Saturday, February 2, 2013

MOYAN TRIP ( Part 2 )

Lanjut lagi yahhh cerita pulang kampungnya...( padahal kampung orang lain...bukan kampung saya lohhh! hihihiiii). Lagian kampungnya yang ini mah kerennnnn, gak kayak kampung saya yang masih begitu2 aja sampe hari ini detik ini, malah tambah kusut, semrawut dan macet. Masa harus nunggu saya ikutan pilkada , baru beres tuu kampung saya? Tau kannn Yance yang maju pilkada Jabar beberapa waktu ini? itu jelasss bukann sayaa.....hahhaahhaaa, ini pemberitahuan resmi lohh, daripada banyak yang nanya, yah mending sekalian dijelasin disini. Halahhh...siapa juga yang nanya ya? Tau juga kagak itu si Yance yang mana. Yang jelas itu bukan saya! titik. ( kemiripan nama emang suka jadi sumber petaka....sigghhhh). Mau protes sama si Shakespeare nihh, yang ngomong apalah arti sebuah nama, penting tauuu! baca disini aja dah : something wrong with myname . Udahan intronya ah, kepanjangan yahh? hihihhiihi....



Jadi hari ini kita mau menuju ke Moyan / Meixian / Meizhou...pilih aja yang namanya paling familiar dah. Bingung juga gua jelasinnya, gak gitu paham soalnya. Yang jelas sih sejarahnya orang2 Hakka itu adalah pendatang dari China utara yang sedang bergejolak perang, lalu mereka ngungsi sebagai pendatang/visitor di daerah Moyan dan selanjutnya bermukim disini, makanya dinamakan Kheq Cia Ren yang artinya orang2 pendatang. Gitu sihh denger sejarahnya sekilas dari guidenya. Tapi biarpun gua sebut2 kampung, tapi yahh ampunnn...kampungnya disono tuhhh mah udah kayak kota di Indo. Liat aja nihh jalannya lebar2, rapi dan bersih. Ke Meizhou ini sekitar 2 jam perjalanan pake bis dari kota Chaozhou...tapi rasanya lama banget deh gak sampe2, karena bis disini dipatok kecepatannya gak boleh lebih dari 90 km/jam. Kalo udah biasa naek mobil kenceng, rasanya kali ini kayak naek odong2...hahahhaa. Gua yang duduk paling depannya rasanya udah pengen bantuin injek gas nya, lha wong di depan itu jalannya kosong melompong gitu (  maklum bekas pembalap, gak betah lelet2 giniihhh)....tapi teuteup gak boleh ngebut, karena di bis nya itu dipasangin alat yang konek langsung ke kantor polisi gitu, lagian begitu kecepatannya lewat dari 90 km/jam, langsung ada alatnya yang bunyi2 kasih warning. Canggih juga yaa?
 Ini pas udah masuk ke tengah kota Meizhou....udah modern yahh...walopun gedung2nya gak sampe setinggi kayak di kota2 besar, tapi tata kotanya rapi dan gua suka banget nihh model yang ada pohon2 rindangnya gini di pinggir jalan, kesannya jadi teduh dan asri.
Tempat pertama yang kita kunjungi adalah gunung Yinna, disini kita mau ke gunung teh dan temple (temple againn? yahh pastinya ...) Kayak ginilah gerbang masuknya , udah ada lampion2nya :
 Makin ke dalam, makin banyak lampionnya....meriah yahhh merah merah gitu.....serasa udah taon baru Imlek dehh..
Di gedung yang ini kita mampir makan siang dulu.....yang uniknya, di resto ini kita makan siang sambil disajikan atraksi semacam sulap gitu. Tapii, yah namanya juga lagi laper yah, mana nontonin ? Yang ada kita sibuk sama sumpit kita masing2, masalahnya adalah siapa cepat dia dapat. Yang nonton mah alamat bakal lapar, keabisan makanan..hahahhaa...maklum juga deh, kalo pergi ber group gini, sekalinya makan satu meja bareng2 cowok2 yang lagi dalam masa pertumbuhan ( kesamping...), mana hawa dingin yang bawaannya lapar mulu, wahhh harus adu tangkas di meja makan menggunakan sumpit lah. Mangkanya, gua jarang juga foto2 makanannya, belom sempet keluarin kamera, makanannya udah ludes dihajar massa....hehehehe. Info aja, total makhluk berjenis cewe yang ikut adalah 6 orang dari 68 peserta...nahh tuhhh, kebayang donggg betapa "buasnya" kalo lagi di meja makan? Mejanya kan meja puter gitu, jadi pasrah aja deh kalo udah dapet puteran yang terakhir....hihihiiihi
Disamping gedung tadi, ada love sign dari bunga2....gak dilewatin kudu foto dulu dunk disini...

Dan di dalamnya, lampion kembali bertaburan...disini tempat kita minum teh yang merupakan tradisi china yaitu nge teh.....
Nah inilah suasana nge teh di dalem situ....tehnya agak pait pait gimanaaa gitu deh, emang gua gak suka teh juga sihh....itu yang paling kiri curang yah...orang2 sibuk angkat cangkir teh, dia udah nyolong start duluan....

Abis makan siang dan ngeteh....kita disiapin mobil semacam golf car gitu buat angkut kita ke kebon teh...Oh iya, ini dekor outdoor nya lucu juga pake payung2 merah gini nih....pengganti lampion kali yaa?
Nahh supirnya udah siap nihh...tapi pada kemana penumpangnya yah? Payahh nihh, musim dingin gini tarikan sepiii, gak ada yang mo naek, dinginn kena angin soalnya. hihihihhi....
Eh suwer dehh...beneran nih naek mobil ini diangkut ke atas gunung gitu bener2 dinginnnnn banget kena anginnya......Dan nyampe atas....beginilah pemandangannya yang kata guidenya in dang dyuutt....alias indahhhh....beautifuuullll....tapi kata gua mah : biasa ajahhh! hihihiii...cakepan di Puncak Bogor kali yeee.....
Yahh , tapi masa mau protes di depan guidenya, kan kagak enak, lagian dia juga belom pernah ke puncak juga, pegimana mau bandinginnya coba? Jangankan mau jelasin, mau ngomong aja udah bingung mau pake bahasa apa....bahasa mandarin kagak bisa, bahasa inggris separo2...hadeuhhh....terpaksa manggut manggut aja pura2 setuju kalo ini beautiful...hahahaha
Yah disini sih view nya kebun teh yang dibuat terasering gitu....berundak undak dibawah kaki gunung...
Yahhh pokoknya, biarpun viewnya biasa aja, foto2 mah teuteup aja banyak ( sigghh....abis gak ada kerjaan laen selaen foto2...masa bengong2 doang? kan dinginn malihhh! ). Dibilang biasa aja, fotonya banyak jeprat jepret mulu, apalagi yang viewnya bagus ? kebayang dong bisa berapa kali lipetnya? wakakakak.....Yang gua bingung, di itinerarynya diterjemahin kalo kita bakal berjalan di kebun  teh, bau teh mendengarkan "Emmanuel Ruin" sepotong ikan mentah dan dimasak, Benediktus bekicot aura penuh, masa depan yang gemilang, legenda sihir." Nahhh tuhh terjemahannya kacau balau banget kann? Mungkin ini disadur dari isi syair2 China yang kaya makna....dan sampe sekarang gua udah pulang pun, gua masih bertanya2 : siapa sihh si benediktus itu? apakah si Benediktus dan Emmanuel bersaudara? Atau jangan2 itu nama si bekicot dan ikannya? Arrggghhh.....tau deh itu misteri yang belom terpecahkan sampe sekarang...hahahahhaa.....ini gara2 gua escape dari guidenya nih...jadi sesat dehh  
Nahh , yang ini judulnya : galau di kebon teh......emak2 ganjen diantara dua cowo jomblo...wakakakka, jadi bingung mau yang kiri apa yang kanan yahh? prettt! Ceritanya ini masing2 lagi pada mau foto sendiri2, cuman tempatnya terbatas, kagak pada mau antri, gak ada yang mau ngalah, semua pada mau duluan difoto,  gua kan paling sebel kalo foto dibelakangnya ada penampakan orang, jadilah kita pas deket2an gini di candid dalam satu frame....eh mayan juga yahh, kayak film korea....prett lagi dahh! hahahhaha
Nah, kalo mau rajin manjat sampe top of the top, beginilah viewnya.....nahh kalo disini gua akui deh lumayan keliatan bagusnya....tapi capee bo jalannya.....huh hah huh hahh....
Abis dari kebon teh, kita mampir lagi ke Lingquang Temple....( tau deh nih nulisnya bener ato kagak, soalnya dapet dari itinerarynya ). Masih di sekitar lokasi kebon teh juga, cuman di jalan sebaliknya. Duhh...jalannya lumayan jauh, dan menanjak pula.....Jalan naek dan jalan turunnya berbeda, kalo yang pas pulangnya itu banyak kios2 yang jual cendera mata, tapi kurang menarik barang dagangannya, lumayan lah ngirit remingpi jadinya.
Nyampe di temple, yahhh biasa ajaaa ...bentuk kuil gituu...gua sampe speechless mau ceritain apa, soalnya emang tempatnya biasa2 aja, tempat orang sembahyang. 
Tapi dibalik yang biasa2 itu, disini ada yang kagak biasanya juga......ceritanya didepan temple itu hiduplah dua batang pohon yang sama ( entah jenisnya apa nihh ya? ), tapi yang satu tumbuh dengan subur, sementara yang satunya mati kering. Gak tau juga penyebabnya apa. ( aaarrghhh...mungkin ada cerita sejarahnya...dan lagi2 gua kagak dengerin si guidenya ngomong...wakakakka....kasian yah guidenya kalo peserta tournya model kayak gua semua....).
Kalo gua mah yang penting foto aja dulu....ketemu bunga foto...ketemu jembatan foto...ketemu patung foto...wakakakak, biarpun tempatnya biasa aja, kan kalo ada saya nya jadi terlihat luar binasa tohh! Cuman foto lah hiburan satu2nya di tempat ini....abis mau ngapain lagi coba?
Dibawah kuil itu, ada satu taman yang lumayan bagus dan ada patung dewi Kuan Im nya....disini tuh kenapa yah bersihhhhh bangett deh, jauh dari sampah2, lalat...ataupun yang berbau2 jorok gitu. Logikanya sih gak ada sampah karena jarang orang yang mau piknik bawa2 makanan ke tempat ini pas musim dingin gini, mendingan di rumah kali yee. Kalo lalat sih gua rasa lalatnya pada gak punya jaket musim dingin, jadi mereka gak berani keliaran. hehehehe...jayuss dahh! Ada bagusnya juga yah musim dingin...bikin bersih jadinya.
Dan di pintu keluarnya, ketemu pohon2 yang warnanya merah2 gitu....serasa dimana ya? Korea? Jepang? Yahh di China atuhhh lahhh....
Akhirnya selesai juga deh muter2 di temple, kita lanjutin ke tempat yang lebih "ajaib" lagi, yaitu mengunjungi tempat bekas kediaman Ye Jian Ying ...Nahhh tuhhh, siapakah dia? Konon katanya dia adalah salah satu dari 10 jendral besar China di jaman revolusi, dan dia memang berasal dari Meizhou sini, makanya dibikinlah tempat memorialnya ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah. 
Ada yang merasa kenal sama beliau? Ternyata masih terbilang baru juga meninggalnya tahun 1986, tapi kok gua gak pernah denger yahh? hihiihiih....di sejarah indo mah jelas kagak ada, kalo di buku sejarah China yah pasti masuk lah ke dalam salah satu pahlawannya kali ya...
Jadi di tempat kediamannya ini, masih berupa rumah jaman dulu ..dimana kamar2nya isinya ranjang dari kayu gitu yang ada tempat buat kelambunya.....dan dapurnya juga masih model yang pake tunggu api...( deuh ilahhhh si boss gua tehh yahh.....kayak ginian wajib dikunjungin juga? haiyaaa....jadi kayak perjalanan karyawisata ih....abis ini disuruh bikin karya tulis dehhhh.....hahahaha).
Persis di depan rumah tadi, terlihat jalanan menuju gedung memorialnya yang di kiri kanannya ada kios2 dari kayu tempat berjualan cindera mata...tapi teuteup ajahh...barangnya gak menarik satupun..Ampun deh yah, pegimana mau berkembang yah kalo jualannya kayak gitu terus?
Oh iya, ini adalah buah jeruk yang dalemnya persis seperti jeruk bali, tapi airnya gak banyak, agak kering gitu, rasanya lumayan manis gak sepet. Daerah ini sepertinya penghasil jeruk ini dehh....banyak banget sepanjang jalan orang jualan buah ini.
Dan ini lah gedung memorialnya tampak dari jauh....kita gak sempet masuk dan liat ada apa di dalemnya, karena hari udah menjelang sore.
Sayang tuh pohon2 bunga teratai yang di air itu pada kering.....kalo pada berbunga bakal lebih bagus lagi yah...
Dan inilah gerbang keluarnya.....( soalnya kita tadi masuk gak lewat sini...). Jalannya lumayan jauh deh dari masuk sampe keluar sini.
Akhirnya udah cape keliling2, saatnya makan deh. Kita makan di resto yang menghidangkan makanan khas Hakka.....slurrrp....lagi dingin2 dan cape mah , makannya pada banyak2 deh. Langsung disikat ludes dalam sekejap. 
Abis makan, kita langsung cek in ke hotel Golden Leaf yang letaknya ada di bunderan kayak di HI gitu....tempatnya strategis banget kalo mau shopping nih...soalnya ini simpangnya banyak, mau ke kiri , ke kanan, ke tengah, ke samping, tinggal pilih dehhh.
Karena nyampe hotel udah malem, belom lagi sibuk aktipin wifi buat BBM an kasih kabar ke orang rumah ( beuhhh.....sinyal wifi disini parahhh banget lemott dan susahh! kaget kalii dateng rombongan orang indo yang semua nyalain wifinya, bandwidth nya gak kuatt!), jadi waktu shopping nya mepett dan toko2 disini ternyata tutup lebih awal.....Lagian rata2 tokonya jualan baju dingin semua sodara2...Ampunn dehhh, masa beli jaket lagiii? ( gigit gigit syal ...beli kagak....beli kagakk..sayang gak ada tokek sihh disini). Terus sepatu juga sepatu2 boot gitu modelnya. Jiahhhhh.....jadi saya harus shopping apaan nihh? Sampe hari ketiga, belom napsu buat belanja2 euy! Gawattt....masa pulang dengan tangan kosong? Apa kata dunia? Apa kata anak2 saya? Apa kata suami saya? mereka sih berani taruhan :"gak mungkin kalo Mami gak belanja....." hahahaha...Liat aja deh episode berikutnya....ciaooo
(BERSAMBUNG)

37 comments:

  1. Yang ini ceritanya sampe berapa jilid ci? Kok so hari ke2 ini biasa banget ya, tempat2nya nggak spektakuler amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang biasa biasa aja ngel...hehehehe..kan ke kampungggg

      Delete
  2. Hmmmm ini kaga jalan kaki kaya difoto sodara, berati masih kota.. Ya gt dah kalo ke china, kuil, istana, shopping

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paling cuman shopping ajaa hiburannya wi....tempatnya masih agak kota lahh

      Delete
  3. kayaknya aku pernah ke tempat yg lebih desa daripada ini ci, ampe wifi di hotel aja kaga ada hahahaha...

    kalo ke china pas musim dingin emang di toko2 banyakan jual baju musim dingin ya... tp dulu aku ke china lumayan sih dapet bbrp baju yg belom ngetrend di indo hehehehe... ngetrendnya beberapa bulan kemudian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah mel...susah cari baju yang kepake di indo nihh....kudu ngoprek2 sampe ke pojok

      Delete
  4. Yaaa, tempatnya menarik tapi menarik yang gitu-gitu aja ya, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya sih ko....gak menarik at all...hahahha...boring banget dehh disini

      Delete
  5. Hai, bagus ya bersih tempatnya..pdhl byk yg blg di cina jorok, wcnya gmn bersih gak?
    tp sepi2 aja kliatannya, biasa liat poto org tour kan rame bgt di tpt wisatanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wc nya sihh teuteup agak jorok gitu viol....tempat ini emang gak rame, cuman rombongan kita doang yang dateng ke sini..wakakakka...

      Delete
  6. Meski kata mami tempatnya gak begitu wow, tapi bersihnya itu loh, ngiriiiii~

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal kebersihan boleh dipuji yah na....patut dicontoh nihh

      Delete
  7. yg gunung yinna g ga pergi , g pergi tmp laen yg lbh menarik kaenya ha2
    yg rmh jendral g dikasih tau tuh tp ga mau stop , soalnya museum jadi pd ga tertarik wahahaaa (dasar org asia)
    tau dah g htl lu itu , deket bunderan ga jauh dr tmp g

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh ven....boss gua demennya ke kampung2 gitu...ke tempat2 sejarah...halahh bikin bosen ajaa.

      Delete
  8. jeruknya bentuknay mirip kayak pear ya yan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya man...persis buah pear....tadinya waktu belom tau, gua kira itu pear raksasa...hahahha

      Delete
  9. ini pergi nya kapan mam? Kok uda kayak suasana sincia ya hahaha, lampion2 sama payung yg digantung2 itu cakep serasa di Cina banget *eh ini emg di cina ya?* hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal2 januari pi....hahaha..serassa di glodok tauuu..

      Delete
  10. Waha, memang pemandangannya cakepan di Indonesia banyak yang lebih keren kalo dari alamnya. Tapi kalo dari pengelolaan tempat wisata bagusan disana ya Mi tuh kaya dewi kwan im nya itu katanya bisa bersih gitu, kalo di Indo patung" kotor berserak dimana-mana, tidaaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget sra....pemandangan di indo sebetulnya juga banyak yg indahhh...tapi kurang diurus..jadi gak maju dehh pariwisatanya...sighhh, tugas nya siapa tuh ya? klo saya mah bagian promosi aja...hehehe

      Delete
    2. Kebersihan tempat pariwisata kadang" abu-abu mungkin Mi.. Pemda bilang itu tanggung jawab kementrian yang mengurusi pariwisata, sdangkan kementrian bilangnya itu tanggung jawab pemda karena wilayahnya dia.. Kurang kokrdinasi mungkin? hmm

      Delete
  11. biasanya ngiri kalo cici jalan2, sekarang ngga deh. hahahaha. paling ngiri sih yang ke Jepang ituu.mau bangettt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sihhh..yang kali ini mah kagak bikin sirik sama sekali yah? hahahhaa....tour kali ini cuman "asal2an" ....

      Delete
  12. kalo saya tetep sirik sama yang suka jalan-jalan ke luar indo
    kan saya belum pernah :( *nangis di pojokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cep cep cep....sabar neng...nanti ada rejeki langsung deh jalan2 keliling dunia

      Delete
  13. itu dapurnya mantap amat
    persis punya simbok aku di kampung
    hhehehe gak kalah kan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mas .....dapurne sama kayak di jawa yak? hehehee

      Delete
  14. viewnya asyik2 yah. #bukan personya loh. upss.. :)

    salm knaal ^^

    ReplyDelete
  15. Hai mami, mampir sini krn baca moyan. Dulu papa gw yg orang khek, pernah cerita soal moyan. Jd penasaran itu resto haka nya menunya apa aja? Biasa andalannya ikan tim yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu mar dah mampir kesini....iyah resto haka andalannya ikan tim sepertinya (hahahhaa...maklum tau2 udah dihidangin, kagak pesen sendiri...jadi kurang tau juga sihh..hehehehe)

      Delete
  16. Tournya lengkap ya...,mulai dari jalan-jalan mpe kuliner...,mantap...,lam kenal ya...,

    ReplyDelete
    Replies
    1. lam kenal juga....tengkyu dah mampir kesini

      Delete
  17. Moyan gua pikir nama pengarang, tahunya nama kota. Thanks nambah wawasan nih. Biarpun kampung tapi infrastruktturnya udah bagus ya, kalau dulu kan sering denger cerita kalau kampung2 di China jorok mengerikan, ternyata gak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya beberapa tahun belakangan ini disana udah berkembang pesat el...insfrastrukturnya bagus...jadi biarpun bukan kota besar, masih setara dibandingin Jakarta pinggir atau kota2 besar Indo

      Delete
  18. pemandangan yang indah.,., seru banget tuh

    ReplyDelete