Friday, October 7, 2016

PONTIANAK SHORT TRIP

Ini cerita saat blusukan ke Pontianak beberapa bulan lalu, yang masih belum sempet diposting. Terakhir kali ke Pontianak ternyata udah 3 tahun lalu...( bisa baca disini : Pontianak Trip ).  Cepet amatt yaa waktunya berlalu. Nahh saat mau landing di bandara Pontianak, kita bakal nemu pemandangan sungai2 gede di bawah sana...yahh maklum yaa, fotografernya amatiran, jadi fotonya gak seindah fotografer handal.

Seinget gua, 3 taon lalu bandaranya belum dibangun seperti kayak gini, tapi bisa jadi waktu itu gua ga perhatiin, soalnya rata-rata bandara di luar pulau Jawa kan udah dibangun modern.
Terus, yang paling gua inget adalah tangki air di tengah kota ini, yang waktu gua kesini 3 taon lalu, warnanya ungu, sekarang cat nya udah berubah jadi kuning....*kagak penting sih. Tapi gua lagi ngetest memori gua aja....hahaha

BEST WESTERN KOTA BARU
Waktu itu nginepnya di hotel Best Western Kota Baru. Dan berhubung perginya lagi bulan puasa, di lobby nya segala ada bedugnya gede banget. Lupa perhatiin, bedugnya asli atau palsu. Juga ada beberapa lukisan yang dipajang disini. Entah lagi ada event apa.
 
Kamarnya kayak begini lah...
Ukurannya standard aja, gak terlalu luas. Lupa juga rate nya berapa waktu itu. Cuma numpang tidur dan dibayarin, gak peduli lagi deh...hehehe
  Restaurant tempat sarapannya sepiiii banget waktu itu, karena lagi puasa kan...
Apakah ini lambang kota Kalimantan Barat?

Nahh berhubung kesini kan buat urusan blusukan, tugas kenegaraan yang mulia...wewww, jadi tidak ada hiburan lain selain wisata kuliner. hehehe...*program penggendutan. Yahh gua sih makan sedikit, tapi pas diliat kok fotonya jadi banyak yahh? hihihihi. Abis gimana yaah, tiap hari kan mau makan, ada sarapan, makan siang, makan malam, dan cemilan pula. Kalau setiap kali semua difoto..yahh banyak lah. hahaha..*alesan aja.

NASI CAMPUR AKWANG
Kalau ke Ponti yah harus makan nasi campur ini lah. Walaupun di Jakarta udah banyak cabangnya, tapi kan beda ya kalau langsung makan di tempat asalnya. Gimanaa gituu....Yah gak gimana-gimana banget sih...hahaha. Tapi agak takjub juga ya, harga seporsinya sekitar Rp. 39.000 yang menurut gua yang gak punya pabrik duit ini mah tergolong mahal lah yaa. Kan hitungannya di daerah ...tapi harga udah sama aja kayak di Jakarta. Ck ck ck...pantesan yang punya resto ini mah cepet kaya, bisa cepet naek haji dah...hihihihi. Eh itu mah tukang bubur yaa...duhh maap deh, salah sinetron. wkwkwwk. Eh iya, rasanya sih enak lah, tidak diragukan lagi.

BAKMI KEPIITING OUKIE
 Di setiap daerah punya andalan bakmi masing2, Yang di Ponti ini salah satunya adalah Bakmi Kepiting Oukie. Harganya juga udah gak murah, semangkok gini sekitar Rp. 25.000. Whaatt!!! Di daerah sih hitungannya hebat banget ya bisa jual bakmi dengan harga mall gitu. Itu untuk yang ukuran mangkoknya kecil. Kalau yang ukuran mangkoknya gede, harganya sekitar Rp. 30 ribuan. Iyah tau...pake baso, pake irisan daging, dan tentunya pake kepiting, tapi kan cuma secuil doang...jadi hitungannya teteup mahal ahh....*anaknya pelit. hahaha. Terus rasanya gimana? Yahh gak terlalu istimewa banget sih, tapi masih kategori enak lah. *galau.

RESTAURANT GAJAHMADA
Kali ini naek kasta nih, nyobain makannya di restaurant Gajahmada yang mungkin satu2nya restaurant gede di kota Pontianak. Pindang patinnya bener2 menggoyang lidah...maknyuss! Rasa pedes, asem dan manisnya pas.
Hekeng gorengnya juga mantap kalii broh!
Sayurnya cah daun pakis dan mun tahu sebagai tambahannya. Rasa masakannya memang enak sih.
 
Dan sebagai penutup mulutnya adalah menu istimewa di resto ini yaitu kue ounie yang terbuat dari talas dan disiram air gula sehingga rasanya manis2 seperti makan onde. Not my type sih yang manis2 begini...*karena saya udah manisss kakak! hahaha...minta dirajam massa. Dan oooo oowww, harganya yang bikin sedikit kaget...segini klo ga salah dibandrol Rp. 190.000 aja! Whattt?!! Apahhh?!!  *Kok disini gua jadi gampang jantungan yaaaa? hihihihi....abisnya kok mahal banget. Gua yang dari kota, pergi ke daerah begini jadi rada-rada serem liat harga makanan disini. wkwkwk.

PISANG GORENG SRIKAYA
Nahh kalau yang ini sih murah meriah dan rasanya udah pasti maknyuss! Pisang goreng yang dikasih selai sarikaya. Lumer di lidah....Makannya lagi anget2...wiiihhh, mertua lewat juga gak keliatan! *Lebayy...
Tuhh gorengnya di kuali yang guedeee banget. Hmmm...cuma ngeri gak sih liat minyaknya? hahaha

TART SUSU
Kue yang sempet gua cobain adalah tart susu. Rasanya sih biasa aja....hehehe. Harganya juga masih terjangkau kok...cuma lupa berapa...*tiba-tiba amensia.

ESKRIM ANGI
Pas panas-panas enaknya makan eskrim. Nah di Pontianak ada yang jual es puter yang ramenya setengah mati. Kebetulan letaknya di depan sekolahan, jadi tempat nongkrong anak2 sekolah plus ibu2 yang nganterin sekolah juga ya. Menurut gua rasanya biasa aja sih, cuma penyajiannya pake batok kelapa gitu yang sekarang lagi kekinian. Lupa harganya berapa, tapi masih terjangkau lah.

BAKCANG PONTI
Kebetulan pas kesini lagi hari raya Pecun, hari makan bakcang. Jadilah dipesenin bakcang home made.
Nah seperti inilah bakcang asli orang Ponti. Isinya klo ga salah kacang merah, kentang dan daging. Enak juga rasanya, tapi kalau gua makannya harus pake sambel, biar ada pedes2 sedikit.

CHE HUN TIAU
Nah kalau yang namanya aneh2, langsung penasaran deh. Saat kesini, rame juga pengunjungnya. Padahal jualannya di gerobak pinggir jalan aja.
Gua lupa, apakah ini es kacang merah atau che hun tiau nya...Harganya murah sekitar Rp. 3000 kalau gak salah. Rasanya enak juga. Apalagi makannya pas cuaca lagi panas2 gitu...jadi seger dah.

GEREJA KATEDRAL SANTO YOSEPH
Kunjungan kali ini sempet juga ke Gereja Katedral yang ada di kota ini, namanya Santo Yoseph.. Tampak depannya....megah juga yaa.
Bagus yaaa ...serasa lagi di Eropah.....*lebay! Yahhh, saking kagak ada tempat lain, harap maklum deh kalau pengen narsis disini...hahaha
Pintu gerbangnya dan pilar-pilarnya keren...
Jadi pengen ngedeprok disini dehh...
Di depan sini ada gambar2 para santo dalam ukuran raksasa.....
Di pinggir bangunan ada lorong untuk jalan mengelilingi bangunan gereja....
Ada gua Maria nya di bagian luar....
Kita masuk dari pintu samping gereja....kalau liat ke arah pintu masuk depannya kayak gini lah...
Dengan mozaik2 kaca di sebelah kiri dan kanan pintu masuk...
Gambarnya juga adalah santo santo ...keren sih menurut gua.
Dan di atas meja altarnya, kubahnya tinggi banget berbentuk bulat. Cakepp yaa
Rasanya gua baru nemu gereja sekeren ini deh...*maklum jarang ke gereja...hahaha
Di dalam gereja ada patung2nya seperti kayak gini  :  patung Tuhan Yesus ...
  Patung Bunda Maria nya kayak gini...
Di bagian depan sebelah altar ada lagi patungnya kayak gini...
 
Terus lukisan raksasa juga ada di salah satu dinding gereja...pokoknya bagus-bagus lah...
Yahhh begitulah "oleh-oleh" dari Pontianak.Harusnya ada banyak lagi nih. Pokoknya di Pontianak sih makanannya enak2 lah, cocok di lidah. Itu aja masih ada lagi yang gua cobain, kayak kwetiau arang dan juhi cumi basah. Cuma lupa difoto, keburu dimasukin mulut. hahaha. Tapi sayang banget, gak bisa makan choipan nya karena tutup pas bulan puasa ini. Terus gak keburu juga mau makan kwecap. hahaha...*kurang lama nihh, kudu balik lagi sepertinya.
Oke deh...sampe ketemu di edisi blusukan ke kota lainnya. Babayyy ...Ciaobella!

20 comments:

  1. makanan nya kayanya enak-enak yah Ci.. Tapi harus cek harga dulu kali yah daripada ikutan jantungan. hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanannya cocok di lidah rie..cuma harganya dah mirip2 jkt ...

      Delete
  2. Pindang patin sama Pisang gorengnya bikin ngeceess....muahahahaa...

    si cici inget aja itu tangki air 3 tahun lalu warnanya apa...mantepp...hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang gorengnya emang enak bgt nat...klo anget2 bisa nyomot terus tuh. Tangki air ada fotonya 3 thn lalu...jadi inget

      Delete
  3. wah kampung halamanku....
    walaupun baru mudik bulan mei lalu tapi liat foto makanannya asli ngiler ngeces nih..


    emang harga makanan di ponti mahal2 yan.
    sekolah jg mahal2 bok.
    kyknya ekonomi orang ponti lebih bagus dari jakarta hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh iya ini kampung halamanmu ya...hebat deh harga makanan disini udah mirip jkt

      Delete
  4. Haduh itu foto-foto makanannyaa!! Aku penasaran sama mie kepitingnya nih jadinya, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mie kepiting nya oke juga ko...*bikin tambah penasaran

      Delete
  5. Replies
    1. ke tanjung duren aja do...tapi gak pake selai srikaya disitu mah

      Delete
  6. Wah seru ya mamie_fungky liburan di Pontianak, aq izin save photonya yang di gereja katedral (maklum, belum ada koleksi photo disana), oya karena aq juga baru belajar nulis di blog, jadi jangan lupa jalan-jalan ke sini ya mamie_fungky http://rentalmobilpontianak.my.id/pontianak-kota-wisata-paling-menarik-di-indonesia/
    , aq cerita soal ptk dan ada cerita pisang goreng crispy terenak se Pontianak pas diseberang jalan restoran gajahmada yang di cerita diatas makanannya enak dan paket harganya Rp.190.000,-. Pisang Goreng Crispy Viva Cafe namanya, wajib dicoba kalo ke Pontianak lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok deh...nanti klo kesana mau cobain pisangnya

      Delete
  7. liat nasi campurnya ngiler pake bangettt!!!

    ReplyDelete
  8. ci....makanannya bikin ngiler2 semua... hahahaha...

    ReplyDelete
  9. Kalimantan kayaknya emang pada mahal2 ya ci, waktu itu temen ke Banjar juga bilangnya mahal disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh kali ya py, nyebrang lautan ongkosnya mahal...hehehe

      Delete
  10. Baru baca dan makin kangen sama kampung halaman hahaha.. Harga makanan di Ponti memang sudah hampir sama dengan harga makanan di Jakarta ci cuma apa daya, "haram" hukumnya kalau engga wiskul pas pulkam haha. Tangki air itu memang suka berubah warna ci. Kalau nasi campur, saya lebih suka nasi campur Afu daripada Akwang. Dulu ada nasi campur Alu tapi sudah closed and move ke Jakarta, di wilayah Mabes kalau ga salah. Kalau soal resto sekarang sudah ada beberapa yang sama gedenya dengan Gajahmada tapi masakan di Gajahmada memang terkenal enak. Kalau si Angi itu memang dari jaman dulu penyajiannya selalu pakai batok kelapa atau gelas kecil. Aduh si cici, Februari masih 2 bulanan ni , moga-moga pas pulang semuanya pada buka ya haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh ini warga ponti aseli nongol. Hehehe. Yah mudah2an pas nti pulkam semua kulinernya masih ada ya wien....

      Delete