Sunday, January 27, 2013

JALAN JALAN KE MEIZHOU / MOYAN ( PART 1 )

Uhhh laaa laaaa...
Perasaan pinggang belom lurus ....kaki juga belom lempeng, ehh gua dah harus packing2 lagi nihh. Tapi gampangg lahh, packingnya buat diri sendiri kok , gak pergi sama pasukan gua soalnya. Kali ini mau jalan2 gratis judulnya, tentunya dibayarin sama Santa Claus gua donggg...( a.k.a my boss ...hehehe...long live the boss!! ). Hmmm...terdengar gua seperti orang yang paling beruntung? Maybe I am.....but you don't know the story behind it.....seperti yang selalu gua bilang :" penuh perjuangan , penuh dengan keringat dan air mata darahh..." Wewww lebayyyy...itu kantor atau neraka sihh? wakaakakak...Pokoknya, gua mah selalu bersyukur deh setiap taon diajak jalan2 begini...soalnya yang diajak kan cuman "orang2 tertentu", yang emang udah dipecut sepanjang taon buat kerja "lebih" dari karyawan yang gak diajak...Nahh tuhh...masih merasa paling beruntung? ( mulai galauuuu....). Pilih mana? Yahhh, pilih dipecut ajaa dahh, yang penting gratisss jalan2nya...hehehehe ( ketauan matrenya! ).

Trus, kemana nih jalan2 taon ini? Kalo taon lalu ke Jepang ( baca disini : Japan is sumthin ),  taon ini cukup ke kampung halamannya boss gua aja ( bagai bumi dan langit dwehhh ...hik hik hiks ). Biarin lahh...gak apa2 ke kampung juga, yang penting judulnya kan luar negeri ( gigit gigit kuku....garuk garuk kepala...narik napas panjangg..sighhhh ). Hahahaha, pokoknya kemana ajee deh boss mau bayarin jalan2 gratis, gua mah manut aja.  As long as you pay me lahh dan justru gua merasa sedikit beruntung, si boss gua yang "ajaib" itu selalu mengajak kita ke tempat2 "ajaib" pula, yang kagak setiap orang mau pergi. hahahaaha, tuuh kann, betapa gua bakal lebih punya pengalaman yang ajaib juga akhirnya. Lumayan banget kan buat nambah koleksi foto2 gua ...hehehhee



Ceritanya kampung halamannya itu adalah Moyan ....hahh? dimana tuhhh? ....hadeuhhh, gua sampe amsiong lohh googling ini tempat, dimanaaa? dimanaaaa? dimanaaa? Udah nanya ke Ayu Ting2 juga sama aja jawabannya : kagak tau...meneketehe! Ditambah lagi dikasihnya alamat palsu, udah dehh...kelaut ajee!
Duhhh, apalagi pas nerima itinerary perjalanannya, tambah bikin males2an buat ikut. Bayangin ajaa, kita naek pesawatnya dengan tujuan Guangzhou airport, dan bakal dilanjutin naek bis selama 6,5 jam, itu pun baru nyampe kota yang namanya Chaozhou. Sekilas info, Chaozhou itu adalah cikal bakalnya budaya/orang2 Tiociu. Moyan ato Mei Xian  sendiri yang sekarang berganti nama menjadi Meizhuo ( cikal bakalnya budaya/orang2 Hakka/ Kheq ), masih 2 jam lagi dari Chaozhou. Busettt! Ini mah bener2 perjalanan penyiksaan! Padahal sebenernya kalo mau naek pesawatpun bisa, cuman 1 jam doang dari Guangzhou naek pesawat lokal. Haiyaaa...ini sih bakalan kayak ke Yogya bawa mobil aja lahh.... hahahaha. Nyaris gua kirim email aja ke boss : "Dear boss, boleh gak saya tuker paket jalan2nya sama mentahnya aja ( tuker jadi duit aja gituu maksudnya...)." Tapi gak jadi dingg, ntar taon depan ke Korea atau Eropah ( lagi ngimpiii ), dia dendam gak mau ajak gua lagi.Wewwww....kaco dahh kalo gitu sih! Yasud...dijabanin aja dehh ( bersama dengan 68 orang lainnya yang ikut, terdiri dari 4 perusahaan dalam 1 group ).

Perjalanan Jakarta-Guangzhou ditempuh sekitar 4,5 jam dan sedikit ngaret waktu perginya. Padahal Garuda gituu loh, international flight pulaa, masih aja pake delay2 setengah jam lebih. Trus jadwalnya nyampe di Guangzhou jam 3 an ( disana 1 jam lebih cepat ), tapi alamakjannnnn...itu yang namanya antrian imigrasi China, berhasil mengalahkan antrian Dufan Indonesia lohh! Panjaaaanggg dan lama banget. Ternyata penyebabnya kemungkinan adalah pemeriksaan yang sangat sangat sangat ketat buat orang2 negro, item2 dan african gitu dehh ( sedikit rasialis kali yah disono ). Karena yang antri barengan sama kita tuh kayaknya satu pesawat dari afrika gitu deh, item semua orang2nya , ratusan pula. Pegimane kagak lama malihhh! Satu2 diliatin, suruh buka jaket, diteliti dokumennya. Hadahhhh, bikin kita yang antri jadi galau, pindah2 jalur gak jelas. Lari2 ke ujung kirain konter baru dibuka, taunya ketipu, jadi balik lagi ke antrian yang sebelumnya dan menempati posisi paling belakang lagi. Haiyaaa...cemennn!
Dan yang lebih edannnn adalahhh : saat gua lagi jalan ke pintu keluar, gua disetop sama polisi bandara dan disuruh masuk ke jalur karantina. Ohh my God..apa2an nihh?...padahal gua lagi jalan beriringan sama temen2 gua, cuman agak kepisah sihh emang, gara2 sibuk aktifin wifi buat BBM an ( dasarrrrr sok exist sihh! ), jadi tuhh di depan gua diselak sama orang2 item afrika or something like that lahh. Jadi beloklah gua ke jalur itu tanpa temen2 gua seorangpun sadar kalo gua tuh "kesandera" disini. huhuhuu. Trus koper gua disuruh dibuka dengan nada kasar dan muka yang kagak sopan banget deh tuh polisi. Belom tau dia berhadapan dengan siapa? Gua kutuk baca mantera bisa jadi kodok lu! hahahahaa....sentressss!

Dannn, dia ubek2, ketemulah sepatu boot gua yang gua taro di koper, dan dibongkarlah dan dicopotin ajah tuh sol dalemnya. Kutu kupretttt! Itu sepatu boot baru gua belom pakeee yang kemaren beli di Jepang, udah maen dicopot2in ajeee solnya. Emang lu pikir gua tampang pengedar narkoba kaliii yaaa! Donggg dongggg...Segala macam umpatan udah gua sebutin di dalem ati...mulai dari kebon binatang dan segala macem makhluk alam lain....wewww, sebellll bangett ihh! Dan tau dong kalo gua preman di kampung gua ...hahhhh? appaa? gak tauu? Jadi belom tauu kalo gua preman? yahh sebaiknya dari sekarang pada tau deh yahh...hahahhaa, jadi tuh polisi gua pelotoin sepanjang waktu itu, tanpa sekejapun kedip saking marahnya gua sama dia, udah kayak artis sinetron yang melotot sampe biji mata mau keluar rasanya. Gua kagak takuttt! Kurang ajaar gak sihh kayak begini perlakuannya? Ini termasuk pelecehan bukan sihh? Masa tampang gua yang biarpun gak kece, gak cakep, jauh dari cantikkk, tapi kira2 dongggg. Masa dikirain kriminal! Duhhhh sejuta hujan badai petir buat entu polisi dahh!

Begitu dia gak nemuin yang dia mau, udah gitu aja dia suruh gua jalan lagi. Najongggg! gua harus ngadu kemana nihh kayak beginian? Biarin dehhh gua mengumpat di blog gua panjang kali lebar sama dengan luas...puass mampuss! hahaha. Jadi sambil membereskan koper gua, tangan mah nutup restleting koper, mata gua teuteup melototin tuh polisi beserta teman2nya. Bahh! Kalo gua bisa mandarin cuman satu kata doang yang tiba keinget di otak : Sakuahhhh! Geregetannnn jadinya geregetannn ( gaya Sherina....beuhh)...Kenapa harus guaaaa? kenapa selalu gua yang suka ngalamin hal2 aneh gini sih? God plisssss.....Gua dendam banget rasanya...awas kalo dia dateng ke Jakarta!!! Tapi pegimana caranya ya? Perasaan muka mereka sama semua gituu! Lupa difoto sihh tadiii... hahahahha....parahhh dahhhh.

Nah kayak gini dehh penampakan Baiyoun airport di Guangzhou...
Nahh, akhirnya kita berhasil keluar dari imigrasi sekitar jam 5 an sore dan ini jalanan depan terminal kedatangan tempat kita naek bis. Rapiiii dan bersih, jalanannya lebar pula, gak keliatan antri, macet, ribet, ruwet atau apa yahh? Beda banget deh kalo nyampe di Soeta, terasa langsung kusut merisut kumuh dan semrawut. Tapiii, paling gak orang Indo pastinya lebih ramah lah dibandingin polisi yang nyebelin ituu tadi.
Dann, perjalanan penyiksaan pun dimulai. Kita naek bis dari airport menuju ke hotel Baohua di Chaozhou sekitar 7 jam an karena berenti2 di peristirahatan jalan tol dan berenti buat makan malam juga. Alhasil kita nyampe di hotel sekitar jam 1 pagi. Ampunnn dehhh capenya, mana dinginnn banget malem ini, nyampe di kamar heater belom jalan, mau mandi dingin banget, kagak mandi perasaan lengket udah seharian di jalan. Jadi jam 1 pagi itu masih harus bongkar koper dan mandi. Hadeuhh, abis itu tepar dehh sampe pagi. Kayak gini lah hotelnya :
Ini lobby dan kamarnya :
Pagi2 jam 7 udah morning call dan kita langsung siap2 untuk sarapan. Dan beginilah view dari jendela kamar hotel , kota Chaozhou di pagi hari .
Lanjuttt......Abis sarapan, kita langsung menuju ke Museum Porselen dan ruang pameran keramik. Gua heran bangett dehhh, jauh2 perjalanan naek bis sampe 7 jam an, ehhh yang diliat kok keramik? Di Jakarta juga ada kalihhhhh keramik di Pinangsia Glodok sonoh? huahhhhh.... capcap puyunghay naek bajaj! Ternyata baru tau nih gua, kalo Chaozhou itu terkenal sebagai kota keramik nomor 1 di dunia ( hahhh? apa mereka mengclaim sendiri yah pernyataan itu?). Terus terang sih gua mah baru tau ( kurang membaca nihh emanggg! ). Eh pantesan juga, sepanjang jalan liat rumah dan ruko2 sampe hotel, semuanya dikeramikin loh dindingnya. Busettt dahh...rajin amat nempelin satu2 gitu yahhh...jadi kesannya bangunannya jadul2 deh!
Yahh tapi ini kan bedaaa, bukan keramik biasa kata Syahrini mahh, melainkan : "sesuatu banget!" hahahahha
Nahh yang ini kali nih yang bikin Chaozhou jadi tersohor, di dalam museum ini ada pahatan keramik / porselen ( atau  malah granit nihh? )berupa lukisan sepanjang 45 meter yang udah dicatat di Guiness book of record. Gak tau juga sebagai kategori apaa, pahatan keramik terpanjang kali yah! Maklumm dehh, si guide mah ngoceh2 menjelaskan, gua mah ngider2 keliling buat foto. wakakakak....Kan biasa juga gitu, kameramen sama reporter kan 2 orang berbeda, nah kalo blogger kudu merangkap ya...reypott juga nihh kalo harus kasih live report.
Ada sejarahnya nih..tinggal baca aja sihh....gampang kann
Kayak gini deh ruang pamer keramiknya....
Ada piring raksasa juga disini...dan gua paling suka yang di sebelah kiri itu, setumpukan patung2 kecil berbentuk orang  berkostum tradisional cina yang mungkin terdiri dari orang2 penting dalam sejarahnya cina kali ya....
Kita gak lama kok di tempat keramik itu, paling 1/2 jam aja udah bosen banget. hahahha....Abis itu malah dibawa ke tempat shopping yang satu toko isinya barang2 keramik semua. Udah dehh, malah kanclep disini hampir 1 jam kali. Aduhh lucu2 banget pernak pernik perabotan dapur dan rumah dari keramik. Ada tea set keramik, mangkok, sumpit, piso, guci air, yang semuanya terbuat dari keramik. Pengen beli sihh..tapi pegimana bawanya ya? Bakal ribet lah sepanjang jalan jagain tuh keramik supaya jangan pecah. Aya2 wae, ntar jalan2 malah setress jagain keramik. 

Abis itu kita menuju ke Han Wen Gong Temple....Dibilang temple, tapi ini bukan tempat ibadah satu agama tertentu, tapi ini sebagai memorial building yang dibangun 1000 tahun lalu buat mengenang Han Yu seorang sastrawan yang dibuang ke Chauzhou oleh kaisar pada jaman dinasti Tang.. Ini gerbang masuknya :
Templenya sendiri ada di atas, harus naek tangga lumayan banyak...abis kuil yang keliatan ini, masih ada kuil lagi di atasnya itu loh
Nah ini dia kelenteng yang paling atas....dan ada patungnya yang gua rasa ini dia si Han yu itu. hihihiiihi...gak bisa bacanya sihh huruf kanji gitu.
Wahhh gak nyesel naek cape2 ke paling atas sini...view nya mantap surantapppp ! Terliat samar2 di sebelah kiri deretan kuil yang membentuk jembatan yang disebut  Xiangzi bridge, yang bakal kita datengin abis ini.
Jadi jembatan Xiangzi ini adalah jembatan buka tutup yang pertama kali di dunia, artinya di tengah2 jembatan itu ada sambungan 18 buah perahu yang begitu ada perahu atau kapal yag hendak lewat, maka perahu2 itu akan dipindahkan untuk memberi jalan. Jembatan ini dibangun pada jaman dinasti Song. 
Semakin dekat semakin keliatan deretan bangunan seperti kuil2 kecil yang membentuk jadi sebuah jembatan.
Taraaa...begini deh pas udah di depan mata....bagus juga yahhh jembatannya. Antik aja dan cuman ada di Chauzhou sini. Gak rugi juga ke sini deh...( mengakui akhirnya...kalo disini lumayan bagus ..hehehehe ). Mau menyeberang itu kita harus beli tiket sekitar RMB 50 loh. Mahal juga sih, pake harus jalan kaki pula..Kan jauhh..
Dan di depan loket jual tiketnya, gua capture aja gambar yang ada disitu, wihhh kalo foto promosinya cakep benerr yah diambil dari atas...
Sebelah kanan itu adalah 18 buah perahunya...gak sempet itung sih? Ada yang kurang gak ya? Misalnya lagi diservis karena bocor atau lagi nangkep ikan dulu gitu? hehehehe. Nah perahu2 ini yang bisa dibuka ikatannya dan perahu2 yang mau lewat jadi bisa lewat deh.
Gua udah nyampe di tengah jembatan buka tutup Xiangzi.....ninggalin jejak dulu donggg...cissss!
Setelah kita menyeberang jembatan, kita dihadapkan pada pemandangan tembok kota kuno dari dinasti Ming dan juga jembatan Greatwall kecil. 
Begitu masuk ke dalamnya lewat pintu gerbang di depan itu, kita akan nyampe di kota kuno Lao Cai Jiadi Lane, jadi sepanjang jalan itu rumah2 kuno yang sebagian berjualan cindera mata, obat2an dan tokonya bentuknya dan dagangannya sederhana semua. Gak napsu mau belanjanya. hik hik hiks. 
Tapi yang namanya shopping mah, teuteup aja yah, walopun barangnya kurang menarik bagi gua, tapi ini toko lampu sampe diserbu lohhh sama group kita, sampe kewalahan yang ngelayaninnya, mana ribet juga ngomongnya pake bahasa kalkulator dan bahasa tarzan, yang penting you know i know lah. Itu lampu2 tidur ada yang dari keramik , ada juga yang dari plastik, emang sih bentuknya lucu2 dan unik. Gua sih males belinya, kalo tidur mending gelap2an, daripada pake lampu tidur beli di Cina...takut konslet bo! hahahaha
Lebih ke dalam lagi, kita akan ketemu Kuil Kaiyuan, bangunan yang tertua di kota itu dan bersejarah sekitar 1.200 tahun. Di dalam kuil itu sampai sekarang masih ada biksu yang tinggal disitu.

Yahh, akhirnya semakin sore semakin dingin, kita di lepas di kota tua ini mah setengah jam juga udah bosen banget. Sementara acara bebas dikasih 2 jam. Aduhh, menyiksa juga yah dingin2 disuruh shopping yang gak menarik. Males belanjanya, barangnya gak bagus2. Akhirnya, setelah selesai liat2, kita naek mobil listrik yang tersedia di depan gerbang itu buat dibawa ke tempat parkir bis rombongan kita. Abis itu lanjut deh makan malam. Duhh ini judulnya all you can eat model Hanamasa, Paregu gitu kali yahh....tapii rasanya yah es te de be ge te sajahhh! Udah gitu, di meja kita gak berani nambah daging, karena kalo nambah daging kena charge, jadi yang dipesen berulang2 yah mie lagi mie lagi. capcay kucay dahhh! Gak ngerti bahasa, gak ngerti pesennya. Mana udah cape pula. Untung sih ketemu yang anget2, jadi lumayan mengembalikan mood.
Ahh... hari pertama di Chauzhou belom ketemu yang oce mariceh buat dibawa pulang nihh....sementara besok udah mau cek out menuju Moyan. Malem2 keluar lagi sebentar buat liat2 dan cari bakmi, udah muter2 sekeliling tanya2 pake bahasa tarzan, gak ada yang ngerti juga. Cape ahhh, akhirnya cari sendiri ketemu deh warung bakmi, tapi begitu pesen kok dagingnya kenyal2 gak jelas. hahahahaha....Trus toko2nya juga udah pada tutup. yahhhh...gigit jari deh di Chauzhou, lumayannnn remingpi nya masih utuh nih...hehehhee
( BERSAMBUNG )

47 comments:

  1. Makasih ya Mba postingannya. Jadi tahu Moyan. Kirain tadi somewhere di jawa tengah. Hihihi.. :D
    Kotanya modern ya dan jalannya juga bagus. dan obyek wisatanya juga digarap serius.
    Trip-trip kek gini emang jarang dilakukan ma orang-orang ya. Seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii..iya Dan, itu si Moyan banyak yang belom familiar namanya..ternyata emang kotanya rapi dan modern

      Delete
    2. Wahahaha sama, aku kira semacam desa di Jawa gitu mi :P
      Asik dong jalan jalan terus
      Semoga taun depan ke Eropa hihihi

      Delete
    3. iya Na, kamu juga jalan2 mulu tuhh..hehehe
      siapa tau ketemu di Eropa yahh kita? ( maunya dongg ?)

      Delete
  2. wah bos lu mah ok banget yan, tiap taun dikasih jalan2 keluar negeri gitu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man...termasuk baek hati sihh yaa kalo gitu..hehehe, bersyukur deh gua

      Delete
  3. Asikk banget ci jalan2 mulu. 68 orang itu banyak loh. Baek amat boss nya mau bayarin 68 orang. Hihihi...

    yaa...sayang amat sepatu bootnya. ga apa2 lah. demi... demi jalan2. huahahha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...asik banget tia....cuman sepatu boot gua jadi korban nihh..

      Delete
  4. baru tau luh ke mOyan
    ha222 , bgs kan Moyan ? kemaren g kesana makan2 lumayan enak tuh .
    dr GZ ember kurleb 6 jam naek bus .
    kampung boss lu di Chauzhou ? g baru tau ada kota itu
    kemaren g sih nginep di Meizhou di Ramada HTl , mie nya enak luh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua kan baca postingan elu ttg Moyan tuh Ven , karena emang lagi cari info kesana, cuman sayang gak ke Tulou....makanannya emang enak2 yah, kayaknya tambah gemuk nihh gua.
      boss gua di Moyan kampung halamannya ven..bukan di Chaozhou, ke Chaozhou tuh cuman mo liat Xiangji bridge doang.

      Delete
  5. Di tunggu lanjutannya..
    Mungkin dari bahasa perlu juga di pilih yang dominan antara Indonesia-ingris. biar keren banyakin yang Inggris biar bule pada baca..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dah mampir ya di....lagi dipikirin bahasanya, karena inggris saya gak jago2 amat sihh..hehehe

      Delete
  6. ciciii..hahahaha.. mungkin karna tampang cici preman jadinya polisi2nya cegat cici.. hahah.. etapi itu gak sopan banget! maaen bongkar barang orang, plus ngerusakin. ak klo jadi cici bakalan ngoceh maki2 pake bhs indo biar mreka gak ngerti! hahahah..

    jadi dihari pertama, beli keramik2 ama lampu2 gitu gak ci?

    poto temen2 kantornya gak ada ni~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha,...bener juga the, karena dikira preman sihh ya, jadi disetop deh gua..prittt! kena semprit dah!
      pengen sih ngoceh2, cuman lagi sendirian gak berani juga nantangin polisi bandara euy..
      akhirnya beli mangkok keramik the....duhh setress juga takut pecah bawanya..
      sssttt....foto2 temen kantor harus disortir nih, takutnya ada foto boss gua kan gawat....hahahahah

      Delete
  7. Waah, asyik jalan-jalan gratis gitu, huahahaha...

    Btw, jadi inget perjalananku ke Guangzhou tahun 2010 nih. Dulu aku naik Garuda juga dan nggak telat loh. Tapi dulu pesawatnya yang Boeing 737 tuh (jadi kecil, yang kursinya 3-3). Denger-denger akhir ini udah ganti pake yang gede ya? Hmmm...

    Dulu berarti hoki ya aku. Imigrasi di Guangzhou-nya lancar jaya, huahaha. Ngantri gak lama, gak pake ditanya-tanya, dan ga dipanggil petugas rese loh, haha.

    Tapi yang petugas itu bukannya memang gitu ya dimana-mana? Kan petugas keamanan gitu dan mereka mencegah penyelundupan barang2 terlarang kan? Kadang emang random sih jadi ada yang dipanggil ada yang enggak, hmmm. Temanku pernah dipanggil gitu lho di Norwegia dan harus diperiksa gitu ada kali setengah jam...

    Anyway, jembatannya keren ya itu! Bentuknya kuil-kuil gitu!! Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk juga kalo gratis yahhh...klo suruh bayar sendiri harus mikir2 dulu sih..hahahha
      Garuda sekarang udah pake Airbus 320, duduknya 2 4 2..lega duduknya, makanannya juga enak2 .
      apes aja deh ketemu petugas rese, matanya suntur kali....atau emang aku harus intropeksi diri : punya tampang preman, laen kali harus senyum2 ramah gitu kali ya...hehehehe
      iya keren yah jembatannya ....

      Delete
  8. It's my gradparents hometown. Jadi ketauan deh org apa... Hahhahhaha
    Emg sih ga semua org mau ke Moyan dan aku jg ga tau moyan itu bahasa kerennya apa. Sampe ke tour bilang, iya kita mau pada ke Moyan ne. Kata org tournya : Moyan itu kota apa y? Dan akhirnya jg baru tau taon kemaren klo moyan itu adalah meixian, pdhl dr kecil denger itu mulu.

    Ditunggu ci part selanjutnya, bakal kasih liat mami ne blog suruh baca. Mudah2an segera bisa terwujud acara plg kampung ke grandparents hometown

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wi, moyan jadi meixian..jadi meizhou sekarang....ribet juga ganti2 nama yah.
      hahhha...blog aku dipromosiin ke mami kamu deh yah,apalagi kalo baca postingan berikutnya,lebih bahas ke kampung2nya loh.
      biar pada semangat pulang kampungnya....semoga cepet kesampean dehh ya

      Delete
  9. huah...cici... tripmu banyak sekali hahahaha.. gratis pula...

    kasurnya keras ga ci? dulu aku ke cina kasurnya keras, jadi bobonya ga nyenyak hahahaha... dan memang, org cina tuh kasar2, ga cuma polisinya doang sih kayaknya... dulu beli dompet di pinggir jalan, itu dompet langsung dilempar gitu ama penjualnya hahahaha... jutek jutek dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bener Mel...orang china kebanyakan suka kasur keras yah? gak kayak orang indo yang springbed pake per gitu....
      emang kalo belanja disono kudu "gahar dan gak butuh2 banget", kalo gak sama aja harganya mahal gak bisa ditawar murah

      Delete
  10. Huaaaah.. Bosnya baik banget yaaaah.. Tiaptahun pasti ada acara jalan2 ke LN-nya.. ^^

    aku mupeeeeng pingin kesanaa.. Pingin foto2.. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. baek karena udah dipecut be...hahahaha, eh tapi bener sihh emang baek...kalo gak aku gak diajak lohh

      Delete
  11. ih si mbak yang ini jalan jalan mulu deh ...
    sekali sekali ajak aku dong mbak xixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan2nya gratis, jadi susah nolaknya dea...
      aku ajak kamu ke Monas aja dehh ya? hihihihiihi

      Delete
  12. Mamie .. Enaknya jalan2 terus, dibayari lagi (Iri mode ON) .. Itulah enaknya kalau kerja dapet bos yang baik .. Kalau aku kerja sendiri ya semua bayar sendiri hahhaha .. Tapi gapapalah .. Semua harus disyukuri .. Selamat jalan2 ya MAMIE ..

    God Bless You ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh itulah do...alasan aku masih bertahan kerja....ada yang gratis2nya siihh...yah disyukuri aja deh ya

      Delete
  13. gw juga ngeri tuh kalo di bandara ampe dicegat polisi bandara apalagi bandara china, kesannya aja udah nyeremin banget.. ngomong ga bisa, cuma bisa pasrah hehhee...

    gede banget rombongannya.. bonus tahunan kantor lo bentuknya jalan-jalan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah random gitu nyegatnya bikin serem ajaa, tapi kalo kita gak salah kan yah gak apa2 sihh.
      biasa deh xiao...rombongan sirkus...wakakakak
      jalan2 sihh salah satu cara boss "ngambil hati" anak buah nya lahh...

      Delete
  14. waaaa cici asik sekali :) ga apa lah ci, setahun di pecut tapi dapet jalan2 gratis ci hehehe daripada uda di pecut ga ada jatah jalan2 gratis pula..

    Aku baru tau loh daerah moyan hahahaha ga kenal nenek moyang, berantakan garis asalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya me...harus tahan pecutannya utk dpt gratis jalan2nya...hehehe
      Moyan emang nama yang kurang populer untuk sekarang ini yahh...jangan kan kamu, aku juga udah gak jelas ketturunan ke berapa...wkaakakak.

      Delete
  15. wah,tapi tetep aja ya Mi keluar negeri.. Dan Gratis..Hueheh
    Tapi Seru juga ye ngomong pake bahasa tarzan ama kalkulator.. hehe
    Mantep dah, ditunggu lanjutannya Mi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sra, biarpun ke kampung, yang penting kan di luar negeri yahh...hahahhaa
      seru sih nawar2, apalagi ketemu yang galak...kita balas pake bhs indo kan dia gak ngerti, bales omelin lagi...heheheh

      Delete
  16. Gue baru tau ada kota namanya Moyan. Kayak nama makanan aja. Eh elu pergi pas lagi dingin2nya dong ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moyan sodaraan sama Moci maksud nya le? hehehehe...iya gua aja baru tau itu adalah cikal bakalnya orang2 kheq/hakka, makanya ternyata banyak orang indo kesana mengunjungi leluhurnya loh...
      dinginnya pas lagi dingin2nya katanya...tapi pas pulang ini, bilangnya di China sekarang lagi puncaknya dingin..bingung juga gak ada patokannya...

      Delete
  17. yaelah...
    kirain moyan di suhunan kalo pagi pagi
    ternyata jalan jalan ke china
    tapi suer keren
    apalagi poto modelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahhh mass...itu fotomodel trubus

      Delete
    2. kok trubus sih...
      kirain flora fauna...
      haha...

      *sambil panci

      Delete
  18. kayanya bulan2 lalu baca posting veny soal moyan2an sekarang liat lg disini hahaha...
    tpt kerjanya bidang apa sih ci bisa tiap th jalan2 gratis gitu, asuransi yah? hahaha biasa kan yg suka jalan2 asuransi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannn fel...sayahh bukan orang asuransi..hahahhaa...kalo baca postingan2 gua sebelomnya, pasti tau dibidang apa..( jiahh...kayaknya cocok nihh buat pertanyaan give awayy nanti yahh...hehehehe)

      Delete
  19. Serunya :) enak ya punya bos seperti bos nya mamie funky. Selamat menikmati liburannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuhh boss saya lumayan baek lahh ( hallahhh masih pake lumayan ...), baik lah pokoknya ( biar di ajak ke eropa nanti...hahahha)

      Delete
  20. Kalo diajak jalan2 gratisan mah diterima aja ya ci, aku pun juga mau kalo jalan2 gratisan. Baru pertama kali denger nih si Moyan.
    Itu jembatan cakep bener deh! Kalo museum keramiknya sih malesin hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh ngel....ngikut aja dah gratis mah...
      emang malesin banget ke museumnya ...untung masih ada jembatan yang cakep itu...

      Delete
  21. Ci, ada pergi ke Jieyang (Rongzheng) ndak? saya lagi cari info nih mau ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada...( soalnya gak ada kan di postingan saya...hehehe ). memang ada apa disana?

      Delete
  22. Ci, nanya dong…waktu itu ke moyan pakai travel apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah udah 10 tahun lalu, udah lupa juga pake travel apa. soalnya kalau pergi sama kantor, terima beres. kecuali pergi sama keluarga, semua urus sendiri pasti inget..hahaha

      Delete