Wednesday, October 19, 2016

SEMARANG SELAYANG PANDANG

Gelombang blusukan semakin deras belakangan ini. Permintaan roadshow semakin banyak...prett! Tiap minggu udah harus siap gerek koper. Yahh beginilah nasib kuli angkut, harus siap kapan aja mau terjun bebas ke daerah2 rawan gempa rawan banjir rawan marabahaya. Halahhh...makanya jangan pada suka ngiri dunk sama ekeh, ekeh mah apa atuhh da, cuma remahan rengginang doang. Kerjanya mondar mandir cuma buat ngumpulin butiran debu....eh butiran intan berlian ding. Eh tapi tapi.....ekeh gak suka juga sama intan berlian, soalnya bingung simpen dimana. wkwkwk ...Kumpulin apa atuhh ya enaknya? Kumpulin foto aja dah yaa...sekalian kumpulin lemak. Soalnya tiap blusukan udah pasti ada acara hura-hura party all night long makan-makannya. Yahh eyah lah, apa lagi hiburannya dongg? Daripada stress jauh dari orang rumah, yah pelariannya ke wiskul aja dah ya...That's why I wanna say goodbye to diet...Babayy! hahaha....*cubitin lemak di perut. Ahh gagal maning...gagal maning dietnya. Let it go aja dah yaa. *curcol kepanjangan.


Balik ke Semarang......ke Semarang sih emang udah beberapa kali yaa, jadi tentunya udah cukup hapal lah kulinernya yang udah mainstream ituh ...*sotoy. Kan biasa orang kesini nyari nya kayak lumpia, nasi ayam, nasi pecel, bandeng presto. Kalau gua tidak berusaha mencari sih, wong emang butuh makan selama disini. Cuma karena pengen cobain yang beda aja, jadi nemu deh beberapa tempat makan yang lumayan enak dan cucok deh jadi referensi kalau mau ke Semarang. #kulinersemarang #makandisemarang

MBOK DE
Salah satu tempat makan yang gua mampirin adalah Mbok De. Kalau gak salah di Jalan Erlangga
Tapi karena pas makan disini pas kondisi lagi agak error, lhaaa makanannya kagak difoto. hahaha. Jadi pegimana mau review makanannya yaa? Yang gua inget, gua pesen nasi paket ayam goreng gitu lah. Rasanya biasa aja gak istimewa. Nahh palingan yang unik adalah patung yang ada di depan pintu masuknya aja nih. Mengingatkan daku kepada siapaa yaaa? *berpikir keras. Hmmm....inget sinetron Kanjeung Mamih?

TAHU GIMBAL MAS ARIS 
Nah kalau yang satu ini lidah gua cocok banget nih. Nama tempat makannya Lontong Tahu Blora Mas Aris...*sesuai spanduk.
 
Tempatnya selalu rame, kalau kesini pas malem dikit udah kehabisan deh.
 Nahh ini kesukaan gua....namanya tahu gimbal. Isinya tuh ada lontong, toge, tahu dan gimbalnya itu adalah semacam bakwan udang gitu deh yang semuanya disiram bumbu kacang. Enak lah pokoknya. Gua aja sampe balik lagi kesini. Harganya ekonomis kok, satu porsinya Rp. 16.000 dan lumayan kenyang lah makan sepiring tahu gimbal.

TOKO OEN
Tempat makan yang udah cukup legendaris di kota Semarang adalah Toko Oen. Penampakan gedungnya yang ke belanda belanda an....halaahhh *susah yaa ngejelasinnya.
Kayak gini lah suasana di dalamnya...
 
Jejeran etalase yang berisi kue dan roti jaman dulu.
Nama kue nya aja unik banget : Ganjel Rel....hmmmm, mungkin bentuknya yang mirip ganjelan rel kali yaa? Emang ganjelan rel kayak gini *entahlah....hahaha. Sayang sekali, karena keterbatasan perut, gua ga sempet cobain nih. Lain kali mau ah cobain...penasaran sama rasanya.
Pas kesini padahal udah lewat jam makan malam loh...tapi masih rame aja pengunjungnya.
Gua sih cobain eskrim nya yang katanya rekomended...hmmm, lumayan lah rasanya. Lupa harganya berapa, sepertinya sekitar Rp. 30.000 an deh.
Dan ini poferstjes nya enakkk. Gua baru pertama kali makan beginian, ternyata enak ya. *norak yah. Harganya juga lupa....*halahhh..Lumayan kenyang lah makan segini juga.
Saat kesini, si Toko Oen lagi anniversary yang ke 80, jadi ada beberapa rangkaian bunga dan ucapan selamat di meja sebelah gua.
Nah tuh, di dindingnya juga dipasang kayak spanduk gede2 dengan tulisan 80 th Toko Oen...Wihhh seumuran sama nenek gua nih berarti....hahaha.
Ini view dari dalam ke arah pintu masuknya...
Ada satu ruangan yang lantainya kotak-kotak hitam putih kayak papan catur. Lucu juga yaa..Suasananya sih asik juga buat jadi tempat nongkrong dan kongkow2 disini.

ASEM-ASEM KOH LIM
Satu lagi makanan khas Semarang adalah asem-asem Koh Lim. Bentuknya seperti sayur semur daging berkuah coklat, tapi rasa kuahnya asem2 dan pedes. Enakk dah....apalagi kalau hujan2 makannya.
Nah di meja nya itu banyak banget cemilan dan pelengkap makan nasinya...bikin lapar mata aja...

SATE BABI KELENGAN
Kalau ke Semarang penasaran dengan sate babi nya. Nah kebetulan deket kantor gua ada satu tempat makan sate babi yang katanya enak. Ya udah disamperin lah biar gak penasaran lagi...namanya RM.Kelengan.
Nihh baru aja mateng dibakar....
Dikasih bumbu kecap dan cabe sesuai selera...Kecap manisnya ini katanya cuma ada di Semarang, jadi tentu aja rasanya gak bakal ada di tempat lain. Enakkkkk! Gua suka banget nih. Dengan harga Rp. 3000/tusuk sih masih murah lah yaa.

ES BERINGIN
Kalau lagi kepanasan dan pengen makan yang adem-adem, mampir aja ke Es Beringin. Di dalam esnya itu ada campuran lichee, puding susu, kelapa muda dan yang merah2 itu gua lupa banget...semangka atau apa yaa? *gileee amnesia mendadak. Harga nya satu porsi kalau gak salah Rp. 12.000 dah...

BAKMI HAPKIE
Udah beberapa kali ke Semarang, tapi belum pernah makan bakmi disini. Bukan yang sejenis bakmi godog jawa gitu ya. Tapi bakmi ayam atau bakmi babi yang bener2 bakmi gitu lohh...*susah ihh jelasinnya. hahaha. Nahh akhirnya kali ini kesempetan deh nyobain bakmi Hapkie. Pesen yang komplit, isinya bener-bener penuh dah semangkok, ada pangsit, ada bakso dan ada ngohiangnya. Rasanya enak. Harga seporsinya kalau gak salah Rp. 25.000

SWIKE PURWODADI
Satu lagi makanan di Semarang yang gua suka adalah swike Purwodadi. Udah pada tau kan? Isinya adalah daging kodok. Wihh, kuahnya maknyus dah rasanya pedes2 campuran jahe, bawang putih dan kecap manis.
Yang juga maknyuss adalah kodok goreng tepungnya. apalagi kalau daging kodoknya gede2....wihhhh, mantap banget dah.

KOENO KOENI
Kalau yang ini adalah resto dari group Sidomuncul yang mengusung Indonesian food dan dari namanya aja juga konsepnya udah jelas yaa terlihat dari design dan interior restonya yang penuh dengan koleksi barang-barang antik. Pengunjungnya yang satu ini juga orang antik nih ....*patut dilestarikan....hehehe
Namanya Koeno Koeni , kalau ditulis dalam huruf kanji emangnya jadi seperti yang di pintu itu tuh? *gak tau juga sih...nebak aja.
 
 Di bagian depan setelah pintu masuk, ada bangku kayu gede. Buat duduk tohh? Jadi ya udah, saya duduk lah disini.
Ehh, ternyata si Koeno Koeni ikut kekinian juga ...ada akun IG nya nih...folbek ya sis! broh!
Nahh ini ruangan indoor nya....ada gebyok di pojokan sana.
Gua pilih duduk di pojokan, yang deket barang-barang antik....kan kumpul sesama komunitas antik. wkwkwk...
Itu ada rantang susun yang warnanya tosca..lucuk! *untung kagak ilang pas gua duduk disini. Kalau hilang, udah jelas kan tersangkanya siapah? hihihii. Di lemarinya penuh dengan kamera jadul berbagai merk.
Di lemari sebelah sini malahan ada model2 radio jadul berbagai macam warna...sampe ada yang warna pink. Ck ck ck....hebat ya ngumpulin beginian.
Nah ini contoh menu yang dijual disini...Di halaman depan-depan dari buku menu sih jualannya western food, dari steak, spagetti dll. Hmm....tergolong mahal sih kalau macam nasi langgi aja dihargai Rp. 43k.
Dan di buku menunya itu terselip "pesan sponsor" bahwa resto ini sebagai the best antique resto dan resto dengan pelayanan excellent...*eh bener gak terjemahan gua?
 

Yahh oke sih pelayanannya. Gimana kagak oke? Sebelum pesan menu aja, kita udah dihidangkan dengan segelas jamu dan keripik singkong yang bisa refill. Asik kann!
Dan gua tergoda buat pesen sorbet nya yang ditandain jempol di buku menunya. Eh ternyata emang enak banget loh rasanya, kombinasi rasa mangga yang manis dan kiwi yang asem2 seger Harganya Rp. 31k
Yang ini namanya nasi babat Gongso. Harganya Rp. 39k. Yah karena gua gak doyan jeroan babat kikil apalah apalah itu....yah gua bilang rasanya biasa aja.
Gongso itu sepertinya jenis masakannya..dibumbuin gongso gitu kali ya maksudnya..
Karena gua bingung mau makan apa disini....gua pilih sayur asem dan empal gepuk. Halahhh....jauh2 ke Semarang makannya sayur asem! Masak aja sendiri...wkwkwk. Habisnya bingung, masa kesini pilih makan steak atau spagetti sih? Di Jakarta juga banyak kaliii....Segini Rp. 31k.
Untung aja rasa sayur asemnya enak walaupun penampilannya pucat agak meragukan...hehehe....asem pedes nya pas. Kalau kagak enak sih keterlaluan ya. Cuma empalnya aja yang menurut gua biasa banget, dan  ternyata empal nya empal kering gitu, kayak dendeng jadinya. Ahhh jadi rancu antara empal gepuk sama dendeng.
 Untung juga resto ini punya interior bagus dan punya spot2 bagus buat foto2...jadi gua terhibur dehh...hehehehe.
 
   Di bagian semi outdoor nya yang berbentuk rumah joglo itu, semuanya bernuansa kayu...
Nahh di belakang gua itu ada motor gandeng jadul deh...macam di film2 perang itu.

Beginilah tampilan rumah joglonya si resto Koeno Koeni dari arah tempat parkir di belakang.

 Oh iya, karena lokasi restonya di daerah Candi yang agak tinggi, maka dari tempat parkirannya kita bisa melihat pemandangan ke arah kota dengan lampu2 di belakang sana.

 
QUEST HOTEL
Selama di Semarang, gua nginep di Quest Hotel di Jalan Plampitan sekitar chinatown nya Semarang. Beginilah tampilan lobby nya.
Lobby nya gak terlalu luas, ada sofa untuk duduk2 disini.
Dan inilah kamarnya...tergolong sempit ya. Rate nya sekitar Rp. 375 rb an.
Tuh ruangannya cuma segini doang...hahaha. Kebayang kalau diisi ber 4 sama pasukan mamie funky mah udah pasti padat merayap lah...
Kamar mandi nya berukuran sedang....
Pilihan makanannya di resto waktu sarapan...
Resto tempat sarapannya ada yang indoor , ada juga area outdoor nya.
Sofa nya ungu-ungu nih...
Cukup beragam sih pilihan makanannya....lumayan lah untuk sarapan dengan harga kamarnya yang ekonomis.

HOTEL HORISON
Kali yang kedua, gua nginep di Hotel Horison daerah Simpang Lima, hotel yang udah lumayan lama. Lobby nya aja sempit banget, belum direnovasi juga hotel ini ya.
Dari meja receptionist langsung lorong ke tempat sofa dan lift.
Lumayan deh disini ada wedang jahe untuk pengunjung hotel.
Kamarnya masih jadul ya perabotannya. Kemaren rate sekitar Rp. 585 rb.
Tempat tidurnya masih yang model kayu begitu, jadi kalau ditidurin pake acara bunyi kreyot2. hahaha Kasurnya juga kagak membal.....kasur jadul.
Kamar mandinya kayak gini deh...masih ada bathtub nya.
Dari dulu yang terkenal adalah sarapan pagi di hotel Horison. Tapi sekarang rasanya udah biasa aja ya. Buburnya aja gak ada rasanya nih....*kecewa.
Dimsumnya masih ada, somaynya gak seenak dulu, kulitnya agak tebel. Terus ceker ayamnya juga agak asin. Yahh gitu deh...*mungkin chef nya ganti nih.

KUE LAPIS BRILLIAN 
Penasaran aja mau cobain kue lapis ini yang katanya jadi oleh2 khas Semarang....liat tokonya unik banget nih,  kayak istana...hahaha. 
Iyah, namanya aja Istana Brillian......keren yaa, jual kue lapis aja sampe kayak gini tokonya.
Nahh, kayak gini lah kue lapisnya...tampilannya kayak kue lapis surabaya, tapi ini lebih padat dan kurang moist menurut gua. Rasanya yah biasa aja....hehehe. Segini Rp. 125k...tergolong mahal ya.

BANDENG JUWANA
Yang udah biasa ditenteng kalo pulang dari Semarang apalagi kalo bukan bandeng. Gua pilih yang merk Juwana, karena dari dulu suka yang ini. Memang banyak banget sih merk2 lain, tapi udah cobain beberapa, seleranya cocok sama si Juwana. Di Juwana sendiri pilihan rasanya macem2, gua pilih yang original.

TAHU BAXO IBU PUDJI
Nahh, baru dikasih tau temen gua nih...ada lagi oleh2 lainnya yang kagak biasa....yaitu tahu baxo Ibu Pudji...Satu kotak yang non goreng dihargai Rp. 33k. Lumayan enak sih rasanya. Satu dus isi 10 bh.
Selain wiskul,  juga sempet reunian sama temen SMP gua yang tinggal disini. Ahh gilaa yaaa....setelah 30 tahunan berpisah, baru kali ini ketemu lagi ( sama yang baju merah sih, kalau yang belang2 mah udah beberapa kali ketemu ). Semua udah pada berubah....hahaha *tambah tua pastinya.Dan lucunya, itu temen cowo gua berdua udah pada amnesia, tidak mengenali satu sama lain. halahhh! Berarti memori gua masih bagus dong...masih ngenalin mereka.
Yahhh begitulah "hasil" blusukan selama di Semarang. Selain perut kenyang, hati pun senang ketemu teman masa kecil. Okayy, masih ada beberapa roadshow lagi nih. Apa ada yang tinggal di kota2 lainnya yang bakal gua kunjungin? Yukk meet up.....hehehe
Sampai ketemu lagi di  edisi blusukan lainnya...Babay Ciaobella!

32 comments:

  1. Horison udh jd hotel jadul skrg ya. Dulu pas gw masih sering ke semarang, Horison itu baru dan bagus. Hehehe. Gw suka kalo nginep disana. Dan iya dulu bfast nya enak.hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya man...udah jadul dibandingin hotel2 baru yang minimalis

      Delete
  2. Kulineran nya seru Ci
    Itu hotelnya termasuk murah ya
    Kue Ganjel Rel itu sama kaya Kue Gambang di Jakarta ya Ci? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya beda deh ka....yang ini kayak bolu gitu...*tapi gak tau juga sih...hahaha

      Delete
  3. Sering ke Semarang tapi belum semua kulinernya di cobain.. bahkan bukan sering ke semarang, tapi saya memang asli orang semarang mbak.. hehe..
    Masakannya mantep2 lah disana..

    ReplyDelete
  4. wah.. alternatif lain kalau ke semarang nih ci..
    aq baru pernah ke toko oen, asem - asem koh lim, koeno koeni, Quest hotel, bandeng juwana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fen, sekarang malahan banyak cafe2 kayak di bandung gitu...jadi yang tradisionalnya kesaingan deh

      Delete
  5. aduhh aku iri sama cc makan melulu tapi badannya masih singset ajaa....hahahaa
    makanannya enak enak banget keliatannya...

    btw ci sendal yg cc pake setia banget nemenin kemanapun cc pergi, nyaman banget kynya..hehe #salahfokus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadeuhh...abis makan langsung lari2 ngejar bis nat...wkwkwkwk, biar ga jadi lemak. Iya itu sendal setia yang menemani saat kuku masih cantengan...

      Delete
  6. Cici..enak banget kerja jalan jalan mulu...kantornya buka lowongan ga ? Aku mau...haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf...belum ada lowongan...wkwkwkwk. Jangan liat enaknya bertha....di balik layar nya penuh dengan cucuran darah...hiyyyy

      Delete
  7. ci... tiap mampir kesini koq isinya jalan2 semua hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...begini lah cerminan nasib kuli mondar mandir mel...

      Delete
  8. astaga makanan lg... wkwkwk...
    gw pernah makan tahu bakso kayak di atas dari boss... enak bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah do...ajang koleksi selera nusantara jadinya ya...wkwkwk. emang enak tuh bakso tahunya...

      Delete
  9. aaahh kangen semarang. gw pernah tuh nginep di quest hotel. masih sama persis kaya dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik juga rie ke semarang, kulinernya banyak...hehehe

      Delete
  10. Foto-foto makanannya mantaaaap!!!

    Ah, sudah lama nih nggak ke Semarang!! Hahahaa :D Semarang memang makanannya oke-oke ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banyak yaa kuliner Semarang ko..

      Delete
  11. Penasaran dengan kue ganjel relnya, beneran pengen banget nyoba :)

    ReplyDelete
  12. Mamieeeee ... aku mau di ajak roadshow doang, kamu eksis banget tiap minggu kelayapan, aku ngiri liat IG nya ihik ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumput tetangga lebih ijo cum...akuh juga sirik kamuh dan groupies mu ke tempat2 heits abis, sementara akuhh mahh kerjaa..hiks

      Delete
  13. Ci berapa hari di Semarang wisata kulinernya niat bener *ngakak guling2* wkakaka. Ah aku ngiler sama bumbu satenya~ bumbunya ajah :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuma 2 hari doang....hahaha, niat banget yaa...

      Delete
  14. Itu asem2 menggoda banget, btw tahu gimbal nya kok pake toge yaaa ??? kayak pecel aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahu gimbalnya kayak ketoprak ya...tapi rasanya enakan ini...

      Delete
  15. ahhhh.. Jadi kangen tahu gimbal dehh..huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jakarta kagak ada ya? Iyah klo kepengen masa kudu ke smg ya??

      Delete