolah hidup seorang emak-emak yang ngakunya gahul dan kekinian...tau kann siapaahh? hihihii...Iyahhh betull! Gua lah sang ratu sejagat  ituh! Jadi kira-kira begitulah gambaran hidup seorang ibu kalau anaknya udah abege dimana mereka akan sibuk dengan teman2nya, sibuk dengan gadget nya, sibuk dengan pacar2nya...wewww!  Maksudnya pacarnya satu aja ..bukan pacar-pacarnya terus asumsinya pacarnya banyak...*harus diperjelas inihh. hihihi.

Nahh melanjutkan episode lalu dimana gua jadi gundah gulana karena gak tau mau urusin anak siapa lagi, gak ada yang diurusin, yang mana akhirnya gua memilih untuk berkebun ria...baca disni :  November Ini .sekarang pun masih teuteup sama kondisinya. Begitu ada waktu luang, bingung mau ngapahin. Kayak layangan putus....tsahhh! Ke mall males sendirian, mau masak juga males gak ada yang makanin, mau ngapain coba? *emang dasarnya orang males! hihihi...cari alasan sok mau ngurusin anak. Yahh gituuu dehhh....*jadi curcol ya...

Dan akhirnya ketemu dehhh satu "mainan" baru. Yang biasa maen Facebook, pasti pada tau kalo belakangan ini kan banyak banget orang nge share segala macem informasi, nge share link2 internet yang kadang bikin kesel ( isinya gak bener ) dan kadang ternyata malah berguna banget loh. Gua demen banget kalo ada yang ngeshare resep-resep masakan dan kue plus cara bikinnya. Duhh, thanks a lot to technology yaa. Hidup di jaman sekarang kurang apaa sihh? Mau ngapain juga bisa, kagak ada alasan lagi untuk bilang kagak bisa. Yahhh mungkin aja kagak bisa sihh yaa, kalo kagak punya pulsa, kagak ada kuota internet, kagak ada wifi...yahhh udah dehh, kagak bisa ngapa2in. Kelar hidup lo! hahaha....makanya gua kan selalu bilang : wifi is mylife! Gak salah dongg? Biar update terusss, biar gak ketinggalan info2 heits, en cencunya ikutan kekinian dooong!

Jadi begitu ada yang ngeshare betapa mudahnya bercocok tanam hidroponik, langsung dehh jiwa ikut-ikutannya muncul, langsung semangat 45 mau juga praktekin di rumah gua yang lahannya tentunya cuma seuprit doang entu. Yahh emang justru sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan luas kok, karena media tanamnya bukan di tanah. Yahh soal penjelasan detil nya hidroponik itu apah, silakan googling sendiri aja yaa...*saya bukan ahlinya. Karena niatnya juga cuma sekedar ikut-ikutan, yahh jadi ilmunya cetek dan kagak pake mikir lama-lama buat mulai bela beli. Kebetulan di kantor gua ada yang hobi nanem hidroponik juga, ditambah dia ngunjukin foto2 hasil karyanya dan udah panen hasil tanamannya itu berkali2, plus lagi bisa nitip beli perlengkapannya semua sama dia, bikin gua tambah napsu aja kepengen cepetan nanem juga...*anaknya gak sabaran...

Awalnya galau mau pilih bibit pohon apa, karena ada banyak macemnya. Ada kangkung, pakcoy, tomat, selada air, cabe dan lain2 yang bisa di hidroponikin lah pokoknya. Waktu gua tanya ada bibit pohon duit gak? Temen gua gak mau jawab....hehehee *jayus dah! Mungkin dalam hati dia ngomong : "kalau sampe ada bibit pohon duit, gua udah pasti nanem duluan daripada elo!" hihihihi. Yah udah kalau kagak ada mahh, saya juga kan gak maksa. Jadi gua nitip yang ada aja dan ngebayangin sayuran yang bisa buat dimakan sendiri kan seru tuhh yaa, pas mau masak, metik dulu dari hasil nanem sendiri *sok idealis. Kebayang dehh pohon pakcoy yang batangnya gendut-gendut dan daunnya ijo-ijo dimasak saus tiram....sluurppp, pasti mantap nihh hasilnya. Jadi gua pilih bibit pohon pakcoy aja dahh..Kayak gini bungkusnya...harganya kalau gak salah Rp. 20.000, isinya banyak juga tuh, bisa untuk berkali-kali nanem.
 
Nahh dalam bayangan gua, hidroponik itu kan nanem di air...ternyata gak begitu juga. Tidak sesimpel itu sodara-sodara. Air nya bukan air biasa kata Syahrini mah....hihihi. Harus dicampur nutrisi khusus yang bentuknya kayak gini : ( cara pakainya ada kok di kemasan botol ).
Dan ini lah media tanamnya...pipa paralon yang dilubang2in terus ditaro gelas2 plastik yang udah dipasangin sumbu kain buat menyerap air dari dalam paralonnya Semuanya temen gua yang bikinin, gua mah cuma tinggal cemplungin bibit nya doang ke dalam gelas yang udah diisi sekam bakar. ...hihihii *anaknya gak mau susah.
Ini yang udah dicemplungin bibit kangknng......padahal nitipnya bibit pakcoy, eh dapet bonus bibit kangkung..hahhaa, dikasih sama temen gua Nah dalem paralon itu udah diisi cairan nutrisi yang udah dicampur air sesuai petunjuk.
Wahh ternyata beneran tumbuh lohh....seneng banget liatnya. Ini baru hari ketiga kalo gak salah...udah tumbuh sekitar 3 cm...
Umur seminggu udah makin tinggi...tapi kok kurus-kurus yaah kangkungnya...sepertinya kurang gizi nih...hahahha. Dan ujung2nya, karena gua orang yang sok ikut-ikutan doang, punya prinsip sekali tanem, pokoknya harus tumbuh..*tinggal baca mantera aja : tumbuh luh...tumbuh luh! hihihii. Iyahh tumbuh sih tumbuh, tapi tumbuhnya gak bener ini sih, soalnya gua tanemnya di dalam rumah, gak kena sinar matahari. Dan gua pikir kan kalo hidroponik begini gak usah disiram lagi, ternyata teuteup harus disiramin juga lohh. ..*emang gak cocok buat orang males....hihihi. Akhirnya kasian aja tuh kangkung, harus mengucapkan selamat tinggal sebelum waktu panen. wkwkwk. Gua kesel liatin 2 minggu masih begini-begini aja, tumbuh segan, mati tak mau. Yaudah, akhirnya gua cabutin dan buang aja deh...*gagal panen.
Katanya kalau mau berhasil, harus belajar dari kegagalan dan harus berani mencoba. Move on. Okay deh, gua ikutin nasehatnya. Gua coba nanem lagi. Kali ini pake bibit si pakcoy. Ikutin lagi cara nanemnya step by step, pake melototin youtube pula, biar lebih afdol. Ahh pokoknya gampang lah...Dan bener ajaa, bibit si pakcoy umur 5 hari aja udah ngegemesin ginii....ijo-ijo dan segar.
Keliatannya sih udah bener nih caranya ya...
Tapii.....tapii.....lagi seneng-senengnya liatin si baby pakcoy  ini, ehh gua harus saying goodbye sama dia karena kan gua mau jalan-jalan ke Guilin seminggu. Jiahhhh....harusnya bibit ini dipisah-pisahin satu pohon satu gelas, karena batang pakcoy nanti kan akan membesar tohh. Tapi di rumah gua siapa yang bisa dititipin urusan beginian? Si Papoy? Si Alvin? Si Miko? Mission impossible lahhh! Ada sihh pembantu gua, tapi yahhh begitulah, gak bisa berharap banyak juga. Akhirnya pas gua balik dari Guilin mahh memang masih pada tumbuh, tapi udah pada layu...sepertinya udah terlambat buat diselamatkan...hiks hiks
Ahhh emang gak cucok nihh hobi berkebun, tangannya panas kalau kata orang jaman dulu. Mau tanem pohon apa pun pasti mati. Eh tapii anehnya, ini pohon2 di pot ini gak gua urusin, gak di pupuk, nyiramnya juga kalo inget aja, eh mereka pada tumbuh dengan subur nih...hmmm...Menanam pohon juga jadi untung-untungan yaa. *untung pada hidup nihh...hahhaha
Anyway, sekarang udah musim ujan dan gua belom coba nanem hidroponik lagi ( untuk yang ketiga kalinya ). Selain takut mati karena lagi gak ada matahari, juga karena lagi gak mood aja. hehhee *cari alesan. Masa mau nanem2 tunggu ada mood nya ya? Lagi agak menyesali diri sendiri juga, kenapa gampang ikut-ikutan, karena ternyata setelah dihitung2 biaya untuk beli bibit, beli nutrisinya, bayar jasa bikin pipa paralonnya plus beli paralonnya sendiri udah abis sekitar Rp. 200.000 an. Huhh, kalo beli kangkung sama pakcoy udah dapet satu becak kali yaa ( sama becak-becaknya...wkwkwkwk ). Siggghhh....makanya jadi orang jangan suka ikut-ikutan kalo kagak niat...*lagi nasehatin diri sendiri. hahahaa. Pokoknya don't do it at your home ...kecuali punya niat yang sungguh2 dan punya hobi dibidang ini. Do it with passion....

31 comments:

  1. jadi ngikik2 sendiri ci, tiap baca postingan cici.
    lagi galau aja bisa nulisnya lucu hehhehhe..

    sayang bener ya ci. Tapi kalo gak ditinggal seminggu, si pakcoy mungkin bisa tumbuh kali ya ci.

    modalnya mayan gede ya ci buat nanem hidroponik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh, modalnya gede juga ternyata ter...hadeuhhh kalo ga serius sih sayang ajaa nihh alat2nya..

      Delete
  2. Keren mih.... lanjutin dong..
    gw juga pengen nyobain tapi lom ada rumah... ribet...
    wkwkwk.. sama aja banyak alesan yak..

    btw keren loh bisa tanem2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren sih keren do, tapi malesnya ga nahan nihh...nunggu mood dulu...hahaha

      Delete
  3. hahahah betul.. do it with passion...
    gw paling ga suka tumbuh2an begini... kalo udah cantik di rumah gw sich gpp.. tapi kalo kudu nanem dari awal mah ogah hehehe :)
    dan bener kata loe, mata ini yang harus dipelihara biar ga ngeliat kemana2 yang bikin akhirnya ikut2an beli hahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm abis gimanaa dong fun, kayak kehipnotis liat apa juga kepengen...*lapar mata, keliatan semua gampang, taunya balik lagi ke orangnya yang dasarnya pemalas..hahaha

      Delete
  4. Waduh, nampaknyaaa... Elu tidak boleh menanam tanaman yang untuk dikonsumsi! Hahaha. Udah lah beli aja kangkung sama bokchoi di pasar. 10 rebu dapet lumayan banyak. Lu nanem udah modal brapa tuh? Gagal pula hahahaha... Beneran kudu ga boleh ikut-ikutan trend deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Le, kayaknya beginian cocok buat nanti kalao udah pensiun...wkwkwk.*keburu paralonnya bocor itu sih

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Itulah ci gw lbh milih tanem bunga sama cabe dari pd hidroponik sayuran yg pipanya aja ratusan ribu serasa beli jemuran anduk T_T gw mending beli sayuran deh kaya kangkung, bayem, chaisim satu pak paling belasan ribu hashah pakcoy goceng juga dpt :)

    ReplyDelete
  6. Iyahh kalo tau bakal begitu sih males juga fel....udah kadung pesen paralon sama temen gua kirain murah...hahaha...mending beli aja sihh sayuran mah yaa...hadeuhh

    ReplyDelete
  7. wuii rajinnya dirimu yan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mah rajin sesaat Man...sisanya balik ke mode asal : males....hahaha

      Delete
  8. Ngikik2 sendiri tiap x baca postingan disini ci. Wkwkwk.
    ayo kumpulin lg niat nya ci buat nanem bibit yg laennya. :)
    ternyata ga gampang2 bgt tanem nya yak.. kirain sekali tanam langsung berhasil. *macem disulap*. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh cyn, gak segampang melihatnya....ini lagi semedi dulu dahh

      Delete
  9. Duhh gimana nanti klo ryu udah gede ya..mumpung masih kecil manfaatin waktu dulu deh nih sama si baby,...hihihi btw iyaa kangkungnya kurus2 yaa ciii ga semangat jadinya..hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener nat, urusin anak aja dah mendingan...itu kangkung bikin gak semangat nanem lagi nih...

      Delete
  10. Hi Ci, itu kangkungnya kurang matahari spt nya jadi kurus tinggi aja
    Kalau mau coba lagi, selain pakai paralon ada yg lebih murah pakai ember trs tutupnya pakai gabus yang dibolongin (bolongin gabusnya kerjaan sich :D)

    Kalau udah numbuh bakal ada hama, itu satu hal lagi..hehee..akhir aq nyerah jg tuh wkt dah ketemu hama, memang lebih baik beli sayur organik aj lah ga ribet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh udah pernah coba hidroponik juga ya ka? emberrr nih...karena nanemnya di dalam ruangan, jadi gak ada sinar matahari deh..tambah lagi musim ujan...ujung2nya beli aja dahh yaa

      Delete
  11. Hahaha, kangkung disini mahaaaal :P .

    Aku males nih kalo mesti berkebun-berkebun gini. Maunya ya cuma tinggal nyiram aja, hahaha. Tanamanku di kantor juga sebenarnya butuh ganti tanah nih. Tapi apa daya, males gantinya. Plus, disini kalo mau beli tanah mesti yang sekarung gede gitu. Padahal tanamannya cuma 4 pot kecil, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang makan kangkung dong ko disitu ? hihihi...kalo males memang susah sih yaa....aku juga cuma anget2 tai ayam aja ngerjainnya...sekarang nganggur deh sisa sekam bakarnya sekarung....

      Delete
  12. Hihihihi...cici rajin banget deh. Gue sebenernya demen nanem2 beginian. Tiap kali dikasih foto sayur yg ditanem temen, bikin ngiler kepengen nyoba nanem. Tapi mikir-mikir *kebanyakan mikir* kayaknya gue ga punya waktu buat ngurusin. Padahal seru ya, mau masak tinggal metik di kebun. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untunglah mikirnya lama Tia...jadi gak kayak gua nih, mubazir perlengkapannya...hahhaa, sayuran beli ajaa di pasar...lebih segar dan gede2..

      Delete
  13. hi ratu~~ hahahaha.. seru yaaa.. aku kemarin itu sempet beli bibit bunga, cuma lom ditanenim.
    kalo kangkung, aku kasih tips deh ci, ini gampang bangett, tiap 1-2mgu sekali siap panen! beli kangkung di pasar, nah bagian bawahnya itu jangan dibuat. ditancepin aja di satu wadah. kalo di rumah sih ditaro di ember gede, diisi tanah ama aer trus tancepin. dikasih pupuk juga. itu cepet bangett tumbuhnya. tiap mo masak tinggal metik aja~ hahahaah..

    daripada nanem dari biji sih lama ci, gak sabaran haha..

    ps: si alvin masih rayain monthsary nya? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh gituuu tohhh...nanti dicoba dehh the....tengkyu tips nya. Iyaa nihh, si Alvin masih monthsary terusss....hahaha, maklum dehh abege

      Delete
  14. pengen nyobain nanem sendiri, terus panen sendiri, terus nyobain masak sendiri. pasti lezat! seger dan sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah harus cobain don...nanti penasaran...hehehe

      Delete
  15. Bahaha.. Ngakak sndiri bacanya ci :D Aku lah udah ga demen emang dunia berkebun.. Tapii seneng lihat bunga2 cantik..hihihi.. beli aja lah.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kalo mau praktis sih beli aja lah py

      Delete
  16. Saban bulan sering rutin baca blognya ci yance, makin menarik aja.
    Banyakin gambar/fotonya ci, jangan tulisannya doang hehe

    Main aquascape lah...
    Asik lho sensasi berkebun dibawah air...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya Man, tadinya mau main aquascape juga, cuman yahh ituu...waktu dan tangannya ini yang gak sejalan....tangannya gak bisa piara2 apapun, gak bagus hasilnya berantakan pada mati..hehehe

      Delete