Friday, August 10, 2007

BACK TO SCHOOL

Setelah liburan sekolah usai, tibalah saatnya balik ke sekolah. Ceritanya kedua anak gua baru saja pindah sekolah dari PG&SD Insan Pertiwi ke TK&SD Mardi Waluya. Yang terakhir ini adalah ex sekolah gua waktu kecil,satu2nya sekolah swasta Katholik di tempat gua.Jadi dah lama banget sekolaannya dan termasuk favorit lah ya. Dulu tuh anak gua masuk ke Insan Pertiwi karena umurnya belom pada cukup, nyolong start ceritanya. Sementara untuk masuk ke sekolah MW itu umurnya harus sesuai(disiplin gitu deh), so gua sekolahin anak gua di IP dulu, setelah dah naek kelas baru gua pindahin ke MW. Lumayan, ngirit satu tahun kan?
Ada cerita lucu saat gua bernegosiasi SPP dengan kepsek TK tersebut. Di pintu ruang kepsek orangtua yang mau nego berkasak kusuk ria, sementara gua cuma ikutan denger kiri kanan tanpa ada keingintahuan gimana sih kalo nego SPP tuh (gua tea orang paling cuek sedunia!). Gua pikir ga banyak bedanya lah dengan sekolah yang lama, berhubung sekolah yang lama tuh disamaratakan SPPnya. Jadi kalo mau nawar2 juga paling kurang2 dikit. Males banget nawar2 begitu, emangnya beli baju di Mg2, itu mah pasti gua "sikat" habis nawarnya.hehehe. Kebetulan ketemu teman gua yang anaknya juga sekolah disitu, saling tanya2 kisaran harga (caile...emang barang). Jadi gua punya gambaran deh mahalnya seberapa, trus sempet ngomong2 juga sama suami gua yang ikut dampingin. Kita sepakat sambil bisik2," jangan lebih dari 150.000 ya". Wah, gua mantep dong bakal nawar mati2an dan ga boleh lebih dari angka segitu (malah kenalan dan family yang sekolah di jakarta bisa 4x lipat, jadi gua tenang, masih murah lah gua pikir). Setelah giliran gua, taunya apa yang terjadi? Gua juga ga nyangka si kepsek langsung tembak langsung ngomongnya begini :" Buat ibu sih ga boleh kurang dari 130.000." Lalu gua dengan pedenya ngejawab(karena dah sepakat dengan suami) : "ya udah deh 150.000 aja" (sesuai dong dengan kesepakatan!). Si kepsek sempet bengong sesaat, dan gua juga belom ngeh tuh. Lalu sambil senyum dia menambahkan lagi : "Ok d, berarti SPP 150.000 sebulan ditambah uang lain2 6.000 dan komputer 20.000".Sambil nulis di formulir kesanggupan bayar SPP. Lho, lho, lho, tau2 otak gua langsung hang, kayanya ada yang ga beres neh, apa yang salah ya?. Oalah, taunya begitu toh...Mati gua, kejebak dah. Bengong sesaat, sebelum akhirnya mengeluarkan jurus terakhir, minta nawar turunin lagi SPPnya dengan muka memelas dan alasan macem2,(pantesan dalam hati gua tuh kenapa sih ibu2 dan bapak2 yang laen tuh lama2 banget nawar SPP aja gitu loh...taunya begini kali!). Harusnya mah dibilang ga boleh dibawah 130.000, yah bilang aja 131.000, masih oke. Gua mikirnya pembulatan mulu sih, ga srek kayanya kalo ganjil2 bgitu angkanya (hehehe pengen angka cantik,kaya no.hp aja).Alhasil, cuman dikurangin 5.000 saja sodara-sodara! Jadi begitu dah kalo kblinger! Pas keluar ruangan, saking penasarannya gua langsung nguber ibu2 dan bapak2 yang nego sebelum gua dan gua tanyain satu2, taunya mereka semua jauh lebih murah.Gua doang yang mahal sendiri! Hehehe, parah banget kan? I'm not a good negosiator really. Nah, itu kan anak gua yang TK, anak gua yang masuk kelas 2 SD juga harus nego lagi neh ceritanya. Langsung dah gua serahkan tampuk negosiasi sama suami gua. Sama sih, dateng ke sekolah keroyokan, tapi yang nego tetep suami gua, karena ternyata bapak guru yang dia temuin itu adalah ex guru gua dulu. So pasti kenal lah ya...Sedangkan suami gua kan orang pendatang, dia pasti ga kenal tuh.Hasilnya, malah lebih murah dari orang2 yang gua tanya2 juga disitu. Hehehe, balance lah, subsidi silang jadinya. Yah gitu deh, pengalaman jadi ortu. Memang bener kata orangtua gua dulu, harus banyak makan asem garam (ngerujak dong!hihihi), pengalaman itu guru yang paling baik. Tapi, nego SPP kan ga tiap hari or tiap tahun toh? Resikonya yah itu tadi : paling mahal sendiri!Hidup mami funky!

No comments:

Post a Comment