Friday, February 13, 2015

NYERAH!

Holaa....akhirnya gua mengudara lagiii....( penyiaarrr radioo keleuss! ).Iyah nihh, belakangan ini gua sibuukk banget . Sibuk apahan sihh? Sibuk nyongkel-nyongkel tanah di halaman rumah buat nyari batu akik...Gilaa yaa demam batu akik ituu sesuatuuu banget! Ngalahin berita banjir Jakarta! *mulai keluar lebaynya...hihihihi. Yahh abisnya nonton tipi beritanya batu akik mulu, sampe ada daerah yang mewajibkan seluruh karyawannya harus pake perhiasan batu akik. Bahhhh! Batu apahan sihh yaa sampe segitunya amat. Makanya gua harus gali tanah nihh dihalaman belakang, kali-kali aja nemu sebongkah gede. Lumayan kan buat nambah-nambahin beli bunga atau kadoValentine sendiri....*kode buat si Papi. Modus ngarep.com


Trus apa kabarnya yang kemaren kebanjiran? Semoga pada bae-bae aja yaa. Airnya udah surut dan udah balik normal lagi, walopun jalanan malah jadi gak normal, lubang segede-gede gaban mulai nongol dimana-mana, bikin macetnya nambah *tepok jidat! Nahh sementara stop dulu bahas banjirnya yaa.... Ada yang lebih penting daripada itu. Apahan tuhh? Emang di blog sini ada yang penting apaa ya? *mikir..selama ini gua nulis apa aja yaa, perasaan semua kagak penting. hahahaha...

Gua mau cerita kalo anak gua yang gede udah mau masuk SMA, terus yang kecil mau masuk SMP ( tuhh, penting kann?! ). Teruss, gua harus bilang WOWWW gituu? *ih udah gak jaman bilang begitu mah. Hadeuhh, itu teh ceritanya kita salah perhitungan banget, masa punya anak pas selisih 3 taon gituu! Lhaa...kemana aja Bu? Masa baru sadar sekarang?? Yang ada yahh potel pala Barbie lahh, yang satu lulus SD, yang satu lulus SMP. Ntar 3 taon ke depannya lanjut lagi : yang satu lulus SMP, yang satu lulus SMA mau kuliahh. Arrgggghhhhh...*mau pingsan!

Terus banyak yang bilang juga :' Wihh enak yahh, anak lu udah gede-gede. Gak repot lagi." Hmm...menurut ngana? Soal repot gak repot mah udah pernah gua posting disini : Anak Jaman Sekarang...jamannya gua menjadi mahmud ( mamah2 mudaaa ...tsahhhh! ) . Gua juga berpikir yang sama, nanti kalo anak-anak gua udah gedean pasti udah gak repot lagi, bisa napas lega. Tapi ternyata? Napas leganya mah sedikit doang, kebanyakan sihh sesak napasnya. Wkwkwkwk....makin gede makin pusing pala Barbie.

Balik lagi ke topik anak gua mau masuk SMA, sebenernya sihh proses daftar-daftar SMA nya itu udah berlangsung di bulan November tahun kemaren. Ck ck ck...gila yaa jaman sekarang mah, anak sekolah perasaan baru masuk kelas 3 SMP tahun ajaran baru di bulan Juli, eh bulan Oktober - November udah harus test buat masuk SMA tahun depannya plus udah harus bayar-bayar uang pangkal pula...*makanya harus rajin macul tanah nyari batu akik! hihihii.... Perasaan kalo jaman gua sekolah dulu itu kita ikut ujian EBTANAS dulu ( semacam UN kalo sekarang mah ), begitu bulan Mei, baru deh sibuk ikut test buat ujian masuk ke SMA. Jadi yakin lah pasti lulus SMP  nya. Lhaa kalo jaman sekarang??? Setahun dimuka udah harus ikut test masuk dan setor uang pangkalnya dulu macam beli properti aja, di DP in dulu. Terlebih lagi sekolah-sekolah favorit, berlomba-lomba buka pendaptaran di awal dan pasti lebih memprioritaskan lulusan dari SMP group sekolahnya lah ya. Sementara yayasan sekolah anak gua kan cuma menyediakan sekolah sampe SMP doang, otomatis SMA nya harus pindah.

Nahh, secara si Alvin itu bukanlah orang yang rajin..a.k.a pemalas, maka gua yang jadi orangtuanya pegimana gak deg-deg an, gimana gak ikut senewen menjelang dia mau test ujian masuk SMA itu. Dia kan type yang santai-santai kagak pernah belajar, tapi  merasa semua pelajaran itu gampang gak ada yang susah. Ditambah lagi urusan gua beliin gadget waktu itu, ternyata menuai "badai" kebakaran di ulangan-ulangan hariannya. Padahal dia janji bakal rajin kalo dibeliin gadget. Tapi ternyata cuma janji palsu semata.  Gua di PHP in! Gimana gua kagak murka yaa, ...Gua mah udah percaya aja dia bisa mandiri, bertanggung jawab sama urusan sekolahnya. But he's still just a boy...dia sibuk sama gadgetnya terus. Hadeuhhh, gimana coba harusnya jadi orang tua? Kagak dibeliin, dibilangnya orangtua jahat, gak seperti orangtua yang lain yang bakal kasih anaknya apa aja kalo sayang anak. ( Ihhh ekeh kan gak mau dibilang orangtua jahat ). Tapi begitu dibeliin, malah tambah gak karuan pelajarannya...*mendadak pening. Galauuuu!

Berulang kali mau disita gadgetnya, berulang kali juga berjanji bakal belajar yang bener, asal jangan disita. Dengan memelas akan ngomong :"gadget is mylife." Beuhh...( mirip seseorang yaaa? hahaha...itu kan kata2 gua waktu BB gua hang...). Pantesan ajaa....udah tau dong sekarang, dia nurunin siapaaa?! wkwkwkwk......Yahh begitu dehh, anak gua kan "ajaib"..( seajaib emaknya...hahaha ). Emaknya mah udah ngoceh panjang-panjang,  anaknya mah teuteup aja santai-santai beibeh.

Udah gitu, type anak kan beda-beda yaa. Kalo si Miko itu gua gak terlalu khawatir banget, masih mendingan lah punya semangat belajar tinggi. Kalo mau ulangan, masih ada usaha baca bukunya dan minta gua ngetest in dia. Sampe minta dibangunin subuh2 buat belajar ( walopun kenyataannya abis dibangunin, dia mah tarik selimut lagi...hadeuhhh! ). Pelajaran yang paling horor tuh kan pelajaran matematika yang banyak rumus dan bikin mabok ( padahal minumnya air putih, bukan minum arak , tapi kok mabok?), dan otak gua yang dahulu encer *sekarang udah mulai membeku, masih bisa lah ngikutin pelajaran SD punya si Miko ( yang mungkin dulu mah itu kurikulum di SMP ). Udah dalemmm cuy pelajarannya, ngejlimet kalo kata orang Jawa....hehehe. Gua masih sanggup lah ngajarin Matematika ke si Miko sih. Kalo sampe di tengah jalan tersesat gak tau rumusnya, gak tau caranya, tinggal oper ke si Papi. Huh, ini kan anak berdua, tanggung jawab juga dongg!. hahahaha...masa gua pusing sendirian..atuh bisa potel pala Barbie. Nahh kalo si Alvin? Beuhhh....gak pernah keliatan pegang buku. Yang dipegang gadgetnya melulu. Kalo ditanya ada ulangan apa kagak, jawabnya santai : "udah belajar kok tadi." Nahh tuhh! Begitu ulangannya dapet jeblok, udah dehh gua kagak tahan lagi. Gua nyerahh....*kunyah-kunyah kertas.

Dannnn..  udah beberapa bulan terakhir ini, akhirnya kita punya whiteboard sodara-sodara....Buat apahan whiteboardnya? Yahh buat apahan lagi kalo bukan untuk menunjang kegiatan les matematikanya si Alvin. Sigghhh...gituu dehhh, karena kita yang jadi orangtuanya pada nyerah gak bisa ngajarin dia, "terpaksa" deh jualin batu akik....eh nyongkel celengan ayam buat bayar guru les khusus Matematika doang. Iyah doang, karena yang lemah cuman pelajaran itu aja...( itu menurut gua...).  Hadeuhh, padahal emak bapaknya si Alvin dulu mana pernah ngeles2 beginian. Jaman dulu kita mah hemat banget dah. Sekarang kita harus relain deh rogoh  kocek supaya anak kita bisa belajar bener-bener dan konsentrasi. Tuhh liat aja isi whiteboardnya, otak gua udah kagak sanggup ngerjainnya....Padahal dulu berasa gampil yahhh soal2 beginian. Sekarang udah males liatnya...boro2 mau cari tau jawabannya...mending bayarin guru les aja dahh....hahahha
Yahh emang kemajuan sih, begitu ngeles dan latihan soal2, ulangannya membaik. Berarti dia cuman males ajaa belajarnya.....( hadeuhhh!! ). Yahh inilah harga yang harus dibayar buat sebuah kemalasan : emaknya males ngajarin, anaknya males belajar dehh!. Huahhhh! Abis ini, harus siap2 lagi deh bertempur buat UN ( Ujian Negara ). Ekeh kan udah bayar uang pangkal masuk SMA...harus lulus doongg! *asah golok. Hmm..harus agak kejam nihh jadi orang tua....*sita apa kagak tuh gadget ya?

Oh iyahh, ngomongin soal nyerah, gua juga udah nyerah nihh sama si Nobita. Mata gua sampe siwer dan belom nemu jawabannya euy.
Banyak jawaban yang berbeda-beda. Yang jawab nomor 1 yakin banget kalo jawabannya paling bener. Yang jawab nomor 2 juga bilang jawabannya udah pasti bener. Ada juga yang jawab nomor 3. Yang tadi udah jawab nomor 2 pun bisa pindah ke nomor 4. Hadeuhhh....gua nyerah dahh! Ini bukan giveaway, tapi kalo mau bantuin jawab juga boleh banget, biar gua kagak penasaran. hahahha. Gua mau lanjutin cari batu akik aja lahhh! wkwkwkwk...Ciaobelaaa!

30 comments:

  1. Gue sih dpt nomer 1 ci buat si bebek. Tp based on liat di layar HP doang hahahaha.

    Kalo gitu mah gadgetnya dikasih jam aja kayak bbrp ortu murid dulu gue suggest gitu. Kayak 1 smp 2 jam doang sehari setelah dia belajarnya beres. Dipush paksain belajarnya. Dulu gue sih SMP udah les math and physics saking susahnya amit2 tu sekolahan. Tp kalo SD gak les apa2an. Jadi gimana verdictnya? Udah dpt sekolah pilihan kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jawab nomor 1 sih udah banyak nih le..kemungkinan benernya 90% deh kali ya..gua blm sempet liatin lagi...mata udah siwer. Udah dicoba kasih jam -jam an maen gadgetnya, kagak mempan. bablass maen terus.Sekolahnya sih udah dapet...udah tenang dehh

      Delete
  2. uah bener deh Ci kata pemerintah dulu.. jarak yang aman tuh 5 tahun.. anak yang satu sekolah, emaknya ngurusin bayi. dan ngga tabrakan masuk sekolah lanjutannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang nihh...salah perhitungan ri...hahahha

      Delete
  3. wah udah mau masuk SMA ya.. bentar lagi mantu dah yan. huahahaha :P

    ReplyDelete
  4. Hahahaha. Ciiiii, selalu seneng deh baca cerita dari dikau. Meskipun puyeng nyuruh belajar tapi ceritanya ceria gini. Semoga lancar ya ujiannya Alvin. Btw itu nobita udah coba diwarnain Ci jalannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...belom sempet dan....mata keburu suntur. Nanti lanjutin lagi kalo lagi senggang

      Delete
  5. Huaaa cici jadi inget masa2 muda liat soal2 les nya alvin....iya dulu guruku blng matematik jgn di hapal tp latihan soal aja pasti bs bahhh tp klo kena virus malas apa mao dikata ya hahahhaha, knp ndk panggil doraemon aja ci buat nunjukin jalannya ke bebek ahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mir, semakin tua semakin otaknya males liat soal2 begituan...hahaha. Ohh iyaa yaa, harus panggil dora emon nihh...

      Delete
  6. Anak makin gede kayaknya ga makin lega (liat nyokap sendiri tambah stres anaknya yang udah kuliah ga kelar-kelar hahaha)...

    Aduh mataku ampe siwer, nemu jawabannya bebek 1...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ibumu harus super sabar yaa menunggu lulusanmu....wah udah banyak yang jawab nomor 1 nihh...kemungkinan bener

      Delete
  7. aarrghh ikutan mabok liat soal di atas... juga ga sanggup ngerjainnya.. hehe :)
    naaah anak gw nih beda 1thn...berarti jedanya 1thn ya harus ngumpulin duit... hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh ikutan mabok deh fun....wahh anak kamu berarti bayar2nya akhir tahun ini...nyangkul tanahnya yg rajin ya..hahahha

      Delete
  8. Bebeknya yang nomor 3 kayaknya. Eh tapi barusan aku cek ulang dengan cara reverse (jadi ngikutin talinya dari bebeknya), kok bebek 1 kayaknya bener juga ya, huahaha...

    Yaaa, kalo matematika sih menurutku salahnya kebanyakan orang adalah menganggap semua rumusnya mesti dihafalin. Padahal kalo ngerti konsepnya semuanya gak perlu dihafal, hihi. Kalau untuk soal-soal gitu sih perlu banyak latihan aja sih biar dapet feel-nya :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh galau deh ko...sepertinya sibh nomor 1 yaa..Iyaa nih matematika itu harus banyak latihan dan teliti aja sihh ...cuma kurikulum sekarang banyak.soal ceritanya yang ngelimet.banyak jebakan betmennya..hahaha

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  9. Wah udah masuk SMA! Ahh... ngeliat rumus di whiteboard itu langsung kembali ke masa-masa horor dimana gue harus berpusing-pusing dengan rumus itu. Untung sekarang udah gak perlu ngeliatin rumus gitu lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngel...perasaan dah puluhan tahun ga ketemu akar2 kwadrat, eh sekarang ketemu lagii jadi puyeng

      Delete
  10. Waduhh udah kebayang tuh ribetnya soal math....! Anakku tahun depan nih... yang gede masuk SMA yang kecil masuk SMP. Tapi udah mulai pusing dari sekarang..... ! Nyari sekolahan + survey harganya. Tapi kalo udah lolos seleksi masuk SMA pilihan, udah tenangan dikit lah.... tinggal ujian nya aja. Kalo belon kayak aku ini yang masih galau banget.
    Dulu juga rencananya gak mau punya anak jarak 3 tahun. Udah di planing buat jarak 2 tahun gak berhasil. Trus kita tunda pikiran kasih jarak 4 tahun aja.... ternyata oh ternyata..... jadinya tetap di 3 tahun itu. Emang bener manusia berkehendak tetapi Tuhan yang menentukan..he..he.he....^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh siap2 deh ngel...mau pilih sekolah udah pusing , kalo anaknya rajin belajar sih ga usah khawatir. Kalo anaknya males kayak anak gua, yah emak bapaknya harus turun tangan.dehh..

      Delete
  11. Wah, jadi inget waktu jaman mau UAN dulu buat lulus SMA...Anak jaman sekarang kayanya emang ga lepas dari gadget ya ci...semoga aja Alvin sama Miko lulus SD dan SMP nilainya bagus2 dan masuk ke sekolah idaman..Amin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nihh jaman sekarang tuh anak2 ga bisa lepas dari gadgetnya...tengkyu rib, iya semoga aja pada bagus2 nilainya nih

      Delete
  12. Aduh beda 3 thn, pasti pusing bgt ya. Hehehe.
    tp namanya jg rejeki dr Tuhan, pas dikasih baby nya selisih 3 thn, dijalanin aja ya ci. :)

    Ngakak pas baca bagian potel pala barbie...wkwkwk.
    kena demam si pala barbie jg ci. :D

    moga2 ujian nya alvin nanti dpt nilai bagus.
    waduh, udh lupa jg itu rumus2 matematika. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kena demam barbie juga cyn...pusing dah beda 3 taon mah...

      Delete
  13. Wah ci! Ikutan pusing pala barbie juga nih.. Baca cerita cc, kayaknya udah lega krn dah lewat, tar musti mikirin pas anak dah skolah juga.. Haha.. Smangat yahh mama nya anak2! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya begitu deh kalo punya anak fan...makanya beruntung banget kalo punya anak penurut dan rajin belajar....hehehe

      Delete
  14. Py dapetnya bebek No 1 ci Yan.. haha :p Sampe beneran py print dikantor dan ikutin talinya..haha :D

    Wahh iya yah, mesti diatur nih jarak punya anak biar ga potel pala plinces..haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ...sampe niat yaa diprint segala...hebat dehh kamu pejuang tanggung

      Delete