Monday, August 8, 2016

MENDAKI GUNUNG RINJANI : FROM SUMMIT WITH LOVE

Holaaa...ketemu lagi di kisah trekking gunung Rinjani keluarga mamiefunky yang mana posisi terakhir kita berada adalah di area kemping Pelawangan Sembalun.. Bagi yang belum baca kisah pendakian mamiefunky squad dari awal, silakan klik disini : The Amazing Trekking


Jadi ceritanya, begitu kita semua masuk ke dalam sleeping bag, kita berusaha tidur dalam kedinginan. Yah walaupun badan udah cape banget, tapi berhubung tanah tempat berdiri tendanya kagak rata, jadi bikin gua merosot2 melulu tidurnya, kagak bisa nyenyak. Cuma tidur-tidur ayam aja, sebentar2 kebangun. Rencananya kita kan mau naek ke puncak ( summit ) Rinjani sekitar jam 02.30 dini hari. Eh sekitar jam 00.30, di tenda persis sebelah kita ada rombongan lain yang udah heboh siap-siap mau jalan ke puncak. Yah namanya sebelahan persis gitu, suara sepelan apa pun pasti kedengeran ya, apalagi ini yang ngomongnya normal dan agak berisik ngobrol haha hihi di tengah malam buta. Hadeuhhhh....bikin gua kagak bisa tidur lagi deh. Jadi gak sabar kepengen cepet-cepet jalan juga...

Akhirnya jam 2.30 kita siap-siap deh. Rencana kita mau ke summit ber 4, tapi karena anak-anak udah kecapean, mereka pilih lanjutin tidur aja di tenda. Jadi yang naek cuma gua dan si Papoy plus si masbro Yusuf sebagai guidenya. Pertama kita sarapan dulu. Menunya roti bakar dan pisang goreng. Minumnya gua bawa racikan jahe instant gitu, biar anget perutnya. Walaupun kita gak napsu makan dini hari begini disediain makanan, tapi teuteup harus dimakan. Ini penting banget loh sarapan dulu sebelum naek ke summit, karena biar gak masuk angin dan punya tenaga.

Gua juga pake kostum yang lebih tebal lagi dari saat tidur. Baju daleman longjohn, sweater, baru jaket dan syal. Celananya juga lapis-lapis, pake longjohn, jins, dan celana luar bahan parasut. Udah kayak orang eskimo dah badan gua jadi gempal. hahaha. Gua udah parno kalo urusan kedinginan, karena gua orangnya paling gak tahan dingin..gua kan bukan keturunan beruang kutub..hehehe. Di area kemping sini yang ketinggiannya 2600 mdpl aja udah kedinginan, apalagi mau naek ke puncak yang sekitar 3726 mdpl, setidaknya harus persiapan nih kostumnya biar gak menderita kedinginan. Pokoknya dari ujung kaki sampe kepala harus tertutup rapat biar gak masuk angin. Karena diatas puncak anginnya bakal kenceng banget dan udah pasti dingin. Huahhhh...
Tambahan lagi gua abis nonton film Everest dimana ada yang menderita hypotermia saat di puncak...tambah bikin gua parno, pake kaos kaki sampe 3 lapis. Ujung2nya baru juga jalan 100 meter, gua gak bisa gerak, karena sepatunya kesempitan dan jari-jari gua mulai menjerit....jadi copotin dulu kaos kaki tebalnya 1 lapis, lumayan deh lebih enak jalannya.
Yahh keluar dari tenda tentunya kita disambut dengan angin gunung yang kagak sepoi-sepoi, tapi anginnya kenceng gitu. Dinginnya lumayan menusuk nih...
Awalnya gua excited, dibilang sama masbro Yusuf bahwa jalan ke puncak sekitar 2,5 jam. Bolak balik bisa sekitar 5 jam. Oke deh, kalo 2,5 jam harusnya bisa lah melihat sunrise dari puncak. Agak semangat jalannya di awal-awal, masih gampang tracknya....
Begini lah view ke arah area kemping di bawah saat kita udah seperempat jalan ke atas.
Di depan kita udah banyak pendaki lainnya yang mau ke summit juga. Mereka berjalan dengan semangat dan cepet banget. Sementara gua seperti kemaren, kalo ketemu tanjakan apalagi jalannya berpasir begini, langsung pindah gigi 1....maju kagak, mundur pun kagak...hadeuhh! Berat coyy! Beratan mana sama truk pasir? *jayus
Baru jalan sekitar 1 jam an, udah ngos-ngosan. Ini sih bener-bener bukan naek gunung biasa. Trek nya itu berpasir yang kalau kita jalan maju satu langkah, dia bakal turun dua langkah. Begitu terus....bikin gua mau loncat aja saking putus asa kagak maju-maju. huhuhuhu...Berat banget dahhh treknya bagi gua yang orang biasa, yang jarang olahraga pula. Kaki keburu lemes....
Ditambah lagi ketiup angin gunung yang aujubilah kenceng dan dinginnya...mamaaaaa...aku mau turun ajaa!
Gua sampe mogok jalan dan bilang nyerah sama si Papoy. Gua kagak sanggup jalan lagi, stop sampe sini aja. Ada beberapa orang juga yang turun lagi, Gua kan anaknya ikut-ikutan, pengen ikutan turun juga jadinya...hehehe. Bayangin aja, tiap 100 meter berhenti dan ngaso dulu. Kapan nyampenya yaa?  Si masbro Yusuf juga kan jadi ikutan berenti yaa, padahal anginnya bertiup kenceng banget di tempat terbuka gini, kita semua gak punya pilihan mau berlindung dimana. Pilihan yang sulit...mau nyerah atau lanjut. Yang stress bukan cuma gua aja, si masbro dan si Papoy tentunya ikutan stress, mereka mah kuat-kuat aja jalan ke atas, gak mungkin tinggalin gua sendiri. Akhirnya si Papoy "berkotbah" : ngapain udah jauh-jauh sampe Sembalun, udah jalan sampe tengah sini tapi terus kagak sampe di puncaknya. Ngapain cobaaaa?! Tanggung banget kann...Ayo lahhh bangunn! *digebah si Papoy biar lanjutin jalan lagi. I'm not drama queen, tapi suwer dahhh ini susahhhhh banget, gua sempet nangis saking putus asanya.
Yah dikompor2in suruh jalan lagi bikin gua terpaksa nurut deh, tapi dengan satu syarat. Gua bilang, gua mau jalan lagi, tapi harus pelan-pelan dan sabar nunggunya, karena gua pasti bakal sering-sering berenti, jangan disuruh buru-buru. Udah deal, maju lagi tuh tapi dengan gaya jalan orang abis melahirkan caesar. wkwkwkwk!  Nahh karena kebanyakan berenti, jadi saat mulai sunrise menyembul di horison, kita masih di tanjakan agak bawah, belom sampe ke summit nya. Sementara orang-orang yang tadi masih keliatan di depan dan belakang kita, udah pada menghilang, mungkin udah pada sampe diatas.
Ahhh biarin aja dehh mereka liat sunrise dari summit, gua cukup disini juga gak masalah...*udah pasrah. Mau gimana lagi, kemampuan gua emang udah kayak truk gandeng nih, kagak boleh nemu jalan tanjakan, pasti langsung 0,1 km per jam kecepatannya. wkwkwk.
Makin lama langitnya makin terang, terlihatlah awan-awan putih di sekitar sini...bagus dahh pokoknya.
Mataharinya mulai keluar, sinarnya yang kekuningan bikin efek keren ke bukit dan lerang gunung ini.
Liat aja nih jalurnya harus lewatin lorong pasir seukuran badan orang ....Kebayang kalau pendakinya rame dan barengan jam nya mau naek ke summit semua, terus ketemu gua yang jalannya kayak gini, udah pasti terjadi antrian dan macet dahh yaa. hahaha...Yah gua bersyukur juga sih jalan paling belakang, jadi kan gak harus buru-buru yaa.
Menatap nanar ke atas ...duhhh masih berapa lama lagi sihh nyampenya? Mana puncaknyaaa? *udah gak fokus.
Bagaimana mau cepet sampe nya yaa? Jalan nanjak di track berpasir gini cuma maju mundur kagak cantik. Langsung berasa otot2 di betis pada ketarik. Iyuhhh! Ini sih beda banget lah sama latihan kita selama ini yang di car free day...yahhh eyah lahh yaa!
Malesin banget ga sihhh jalannya......
Aku lelah.....letih...lesu...lemah...lunglai...
Tapi kalo disuruh foto, hilang capenya..Aneh kann?! hihihihi....

Wohooo....akhirnya nyampe di spot yang bisa ambil view ke arah danau. Bagus yaa.
Kagak nyesel gua naek kesini...Biarpun cape...biarpun tadi udah mau nyerah, akhirnya ketemu view kayak gini langsung hilang semua deh keluh kesahnya. Langsung pose ngedeprok...
Sementara itu di arah sebaliknya, kita bisa menikmati view ke arah bukit hijau...tempat tadi kita datang dari arah bawah.
Jadi dari tadi kita jalan jam 02.30 dini hari itu, jam 05.45 an pagi tuh baru sampe di lereng nya doangan...belom nyampe2 juga ke puncaknya.*elap keringet...Eh kagak keringetan ding..wong dingin bangett kena angin, sanpe udah kayak penjahat kriminal seluruh muka ditutupin...hahaha
Beginilah gradasi warna diatas sini saat matahari mau muncul... gua lupa mungkin ini sekitar jam 06.00 gitu deh.
Awannya cakep banget dah...kalah si Andy Lau mahh....*lagi ngaco kena angin gunung.
Biarpun mataharinya udah muncul, tapi anginnya teteup aja kenceng. Harus tutupin hidung supaya kagak meler.
Ahhh, kesempetan deh ngaso lagi disini, sambil memandangi danau yang airnya terlihat misterius gitu ya...
Makin nanjak ke atas, lereng gunungnya makin curam dengan kiri kanannya jurang....
Itu dia puncak Dewi Anjani...the Rinjani summit. Terlihat udah deket banget...tapi katanya masih sekitar 2 jam lagi dari sini. Apahhhhh? 2 jam lagiiii? Uhuk....gua langsung migren. Pengen guling2 di pasir. Maksudnya 2 jam tuh kalau gua yang jalanin gitu? Apa maksud nya nih? *gulung lengan jaket...jadi emosi jiwa kagak sampe2...hahahha. Emang sih kalau liatin cara jalan gua mah yahh lambat banget, pake acara ngaso dulu, foto dulu, lhaa iyahh lahh bisa 2 jam yaa..mungkin lebihh.....hahaha.  Kalau pendaki yang udah jago sih pastinya lebih cepet. Lucunya, gua ketemu orang yang bawa sleeping bag ke atas sini loh. Dia pake aja gitu tiduran di balik batu...ga tau apa emang semalam dia tidur disini buat nunggu sunrise kali...ada2 aja ya...
Sepanjang mata memandang cuma ada awan putih bertebaran.....
Nahh kalau yang di belakang itu baru bunga edelweis....jangan sampe dipetikin yaa. Salam lestari...*sok jadi anak gunung.
Mataharinya masih malu-malu mau nongolin diri....hayoo cari perbedaan di 3 gambar dibawah ini...*bikin quiz ga ada hadiahnya...
Lereng bukitnya terkena cahaya matahari sehingga warnanya cantik menguning eksotis....

Dan gua teteup aja masih harus berjuang sampe di summit. Liat aja tuhh puncaknya nungguin di atas, tapi orangnya masih disini-sini juga, kagak maju2...hahaha. Stress!

Tapi yang lebih stress lagi apa coba?? Sementara gua mah baru sampe sini, eh orang-orang yang dari summit udah pada mulai turun balik ke tenda loh...astagaaa! Gua aja masih megap-megap narik napas, eh mereka pada lari-larian turun. Wewww....
Ahhh udah deh gak usah ikut-ikutan mereka yang udah pada jago, jadi diri sendiri aja....*kibas poni. wkwkwk, saking stressnya. Soalnya si Papoy bilang, jadwal kita udah terlambat, seharusnya jam segini tuh ( sekitar jam 07.00 ) kita juga udah jalan turun dan siap2 beresin barang karena masih harus jalan lagi ke Senaru. Whatttt?! *pingsan sesaat. Langsung kena penyakit bengong...Jadi mau ngapain dong yaa udah cape2 kesini, terus mau cepet2 turun lagi? Haiyaaa...*kurang kerjaan amat sihh! Gua ngomel2 sendiri...hahaha...
Dan akhirnya karena dibilang kalau mau sampe di "the real summit" nya masih sekitar 2 jam lagi jalannya, kita nyerah deh sampe sini aja. Gak mungkin maksain naek lagi karena kita juga terbentur waktu. Kita nyerah tepat di spot letter E ridge ( atau ada yang bilang juga tanjakan leher angsa ), tanjakan paling terakhir sebelum puncak. Oke dehh....anggap aja ini puncaknya ya...*maksa.... kagak mau tau.
Kagak kita sia-siakan dongg...saatnya berselfie ria disini...Cuma sayang mataharinya belum tinggi, jadi danaunya masih ada bayangan bukit2 gitu.
Dan salah satu yang bikin gua masih punya semangat buat jalan naek sampe sini adalah foto di bawah ini nih....Gua dapet titipan dari si Alvin disuruh fotoin tulisan itu di summit. Yahhh sebagai mamie yang baik, gua harus bisa sampe atas doongg dan tentunya abis ini ramee dehh yang nanya : emang Alvin udah punya pacar? Well.....gimanaaa yaa jawabnya? *kok jadi gua yang salting? Duhh, gua belom siap nih dipanggil Tante....wkwkwkwk *si mamie lagi error to the max. Yang penting titipan tuh anak abege udah gua laksanakan....udah tuntas misi gua...hehehe
Ehhh enak ajaa....bukan itu misi utama yang sebenarnya. Yang bener tuhh misi gua adalah mengibarkan bendera ungu inihh! Yahh sebagaimana biasa, gua kan antimainstream. Kebanyakan orang ke summit pasti mengibarkan bendera merah putih. Gua kan punya "negara" sendiri, jadi gua pake bendera sendiri dongg...Inilahhh misi utama gua : mengibarkan bendera mamie funky disini.....Inih baru namanya misi tuntas!
Duhhh sedari tadi mau nyerah di tengah jalan itu, sembari mikir juga kalau sampe gua kagak sampe summit, kan malu sama bendera yaa. hahaha. Syukurlah, walopun kagak sampe ke "the real summit" nya, masih okelah sampe sini juga....*menghibur diri sendiri
Jadi wajar ajaa dong kalau gua foto banyak-banyak dimari....ini baru namanya YOLO...Belum tentu gua bisa kesini lagi, dan belum tentu juga gua mau kesini lagi....hehehehe
Cuma inilah kebanggaan gua...inilah pencapaian gua terbesar abad ini...*lebaynya keluar! Halahh...
Pokoknya, this is mypride...my victory...my apalah apalah...you name it dahh! Gua bangga bisa ada di atas sini.Well, umur segini gituu lohhh ( hayooo umur berapa??!! ), gua berhasil berdiri di atas sini. It's not my dream....not at all. Sepanjang jalan gua perhatiin kagak ada yang tampangnya lebih tua dari gua, rata2 anak2 muda 20 tahunan. Hahhh? Gua paling tua sendiri dooonggg??! Busetttt! Pantesan jalan udah kayak truk tronton....what ever dah yaaa. Yang penting hari ini gua berhasil membuktikan, biarpun faktor U, udah emak2, gua sanggup berdiri tegar...terimakasih cintaa! *nyasar ke lagu si Joy Tobing.
Dan bilaaaa, aku berdiri, tegarrrr sampai hari ini, bukan karena kuat dan hebatku. Semua karena cinta, semua karena cinta. Tak mampu diriku dapat berdiri tegar, terimakasih cinta! *si Papoy yang kembang kempis idungnya...hihihihi, dia kan cintakuhhhh! Thankyou mylove, mybuddy, mybest friend, mypartner and myhubby..for your support. The idea for this trip totally insane!
 
Nahh dari sini tuh juga bisa keliatan ke area kemping dibawah sana...dimana tenda-tenda berjejer disepanjang punggung bukit.
Kalau di zoom kayak gini dehhh pemandangannya....astagaaa itu yang di atas bukit gitu pasti dingin minta ampun kena angin gunung langsung, karena terbuka gitu ya...
Edelweiss...edelweiss...this morning you greet me, small and white, clean and bright...bloom and grow forever....
Eh ketemu sodara gua lohhh disini....anak buah si Sungokong...hahahaha. Heran yaa kok dia bisa naek kesini? Makan apaa tuh si monyet bisa hidup disini? Sayang waktu ditanya dia ngelengos pergi...*lagi ngaco
Sekali lagi sebelum jalan pulang, foto lagi di pinggir lereng gunung ke arah danau....
Selesai foto2 kibarin bendera, saatnya kita turun balik ke tenda.
Masih ketemu dengan rombongan lain.....tapi sesudah itu mereka menghilang dengan cepat. Hiyy....mereka orang bukan yaa? hahaha, iyah mereka mah lari...mungkin pada takut kesiangan juga kalau jalannya lama2 disini.
Oh iya, Rinjani ini kan punya anak gunung yang bernama Baru Jari. Dan pas kita disini, pas dia lagi ngepul2 keluarin asap. Gunung ini memang gunung berapi yang masih aktif dan terakhir meletus di Oktober 2015.
 Nah tuhh asapnya makin tinggi...
Dan gua sempet2nya foto disini...hehehe. Saat itu ( 4 Juli 2016 ) gua kagak kepikir sampe gimana-gimana. Baru belakangan mikir, lhaaa kalau sampe tuh gunung meletus beneran dan gua ada pas di deket kawahnya itu, apa yang bakal gua lakukan yaaa? Lari terbirit2 gituu? Berlindung dimanaaaa? Ahhhh, jadi stress dah kalo dipikirin mah...hahaha.
Karena baru2 ini aja ( 1 Agustus 2016 ) si Baru Jari bener2 erupsi dan efeknya yah lumayan bikin para pendaki gunung rame ngebahasnya. Ini ada beberapa gambar yang gua capture dari IG nya @rinjanitrekker dan @jelajahlombok :
Huahhhh thanks God waktu kita kesana kagak terjadi erupsi ya. Kalau kagak mah ceritanya beda lagi dahh! Seremmm juga ihh! Gua bersyukur banget dehh saat kesini dikasih cuaca cerah dan sempet foto dengan letupan asap si Baru Jari ini.
Abis itu, kita sampe di ujung tengah letter E ridge yang kita pun baru tau namanya setelah pulang dan browsing2 seputar Rinjani.
Katanya memang di sekitar letter E ridge ini adalah spot foto terbaik...jadi gua bersyukur juga bisa nemuin spot ini tanpa sengaja.
Si Papoy cuma suruh gua duduk aja di atas situ, trus jepret-jepret deh. Tanpa mikir apa2, yang penting saat mau duduk itu gua udah pastiin kok batunya kokoh. Gak tau yaa kalau tiba2 longsor mah..hiyyyy, baru mikir dehh!
Can you spot me?
Nahh inilah yang dari tadi gua sebut spot letter E ridge..mirip hurup E kan? atau angka 3 terbalik. Dan ada juga yang bilang tanjakan leher angsa. Yang tanda panah biru adalah tempat gua tadi mengibarkan bendera..hiks hiks.cuma sanggup sampe situ aja. Walaupun keliatan puncaknya deket, itu cuma tipuan kamera aja ternyata..hahaha, soalnya masih sekitar 1 jam lagi jalannya ( buat pendaki normal ). Kalau gua yang kesana yahhh 2 jam deh....hihihi...Gambar dari IG @daviddagustinus
Dan baru aja sehari kita nyampe di Jakarta, udah ada lagi berita yang menyeramkan nih. Ada pendaki yang jatuh di sekitar tempat gua duduk dan berdiri di ujung2 lereng gunung itu karena kepeleset. Thanks God dia selamat. Aduhhh, kalau udah kebanyakan baca berita-berita seram begini, baru deh gua jiper dan nyali ciut, kagak bakal mau lagi disuruh foto di ujung2 jurang gitu ....hahahhaa * gak tau kalau nanti lupa mah yaa...( gambar dari Kompas.com )
Dan ada juga pendaki yang mengalami hypothermia. Huahhh....berita2nya bikin serem aja kann. Makanya perlu persiapan extra nih, jangan sampe fatal begini. Kalau baca-baca beritanya sih tuh, katanya mau evakuasi korban begini kan harus pake jasa porter yang tarifnya selangit..yahhh iya lahh, medannya aja sulit banget. Gua yang cuma jalan bawa badan doang kagak sanggup, apalagi harus gotong orang yaa. Gambar dari Kompas.com
Nah terus ada lagi yang jatuh juga kepeleset akibat licin karena turun hujan dan kakinya cedera sehingga kagak bisa jalan lanjutin perjalanan. Pokoknya beritanya serem2 yaaa ( ini semua gua baca setelah sampe Jakarta...). Ck ck ck...gua bener2 semakin bersyukur deh tidak mengalami hal2 buruk.Gambar dari IG @rinjanitrekker.
Berita-berita yang beredar tuh bener2 bikin kita bersyukur. Contohnya kayak yang di gambar dari IG @rinjanitrekker ini nih...berarti apa yang gua bilang pasti bakal kejadian juga tuh macet di Rinjani...welehhh welehhh! Untung aja kita perginya saat bulan puasa, jadi agak berkurang jumlah pendakinya.
Tapi dari semua berita-berita tadi, yang paling bikin kesel adalah yang dibawah ini. Bacanya udah bikin gua mules. Lhaaa, gua jalan kaki biasa aja udah megap-megap kagak sanggup, ehh ini malah orang-orang dibikin lomba lari lewatin jalur trek Rinjani yang aujubilahhh susahnya. Warbiasahhh! Empat jempol dahhh buat mereka.
Sempet sih ketemu 2 orang cowo di letter E tadi, mereka cuma bersendal jepit dan cuma pake kaos luarannya kemeja tangan panjang plus celana pendek Gilaaa juga mereka. Katanya tas mereka dititipin ke porter saat naek ke Sembalun semalam, ehh porternya kagak ketemu lagi sama mereka. Jadi mereka berpisah deh sama ranselnya.  Whattt?! So, mereka nekad aja pake baju seadanya buat ke summit. Masih untung mereka kagak hypothermia....cuma lucunya, saking dinginnya angin bertiup, mereka cowo2 berduaan saling berpelukan kayak teletubies dan berlindung dibalik batu. Aya2 wae....
Ahhh mataharinya semakin terik nih...hayoo cepetan dehh balik ke tenda lagi...
Kita mulai start jalan turun sekitar jam 8 an...berharap jalan turun bakal lebih cepet dibanding naek tadi
Kadang ketemu bibir jurang jadi harus memperlambat kecepatan dan pilih jalan hati-hati biar gak kepeleset. Kan cilaka butut yaa kalau sampe jatoh...
Pemandangan ke arah pertendaan semakin keliatan dekat sih....
Cuma trek berpasir dan jalanan bergelombang menghadang di depan...Entah bisa seberapa cepet turunnya.
Nahh kawahnya si gunung Baru Jari mulai mereda nih asapnya...cuma ngepul2 dikit doang sisa batuknya tadi...
Zoom mode on...lagi istirahat dulu kawahnya....
Our trip, our adventure....
Mypartner in crime...the one and only : Mr.Papoy...hahahaha
Jalan turunnya kenapa ribet pabaliyeut gini yaa? Tadi waktu naek gelap2 kenapa kagak berasa ada kayak ginian yaa? hahaha...untung aja tadi naek sanggup melewatinya ya..
Memandangi awan putih yang berarak di langit biru...
Jalan turun juga susah setengah mati ternyata....kirain gampang. Makanya jangan anggap enteng. 
Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi....aku tenggelam dalam lautan dalam pasir ( diedit dikit )...aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang...aku tanpamu butiran debu....*nyanyi dengan hati menangis. Gua tuh sampe jatoh berkali-kali karena tanah pasir ini licin banget...gak ada yang bisa dipegang, pohon kek..batu kek...Tapi yang jatoh banyak kok...bule-bule juga banyak yang jatoh. hahaha *seneng ada temennya...
Jalan satu2nya gua pake gaya miring...liat aja tuh sepatu gua udah terbenam di pasir, jalan satu langkah satu langkah biar gak jatuh. Sementara para bule udah dari tadi pada berlarian turun, menyalip gua. Mungkin mereka bilang dalem ati : ini orang jalan udah kayak nenek-nenek, jalan pelan banget. Menghambat aja...hahaha. Makanya fotonya terlihat sepi gak ada orang...lha wong gua mah udah paling belakang dan kesiangan ini turunnya. Matahari udah terik...sekitar jam 10 an. Banyak yang bilang kalo turunin jalur pasir ini memang mendingan sambil lari, tapi kok gua gak bisa ya? boro2 lari...jalan aja jatoh melulu...*putus asa. Udah deh, pake cara masing2 aja..yang penting sampe bawah dengan selamat.
Wahhh ini pemandangannya breath taking banget ga sihh? Mirip2 yang machu picu itu yaa...*maksa. Jawab iya aja lah...biar hati gua senang. hahaha...*lagi stress kagak sampe2 ke tenda. Tadi waktu naek stress juga gak sampe2 ke summit. Mau lo apaaa sihh?! wkwkwk. Jadi naek gunung cuma mau stress doang? Yahhh gua mah gitu lah orangnya...
Sepanjang jalan turun, view ke danaunya juga cakep...makin kena sinar matahari, air danaunya makin biru...
 
Kalau liat lagi ke atas, keliatan dehh puncaknya si Rinjani yang belum berhasil gua taklukan...hiks..Ini sih namanya dekat dimata jauh di kaki. Nanggung banget ga sihhh, udah sampe sini malah kagak sempet ke the real summit nya. Pegimana sihhh ini urusannya...*ngomel2 sendiri. Cuma karena kita diburu2 waktu harus jalan pulang. Hadeuhh....*salahin siapa coba?!
Nah kalo tadi waktu berangkatnya kan masih gelap gulita, begitu pulang balik ke tenda kita, ternyata beginilah "komplek pertendaan" di Pelawangan Sembalun ini. Tenda-tenda tersebar sepanjang jalan trek ke summit. Ini pas lewatin tenda group lain yang jelas foto tendanya. Yang merah itu adalah tenda toilet. Yahh jangan bayangin didalemnya ada toilet beneran yaa, cukup tanah yang digali sedikit bikin lobang doang dan silakan pipis atau pup disitu. wkwkwk *udah lah jangan dibahas. Yang biru tenda para porter, yang kuning tenda para tamu.
Makin ke bawah masih terlihat tenda-tenda yang belum dibongkar...sementara yang tanah-tanah kosong berarti orang2nya udah berangkat.
Zoom mode on.. tendanya kita dimanaa yaaa? Tenda kita tuh masih diujung lewatin pohon2 itu...
Wihhh sepertinya cuma gua deh yang punya foto unik inih...
Beruntung juga sih kalau tendanya dibagian ujung, view nya langsung ke danau...
Inilah tenda kita...yang paling ujung bawah. Tanahnya miring banget kan, makanya tidurnya merosot terus. Anak-anak udah pada bangun. Iyalahh udah bangun, karena pas sampe bawah sini udah sekitar jam 10.30 an. Udah telat 3 jam dari jadwal yang seharusnya. Si Papoy udah khawatir dan buru2 suruh kita beres2 ganti baju. Oh iya, terjadi insiden kecil dimana si Alvin ternyata semalam ngompol...wkwkwk. Mungkin saking capenya, dia tidur pules dan gak kebangun lagi walaupun pengen pipis. Manalah dingin pula, bikin males ke tenda toiletnya....Yaudah dehh...mau gimana lagi...sleeping bagnya gak tau lagi deh tuhh nasibnya, kan diberesin sama porternya. hahaha..*mamie gak mau pusing.
Sebenernya begitu liat tiker bikin gua pengen goler2an istirahat dulu. Gila betis gua udah kenceng kayak tales Bogor nih. Kebayang kan jalan ke summit tadi dari jam 02.30 sampe 10.30 an bener2 cape warbiasahh. Pengen ngejoprak langsung rasanya. Tapi digebah si Papoy suruh cepetan, para porter juga kan harus bongkar tenda, yasudah deh siap2 harus jalan lagi. Gak lupa foto dulu sebelum tenda dibongkar, pake gaya ALAU..anak galau. Ini mau di pantai atau di gunung sihh? bingung kannn?! hahaha...gua juga bingung kok. Soalnya stok baju udah abisss....salah kostum banget kan bawanya...*antimainstream foreva
Nahh ngomongin soal lanjutin perjalanan, dari Pelawangan Sembalun ini kita bakal menuju Pelawangan Senaru dengan melewati Danau Segara Anakan. Kalau diliat2 dari gambarnya, jaraknya lebih pendek dengan jalur naek kita kemaren. Inilah yang dikhawatirkan si Papoy, karena kita udah telat 3 jam dari jadwal, kemungkinan kita kagak bakal sampe di Senaru dan cuma sampe di danau aja...so let's see...

Kita mulai start jalan dari Pelawangnan Sembalun sekitar jam 11.00 siang. Tentunya gua harus kembali mengembangkan payung andalan. Kalau kagak mah bisa gosong dahhh kulit gua..Gila ini panasnya warbiasahh lahh! Mungkin karena diatas gunung jadi tambah deket sama matahari yaa?
Menurut gua ini fenomena yang aneh....tadi pagi yang jelas2 dingin, kagak ada kabut perasaan, kenapa tambah siang tambah tebel ya kabutnya? Ahh kalau orang science mah kagak aneh kali...pasti ada penjelasan logisnya, gua aja yang kagak paham...hehehe
Tapi jadi kerennn kannn?! Kayak negeri diatas awan....
Ahhh cakep banget dahh....seumur hidup baru nemu pemandangan kayak begini.
Karena kita mau menuju ke danau, jalur treknya harus turun dan otomatis ketemunya batu2 besar dan jalannya malah tambah lama, karena harus hati2 pilih jalannya.
Jalannya udah disalip sama bule...sama porter..biarin aja deh mereka duluan. Kita masih tetap konsisten aliran biar lambat asal selamat. Lagian gua pikir kan danaunya udah keliatan dari atas sini ya, pasti deket lah, jalannya gak sampe lama...Tapi ternyataaa? Tidakkkkkk! Itu cuma fatamorgana doang keliatan deket, taunya jauh banget gak sampe2 bikin putus asa juga. *jedot-jedotin kepala ke batu.
Apalagi campur berenti-berenti buat foto....bikin si masbro Yusuf ketar ketir mampu kah rombongan sirkus kita nyampe di Senaru sesuai jadwal. Rasanya sih impossible! hahaha...
Menuruni jurang...tambah lagi pegang tongkat dan payung...hmmmm, menurut ngana? bisa cepet sampe apa?
Seperti biasa, kanjeng mamie mah ngaso dulu lahhh...
Hadeuhh, tiada henti-hentinya ketemu batu segede-gede gaban...bikin pusing pala kanjeng Mamie aja nihh, sampe suruh si Alvin tuntunin udah kayak nenek-nenek...hahaha
Pokoknya udah kayak si Dora the Explorer dahh...ada jembatan...pohon..sungai...lengkapp banget dahh!
Jalur menuju danau sepertinya lebih susah daripada trek naek kemaren...hu hu hu..Kagak sampe2 dan penuh up and down....
Arrghhh itu dia danaunya...udah keliatan dari jauh....langsung pindah gigi 5 tancap gas biar cepet sampe. hahaha ( maklum supir angkot, bahasanya tancap gas...hihihii ).
Di pinggir danau terpampang papan plang Danau Segara Anakan
Dan kira2 2 minggu sebelum kita kesini, harusnya ada plang huruf nama Segara Anakan Lake dengan warna merah menyala seperti gambar dibawah ini. Cuma menuai kecaman dan dianggap merusak lingkungan sehingga langsung dicopot lagi. Gambar dari IG @rinjanitrekker.
Jadi ceritanya sama seperti kemaren jalur naek, para porter dan masbro Yusuf beserta anak2 pada jalan duluan. Gua dan si Papoy belakangan. Begitu liat kita kagak bakal sanggup lanjutin jalan sampe ke Senaru, langsung diputusin kemping di danau aja. Yahh eyahh lahh, kita tuh udah jalan 6 jam dan kalau mau sampe Senaru masih harus sekitar 5 jam lagi. No no no....nyerahhhh! Gua nyerah. Ini juga gara2 tadi dari summit telat 3 jam, jadi tambah molor aja ke jadwal berikutnya. Yahh yang pentig kan aman yaa. Jadi saat gua sampe sini para porter udah pasang tenda dan udah siap-siap masak untuk makan malam. Inilah area kemping kita...
View ke arah danaunya sih mantap juga yaa....di depan tenda terpampang bukit-bukit....
Tenda kita persis dipinggir danau...kalau lagi ngigo bisa2 keluar tenda langsung nyemplung ke air tuhh.
Udara di sekitar danau cukup dingin juga loh, ketinggiannya sekitar 2000 mdpl, bikin kita tetap berjaket ria.
Karena porter pada mancing, si Miko ikut-ikutan mancing. Lumayanlah, si porter dan masbro dapet 10 ekor ikannya...buat lauk mereka malam ini.

Si Miko dapet temen baru...hehehe...anteng deh mancingnya.
Memang bener yang orang bilang bahwa Danau Segara Anakan ini cantik....cuma sayang kecantikannya mulai tercemar oleh sampah-sampah para pendaki yang membuang sampah sembarangan. Jadi dipinggir2 danau itu banyak sampah2 plastik,,sisa2 nasi karena orang cuci piring disini..puntung rokok, dan segala macam sampah lah. Gua aja sampe geli mau celupin kaki ke airnya...Ahh, sayang banget...
Nahh si gunung Baru Jari keluar asap lagi nihh pas sore ini...padahal tadi pagi udah reda asapnya ya..
Berhubung sampe di danau sekitar jam 5 an masih terlihat terang, kita pun kepengen cobain pergi ke hotspring nya yang kalau baca2 di blog orang lain tuh sepertinya asik banget berendam berendam air panas. Ternyata jarang yang bahas lokasi hotspring ini yang letaknya memang kagak jauh sihh dari lokasi tenda, jalannya sekitar 10 menit aja, tapi kita harus melewati jalanan terjal dan letaknya ada dibawah jurang begitu...hadeuhhhh, manalah tadi kaki udah mau patah jalan dari tadi dini hari sampe ke danau ini ditotal-total sekitar 15 jam,,Wedewwww.....gila banget kannn! Eehh ini masih harus nurunin jurang terjal begitu...*pengen loncat ga sihhh! Lebayy keluar..lagi sensi tingkat kecamatan.
Untunglah pemandangannya bagus juga yaa disini....Keliatan kan yang ijo tosca itu adalah kolam2 tempat berendamnya. Ada yang dangkal, ada juga yang dalam.
Oh iya, diujung bawah sana adalah lokasi dimana sebulan sebelum kita kesini ada pendaki wanita yang meninggal karena tenggelam di hotspring ini. Kalau tidak salah ada air terjunnya dibawah sana. Huahh...jadi agak merinding disko dahh gua. Mana udaranya mulai dingin, ditambah lagi udah menjelang maghrib ...hmmmm baca doa aja deh supaya selamat dan gak ada apa-apa.
Ini beritanya dari Kompas.com....Huahhhh gimana kagak jiper yaaa?
Tapi kita tetap turun ke kolamnya, cuma gak sampe ujung yang lokasi kejadian itu. Padahal yang di lokasi itu kolamnya lebih mantap sih...tapi yahhh cukup disini aja deh. Inipun sebenernya kolamnya kurang oke lah...airnya kan campur belerang, terus ada sampah2, ada lumut dan kotoran2 kuning dari belerang yang membuat gua agak geli celupin kaki...jadi cuma kecipak kecipuk bentar doang.
Airnya pun panas banget loh, bukan hangat. Jadi kalau lama-lama berendem disini sih mungkin mateng yah daging kita. wkwkwk. Kita pun kagak lama2 disini, paling cuma 10 menit. Karena udaranya semakin dingin. Lhaa begitu kita keluarin kaki dari kolam, tambah menggigil deh kena angin. Kurang asik ahhh ber hotspring disini menurut gua. Atau waktunya kesorean kali yaa? Entah lah...mungkin karena aku lelah....sangat lelah...Kalau orang2 sih malah pada mandi di pancuran ini..Lhaa iya juga sihh, soalnya dari kemarin kan kita kagak ketemu sumber air buat mandi, jadi otomatis yang udah trekking 2-3 hari memanfaatkan kolam ini untuk mandi. Kita sih kagak pake mandi lah...dinginnnn! Wkwkwk
Balik ke area tenda, pemandangan ke gunung Baru Jarinya keren juga nihh...
Abis itu kita semua beres2 ganti baju dan masuk tenda lagi mencari kehangatan. Gak lama makan malam pun tersaji. Mie goreng, pake telor ceplok, ayam goreng dan nasi. Sebenernya kita ditanya menunya mau apa untuk malam ini, kita pilih yang praktis aja mie instant, kasian juga porternya masak2 segala macem sayur, tapi anak2 gak doyan sayur, pasti kebuang. Ini pun kita gak napsu makan, nasinya gak kemakan, cuma mie gorengnya aja yang kita makan. Kepengennya cuma tidur secepatnya....
Coba perhatikan foto pemandangan ke arah danau saat malam hari. Kagak ada yang aneh kann? Syukur lahh....Hmmm, untunglah seperti gua bilang kalau gua males browsing2 cari tahu tentang Rinjani sebelum pergi kesini, jadi gua tidak punya prasangka dan pikiran macem2 tentang tempat ini. Tapi begitu balik Jakarta dan sekilas baca pengalaman orang2 yang pernah naek ke Rinjani, dan juga yang pernah menginap di tepi danau ini, mulai deh tuh gua nemu cerita aneh-aneh yang cukup menyeramkan. Huahhh...untung lah gua bisa melewati malam ini dengan selamat tanpa punya pengalaman buruk dengan yang aneh2. Karena malem2 sempet ke tenda toilet sendirian di tengah gelap gulita dan cuma modal cahaya senter doang. Thanks God.
Ada cerita lucu nih.....Ceritanya kita mah udah aman di dalam tenda, tau2 waktu langit udah mulai gelap, mungkin sekitar jam 19.00 an, datenglah satu rombongan cowo2 yang mau berkemah di samping tenda kita. Yah mungkin mereka terlambat sampe sini dengan kasus sama seperti kita, jalannya lama. Oke lah kalau jalannya lama sih ya, masih wajar. Yang lucunya, ada yang ngomong : " inih gimana diriin tendanya bro?" wkwkwk, gilaaa kann! Mungkin mereka pergi sendiri kagak pake porter. Tapi masa maen pergi aja, kagak pake latihan dulu cara bikin tenda? Untunglah masbro Yusuf guide kita ada disitu, jadi dia yang bantuin diriin tendanya. Gak lama kemudian, setelah tenda berdiri, ada yang tanya lagi :" inih pake sleeping bag gimana caranya sih?" Hadeuhhhh....jadi gua yang gemes dengernya. hahaha, itu serombongan ornag pergi kemping ke Rinjani bener2 nekad banget dahhh.
Udah dong...gua pikir udah beres urusan sleeping bagnya, udah diajarin sama masbro Yusuf. Ehhh, terakhir mereka tanya lagi sama masbro :" Hmm...punya makanan gak mas? Kita beli dehh.." Gubrak! Gua ngakak abiss! Ditengah gunung gitu lohh? Dipikirnya disini ada warung kali ya? Ehhh emang ada? Ga tau sih...Yang jelas si masbro langsung kasihin nasi yang tadi kita gak makan. Ga tau juga dikasih apa lagi deh tuh. Untung aja rombongan itu ketemu guide kita yang baik hati yaa...hehehe. Memang sih jiwa pendaki gunung sejati tuh harus begitu, saling menolong dan toleransi tinggi. Good job masbro Yusuf! Kita mah udah langsung ngorok dehhh, sibuk dengan mimpi kita sendiri....

Gilaaaaa...panjang banget rasanya postingan kali ini. Kagak kelar2...hehehe. Abis begitu banyak yang mau diceritain. Yowis, cerita Rinjani's summit nya segini dulu dah yaa. Sampe ketemu di postingan selanjutnya di edisi Rinjani trip kita. Tentunya lebih seru dan penuh drama. wkwkwk....Penasaran kann?! Stay tune terus disini dahh! .Babayyy Ciaobella!

38 comments:

  1. ikutan ngos2an ci bacanya. kebayang banget deh rasanya nanjak.. tapi kepengen juga kaya gini. haahhaa..

    ci aku salut loh. emang bener.. seumur cici mah hebat bener masih bisa naik gunung *ini sebenernya muji, ato negesin umur* hahahaha.. pokoknya salut yaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...fokus ke umurnya aja ya pi..yah boleh cobain kalau anakmu udah gede

      Delete
  2. gileeee cik mantab sekaleeee. yang liat aja sampe delongop tersepona mode on, kapan jalan2 ke luar negeri lagi cik? sukses dan sehat selalu ya cik,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati2 melongonya kemasukan lalat...hehehe.tengkyu yaa stephen...jalan2 LN nya masih nanti2 lagi dah...

      Delete
  3. Prokk...prokk..prokk...ciii mantappp...aku juga ngos-ngosan sambil nahan napas bacanya..hahaha apalagi pas bagian nanjak nanjak n duduk dipinggir jurang....TOP dah ciiii....
    btw yang di Danau itu cerita mistisnya apa ci? penasaran...hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain prok prok prok jadi apah nya pak tarno...wkwkwk. ati2 nahan napasnya kelamaan loh. hiyy, aku juga ga berani lanjutin baca kasak kusuk tentang danau itu, ntar serem sendiri

      Delete
  4. Baca perjalanannya aja berasa cape, apalagi yang mengalami yah. Wow banget buat semangatnya. Hidup YOLO :D

    ReplyDelete
  5. ya ampuuunnn... tambah salut (sekaligus jiper) baca ceritanya cie. Pencapaian hidup banget kayaknya ya
    Gak sabar nunggu lanjutannya soalnya cerita2 mamie funkie tuh paket lengkap banget, bisa ngikik, deg2an, ngos2an, ngelongo kagum dsb secara bersamaan, bikin nagih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah diampuni kok na....hehehe. Wah ati2 ngikik sendirian mah, nengok kirik kanan dulu ya

      Delete
  6. Wuaaah, tetep keren dah mendaki gunung gitu! Nggak tahu deh kalau aku sanggup atau engga.

    Tapi memang ya mendaki gunung gitu harus punya persiapan yang matang dan pakai "akal" juga. Serem juga baca banyak kejadiannya yang nggak menyenangkan gitu.

    Pemandangannya kereeen! Plus aku suka foto yang banyak bintangnya di danaunya pas malam-malam gitu! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, ternyata gak asal maen naek gunung aja ya..biarpun kepengen tetap harus ada persiapan fisik, persiapan bekal, persiapan mental...*halah banyak amat persiapannya, keburu males yaa...hahaha

      Delete
  7. cici.... gila hebat banget... aku aja belom tentu mau dan sanggup kalo disuruh mendaki gitu hahahaha... hebat bisa mengibarkan bendera mamie funky hehehehe...

    tapi ga sia2 ya ci cape2 mendaki gitu... pemandangannya cakep banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. inih juga udah putus asa seno...kagak nyampe2 itu sesuatu lahh pokoknya. untung aja pemandangannya bagus..hahaha

      Delete
  8. Waks .. Capek banget rasanya. Padahal ga ikutan jalanin hahaha .. Tapi emang bagus banget ya. Toiletnya saja yang ga bagus hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa...kamu terpesona sama toiletnya yaa....

      Delete
  9. Wah keren yan... Yg paling keren ya bendera mamiefunky itu lho... Asli niat banget ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, itu niat bikin bendera buat motivasi Man, biar bisa sampe atas. Kalau kagak pake bendera mah, dari 10 menit jalan ke atas, pasti gua udah ngajak turun lagi lahh

      Delete
  10. aaahh si Alvin so sweet banget sich ci? dia ga malu ya ci nitipin note nya ke loe? Eeh tapi Alvin mah ga gentle ih..kok bukan sendiri yg ngibarin? wkwkwk

    gile gw sih ga bakalan sanggup deh ci naek2 gunung. beneran, ga bakal bisa gw..apalagi liat tracknya yang berpasir..bener kata loe, ga bisa maju2 wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. si Alvin kecapean fun.tapi untung kagak ikut deh, kalau kagak kita semua pasti kagak sampe atas, nganterin dia balik ke tenda pasti...dia juga gak tahan dingin anaknya...hahaha

      Delete
  11. Mamie hebat bgt.. haduh gw mah mgk gk sanggup deh mesti latihan dl minimal 6 bulan dah. Habis jalan trek nya seharian gt. Apa gak mabok! Tp gokil jg ketemu rombongan yg gk siap apa2. Masa makanan aja gk bawa... Tp ya sesama trekker hrs saling menolong jg krn daerah sana emg mistis kan niat n hati hrs slalu bersih gk bole yg jelek2 dsana.. Go mamie squad next ke giri laba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus latihan fisik dulu, kalau tiba2 langsung kesini rasanya berattttt lohh. hahaha, iya itu rombongan nekad...mungkin bawa sih, tapi stok udah abis...wkwkwkwk

      Delete
  12. Hebaaat, duh jadi pingin naik gunung lo
    Cuma kayaknya ga mimpi ke summit, ke pos2 sama tempat kemping aja hohoho
    Denger2 nih ya, di depan danau itu emang serem banget ciiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyyy..untung waktu kesini belom denger apa2..gak mau baca2 beritanya...jadi amannn tenteram. iya kalau ga sampe ke puncaknya, ke sekitarnya aja masih bagus2 lah view nya...

      Delete
  13. mamiee kita sama banget ya, kalo udah pose depan kamera jadi semangat, tapi pas disuruh jalan capeknya keluar lagi wkwkwk

    btw foto2 nya TOP BGT , keren bisa kuat naik gunung Rinjani dan foto yang ada tulisan "i love you from..." so sweet banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...iyahh herann bener deh, kalo liat kamera langsung seger...*udah narsis parah.nahh nanti titip tulisan "love from xxx mdpl sama cowomu, jangan sama mamanya yaa...hehehe

      Delete
  14. ciiiii.. aku antara takjub dan ngiler dengan foto-fotonya yang keren abis sekaligus ngakak baca kisah dibalik foto2 itu. you made my day ci! hahaahahah..

    salut juga sama ko ivan yang super bangett, niat abis motoin.

    oiya, itu si alvin romantis amat ye (dan maminya gaul abis sampe mau dimintain tolong anaknya), sempet2nya bikin kayak gitu. masih ada acaranya rayain jadian bulanan gak tuh? masi nodong cici tiap bulan gak? ahahhaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhaa...elu kan juga anak gunung tuh the...hayoo naekkk! bagus loh. Si Alvin masih konsisten lah, tiap bulan masih monthversary..hadeuhh *emaknya kudu sabar-sabar...wkwkwkwk

      Delete
  15. Gilakkk.. Asli keren banget dirimu cii.. Mau iri tapi sadar diri ga akan pernah sanggup naik gunung lagi kek jaman kuliah. Jadi ci Yan aja yang mendaki dan diriku menikmati sambil duduk ngemil dikantor ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduhh py...aku juga inih ga nyangka jalannya ber jam2..untung aja view nya bagus..hehehe, jadi masih terhibur dan lupa rasa capenya

      Delete
  16. Ciiii keren banget sihhh bisa sampe Rinjani!!! Salut deh! :D
    Fotonya keren2 banget lagi. Next gunung mana Ci? ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...behind the scene nya mahh penuh dengan keringat dan air mata darah ngel...wkwkwk, lebayyy banget dahh. Next masih lamaaaa ke gunungnya...mau lurusin kaki dulu..

      Delete
  17. Ci, lu telah membuat gue mules menahan kentut membaca kisah pendakian kedua ini. Ya ampun, lama banget kagak sampe-sampe, dan medannya berat banget. Untung lah lu selamat ci walaupun nggak sampe puncak utamanya, cincai lah... fotonya juga udah keren2 semua kok. Itu niatan bener luar biasa bikin spanduk. Memang juara cici kita yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untunglah gua kagak mules waktu di gunung le...kalau kagak mah cilaka butut dah mau cari semak2...Sebenernya justru kalau kagak ada spanduk ungu itu, gua pasti udah jalan turun lagi dari kapan tau dah..kagak bakal sampe ke atas juga...hahaha, bendera itu yang memotivasi gua le...

      Delete
  18. photo-photonya cakep habis kak

    ReplyDelete
  19. Pake kaos kaki 3 lapis gimana rasa nya ??? aku perna dan itu ngak nyaman banget.
    Btw anak2 meskipun ngak summit tapi aku acungin jempol dah sampai atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanyaaa? yahhh mirip kali seperti kalau pake cangcut 3 lapis....wkwkwkwk.
      makasih jempolnya cum...

      Delete