Wednesday, December 6, 2023

GOWES KE TANGKUBAN PERAHU LEMBANG BANDUNG

Hola! Jumpa lagi disini....

Ceritanya Ferguso yang udah comeback gowesnya ngide mau gowes lagi sendiri ke Bandung. Tentu saja Maria yang setia setiap saat tidak rela kalau beliau jalan sendiri, jadilah Maria mengawal dari belakang pake mobil persis seperti yang pernah kita lakukan tahun lalu dengan rute lewat jalur Puncak, Cianjur dan finish di Kota Baru Parahyangan. Start dari rumah udah agak kesiangan, jadi sampe exit tol menuju Puncak pun udah antri panjang. Dan ternyata hari itu diberlakukan ganjil genap, beruntung mobil kita yang ber plat ganjil pas banget lolos sebelum polisi kasih pembatas ganjil genap. Hari itu tanggal 18 kan genap, jadi begitu kita udah lewatin pembatas, baru deh mobil2 di belakang kita yang platnya angka ganjil disuruh puter balik. Haiyaa...nyaris ajaaa gagal ....*tarik napas lega. Tapi emang jalur Puncak itu kan emang selalu macet di weekend ya, ditambah lagi diberlakukan ganjil genap dan tutup satu arah, udah deh bakalan panjang macetnya karena banyak orang mau puter balik, mau belok ke tempat wisata, mau parkir, pokoknya riweuh dah! Kalau kagak penting2 banget, gak usah ke Puncak..hahaha.
Jadi ceritanya Ferguso bakal gowes dimulai dari depan Vimala Hills, jadi diturunin lah sepedanya di pinggir jalan situ, barulah setelah itu beliau gowes sendirian menuju Puncak. Ini pas sampe Gunung Mas foto dulu buat kenang2an.
Dan akhirnya sampe di pit stop pertama yang udah kita tentuin yaitu di warung Mang Ade Puncak buat sarapan. Ini yang ngawal malah yang bergaya foto di depan plang nama warungnya...konon tempat ini adalah salah satu destinasi utama para pegowes ibukota yang ingin membuktikan kehebatannya bersepeda. Kalau udah sampe sini pake sepeda, udah hebat. Kalau Maria mah numpang foto aja, kesini naek mobil aja. Ngapain cape2 ya...mau membuktikan apa sih emak2 udah tua mah? Kagak ada pencapaian pribadi yang patut dibanggakan ....hihihihi
Nah disini kita sarapan dulu nih....yang enak tuh pisang bakar coklat keju plus minumnya bandrek. Ceritanya breakfast with a view...yang ngawal malah makan lebih banyak dari pegowesnya.
Dan pasti disamperin sama tukang gemblong...yah emang doyan sih ya, jadi dibeli juga, padahal udah kenyang tadi.
Singkat cerita, setelah dari Puncak itu kita masih mampir lagi makan bubur di daerah Cianjur. Terus berhenti lagi di pondok es kelapa sebelum tanjakan Padalarang. Dan akhirnya finish di Indomaret seberang jalan masuk KBP Padalarang sekitar jam 2 siang. Jadi Ferguso gowes dari Vimala Hills Puncak sampe sini sekitar 92 kilometer. Udah gitu tadi Maria kena macet, jadi malahan yang naek sepeda nyampe duluan sekitar 30 menit. Parahh kann naek mobil tuh macetnya...hahaha. Terus pas banget Ferguso udah masuk ke mobil beserta sepedanya, langsung turun hujan. Jadi kita langsung menuju ke hotel di daerah Lembang lewat jalan tol exit di tol Pasteur kagak mampir2 lagi, padahal terhitung kita tuh belum makan siang..Laper banget!
Nah ceritanya kita udah sampe hotel dan istirahat sebentar sambil browsing2 maps cari resto terdekat buat makan malam. Akhirnya kita langsung cuss meluncur ke resto yang dekat hotel yaitu Darmaga Sunda..
Foto dulu berdua mumpung ada yang nawarin jasanya...
Eh, ternyata kita kagak salah pilih resto nih...tempatnya bagus dan estetik sekalee...
Jadi pengen pepotoan melulu...bukannya pesen makan..hahaha.
Tapi karena kita cuma mau makan berdua, jadi gak bisa dapet meja yang bulat2 di tengah kolam ini..makanya dipake foto aja...Kita masih harus nunggu meja yang ukurannya lebih kecil lagi...
Lebih seru kalau kesini rame2 ya..bisa dapet meja nya yang full di tengah kolam dengan ikan2 koi yang berenang kesana kemari...
Terus juga dihias dengan lampu2 estetik..kalau berada disitu langsung sih keren vibesnya.
Nah sambil nunggu meja kita disiapin, Maria gak mau rugi keliling2 dan foto2 dulu aja dah..kebetulan masih sepi yang makan, karena baru jam 1/2 6 sore.
Dan akhirnya kita dapet meja nyempil di pinggir...tetapi teuteup dapet view ke belakang yang full lampu...Kita pesennya paket nasi liwet ayam kampung goreng. Rasanya enak juga...recommended juga lah untuk makan bersama keluarga.
Setelah itu kita masih mampir ke cafe di daerah Lembang juga yaitu Ruang Lapang ...pake tiket masuk Rp. 30.000 yang nanti bisa ditukar susu dan jagung bakar. Vibes nya bagus, bangunan2 model tenda estetik dengan lampu2 bikin tempat ini jadi bagus banget di saat malam hari.
Kita naik ke lantai 2 yang ada ayunan tali disitu...pemandangannya lebih luas lagi dari atas sini.
Jadi di dalam area ini tuh konsepnya komplek yang isinya adalah cafe cafe estetik gitu...yang ini ada lagi cafe lain yang dekat tempat parkir namanya Kala Cemara. Sama seperti Ruang Lapang, untuk masuk ke dalamnya harus beli tiket dulu Rp.30.000. Kita sih cukup foto di depannya aja deh karena udah kenyang...hahaha
Nah besok paginya kita udah sarapan pagi2 di hotel karena pagi ini Ferguso mau lanjut naek sepeda ke Tangkuban Perahu. Ternyata nasi gorengnya enak, pelengkapnya ada kerupuk, ayam suwir balado, kentang kering balado...Lumayan deh udah terisi perutnya pagi2, siap untuk berolahraga...
Oh iya, sekilas info hotelnya...Nama hotelnya adalah Moscato Hotel di daerah Lembang. Sengaja nginep sini supaya dekat ke arah Tangkuban Perahu, dekat juga kalau mau ke kota Bandung. Kamarnya oke lah bersih dengan rate sekitar Rp. 600 ribuan plus breakfast.
Ini area lobby nya..
Ini resto tempat sarapan yang juga jalan akses ke area kolam renang.
Ini tampilan depan hotel...
Area jalan ke arah meja recepcionistnya..
Recepcionistnya nyempil di pojok situ..
Lift nya ada di tengah2 situ...
Nah ini area kolam renangnya ....
Ukuran kolam renangnya gak begitu besar..
Tapi viewnya bagus juga ke arah gunung...
Dan siang itu pas lagi cerah setelah sorenya diguyur hujan disini..
Serasa kolam ini milik berdua..soalnya gak ada orang lain lagi..udah pada cek out kali. Ini sekitar jam 1/2 12 siang...hahaha
Nah balik lagi ke topik gowes menggowes, ceritanya Ferguso niat banget ke Tangkuban Perahu ini naek sepeda, jadi tadi beliau sudah melewati tanjakan Lembang yang cukup aduhai sekitar 14 kilometeran..dan akhirnya sampe juga di depan gerbang masuk Gunung Tangkuban Perahu nih. Foto dulu sama sepedanya buat bukti...hahaha...
Ah Maria juga kagak mau kalah, ikutan foto di depan sini walaupun naek mobil...
Nahh, sementara Ferguso menaiki sepedanya dari gerbang bawah ke puncak Tangkuban Perahu, Maria yang bermobil ria udah sampe duluan dong...langsung disamperin sama penjual gelang dan ditawarin difotoin. Yah tentu saja kagak nolak dong....yukkk kita pose...
Pose lagi disini...
Masih juga pose disini  mumpung kagak antri...karena abis itu serombongan ibu2 satu bis turun kesini..hahaha, udah deh wilayah ini dikuasai ibu2 berseragam pink.
Wah bagus juga difotoin panorama begini ya...
Pokoknya kapan lagi ye kannn....mumpung udah sampe sini harus foto banyak2..
Begitu Ferguso sampe puncak, langsung diculik juga foto berdua disini, mumpung ada bapak2 penjual gelang yang mau fotoin...
Bersyukur kita dikasih cuaca cerah banget pagi ini...;langitnya biru sebiru birunya..
Ini topinya ucul banget..pengen beli tapi pikir2 buat apaan yaa...dipake kemana? Gak jadi beli deh
Kita sampe naek2 ke atas yang ada pohon kering ini...lumayan juga view dari atas sini..
Duh...berasa jadi model ga sih...wkwkwk. Udah lama kagak foto2..jadi mati gaya..
Tuh sampe ada adegan iklan minuman...hahaha..saking bingung mau gaya apalagi..Nahh udah foto kita kan mau kasih bapaknya tips, eh ditolak. Katanya disitu dilarang nerima tips, kalo mau harus beli dagangan dia yang dihargain seratus ribuan...weleeee! pegimana dah ini konsepnya....Bingung kan kitanya, mau iklas kasih tips, malah digituin....Akhirnya, kita bilang mikir2 dulu mau beli gelangnya, karena gak pake gelang...kita muter2 dulu ke tempat lain, pas mau pulang, bapaknya udah ngilang...Terimakasih ya pak udah fotoin kita....hehehe...
Ini foto dari lokasi lain...karena kawahnya itu dibuat pagar berbentuk bulatan yang luas, jadi kita bisa foto2 lagi dari area parkiran yang lebih ke atas dekat mesjid.
Katanya kalau difoto komplit memanjang, gunung itu berbentuk perahu...tapi kok daya imajinasi Maria kagak sampe ya...mana perahunya?
Ini juga difotoin panorama sama bapak2 penjual gelang yang lain lagi...ternyata mereka modusnya seperti ini, kasih jasa foto ke pengunjung, nanti kita disuruh beli gelangnya dengan harga fantastis. yahhh, saya mah bilang terimakasih aja dah ya pak..soalnya kagak pake gelang..hehehe
Foto sendiri juga bagus2 aja sih ya...
Masih penasaran kan cari2 bentuk perahu dari gunung itu?
Yang jelas Maria juga kagak mau kalah naek sepeda juga disini. Seru loh keliling2 disini pake sepeda..gak cape2 jalannya.
Dan untungnya kita gerak cepet foto sana foto sini...setelah itu langsung turun kabut tebal dan langit yang biru itu langsung hilang tidak berbekas...tertutup kabut putih semua. Dan kita pun langsung balik ke parkiran dan segera balik menuju hotel lagi. Yah sementara itu Ferguso tetap setia dengan sepedanya, beliau gowes balik ke hotel. Jadi Maria yang mengawal di depan di jalan turunan Lembang yang lumayan panjang. Seru juga sii kalau sepedaan di jalanan menurun itu, bisa ngebut entah kecepatan berapa. Terbukti Maria malah sampe belakangan karena mobil kena macet di perempatan Lembang. Haiyaaa....
Jadi begitulah jalan2 singkat kita ke Tangkuban Perahu, ternyata lumayan lah bisa hilangin stress sedikit...hahahaha. Kagak boring juga sepedaan di PIK terus. Walaupun namanya Bandung mah kagak lepas dari kemacetan. Adalah sempat kena macet saat jalan turun dari Lembang menuju ke pusat kota, terus di tol Purbaleunyi juga lumayan padat ditambah hujan, tapi mobil2 masih bisa jalan kagak macet total. Itu sih yang penting kalau jalan2 ke Bandung tuh. Kalau udah kena macet, udah deh kapok kagak mau balik lagi. hahaha
Yaudah deh segini dulu ceritanya, sampe ketemu di cerita jalan jalan lainnya. Babayyy Ciaobella!

1. Sama waktu di Mandalika juga tuh anak2 pada berebut bantu fotoin, tapi lalu kita dipepet untuk beli gelang2nya hehe

1. wah, modus begini udah sampe ke Mandalika juga? emang cepet nyebar sih..apalagi klo udah viral