Thursday, May 31, 2018

MAYVAGANZA

Holaaa! Tau2 bulan Mei udah mau berlalu aja nihhh.....udah ngapain ajaaa sebulan inihh?

Entah lagi kesambet apa, di bulan Mei ini kenapa gua jadi rajin banget dahh ya?! Mungkin mau dapet THR kaliii....*eh! Tapi ini rajinnya bukan rajin kerja, jadi urusan THR mah harusnya udah pasti dapet lah yaw! Awas aja kalo kagak ke transfer mahh....*gulung lengan baju. Dan alhamdulilahhhh, pas postingan inih turun, THR nya udah bersemayam dengan damai di rekening gua....*loncat salto jumpalitan.
Terus ngomongin rajin, emangnya rajin ngapain sih? Ituhhh, gua lagi rajin bikin kue. Iyah tentunya ini akibat sering nongkrongin Instagram, sehingga keliatan deh tuh resep2 kue kekinian yang wara wiri berseliweran di timeline setiap hari. Yahh begitu deh, dibombardir terus-terusan, jadinya pertahanan jiwa tukang kue inih jebol deh. Tangan rasanya gatel kepengen ikutan bikin. Akhirnya, setelah mengumpulkan segenap roh-roh gentayangan di awang-awang, jadilah pensiunan tukang kue ini come back again bercengkrama dengan oven nya. Yahh sementara ini sih cuma trial resep2 yang belum pernah gua bikin selama ini. Jadi, jangan ada yang order dulu yaa! *siapa kamu? *pede tingkat dewa! Tapi gak tau yaa, kalo ke depannya ternyata rejeki dateng dari kue-kue ini. Who knows? Gak boleh ditolak dong! Ye kannn!


Nahh herannya, ini kok rata2 dapet resep nya harus pake kuning telor belasan butir ya? Bahkan ada yang puluhan butir. Hueeee....*kejengkang pingsan. Terus mau diapahin dong putih telornya? Masa mau digoreng tiap hari? Bisa bisa bisulan ini sih. Terpaksa kan harus cari lagi resep kue yang pake putih telornya banyak. Arghhh....lingkaran setan dah, tidak berkesudahan. Apa kabarnya diet tuh? *udah pulang kampung...mau lebaran..hahahha. Manalah sekarang ini kan bulan puasa dan harga telor langsung melambung tinggi. Dari yang biasanya awal2 gua masih beli di kisaran Rp. 22.000, tau2 kemaren udah mencapai Rp. 27.000 ajah! Ini  mah belom bikin kuenya, udah pening duluan....*derita tukang kue. Ini kok mau bikin kue aja pake acara curcol dulu yakkk....*udah biasa bukan? hihihihi... Emangnya mau bikin kue apa aja sihh? Cuss....cekidot! ( yang pada akhirnya gua pilih resep yang kagak pake kuning telor banyak dulu deh....biar gak pusing sama putih telor nya nanti mau diapahin ).


HURRICANE SWISS ROLL CAKE

Wihh, namanya keren banget yakk. Kesannya kuenya bakal gimana gituu yaa....awut-awutan dan acak2an macam habis diterjang angin puyuh. Beginilah hasil bakingan gua untuk hurricane swissroll  cake :
Menurut gua sih udah mirip lahh...*pede tingkat kecamatan. wkwkwk. yahh pokoke acak2an gitu lah bentuknya. Tapi rasanya sih B aja....biasaaa. Karena ini model kue yang putih telor nya dikocok tersendiri, sehingga agak "bau amis" putih telornya, gak semaknyus lapis surabaya yang udah jadi standard cake enak seantero jagat.


DONAT KENTANG

Resep donat kentang sih udah lama banget yaa, cuma baru kesampean bikin sekarang. Ini juga gara-gara iseng gak ada cemilan di rumah. Beginilah donat kentang saat lagi "dikembangin", belum digoreng :
Ini setelah dikasih topping macem2, jangan liat bentuknya, tapi rasanya dong...Enakkkk! Apalagi sehabis digoreng, duhhh si Alvin aja abis 5 biji! Dan yang jadi juwaranya cuma donat yang dikasih taburan gula halus doang....

BANANA MUFFIN

Bikin banana muffin juga gara-gara si Papoy dikasih oleh2 pisang ambon dari anak buahnya yang pulang kampung ke Sukabumi. Pisang ambonnya gede-gede banget dan dapet 2 sisir. Berhubung yang hobby makan pisang cuma si Papoy, jadinya gak keuber tuh abisin pisangnya. Akhirnya tuh pisang pada hitam2 bonyok dan baru lah kepikir cobain bikin banana muffin aja yang resepnya udah lama disimpen. Pake resepnya dari @tintinrayner yang heits ituhh! ( sempet masuk tipi lohh...orangnya yang masuk tipi ya, bukan muffinnya ). Langsung deh dieksekusi dan gampang banget bikinnya gak perlu dimixer segala, cukup diaduk2 aja pake whisk dan cemplungin deh bahan2nya. Jadi juga nih muffinnya, mudah dan cepat, kagak pake bantet biarpun pertama kali bikin.
Yang rasa coklat lebih maknyus rasanya...cobain dehh, gak bo'ong! Besok2 kalo dapet oleh2 pisang lagi, gak pusing karena kebanyakan, dibikin muffin aja.


BOLU TAPE

Pada dasarnya gua doyan makan tape, dimakan begitu aja, ataupun digoreng. Tapi begitu dapet resep yang kira-kira bakal langsung jadi tanpa pake bantet, langsung deh kepengen bikin juga bolu tape nya. Nahhh, yang lucu tuh si Alvin dan si Miko yang udah underestimate bolu tape duluan. Kata mereka :"apa itu tape? mana enak dibikin kue?" Haiyaaa...dasar kids jaman now. Masa kagak tau tape?! Akhirnya setelah baca mantera, jadi juga bolu tape yang dicampur sama keju plus ditaburi keju parut. Dan komentar tuh anak dua itu : "Wahhhhh, enak banget mie kuenya, besok2 bikin lagi dong kue keju begini!" sambil nyomotin sampe abis setengah loyang sendiri.


SPIKU KENARI

Nahh yang ini juga lagi trend di IG, udah banyak ibu2 yang share bikin kue ini. Yah cencunya eikeh tidak boleh ketinggalan dunk! Ada beberapa versi resep spiku kenari ini, gua pake resep yang sesuai dengan bahan yang dipunya aja. Dan hasilnya yahh begitu lah, jangan diliat bentuknya yang keriwel keriwel gituh yaa, tapi rasanya dong...maknyus!
Nahhh, yang jelas usaha diet gua kacau balau lahhh jadinya! Perasaan udah salto jumpalitan, udah jungkir balik, udah jogging berapa kilometer tauuu...*lebayyy!,  tapi ini lemak2 masih menempel manjah gak terlepaskan lagi. Heran betah amat dia ya... Rasanya pengen nenggak mama lemon aja dah biar cepet luntur lemaknya....*putus asa *buang bikini.

Coba aja pegimana kagak kacau balau diet gua....selain bebikinan kue-kue di atas tadi yang memang makannya sih cuma dikiiiitttt buat tester doang, tapi di bulan Mei ini banyak banget moment yang harus dirayakan dengan makan-makan. Yahhh teuteup bersyukur aja lahhh, walopun angka timbangan kok disitu-situ aja, gak bergerak turun, yang penting sehat ajalah. Mo pegimana lagi, masa rejeki ditolak sihh? Yee kann!

Awal bulan Mei itu dibuka dengan ulang tahun nyokap gua. Yahh mumpung lagi senggang, gua sempetin lah bikin kue ultahnya. Kue nya bikin banana muffin. Berhubung si nyokap punya diabetes, jadilah kuenya dihias pake buah-buahan segar aja buat toppingnya. Itu pun nyokap gua gak makanin, karena takut gulanya naek. Tsahhhh!
Setelah disusun cupcake nya...
Inilah ibu negara yang lagi ultah ke sekian sekian....wkwkwkwk...
Bersama cucu mericu....
Dan para undangan....anak cucu mantu....rame banget kannn?! hihihihi
Berhubung malem Minggu, cari makan di Bogor tuh susah yeee, dimana2 antri. Akhirnya kita melipir ke Pizza Hut aja yang sebenernya rame juga, cuma kita dateng lebih awal sebelom jam makan malam, jadi masih dapet meja deh.
Untung si nyokap doyan pizza lohh...kalo kagak kan kasian banget yang ultah masa cuma makan salad doang? wkwkwk...You know kan kadang orang jaman dulu pada gak doyan pizza ( semisal bokap gua yang gak mau cobain pizza sama sekali ). Kalo salad nya Pizza Hut sih udah pasti pada doyanlah yaww! Enakkk!
Setelah itu, giliran si  Papoy ultah. Tentunya sang istri yang setia dan smart inih harus mempersembahkan karya terbaiknya dong. Yee kannn! Jadilah gedebak gedebuk di dapur, ini kue paling cepet yang gua bikin. Soalnya pake dummy yang bekas nyokap ultah, tinggal dihias butter cream dan dikasih topping coklat dan oreo. Praktis kannn!
En tadaaa! this is it! Chocolate cake is here.....
Yang lagi ultah nyengir lebar dehh....
Bersama sang maestro kue...prett! maksudnya bersama sang istri tercintahhh satu-satunyahh! Yahh eyahh lahhh!
My boys and my Papoy....
Barang siapa yang berhasil mematikan lilin paling banyak, akan mendapatkan kue nya....hufff..hufff...blow the candles!
Tahun ini kita ngerayain ultah si Papoy dengan tujuan yang tak tentu arah. Awalnya mau makan ini, mau makan itu, sampe pusing pilihnya. Taunya pas sampe di mol, semua tempat makan waiting list karena dibooking orang yang mau buka puasa bersama ( bukber ). Yahh owohhh....jadii kita jalan dari ujung ke ujung cari resto yang sepi, dan itu mustahil banget! Akhirnya, mungkin Tuhan tau kita udah kelaparan berat..beng beng!, jadilah pas lewatin Shaburi dan nanya waiting list nya berapa lama, mbak nya jawab sekitar 30 menit. Yo wiss lah, kita langsung daftar disitu dan tinggalin nomor telepon. Taunya cuma nunggu 15 menitan udah ditelpon dan kita dapet meja dehh....
Padahal udah bilang, gak mau lagi makan all you can eat, karena udah tau perut udah gak sanggup lagi makan beginian akibat faktor U ( Uanggggggg! ehhh bukan ding....UMURRR! ). Tapi yahh sudahlah, dinikmatin aja suguhan daging2 yang juicy inih. Mau ke resto lain udah gak mungkin dapet tempat lagi. Enjoy!
Secara keseluruhan enak2 aja semuanya. No complain. Kita pilih kuah nya yang original dan kagak nyesel lah pilih itu, karena rasanya memang enak. Side dish nya juga enak2, terutama sushi nya. Eskrim nya juga lumayan. Dan yang lebih lumayan lagi karena lagi ada promo : buy 3 get 4. Pas banget kannnn?! Thank God!
Makan di Shaburi itu ronde pertama dari rangkaian ultah si Papoy. Besok lusa nya adalah ronde kedua. Kita ajak nyokap, adik gua dan suaminya makan di Dunia Baru Chinese Food di Bogor. Wahhh disini juga makanannya maknyus semua dahh! Cuma sempet foto makanannya, gak sempet foto orangnya karena semua langsung sibuk makan. hahaha. Harganya murah meriah kok disini...jadi pesen aja yang banyak.
Besok malamnya lagi adalah ronde ketiga. Kali ini makan bareng keluarga cici dan adiknya si Papoy. Dapet kue ultah lagi dehh si Papoy...
Foto keluarga dulu buat kenang2an...
Rebutan potong kue.....
Wah tamu undangannya sekampung nih...meriah kannn! hahaha
Siap-siap makannnnn!
Kita makan di New Eka Jaya Chinese Restaurant di Greenville. Wahh ini juga makanannya enak2 semuahhh dahh! *cubit-cubit lemak perut....*sampe rumah nangis guling2, kenapa juga makan banyak2....
Setelah itu masih ada ronde keempat....kali ini acara liwetan di rumah dalam rangka bukber, rayain ultah si Papoy plus selametan kelulusan Alvin dan Miko. Anggap aja begitu dehhh! Yang penting kita kumpul2 aja sama temen2 lama yang dulu satu sekolahan sama Alvin dan Miko waktu SD. Gua siapin menu nasi liwet aja, kan gampang tuh bikin sendiri. Nihhh biar gak dibilang hoax, before after bikin nasi liwet pake magic com....*siap nerima orderan. wkwkwk. Soalnya ini nyiapin makanan buat 20 orang! Wissss.....canggih kann!
Menu bukber kali ini lumayan komplit...ada mpek2 ( pesen online ), puding, es buah, anggur. Ngeliatnya aja udah ngiler banget yaa....
Dan inilah temen-temen yang udah sekian tahun gak ketemu.....
Dan yang ini versi komplit nya....( eh tapi ada yang batal dateng satu keluarga sih, jadi kurang komplit juga ding...).
Ambil posisi masing2, udah rapi berjejer rapi...
Keliatan kann menu nya ? Ada ayam goreng, tahu tempe goreng, telor asin, tempe orek, sayur asem, sambel, lalapan, kerupuk. Duhh lumayan lah bikin beginian pinggang mau rontok. wkwkwk!
Begitu dibilang GO!, langsung hajar sikat abisssss! Untunglah mereka semua bilang makanannya enak. Terutama sayur asem yang udah kering diambilin kuahnya. Kan koki nya jadi legaaaaaa ya! *bisa tidur nyenyak.

Yahh begitulah bulan Mei berlalu dengan penuh bertaburan makanan enak2. Disyukuri ajah lahh, dinikmatin selagi masih bisa. Masalah lemak2 yang betah bercokol di badan, serahin ke Dilan aja. Berat soalnya, akuh gak kuwat! *teuteup yaa masih musim Dilan ajeee, udah lewat keleuss! Udah ah, segitu dulu ngaco belo nya, besok bulan Juni mau ikutan puasa aja lahhh biar cepet kuyus!
Sampe ketemu di cerita lainnya! Babay Ciaobella!

14 comments:

  1. Makanan nya mantap mantap semua, Mamie...
    Keren, hebad, canggih nih Mamie
    Sehat2 selalu yah...

    ReplyDelete
  2. Banyak events ya bulan Mei kemarin ini!! :D Itu kue-kue dan roti-rotinya yang dibikin sendiri kayaknya enak-enak semuaaa!!!

    Huaa itu liat fuyunghainya jadi pengen juga nih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu obat gendut semua ko...hahaha, mana tahan digempur kayak begitu terus...

      Delete
  3. Wow, asik banget makanannya. Ngiler eyyy
    Eh.. pernah nyoba bikin nasi liwet tapi kurang enak ey. Kayak kurang bumbu gitu. Tapi liat ini jd pengen nyoba bikin lagiiiiii. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya tuh na, kalo kurang bumbu ya kurang sip rasa nasi liwet nya. tapi balik lagi ke selera sih yaa...yang penting dari semua itu sih sebenernya sambel...kalo sambel nya maknyus, pake nasi putih biasa pun rasanya nikmat.

      Delete
  4. hadehhh
    lagi puasa baca beginian
    jadi gimana gitu
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nyasar yaaa pas lagi majang foto makanan semuaaaa....maafkeun, semoga puasanya lancar

      Delete
  5. gelaaaaa sih ciii, dirimu jago bangettt. aku sirikk, aku dengki. ajarin masak ciii hhahaahah
    itu kue2nya menggoda deh, apalagi yg muffin pisang sama bolu tape. kapan bisa dipesen ci? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah the, kagak lahhh, kadang masih suka bantet kalo lagi error gak konsen bikinnya. Nahh itu, belom siap buka PO the...masih ribet.

      Delete
  6. Untung gak puasa, jadi gak terlalu ngiler ngeliat deretan makanan dan kue-kue maknyus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, berat godaaannya kalo mau diet ngel....

      Delete
  7. Wah kerennnn!! Gampang ya banana mufin nya? Jadi pengen cb bikin. Blenger ga ya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. muffin itu gampang banget bikinnya. Biasanya sekali coba, bisa ketagihan...hehehe

      Delete