Monday, June 29, 2020

WAY BACK HOME

Holaa....pakabar gaess? Semoga semua baik2 aja yaaa....

Kali ini gua mau cerita drama penantian panjang si Alvin buat pulang ke Jakarta, seperti yang udah gua singgung di postingan sebelumnya ( klik disini : DRAMA DI MASA PSBB ) yaitu betapa pusingnya pala berbie  mengurus refund tiket pesawat buat si Alvin. Jadi ceritanya tuh dia lagi summer break, gak ada kuliah untuk term summer dari akhir Maret sampai dengan bulan September. Sekitar 5 bulanan off kuliah, jadi kita udah bahas2 soal liburan dia ini dari Desember gitu. Kepengen pulang kampung buat refreshing. Hmmmm, udah sampe Kanada pun, kalau mau balik Jakarta dibilangnya tetap pulang kampung ya? Jakarta kan kota...ibukota! Kenapa bukan pulang negara ya? atau pulang ke kota?  *si Mamie minta ditoyor. Kemaren aja sewot sendiri gara2 orang pada ribetin istilah mudik dan pulang kampung. Lha sekarang sendirinya nambah2 istilah pulang negara lah, pulang ke kota lah...udah yaa sekip aja, mamie suka gak jelas bahasannya. hehehe

Nah dari bulan Desember itu si Alvin mulai merengek rengek minta dibeliin tiket balik Jakarta. Padahal, awal perjanjian kan dia gak boleh pulang sampe kuliah selesai, atau boleh pulang kalau bisa beli tiket sendiri....wkwkwk *mamie kejam. Kalo libur kuliah mending suruh dia kerja aja di Toronto, lumayan kan buat nambah2 uang jajannya dia. Terus rengekannya makin menjadi2, sampe bercucuran air mata. Suwer...ini mah bukan lebay, ini fakta. Dia nangis2 minta pulang. Alasannya kangen. Tapi gua mana percaya...kan kita selama ini udah biasa video call, perasaan kagak ada kangen2nya. Perasaan kalau kagak ditelponin duluan, dia juga gak cari mamienya, entah sibuk apa disono. wkwkwk....Mamie mah suka gak percayaan orangnya. Tapi akhirnya kan hati Mamie luluh juga, dipikir2 kasian juga dia luntang lantung 5 bulan gak kuliah terus mau ngapain. Katanya susah cari kerjaan, gak gampang. Posisi yang kemaren di restoran pun udah dikasih ke temennya.  Yah udah lah, akhirnya pertengahan Januari baru lah dibeliin tiket pulangnya, buat penerbangan tanggal 21 April 2020, dengan pesawat Air Canada transit di Hongkong dan lanjut dengan Cathay Pacific. Kenapa pilih tanggal itu, pertama katanya biar dia bisa pulang bareng sama temennya, biar diperjalanan ada temen, karena kan ini pengalaman pertama dia balik ke Jakarta sendiri. Kedua, sambil tunggu pengumuman dari kampusnya, takutnya kalau terlalu cepet2 balik Jakarta, urusan di kampusnya belum tuntas. Masih ada ujian atau apa gitu...kan bisa metong yaa. Jauhhhh kakak!

Truss......JEDERRR!  ( baca : gledek menyambar ). Datenglah wabah Covid 19 di Jakarta...akhir Pebruari kalau gak salah inget. Baru diumumin 2 orang yang terpapar, udah kacaulah dunia perwayangan ini. Mulai deh gonjang ganjing urusan negara ini. Dan begitu WHO umumin pandemic dunia, yah udah deh, urusan penerbangan pun kacau balau seluruh dunia. Masing2 negara bikin pertahanan, lockdown dimana2. Pertengahan Maret kita udah mulai waswas, gua suruh si Alvin cek ke website Air Canada nya langsung, dan disitu udah mulai ada info2 kota mana aja yang di lockdown dan gak nerima transit pesawat negara lain, termasuk Hongkong juga udah suspend statusnya. Tapi nomor flight si Alvin belum muncul statusnya, masih ada harapan. Wah udah mulai ketar ketir dong, sambil berdoa semoga aja gak dicancel penerbangan si Alvin.  Tapi emang udah takdir dari si Corona, kena juga ke kita imbasnya. Tau2 dapet notification, penerbangan di reschedule, ujung2nya dibatalin. Hadeuhhhh!  
Trus nasib temennya yang mau pulang bareng itu juga gak jelas....gak jadi pulang atau apa lah. Katanya ngilang gak ada kabar lagi..Sigghhh!  Sementara kita pasrah menerima kabar buruk ini. Mamie langsung semedi dulu menenangkan pikiran. Harusnya Mamie udah lagi leyeh2 di atas cruise...*lagi halu. Mamie juga stress banget, liburan kagak bisa, duit pada nyangkut dimana2....di traveloka, di agen jual paket cruise...*curcol dah! Si Alvin disuruh bersabar menunggu, sempat merengek2 juga : "harus cepetan pesen tiket lagi Mie, sebelum Toronto di lockdown." Ini gara2 pas pertengahan Maret itu, istri PM Justin Truedeau ternyata terpapar virus Corona juga, jadi makin ketat dong suasana disana. Semua orang dihimbau buat stay at home, restaurant2 pada tutup, yang kerja pun sebisa mungkin work from home, kuliah dan sekolah semua online. Yah persis lah kayak di Jakarta juga situasinya. Tadinya kan begitu dicancel flightnya, kepikir suruh si Alvin stay disana aja, gak usah balik Indo dulu. Kita pikir lebih aman, disana kan orang2nya taat aturan dan lebih educated. Tapi saat pandemic begini mah, gak ada jaminan di seluruh dunia manapun bakal aman, kagak ada yang kebal dari serangan Corona. Gua pikir di Kanada mah sedikit yang terpapar virus, eh taunya, di sana juga udah belasan ribu yang terpapar, dan ada aja yang ignorant gak ikutin himbauan dan aturan lockdown. 

Yahh, jadinya begitu dehh...keadaan berbalik jadi sedikit kacau. Tadinya udah happy banget cuma tinggal nunggu si Alvin pulang, ehh ini situasi malah makin gak jelas. Si Alvin sempet bilang juga, temen2 Indo yang dia kenal udah mulai pada balik Indo dari bulan Maret kemaren. Yahh emang sih, mereka rata2 anak sultan gitu yaa sodara2, langsung terbang naek pesawat apapun yang ada, harga berapapun, pokoknya PULANG as soon as possible! Udah kayak NOW or NEVER situasinya!
Trus temen2nya itu lebih banyak yang pilih penerbangan transit di US karena mereka udah pada punya visa US, jadi bisa langsung booking flight. Bisa gercep gitu loh...gerak cepat. Mereka mah udah aman tentram sampe di Jakarta dan di airport Soekarno Hatta pun belum banyak peraturan, cuma cek suhu aja langsung bisa ngeloyor pulang ke rumah dengan aman damai. Lhaaa si Alvin? Anak mamie funky.....cengo doang menunggu nasib. wkwkwk. Terdampar deh dia di Toronto, luntang lantung gak jelas...Tambah lagi pandemic begini, mana ada lowongan kerjaan? Yang ada orang pada di PHK juga kan..resto2 pada tutup, sekalinya buka pun cuma melayani take away and delivery food. Yah nasib lahh...gak cuma di Indo, Toronto, di seluruh dunia juga langsung krisis ekonomi...banyak perusahaan tutup, banyak pengusaha start up bangkrut, banyak karyawan di rumahkan....Seremmm dahh!

Sementara kita yang di Jakarta juga lagi ribet sama aturan2 pemerintah saat itu, yang katanya Jakarta mau dilockdown, trus karena banyak pro dan kontra, you know lah, akhirnya jadinya berupa pemberlakuan PSBB dari April sampai Mei. Mau booking tiket pesawat lagi pun jadi maju mundur, maju mundur kagak cantik. Harga2 tiket pesawat langsung melambung tinggi. Dipilih tanggal berapa pun, kagak ada yang murah. Sekalinya ada, transitnya kebanyakan di US, atau Eropa ( kayak di Paris atau Amsterdam ) yang saat itu lagi parah2nya banget situasinya. 

Terus pas lagi iseng cari tiket lagi nih, udah seneng aja harganya cocok, waktu transitnya pun singkat,
( kadang kan sekarang mikirnya kalau kelamaan transit, takut terpapar virus di airport. Udah saking parno katanya di airport udah yang paling resiko tinggi terpapar virus, jadi mikir lamaaaa... ), udah tinggal klik bayar, sambil chat sama si Alvin soal jadwal pulangnya buat tanggal 25 April kalau gak salah, ehhh si Alvin kirimin screen shoot berita breaking news bahwa seluruh penerbangan di Indonesia ditutup mulai per 24 April 2020. Yahhh owohh, cobaan apa lagi nihh? Jadi batal dehh booking tiketnya gara2 berita ini...
Tapi 3 hari setelah berita itu, kata menterinya diralat undang2nya, penerbangan international boleh tetap beroperasi...*tepok jidat. Metong kan ....mencla mencle gitu peraturannya. Bikin gila! *kunyah2 kertas

Yah udah, karena ternyata masih bisa beroperasi penerbangan international, gua coba booking tiket lagi, kali ini langsung ke website Eva Air. Untung aja belom klik bayar. Pas dibaca2 lagi syarat dan kondisinya, taunya pas cari2 info kesana sini, Taiwan nya sendiri dilockdown, gak bisa transit di Taiwan sampai dengan batas waktu yang tak tentu. Kenapa dijual tiketnya yaaa, jadi kayak jebakan batman. Ntar kita udah beli, ujungnya2 refund dalam bentuk point reward. Batal lagi, tunggu lagi...

Tapi dipikir2, mau sampai kapan nunggu2 terus, virus nya gak akan selesai cepet2 juga. Si Alvin terkatung-katung disana juga jadi pikiran terus kannn. Walaupun dia bilang , so far sih aman2 aja buat keluar sesekali untuk belanja sehari2. Cuma guanya juga gak tenang aja mikirin. Yah namanya juga emak2...ye kann! Akhirnya gua coba boking tiket lagi via Tiket.com. Ketemu penerbangan Turkish Airlines yang transit di Turki dengan harga oke dan sebelum booking udah email ke Customer service nya yang di Jakarta katanya penerbangan Turkish Airlines memang ditutup sampai tanggal 27 Mei dan kemungkinan dibuka lagi bulan Juni. Jadi gua cap cip cup aja pilih tanggal 2 Juni 2020. Udah dapet tiket, langsung suruh si Alvin beli koper, beli masker, urus surat ke KJRI, pokoknya excited deh kali ini bakal berhasil pulang. Ehhh dasar nasib kurang beruntung. Seminggu menjelang hari H, di emailin dan di SMS in dari pihak Turkish Airline dan Tiket.com nya, bahwa penerbangannya dicancel. Yaowohhh! Cape benerrr kann! Untuk kesekian kali, batal lagi terbangnya. Nyangkut lagi duitnya...Beuhhh!
Gimana mau pesenin tiket pulang si Alvin berikutnya lagi nih? Trauma banget dicancel2. Belom lagi pertengahan Mei keluar peraturan untuk masuk ke Indonesia diperketat, diharuskan ada surat kesehatan lah, ada surat apa lah, ada hasil test PCR lah...Bener2 pening sakit kepala penuh kekhawatiran kemana2... ....Bahh! Pokoknya emosi jiwa lahh....Cuma harus bersabar......inhale...exhale....inhale.....( kagak exhale )...*pingsan! 
Si Alvin pun akhirnya pasrah waktu terima kabar tiketnya lagi lagi dicancel. Dia udah mulai berdamai dengan dirinya sendiri, gak ngerengek2 pulang lagi. Terserah mamie aja dah katanya. wkwkwk. Mamie pun udah nyerah, gak mau cari tiketnya dulu. Nunggu di Indo peraturannya jelas, nunggu para airlines jual tiket yang jelas juga no cancel cancel. Bahkan sempet kepikir, suruh si Alvin ikut program repatriasi aja, suruh dia cari2 info ke KJRI Toronto, ada gak pemulangan massal WNI ke Jakarta. Sayangnya gak ada.....hahaha. Kayaknya itu khusus ABK ( Anak Buah Kapal ) yang kerjanya di kapal pesiar, atau untuk komunitas WNI yang jumlahnya banyak mau balik Indo. Entah lah....Intinya si Alvin merasa single fighter aja, gak ada temen yang bisa diajak balik Indo barengan.

Sambil berjalan waktu, tau2 si Alvin kabarin kalau tanggal 6 Juni 2020 itu dia bakal dibaptis. Hahhh? Kagak salah? Lagi pandemic gini adain acara baptis? 
Ohh, ternyata .....baptisan ini khusus buat si Alvin doang, karena sebelumnya kan udah sempat bilang ke Romo nya kalau dia mau pulang liburan ke Jakarta, takut gak sempat ikutan jadwal baptisan yang barengan sama umat lainnya. Karena kan emang semua jadwal urusan gereja tertunda dan gak jelas kapan dilaksanakannya. Jadi si Alvin diprioritasin dibaptis duluan. Hebat juga nih anak...hehehe. Nahh, jadi beginilah suasana waktu pembaptisannya...Cuma ada Romo dan wali baptisnya aja. Dan gua yang jadi emaknya kagak bisa hadir menyaksikan...cuma dikirimin fotonya doang...Hiks! *jadi cedihh kan..Eh tapi, dulu waktu gua dibaptis pun, emak bapak gua juga kagak hadir...sama dong nasibnya . Malah gua lebih parah lagi, jaman itu kagak ada fotonya. Jadi si Alvin lebih beruntung dongg....*yang penting mah foto jaman sekarang...ye kann! hahaha *emak gendeng.
Beginilah prosesi pembaptisannya...
Tuhh foto sama Romo Juliwan yang kata si Alvin baik banget, sampe ditawarin mau jadi asistennya gak. Yahhh, ntar jadi pastur dong anak gua...*hihihi...
Foto bersama wali baptisnya juga...Terimakasih ya bapak dan ibu disana, sudah mewakili anak akuh di hari pembatisannya...God bless You!
Setelah itu, berita berita diluar sana, di TV, di media sosial, di grup backpacker yang gua follow, banyak info2 yang semakin membuat bingung dan simpang siur informasinya. Ada penerbangan yang menurut kita udah cocok banget waktunya, harganya, eh transit di Jepangnya harus pindah airport, dari Haneda ke Narita. Ini yang bikin mentok, karena si Alvin gak ada visa Jepang dan pas Jepang juga keluarin aturan lockdown untuk beberapa negara, termasuk Indonesia. Kalau transitnya gak pindah airport sih gak masalah. Belom lagi soal info orang2 yang bakal dikarantina begitu masuk imigrasi Jakarta dan dibawa ke Wisma Atlet atau Pondok Haji sebagai tempat karantina yang katanya gak layak, kacau, malah beresiko ketularan virus disana karena dikumpulin banyak orang, katanya biarpun udah punya surat kesehatan, teteup dilakukan rapid test atau test swab dan bakal dikarantina, dan seterusnya dan sebagainya.  Gilaa...ini kacau banget infonya. Bikin gua ketar ketir mikirin. 
Duhh, pusing banget deh. Terus gua dapet info dari story IG temen gua yang isinya informasi pembukaan kembali airport2 di seluruh dunia. Gua gak tau ini valid atau gak, karena balik lagi : semua aturan selalu berubah2 tergantung situasi dan kondisi. Jadi begitu liat ini, rasanya udah lemes dan gak ada harapan gitu. Harus nunggu sampe bulan Juli dan itu pun sesuatu yang belum pasti! Ngeselin dan makan pikiran banget kann!
Tapi sepertinya, Tuhan udah berkehendak....kayak dibuka in jalan. Apalagi gua selalu suruh si Alvin berdoa supaya bisa pulang cepet. Tau2 yang abis si Alvin dibaptis itu, dia bilang :"Mie, barusan ada temen aku yang pulang ke Jakarta. Nih liat di story IG nya lagi di airport." Whattt? Kok temennya gak bilang2 ya mau balik Indo..kok gak ngajak2. Yah mungkin bukan temen akrab, jadi gak pengumuman juga keleus dia mau pulang. Yah emang sih, si Alvin mah katanya gak punya temen akrab di sono, jadi rada kuper dan gak update nih. Mamie jadi gemess kann! Buru2 suruh si Alvin "sok akrab" aja sama temennya itu, tanyain naek pesawat apa, transit dimana, booking tiketnya dimana, test kesehatannya dimana..pokoknya suruh tanya yang detil. Si Alvin cuma jawab :"Yah kan orangnya di pesawat...belom sampe. Ntar ditanyain." Nunggu jawaban si Alvin tuh rasanya lama banget. Yah maklum, dia juga nunggu temennya itu jawab. Akhirnya 2 hari kemudian, baru deh dapet jawabannya karena temennya udah sampe dengan selamat, lancar2 aja perjalanannya, udah di rumah gak pake karantina2. Nahhh, berarti bisa lolos dan aman dongg?! 
Langsung malemnya gua bookingin tiket di website resmi Air Canada, kagak pake lewat aplikasi2 penjual tiket pesawat yang gak bisa dipercaya disaat sekarang ini. Udah kapok dicancel2 mulu. Kalau langsung di website resminya kan rasanya lebih terjamin aja gitu. Padahal kalo namanya airlines nya juga kena masalah, teteup ada resiko di cancel juga sih. Entahlah, pokoknya saat itu langsung napsu banget pesen tiketnya gara2 denger temen si Alvin udah selamat nyampe di Jakarta. Waktu booking tiket itu tanggal 8 Juni 2020, untuk penerbangan 15 Juni 2020. Cuma seminggu nih waktunya, termasuk mepet sih. Tapi yah harus segera lah menurut gua. Jadi begitu selesai booking, langsung kabarin si Alvin untuk cepet2 urus dokumen jalan yang meliputi : Surat Kesehatan, Test PCR, dan surat jalan dari KJRI. Nah informasi buat test PCR juga awalnya bikin gemes nih, karena si Alvin bilang saat Covid begini kalau disana tuh klinik atau RS gak tiap hari buka, ada hari harinya, ada jadwalnya...( masa sih? gua jadi heran dong...). Iyah, beda Mie sikonnya, jadi harus telepon tanya dulu. Pas diteleponin rumah sakit yang deket rumahnya entahlah jawabannya kurang jelas bagi gua : antara gak nerima test PCR disitu atau gak nerima booking untuk test PCR. Ini gua pikir sih si Alvin yang miscom. Lha  sementara waktunya udah mepet, jadi gua yang gak sabaran langsung minta nomor kontek KJRI dan tanya langsung mengenai test PCR ini. Lalu direkomendasi ke RS Sunny Brooks yang katanya mahasiswa2 Indo banyak yang test kesitu dan gak ada masalah.  
Jadi pergilah si Alvin ke RS Sunnybrook ini. Kayak ginilah bentuk bangunannya
Jadi disana isi form dulu dan nunggu dipanggil aja. Antri nya gak terlalu lama kok, karena gak banyak orang yang mau test. Gua bayanginnya kan bakalan berjubel orang yang mau test ( kayak di Indo gitu loh ) karena testnya ini gratis. Iya...GRATIS! Asik juga kann..Tapi sakit aujubilah kata si Alvin, karena ternyata ini bukan real PCR test ya, tapi test swab yang ngambil cairan dari hidung. Disodok ke dalam hidung sampai mentok...iyuhhhh! Hasilnya akan diemail 2 atau 3 hari, padahal si Alvin pergi ke RS nya ini tanggal 12 Juni, mau terbang tanggal 15 Juni, jadi agak deg2 an juga sih nunggu hasilnya itu. Takut diperiksa di airport, tapi belom ada emailnya. Kan gawat...
Abis dari RS Sunny Brook, si Alvin bikin surat kesehatan di family doctor yang praktek di klinik gitu. Ini atas anjuran dari KJRI nya. Pas di dokter itu, gak test apa2, cuma ukur suhu, tensi dan ditanya2 riwayat penyakit sebelumnya. Lalu langsung dapet health certificate nya, bayar CAD 120 yang katanya bisa claim asuransi. Syukur dehh!
Surat Jalan dari KJRI ambil sendiri ke KJRI nya. Lega dehh, prosesnya semua cepet dan gak bertele2.
Nah sehari sebelum terbang, si Alvin udah dapet email hasil test swab nya. Yang jelas sih negatif yaa : Not Detected!
Akhirnya, dokumen udah lengkap semua, siap berangkattt! Subuh2 udah ke airport nih...Toronto Pearson International Airport...
Tau2 si Alvin WA...jantung gua udah deg2an aja, kirain dia ada masalah di airport. Taunya cuma mau bilang : kopernya over baggage 10 kg dan harus bayar 100 CAD. OMG....Yahh mau gimana lagi, bayar aja dahh! Yang penting pulang! *udah senio tingkat tinggi. 
Dan seperti yang pernah gua tulis di postingan Kanada sebelumnya, kalau airport disini mah gak pake lewatin imigrasi lagi. Begitu check in di konter airlines, drop bagasi, body scan, yah udah langsung masuk ke ruang tunggu deh. Gak pake antri2 lagi di imigrasi. Istilah kasarnya : pulang aja sono ke negara lo...wkwkwk!
Saat terakhir mau boarding, masih sempet beli Tim Horton...*kesukaan Mamie...hiks! Dan gara2 beli Tim Horton ini lah, si Alvin malah kenalan sama 2 orang mahasiswa Indo juga. Terus jadi barengan deh sampe Jakarta. Mamie langsung tenang si Alvin ada temen barengan di jalan.
Suasana di ruang tunggunya, sepi banget yaaaa. Bagus lah, jadi ada physical distancing nya.
Di dalam pesawat Air Canada, pramugarinya pun pake APD loh...
Penumpangnya sedikit...( pantesan aja mahallll tiketnya! ). Si Alvin aja duduk sendiri dalam 1 row, jadi bisa selonjoran, kalau mau juga bisa tiduran di 3 kursi. Btw, dari Toronto pesawatnya transit dulu di Vancouver, lama penerbangan Toronto ke Vancouver sekitar 4,5 jam dan gak dapat makan. Saat pesan tiket itu, rute Air Canada ke Jakarta ini harus 2 kali transit. Pertama transit di Vancouver, kedua transit di Tokyo. 
Dari Vancouver ke Tokyo dapet makan, tapi cuma sandwich dan air putih doang. Gak full service kayak dulu. Aje gilee....tiketnya udah mahal banget, cuma dapet segitu doang, dengan lama penerbangan sekitar 9 jam. Yah maklum juga deh, lagi kondisi wabah dan krisis ekonomi begini. 
Transit di Jepang sekitar 2,5 jam, mulai kelaparan  deh si Alvin. Semua toko2 dan resto pada tutup, cuma ada satu restorant dan satu souvenir shop yang buka. Untung aja bawa cash ( USD dan CAD ), jadi bisa tuker yen dan bisa jajan. Kebiasan di Toronto gak pernah bawa cash, semua gesek kartu.
Si Alvin beli nasi beef curry, ini rekomend dari temennya yang barengan itu, katanya kalau ke Jepang harus cobain makan ini. 
Suasana ruang tunggunya, lumayan rame juga penumpangnya yang mau ke Jakarta saat itu. Di pesawat nya juga hampir penuh, udah gak physical distancing lagi.
Saat transit itu, si Alvin kirimin foto ini. Bikin gua mules aja kan....Gilaa tuh, hampir semua flight cancel! Coba aja kalian ada di posisi gua, pasti langsung migrain kann! Berdoa yang kenceng...pesawat ANA jurusan Jakarta yang dinaekin si Alvin sih masih on schedule...on time!
Di pesawat dapat makanan yang kata si Alvin sih lumayan enak. Pelayanannya juga seperti situasi normal aja, ditawarin minuman tiap berapa jam. Gak kayak Air Canada yang langsung cut makanan dan layanan on board nya. Pramugarinya gak pake APD kayak Air Canada sih, pake seragam biasa dan yah jelas pake masker semua. Lama penerbangan Tokyo Jakarta sekitar 7 jam dan dijadwalkan nyampe Jakarta jam 23.30 WIB. Total lama perjalanan Toronto Jakarta termasuk waktu transitnya adalah sekitar 28 jam!
Begitu turun dari pesawat, nanti akan diarahkan petugas untuk mengisi form dan mulai dipisahkan antriannya antara yang punya hasil test PCR dan yang gak punya. Ini aja sekitar 1 jam proses antriannya. 
Nahh, waktu pemeriksaan dokumen ini, si Alvin akhirnya bisa lolos juga walaupun sebelumnya dipermasalahkan tentang hasil test PCR yang by email doang itu. Petugasnya minta hardcopy, sementara si Alvin gak siapin print an nya, cuma unjukin emailnya di HP. Karena tetap diminta berupa kertas print an, akhirnya si Alvin diarahkan ke konter yang ada printer. Padahal tuh anak gak bisa konek wifi dan gak ada kartu SIM Indo pula, terpaksa minta bantuan hotspot dari hp petugasnya. Untung dibantuin dan bisa kirim email ke petugasnya, lalu bisa print. Padahal sesudah diprint itu, cuma buat ditunjukin ke petugas di pos selanjutnya. Hadeuhh...si Alvin sempet protes ke petugasnya, jaman sekarang semua serba online, kenapa harus teuteup mau di print ya bu? Apa gak cukup liat email saja? hahaha...untung petugasnya pada baik2. Jadi dia bisa lolos dan lewatin semuanya. Aman , lancar jayaa.....
Sementara gua yang dirumah udah khawatir nunggu kabar nih anak gimana di aiport Soetta, udah lewatin imigrasi atau belom...mikirin terus.

Jadi ceritanya, gua gak jemput si Alvin di airport, karena kan gak tau situasi airport sekarang ini kayak apa, boleh jemput atau gak, takut nanti juga diperiksa harus ada dokumen2 buat para penjemput, jadi kita suruh si Alvin naek taxi aja. Karena saat itu jam 01.30 dini hari, pas keluar gate kedatangan, gak ada taxi satu pun. Kosong melompong gak ada antrian taxi, gak ada konter2 layanan taxi diluar. Cuma ada bis2 yang bakal mengantar orang2 untuk dibawa ke tempat2 karantina. Tuh antrian bis nya di depan pintu keluar bandara. 
 Hahhhh? Jadi gimana caranya tuh anak pulang?  Akhirnya setelah tanya2 petugas disitu, yang tersedia saat itu cuma 1 konter taxi di dalam gate, itupun bukan taxi Bluebird atau taxi yang bermerk gitu, tapi taxi yang pakai mobil pribadi gitu. Akhirnya si Alvin deal dengan mobil Avanza seharga 400.000. Padahal normal nya dari airport ke rumah kita tuh cuma Rp. 120.000. Si Alvin sempet minjem hotspot ke salah satu petugas yang dia temuin di pintu keluar airport, buat ngabarin kita kalo dia udah lewatin imigrasi, udah aman dan siap pulang ke rumah. Syukur lahhh......

Akhirnyaaaa......home sweet home. Sampe juga si Alvin di depan rumah. Kayak mimpi...jam 2 dini hari dia nongol di depan rumah. Bayar taxinya pun keren, pake CAD dan yen yang tersisa...Supir taxinya juga pinter, mau aja terima dollar, kalo di kurs in lebih dari Rp. 400.000...
Protokol pertama saat sampe rumah : cuci tangan pake alkohol. Mamie juga gak bisa peluk...hiks! Takutttt.....hik hiks! Kaco dahh...Jadi berasa awkward kann! Si Papoy aja sampe garuk2 kepala tuh di belakang...hihihii. 
Bagasinya semua langsung disemprot2 desinfektan...Itu koper biru nya jebol di airport Narita. Ampunnn dah, itu koper baru beli, mana udah bayar over bagasi, sampe rumah rusak pula kopernya. Huahhhh...tapi mamie gak boleh komplen,udah merem mata aja lah semua itu. Yang penting anakku udah sampe di rumah dengan selamat. Thankgod! Praise the Lord!
Uhhhhhh, kangennnya! Masih berasa mimpi......dia udah duduk di depan kita. Lagi cerita, betapa bersyukurnya dia, sepanjang perjalanan bertemu dengan orang2 baik. Dari mulai temen2 seperjalanannya, petugas2 di airport, dst. Padahal ini jam 2 dini hari......kita cerita2 gak berasa ngantuk saking excitednya. 
Dan masih sempet2nya bawa oleh2.....Lumayan kan, mamie jadi bisa ngopi pake Tokyo banana...hehehe
Nahhhh begitulahhh cerita proses panjang kepulangan si Alvin ke rumah. Pas saat cerita ini diposting juga berarti udah 14 hari menjalani karantina mandiri. Yahh walaupun gak disiplin2 amat, dalam rentang waktu itu si Alvin udah ngeloyor jajan ke Alfamart, terus kepengen makan sate kambing, udah pergi juga ke tukang sate kambing, udah diajak lari juga Minggu pagi kemaren. Tapi namanya juga si big fat Panda. baru lari 500 meter, udah belok cari tempat duduk. wkwkwk! Terus sekarang muncul masalah baru : timbangan nya langsung naek 6 kilogram! Masyaolohhh! Di Toronto emang sih dia sempet turun 10 kilogram. Lhaa sekarang? 
Dari kemaren emang sih gua jejelin makanan2 kesukaan dia : sate babi, ayam goreng, bakmi babi, ikan kakap asam manis, belom lagi yang pesen sendiri di Grabfood / Gofood. Pesta makanan lah si Alvin..gak pake rem lagi makannya. Semua dihajar gak pake mikir2 lagi. Begitu nimbang badan, baru nyesel dan niat mau diet....*persis emaknya ye! Tapi niat doang, udahannya mah masih mikir terus : makanan apalagi yang belom dimakan. Katanya belom makan mpek2, somay, ketoprak, cilok, batagor, ayam bakar,.....Hadeuhhh! *eling dong boy!
Terus, gua agak heran juga sih.....padahal kan si Alvin baru nyampe pisan yaa. Rata2 semua orang....semua orang yang tau si Alvin pulang, langsung tanya : kapan balik ke Kanada? Yahhh olohhhh....emang harus gitu ya? Itu pertanyaan reflek amat? hihihihi...*mamie lagi sensi, lagi happy anaknya pulang, ehhh udah ditanya2 kapan balik...Kann gimanaaa gitu ya? Yah udah sih, gak usah nanya2 dulu napa....Ini kan sama aja pada nanya : Covid kapan selesainya? Emang bisa jawab? Emang ada yang tau? Kan gak ada yang tau...Liat nanti aja....

Yah udah dulu deh, mamie lagi mau posesipin si Alvin dulu..kan dah lamaaaa  bangettttt! Kita lagi bahagia bahagianya...hihihii. Tunggu aja cerita selanjutnya yaa.....
Babay Ciaobella!

10 comments:

  1. Perjuangan banget ya untuk bisa pulkam sewaktu corona lagi panas-panasnya dan bikin apa-apa serba gak pasti! Tapi syukurlah yang penting akhirnya Alvin bisa sampai di Jakarta lagi dengan aman sentosa :D .

    Dan btw buset deh itu berarti mau masuk Indonesia juga ribet banget ya sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, itu kacau banget bulan maret april mei...semua serba gak jelas, karena yah maklum lah, semua orang juga masih bingung cara menanggulangi bencana ini...apalagi informasi mengenai situasi di airport itu bener2 mengandalkan orang2 yang memang sudah landing dengan selamat dan melewati sgala prosedur,jadi baru deh dapat gambaran akurat kira2 gimana situasi di airport kalau mau dateng ke Jakarta..yah jadi ribet deh gara2 pandemic..

      Delete
  2. akhirnya sampe di rumah juga ya alvin.
    baca cerita mamie kok gw ikut senewen ckckck

    adek gw yang kuliah di beijing sampai skrg ga bisa balik ke sana lho.
    entah gimana dah nasib kuliahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang stress dan kusut urusannya...yg penting pulang dulu dah....ntar baru mikir lagi mau gimana gimana nya

      Delete
  3. Such a long trip..tp seru juga ya,
    Btw sempet bingung perna liat mamie post Tokyo Banana di IG, question: dari mana ya..terjawab sudah sekarang haha

    ReplyDelete
  4. Ngeliat foto alvin aku jadi ngerasa bersyukur juga cici akhirnya ketemu alvin. Serasa uda lamaaaa bgt ya. Iya di foto aku merasa si alvin kurusan ya. Selamat menikmati kangen2 ria sama alvin ya ci.

    ReplyDelete