Thursday, August 22, 2019

TREKKING KE MARDI HIMAL NEPAL ( PART 2 )

Namaste!

Jalur trekking di Mardi Himal terbilang baru dibuka yaitu sekitar tahun 2012 dan bisa dibilang the hidden gem in Annapurna region. Terletak di sebelah timur dari Annapurna Base Camp dan alamnya benar-benar masih alami dengan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan jalur pendakian tetangganya yaitu ABC trek.  Dulu sih masih sedikit sekali trekker yang berhasil mencapai Mardi Himal Basecamp di ketinggian 4.500 mdpl, yang bisa melihat dari dekat Fish Tail Mountain atau Maccha Pucchre Mountain yang memiliki ketinggian 6.993 meter.
Belakangan ini para trekker sudah mulai banyak yang melakukan pendakian kesini, termasuk kita juga nih, mamiefunky squad  yang pantang pulang sebelum kaki patah! wkwkwk.....Eits, yang belum baca kisah pendakian kita sebelumnya, mendingan baca dulu disini nih : Annapurna Base Camp dan disini ABC Trekking, supaya kagak cengo tau2 udah sampe di Mardi Himal ajaa nihh ceritanya. Ibarat skripsi, kudu ada kata pembuka, pendahuluan, baru ke isi dan penutup..ye kann!

Lanjuttt yaaa, abaikan skripsi nya yang tadi, jangan dipikirin...hihihii...
Ada beberapa start point apabila trekker ingin mendaki jalur Mardi Himal ini. Dari Pokhara, bisa naek bis atau jeep ke Phedi atau Kande. Bisa diliat di peta kedua desa itu di jalur warna kuning. Nahh kalo kita sih karena abis trekking ke ABC dan memang berniat ke Mardi Himal, jadi kita memulai trekking ke Mardi Himalnya mulai start dari desa Landruk. Ini shortcut yang terbaik, yang paling singkat jalannya diantara pilihan yang lain. Ini atas pilihan dari guide kita dong tentunya. Bisa diliat di peta, garis biru menunjukkan jalur trekking kita ke ABC. Garis merah adalah jalur trekking ke Mardi Himal yang akan kita tempuh pagi ini.
Nah ini lah view di depan guesthouse kita di desa Landruk di ketinggian 1.565 mdpl. Cuma sayang pagi ini langitnya penuh kabut sehingga pemandangan ke arah pegunungan salju di belakang sana jadi ketutup deh.
Oh iya, sebagian rumah2 di desa Landruk ini ada yang atapnya itu dari batu dan cerita tentang desa Landruk udah diposting minggu lalu, silakan klik disini : Mardi Himal Trek
Pagi ini mulai turun hujan lagi, jadi kita jalan pake jas hujan yang so pasti bikin gerah kayak lagi sauna. Terlihat di papan petunjuk arah menunjukan jalur menuju ke Forest Camp.
Setelah keluar dari desa Landruk, kita sampe di tempat yang tinggi dan terlihat desa Landruk dibawah sana.
 Mata kita dimanjakan dengan pemandangan pegunungan dan bukit yang hijau royo2 dimana2.
Makin tinggi makin terlihat desa Landruk semakin kecil...berarti kita udah naek lumayan tinggi nih. Memang sih jalurnya cukup menguras tenaga karena arahnya naek terus.Terlihat di bukit seberang sana adalah jalanan untuk kendaraan yang lewat menuju Gandruk, saat kita datang dari Pokhara kita pun melewati jalan itu, meliuk-liuk menaiki gunung.
Ini lah kebiasaan mamiefunky squad, jalan sebentar, udah kepengen selonjoran aja bawaannya. Pegell banget rasanya, rasa cape akumulasi dari 5 hari sebelumnya sehabis trekking ke ABC, bener2 luluh lantak rasanya. Kita aja sebegitu capenya, apalagi porter kita yaaa ? yang bawain tas dengan berat sekitar 20 kilo an....pastinya udah pengen gogoleran juga keleus...
Si Miko juga udah merasa putus asa disini, dia berjalan dengan males2an.
Oh iya, karena habis hujan, maka di jalur ini banyak sekali lintah. Makanya kita bener2 parno dan dilema banget rasanya disini. Karena kalo kita jalan pelan2, pasti ditempelin lintah. Tapi mau jalan cepet2 pun kagak bisa karena jalurnya menanjak dan bikin cape banget.....mamaaaaaaa! Gilaaa...gilaaa! Stress tingkat tinggi, jadi emosi jiwa disini...bawaannya senggol bacok...wkwkwkwk! Setiap dua langkah jalan sambil liatin sepatu, apa ada lintah nempel di sepatu atau gak, soalnya lintahnya kecillll banget. Apalagi pas liat kaki porter yang pake sendal jepit udah jadi korban gigitan lintah, tambah gila deh rasanya! Merinding sepanjang jalan...
Akhirnya kita ketemu satu spot yang bagus banget buat foto2 di atas batu sana...
Kita ketemu juga dengan warga lokal yang melewati jalur ini mau ke Forest Camp juga. Sepertinya mereka adalah para pekerja guesthouse.
View dari atas batu ke arah sepanjang mata memandang, sayang sebagian ditutupi kabut tebal.
Kulihat awan, seputih kapas, arak berarak di langit luas, andai kudapat, kesana terbang, akan kuraih kubawa pulang....*eh siapa yang masih ingat lagu ini? berarti angkatannya samaaa nih...hihihi!
Nahh kan, kalo udah ketemu spot foto, lumayan bisa menghibur kaki yang pegel....ye kan! Padahal tadi sepanjang jalan udah ngomel panjang pendek, kagak mau ke gunung lagi, kenapa liburan malah naek gunung....eh begitu foto2 disini, udah bisa senyum2...
Apalgi kalo udah foto loncat2 begini, bisa gak kelar2 sampe siang..hahaha...
Udah puas foto2nya, lanjut lagi disiksa melewati tanjakan yang semakin bikin mau loncat ke jurang aja rasanya, kadang tanjakannya bisa 45 derajat gitu. Ditambah lagi rasa parno sama lintah, gak bisa jalan cepet2, putus asa rasanya. Depresi tingkat dewa. Kadang teriak2 sendiri kalo udah liat lintah nempel disepatu...Crazy!
Oh iya, kita harus perhatikan juga nih tanda biru putih di pohon atau batu, ini artinya arah kita sudah benar. Ini supaya gak nyasar, terutama bagi solo trekker.
Minta ampunn dah, pokoknya melintasi hutan ini rasanya lama bener, mana jalannya licin bekas hujan, rasanya penderitaan bertubi2, gak ada habis2nya ...
Lumayan tangganya gak terlalu jahanam, masih bisa dilewati dengan santai.
Cuacanya masih mendung2, padahal kalo langit cerah, pemandangan disini bakal bagus banget ke arah pegunungan salju di kejauhan sana.
Kalo ketemu tangga begini, mulai lagi ngomel2 ke Ferguso, kenapa gak langsung balik aja ke Pokhara cari tempat pijit refleksi sihh? Herann....udah ketemu gunung salju di ABC yang begitu bagusnya, ngapain masih cari lagi ke Mardi Himal begini sihh.....
Gak boleh aja liat kaki santai dikit, tangganya bener2 menyiksa lahir batin. Orang waras kalo ketemu jalanan begini terus sih lama2 bisa kagak waras lagi nih, saking depresinya kagak sampe2..wkwkwk
Oh iya, di dalam hutan ada jalur yang longsor juga dan sedang diperbaiki disini. Jadi harus hati2 lewatinnya.
Lumayan curam juga nih disini, untung aja kagak hujan deras ya. Gak kebayang deh kalo hujan kayak gimana disini...
Yang dikhawatirkan disini sih kalo tanahnya longsor yaa, makanya banyak2 berdoa deh supaya aman2 aja selama trekking.
Yang enak tuh kalo udah lewatin hutan yang landai dengan pepohonan yang rindang begini nih..
Yalordddd, akhirnya kita menemukan peradaban juga....ketemu desa di tengah2 hutan itu rasanya sesuatu banget deh!
Kita sampe di Forest Camp sekitar jam 11.15, setelah berjalan 4 jam an. Gilaaa kannn! 4 jam disiksa melewati hutan2 dan tangga curam! Pantesan aja kita melewati siksaan di jalan yang jalurnya naek terus menerus tadi itu karena kita sekarang berada di ketinggian 2.900 meter. Dari Landruk yang ketinggiannya 1.565 meter, berarti kita tadi tuh berjalan naik ke ketinggian sekitar 1,4 kilometer ke atas. Beuhh, untung aja gak kena AMS ( Accute Mountain Sickness )....
Disini ada beberapa guesthouse dan teahouse juga...Udahlah, pokoknya gua kagak mau tau, harus cari tempat duduk disini...mau rebahan dulu...wkwkwk
Nahh ini salah satu plang guest house di Forest Camp, ada nomor teleponnya juga. Siapa tau ada yang butuh?
Nah bangunan sebelah kanan itu adalah teahouse nya. Kita numpang duduk dan pesen cold lemon disitu. Lumayan deh bisa istirahat sekitar 1/2 jam buat ngisi tenaga lagi.
Kamar guesthouse nya yang di sebelah kiri itu. Keliatan asri yaa dengan pot2 bunga di seluruh area sini.
Karena kita mau menguber makan siang di basecamp berikutnya, kita segera melanjutkan perjalanan. Belom apa-apa jalurnya udah naek pokoknya, gak pake landai lagi...
Oh iya, dari tadi di hutan itu, kita melewati  rhododendron forest, dimana bunga rhododendron adalah bunga nasional Nepal, yang tumbuh di sebagian besar pegunungan Nepal. Makanya dijadikan bunga nasional Nepal. Sayang banget pas kita kesini, bunga nya baru aja rontok, jadi gak keliatan sama sekali. Kalo kesini bulan Maret, pasti masih banyak tuhh bunganya...
Kalo lagi musim, udah pasti hutan yang kita lewati ini akan berwarna merah, baik di pohonnya maupun di tanah, akan dipenuhi dengan bunga yang berjatuhan. Karena kebanyakan di hutan ini pohon rhododendron nya yang berbunga merah. Duhh, pastinya bagus banget yaaa...
Nahh kayak gini lah kira2 bentuk bunga nya...ada beragam jenis warna bunganya...
Ada juga yang berwarna pink...jadi kalo musim berbunga, pastinya bagus banget dimana2 bermekaran gitu.
Sekitar satu jam an berjalan, ketemu deh plang Low Camp, bikin sedikit lega bakal cepet sampe.
Siang ini cuacanya gak terlalu bagus nih, udah mulai berkabut....
Waktu terbaik untuk melakukan pendakian disini adalah saat musim gugur sekitar bulan September - Oktober. Bulan Maret - Mei juga masih menjadi pilihan kedua untuk waktu pendakian terbaik. Kalo Juli - Agustus udah masuk musim hujan, kurang bagus untuk pendakian. Bahkan saat kita udah di Jakarta, baru2 ini di Nepal hujan deras sampai banjir di beberapa tempat.
Sedangkan bulan Desember - Pebruari kadang langit memang cerah, tapi bisa tiba-tiba menjadi sangat dingin dan bisa saja lintasan ditutup karena hujan salju di jalur atas. Bulan Mei - Juni adalah awal musim panas di Nepal, mungkin siang hari akan hangat dan masih oke untuk pendakian, dimana daun-daun hijau baru muncul dimana2, seperti saat kita kesana.
Kabutnya semakin tebal dan jadi terlihat mistis di hutan ini....Tapi gua lebih takut sama lintah sih dibanding sama setan...hahaha. Lintah is real, setan gak jelas dimana.
Duhhh, gua pernah liat orang melintas di hutan di jalur Mardi Himal dimana pohon2 bunga rhododendron lagi berbunga, jadi semua bernuansa merah. Keren banget ituhh! Sayang nihh, kita pergi nya gak pas musim berbunga...malah udah rontok gak berbekas.
Dan akhirnya doa orang2 terzolimi terjawab juga dengan melihat plang petunjuk arah. Artinya kita udah sampe di Low Camp.
Tapi tidak semudah ituh Maria, lo pikir udah ketemu plang langsung ada guesthouse nya dan bisa duduk rebahan gitu? Kagak lahhh! Masih harus lewatin anak2 tangga dulu yang lumayan banyak...mana penuh kabut saat itu...jadi gak terlihat jelas dimana keberadaan guesthousenya.
Ya owohhh, ini diaaa guesthouse nya di balik belokan ini. Tadi kita berjalan dari Landruk kesini sekitar 10 kilometer, tapi baru sampe setelah hampir 7 jam berjalan. Mamaaa....aje gile yaa!
Kita sampe sekitar jam 2 an siang, dalam kondisi berkabut tebal dan udaranya dingin banget. Eh pas disini, baru deh ketemu beberapa trekker juga yang mau ke Mardi Himal Basecamp. Tapi herannya tadi selama di hutan, kita kok gak bertemu mereka ya? Tau2 mereka sampe sini aja...
Kita ada di Laligurans Guesthouse di Low Camp di ketinggian 3.050 meter dengan view ke arah gunung Maccha Pucchre ( Fish Tail ) dan  Mardi Himal. Kita akan menginap disini malam ini.
Ini fotonya sore sesaat setelah kabut nya mereda...
Maccha Pucchre dikejauhan terlihat dingin dan mistis.
Segini aja kita udah bersyukur banget loh bisa melihat gunungnya tanpa tertutup kabut.
Dan siang ini kita makan kentang goreng dengan telor, karena pas mau pesen Dalbhat, dibilangnya ayamnya lagi diambil dulu dari bawah.
Koki nya belom siap sama bahan2 makanannya buat siang ini, bisanya untuk malam. Oke lah, kita bersabar aja menunggu malam hari biar bisa makan enak. Jadi sementara kita pilih yang cepet saji aja lah, makan noodle soup lagi deh.
Habis makan, waktu masih sore. Gak ada yang bisa dikerjain lagi. Disini kagak ada wifi, tempat ini memang baru dibangun, semi permanen gitu keliatannya. Yang bisa kita lakukan paling istirahat di kamar sebentar. Abis itu foto2 lagi di halaman guesthouse...
Fish Tail Mountain yang iconic itu....
Bangunan sebelah kiri itu adalah ruang makannya. Yang sebelah kanan adalah dapurnya. Disini kagak ada kamar mandinya, cuma ada WC doang, jadi kita fix kagak mandi lagi. Padahal seharian ini udah lepek penuh keringetan, tapi apa boleh buat, udaranya juga dingin banget gak memungkinkan kita buat mandi.
Dan yang tempat gua berdiri adalah kamar2 tempat trekker menginap. Saat itu cuma ada kita doang yang menginap disini. Yang tadi siang ketemu beberapa trekker semua pada lanjutin perjalanannya.
Huahhhh, disini hawanya dingin banget loh....
Masih untung deh kita bisa melihat ke arah Fish Tail dengan jelas, walaupun setelah itu langsung ketutup kabut lagi.
Ujung Fish Tail sudah mulai tertutup kabut...memang hoki2an loh ke gunung itu. Gua sih mungkin bisa nangis guling2 kalo ternyata pas kesini semua ketutup kabut, gak bisa liat apa2 setelah perjuangan berjalan kaki ber jam2 sih bisa bikin orang ngamuk..ye kannn!
Nahh, sore menjelang malam kita mampir ke dapur nya sekalian mau liat koki nya masak buat makan malam kita nih.
Enak juga masuk ke dapur sini, soalnya hawanya hangat...hahaha, biarpun sedikit bau asap jadinya.
Duhh, langsung ngiler nih liat kokinya lagi masak kari ayam...
Makin sore, eh malah makin cerah nih langitnya.
Memang aneh cuaca di gunung gak bisa ditebak ya...
Puas2in deh foto si Fish Tail mumpung lagi keliatan jelas.
Oh iya, di dalam ruang makannya yang sederhana banget itu, ada heater dari tong yang diisi kayu bakar. Dan ini berguna banget loh, kita jadi betah disini berlama2. Ini si Papoy lagi bantu niup2in api nya..
Tapi sayangnya, heater ini gak bisa sampe pagi nih karena menghemat kayu bakarnya. Cuma sampe sekitar jam 10 malam aja.
Terus kita bisa juga jemur jaket basah di atas heaternya itu, lumayan jadi sedikit kering...Begini lah ruang makannya itu...
Dan inilah menu makanan kita malam ini..Chicken Dalbhat! Yummy! Enak banget kari ayamnya, sampe nambah lagi minta kuah dan nasinya.
Menjelang malam pun, cuacanya masih terlihat terang...
Kita sih berharap semoga besok pagi saat kita melanjutkan pendakian, udaranya akan secerah sore ini.
Besok paginya sekitar jam 4 an subuh, guide kita cek cuaca dulu, kalo masih berkabut, kita mending jalan turun, tapi kalo cuaca terang, kita mau lanjutin naek ke atas untuk liat Fish Tail lebih dekat lagi. Akhirnya sekitar jam 5 an mulai terang dan kita udah siap berjalan naik untuk menuju basecamp selanjutnya. Melewati hutan-hutan lagi nih, dengan perkiraan 2 jam perjalanan.
Wih, disini batang2 pohonnya bagus banget deh. Hawanya dingin banget pagi ini, tapi lama2 kita berjalan naek, jadi sedikit hangat mengarah ke gerah...hehehe
Setelah sekitar 1 1/2 jam perjalanan, kita sampai di guest house Twin Peak, yang letaknya diatas bukit. Kita beristirahat disini sambil memesan hot lemon.
Awalnya rencana kita mau ke Badal Dandha yang ada di seberang bukit sana. Dari sini aja pemandangan ke pegunungan bersalju nya udah keliatan. Harusnya dari Badal Dhanda sana bakal lebih keliatan jelas lagi karena gak terhalang bukit hijau2 itu.
Tapi begitu sampai disini, sepertinya udah patah semangat untuk berjalan lebih jauh lagi, karena harus berjalan sekitar 1 jam lagi. Belum lagi mikir mau baliknya ke Low Camp, masih diperlukan sekitar 3 jam an lagi. Jadi PP itu kira2 5 jam. Habis itu masih mau cek out dari Low Camp menuju ke Shiding sekitar 3 jam. Busettttt.....mau metong kann rasanya! Ditambah lagi, 5 menit kemudian, semua pemandangan disini tertutup awan dan muncul kabut. Yalordddd! Tambah kacau dahhh planning kita buyar semua!
Samar2 diantara kabut lewat lah sebuah helikopter menuju ke ABC...
Bener2 cuaca disini mempermainkan kita nih...bikin maju mundur antara mau lanjut ke Badal Dandha atau cukup sampai disini. Sebentar cerah, sebentar berawan.
Dan kita harus gercep, begitu cerah, langsung buru2 take foto disini. Yeayyy! Mamiefunky squad happy juga lah, biarpun gak sampe Mardi Himal Basecamp, setidaknya udah berhasil sampe disini.....
When life gives you lemons, drink hot lemon first....
Horeeee....sampe sini pun udah cukup puas lah melihat pegunungan dari ujung ke ujung, ada Annapurna South, Hiunchuli, Mardi Himal dan Maccha Pucchre Mountain.
You jump, I jump...we jump! Liat dong si Miko kok bisa ya loncat tinggi banget gitu?
Bersyukur banget pagi ini masih sempet dikasih cuaca yang cerah walaupun cuma sebentar
Dan kita putuskan cukup melihat pegunungan itu dari sini aja, dari Twin Peak ini.
Cheers to the awesome trekking....
Dan kira-kira 15 menit kemudian, awan dan kabut kembali datang dengan sedikit gerimis.
Berakhirlah sudah pemandangan yang tadi sempat kita nikmati sesaat itu.
Gila kannn! Semua tertutup kabut. Dan bersyukur banget kita ambil keputusan tepat untuk berhenti sampe sini, gak lanjut ke Badal Dandha, karena kalo udah cuaca berkabut begini, sampe malem pun bakal begini terus, tidak ada yang bisa diliat lagi. Udah banyak juga baca di blog orang lain, mereka bahkan udah sampe di High Point ( sekitar 4 jam perjalanan ), pasti akan balik lagi tanpa mendapatkan view yang terang juga. Mending kita, sampe sini aja lah...gak usah cape2 lagi..hehehe
Sebenernya apa sih yang dituju dari pendakian Mardi Himal ini? Yah kagak muluk2, kalo sampe kita bener2 tangguh dan berhasil mencapai Mardi Himal Basecamp di ketinggian 4500 mdpl, maka view beginilah kira2 yang akan kita dapatkan : ( gambar diambil dari akun IG @everestbasecamptrek )
Dan juga kayak gini : ( gambar dari akun IG @owlcityhimalayas ). Bener2 iconic kan Fish Tail ituh. Dann emang baguss banget yaaa! Tapi perjuangan ke sana nya yang gua kagak sanggup.
Kalo kita jalan sampe lebih atas lagi, itu resiko banget karena jalanannya curam penuh jurang. Kalo udah berkabut tebal, udah gak keliatan jalanannya, itu paling berbahaya. Ada kejadian baru2 ini dimana ada trekker asal Jepang yang terjatuh dan entahlah sepertinya tidak selamat. Bahaya juga kannn! Makanya gak main2 loh soal mendaki gunung itu, pulang dengan selamat adalah tujuan kita semua. Sampai di puncak dengan cuaca bagus adalah bonus.
Udahlah, akhirnya kita mah nyerah sama cuaca...balik badan pulang aja ke Low Camp. Lewatin hutan2 lagi yang semakin siang, semakin instagramable nihh batang2 pohonnya.
Eh pas lewatin ini, kirain apaan, taunya ini rombongan ular kaki seribu yang jumlahnya banyak banget. Untungnya kagak keinjek...
Ihh, liatnya sampe merinding disko dehh....mereka lagi merayap naek ke batang pohon.
Sampe di basecamp, kita sempet sarapan dulu nih...pesen paket breakfast yang isinya telor, kentang goreng dan gurung bread.
Minumnya ginger tea yang lumayan bikin perut hangat di pagi yang dingin ini.
Setelah packing dan siap2 cek out, beginilah tagihan guesthouse selama semalam kita menginap disini berikut makan siang, makan malam dan sarapan pagi ini.
Totalnya Nrs 5.220 ( sekitar Rp. 678.000 ). Lumayan yaa semalam doang habis segitu...hahaha. Tapi yang penting kita makan tidur enak lah...
Sekitar jam 8.15 kita udah siap berjalan turun ke desa Sidhing.
Waduhh, kirain jalan turun lebih enak daripada naek, tau nya sama aja menyiksanya.
Jalannya begajulan dan bener2 bikin jari2 kaki serasa mau keluar dari ujung sepatu...wkwkwk.
Belom lagi disini banyak lintah nya juga karena dalam hutan kan lembab, terlebih kemaren habis hujan. Metong dahh, jalannya udah kayak apa tau deh...gak bisa dijelaskan lagi dengan kata2.
Dan pagi ini masih tetap berkabut aja...awet banget kabutnya. Untung juga kita ambil keputusan buat turun, kalo kita maksa masih tetap mau naek mendekati Mardi Himal Basecamp pun, tetap gak bakal dapet pemandangan apa2...
Sedikit bersemangat jalannya,  pikirannya udah berasa pengen pulang balik ke kota.
Kaki udah mati rasa, entah kayak apa nih kalo sepatunya dibuka...keriting kali jari2nya.
Di dalam hutan kita terpencar pencar, si Miko dan porter berjalan duluan dan dengan cepat menghilang entah kemana. Sementara gua dan si Papoy beserta guide berjalan belakangan, lambat dan merayap2....
Oh iya, kalo mau trekking ke Mardi Himal, start point nya bisa juga melalui desa Shiding....
Sekitar 2 jam an berjalan, baru lah ketemu sebuah teahouse darurat yang ada satu2nya di tengah hutan ini...
Baru lah ketemu sama si Miko dan porter kita disini, mereka nyampe lebih dulu dan katanya udah lumayan lama nunggu kita. Maklum lah Mik, mamie kan truk gandeng, harus pelan2 jalannya. hihihi.
Setelah istirahat sebentar, kita lanjutin perjalanan lagi dan gak lama langsung bertemu dengan lokasi hotel tempat kita menginap malam nanti, keliatan bangunannya diujung bukit sana.
Tapi gak ada yang mudah di gunung ini, semua harus melalui tangga terjal dan jalan begajulan yang bikin kaki melintir rasanya.
Keliatannya sih udah dekat, tapi harus jalan muter2 dulu lewatin batu2 terjal....
Lega juga deh, kalo udah nemu plang2 nama begini, berarti sudah dekat ke pemukiman ...
Akhirnyaaa....sampe lah kita di Hotel Trekker's Home yang kata si guide dan porter kita : luxury hotel at the village. Kita nyampe sekitar jam 12 siang.....setelah nyaris 4 jam berjalan melewati hutan sepanjang kurang lebih 11 kilometer...Yalordddd...pantesan kaki mau copot! Thankgod sampe juga...
Terlihat mobil jeep di jalan masuk ke hotel, ini bakal jadi alat transportasi kita pulang ke Pokhara besok pagi.
Dan kayak beginilah kamar di hotel ini...Lumayan lah ya untuk ukuran hotel di sebuah desa di atas gunung.
Dan beginilah kamar mandiny....lumayan bersih dan yang penting ada hot showernya. Dari kemaren kita kan belom mandi, jadi rasanya udah pengen langsung mandi aja dah.
Pemandangan dari balkon depan kamar kita di lantai dua.
Nah kayak beginilah bentuk bangunannya, memang bangunan hotel ini  kelihatan yang paling mewah di desa di atas gunung ini. Makanya guidenya tadi bilang waktu di hutan, kita bakal nginap di luxury hotel. Hahaha, padahal yah biasa2 aja fasilitasnya mah. Kamar kita di lantai dua yang ada barisan baju yang dijemur di sepanjang pagar....hahaha, itu semua baju yang kita pakai hari ini dan basah oleh keringat...yakkks!
Wifi nya mati disini karena baru minggu lalu tersambar petir. Udah deh si Miko patah hati dan kembali cranky, dia tuh sengaja jalan cepet2 biar sampe hotel bisa ketemu wifi, eh malah mati wifi nya. Apes juga yaa...jadi udah 2 hari nih kita ga ketemu wifi...mati gaya deh!
Bangunan ini adalah restorannya, di cat berwarna warni menarik perhatian.
Dan beginilah suasana di dalamnya. Saat itu cuma kita doang tamu yang menginap, gak ada trekker lain. Udah kayak private hotel aja ya...hahaha
Memang sih hotel ini yang paling bagus diantara guesthouse dan hotel2 yang ada di gunung..ye kann!
Dan siang ini kita pesen mie goreng....
Nasi kari ayam. Ini masaknya lama banget deh, sekitar 1 jam an gitu, mungkin karena nangkep ayamnya dulu kali ya. Eh bukan ding, mereka panggil koki nya dulu yang ada di desa di bawah hotel ini. Haiyaaa, gila bisa pingsan nih kalo udah terlalu lapar...
Sore2 kita gak ada kerjaan...akhirnya duduk2 aja di halaman hotel sambil ngopi dan ngobrol dengan guide, porter dan pemilik hotel.
Inilah ibu pemilik hotel...
Berfoto bersama bapak pemilik hotel , guide, porter...kok si Papoy sama Miko jadi mirip sama seperti warga lokal ya? Hahaha...item sih kulitnya.
Nahh inilah kaos yang kita beli di desa Chomrong kemaren itu...lumayan bagus juga kann. Udah kehabisan baju nih sampe disini, jadi pake kaos baru deh kita...hahaha
Dan lagi2 kita ketemu si kabut durjana, jadi kagak bisa liat pegunungan salju yang harusnya ada di depan mata. Kesel kannn, dari mulai di Landruk menginap di guesthouse yang harusnya bisa melihat view langsung ke pegunungan salju, eh ketutup kabut. Nah disini juga begitu, ditungguin sampe malem pun sama aja...kabut semua. Kurang beruntung nihh..
Malemnya kita pesen fried chicken, chicken soup dan roast chicken.
Pesen mie goreng juga yang lebih mirip spagetti ini....
Foto dulu sebelum makan...wajib!
Besok paginya berharap bisa liat sunrise yang indah disini, tapi dapetnya zonk! Semua gara2 kabut..padahal sengaja bangun jam 5 an, ditungguin sampe jam 7, teuteup aja kabutnya gak hilang2. Kesell!
Akhirnya tibalah saat kita untuk balik ke Pokhara, jadi pagi ini kita mau checkout dan foto lagi di depan hotel buat terakhir kalinya...dengan view kabut di belakang.
Dan inilah tagihan selama kita menginap semalam di hotel ini...
Total Nrs 10.300 ( sekitar Rp. 1,3 juta )..Yang mahal memang bukan makanan atau harga kamarnya sih, tapi sewa mobil jeep ke Pokhara yang seharga Nrs 6.000 ( sekitar Rp. 780.000 ).
Nah inilah mobil jeep nya yang akan membawa kita ke Pokhara....Jam 8 an kita udah siap berangkat. Yeayy, seneng banget bakal balik ke kota.
Dan perjalanan dari Sidhing ke Pokhara bener2 tidak terbayangkan sebelumnya, kita melewati jalanan yang masih primitif, masih tanah merah lengket2 yang bisa bikin roda mobil slip dan jalanannya itu dipinggir2 jurang. Oh iya, yang duduk di depan itu adalah si ibu pemilik hotel yang mau ke Pokhara ke rumah anaknya, jadi dia ikut juga dalam jeep ini.
Jeep nya ini akan berhenti juga di beberapa tempat untuk mengambil barang. Kebetulan berhenti di salah satu rumah ini dan si Papoy ambil foto ke arah hotel kita semalam yang ada di atas bukit sana...
Tuh liat aja jalanannya gila banget deh, berbatu2 dan batunya kadang segede2 gaban. Gila banget! Udah pasti orang2 kota mah bakal takjub lah kalo lewatin jalanan ini. Kita didalam jeep tuh rasanya badan udah keuyek uyek ke kiri ke kanan, kepala udah sempet kebentur pintu mobil saking guncangannya keras banget. .
Cuma mobil jenis jeep begini kayaknya yang sanggup lewatin jalanan model begitu...Parah banget jalanannya! Gilaaa...gilaa..
Belom lagi kabut nya masih tebel disini...Untung aja cuma mobil jeep ini doang yang lewatin sini, gak ada mobil lain lagi, jadi gak pake berebutan jalan, soalnya sempit banget jalanannya. Malah tadi sempet berpapasan dengan jeep lain, yang satu harus mundur dulu. Gila kann, kebayang gak sihh betapa parahnya?
Ditambah lagi kalo berpapasan dengan alat berat begini, sementara jalanan sempit dikiri tebing, di kanan jurang...supirnya harus canggih banget nihh. Kita mah di dalam jeep udah berdoa panjang pendek lah...hahaha. Dan tau gak, katanya sopir jeep ini sehari bisa bolak balik 3 kali melewati jalan ini. Ahhh busettt! Ku tak sanggup! Sekali ini aja udah kapok. Kalo gua tinggal di desa ini, kayaknya cukup setaon sekali aja ke kotanya. wkwkwk
Pokoknya ini bener2 petualangan tergila abad ini! Sinting rasanya liat beginian. Kita turun bukit yang satu, naek lagi bukit yang lain. Gua pikir kan dari desa Sidhing cuma tinggal jalan turun langsung ke temu jalanan aspal ke kota gitu ya, kagak taunya, kita masih harus lewatin gunung demi gunung, lewatin pinggir2 jurang. Mamaaaa....kapan sampenya?
Nahh, ketemu lagi satu desa yang rumahnya beratap batu...iyahh beneran batu yang udah dibentuk tipis2 gitu. Tapi teuteup aja berat yaaa. Makanya dindingnya juga semua dari batu yang disusun gitu. Ck ck ck...takjub lah liatnya.
Dan setelah 1 jam an menuruni bukit demi bukit, kita mulai bertemu pedesaan dan lewatin pemukiman warga desa. Disini baru deh ada transportasi umum menuju ke kota kayak bis gitu. Dan banyak motor2 juga yang lalu lalang disini. Teteup sih jalanannya mah barbar kagak beraspal dan sepanjang desa ini amburadul karena lagi dibikin saluran air di pinggir jalannya.
Disini kita bisa liat warga desa ada yang lagi bercocok tanam dan juga terlihat hewan2 peliharaannya.
Sepertinya tanah disini cukup subur untuk bercocok tanam.
Kirain udah lepas dari gunung, udah ketemu pedesaan, jalanan bakal lebih bagus dan cepet sampe kota. Tau nya kita malah ketemu jalanan yang harus melewati sungai..udah kayak offroad aja. Aje gile! Gua tuh gak berenti2nya takjub sama orang Nepal yang tinggal di desa ini...tiap hari kalo harus keluar masuk desa lewatin rute begini sih bener2 warbiasa deh!
Jeep akan berhenti sebentar, kesempatan supir untuk merokok dan juga penumpang kalo ada yang mau buang air kecil dipersilakan deh cari semak2 disini...hahaha. Aduhhh untung gua mah type orang yang bisa menahan pipis kalo di jalanan, jadi selamat deh dari siksaan ini. Kebayang gak kalo cewe beser gak bisa tahan pipis, bakal cari semak2 gimana coba?
Sungai demi sungai kita lewati...
Tuhh gila gak coba....kagak ada jalur jalanannya...udah kayak lapangan, tinggal pilih aja mau lewatin sebelah mana. Terus disini rawan banjir juga loh, bahaya banget kann lewatin sini kalo pas musim hujan? Gak tau deh setelah kita nyampe Jakarta, kan langsung musim hujan tuh di Nepal, kagak tau lagi nasib desa ini bagaimana jadinya.
Udah kayak di acara2 tivi yang berpetualang menembus hutan dan pedalaman rasanya, acara di BBC Knowledge...
Entahlah berapa jam kita melintasi jalanan dan sungai2 sepanjang desa2 ini. Rasanya berabad2...*lebay!
Akhirnyaaa, sampe juga kita di Pokhara sekitar jam 10.45, 3 jam an dari Sidhing. Senangnya ketemu suasana kota lagi. Kita dianter sampe depan hotel. Dan disini juga baru berpisah dengan porter kita yang udah bawain ransel kita selama 9 hari lamanya. Kasian banget, pasti dia lebih cape dari kita. Kita kasih tips tambahan lagi untuk dia. Arrgghhhhh, bener2 perjalanan yang luar biasa trip kita kali ini. Sampe susah rasanya diungkapkan dengan kata2. Rasanya campur aduk, antara happy, cape, sengsara, menderita, senang, dst.

Jadi kalau diringkas, beginilah Rute trekking Annapurna Base Camp dan Mardi Himal yang kita tempuh dari awal sampe akhir :

Hari 1 : Jakarta - Bangkok
Hari 2 : Bangkok - Kathmandu
Hari 3 : Kathmandu - Pokhara , sekitar 7 jam perjalanan
Hari 4 : Pokhara - lower Gandruk - Motkyu - New Bridge, Jhinu Danda - Chomrong , total 12 km
Hari 5 : Chomrong - Shinuwa - Bamboo - Dhovan, total 12 km
Hari 6 : Dhovan - Himalaya - Deurali - MBC, total 14 km
Hari 7 : MBC - ABC - turun balik ke Upper Dhovan, total 21 km
Hari 8 : Upper Dhovan - Dhovan - Bamboo - Shinuwa - Chomrong, total 14 km
Hari 9 : Chomrong - Landruk, total 10 km
Hari 10 : Landruk - Forest Camp - Lower Camp, total 10 km
Hari 11 : Lower Camp - Twin Peak ( sebelum Badal Danda ) - turun ke desa Sidhing, total 11 km
Hari 12 : Sidhing - Pokhara
Hari 13 : Pokhara - Kathmandu
Hari 14 : Kathmandu - Bangkok
Hari 15 : Bangkok - Jakarta

Tuhhhh, gilaaa kannn perjalanan kali ini, butuh 15 hari! Kalo ke Eropa sih udah bisa keliling berapa negara tuhh ya?  Jarang2 bisa dapet libur sebanyak ini. Dan bersyukur juga sih saat kaki masih kuat jalan , gua bisa sampe di ABC yang very2 beautiful dan sesetrong itu lanjut ke Mardi Himal trek. Emang ada emak2 kayak gini? Jarang adaaaaa...ye kannn! hahaha...ini sih bangga in diri sendiri banget yaa! Yahh eyah lahhh bangga. Di umur yang udah kagak muda lagi...tsahhhh! ( baru ngaku tua sekarang nih ), bisa trekking langsung ke 2 gunung terkenal di dunia...dunia lain! Wkwkwk. Jadi harus bangga dong. Apalagi pulang dengan selamat tanpa kekurangaan apa2, dapet bonus ratusan foto2 cetar menggelegar ke seluruh jagat raya. Duhh, kita bersyukur gak udah2 deh pokoknya. Bersyukur dikasih cuaca bagus, bersyukur gak digigit lintah, bersyukur gak ketemu hujan badai misalnya. Pokoknya bener2 bersyukur untuk trip kali ini. Thankgod!

Semoga aja seluruh cerita pendakian ke ABC dan Mardi Himal ini berguna nih buat yang mau trekking kesana juga. Tinggal dibaca aja berulang2 biar hafal, dari postingan pertama sampe akhir...wkwkwk! Soalnya seluruhnya udah diceritain semua sampe detil2 biaya juga.
Yah kalo ada yang kurang jelas, boleh2 aja ditanyakan, dengan catatan kalo gua ga amnesia ya...hihihi. Soalnya sekarang cepet lupa nihh, ga tau kenapa...

Abis ini, masih ada cerita sedikit saat kita di Pokhara dan Kathmandu serta Bangkok...tunggu aja yaaa lanjutannya.
Babay Ciaobella!

1. Aneh, rasanya lega gitu abis baca. Akhirnya sampe di 'kota' juga ci.
    Ga kebayang kalo lebih lama lagi di gunung, anak kota disuru diem di gunung lama, stress yang ada kayaknya. Hahahaha

1. Hahaha...akupun lega gak ketemu lintah dan trek begajulan lagi...iyah, si Miko udah stress tuh lama2 di gunung, dan begitu ketemu kota lagi, seneng banget dah

2. Sungguh mantab banget!! Perjuangannya, tapi memang pemandangannya kece ya!!

Fish Tail Mountainnya memang keren banget! Dan suka banget pemandangan pegunungan yang ada salju-saljunya gitu ketika cuaca cerah! :D Itu pepohonannya juga bagus-bagus ya; tapi ya namanya hutan, agak gimana juga gitu ya ada serombongan kaki seribunya, hahaha...

1. Emang nih, perjuangannya berat bgt disini, untung aja pemandangannya bagus walau sebentar , langsung ketutup kabut.

3. Pas liat foto fish tail yang dari deket. Rasanya merinding yaa. Apalagi bener2 liat dengan mata kepala sendiri pas disana. Luar biasa ci pengalamannya.

1. Iya pi, ngeliat langsung tuh rasanya campur aduk lah, susah diungkapkan dgn kata2..hahaaha

4. Keren banget....saya baca ceritanya semuanya yang tentang ABC dan Mardi Himal....foto2nya juga cetar banget....saya tahun ini rencananya mau jalan ke ABC, tapi sendirian saja...sudah lama banget diimpikan...doainnya semoga kejadian...sekali lagi salute....mantap pake bingits maks...

5. Wahh semoga sukses trip nya dan bisa bawa oleh2 foto yg cetar juga ya...

6. Hi Ka, aku akan ke Mardi Himal within 3 weeks, boleh minta no WA dari guide nya kah? untuk referensi, thank you.

1. No WA +9779866004144 atau bisa liat IG accountnya : umeshadventures

7. keren banget ini, kalo cuman sewa porter tanpa guide bisa gak? kan katanya porter yang dipake mamie funky sebenarnya juga guide ya

1. Bisa...sesuai kebutuhan kita aja. Bener..mr.bhisnu itu juga guide...karena ga ada kerjaan, dia siap jadi porter juga