Thursday, June 13, 2019

TUR GUNUNG MERAPI, CANDI PLAOSAN, TEBING BREKSI DAN CANDI RATU BOKO

Holaa, ketemu lagii kita...setelah libur Lebaran nan panjangggg.
Tapi ini bukan cerita waktu libur Lebaran kemaren kok, tenang ajaa, itu sih pasti masih lama lagiii postingnya. Jadi sabar2 ajaa yaaa, rajin2 check ke sini...hahaha.
Kalo yang ini, cerita setelah turun dari Gunung Prau. Ceritanya kita mampir ke kota Yogya dulu nih. Yah kira2 4 jam an perjalanan deh dari Dieng tempat si Gunung Prau berada. Sebelumnya kita udah booking hotel dulu via Agoda.com. Nama hotelnya adalah The Victoria Hotel. Letaknya persis di belakang hotel Royal Ambarukmo, dekat juga ke Plaza Ambarukmo. Lupa ratenya berapa, kalo gak salah sekitar Rp. 400 ribuan.

Keliatan hotelnya sepi2 aja ya, tapi udah full booked untuk long weekend ini. Lumayan bagus juga hotelnya, ada kolam renangnya juga di bagian samping hotel.
Kamar nya cukup luas juga untuk kita bertiga. Yang gak luas tuh bed nya...hehehe, untung aja si Miko masih kurus, jadi masih bisa tidur berdua dia.
Yang penting kamar mandinya bersih...
Nyampe hotel udah sore sekitar jam 5 an sore. Awalnya banyak rencana, kepengen wisata kuliner dan jalan ke mall. Tapi setelah mandi, kok rasanya badan dan kaki pada rentek...malah baring leyeh2, sesudahnya males keluar kamar lagi deh. Akhirnya yang ada kita malah pesen makanan lewat ojek online...hahaha. Thanks to ojol....Kita pesen nasi gudeg mercon kalo gak salah...cuma Rp. 60.000 aja. Hemat kann! Itupun gak habis, karena nasinya banyak banget. Abis makan, yahh langsung tepar semua. Tidur nyenyak banget!
Besok paginya, kita jalan menuju ke daerah gunung Merapi. Kemaren malem sempet browsing2 cari operator tour Merapi dan langsung booking untuk pagi ini. Kalo gak salah nama operatornya Merapi Lava Tour. Pokoknya kalo googling, banyak banget deh yang menawarkan paket tour Merapi ini. Tinggal cap cip cup pilih salah satu. Harganya hampir rata2 sama aja. Kita pilih paket yang short ( pendek ) seharga Rp. 350.000 dengan durasi 2 jam. Nahh kita dah sampe basecamp nya nih...sebelumnya udah dikirimin location via WA chat, jadi gampang langsung ketemu tanpa nyasar.
Kita pikir kita udah yang paling pagi. Gak taunya, disitu udah rame banget, banyak rombongan bis2 yang mau wisata Merapi. Dan mereka tersebar ke seluruh operator penyewaan jeep yang berada di sepanjang jalan menuju Merapi ini. Jadi enaknya, kita gak perlu antri. Liat aja tuh, jeep nya banyak banget kann...
Nahh kayak gini lahh naek jeep nya, kayaknya enakan berdiri daripada duduk bakal sakit badannya terguncang2  karena jalanannya yang ancur lebur, ada sebagian di aspal, tapi sebagian besar sih jalanannya benar2 masih asli batu2an...
 
Nahh contohnya kayak begitu lah jalanan yang kita lewatin....bikin badan pada pegel deh...hahaha. Udah abis dari Gunung Prau, masih ajaa nyari nya gunung yaa....Soalnya kita belom pernah sih ke Merapi, jadi pas sekarang di Yogya, sekalian ajaa deh dikunjungi, walaupun kaki rentek habis turun dari Gunung Prau belom juga ilang.
Dalam paket tour Merapi, tempat yang bakal dikunjungi adalah Museum Sisa Hartaku...Kita bakal diajak melihat ke sisa2 rumah yang masih berdiri dengan sebagian besar bagian bangunan sudah hancur dan tersisa kerangka motor di depan rumah yang terkena panas letusan gunung Merapi.
Terdapat juga kerangka hewan2 yang jadi korban letusan gunung Merapi dan foto2 waktu kejadian terpampang di dinding.
Televisi yang tersisa body luarnya....
Nahh, apakah anak2 jaman now tau ini apaa? Ini adalah mesin jahit....
Beberapa kerangka motor yang tersisa
Driver jeep kita juga merangkap guide, sekalian menjelaskan kejadian saat itu. Beliau juga adalah warga daerah sini dan rumahnya ikut menjadi korban saat itu.
Dan inilah jam yang berhenti berdetak saat terkena musibah letusan gunung Merapi....
Lokasi berikutnya adalah yang disebut Batu Allien yang katanya batu itu menyerupai muka manusia. Mirip gak coba? Batu itu terlontar dari gunung Merapi....busett..kebayang kalo ada orang yang ketimpa batu itu gimana coba...
Dan seharusnya di belakang kita itu keliatan gunung Merapi nya. Tapi kita kurang beruntung pagi ini, semua ketutupan kabut....haiyaaaa!
Sambil  menunggu kabut berlalu, kita foto2 di spot yang ada disini buat hadiah hiburan...hehehe
Nahh kan, Ferguso jadi mau terbang ke gunung nihh...musti dipegangin...
Lokasi terakhir adalah yang disebut Bunker Kaliadem....tapi disini kagak ada adem2nya...puanasnya pol! Keringet langsung ngucur...cur...
Bunkernya letaknya dibawah sana...mau masuk tapi kok yahhh serem. Jadi cuma ngintip sebentar dipintu, semuanya gelap....agak horor kayaknya, jadi gua pilih balik lagi ke atas aja lahh...
Bunker ini fungsinya ya untuk berlindung apabila ada kejadian gunungnya erupsi atau meletus.
Dann...harusnya dibelakang sana keliatan gunung Merapinya....tapi kabutnya nakal gak mau pergi.
Payah nihh, ke Gunung Merapi tapi gak keliatan gunungnya....memang hoki2an juga yaa...
Mau ada gunung kek, mau gak ada kek, Maria and Ferguso mahh teuteup foto2 ajaa...
Ini sekitar jam 1/2 10 an....cuacanya masih juga belum mendukung. Jadi kita putusin balik aja deh, gak usah nunggu gunungnya nongol.....udah panas juga hawanya.
Kita malah melipir ke warung dekat parkiran....malah minum es kelapa muda dan makan gorengan disitu. ASiknyyyaa! Oh iya, kita beli bubuk kopi jahe disini. Ternyata enak banget....nyesel cuma beli sebungkus....
Habis dari warung, ehh gunung Merapi nya mulai tersingkap...mulai ngintip sedikit. Buru2 deh foto lagi...
Yahh cuma segitu doang foto gunungnya..walaupun langitnya biru, tapi awan dan kabutnya awet banget nutupin gunung...
Udahlah, kita langsung balik ke basecamp aja....Kita mah balik, orang2 baru pada dateng. Mungkin mereka lebih beruntung bisa melihat gunung Merapi secara utuh, soalnya cuacanya cerah banget hari ini.
Berpapasan dengan truk2 pengangkut pasir yang jumlahnya banyak banget...jadi harus antri...
Dari daerah Merapi, kita juga mampir ke candi Plaosan yang masih searah jalan nya.
Tampak candinya mengintip dari depan jalan raya...jadi jalannya gak pake jauh2...
Tau2 udah bertengger aja nih di salah satu stupa kecil....Namaste!
Kebayang gak, jam 11 an siang jalan2 ke candi....yang pasti keringetan lah! Panas banget yaaa Yogya ituhh!
Mumpung sepi....bergaya dulu...
Menurut gua, candi ini bagus juga loh..
Sampe ke pojok2nya juga bagus...
Cuma memang candi ini gak setenar Borobudur dan Prambanan...karena skalanya kecil.
Tapi teuteup bagus kok...dan gak terlalu rame.
Masih bisa foto sepi sendiri tiada yang menemani...hahaha
Apalagi ke bagian belakang...mana ada yang mau jalan cape2 di hawa panas begini kalo bukan mamiefunky squad....yee kann!
 Yang pantang pulang sebelom dapet foto cetar membahana menggelegar seantero jagad raya...
Padahal akutu udah nyerah juga, udah duduk2 di depan tukang es kelapa..eh Ferguso melambai2 melakukan panggilan kepada Maria, suruh berdiri di samping stupa...emangnya eikeh mau dibandingkan mirip kagak sama stupa itu bang?
Udah yukk, pulang ajaaa. Panasss disini...Maria gak tahan lagi....
Kita pun gak berlama2 ria di candi, langsung capcus ke arah kota untuk cari tempat makan siang. Eh kebetulan di jalan raya menuju kota, ketemu rumah makan Soto Kadipiro, langsung deh melipir makan siang disini. Endeuss banget dehh! Minumnya air jeruk....syegerrr!

Setelah itu kita sampe di daerah alun2 kota, ceritanya mau masuk ke keraton Yogya. Foto dulu di depan gerbang sama penjaga dan yang pake kebaya itu siapa yaa? Soalnya patungnya ada juga di dalam Mirota Batik...
Eh sampe depan jalan masuk ke arah Keraton, ketemu tukang becak. Katanya keraton udah tutup, jadi kita balik badan jalan ke arah Malioboro aja deh..
Jadi terdamparlah kita di Malioboro...bingung mau ngapain disini ....
Akhirnya kerjaan cuma masuk dan liat2 barang di toko, dan di sepanjang jalan ini.
Nahh ini dia patung yang tadi di pinggir jalan, sekarang ada juga di dalam toko Mirota Batik yang dulu sempat terbakar.
Setelah puter2 beberapa toko dan dapet sepotong dua potong baju batik, akhirnya rasa lapar pun melanda. Kita iseng masuk ke sebuah gang, eh malah ketemu tempat makan mpek2. Udah beberapa kali ke Yogya perasaan kagak pernah nemu tempat makan mpek2...baru kali ini. Dan keliatan ramai pula pengunjungnya. Kita pun ikutan melipir kesini...
Pesen mpek2 kapal selam dan tekwan. Rasanya enak juga....
Semakin malam suasana di Malioboro semakin rame...
Kebetulan ini kan malam minggu...jadi udah kayak pasar malam aja nih....
Malemnya kita mampir buat makan malam lagi di Warung Anglo
Pesennya ayam asam manis plus nasi...
Sama nasi paket apa gitu deh...rasanya lumayan enak2.
Besok paginya, kita sarapan di rumah makan gudeg mercon...Namanya lupa, saking udah lama...hahaha. Ternyata enak juga gudeg mercon itu..pedas2 mantap.
Nah kayak gini lah penampakannya...Pagi2 sarapan begini sih bakal awet kenyangnya nih...
Sesudah sarapan, kita masih mau lanjut berkunjung ke Tebing Breksi. Bingung juga di Yogya ini begitu banyak tempat wisata baru yang belum pernah kita kunjungin, jadi kita pilih yang searah jalannya aja biar gampang. Disini cuma bayar tiket parkir Rp. 20.000, setelahnya kita langsung ketemu dengan tebing besar dengan ukiran naga di dindingnya.
Hmmm...naga atau ular yaa?
Dan gua bilang, tempat ini zonk banget, karena kagak ada apa2nya. hahaaha, cuma ada beberapa spot foto aja macem di Lembang, dan setiap mau foto harus bayar. Kan ngeselin yaa...Untung aja yang spot ini belom dateng penjaganya, jadi gak usah bayar.
Jadi yahh foto seadanya aja deh...memang begini2 doang sih adanya...
Yah kita pun jadi ikut2an orang yang mau foto disini dan harus bayar....padahal view nya es te de be ge te kann!
Bingung juga banyak orang ke tebing Breksi ini tapi mau ngapain yaa?
Akhirnya shooting jadi Limbad aja deh...foto bareng burung hantu...wkwkwkwk
Gak pake berlama2 ria, kita pun langsung lanjut jalan ke Candi Boko yang masih berdekatan jaraknya. Tiket masuknya seharga Rp. 40.000/orang. Mahal juga ya. Udah gitu, loket penjualan tiketnya juga letaknya agak jauh dari pintu masuk. Hadeuhh, gak praktis banget.
Setelah lewatin pintu masuk, ketemu spot foto. Gak mau rugi, kita foto2 dulu disini. hahaha 
Setelah itu jalan melewati selasar agak jauh, ketemu deh tulisan Keraton Ratu Boko itu...
Nahh ini candi bagian depan nya...memang kecil aja, gak begitu besar.
Dan ini tampilan candi dari arah belakang...
Kalo gak panas sih, enak juga gelar tikar, terus piknik deh di mari....
Nahh si Miko itu kan anaknya bosenan, gak suka sama tempat2 beginian. Untung aja di belakang sana dia ketemu tukang sapu, terus minjem sapu nya buat properti foto. Jadi dehhh fotonya kayak begini....
Pokoknya anaknya tuh tengil, pecicilan, gak bisa diem....yah udah, suruh dia aja deh jadi model fotonya. Maria minggir aja ngadem di pondokan...
Hari ini sih cuacanya bagus, cerah...tapi hawa nya panass warbiasa....
Jadi dikawasan Candi Boko ini, terdapat juga kolam di bagian belakang...ternyata luas juga komplek candinya...
Jadi biarkan saja Ferguso dan Eduardo yang mengeksplor sampe ke bagian belakang, sampe ke kolam2 komplek candi...mau loncat kek, mau salto kek..terserah aja..
Untung aja ada model pengganti yaa, kalo gak mah Maria deh jadi korban disuruh berjemur panas2an disini...hehehe
Ujung2nya cape kann...kepanasan. Kita pesen es kelapa muda dulu deh disini...lumayan bikin seger...
Sampe Klaten, mampir dulu makan Sop Pak Miin aseli Klaten. Padahal di deket rumah juga ada cabangnya. Tapi kita mau cobain yang aseli di kampungnya langsung. Yahh memang enak sih ya rasanya. Sampe nambah nasi 2 kali. Gemblung! Entah lapar atau doyan...pokoknya enak!
Jadi begitulah liburan very longweekend kita di bulan April itu....puas banget bisa wisata kuliner, makan beraneka ragam makanan. Dan berkesempatan mengunjungi tempat2 wisata di Yogyakarta yang belom pernah kita kunjungi selama ini. Tapi Yogya itu mirip Bandung, sebentar2 muncul lagi tempat2 wisata yang baru. Bikin orang kepengen pergi lagi...pergi lagi. Gak pernah bosen, bikin kangen.Yah udah, nunggu udah banyak dulu deh tempat2 wisata barunya, baru boleh balik lagi.
Okay deh, sekian laporan dari Yogya...jangan lupa ditunggu yaaa liputan dari libur Lebaran kemaren..tapi harap bersabar! Masih digodog dulu, biar mateng. hehehe..
Babayy Ciaobella!

6 comments:

  1. Jogja mah memang gitu! Tapi aku kalau ke Jogja malah gak pernah ke tempat wisatanya, hahaha. Terakhir ke area Kaliurang (daerahnya Gunung Merapi itu) malah sebelum erupsi itu. Jadi beda banget sama sekarang! Hahaha :D

    Ah itu pempek Nyonya Kamto mah memang legendaris banget di Jogja! Yang aslinya ya yang di dekat Malioboro itu. Tapi sekarang uda buka cabang dimana-mana, termasuk di mall juga ada, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..iya orang yogya sendiri kadang malah blom pernah yaa ke tempat2 wisatanya..emang cuma gitu2 doang sihh. Wah ga salah dong kita bisa nemuin mpek2 ny.kamto di gang malioboro itu..enakk!

      Delete
  2. si miko keren banget gaya2 fotonya. yang sama sapu itu asli keren banget! hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Man..badannya kurus..jadi enteng bgt klo mau loncat2...

      Delete
  3. Ternyata Tebing Breksi yang femes itu, begitu aja ya? Hehehehe. Mgkn yang bikin keren itu karena ngukir tebing susah kali ya, makanya jadi dianggap karya seni. Kalau photo spotsnya beneran cuma ajang cari duit ah hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah aseli dah tuh tebing standard ajaa...yah mungkin karena ukiran2 nya susah kali yaaa...yg jelas puanass bgt deh tempatnya...

      Delete