Tuesday, April 23, 2019

JALAN JALAN KE MANALI, INDIA

Jadi flashback dulu sedikit nih, kenapa kita memilih mau ke Manali. Kenapa kok bisa2nya kita tau ada kota di India yang namanya Manali dan punya tempat yang bagus ( menurut kita ). Terutama gua, mana pernah ngecek2 kota di negeri orang, kota di dalam negeri aja juga masih kagak hapal namanya. Kita mah kan terbiasa cuma familiar sama kota2 besarnya doang. Cuma tau New Delhi, Agra, Jaipur...udah mentok. Yang lain2nya meneketehe!

Nahh, ceritanya si Papoy punya supplier yang orang India, suka datang ke toko dan cerita2 soal India. Itu sekitar 3 - 4 tahun lalu lah. Dia bilang kalo kita mau ke India, jangan cuma ke kota besar kayak New Delhi, Jaipur, Agra aja, tapi harus ke Kullu Manali juga. Wahhh, apaan tuh Kullu Manali? Yah itu nama kota kecil di Propinsi Himachal Pradesh India, Kullu itu nama distriknya, Manali nama kotanya. Terus? Udah gitu doang? Yah kagakk lahh! Begitu dia kasih unjuk foto2 waktu dia ke Manali saat winter, yahh ampunnn....( baru deh gua celangap! ), bagus banget! Udah kayak foto2 di kartu pos saat lagi white christmas yang penuh lampu warna warni, winter wonderland!

Gua pun langsung terobsesi suatu hari harus nyampe di Manali juga. Jadi kita udah masukin Manali ke bucketlist kita jauh2 hari sebelum hari ini. Begitu sekarang ada kesempatan ke India, yah langsung kita masukin Manali sebagai tujuan kita juga. Pas banget dengan hari libur kita yang 7 hari, jadi masih kejangkau, karena ke Manali butuh 2 hari sendiri untuk pergi dan pulangnya. Yah walopun bukan pas winter ke sana nya, tapi kalo cek cuaca disana, awal Maret itu masih ada salju2nya, lumayan bagus juga yang sebelumnya malahan sering turun hujan. Pokoknya dipas2in aja dehh! Udah niat kesana....mau gimana lagi!

Perjalanan ke Manali kita mulai dari New Delhi dengan naik bis. Kita booking bis nya di website Redbus India dengan harga sekitar Rp. 1 jutaan untuk 2 orang PP. Dan inilah bis yang akan membawa kita ke Manali :

Terlihat bagus juga lah bis nya, setelah dua hari kemaren kita dapet bis nya yang kacau beliau. Baca disini : Dari Jaipur ke Agra  dan juga disini :  Bis dari Agra ke New Delhi
Ini di dalam bisnya,  cover tempat duduknya berwarna orange cerah dengan selimut di masing2 seat, dan waktu booking tiket bis kita udah langsung pilih nomor seat nya. Lucunya, untuk menaruh ransel kita di bagasi bis, akan kena charge INR 10 ( sekitar Rp. 2.000 ), hitung2 buat tips knek bis nya kali ya yang angkatin tas2 kita itu. Dapet sebotol air minum dan kantong plastik untuk sampah yang belakangan baru dibagikan ke para penumpang.
Dan yang terpenting adalah ada tempat colokan charger hp nya! Ini penting banget, karena kita akan menempuh perjalanan selama 12 jam! Busettt dah yaaa, trip mamie funky semakin menggila! Dari kemaren naek bis dengan durasi 5 sampai 6 jam, sekarang bakal dobel nihh jadi dua kali lipat! Demi apahhhh cobaaa! Yah demi untuk menggapai cita-cita kita diatas itu. Halahhh! Tapiii, itu beneran naek bis nya 12 jam an? Yahhh bener lahhh! Liat aja nihh peta perjalanan kita, mulai dari Jaipur ke Agra, lalu lanjut dari Agra ke Delhi ( garis biru masih pendek2 ), begitu Delhi ke Manali ( garis birunya lebih panjang kann, bisa 2,5 kali ), jaraknya aja 537 km bo! Jelas lama lahhh bisa 12 jam perjalanan, apalagi bakal melewati jalan yang kurang mulus, berkelok2 karena melintasi pegunungan. Yahh karena kagak ada jalur udara yang langsung sampe ke sana, cuma ada transportasi darat dengan pilihan naek mobil atau bis. Kita cari di website Redbus India dan ada bis yang bisa langsung sampe, gak usah gonta ganti bis langsung sampe di kota Manali. Ongkosnya pun murah meriah bisa rebah, walopun berjam-jam lamanya, tetap akan dakuh tempuh demi untuk bertemu salju!
Nah setelah sekitar 1 jam perjalanan dari Delhi, kita akan diajak mampir untuk makan malam. Padahal waktu itu udah jam 10 an malam sih, dan kita udah makan juga, tapi memang ini jadwal istirahat bis. Jadi kita berhenti di sebuah restaurant yang cukup mewah dan sepertinya di daerah ini banyak restaurant2 sejenis ( bahkan lebih mewah lagi ) yang dijadikan rest area untuk bis2 pariwisata. Jadi restaurant2 di sepanjang jalan ini sangat eye catching dengan lampu2 led dan nama resto nya yang gede2 banget terlihat dari jalan raya.
Restaurant yang kita mampir ini namanya Shree Jee Dhaba.
Bentuknya aja udah keren gitu bangunannya, dengan air mancur di depan resto dan ada taman bermain untuk anak2 juga. Hawanya udah dingin waktu turun disini.

Begitu masuk ke dalam resto nya, terlihat ruangan yang luas dengan meja dan kursi makan, terdapat jejeran konter makanan di tepi ruangan, dan lumayan lengkap juga jenis makanannya.
 Ada konter eskrim dan kue2 cemilannya.

Kita yang udah kenyang karena tadi udah makan malam, hanya berjalan keliling2 ( tepatnya : foto2 ) hihihi ) sambil menunggu yang lain selesai makan.
Setelah itu bis akan melanjutkan perjalanannya lagi dan udah deh, abis itu gua gak tau apa2 lagi. Gua tertidur cukup nyenyak akibat malam sebelumnya kurang tidur waktu nyampe di Agra tengah malam dan subuh2 udah harus bangun buat ke Taj Mahal, jadi akutu lelah banget.
Tau2 gua kebangun di saat jalanan berkelok2 tajam, emang sih ini bis Volvo mantap banget mesinnya buat jalanan nanjak2 begini. Di kiri kanan jalan itu sebenernya jurang, untung aja udah malem, jadi gak keliatan menyeramkan. Dan tiba2 gua mulai merasa mual, udah pake minyak angin dan ditahan2. Tapi lama2 akhirnya jackpot juga. Kaco dah, rasanya kagak enak banget! Perut rasanya keaduk2, sampe sakit nahan supaya kagak muntah lagi. Lucunya, ada satu pasangan muda yang duduk satu barisan dengan kita, istrinya itu juga mulai muntah2, malah lebih parah lagi muntahnya. Kedengaran dari suaranya. Pokoknya kita tersiksa deh sekitar beberapa jam gitu. Dan saking parahnya tetangga kita itu muntah2, sampe suaminya maju ke depan ngomong ke driver nya gitu, dan gak lama kemudian bis nya berhenti di pinggir jalan dan mereka berdua turun dari bis. Terdengar istrinya itu muntah2 lagi di luar bis. Hadeuhhh...gua juga udah lemes, muntahnya sih cuma air doang...tapi kan kagak enak banget rasanya.

Gak berasa tau2 udah jam 6 pagi aja dan bis berhenti untuk istirahat di sebuah rumah makan di pinggir jalan yang sepertinya udah jadi langganan bagi bis2 pariwisata di daerah ini. Sekalian sarapan bagi yang mau sarapan. Hawanya disini udah dingin banget, karena udah di pegunungan. Gua ikutan turun mencari udara segar sekalian ke toilet. Lumayan lah toiletnya gak terlalu jorok, masih bisa ditoleransi. Yang penting setelah menghirup udara segar ini, mual gua juga udah hilang. Tujuan kita masih ada sekitar 4-5 jam lagi. Setelah itu bis melanjutkan perjalanan dan gua udah tenang berasa udah mendingan. Eh teuteup loh, ternyata mulai mual lagi karena jalanannya udah mulai begajulan, kagak mulus, dan gua langsung nutup mata sepanjang jalan berusaha menahan mual. Padahal setelah itu, mendekati tujuan kita, view nya semakin bagus. Si Papoy panggil2 terus mau unjukin pemandangan yang indah, tapi gua gak berani buka mata, takut muntah. Halahhh, kagak asik banget dah! Gila juga nih, kita jalan sekitar 14 jam an, dan beneran pas gua ngintip2 sedikit, view di luar jendela memang mulai cakep2 banget nihh!
 Di belakang sana terlihat pegunungan dengan berlapis salju....cakepp!
 Mobil2 akan bergantian jalannya untuk melewati jembatan ini.

Dan gak lama kemudian, bis nya berhenti di pinggir jalan entah dimana. Terus beberapa orang naek ke dalam bis, mereka menawarkan jasa taxi. Kita sih masih duduk2 aja liatin ke luar jendela. Eh gak lama, knek bis teriak bahwa disini adalah perhentian bis terakhir. Padahal sebelomnya kita udah tanya sama driver, bahwa bis akan berhenti terakhir itu di terminal bis di Manali, dekat dari hotel yang udah kita booking. Lhaa, kalo sekarang dibilang berhentinya disini, kita bingung dongg? Ternyata, katanya ada longsor di jalanan menuju ke Manali, jadi jalanannya sedikit ada yang ketutup longsoran, gak bisa dilewatin oleh kendaraan besar, cuma bisa dilewatin mobil2 kecil. Hahh? Kok ada2 aja yaa. Yahh, terpaksa kita pun belok dari rencana semula yang mau jalan kaki ke hotel.

Ini kita diturunin di daerah yang namanya Patlikuhl, jaraknya masih 14 kilometer lagi dari kota Manali. Ya udahh akhirnya kita pun ikutan penumpang yang lain turun dari bis sambil mikir ganti planning. Dari sini otomatis kita harus sewa taxi lagi nih, gak mungkin jalan kaki lah. Begitu turun, langsung diserbu driver taxi yang berebutan nawarin jasanya.Ketemu tuh satu driver yang mukanya baik dan agak ganteng...hehehe ( herannn, disini kok ganteng2 yeee....*dikeplak si Papoy ). Dia nawarin harga INR 1000 ( sekitar Rp. 200.000 ) buat anter ke hotel kita di Manali. Dan yang penting, dia tau jelas lokasi hotel kita. Yah udahlah, kita juga bingung mau  nawar berapa, kita kagak tau harga wajar buat naek taxi disini. Ikut ajalah, yang penting tampang nya ganteng...eh baik ding! Harusnya gak tipu2 lahh....

Sepanjang jalan dari Patlikuhl ke Manali itu jalanannya sudah aspal mulus...
Tapi di beberapa lokasi memang kita lewatin bekas longsoran yang sedikit menutup jalan. Dan ada juga jalanan yang becek karena kena lelehan salju dari atas gunung.
Batu2 yang nutupin jalan raya itu gede2 juga, ada yang sampe agak ke tengah jalan, jadi kita harus bergantian jalannya dengan mobil yang dari arah sebaliknya. Mungkin ini yang bikin bis dan kendaraan besar gak bisa lewat.
Terus, makin lama pemandangannya makin bagus2 dan kita kagak berasa lagi di India...berasa lagi menyusuri pegunungan Swiss....*ngayal. Kece berat!

Kita dianter dengan selamat sampe hotel dan sempet dikasih kartu nama supaya bisa menghubungi driver itu lagi. Sebut aja namanya...Bunga....mekar mewangi sepanjang hari. wkwkwkwk. Ehh bukan ding...namanya Amit...amit2 jabang bayi. LOL! Halahhh...pokoknya namanya Amid. Si Amid nanya planning kita sore ini atau besok mau kemana, dia bisa antar. Kita masih belom bisa putusin karena masih jetlag semaleman kurang tidur dan juga masih belom jelas di Manali ini ada apa aja. Kita bilang kita mau istirahat dulu dan bakal kontek dia. Okay...

Kita nginep di Snow View Hotel, booking di Agoda seharga Rp. 374.000 per malam.

Hotelnya ala kadarnya aja, receptionis nya juga kecil aja, tapi lumayan ada kursi2 untuk duduk2.

Kamarnya luas, tapi tempat tidurnya berkasur jadul ukuran medium.

Kamar mandinya juga sederhana aja, tapi yang penting ada water heaternya, karena udara disini dingin banget.
Yahh eyah lahhh, sepanjang jalan tadi aja udah keliatan salju di sekitar kota kan. Suhunya sekitar 5-8 derajat Celcius saat siang hari, kalo malam mungkin lebih turun lagi sekitar minus 3. Brrrrrrrrr..
Tapi letak hotelnya lumayan juwara, tepat di tengah2 keramaian the Mall, pertokoan dan resto di daerah ini.
Setelah taro tas, istirahat sebentar, kita pun keluar hotel untuk cari makan siang. Wahh suasana nya rame juga siang ini di Manali road nya yang disebut The Mall.
 Cuacanya cerah banget siang ini, tapi hawanya teuteup dingin sih..

Ketemu resto pertama yang kita temuin, langsung masuk aja deh tanpa sempet cari2 referensi dulu. Udah lapar berat. Namanya Gozy Restaurant.
Berhubung ada menu chinese food, kita pesen ayam asam manis dan chouwmien ( again ) serta nasi putih yang porsinya gede2 banget ternyata. Kalo perginya ramean, bisa sharing lebih  murah jadinya. Segini habis INR 775 ( sekitar Rp. 155.000 ).

Kita jalan2 di India, pesennya chinese food melulu, jadi kagak berasa lagi di India deh...hehehe. Tapi cocok2 aja sih rasanya. Gak komplen makanan disini. Jadi kalo ada yang bilang ke India kagak enak, bagi kita sih gak ada masalah. Urusan makanan bisa diakalin dengan makan yang bisa kita pilih seleranya, gak harus makan makanan India toh? Contoh menu nya kayak gini nih..ada Chinese food nya, jadi daripada gak paham makanan India yang enak itu apa namanya, mending pilih Chinese food aja yang udah familiar.
Abis makan, kita balik lagi ke hotel buat istirahat. Menjelang sore, sekitar jam 3 an gitu, kita baru keluar hotel lagi. Udaranya makin dingin perasaan, jadi semua peralatan tempur dipake aja semua, udah kadung dibawa, dari mulai longjohn, sweater, jaket, syal, sarung tangan, thermal legging, kaos kaki dobel, sepatu boot, pokoknya lengkap lah dari ujung kaki sampe kepala. Pertama kita explore ke rooftop hotel dulu. Lumayan juga view nya bagus dari sini :

Terus kita explore sekitar hotel ada apa aja, tinggal googling aja sih. Kita ketemu temple Tibetian Monastery yang eye catching dengan bendera warna warni di sepanjang pagar dan halamannya.
Di dekat temple adalah perkampungan warga Manali, mempunyai view yang cantik banget di belakang rumahnya.

Keliatannya enak banget yaa tinggal disini...tapi dingin sepanjang hari..hahaha
 Bangunan yang agak tinggi itu biasanya hotel2 dan penginapan di daerah sini.

Lalu masuk ke taman Van Vihar National Park, beli tiket masuk INR 30 ( sekitar Rp. 6000 ) per orang.

Di dalamnya penuh dengan pohon2 pinus yang tinggi, jalan setapak menuju ke ujung park dan ke tepi sungai, ada beberapa ayunan dan permainan jungkat jungkit.

Pengunjungnya lumayan rame juga, ada keluarga yang bawa anak kecil, ada pasangan yang lagi berfoto ria. Padahal udaranya dingin, tapi orang2 lokal banyak juga yang datang kesini. Yah mungkin karena di sekitar Manali, gak banyak tempat wisatanya, jadi gak ada pilihan lain. Ada toko kecil yang berjualan makanan dan minuman juga di dalam sini. Kita sempet beli minuman disitu.

Begitu masuk lebih dalam ke dalam park, baru juga jalan sebentar udah disamperin sama tukang foto keliling. Dan seperti biasa, dia gigih banget nawarin jasanya. Kita pun gak tega nolaknya, karena keliatannya dia orang baik. Akhirnya kita pun sepakat pakai jasa dia. Gak cuma foto doang, tentunya ditawarin foto dengan memakai baju tradisional India daerah sini. Yahh cita-cita gua kan kepengen pake baju sari, cuma gak ada kesempatan dari kemaren. Terpaksa pake baju ini juga gak apa2 lah. Tapi beda banget yaa sama kain sari, ini sih lebih ke Mongol gitu.. Hadeuhhh! Dapet 9 lembar foto ukuran 5R dengan harga INR 450 ( sekitar Rp. 90.000 ) plus dikasih bonus 1 foto plus dapet softcopy nya. Murah meriah juga yaa....Abis kasian juga dingin2 begini gak ada yang foto. hahaha...*anaknya lembut, suka gak tegaan. Inilah hasil shooting kita didalam park. Demi konten blog aja gua berani pajang foto penuh aib ini....wkwkwk!
Udah kayak di film India jadul banget itu, pemeran antagonis mamak2 yang matanya melotot sampe mau keluar.
Katanya yang lagi hits kayak gini fotonya ..gaya Titanic....hadeuhhhh!Kita mah nurut aja diaturin gayanya mau kayak gimana....
Bersama mamak mamak strong penjaja sewa baju India...
Abis foto2 masih sempet keliling park yang makin lama makin dingin hawanya. Lumayan luas sih park nya, tapi yahh kagak ada apa2nya juga. Jadi kita gak lama2 juga di dalam situ.

Terus abis itu jalan2 deh ke pertokoan nya. Disini jualannya serupa semua : baju dan perlengkapan winter.
Lucu juga ada yang namanya Hongkong Market disini. Dan yang berjualan pun matanya sipit, kulitnya putih2, siapa yang nyangka ada di India ya?
Pertokoannya berbentuk lorong, nanti pindah lorong sebelah dengan nama lain lagi di pintu masuknya.
Ada yang namanya Tibetan Market, dan lain lain lagi. Tapi jenis barang yang dijual sama semua.

Terus cobain cemilan yang dijual dipinggir jalan, saking penasarannya dari kemaren kita gak jajan makanan India. Bentuknya bulat, dalemnya diisi kayak sayuran dan dikasih semacam kuah atau cuka macam tahu gejrot. Yah xoxo aja sih rasanya.
Cobain momo ( semacam somay ), rasanya xoxo juga lah, kulitnya tebel, jadi berasa tepung.
Beli eskrim rasa mango yang maknyuss banget.
 Padahal cuaca dingin, tapi kalo ketemu tukang eskrim bisa kalap.
 Duduk dulu ngabisin icecream...tambah dingin aja hawanya.
Makin sore makin rame aja pengunjung di The Mall ini..

Kita masih muter2 mau cari cemilan....

Yah udah, daripada jajan terus, takut keburu kenyang karena kita masih mau makan malam, mana cuaca mulai gelap ( disini jam 5 sore pun udah agak gelap ),  akhirnya kita cari2 sebuah resto yang banyak direkomend orang2 kalo ke Manali. Namanya adalah Chopsticks. Letaknya padahal di tengah2 the Mall ( shopping street ), kita cari pake google maps malah ngaco kemana2. Padahal kita udah lewatin 2 kali, tapi gak terlihat. Akhirnya nemu juga setelah baca lagi petunjuknya dengan seksama. Kita pun langsung bergegas masuk ke dalamnya.
Suasana dalam resto Chopsticks..
Beberapa pilihan menunya...
Menu yang paling direkomend adalah ikan trout. Jadi kita pesan ikan trout panggang, sayurnya terong masak asam pedas gitu, plus nasi putih. Ke tiga2nya keluar dengan porsi besar. glek!
Rasa ikan trout nya memang mantap nihh. Terong nya juga enak. Total kerusakan INR 1050 ( sekitar Rp. 200.000 ). Ikan troutnya sendiri seharga INR 600 ( Rp. 120.000 ), gak terlalu mahal juga, enak2 semua lagi rasanya. Memang recommended nih.

Pas keluar dari resto, tau2 suasana udah gelap aja dan lampu2 sudah mulai nyala.
 Suasana malam di The Mall Manali...
 Masih rame aja yang lalu lalang disini.
Gak lama kemudian, turun hujan, dan lama2 hujannya berubah jadi hujan salju, turun kecil2 perlahan. Tapi gak banyak saljunya, lebih banyak ke air sih. Yah udah, gak ada yang bisa kita lakukan lagi kalo hari hujan begini, akhirnya kita milih balik ke hotel aja buat istirahat.

Di hotel kita hubungin  Amid driver yang tadi siang anter kita, buat deal harga besok antar kita jalan2. Akhirnya deal untuk antar kita ke Solang Valley dan Hidimba Temple dengan harga INR 2000 ( sekitar Rp. 400.000 ), lalu antar kita ke Patlikuhl tempat naik bis ke Delhi dengan harga INR 1000 ( sekitar Rp. 200.000 ). Jadi total INR 3000..tapi akhirnya kita kasih INR 3200 sekalian untuk tips nya ( total Rp. 640.000 ). Padahal di sekitar hotel banyak driver taxi yang menawarkan jasanya, tapi kita merasa udah cocok dengan Amid, jadi pilih dia aja lah.

Malemnya pas tidur, dingin banget. Di kamar kagak ada heaternya. Jadi kita tidur pake baju berlapis2 aja lah. Kayaknya suhunya sekitar minus 5 kali. Kita bangun sekitar jam 7 an pagi, itu pun liat keluar jendela masih agak gelap. Si Papoy sih sempetin keluar buat hunting foto saat sunrise dari rooftop hotel. Nahh kayak gini lah sunrise di Manali :

Kita janji dijemput driver jam 10.00, jadi jam 09.30 kita baru keluar hotel untuk cari sarapan. Pertokoan masih pada tutup karena udaranya juga masih dingin banget pagi ini. Gak ada salju yang menumpuk, berarti semalam hujan salju nya cuma sebentar aja. Padahal selang sebulan sebelum kita kesini, hujan salju turun sangat lebat dan bener2 seperti winter wonderland disini. Ahhh, sayang banget kita gak jodoh nihh liat salju tebal disini.
Ada resto yang tulisannya buka 24 jam, jadi kita mampir aja kesitu. Namanya Ashiana.
Pilihan menunya...

Kita pesen sandwich yang ternyata porsinya banyak banget nih. Akhirnya ga abis, sebagian dibungkus bawa aja. Total habis INR 300 ( Rp. 60.000 ).
Oh iya, di buku menu resto ini ada list tempat2 wisata di Manali, seperti ini lah list ny. Gak terlalu banyak juga yang bisa dikunjungin di sekitar sini.

Setelah itu dijemput driver dan kita sekalian check out dari hotel. Hari ini sepertinya bakal cerah nih.

Kita langsung jalan menuju ke Solang Valley, yang jaraknya sekitar 17 kilometer dari Manali. Solang Valley terkenal sebagai tempat berbagai aktivitas olahraga dan rekreasi musim dingin yang mempunyai pemandangan yang indah. Di sana para pengunjung bisa bermain paralayang, ski, terjung payung yang kesemua kegiatan itu tergantung musimnya juga. Waktu yang tepat untuk kesana adalah sekitar bulan Desember hingga Pebruari. Coba aja googling lebih lanjut tentang Solang Valley.

Sepanjang jalan pemandangannya bagus banget deh.
Gak berenti2nya berdecak kagum. Dan langsung menjerit : stoppp! ( tapi dalam hati ). Kepengen berenti di tiap spot buat foto. Siapa sangka ini di India..ye kann? India terkenal panas hawanya, taunya ada juga daerah yang bersalju begini.

Yah akhirnya gak tahan lagi, minta berhenti di spot yang ada tulisan Rohtang. Just for your information, Rohtang adalah daerah yang terkenal dengan Rohtang Pass, dimana mobil2 jalan melewati dua dinding es ( mungkin seperti Alpine Road di Tateyama Jepang gitu yaa ). Terkenal juga akan view nya yang indah. Jaraknya yah itu, masih 50 kilometer lagi dari sini. Dan jalan ke Rohtang itu pernah masuk ke dalam salah satu daftar deadliest road in the world loh, dimana jalanannya sempit banget, kiri kanan jurang, suka terjadi longsor disini.... weww! *elap keringet dulu, jangan sampe aja si Papoy nekad ajak kesono. Coba aja googling lebih lanjut tentang Rohtang.
Terus kita minta berhenti lagi entah dimana ..pokoknya bagus2 view nya. Bisa gila deh, baru juga di pinggir jalan raya begini doang, view nya cakep2 banget, bikin kalap buat pepotoan.
Duduk2 santai serasa di pantai....
Bagus kannnn view nya
Untung juga minta berenti di pinggir jalan ini...view nya bagus 360 derajat.

Gak usah ke Swiss kali yaa..kesini aja cukup, murah meriah.
Tapi kagak nolak juga sihh kalo ada yang mau ajak ke Swiss mahh! Tapi beneran, ini cakepppp kann! *histeris sendiri.
Sebelumnya, gua bilang sama drivernya, bahwa kita mau maen ski, minta dia anter ke area ski di sekitar sini. Jadi di tengah2 perjalanan ke Solang Valley itu, kita diajak mampir ke tempat penyewaan kostum ski dan sepatu boot khusus.

Kita pilih2 warna, tapi yang gua mau kagak ada ukurannya. Gua mau warna pink atau ungu. Stoknya kosong. Jadi dapetnya biru langit. Gak apa2 deh, bagus juga kannn! Yang parah si Papoy, kagak ada sepatu boot ukuran kaki dia. Gede banget sihh kakinya, kayak Yeti aja...you know Yeti kann?! Mahkluk es ituhh! hahaha.

Harga sewa kostum ini adalah INR 2000 ( sekitar Rp. 400.000 ) untuk couple seperti kita, include peralatan ski dan instrukturnya. Gak dibatesin waktunya, bebas. Sampe beku juga gak apa2...hahaha. Jadi kita naek mobil sambil berbaju ski, lama2 gerah juga loh. Ternyata ini kostumnya ampuh juga buat udara dingin yaa, padahal bahannya tipis seperti parasut gitu, tapi dalam lapisannya katanya memakai bulu angsa, sehingga bikin hangat.

Di belakang tempat sewa kostum ski itu, pemandangannya kece banget! Gak tahan kalo kagak foto dulu disitu.

Berpelukan kayak Teletubies...kostumnya udah mirip kannn! LOL
Ini view ke arah jalan raya, masih di spot yang sama, di belakang tempat sewa kostum ski.

Jalannya meliuk2 di tepi jurang2 juga nih...
Masih terlihat sisa2 tanah longsor....bahaya juga yaa.
 Ada sebagian jalan yang becek akibat lelehan salju..
Melewati villa dan perumahan warga sini dengan beberapa pohon cemara dan pinus, di tutupi salju di sebagian besar daerahnya.

Sekitar 5 kilometer sebelum Solang Valley, mobil kita berhenti dan sepertinya macet total. Lalu driver menginformasikan bahwa jalanan ke Solang Valley pun hari ini ditutup karena ada longsor. Yahhh, kita belum hoki nihh, kagak kesampean ke Solang Valley.
Jadi kita gak mungkin lagi kesana. Dan di tempat kita macet ini adalah antrian mobil yang mau berkunjung ke Palchan Skiing. Jadi kita bakal maen ski di sini aja, kita diminta turun dari mobil dan ada seorang guide dari Palchan Skiing yang menghampiri kita dan akan mengantar kita ke area ski.

Yahh udah, kita nurut ajaa lahh. Kagak jadi ke Solang Valley, kita kesini aja. Mungkin sama aja lahh. Udah pasrah. Wahh ternyata udah rame aja lohh yang maen ski disini. Kita pikir kita yang paling pagi keluar hotel tadi.
Kagak nyangka yaa, sepagi ini udah rame banget yang kesini. Padahal tadi di jalan raya keliatannya kagak begitu rame mobil lalu lalang.
Karena rame banget pengunjungnya, kita diminta menunggu sekitar 1/2 jam, peralatan ski nya sedang dipakai pengunjung yang lain. Gak masalah sih, kita malah senang bisa explore sekeliling dulu. Kita melipir cari tempat yang agak sepi.
Happy together....Ini adalah salju pertama buat si Papoy...hehehe
Turis norak, padahal udah sering ketemu salju...masih begini juga kelakuannya. wkwkwk...
Oh iya, ternyata area ini adalah kebun apel yang tertutup salju. Jadi masih banyak pohon2 apel yang mengering disini.

Kita maen es, bikin snowman, lempar2 salju sambil pepotoan yang banyak disini.
 Udah jadi, diajak ngomong snowman nya....jangan dibiarin sendirian, kasian kan dia kesepian.

Akhirnya kesampean juga bikin snowman, walopun ukurannya mini....hahaha
My heart for the one and only....
Snowman nya kagak punya mata...
Dan hebatnya, kostumnya itu bener2 bikin kita hangat loh, kagak berasa dingin sama sekali! Malah dengan banyak bergerak jalan ke sana ke sini, bikin kita sedikit berkeringat loh. Dan heran juga, disini kita kok gak bertemu dengan turis dari Indonesia satu pun. biasa kan kemana2 ketemu aja yaa. Aneh juga kali ini kagak ada satu pun, semua rata2 turis lokal, bule pun kagak ada.

Terus sampe juga giliran kita maen ski. Dikasih guidance sekitar 1 menit, tongkatnya harus gimana posisinya kalo mau meluncur, gimana kalo mau berhenti. Kaki harus agak ditekuk, badan sedikit ke depan dan meluncur dehh.
Pelan2 aja katanya....jangan grasa grusu, nanti nyungsep.

Yeayy! Gua berhasil meluncur dengan sukses.
Gaya dulu dong...
Horeeee.....berhasil!

Enak juga ternyata maen ski. Sampe bolak balik 3 kali cobain meluncur. Sempet jatoh sih karena mau menghindari orang yang berhenti tiba2. Hadeuhhh....untung kagak kenapa2.
Cuma saking ramenya, jadi kurang panjang nih area meluncurnya. Ada sih yang panjang, tapi itu buat yang udah ahli...

Si Papoy juga sempet cobain meluncur sekali. tapi terus jatoh...halahh!
Kita sih banyakan foto2nya daripada meluncurnya...hahaha

Abis maen ski, kita keliling lagi dan nemuin spot yang ada tulisan Manalinya. Harus bayar INR 100 ( sekitar Rp. 20.000 ) buat foto disitu.
Berhubung bayar, yahh fotonya berkali2 aja....gak mau rugi.

Bisa difotoin berdua pula...asik kann!
Snowman versi orang India

Gaya paling antimainstream : nyekopin salju!

Abis itu kita keliling lebih jauh lagi, nemu tukang yang jualan chai ( tea ) dan orang asik duduk2 disitu.

Wahh beli langsung, enak banget minum teh anget2 gini di tengah salju.
Segini harganya INR 20 ( sekitar Rp. 4.000 ). Murah meriah yaa...Malahan biasanya cuma INR 10 kok.

Ada juga yang maen motor ski...
Seru sih kalo rame2 ya.
Nahh ini kalo kita jalan lebih jauh ke dalam perkebunan apel ini..
Dan dibawah sana ada sungai mengalir....airnya gak beku loh.
Pose manja dulu ahh....
View di tepi sungai ini juga bagus banget ...
Kagak kalah kannn sama yang di Eropa....*padahal belom pernah ke Eropa.
Namaste!
Pokoknya maapin kita yaa kalo narsis akut disini....udah jauh2 menempuh 14 jam perjalanan, harus foto yang banyak dong!
Emang ada yang mau foto begini di salju selain mamiefunky?
Ahhh terserah aja mau dibilang apa kek...pokoknya foto2 terus lahhh disini sih..
Keliatan kayak di pegunungan manaaa gitu yaa....
Chibi chibiiiii
Yayaya...yeyeye..
Jangan lupa bawa sunglasses...
Disini gunung, disana gunung, di tengah2nya orang linglung.
Udahhh ahh, pulang...spot fotonya udah gak ada lagi....hahaha
Udah yaa....maen saljunya udahan dulu...

Setelah puas, kita berniat balik ke mobil. Eh pas deket pintu keluar, malah liat orang lagi naek yak.
Wah boleh juga cobain naek yak sambil difoto. Bayar INR 50 per orang ( sekitar Rp. 10.000 ). Kapan lagi yaa naek yak begini kalo bukan disini..ye kann! Guide nya baik hati juga mau fotoin kita berdua.
Bingung kan mau pegangan kemana? Pegangin tanduknya aja dehh

Setelah puas berfoto ria, baru lah kita balik ke mobil. Sebelumnya kita kasih guide nya tips INR 150 ( sekitar Rp. 30.000 ) karena udah baik ke kita.

Setelah itu, driver antar kita balik ke tempat penyewaan kostum ski buat balikin kostum. Terus, kita dianter balik ke dekat hotel dulu buat makan siang. Kita pilih makan di Chopsticks Resto lagi. Waktu itu udah sekitar jam 2 an siang. Ternyata rame banget restonya, cuma tersisa 1 meja di depan kasir. Yah udah kita duduk disitu aja.

Kali ini kita pesan omelete, nasi goreng dan mutton ( daging kambing ) masak apa gitu. Porsinya gede2 seperti kemaren, semua rasanya maknyuss lahh! Total kerusakan INR 800 ( sekitar Rp. 160.000 ). Mungkin hawa dingin tadi bikin kita rasanya lapar banget, sehingga makannya jadi kebanyakan sekarang. Kenyang maksimal!

Abis makan, sambil nunggu dijemput driver masih ada waktu 1/2 jam lagi, kita jalan berkeliling pertokoan. Ternyata spot nya bagus juga di sepanjang Manali Road yang terkenal sebagai The Mall ini.
Kebanyakan jualannya sejenis, perlengkapan winter dan souvenir.
Kalo gak salah ini salah satu kuil juga...letaknya yah di tengah2 shopping street ini.
Lihat kan benderanya?
Bangunan sebelah kanan itu eye catching juga...beda sama bangunan yang lain.
Suasana The Mall di hari kedua kita disini.
Sambil nunggu kita perhatiin, disini taxi semua warnanya putih. Jadi agak siwer kalo mau nemuin taxi kita yang mana.

Setelah itu dijemput dan kita lanjutin menuju ke Hidimba Temple.
Temple ini dibangun 500 tahun yang lalu. Dalam cuaca dingin begini, rame juga ternyata pengunjungnya.

Kita jalan sampe ke ujung jalan setapak, bertemu ibu2 yang nawarin foto bareng kelincinya. Dia gigih setengah maksa nawarinnya. Udah ditolak pun kagak mempan, malah taro kelincinya di tangan gua. Yah udah terpaksa dehhh foto bareng kelincinya, bayar INR 20....Bukan soal murah meriahnya, tapi bulu2 kelincinya itu pada rontok kakak! hahaha

Di park ini, rata2 dagangannya sama dengan Van Vihar Park yang kemaren sore kita kunjungi. Ada penyewaan kostum India, ada tukang foto keliling, ada yang sewain permainan archery ( panahan ), jual baju2 dan perlengkapan winter, sampe naek yak juga ada disini. Kita ditawarin semua itu, sampe sepanjang jalan begitu terus. Sampe susah nolak nolakinnya...Dibilang kagak, teteup aja diuber.

Temple nya di tengah2 hutan pinus gitu...
Di sepanjang pagar ini dipasangin kain merah emas...entah melambangkan apa..

Keluar dari Hidimba park, di dekat parkiran terdapat taman yang dipenuhi salju dan gratis. Ini view dari atas tangga ke arah parkiran...

Kita mampir aja sebentar disitu buat foto2.
Batang2 pohon mengering tanpa daun...
Snow love
 A big heart from me to you
 From Manali with love..
Pegunungan di belakang sana bagus bener yaa...
Kayak suasana Natal yaaa...merah ijo...
Jadi pengen loncat loncat kannn nih...

Setelah selesai, sekitar jam 5, driver baru mengantar kita ke Patlikuhl untuk naek bis ke Delhi. Jadwal naek bis adalah jam 19.00. Kita pikir lebih awal lebih baik daripada ada apa2 di jalan. Jam 17.30 kita udah sampe di tempat bus stop di tepi jalan ( bukan di terminal ). Udah keliatan sih bisnya dari nomor bis, tapi terlihat kosong dan gak ada seorang pun disana.

Driver kita bantuin telpon ke agen bisnya buat memastikan bahwa nama kita sudah terdaftar di list penumpang bis itu. Bener sihh ada, tapi
ternyata....jadwalnya di ubah menjadi jam 20.30. Semua penumpang sudah diberi tahu lewat telepon, SMS atau email. Yahhh, kita ketinggalan info karena semua dibooking atas nama si Papoy, sementara doi kagak beli simcard sini, kagak ada pulsa internet pula. Hadeuhhh! Heran yaa, trip mamiefunky itu harus selalu nemuin drama2 dulu, baru seru. Kalo kagak ada drama begini, hambar aja sepertinya...ye kann!
Yah udah kita pasrah aja, yang penting si driver masih nyediain mobilnya buat jadi tempat tunggu kita. Karena ini di pinggir jalan, kagak ada resto, kagak ada warung, kagak ada apapun. Sementara kita masih harus nunggu sekitar 2,5  jam lagi, udara diluar mobil pun udah mulai dingin menggigit tulang serta sangat berdebu setiap kali mobil lewat. gubrak! Terlalu sadiss yaaa trip ini! Tapi kita pun gak tega driver nunggu kita segitu lama, karena waktu ngobrol2 tadi, dia cerita dia punya anak kembar yang masih kecil dan senang banget setiap kali liat dia pulang ke rumah. Terus datang orang yang membuka pintu bis, lalu driver bantuin kita nanyain ke dia apakah udah bisa nunggu di dalam bisnya. Kita gak diperbolehkan masuk ke bis, karena ternyata supir bis lagi tidur di jok paling belakang. Weleee..gimanaa ini? Yahh terpaksa deh, kita berusaha tabah bilang ke supir kita bahwa kita nunggu aja di pinggir jalan sini. Silakan aja dia pulang. Hiks. Yang lebih bikin dobel hiks adalah : tiba2 aja gua kebelet pengen pipis. Mampus gakk? Mau pipis dimana coba? Celingak celinguk kagak ada apa. Akhirnya nekad, jalan nyamperin satu rumah di pinggir jalan, yang keluar anak cewe udah abege gitu, gua ajak ngomong Inggris sambil kasih isyarat mau ke toilet. Dia bilang kagak ada toilet. Hahhh? Kaco banget kann! Ternyata mungkin bener rumah disini kagak ada toilet, wong di belakang rumahnya itu mengalir sungai yang lumayan lebar. Tapi saat itu sepertinya sungai nya lagi surut, jadi cuma terlihat bebatuan dimana2. Jadi kemungkinan mereka pun buang hajat di sungai sih. Yahh udah lah, kalo dalam kondisi terpaksa, apapun bisa. Gua pun terpaksa jalan ke pinggir sungai, mencari batu2 gede dan pipis di balik batu. Wewww! Sebodo amat lahh. Apalagi mendapat dukungan dari si Papoy saat gua ragu buat pipis disitu. Belio berkata dengan bijaknya :" kalo anak gadis pipis di pinggir sungai, mungkin bisa heboh. Tapi kalo udah emak2 begini, siapa juga yang mau liat? Hmmmm, ner ugha! LOL! Gelo lah pokoknya pengalaman selama di trip ini.

Setelah itu, kita masih berusaha nunggu di pinggir jalan samping bis. Tapi baru 10 menit udah kagak tahan lagi. Gua nyamperin knek bis dan pasang muka sangat sangat memelas minta diperbolehkan nunggu di dalam bis aja, Gua janji gak bikin suara sedikitpun yang bisa bikin driver bis kebangun. Suwerrr! Akhirnya boleh juga tuh kita naek ke bis dan nunggu di dalam. Cuma kita berdua penumpang yang baru dateng. Yahh eyah lahhh, yang lain kan udah pada dapet notif pemberitahuan rubah jadwal. Emangnya kita....terlalu rajin dateng kepagian ini sih!
Sebelum bis nya jalan, gua udah antisipasi dulu minum antimo biar kagak mabok, bahkan biar kagak jackpot! Jadi begitu bis berangkat, gua udah kagak inget apa2 lagi dehh! Amannn. Bangun2 udah sampe di rumah makan tempat kemaren pagi breakfast. Kalo sekarang kebalikannya, kita mampir buat makan malam. Kita pesen chai dan roti cane buat iseng2 mengusir hawa dingin. Lumayan enak juga rotinya. Dan setelah itu lanjutin perjalanan lagi, gua balik tidur lagi dan tau2 udah sampe aja di New Delhi. Supirnya agak ngebut nih pas rute balik ini, jadi perjalanannya cuma sekitar 12 jam aja. Jam 08.30 kita udah sampe di New Delhi.
Thankgod! Perjuangan perjalanan panjang kita ini bisa dilewati dengan aman dan selamat. Cita-cita ke Manali tuntas sudah. Happy tentunya. Bisa nemu tempat bersalju dan sempet maen ski walopun tempat tujuan utama yaitu Solang Valley gak bisa diakses karena jalanan ketutup longsor. Tapi masih untung ada tempat pengganti lain seperti Palchan Skiing. Itu udah semacam berkah lah buat kita. Durasi 2 hari 1 malam di Manali terbilang singkat, tapi begitu banyak memori yang bakal kita kenang.
Jadi buat yang mau cari tempat wisata bersalju dengan harga terjangkau, gak harus ke Swiss kok. Cukup ke Manali aja. Segini aja menurut gua udah bagus banget kok! Yahh suatu hari nanti, kalo ada rejeki, harus beneran ke Swiss juga sihh yaa! *kasih kode keras ke si Papoy. Tapi pasti disuruh macul2 tanah dulu ini sih, cari sebongkah berlian. Entah di tanah siapaa.....yang jelas di tanah belakang kita itu cuma ada sebongkah batu! KZL kan yaa! Itu pohon juga gak tau diri, udah dikasih pupuk banyak2, kagak juga berbuah duit. Saya harus apahhhh? Hadeuhh, pulang jalan2 jadi stress! hahaha. Eits, jangan stres2 dahhh, masih ada episode terakhir nih, jalan2 seputar New Delhi. Tunggu aja yaa....
Babayy Ciaobella!

1. yan, keren banget itu manali.
    ga sia2 deh perjalanan 5 jam naik bus sampe jackpot2 ya.
    kalo gw sih angkat tangan dulu kalo dengar kata naik bus berjam2. hahaha

1. 14 jam lim...hahaha, iya untung aja nemu pemandangan bagus...kalo kagak sih bisa ngambek dah

2. Seru banget yaa ci. 14 jam udah kek jakarta - solo lah yaaa. Ngeliat es yang bentuk hati, kepengen ambil sirop marj*n trus campur sama esnya. wkwkwkwkw. lanjut lagi ciiii..

3. Keren ci, salju2 gitu ya. serasa ikutan jalan2 pokoknya ci. :D

4. Bagussss cikk jadi pengen ke india gara2 baca blog cici.

5. like in Alpen wannabe yaaa xixi, keren

6. Ci... maaf melenceng.. saya lihat blog cici tentang op katarak di kmn... sekarang mata nya gimana ci????? Setelah operasi penyembuhan berapa lama???

1. Jadi setelah operasi itu, mata nya sih udah gak sakit ya..bisa langsung melihat normal. Paling klo mau baca aja butuh kacamata baca karena jadi plus matanya. Yah bikin kacamatanya itu yang harus nunggu sekitar 2 mingguan supaya ukurannya akurat

7. Keren banget tripnya, oya mau tanya mengenai bis ke manali, kalau tiket bis ke manali belinya offline/langsung ke terminal bis nya bisa ga yah? Dan terminal bis nya dimana yah kalau di Delhi? Secara kalau beli lewat website Redbus harus pake kartu kredit buat bayarnya. Saya rencana mau ke manali juga bulan januari ini.

Mohon infonya, makasih.

1. Kalo beli on the spot mungkin bisa aja...tapi khawatir habis..jadi kita harus nunggu besoknya atau besoknya lagi. Resiko jadinya. Yg kita booking itu namanya holiday appeal..bis nya bukan di terminal..tapi di pinggir jalan di daerah Majnu Ka tila..kantor jual tiketnya ada di dekat situ ..semoga jelas infonya ya

2. Waktu itu booking bisnya lewat redbus bayarnya pakai credit card ya? Kalau bayar pakai Debit Card gimana ya? Soalnya saya ga pny credit card.

3. Hmmm.kalo ada pilihan nya debet pun mungkin akun bank lokal yg diterima. Klo turis international biasa pembayaran yg diterima pakai kartu kredit

4. Wahh repot juga ya kalo ga punya kartu kredit, berarti terpaksa gambling deh saya beli langsung on the spot di terminal. Semoga aja tiket bisnya masih ada. Thanks infonya.. 🙏

8. Ini ke sana nya pas bulan apa ya? Then msh ada contact drivernya kah? Aku ada plan ke Manali Sep 2019 ini bareng suami. Please WA me yah... 0813-1088-1937. Terima kasih

9. mau kesini bulan februari... kalau beli tiket bus dari delhi ke manali lewat redbus bayarnya via apa ya? karena aku coba lewat aplikasi tapi mata uangnya gabisa idr...hiks,
    beli tiket busnya pas masih di indo atau pas udah sampai di india ya kak?

1. Bayarnya pake kartu kredit, kurs dollar amerika ( USD ). Kalo kita sih beli 3 bln sebelum berangkat

2. kak, boleh diinfo ga berapa estimasi biaya buat bekal kesana diluar pesawat dan hotel?

3. Coba kamu bikin list :
      Kamu makan berapa kali sehari, trus mau berapa hari disana, kamu liat foto menu di postingan, kamu pilih aja mau makan apa, tinggal dihitung deh. Belom lagi kamu mau sewa mobil atau gak, mau ke temple gak, mau maen ski gak, hitung aja, rincian biaya saya udah kasih diatas ( kalo kamu beneran baca postingan saya ya) harusnya bisa hitung sendiri. Soalnya tiap orang beda2 kebutuhannya, saya udah kasih ancer2 biaya makan, biaya taxi, biaya maen ski, jadi silakan bikin list sendiri supaya bisa tau biaya sesuai kebutuhannya

4. ka winy aku juga ada rencana ke Manali tgl 7 Feb 2020 barang kali kita bisa bareng please email aku ke imasmasesaroh9407@gmail.com

10. Naik busny di daerah mana Ci di Delhi dn Manali ny?

1. Di Delhi nama daerahnya Majnu Ka Tila, kalo di Manali normalnya harusnya naek/turun bis di kota Manali nya. Kita kmrn pas ada longsor, jadi naek/turun bis di Patikuhl ..

11. Wah cerita nya seru banget ya mamiefunky ini hehhehe......,mau nanya donk itu mamie jalan2 ke manali nya di bulan apa yah ?......cuaca msh bisa adaptasi ya, krn kl salah bulan bisa kena aklamasi sickness kan

1. Kita bulan Maref kesana nya, cuaca masih dingin. Kayaknya kalo ketinggian nya ga tinggi, ga sampe kena aklamasi sickness gitu deh..

12. Hai mamie funky salam kenal, hahaha baca ini jd inget pengalamanku juga pas ke manali awal januari 2020 ini mam, ngerasain jg naek bis pp delhi manali, yg kok ga sampe2 ini perjalanannyaaa, makan mutton yg ngangenin

1. Hai..salam kenal jg. Iya itu gila bgt naek bis ga sampe2..pengen loncat rasanya..hahaha

13. Bu sewa baju n sepatu harganya brp? Sewa alat sky n guide nya dimana? Sekalian di toko baju/gmn ?

1. Iya sewanya di tempat sewa baju khusus ski itu. Harganya 2000 INR ..sekitar 400.000 rupiah jaman itu ya. Kalau baca di postingan saya itu ada semua tercantum kok. Baca dengan detil di atas..hehehe