Sunday, January 28, 2018

JALAN-JALAN KE KOREA SELATAN ( NANTA SHOW, DONGDAEMUN, GINSENG SHOP, GYEONGBOK & MYEONGDONG )

Cerita Korea trip nya lanjut lagi yaa....Buat yang belom baca part 1 dan part 2 nya, silakan klik disini : Korea Trip 1 dan disini : Korea Trip 2 .
Okay deh, setelah dari DMZ tour itu, perjalanan kita dilanjutkan menuju ke kota Seoul yang jarak tempuhnya sekitar 1 jam an aja. Tujuan kita sore ini adalah mau nonton pertunjukan Nanta Cooking Show. Wahhh lumayan banget kann kita bisa nonton di Korea nya langsung nih. Kalo kagak salah waktu itu pernah dateng ke Jakarta dan tiketnya dibandrol sekitar 1 juta deh. Kalo yang disini gua gak tanya2 lagi berapa tiketnya, wong gratis...hehehe, gak enak juga tanya2 ke tour leadernya.
Ngikut aja dahh. Gedung theatre atau studio nya itu kayak di dalam gang gitu, di tembok gedungnya terpampang foto2 para pemain show nya itu...
Dipojokan deket pintu masuk nya ada photobooth nya, gak disia-siakan dunk..foto aja dulu, karena kita masih harus menunggu jam pertunjukannya yang jam 5 sore.
Rombongan bis kita udah gak sabar masuk ke dalam theatre nya...disuruh baris dulu macam mau masuk kelas aja. Kita pun gak bisa seenaknya duduk, harus ikutin arahan petugasnya duduk dimana.
Nahh kayak begini dehh deretan bangku buat nontonnya. Kita dapet yang di lantai atas....ada juga deretan bangku yang di lantai bawah. Dan selama nonton, kita dilarang foto2 dan rekam, keluarin hp aja bakal ditegur gitu. Yahh sudah, nikmatin aja show nya yang ternyata lucu banget. Show nya ini kan cuma gerakan dan ekspresi muka plus pake musik gitu doang, gak pake suara dan dialog. Ceritanya yah seputar koki dan masak, jadi perlengkapan masak dijadiin alat musik gitu. Pokoknya keren dah, dikemas dengan rapi, lucu dan menarik. Gua sih suka yaa, bahkan sampe ketawa ngakak2 karena lucu banget di beberapa bagian sepanjang show nya yang sekitar 1 jam itu. Tapi herannya, kenapa yang lain gak pada ketawa ngakak ya? Perasaan cuma senyam senyum doang, gak kedengeran suaranya. Sepertinya di lantai atas ini cuma gua doang yang ngikik2 berdua temen sebelah gua. Hmmm...apa selera humor mereka beda ya sama guaa. Terus kurang expresive juga nih, kalo disuruh tepuk tangan pada males. Yahh mungkin mereka lelah ya...hahaha...pokoknya lucu lah. Kalo gua bilang sih show ini layak dan recomended untuk ditonton kalo pas ke Seoul...
Setelah bubar nonton Nanta Show, kita diajak makan all you can eat di Marushabu.
Pilihan makanannya selain shabu2 yg udah disiapin di meja, kita bisa ambil yg ada di sini sepuasnya.
Pizza nya lumayan enak juga, model yang tipis gitu.
Hasil muter2 comot sana comot sini...udah kayak kondangan aja, alhasil dapet setumpuk. Padahal kalo begini juga belom tentu dimakan habis...hahaha, cuma kepengen cobain doang.
Nah ini menu utamanya...shabu2...
Irisan dagingnya menggoda iman yaa...
Sluurrppp....hawa dingin2 memang cocoknya makan shabu2....tapi dasar ibu2 yahh gitu deh, makannya gak banyak, jadi pada sisa deh. Hobi ambil nya doang....dimakan mah kagak..hahaha
Sesudah makan, baru deh kita diajak shopping. Kali ini ke daerah Dongdaemun, yaitu ke Doota Duty Free. Berhubung sepertinya guide kita udah ada kerja sama dengan salah satu toko souvenir yang ada di lantai 6, makanya kita langsung diajak kesini.
Nama tokonya Arirang..dan toko ini memang udah terkenal di kalangan turis2 Indo, penjaganya aja katanya berasal dari Jakarta, jadi kita belanja nanya2 harga, nanya2 ukuran kaos, juga pake bahasa Indo...hahaha..berasa kayak di Mangga Dua aja..
Tokonya lumayan lengkap, mulai dari boneka2 berbaju adat korea, tempelan kulkas, gantungan kunci, kipas, hiasan meja, kaos bergambar Korea, sampe ke makanan pun ada. Lengkap lah, makanya pada betah disini. Dikasih waktu 1 1/2 jam pun orang masih nyerbu disini semua...bayangin aja rombongan kita ada 4 bis kesini semua...hadeuhhhh ramenya.
Gua udah kepengen beli aja celengan ini...tapi pas ditanya harganya, pelayannya pada gak tau karena gak ditempel harganya dan harus tanya boss nya dulu. Sementara boss nya lagi diserbu pengunjung yang mau bayar...riweuhh dahh! Mimpi apa tuh si boss tokonya diserbu massa begini..( udah biasa keleusss yaa,tiap kali ada rombongan Indo, dibawa guide nya kesini ).
Ada yang koleksi hiasan beginian gak sih?
Tuh boss nya sampe gak keliatan, karena dikerubutin sama yang mau bayar. Udah gak jelas antriannya dari sebelah mana. Tapi harga barang2 di toko ini gua bilang lumayan mahal2 juga ah. Masa gua cuma belanja kaos 6 biji, masker 2 pak, sendok garpu sumpit dan gantungan kunci boneka beruang pake kostum korea gitu aja...abis sekitar 120.000 won ( kali in aja Rp. 12,5 , sekitar Rp. 1,5 jeti bo! ) Histeris gakkk coba....Temen gua juga asal comot2 aja dompet, tas, gantungan kunci, kacang, masa pas bayar abis 300.000 won! Busettttt...baru nyadar pas nyampe hotel, kita itung2 kok mahal yaa...*meringis deh. Padahal yang dibeli itu kagak branded dan barang remeh temeh gitu...halahh!
Abis dari lantai 6, turun satu lantai ketemu deh sama bagian jualan kosmetik. Udah pada borong lagi disini...gua sih cuma liat2 aja, gak pernah pake beginian soalnya.
Nah ini nih yang lagi heits banget...aloe vera nya si Nature Republic. Yah daripada gak dapet apa2, gua ikutan aja beli 1 biji. Soalnya berat kann...males bawanya.
Tapi disini sepi banget yaa, gak ada pengunjung lain kayaknya....
Di lantai paling bawah itu ada outlet nya Line & Friend Store gitu....orang2 masih sibuk shopping, gua mah foto2 aja ah.
Abis shopping, baru deh kita cek in di hotel Intercity Seoul...yang bakal jadi hotel kita selama 2 malam nanti.
Kamarnya sempit banget, sampe susah mau taro koper..
Kamar mandinya pun ukuran minimalis...padahal dibilangnya hotel bintang 4...bintang kejora kali ya..hahaha. Kayaknya gak sebanding deh tuh bintangnya..
 Anehnya lagi, segala ada mesin cuci dan kompor listriknya plus wastafel. Mana sempet juga kita cuci2 baju yaa..males lah! Maunya rebahan sambil main hp mumpung wifi gratis. Inilah yang bikin kamarnya sempit..di satu sisi dibikin lemari yang isinya antara lain minibar, lemari baju dan tempat mesin cuci ini. Jadi kalau pintunya ditutup, gak keliatan ada mesin cucinya.
 Hari ini kita agak santai karena gak perlu cek out, karena jadwal kita hari ini cuma mau city tour kota Seoul aja. Jadi kita baru jalan sekitar jam 9.30 pagi....Oh iya, gedung2 di kota Seoul perasaan gak ada yang tinggi2 macam di kota metropolitan pada umumnya. Apa disini sering gempa kali ya?
 Pagi ini jadwal kita mau diajak ke tempat yang jualan ginseng. Dan sepertinya ini adalah toko yang wajid dikunjungi oleh setiap tour yaitu untuk mendukung program pemerintahnya gitu ya.
Sampe di storenya, di lobby nya terdapat ginseng yang udah dibentuk menyerupai patung prajurit, kapal laut dan bunga...kreatif juga ya..
Yahh namanya aja toko ginseng, jadi kita ada sesi dijelasin asal mula ginseng, jenis2 ginseng dan khasiat serta produk2nya. Orang yang membawakan nya itu adalah orang Indonesia yang kerja di Korea sini. Jadi yah tentunya pake bahasa Indonesia dong ya ngejelasinnya. Dan kita semua terkesima dengan penampilan dan pembawaan dia yang meyakinkan sekali akan khasiat ginseng terhadap tubuh...Nihh buktinya, gua jadi ikutan kemakan juga...ikut2an aja beli ginseng yang seumur hidup gua dulu tuh antipati sama yang namanya herbal2an..obat2an..en the brai en the brei. Ehhh kenapa ini jadi malah ikutan nenteng2 ginseng? Weleee...*apa kena hipnotis ya? Ahhh tentu tidak lahh...ini mah tentu aja masih waras dan sadar sepenuhnya waktu bayar di kasir. Hmmm..padahal harga ginseng2 ini tidak murah lohhh kakak! *menjerit histeris juga nih kalo dateng tagihan kartu kredit...hahahaha
Yahhh udah lah, namanya juga YOLO yaa...mumpung di Korea yang memang terkenal sebagai negara ginseng, yahhh kita cobain aja yaa, apakah ginseng ini nanti berkhasiat atau tidaknya..Itu yang ditabung2 kaca itu ginseng yang mahal kali yaa. Sampe ada ginseng yang di lantai atas lebih gede lagi, tapi gak boleh difoto loh....*lagian nih anak kerjanya foto2 mulu sih ya...wkwkwk, segala apa juga difoto. Ye kannn, buat dokumentasi bahwa rombongan kita tuh udah pernah nihh ke toko ginseng ini....*alibi.
Dari toko ginseng, kita diajak "melewati" Blue House....iya bener, cuma melewati ya...kagak pake turun. Blue House itu adalah istana presiden. Nah tuh dari kejauhan keliatan kan atapnya yang berwarna biru...
 Di sebelah2 nya yah gedung2 yang dijaga ketat tentara dan polisi gitu deh. Mereka berjaga2 dengan senjata api lengkap.
 Setelah itu kita diajak ke Gyeongbok Palace yang letaknya diapit oleh gedung2 modern...
 Kita masuk dari parkiran bis melewati pintu kecil ini....warnanya bagus juga ya ijo2 gitu...
 Beruntung hari ini cuacanya cerah banget. Langitnya biru dan matahari bersinar terang. Tapi jangan ditanya anginnya dingin banget menusuk tulang.
 Kayaknya baru hari ini deh ketemu langit biru selama di Korea....kemaren2 kan langitnya kelabu.
 Nah itu dia istananya di belakang sana....kita dilepas begitu aja, udah gak tau lagi sejarah istana ini apa sebenernya. Gua lupa juga apa tour guide kita ceritain atau kagak, karena semua nya bubar jalan cari spot foto masing2...hahaha
 Hmm...bagi gua bentuk istana nya yah sama aja yaa sama yang di China, di Jepang,  mirip2 kuil gitu. Cuman detil2 nya aja yang beda..Iya gak sih? Lagian orangnya rame banget, jadi males buat explore, manalah hawanya dingin banget nihh kalo pas anginnya bertiup, karena disini kan lapangan terbuka gitu...langsung beku rasanya. Padahal di belakang sana masih ada National Folklore Museum, tapi gua gak kesana, malah balik lagi ke halaman depan istana tempat tadi kita masuk.
Disitu kita ketemu sama rombongan anak2 Korea yang lagi pake baju adat Korea, langsung deh kita ajak foto bareng aja. Kok tour kita gak nyediain sewa baju adat ini yaa...kalo gak kan seru juga pake baju adat Korea gini... ahhh sayang banget. Masa sih harus balik lagi ke Korea? *kedip kedipin seseorang...
 Halaman istananya luas juga nih...pegimana kagak dingin yaa lapangan terbuka begini mah begitu anginnya bertiup, rasanya semriwing dah..
 Yang disini aja tanahnya masih berlapis salju loh...
 Lagian, cuma dikasih waktu 30 menit..apa yang mau diexplore lagi? yahh udahlah, cuma segitu doang dehh fotonya. Perasaan lebih lama di toko ginseng daripada di tempat2 wisatanya. Iya gak sih? hahaha...*pasrah.
 Setelah dari istana Gyeongbok, kita diajak makan siang di sebuah restoran chinese food sepertinya ( agak lupa ). Yah lumayan enak2 sih sayurnya dan lauknya...semua ludes tak bersisa karena lapar habis shopping...hehehe. Sayur yang ijo2 itu bentuknya seperti kacang panjang, tapi bukan kacang panjang. Entah sayur apa namanya. Rasanya enak, garing2 gitu.
Setelah makan, diajak shopping lagi....kali ini dibawa ke Donghua Duty Free Shop yang mana satu gedung itu isinya ya duty free shop branded2 ternama semua dengan harga yang dibawah harga mall gitu deh. Cuma lucunya, kalo kita belanja barang yang bukan produk asli Korea, maka barangnya bakal diambil di airport, gak kita bawa langsung sekarang. Lucu juga ya...lhaa kalo seandainya pas di airport kita lupa ambil, ataupun gak keburu waktunya karena udah mepet boarding..gimana urusannya ya? Wahh cari aman aja dah, beli lah produk2 Korea aja...hahaha
Nahh contohnya si Nature Republic ini yang langsung diserbu sama rombongan kita. Gilaa mimpi apa nih penjaga tokonya diborong habis barang2nya. Dan karena harganya jelas lebih murah ( selisih ppn nya ), contoh aloe vera yang kemaren malem gua beli 4.400 won, disini cuma 4000 won saja. Jadilah gua ikutan beli lagi 2 pcs. Ampunn dije...sampe bapak2 juga ngeborong dan telponin isitri2nya nanya mau beli yang mana. Malah sampe video call dikasih liat barangnya, disuruh pilih yang mana. Kan bapak2 gak ngerti tuh ya, ternyata perabotan lenong ibu2 itu banyak...jadi mereka pusing dan lumayan lama nihh pilih barangnya. Haduhhh, gua bayangin si Papoy mana mungkin begitu..dia lebih pilih kasih aja dah duitnya, suruh bininya beli aja sendiri. Mana mau repot2 sampe video call segala...hahaha. Iya juga sihh yaa, gua kadang bukannya sirik atau apa, tapi kok useless banget kayaknya kalo gua lagi diluar negeri terus pake telpon2 orang rumah mau pilih barang yang mana. Ahhh, beli aja sakarep dewe...hahahha. *jadi julid ya. Abis ngeliat fenomena dimana bapak2 yang gua anggap cuek2 aja, ternyata pada sayang istri..( atau takut istri? wkwkwk )...Atau bahkan mereka buka PO jastip kali yaa? Ahh entahlah, gua aja lagi pusing sama koper gua yang sepertinya kagak muat lagi...jadi gua harus ngerem kagak beli2 lagi dahh...Lagian gua bukan pemakai kosmetik sejati. Gak ngerti juga cara pakenya...
 Nah yang ini juga lagi kekinian juga nih sepertinya....soalnya rame banget pembelinya. Pokoknya counter2 yang diserbu orang yah 2 ini. Karena harganya juga bersahabat. Kalo yang lain sepi yah karena harganya juga selangit tuh...macam merek Sulwhasoo yang lagi heits, tapi harganya mahal parahh. Gak berani ah mampir ke counternya. Bedak2nya aja casingnya warna emas, keliatan mewah banget...gak lepel dah! *melipir pergi..
Udah abis dari Donghua Duty Free, kita makan malam di daerah Myeongdong. Menunya malam ini adalah ayam kecap. Lupa difotoin karena makannya udah gak konsen, mau cepet2 selesai karena abis itu langsung acara bebas shopping di Myeongdong street. Piring ayam kecapnya itu gede2 banget, sampe hampir di setiap meja bersisa banyak gak habis kemakan. Rasa ayam kecapnya mirip seperti ayam kecap bikinan emak gua...hahaha.
Abis makan, baru dehhh kita semangat buat shopping till drop, karena besok pagi kita udah harus balik Jakarta dengan pesawat jam 10 pagi, jadi udah gak ada waktu shopping lagi. Harus dituntaskan malam ini juga...hahaha hajar ajaaa dahh yang ada di depan mata. Oh iya, di lantai dalam salah satu pertokoannya ketemu nihh sign Myeongdong...*harus jeli yaa jadi blogger...hehehe. Kalo jalan lewat2 aja, mana dapet foto model begini ya..
 Nahh ini udah ada ditengah2 night market di Myeongdong....gak sampe terlalu rame lah, mungkin karena dingin juga yaa..jadi males lah orang berkeliaran di atas sini.
 Kita malah sempetin pose dulu disini....di belakang itu adalah salah satu mall di Myeongdong yaitu Lotte Young Plaza.
 Di salah satu toko terdapat billboard bergambar artis Korea...hayoo penggemar Kpop atau drakor..ini siapa yaa?
 Dan tentunya disini adalah surganya foodstreet....sayang banget kita kan abis makan ya, jadi biarpun ngiler, apa daya perutnya masih berasa kenyang.
 Ini juga bikin ngeces sih, ngebul2 gitu di hawa dingin begini kayaknya enak banget nihh...
 Kentang goreng dan sosis sosis melambai2 minta dibeli...
Hmm...ada octopus segala....
 Gua liat pisangnya kok kayak pisan plastik gitu ya...
 Ini tuh kentang apa gitu namanya...hahaha keburu lupa..
 Kita sempet beli ayam goreng ini...tapi rasanya kurang enak ah...apa efek kekenyangan ya?
 Gak cuma makanan, pernak pernik Kpop pun bertaburan disini. Ada juga yang jual sweater kekinian...duhhhh udah kepengen beli, tapi gak jadi karena mikir koper udah penuh.
 Akhirnya malah mampir ke supermarket dan ketemu soju yang beraneka rasa dengan botol plastik ( gampang bawanya  nih, gak takut pecah ). Gua mah bukan peminum, jadi ikut2an aja beli soju. Nah yang dibawah itu juga enak tuhh, susu rasa pisang ( yang tutup ijo ).
  Di tengah2 jalan ini masih ada pohon Natalnya....foto dulu ahh..
 Ada Myeongdong theatre yang gak tau ini bioskop atau apa, soalnya sepi banget...
 Dan kita malah melipir ke Starbucks aja deh, mencari kehangatan. Karena asli di jalanan itu dingin luar biasa.
 Disini juga rame yang nongkrong2 cantik...
 Ngeliat2 tumbler malah jadi kepengen. Padahal selama ini gak punya satu biji pun tumbler Starbucks...
 Yahhh akhirnya kebawa suasana suasini, jadi ikutan beli deh....this is my first Starbucks tumbler...
 Nah karena pada beli tumbler, kita dapet minuman gratis. Asik kan... Hajar ajaa ice blended coffee nya, biarpun lagi dingin...
Kita mah bukannya shopping, malah ngabisin waktu disini. Gak lama baru sadar, oleh2nya masih kurang banyak, baru dehh nguber2waktu lagi jalan ke pertokoan yang ada heaternya. Dan disitu kita belanja2 lagi. Dan ketemu souvenir2 yang harganya lebih murah dibandingin yang di Arirang kemaren. Tapi menurut gua, memang rata2 harga oleh2nya Korea tuh mahal2 juga, buktinya duit won gua abis gak bersisa, padahal udah dibudgetin gak bakal belanja lebih dari itu. Eh malah gesek2 kartu segala...*nombok dah!
Yahhh akhirnya, hari ke 6 kita udah harus cekout jam 6 pagi karena mau ke airport. Sebelum ke airport masih sempetin mampir di Chungha grocery shop, tempat belanja oleh2 makanan, snack2 dan souvenir sekaligus kita makan sarapan disitu. Makannya mie kayak ramen gitu, rasanya enak sih. Cuma juga udah gak konsen karena dikasih waktu cuma 30 menit buat belanja.  Astagaaaa, perasaan semalam udah habis2an shopping dan bilang gak mau beli2 lagi, tapi begitu nyampe di Chungha yahh kalap juga lah. Comot ini, comot itu...dan begitu bayar di kasir agak bengong juga sihh...kok mahal yaa...wkwkwkwk. Ampunn dehh ya, dapet nya satu dus isi snack2 gitu2 deh.Yolo mie...Yolo *menghibur diri. Yahh udahlah, angkut aja. Lagian gampang pula belanja di Chungha itu langsung dipacking kok kayak di toko oleh2 pada umumnya. Tinggal tulis nama kita di dus nya. Beres deh. Dan ternyata yaa...bagasi gua tuh pas ditimbang mencapai 31,5 kg aja kakak! Busettt! Untung aja gua naek Garuda dapet jatah 30kg, untung aja perginya group, jadi gak masalah. Kalo kagak kan aye deg-2an disuruh bayar kelebihan bagasi itu. Terus di Incheon airport ini antrian imigrasinya panjang banget. Jadi kita memang harus spare waktu banyakan nih kalo gak mau mepet2. Terus masih mau urus tax refund pula di konter 27, gampang sih ada petunjuknya begitu keluar imigrasi. Lagipula, kalo belanja gak banyak, tax refundnya juga sedikit kok, direlakan aja deh. Setelah itu, masih harus naek sky train menuju terminalnya yang lumayan gede ini. Untunglah kita on time sampe terminal, dan pesawat kita lumayan ontime juga. Thansk God, penerbangannya juga smooth sampe Jakarta. Jam 5 sore udah mendarat cantik di Terminal 3 Soetta.
En jeng jeng...sampe rumah si Alvin udah gak sabar mau bongkar oleh2 nya....Dibuka deh tuh satu dus yang isinya snack2 Korea....
Dan ini yang juwaranya menurut gua...kacang almond yang super lezatos. Harganya juga lezatos...pertama beli 4 pcs di Arirang 7.500 won ( Rp. 93.000 ) per bungkus. Semalem di Myeongdong ada yang jual 6000 won...busettt selisihnya lumayan banget kan yaa... Hadeuh, makanya pengalaman tuh ya kalo mau beli jangan langsung borong banyak2....cek2 harga dulu..*meneketehe yaa. Ini juga langsung abis karena enak banget dan dibagi2 juga. Kalo mau, di Tokopedia ada juga yang jual...tapi harganya sekitar Rp. 135 rb...( ahhh nyesel, kenapa gua gak buka PO jastip kacang almond aja yaa...). Ahhh tapi bagasinya juga udah over lah...berat juga soalnya.
Nahh ini ginseng yang gua beli, yang adalah ginseng kolagen. Maklumlah, udah faktor U butuh kolagen. Kemasannya cakep dan karton tebel gitu. Berhubung males tentengnya dan gak muat juga di koper, alhasil gua copotin bawa botol2 kecilnya itu aja deh...harganya jangan ditanya deh. Rasanya ini oleh2 paling mahal selama sejarah perjalanan ke luar negeri gua...biasa belanjanya kan yang remeh temeh doang...
Nahh ini nih hasil ikut2an suasana suasini...comot2 aja, asal ikut2an aja dan selama ini gua gak pernah pake masker2an atau krim2 an beginian. Dan semua gua bawa tanpa dus nya karena memang koper udah sesak banget. Jadi sampe rumah, gua udah gak tau lagi deh cara pakenya gimana kalo yang gak ada bahasa inggrisnya...*kudu googling nih...
Oh iya, selama di Korea, sendok makannya tuh bentuknya begini. Dan sendok sumpit ini adalah souvenir dari pihak tour kita. Keren dah pake kotak hardcover dan dibungkus kado gitu. Cuman sama, inipun gua copot2in dus nya ditinggal di hotel, sendok dan sumpit kan tinggal selipin aja di koper masih muat.
Ketemu kaos kaki lucu2 banget, motifnya super lengkap mulai dari kartun, superheroes dll. Terus, untung aja titipan si Alvin yaitu CD Wanna One bisa dapet nih, ditokonya cuma sisa 4 dan ludes dibeli rombongan kita....entahlah gua juga kagak tau Wanna One itu lagunya apa dan terdiri dari siapa aja...sepertinya lagi ngetop banget saat ini...
Hmmm ternyata ini juga yang bikin berat nih...pantesan koper gua bisa sampe nembus 31 kg...hahaha. Padahal sampe rumah mah kagak ada yang doyan nih..masih ada di kulkas. Buat mabok2an nanti aja deh kalo lagi berbeban berat...hahaha
Gua suka banget sama patung ini....walaupun kayaknya model beginian mah di mangga dua juga ada yang jual ya?
 Yahh begitulah jalan2 ke Korea saat winter begini. Menurut gua bagus2 aja sih ya...( bukan karena gratis loh ). Yah namanya pergi ke negara yang punya 4 musim, setiap musimnya tuh punya daya tarik tersendiri. Jadi pergi saat winter pasti beda suasananya sama pergi saat autum atau spring. Terutama sih saat spring dimana orang2 pada berburu cherry blossom. Wah itu sih tiketnya  pada mehong semua tuh. Tapi siapa tau yaa ada rejeki bisa pergi ke Korea lagi di musim spring...*mulai berdoa yang kenceng. Eits, tentunya gak cuma berdoa doang dong ya...tapi harus pantengin terus promo2  maskapai2 penerbangan ke Korea nih. Haiya...beginilah nasib kuli. Udahan jalan2nya, harus balik kerja lagi, udah harus nyangkul tanah lagi...sighhh! *maskeran dulu dah ah biar ademmm mukanya....( efek pulang dari Korea, bawannya pengen cuci muka mulu....hihihi ).
Udah dulu yaaa...sampe ketemu lagi di cerita jalan2 lainnya...Babayyy Ciaobella!

12 comments:

  1. makanannya bikin ngiler yan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dimana2 foodstreet selalu bikin ngiler, tapi gak tau yang mana yang enak...hahaha

      Delete
  2. Almond nya emang enak banget ci, walau harganya lumayan ya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak yaa....sampe makannya gak mau berenti nih...hahaha

      Delete
  3. Ci, kemarin aku dari glodok. Itu almond ada di toko disana harganya 100rb, aku beli yg pack keciillll banget 19 ribu, tapi belom dicobain.:D
    Natrep emang lagi heitzzz banget deh, bentar lagi counternya buka di Kokas lho, Ci.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo 100 rb sih harganya mirip2 sama beli langsung disana tuh...bisa borong deh..hahaha. Natrep yang di lippo puri juga udah ludes diserbu tuh ...parah yah orang indo demen banget borong..hahaha

      Delete
  4. gw nonton nanta show waktu di bangkok dan sukaaaa banget.
    kalo dirupiahin waktu itu tiketnya 250rb-an

    jadi ngiler ama tumbler starbucks seoul-nya yg biru
    bentuk botolnya sama ama starbucks jeju yg di rumah
    cuma beda warna dan gambar, kudu balik lagi berarti ya?
    hahaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tiketnya gak terlalu mahal juga ya xiao...gua juga katanya sih 1 jt an...hahaha. Udah balik lagi aja xiao, kan banyak promo tuh..

      Delete
  5. Penampakan food street di Seoul memang mantap-mantap ya, bejejeran gitu. Dulu sewaktu aku lihat di Gangnam, untungnya nggak kalap, hahahaha... :P Ah dulu sewaktu ke Korea nggak sempet nonton Nanta nih!

    Ah iya tuh kalau beli snack-snackan gitu di toko souvenir mah mahal, mending belinya di supermarket aja. Rule of thumb-ku mah begini, hahaha. Lumayan banget sih bedanya. Bahkan di Jepang pun kalau beli di supermarketnya pun bisa minta tax refund loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya foodstreetnya bener2 menggoda, cumann kita abis makan baru kesitu, jadi gak kepengen beli2...hehehe. Ho oh berasa banget mahalnya snack2 ituhh...

      Delete
  6. Waahhh..CD wannaonee 😍😍
    Dedek emesh semua itu.. (rasanya layak jadi keponakan gw dari segi umur, apa anak ya? Haha)
    Makanannya menggoda..pengen beli almondnya jadinya..cuma bingung googlingnya apa keywordnya 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lagi heits banget tuh katanya si wannaone...cari di toko pedia aja snack korea..

      Delete