Saturday, January 20, 2018

JALAN-JALAN KE KOREA SELATAN ( TEDDY BEAR FARM , H 1 SKI RESORT & DMZ )

Okay, cerita Korea trip nya kita lanjutin lagi yaaa...
Buat yang belom baca part 1 nya, silakan klik disini :  Korea Trip Part 1 biar gak kudet...hehehe.
Jadi ceritanya, karena rombongan kita gak bisa naek cable car untuk menuju ke Gwongeumsung Fortress yang ada di Mount Seorak National Park akibat angin kencang, maka acara tour nya dialihkan ke Teddy Bear Farm yang sebenernya gak ada di itinerarynya. Yahh lumayan lah, sebagai pelipur lara yaa...lagi pula kita kan jadi merasa beruntung bisa ada kesempatan masuk ke Teddy Bear Farm. Nanti ada yang tanya : ke Korea sempet ke Teddy Bear Farm nya gak? Kalo jawabnya : wahh gak sempet, gak ada jadwalnya tuh! Pasti bakal ngerasa nyesel dehh....kepengen balik lagi pasti! hahaha..kalo sekarang bisa masuk ke sini, anggap aja bonus deh....
Pas nyampe sana, di halamannya aja udah lucu gini sign nya :
 Di pintu masuknya juga lucu gambarnya...
Dan beginilah kira2 gedung nya...
Tapi mungkin perasaan senang dan beruntung itu cuma dirasakan cewe2 atau mamud2 ( mami2 muda ) macam gua ini yang suka sama Teddy bear ya. Kalo cowok2 atau bapak2 sih rasanya bakal bosen atau emoh kali kesini...
Yah karena memang di dalam sini bakal ketemu boneka2 Teddy bear dalam berbagai gaya, berbagai ukuran, berbagai thema...
Gemesss lah pokoknya!
Eits, tapi itu pendapat gua doang yaa. Kenyataannya mah, banyak juga cowok2 dan bapak2 e dari rombongan kita itu pada narsis2 juga di mari.. entah karena udah pasrah adanya si Teddy bear doang yang bisa difoto2 disini, atau karena memang suka juga. Yahh terserah aja lah....gua gak pusingin mereka, karena gua juga sibuk berfoto ria disini..hahhaaha
Ceritanya ini buku berisi sejarah Teddy bear....tapi siapa yang bisa bacanya tulisannya keriting2 gitu?
Duhh gua suka banget sama bear yang pake baju adat Korea ini...jadi ciri khas kalo ini lagi di Korea.
Ini juga lucu thema winter gitu, ada snowman nya segala..
Yang ini juga lucu menggemaskan....jadi inget si Alvin...wkwkwkwk!
Nah yang ini rajanya Teddy bear...gede banget satu pintu gitu...
Yang ini ceritanya beruang yang di Mt. Seorak....beruang gunung...
Ada sign nya lagi di lantai...
Hmm...kok ada big owl disini ya?
Yang putih ini lucu juga....semua lucu2 dehh...
Mana tahan untuk gak berfoto ria di dalam sini?
Tiap-tiap bagian ada themanya tersendiri...
Masalahnya kita cuma dikasih waktu 30 menit aja di dalam sini...
Jadi cukup gak cukup waktunya, semua udah harus berkumpul ke bis....sempetin dulu foto bareng tour guide lokalnya yang orang Korea asli tapi pernah tinggal 6 tahun di Jakarta, sehingga bahasa Indonesia nya tergolong bagus dan becandaannya juga kekinian lah.
Pokoknya seneng juga bisa mampir ke Teddy Bear Farm ini walaupun cuma sebentar doang. Yahhh eyah lah, kalo lama2 juga bisa bosen kali....
Setelah itu kita lanjutin makan siang. Menunya siang ini adalah ikan...dan gua lupa tanya ini ikan apa..hahaha. Sepertinya ikan udah diasap gitu dan dibakar untuk dipanasin. Side dish nya teuteup ada kimchi, toge, acar lobak dan kentang.
Yang di kompor ini adalah tahu....rasanya kayak mun tahu gitu...
Rasa ikannya lumayan enak sih...kalo gua sih harus makan pake sambel saos gitu buat penambah rasa.
Setelah makan siang, barulah kita diajak ke ski resort. Tentunya perjalanan menuju resort itu melalui jalan pegunungan yang berkelok kelok dan bis nya terguncang2 karena jalanan bersalju. Yang ada kita jadi merasa sedikit mual karena kenyang juga abis makan ikan pula. Malahan ada yang muntah segala. Hadeuhhh...
Nahh sebelum sampe di ski resortnya, kita diajak mampir ke sebuah toko yang nyewain baju ski yang terdiri dari celana dan jaket khusus ski. Rombongan kita dikasih sewa baju ski gratis karena udah include dalam biaya tournya. Tapiiii.....ada tapinya nih. Kita semua diwajibkan membeli sarung tangan khusus untuk ski yang harganya 15.000 won ( kali Rp. 12,7 aja kakak! sekitar Rp. Rp. 190.000 ). Kata guide nya, kalo kita gak beli sarung tangan, kita gak boleh masuk ke area ski nya. Wahhh mau gak mau harus beli lahh ini karena kita semua excited banget kan kepengen foto2 di area ski walaupun yang cewe2 rata2 gak niat mau maen ski, cuma mau foto gaya-gaya doang...hadeuhh! Teteup aja harus modal dulu ini sih. Jadilah rombongan kita yang sekitar seratus dua puluhan orang itu menyerbu tempat sarung tangan berada. Sarung tangannya ada ukurannya dan terdapat berbagai macam warna. Bikin tambah ribet deh karena pada galau mau warna apa buat matching in sama kostum nya. halahhh! Rempong kali kita ini...hahaha, tapi seru sih! Beruntung deh gua dapet baju ski nya warna yang beda sendiri dari rombongan, celana merah dan jaket abu2 garis merah. Keren kannn! Terus masing2 orang dapet satu kantong plastik besar untuk nanti kembalikan baju ski nya ini ( karena kemungkinan kan basah kena salju ).
Akhirnya setelah semua dapet baju ski nya, barulah bis nya jalan lagi menuju ke ski resort nya. Ini di depan gerbang masuk ke dalam gedung ski area...
Nahh kayak gini lahh  gedungnya...foto di ambil dari area ski di dalam...
Wohooo....baru dahh ketemu salju lagii disini....Biarpun dingin, tapi kalau gak ada angin yang bertiup, masih oke lah bisa tahan dinginnya...
Malahan pake acara pose duduk-duduk di salju...hahahaha
Di area ini adalah terminal untuk orang sesudah meluncur dari atas bukit....
Di tempat yang landai ini banyak para pemula yang belajar meluncur...
Kalo yang udah ahli sih bisa naek gondola ke atas sana...nanti baru meluncur ke bawah...
Tempat meluncurnya yah di atas bukit di belakang sana.....wahh asik juga yaa kalo udah bisa maen ski....
 Oh iya, papan ski ini juga gratis dipinjamin untuk rombongan kita, tapi yang cewe2 milih cuma pinjem buat foto2 doang. Liat dong gaya gua udah cukup meyakinkan blom? Beneran nihh bisa meluncur...hahaha
Yeayyy....lulus meluncur dengan mulus...( tapi bo'ong )....hahaha. Males banget harus copotin sepatu dan pake sepatu ski itu....aseli ribet!
Belom lagi harus gotong2 papan ski nya yang ternyata berat bo!
Nihh dia sarung tangan yang baru beli tadi...halahhh padahal mah kagak ada petugas yang periksa2 kok, sebenernya mungkin boleh2 aja pake sarung tangan bawa sendiri, selama tahan dinginnya. Ya kalii....
Padahal udah pesen sama si fotografer nya mau gaya lempar salju ke atas...eh saljunya keburu pada jatoh kurang dramatis deh keliatannya...hahaha...
Mommy gangsta.....tuh yang laen kostumnya hitam biru gitu, untung aja gua dapet yang merah...Ini rombongan emak2 yang kagak mau maen ski, alhasil semua tas dibawa selalu gak mau dititipin ke loker...hahaha! Ketauan bo'ong dah..mana ada orang maen ski bawa2 tas begini...
Disini ada juga snowboard nya....
Di dalam gedung ini lengkap fasilitasnya, ada foodcourt dan coffee bar gitu. View dari dalam gedung ke arah area ski kayak begini deh....
Pantesan di area ski nya gak terlihat rame...ternyata banyak yang antri mau naek gondola...
Liat aja antriannya sampe kayak gitu..panjang banget. Memang seru sih yaa kalo udah bisa maen ski pasti maunya meluncur dengan track yang panjang....
Ahhh akhirnya acara ski ski an selesai deh. Setelah mengembalikan baju ski nya ke tempat rentalnya tadi, kita lanjutin jalan lagi buat makan malam. Kali ini kita makan yakiniku yang rasanya maknyus banget habis kena dingin2, langsung makan yang hangat2 begini. Mantappp banget deh..Musim dingin gini perut memang harus diisi agak banyak, biar gak masuk angin....*alibi.
Abis makan kita langsung cek in ke Kang Won Land Hotel Resort.
Lobbynya gede banget...katanya sih bintang lima nih hotelnya. Mantap kann...
Meja recepcionist nya juga panjang banget...
Pokoknya lobby nya gede banget dehhh...mau cari lift nya keburu cape duluan ini sih...
Syukur deh malam ini kita bisa nginep di hotel nya yang bagus...tapi sayang cuma semalem doang. Besok juga udah harus cek out lagi..
Ini lorong menuju ke kamar...lantainya berkarpet gitu jadi agak susah ya kalo mau dorong atau gerek koper..hadeuhh!
Area depan lift nya luas banget..
Dan beginilah kamarnya...lumayan luas juga...
Kasur dan bantalnya empuk...nyaman banget dehh tidurnya.
Kamar mandinya ada bath tub nya...tapi udara dingin begini mana kepengen berendem2 ya walopun aer panas....teuteup aja sesudahnya bakal berasa dingin banget...
Perlengkapan mandinya lumayan lengkap
Lemarinya juga berisi perlengkapan yang komplit macam payung, jas mandi, sendal, brankas, laundry bag. Terus anehnya hotel2 di Korea ini,  kita dipesen wanti2 sama tour leader bahwa kita gak boleh bawa pulang sendalnya. Gak tau kenapa yaa?  Padahal sendalnya pun gak bagus2 amat...aneh juga..
Mini bar nya lengkap...tapi standar kita cuma dapet air minum 2 botol dan kopi atau teh.
Kopinya keren ya kemasannya, gak berani diminum, takut berbayar. Ga ngerti tulisannya sih yang mana komplementary, yang mana yang bayar...hahaha.
Udah taro tas, rombongan kita gak langsung tidur, tapi masih mau kelayapan dulu di dalam hotel. Karena sekitaran hotel juga gak ada apa2, gak ada minimarket, gak ada mall. Jadi yah explore di dalam hotelnya aja deh. Di lobby tadi masih ada hiasan natal nya....
Lampu nya dibikin kayak pohon natal..bagus juga ya..
Dari lobby bisa turun ke area bawah yang terdapat restoran, bar, duty free shop dan butik.
Lagi-lagi ada pohon natal nya dibawah sini...
Kepengen aja foto di tangga ini...
Di kanan itu ada casino nya....
Kita coba2 keluar dari lobby dan ketemu pohon natal raksasa...tapi kita cuma tahan paling 1 menit diluar sini, karena hawanya dingin banget menusuk ke tulang, sampe hidung juga langsung meler dan kuping sakit.
Abis foto2 di pohon Natal, rombongan cewe2 kepengen  masuk ke casino, jadi lah kita daftarin pasport kita buat dapetin tiket masuk casino. Sampe di dalam casino yah jelas gak boleh foto2 ya. Suasananya rame banget, orangnya ribuan di dalam sana. Pantesan hotelnya terlihat sepi diatas, taunya orang2nya numplek di casino semua. Semua alat permainan penuh semua. Meja2 permainan juga penuh. Tinggal kita bengong2 gak ngerti mau maen yang mana. Cuma bisa liat2 doang, manalah di dalam sini heater bekerja maksimal ya, sehingga kita yang pake jaket udah pasti keringetan. Begitu liat petugas dorong2 kereta berisi minuman, semua nyerbu kereta minuman. Lumayan dapet jus gratis. hahaha...Terus palingan kita cuma cobain mesin jackpot karena pas ketemu yang kosong. itu pun asal pencet2 doang tanpa tahu harus diapahin. Akhirnya mending balik ke kamar dan maen hp aja lah mumpung ada wifi....
Paginya kita sarapan di hall nya yang khusus untuk rombongan kita aja...
Pilihan makanannya lengkap banget, sampe ada ayam ginseng nya segala. Cuma namanya kalo sarapan gak bisa makan banyak2, jadi ambil seadanya aja deh..
View dari jendela deket hall tadi......wahhh hotelnya di gunung ternyata. Diluar semua diselimutin salju...
Nahh ini depan hotelnya. Pantesan aja semalam kita foto di pohon Natal itu berasa dingin banget, yahh jelas aja di depan nya aja itu bukit2 bersalju, begitu anginnya bertiup ..wisss....semriwing dah! Pagi ini kita langsung cek out dari hotel karena nanti malam udah nginep di hotel yang ada di Seoul.
Ceritanya pagi ini kita bakal melewati perjalanan yang lumayan panjang, yaitu sekitar 4 jam menuju ke perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. Parah banget jauhnya yaa...jadi di bis kerjanya yahh lanjutin tidur lagi deh. Bangun2 kita nyampe di restoran, jadi kita makan siang dulu nih. Menunya kali ini adalah ayam berbumbu pedas ( kayak kuah kari gitu ). Enak sih rasanya, cuma perasaan dari kemaren makannya ayam melulu yaa. Yang warna kuning lemon itu adalah acar lobak. Kebayang ya lobaknya pasti gede2...Enak rasanya, garing2 asem gimana gitu...Kimchi nya teuteup gua gak doyan.
Abis makan, baru deh kita menjalani DMZ full day tour yaitu Demiliterized Zone yang merupakan zona 2 km perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, yang belakangan ini dijadikan tempat kunjungan para wisatawan. Jadi mau masuk ke area ini pun rombongan kita bakal di periksa oleh tentara Korea Selatan, mereka akan naek ke bis dan melihat pasport kita walaupun cuma sekilas. Tentara2 nya pun masih terlihat muda2 macam tentara yang masih wajib militer gitu. Lumayan ganteng2 juga...sayang nih Lee Min Ho gak bertugas disini nih...hahahha, kalo kagak kan lumayan gua bisa foto bareng. Ehh tapi gak boleh lah foto2 in tentara nya itu...
Di kawasan DMZ itu ada yang disebut sebagai Dora Observatory...
Dari sini kita bisa melihat ke area Korea Utara melalui teropong2 yang disediakan berbaris disini yang mana teropongnya itu harus dicemplungin koin dulu untuk bisa melihat.
Hadeuhhh...liat aja pake mata telanjang dehh..antri banget soalnya yang mau liat lewat teropong. Lagian apa pentingnya sihh liat beginian? Gua mah takut di tembakin aja sama tentara Korut...hahaha
Udah yaaa, cuma begini doangan...puas?! Jadi kita jalan 4 jam tuhh cuma mau liat begini ? *mulai emosi jiwa kena angin dingin disini. Ini DMZ full day tour gua bilang mah zonk banget dahh! Apa faedahnya liat beginian? So what gitu loh? hahaha...huss! tapi dilarang komplen lah yaa...yang penting udah pernah aja kesini. Wong gua juga turun bis cuma 5 menit, abis cekrek cekrek ini, langsung naek ke bis lagi saking dinginnya....
Dari Dora Observatory itu, kita dibawa lagi ke kawasan lainnya yaitu the 3rd infiltration tunnel pass by unification village. Katanya ada terowongan bawah tanah sepanjang 2 km yang dulu dibuat tentara Korut dan ditemukan tahun 1978...pokoknya ini sejarah banget deh. Gua mah cukup foto2 aja di depan gedung ini...
Nahh, bagi yang berminat masuk ke dalam terowongan, silakan masuk ke dalam gedung di belakang gua itu...cape juga kali jalan 2 km di dalam terowongan. Eikeh mah mending jalan2 cantik aja di atas sini..
Nah ini ada monumennya the 3rd tunnel...
Ada DMZ theater nya juga yang menampilkan dokumen dan sejarah DMZ gitu lah...
Setelah itu kita diajak ke Dorasan Station yaitu stasiun yang sudah dipersiapkan akan dipakai apabila Korea Selatan dan Korea Utara nanti bersatu...
Di dalamnya memang beneran stasiun gitu...dengan papan petunjuk ke tujuan dan loket2 penjualan tiket. Tapi entahlah, gua kurang memahami banget tur hari ini...Ikut-ikutan aja foto disini, padahal apa faedahnya ya? hahaha...Ahh pokoknya eikeh udah sampe lahh di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. Udah bagus mereka lagi kagak berperang, kalo kagak kan bisa sinting di sini bom bom an dan tembak tembakan...Ye kannn?!
Yahh begitu dehh, sampe hari ke empat ini tumben banget duit won gua masih utuh nih, paling cuma beli eskrim doang kemaren. Belom ada tanda2 tempat shopping terlihat. Hadeuhhh, padahal itu lah yang ditunggu2 tohh?! Dan hari ini rasanya cuma cape di jalan doang, foto2 nya juga kagak ada yang cetar. Sedikit kecewa...Nahh perhatiin deh tuh yang mau jalan2 ke Korea Selatan, kalo ditawarin paket jalan2nya ada DMZ full day tournya, silakan pilih mau teuteup dikunjungi atau dicoret aja ganti ke tempat lain macam Namsan atau Seoul Tower kek gitu ya...
Yahh tapi gua teuteup bersyukur aja lah, pikir2 lumayan juga deh, biar punya pengalaman dan cerita ke cucu gua nanti kalo pho pho nya ini udah pernah nyampe ke perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara..barangkali begitu dahh. hahaha. udah speechless....
Yah udah, tenang aja ceritanya masih ada lanjutannya lagi kok...sabar aja yaa lagi digodok dulu di dapur. Tungguin aja yaa....babayy Ciaobellaa!

12 comments:

  1. hotelnya bagus banget ci... keliatan mewah ya... teddynya gemesin semua hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untung aja dapet hotel yang mewahan dikit biarpun cuma sehari...hehehe. Umumnya pasti cewe2 pada suka nih ke Teddy Bear Farm mel...gemesin semuanya.

      Delete
  2. Jadi inget film princess houra deh kalo lihat teddy bear farm ini..hehe..pengen ih ke koriyahh..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh emang ada scene princess hour yang di teddy farm bear farm ini ya? kok gak inget yaa...*bukan pecinta drakor sejati...

      Delete
  3. Hahaha di Korea memang banyak taman-taman yang unik-unik gitu ya. Di Jeju dulu juga ada banyak taman yang macem-macem tema isinya, hahaha...

    Ah, dulu aku nggak ke DMZ nih. Kalo kesana kayaknya memang bukan buat pemandangannya ya, tapi buat pengalamannya sampe di perbatasannya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya orang Korea kreatif2 juga bikin taman2 unik yang menarik para turis datang..lucu2 pula. Emang sih, DMZ itu mah buat pengalaman aja ko...hahaha

      Delete
  4. DMZ itu kayanya buat yang mau belajar sejarah ato mengenang masa lalu jaman perang kali ya hahaa... #ngarang

    selama di korea, tiap hari pindah hotel ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..dmz mah sejarah perang korsel korut gitu xiao...kita tiap hari pindah hotel...cape beres2 terus...hahaha

      Delete
  5. Ci.. aku jg berasanya zonk banget 4 jam diperjalanan cm liat gitu aja. Hahahaha.. puk2. Mungkin emang harus balik lagi ya ke korea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah itung2 pengalaman dah pi...udah bersyukur di ajak gratis..hahaha. ntar kalo mau yang cetar, kudu pergi sendiri modal sendiri sih...

      Delete
  6. 4 jam bgitu aja..hahaha.. Sabar ya ci, yg penting puas foto2.hhaha

    ReplyDelete