Saturday, January 18, 2014

ROAD TO CRUISE

Seperti yang waktu itu gua bilang, kalo pertengahan Januari ini gua bakal diajak jalan-jalan lagi sama my Santa Claus, maka saatnya udah di depan mata nih. Kemana kali ini jalan2nya? Ahh gak jauh-jauh kok, cuman naek kapal pesiar aja di seputaran Singapore - KL. Sighhhh....udah kagak boleh complain mengeluh kok cuman begitu doang jalan2nya? Kurang cetarr gimanaa gituu yaa. Segini aja udah harus bersyukur deh. Sebenernya bakal lebih bersyukur lagi sih kalo kapal pesiarnya yang ke Eropa dan negara-negara barat sono yah , atau jangan naek kapal pesiar, tapi jalan-jalan aja ke Eropa #ngelunjak *minta ditimpuk duit segepok  .... hihihii.....



Yah namanya aja orang ndeso diajak naek kapal pesiar, gua kagak ada persiapan sama sekali nih. Makanya bingung mau ngapain, mau siapin apa ( yang jelas mah siapin duit dunk! ) . Sebelomnya udah browsing2, kagak nemu informasi yang tuntas setajam silet.  Tsahhhhh! Adanya cuman sekilas-sekilas doang infonya, jadi gua pergi ini bener2 agak gelap deh gak tau bakal kayak apa perjalanan kali ini. Maklum deh semuanya diurusin sama panitia dan agen tour, gua mah malas terlibat.

Begini deh kalo pergi tanpa si Papi....bener-bener buta itinerarynya. Kalo sama si Papi kan dikupas tuntas, kalo yang ini gua terima jadi aja dah, cuman bawa diri aja...soalnya puyeng juga soal baju dan kostum yang mau dipake di atas kapal pesiar kayak apa sihh? Perasaan gak ada guidance nya nih, jarang ada yang foto-foto di kapal pesiar yah. Susah ih googlingnya. Makanya hopeless deh, mau pergi udah pusing duluan. Jangan sampe gua salah kostum nih, berabe urusannya.... hahahhaa

Yah ini sih gua copy in  semua informasi dari agen tour kita tentang  persiapan dan hal-hal yang perlu diperhatikan kalo ada yang mau naek kapal pesiar. Mudah-mudahan berguna yaa. 


ROYAL CARIBBEAN INTERNATIONAL (RCI)
HAL-HAL PERHATIAN /   PRECRUISE CHECKLIST

IDENTIFIKASI  DOKUMEN  PERJALANAN.
Mohon passport difotocopy bagi yang akan turun di port klang, karena passport asli akan disimpan dikapal.

PAKAIAN.
Bawalah pakaian secukupnya sesuai dengan lama pelayaran Anda. Pakaian santai di siang hari dan lebih lengkap dan sedikit formal di malam hari.
Wajib dibawa 1 setel jas/kemeja lengan panjang+dasi (atau batik lengan panjang) untuk bapak, dan gaun malam/setelan celana panjang formal untuk ibu. Jangan lupa bawa sepatu formal untuk malam hari dan sepatu santai (walking shoes) untuk siang hari.

DRESS CODE
Pakaian untuk pagi dan siang hari adalah bebas dan santai, saat turun ke darat (shore excursion) pakailah “walking shoes” yang nyaman untuk berjalan. Untuk makan malam “Dress Code” dengan sepatu formal bukan sandal atau sepatu olahraga, dibagi dalam 3 kelompok yaitu:
CASUAL (rok atau celana panjang untuk wanita, celana panjang dan kaus berkerah/sport shirt untuk pria); SMART CASUAL (stelan blazer dan celana panjang atau gaun untuk wanita, jas+kemeja untuk pria tanpa dasi atau batik lengan pendek); FORMAL (cocktail dress atau gaun malam untuk wanita dan jas berdasi atau tuxedo untuk pria, atau batik lengan panjang/National Dress). Setidaknya bawalah 1 setelan FORMAL, untuk acara makan malam resmi bersama Kapten kapal.

DILARANG MEMBAWA
SENJATA TAJAM atau benda-benda explosive/bubuk atau cairan kimiawi dan mudah terbakar, SETRIKA, PENGERING RAMBUT, perangkat radio walki-talkie,  minuman keras sendiri.


NAMA KAPAL: MARINER OF THE SEAS

NAMA PELABUHAN:
Singapore
Pier Terminal
Marina Bay Cruise Centre Singapore (MBCCS)
61 Marina Coastal Drive, Singapore

ARAH MENGEMUDI / Driving
Take exit 17A – Marina Place / Marina South / Central Boulevard. Turn left to stay on Marina Place. Turn right at Marina Boulevard. Slight right to continue along Marina Coastal Drive. Drive past Marina South Pier (on your left) and the Marina Bay Cruise Centre is the next building on the left.

TIBA DI DERMAGA / PELABUHAN
Pastikan bahwa bagasi Anda sudah dipasang dengan TAG BAGASI yang berisis informasi nama dan nomor cabin, sebelum Anda memberikannya kepada Porter Kapal. Jika Anda memerlukan tag bagasi tambahan, tunjukkan cruise ticket atau SETSAIL PASS Anda ke Porter Kapal di dermaga sehingga mereka dapat menyediakan TAG BAGASI tambahan. Jangan pasang tag bagasi dari cruise sewaktu check in di airport, karena kemungkinan di sobek / dicabut pihak airlines.

PENTING:  Pastikan Tiket SetSail dan Paspor atau bukti dokumentasi penting lainnya,  barang-barang berharga Anda, dan obat-obatan, ada di dalam HAND CARRY  dan tidak di dalam koper atau bagasi.

PROSES CHECK IN SEBELUM NAIK KAPAL
Tunjukkan Setsail Pass, passport dan kartu kredit yang akan di pakai.
Setelah proses check in dan pendataan selesai, Anda akan diberikan SEAPASS CARD, yang akan berfungsi sebagai tanda pengenal, kunci kamar dan alat pembayar di kapal. Proses pengambilan pasfoto secara electronik juga dilakukan untuk SEAPASS CARD. Passport biasanya akan di tahan pihak kapal dan dikembalikan pada malam terakhir di kapal.

Jika tidak memiliki kartu kredit (KK), sewaktu check in Anda diminta menyerahkan uang deposit  + - USD.300/orang, yg sisanya akan dikembalikan jika tidak terpakai sewaktu check out nanti. (diserahkan ke receptionist di DECK 5). Bagi yang tidak mempunyai kartu kredit harap lapor ke Sumitro/Alie segera karena uang deposit akan dipinjamkan dari perusahaan.

CRUISE HEALTH DECLARE
Silahkan isi form ini, dibawa dan diberikan kepada counter check in staff pada saat proses check in di dermaga. Form ini berlaku untuk setiap peserta yang akan ikut dalam cruise ini. (Terlampir untuk diisi dan harap dibawa saat cek in.

IMIGRASI SINGAPORE
Sebelum memasuki kapal, Anda masih harus melalai petugas imigrasi Singapore, jangan lupa untuk mempersiapkan dan mengisi kartu imigrasi Singapore. Bisa diambil pada waktu turun dari dari pesawat dan pengisian di bandara Changi karena formnya sama.

PENGAMBILAN PAS FOTO UNTUK ID KUNCI KAMAR / KEY CARD
Sebelum naik kapal, foto diri kita akan diambil dan di sinkronkan dengan kunci kamar magnetic, dengan alat yang mirip mesin ATM.

BAGASI  DAN TAS TENTENGAN
Ship Baggage Tag / sticker nama untuk di bagasi, yang diberikan, berisi nama dan nomor cabin anda, mohon dipasang di koper / bagasi masing-masing sewaktu check-in di pelabuhan laut keberangkatan / pier, bukan di bandara/airport.

BOARDING
Boarding time atau waktu check in tercantum di dalam SETSAIL PASS. Kapal masih harus menyelesaikan proses imigrasi dari penumpang sebelumnya yang sedang turun kapal. Anda diminta menunggu jika check in terlalu awal. 
Jika Anda telah selesai boarding dan masuk kapal, namun kamar belum tersedia karena masih dibersihkan, santap siang tersedia di WINDJAMMER CAFE (deck 11).  Disetiap kota perhentian, mohon Anda tepat waktu, dan kembali ke kapal 2 jam sebelum SAILING (waktu yang dipakai adalah jam kapal. 

SAFETY DRILL
Hari pertama check in, semua penumpang wajib mengikuti DRILL selama ±30 menit (latihan penyelamatan di laut untuk situasi gawat darurat), perhatikan lokasi berkumpul penumpang yg berbeda-beda sesuai kode di KEY CARD / Kunci kamar.


CASHLESS
Semua pembayaran dikapal tanpa uang kontan/cash, gunakan KEY CARD kamar Anda yg berfungsi ganda sebagai alat pembayaran dan kartu identitas. Bawalah KEY CARD kemanapun Anda pergi, juga sewaktu turun kapal dan check-out.


CRUISE COMPASS / DAILY SHIP NEWS PAPER
Penting untuk membaca selebaran/koran harian dikapal, yang dikirim ke cabin Anda setiap malam, agar kita tahu berbagai acara sepanjang esok hari di kapal, seperti acara demo masak, belajar dansa atau bahasa, seminar tentang kesehatan, wine tasting, today special food, film, musik, pertunjukan, dlsb. Di TV kamar juga ada channel khusus tentang acara hari ini disiarkan setiap pagi.



FASILITAS TELEPON DAN INTERNET DI KAPAL
Jangan memakai telp yang di kamar, sangat mahal dan bayar sendiri.

TRAVEL ADAPTER
Bawa adaptor/plug/ colokan listrik dari 2 pipih/gepeng (USA) ke bundar panjang (Europe/Indonesia), atau bawalah International adaptor converter serba guna.

MATA UANG yang digunakan di kapal pesiar adalah USD, semua harga yang tercantum dalam USD

LAUNDRY Disemua kapal Royal Caribbean, Laundry adalah berbayar

SHORE EXCURSION / OPTIONAL TOUR  DECK 5
RCI juga menjual berbagai macam pilihan tour tambahan sewaktu acara turun dari kapal. Anda bisa daftar di Shore Excursion desk dikapal minimal sehari sebelumnya. Biaya sendiri, tidak dibayar perusahaan.

MINUMAN
yang termasuk adalah air/es, teh/es, kopi, susu dan juice waktu santap pagi. Minuman bersoda (softdrink), air mineral dan minol (minuman beralkohol) tidak termasuk. Air ledeng dingin di kamar (tap water) bisa diminum.
Batas usia untuk mengkonsumsi MINOL adalah 21 tahun.
Di Pool Deck, pada jam tertentu, tersedia Ice Cream, pizza, burger/hot dogs.

MAKANAN
DECK 11
Makan pagi dan makan siang umumnya adalah BUFFET STYLE / prasmanan, di WINDJAMMER CAFE
DECK 5-4-3
Untuk santap malam "a la carte" dengan 3 pilihan menu di Main Dining Room, sesuai dengan jam yang telah dibooking, di table yang sama setiap malam, mohon hadir tepat waktu, atau table Anda bisa bisa diberikan kepada orang lain, karena terlambat dan dianggap tidak hadir.

ROOM SERVICE
Jika Anda menghendaki untuk bersantap di kamar, pelayanan selalu ada siang dan malam.
Namun room service diantara tengah malam dan jam 5 pagi, akan dikenakan biaya pelayanan extra sebesar +-USD.5 per pengiriman, yang akan ditagih ke rekening kamar Anda.

SHOPPING (DECK 5)
Berbagai boutique dan toko cendera mata bebas bea baru dibuka 1 jam setelah kapal di perairan internasional. Juga kadang disediakan obralan ala kaki lima untuk berbagai souvenir seharga +-USD 10/piece.

MEDICAL SERVICE (DECK 1)
Poliklinik dengan dokter jaga dan perawat, tersedia di kapal. Tapi biaya pengobatan dan perawatan tidak gratis, bahkan mahal. kecuali untuk P3K saja.

TIPPING.
Sudah termasuk dan dibayar di dalam cruisefare Anda. Jika Anda memesan minuman extra di bar, biaya pelayanan (tipping) sebesar 15% secara otomatis sudah ditambahkan kedalam harga minuman. Namun jika Anda merasa pelayanan yang diberikan luar biasa, terutama dengan HOUSE KEEPING atau WAITER/WAITRESS yang melayani Anda di dining table, uang persen tambahan idak diharamkan.


GUEST RELATION DESK / RECEPTIONIST (DECK 5)
Buka 24 jam, untuk menjawab semua pertanyaan Anda jika ada. Sebaiknya malam sebelum check out, Anda sudah membereskan semua rekening/bill yang ada, guna menghindari antrian panjang check-out di pagi hari.

CHECK OUT LUGGAGE TAG
Sehari sebelum check out, kita akan dibagikan luggage tag baru (biasanya dikirim ke kamar), yang berbeda warna dengan group lain atau peserta lain, berdasarkan jam yang kita minta untuk check-out.  Informasi ini diketahui oleh pihak kapal berdasarkan data yang kita berikan sewaktu ONLINE CHECK IN, atau questioner yang harus kita isi dan kembalikan dan kita konfirmasikan kembali ke pihak kapal via RECEPTIONIST.

Peserta diminta untuk meletakkan BAGASI/KOPER di muka pintu cabin masing-masing, malam hari sebelum check-out, sebelum jam  11 malam atau waktu yang diumumkan oleh pihak kapal. Kelalaian melakukan hal ini akan mengharuskan Anda untuk membawa turun bagasinya sendiri sehingga memberatkan. Anda hanya membawa turun HAND CARRY masing-masing. Itulah salah satu kegunaan membawa HAND CARRY.

BON VOYAGE – Selamat menikmati pelayaran Anda. 

                                                                                                   
DECK DETAILS
DECK 1
·         MEDICAL FACILITY
·         SHIP STORAGE
·         GANGWAY TO DISEMBARK WITH TENDER BOAT

DECK 2
·         WINDOW CABIN
·         WINDOW CABIN WHEELCHAIR (KURSI RODA)
·         SAVOY THEATER
-       Free seating dan free of charge
-       Acara : live performance, acrobat, drama musical, sulap
-       Pertunjukan dengan 2 gelombang : 6PM dan 8PM
-       Kapasitas : 1.362 orang (2 lantai)
·         CONFERENCE CENTER (ALASKA / BERMUDA / CARIBBEAN / EUROPE)
-       Ruangan Alaska dan Bermuda bisa digabungkan, Caribbean terpisah sendiri
-       Ruangan Europe biasanya untuk keperluan imigrasi kapal
·         SCREENING ROOM
-       Digunakan untuk mini bioskop dengan film-film terbaru
·         BOARD ROOM
-       Bisa digunakan untuk meeting

DECK 3
·         WINDOW CABIN
·         SAVOY THEATER
·         DRAGON’S LAIR
-       Lounge untuk karaoke
-       Malam dijadikan diskotik
·         STUDIO B – ICE SKATING RINK
-       Dibuka untuk umum dan free
-       Ada tempat penyewaan sepatunya
-       Bisa digunakan untuk acara meeting (area es bisa discover dengan panel), harga sesuai request
-       Digunakan untuk acara Ice Skating Show, pembagian penonton sesuai cruise compass kapal
·         ROYAL CARIBBEAN TV (RCTV)
-       Area yang menangani dan memantau langsung acara dan tayangan yang ada di TV cabin
-       Area khusus untuk kru kapal saja
·         ART GALLERY
-       Area pameran lukisan
-       Lukisan bisa dibeli sesuai harga yang tertera
·         PHOTO GALLERY
-       Area tempat memajang foto-foto penumpang kapal dari berbagai acara (foto dengan Dreamworks Character, foto dengan Kapten, foto di dining room, dll)
-       Jika berminat, bisa beli fotonya, tersedia frame dan paket foto, harga sesuai list
-       Tidak masalah jika hanya mau melihat-lihat saja tanpa ada transaksi pembelian
·         DINING ROOM : RHAPSODY IN BLUE

DECK 4
·         SAVOY THEATER
·         THE GOLDEN ROOM
-       Area khusus untuk member VIP Casino Royale
·         SCHOONER BAR
-       Tempat untuk bersantai
-       Ada live performance music dengan piano dan gitar
-       Tersedia aneka menu minuman, harga sesuai list
·         CASINO ROYALE
-       Tempat untuk bermain kasino
-       Menggunakan uang tunai
·         BOLEROS LOUNGE
-       Tempat untuk bersantai
-       Ada live performance music dengan piano dan gitar
-       Tersedia aneka menu minuman, harga sesuai list
·         SOUVENIR SHOP
-       Menjual berbagai souvenir dengan logo Royal Caribbean
·         CENTRUM
-       Area lobby dengan Grand Foyernya
·         DINING ROOM : TOP HAT AND TAILS


DECK 5
·         LOTUS LOUNGE
-       Kapasitas : 308 orang
-       Biasa digunakan untuk acara kapal
-       Bisa digunakan untuk meeting group (sesuai request)
-       Ruangan bernuansa asia modern
-       Bisa beli minuman, harga sesuai list
·         CONNOISEUR CLUB
-       Tempat untuk para perokok
-       Menjual rokok dengan merek biasa
-       Menjual cerutu dengan berbagai macam merek terkenal
·         CAFÉ PROMENADE
·         ROYAL PROMENADE
-       Area shopping center dan cafe
·         COACH STORE
-       Khusus menjual brand Coach
·         RETAIL SHOP :
-       SOLERA                           : BRANDED COSMETIC
-       WIG & GAVEL                  : LIQUOR & CIGARETTE SHOP
-       REGALIA                          : LUXURY WATCH
-       IWC SCHAFFHAUSEN   : LUXURY JEWERLY
-       OTHERS SHOP               : BRANDED WATCH, SWAROVSKI
-       BAG & ACCESSORIES : MICHAEL KORS, BURBERRY, GUCCI, PRADA, GUESS
·         GUEST SERVICE COUNTER
-       Tempat penerangan / resepsionis
-       Tempat untuk penyelesaian tagihan
-       Buka 24 jam
·         SHORE EXCURSION COUNTER
-       Tempat pemesanan tur dari kapal
·         DINING ROOM : THE SOUND OF MUSIC

DECK 6
·         NEXT CRUISE COUNTER
-       Tempat pembuatan member
-       Bisa cek nomor member juga
·         INSIDE CABIN
·         INSIDE PROMENADE CABIN
·         WINDOW CABIN
·         FAMILY WINDOW CABIN
·         BALCONY CABIN
·         BALCONY WHEELCHAIR CABIN (KURSI RODA)
·         JUNIOR SUITE CABIN

DECK 7
·         LIBRARY
-       Area perpustakaan
·         CARD ROOM
-       Tempat untuk bermain kartu
-       Kartunya disediakan ataupun bisa bawa kartu sendiri
·         INSIDE CABIN
·         INSIDE PROMENADE CABIN
·         WINDOW CABIN
·         FAMILY WINDOW CABIN
·         BALCONY CABIN
·         BALCONY WHEELCHAIR CABIN (KURSI RODA)
·         JUNIOR SUITE CABIN

DECK 8
·         ROYAL CARIBBEAN ONLINE (INTERNET CAFÉ)
-       Ada paketnya jika mau pakai internet, harga sesuai list 
·         INSIDE CABIN
·         INSIDE PROMENADE CABIN
·         WINDOW CABIN
·         FAMILY WINDOW CABIN
·         BALCONY CABIN
·         ROYAL FAMILY SUITE CABIN


DECK 9
·         CONCIERGE CLUB
-       Lounge khusus untuk tamu yang tinggal di Grand Suite – Royal Suite cabin, para pemegang member peringkat Diamond Plus dan Pinnacle Club
-       Pagi tersedia continental breakfast menu dan evening drinks
·         INSIDE CABIN
·         INSIDE WHEELCHAIR CABIN (KURSI RODA)
·         WINDOW CABIN
·         FAMILY WINDOW CABIN
·         BALCONY CABIN
·         JUNIOR SUITE CABIN
·         ROYAL FAMILY SUITE CABIN

DECK 10
·         INSIDE CABIN
·         INSIDE WHEELCHAIR CABIN (KURSI RODA)
·         BALCONY CABIN
·         JUNIOR SUITE CABIN
·         JUNIOR SUITE WHEELCHAIR CABIN (KURSI RODA)
·         GRAND SUITE CABIN
·         OWNER SUITE CABIN
·         ROYAL SUITE CABIN (PENTHOUSE)

DECK 11
·         SPA CENTER
-       Pelayanan spa sesuai paket, harga sesuai list
·         FITNESS CENTER
-       Harus menggunakan baju dan sepatu olahraga
-       Semua alat free dan dapat digunakan
·         PEEK A BOO BRIDGE (BISA MELIHAT DARI KACA : AREA KEMUDI KAPAL)
·         WHIRPOOL
·         SWIMMING POOL
·         SOLARIUM BAR
-       Bar dekat kolam renang
-       Free, bukanya dari siang jam 1 sampai jam 8 malam
·         POOL BAR
-       Bar dekat kolam renang
-       Free, bukanya dari siang jam 1 sampai jam 8 malam
·         SEA TREK DIVE SHOP
-       Toko menjual barang-barang keperluan diving dan renang
·         BOARDWALK DOG HOUSE
·         OUTDOOR GIANT MOVIE SCREEN
-       Menayangkan film-film terbaru box office
·         WINDJAMMER CAFÉ
·         CHOP’S GRILLE
·         GIOVANNI’S TABLE
·         PLAZA BAR

DECK 12
·         SPA CENTER
·         FITNESS CENTER
·         SKY BAR
-       Bar di open dek
-       Harga minuman sesuai list
-       Viewnya dapat melihat ke seluruh area main swimming pool
-       Dapat juga menyaksikan film yang ditayangkan di giant movie screen dari sini
·         JOGGING TRACK
·         ROYAL BABIES & TOTS NURSERY ROOM
-       Untuk layanan penjagaan bayi (6 bulan – 2 tahun)
-       Harga sesuai list / paket
·         THE LIVING ROOM (TEENS ONLY)
-       Lounge tempat remaja berkumpul (12-17 tahun)
·         VIDEO ARCADE
-       Seperti timezone mini
-       Harga sesuai permainan yang dipilih
·         ADVENTURE OCEAN
-       Untuk layanan penjagaan anak-anak (3-17 tahun)
·         JOHNNY ROCKET
·         FUEL TEEN DISCO
-       Diskotik untuk remaja
-       Tidak ada minuman keras, hanya ada soft drink, soda, dan air putih
·         THE BACK DECK
-       Bagian paling belakang kapal
-       Bisa melihat view laut lepas tanpa halangan terkena sekoci

DECK 13 (aktivitas olahraga harus menggunakan baju dan sepatu olahraga)
·         ROCK CLIMBING WALL
-       Free untuk panjat tebingnya
-       Anak-anak harus ditemani oleh orang dewasa
-       Batas umur tertera di age restriction board
·         SPORT COURT
-       Free, dapat digunakan seharian untuk aktivitas olahraga (basket, tenis, badminton)
·         IN-LINE TRACK
-       Untuk anak-anak harus ditemani orang dewasa
-       Free dan ada tempat penyewaan sepatunya
·         MARINER DUNES GOLF COURSE
-       Putting golf dengan 9 hole
-       Alat-alatnya free

DECK 14
·         CLOUD NINE ROOM
-       Tempat berkumpul dan bersantai
-       Kapasitas : 30 orang
·         SEVEN HEARTS ROOM
-       Tempat berkumpul dan bersantai
-       Kapasitas : 27 orang
·         DIAMOND CLUB
-       Lounge khusus bagi pemegang member Royal Caribbean dengan peringkat : Diamond, Diamond Plus dan Pinnacle Club
·         ELLINGTON JAZZ CLUB
-       Lounge dengan live performance lagu-lagu dan music jazz
·         VIKING CROWN LOUNGE
-       Kapasitas : 252 orang
-       Lounge untuk bersantai dan minum (harga sesuai list)
-       Diiringi live music dengan aliran akustik dan jazz


DECK 15
·         SKYLIGHT CHAPEL
-       Kapasitas : 39 orang
-       Bisa digunakan untuk acara meeting biasa
-       Bisa dgunakan untuk acara paket wedding (harga sesuai list)


RESTAURANT DETAILS

·         DINING ROOM (DECK 3, 4, DAN 5)
-       Set menu
-       Setiap meja dilayani oleh Head Waiter dan Assistant Waiter
-       Menu makanan free mulai dari appetizer, main course, dan dessert
-       Ada menu tertentu yang bayar, harga tertera di menunya
-       Minuman free : ice water, kopi, teh
-       Minuman bayar : soda / soft drink, wine, beer, pure juice, request kopi seperti espresso, coffee mocha, coffee latte, cappucino
-       Jam makan dibagi dalam 2 gelombang : 05.45PM dan 08.15PM
-       Rhapsody in Blue (nuansa biru marun) : 735 orang
-       Top Hat and Tails (nuansa merah marun) : 502 orang
-       The Sound of Music (nuansa ungu marun) : 544 orang
·         CAFE PROMENADE (DECK 5)
-       Buka 24 jam
-       Makanan free (mini croissant, pizza dengan 3 pilihan rasa, mini cake, mini sandwich, mini mousse dengan 3 rasa pilihan, jelly, pudding, cookies, mini fruit cup)
-       Minuman free (ice water, teh, kopi, susu)
-       Ada tersedia menu kopi Starbuck (harga sesuai listnya)
·         ICE CREAM PARLOR
-       Ben N Jerry’s ice cream (harga sesuai listnya)
-       Mariner Bubble Tea (harga sesuai listnya)
·         WINDJAMMER CAFE (DECK 11)
-       Free (tidak dikenakan biaya)
-       Grand buffet (prasmanan) dengan berbagai macam pilihan menu makanan internasional
^ Thirst Quenchers : bagian minuman (air putih, teh, kopi, lemonade)
^ Fresh from The Garden : bagian salad dan buah potong
^ The Market Carvery : bagian menu utama seperti daging, ikan, nasi, sayur, pasta, aneka telur, makaroni
^ The World Kettle : bagian sup dengan 3 pilihan rasa
^ Sweet Corner : bagian kue, puding, cookies, jelly, pancake, waffle
^ Daily Dairy : bagian sereal, susu, yoghurt, aneka keju, aneka ham
-       Buka seharian dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam, dengan jam tutup hanya 1,5 jam (persiapan ganti menu dari bfast ke lunch, lunch ke dinner)
·         JADE BUFFET (DECK 11 – DI DALAM AREA WINDJAMMER CAFE SEBELAH DEPAN)
-       Free (tanpa dikenakan biaya)
-       Buffet dengan menu lebih ke Asia
-       Tersedia bubur, dimsum dengan 2 pilihan rasa, sushi, soto sayuran
·         CHOP’S GRILLE (DECK 11 – DI DALAM AREA WNDJAMMER CAFE SEBELAH KANAN)
-       Reservation fee : USD 30 / orang (akan dicharge ke sea pass card pemesan)
-       Dibuka untuk dinner saja
-       Kapasitas : 80 orang
-       Menu : Steakhouse Fine Dining
-       Menu makanan free (appetizer boleh 2 kali pesan, main course 1 kali pesan saja, dessert boleh 2 kali pesan)
-       Minuman free : house water / air putih, teh
-       Minuman bayar : mineral water (Evian, Capa Cabana, Equil), wine (sesuai listnya), beer (sesuai listnya)
-       Pemesanan bisa dilakukan di website 3-2 minggu sebelumnya dan menggunakan kartu kredit untuk pembayaran
-       Pemesanan bisa dilakukan di tempatnya langsung sehari sebelumnya atau melalui telepon kamar, jika mau batal, harus info dalam waktu 24 jam, jika kurang dari 24 jam maka akan dikenakan charge 50% dari total harga pemesanan
·         GIOVANNI’S TABLE (DECK 11 – DI DALAM AREA WINDJAMMER CAFE SEBELAH KIRI)
-       Reservation fee : USD 30 / orang (akan dicharge ke sea pass card pemesan)
-       Dibuka untuk dinner saja
-       Kapasitas : 88 orang
-       Menu : Italian Fine Dining
-       Cara pemesanan sama dengan Chop’s Grille
·         BOARDWALK DOG HOUSE (DECK 11 – DEKAT AREA KOLAM RENANG)
-       Free (tidak dikenakan biaya)
-       Menu : sosis, hotdog, roti panggang dengan aneka topping
-       Buka : siang (1-3PM), malam (7-9PM)
·         JOHNNY ROCKET
-       Coverage charge : USD 5
-       Menu : hamburger, french fries, sandwich, hotdog, salad
-       Minuman free : ice water, selain ice water : harga sesuai list
-       Buka : pagi (10AM) sampai malam (8PM)


 Nahhh, lengkap banget kan tuhh informasinya ???? Apa ikutan puyeng kayak gua? hahahaha, ini kok mau jalan-jalan malah jadi ribet urusannya ya? Kudu ngapalin segitu banyak informasi bisa mabok dah. Yahhh, balik lagi.... namanya aja dibayarin jalan-jalannya, yah nurut a'e lah. Kalo disuruh bayar sendiri, rasanya mikir2 dulu ....selaen bayarnya mahal, kok yah males aja wisata di atas kapal tuh ngapain aja yaaa? Ngebayanginnya sih gak ada seru-serunya gitu.

Nihh coba aja bayangin fasilitas2 di kapal antara lain :
- Kolam renang >>>>> udah pasti gua gak bakal bisa menikmati fasilitas ini....gua kagak rela lah ditontonin ribuan massa lagi ngambang-ngambang kayak tokai ikan paus terdampar gitu...wkwkwkkwk....Jadi udah pasti fasilitas ini dicoret dari daptar gua.

- Casino >>>> walopun dulu-dulu gua bercita-cita jadi Queen of Gambler ( prett! ), tapi rasanya yang ini juga bakal gua skip deh. Masalahnya adalah : gak kuat modalnya boss! wakakkak...tau sendiri dong, di atas kapal semua dalam kurs USD yang sekarang lagi tinggi2nya sekitar Rp.12.000....Lagian gayanya kayak yang bisa ajaaa! Justru gua kan belom pernah nih masuk kasino buat maen ( kalo longok-longok doang mah udah pernah ), kepengen dong cobain. Tau deh...liat sikon dulu. Siapa tau my Santa Claus mau modalin gua nih....*berdoa siang malem....wkwkwkwkwk

- Spa >>>> ahhh gak minat deh spa-spa an...muka udah sepa! ( eh salah bahasan yaaa? ). Pokoknya males aja kali begini-beginian....tapi kalo sampe gretong, hmmm....bisa dicoba sih....

- Fitness Center, sport club >>> malessss! hahahaha


- Diskotik / Bar >>>> hmmm....gua bukan anak dugem, jadi kalo pun masuk kesini bakal bingung mau ngapain. Yang ada bakal puyeng masuk ke ruang remang2 kerlap kerlip....blahhhh!

- Ice skating ring >>> Jiahh apalagi ini yaaa...udah keberatan badan, bisa gedebak gedebuk jatoh mah lumayan juga. Hmmm....tapi kepengen cobain sihh....ahhh liat nanti aja deh.

Tuhhh semua rata-rata diskip...makanya males bangettt kann! Hahahaaa.....Ujung2nya pasti gua maen di area restoran aja deh....nyicip2 yang gratisan aja. Kan ada eskrim gratis, pizza gratis....Wokeehhhh kann tuh!

Okayy dehh, tunggu aja laporannya nanti yahh.....Babayyyy
( Langsung ngacir packing2.....besok mau ke airport jam 4 subuh...duhhhhh berdoa jangan banjirrrr! Ini hari Sabtu di sebagian Jakarta udah kerendem banjir....Yaolohhhhh! )

18 comments:

  1. Dulu aku pertama kali naik cruise itu pake Royal Carribean, seneng banget ci, karena makanannya enak-enak dan banyak aktivitasnya. Setelah itu naik Star Virgo dan kemaren Costa, masih lebih bagusan Royal Carribean kemana-mana. Cuma waktu itu kamarnya agak tua.

    Bawa buku ci, kalo cruise enaknya leyeh-leyeh, santai-santai. Pokoknya liburan ala orang bule lah, yang menikmati hidup.

    Jangan lupa bawa jaket, karena biar di daerah tropis, angin laut kenceng dan di dalem kapal biasanya dingin.

    Have fun ci!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ternyata fun juga loh ngel.....gua sih enjoy banget disini

      Delete
  2. Hahaha, aku belum pernah naik cruise nih. Ternyata panjang bener ya informasinya, segitu banyaknya!! Hahaha :P .

    Btw, cruise-nya gak bakal singgah di beberapa tempat gitu?

    Have fun ya! Mudah-mudahan cruise-nya cetar membahana, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhh gak sampe membahana sih cetarnya ko....hahahhaa

      Delete
  3. waaah, lengkap banget infonya. jadi pengen juga, hihihi. have fun ya, ditunggu laporannya :D

    ReplyDelete
  4. Ahhh.. Kapan yah nyobain liburan pake cruise :D Kmren nonton Mega Food di NatGeo jadi mupeng. Makanan2nya keliatan enak bangett slrpp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bener py, baru diulas tuh ya manage makanan di kapal pesiar gitu...hebatt yahhh

      Delete
  5. Ah aku ping9in banget naik kapal pesiar cruise beginian tapi ngebayangin harga nya aja dah minder :-( di tunggu liputan nya kakak, pingin bisa nenggok dalam nya

    ReplyDelete
  6. komplit bener ini
    mayan bisa dijadiin referensi kalo pengen naik kapal pesiar
    *tapi ongkosin ya mie... :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahhh mas rawins mah minta ongkos...minta yang laen aja lahhh

      Delete
  7. Keluarga gua pernah naek cruise *minus gue* kata adek gua sih enak ya santaaiii
    Lu kapan balik, gua tunggu postnya ah, gua malah pengen nge cruise tp blom kesampean

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah balik kok viol....tapi lagi males bawaannya...hahahha

      Delete
  8. wowww.. banyak juga ya ternyata, saya tunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  9. Saya patut bersyukur dan mengucapkan terima kasih, atas tulisan yang anda buat, terutama Cruise dengan Marine of the seas. Karena nanti bulan January 2016 tgl 18-22, saya dipercayai dan mendapat mandat sekaligus tugas untuk memimpin rombongan 80 orang peserta. Saya banyak belajar dari tulisan yg anda buat. Semoga kebaikan anda mendapat pahala dari Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  10. hai, makasih informasinya hehe. disana ada free wifi ga ya ? makasih.

    ReplyDelete