Saturday, February 28, 2015

SAKITNYA TUH DISINI

Tenaaangg...tenaaang ..kalo baca dari judul postingannya jangan mengira gua mau bahas lagu dangdut plus penyanyinya itu yaa ( don't judge the posting by it's header ). Tapi gua akui lagu Sakitnya Tuh Disini emang enak kok.... *mau donlot lagunya dimana sih linknya? Wkwkwkwk ... *halah ternyata disini ada penggemar rahasia si Cita Citata juga yah. Lhaa, gua mah ga munafik kalo emang lagunya enak yah gua juga suka kok biarpun itu lagu dangdut. Emang kenapa kalo suka sama lagu dangdut? Masalah buat lo? Hihihi, ini kok jadi emosi? Lagian tadi bilangnya ga mau bahas, tapi malah dibahas juga...*galawer.


Okayyy lanjut ceritanya, dari yang terakhir gua bilang si Miko demam dan panas badannya itu, gua udah ga sabar lagi besok paginya langsung bawa dia ke dokter. Yahh eyah lah, siapa juga pasti ga sabaran pengen cepet2 anaknya sembuh dong. Begitu diperiksa dokter, berdasarkan ciri2nya: badan panas dan pas disuruh buka mulutnya diliat tenggorokannya merah dan bibir kering serta lidah agak putih, maka si Miko "divonis" kena radang tenggorokan dan dikasihlah obat berupa antibiotik.

Nahh berdasarkan diagnosanya itu, gua merawat si Miko yah sesuai sama penyakitnya itu. Jadi biasa kan kalo radang tenggorokan tuh gua anggap panas dalem, jadi gua suruh si Miko minum yang banyak plus gua beliin larutan penyegar dan bikinin air jeruk dicampur madu. Yah maksudnya kan supaya cepet turun demamnya dong. Ehh dodo eh, kenapa kok ini udah minum obat dokter 3 hari tapi demamnya on off mulu gini ya? Mana panasnya tuh pake banget! Panas tinggi bisa sekitar 39,5 C pula sampe tuh anak sepertinya udah sedikit fly juga, mulai ngaco-ngaco dikit. Hadeuhhh, biasanya kan kalo radang tenggorokan langsung sembuh begitu minum obat dokter. Tapi kenapaa? Kenapa yang kali ini demamnya gau mau pergi? Setiap kali panas mukanya udah kayak kepiting rebus, merah sampe ke kuping2. Perasaan gua udah gak enak, sepertinya ini bukan penyakit yang biasanya nih. Gua agak takut juga kena DBD karena sekarang lagi musim DBD dimana2....*hiyyy semoga aja bukann.

Rasanya gua pengen langsung bawa si Miko cek darah aja deh, biar cepet ketauan apaan penyakitnya...*emak kagak sabaran. Biasanya kan gitu rekomendasi orang-orang, kalo demam gak hilang dalam 3 hari, yah harus cek darah.Tapi menurut si Papi lebih baik sih pindah ke dokter lain lagi, diperiksa dulu baru nanti minta cek darah. Mana si Miko sakit pas hari  Jumat Sabtu Minggu ( liburan Sincia ), pindah ke dokter lain itu prakteknya hari Senin jam 5 sore pula, jadi harus nunggu lagi lah. Bayangin aja, obat penurun panasnya udah abis 3 botol plus udah dikompres sana sini selama 3 hari, tidurpun gak nyenyak kebangun2 tiap berapa jam, bikin seisi rumah pada loksoy kurang tidur ples makan kagak bener karena kokinya biarpun masak tapi rasanya kagak karuan...hahaha malah curcol! Sekarang masih harus nunggu ke jam 5 sore tuh rasanya sesuatu dahh...lama bingiiitt! Sepertinya jarum jamnya mati...

Singkat cerita, begitu diperiksa dokter, dokternya juga langsung suruh kita cek darah dulu aja, baru nanti balik lagi ke tempat dia. huhuhu...mana sore itu ujan, macet pula. Untung aja jarak dari tempat dokter ke lab tempat cek darah ga begitu jauh, jadi terhitung cepatlah sampenya. Awalnya si Miko agak pucet dibilang mau ambil darah, nanya melulu: "sakit gak Mi?" Gua jawab :" kagak sakit kok Mik...kayak dicubit dikittt doang." Baru deh dia tenang, walopun masih tegang mukanya. Hahaha...tapi hebat kok, dia bisa tahan sakit tuh. Gak ada suaranya waktu diambil darahnya, malah diliatin sama dia..
Untungnya lagi, karena orang lab nya udah tau hasil darah ini lagi ditungguin sama dokter kita, jadi hasilnya cepet juga, paling sekitar 15 menit udah ketauan nih hasilnya. Astagaaa....ternyata si Miko kena thypus! Hadeuhh kok bisa kena ya? *mikir.....( nyesel kenapa suka hore-hore kalo ga masak, tuh anaknya jadi jajan sembarangan kann....emak macam apa ini!*getok-getokin kepala sendiri   ). Gua jadi inget, pantesan aja nih anak gak membaik, kemaren juga gua kan kasih air jeruk campur madu ( karena belom tau dia kena thypus...). Tambahan lagi dokter yang pertama kasihnya obat buat radang tenggorokan. Lengkapp dahhh ngaconya! Hadeuhhh kenapa juga cek darah harus nunggu 3 hari yaa? Jadi kan selama 3 hari kemaren penanganannya udah ngawur tohh?! Anaknya sakit apa, dikasihnya apa....*jaka sembung
Kenapa rata-rata orang sekitar gua udah pernah kena thypus ya? Bokap nyokap gua dulu juga kena thypus sampe dirawat di rumah sakit. Terus tahun 1999, dua bulan menjelang merit, gua juga pernah kena thypus yang untungnya masih bisa berobat jalan gak perlu dirawat di rumah sakit. Selama 2 minggu terbaring lemas dan cuma makan bubur, lalu lanjutin makan nasi tim sebulan. Ihh, memang ga enak banget deh sakit beginian. Yahh sakit apapun kan emang ga enak yaa. Tapi masalahnya kalo thypus tuh ga bisa makan "enak-enak" dan gak boleh banyak bergerak plus kepala pusing, jadi rasa penderitaannya tuh dobel. Apalagi orang-orang bilang katanya minum obat yg terbuat dari cacing, dijamin cepet sembuh. Weww...gua sampe ikutin minum obat yang terbuat dari cacing itu. Baunya amis banget, bikin mual. Tapi yang penting kan pengen cepet sembuh toh.

Nahh, secara yang sakit tuh anak kecil yang kadang makan normal aja susah, banyak pilih-pilihnya. Apalagi ini ? Pake dibatasin cuman boleh makan bubur atau nasi tim? Wele-welee....pastinya pusing juga pala si Barbie dong. Gua kan bukan koki handal, jadi kalo disuruh bikin nasi tim itu lumayan susah juga. Soalnya pasti si Miko punya ekspektasi tinggi, yang dibayangin tuh nasi tim resto yang udah terbukti enak. Yah bener aja dah, udah gedebak-gedebuk bikin nasi tim yang "mirip" bentuknya sama yang di resto2, teuteup aja kata si Miko mah :"rasa nasi tim Mamie gak jelas." Wkwkwwk....kasian banget yahh jadi anak gua tuhh!
Hmm, gua gak terima dongg dikatain nasi timnya kagak jelas rasanya. Gua suruh si Alvin makan nasi timnya juga, katanya sih enak. Tapi begitu disuruh nambah, udah gak mau lagi...( padahal biasanya kalo beneran enak mah pasti minta nambah ). Hadeuhh, mana yang bener sih nihh anak? *suspicious....( sambil buangin nasi tim ke tong sampah sambil mikir " apa beneran gak enak? gua makan kok enak2 aja..*gak terima kenyataan.....hahahaha ). Tuh anak2 bikin emaknya jadi galau aja nihhh, mau bikin lagi atau beli aja ya?...*tepok jidat. Masih untung lah si Miko masih mau makan buah kayak pisang dan buah pear. Paling kagak, biarpun gak kemakan nasi timnya, masih ada yang masuk..
Parahnya lagi tuh, ternyata minggu ini  adalah musim UCUN dan UCUS ( Uji Coba Ujian Nasional dan Sekolah ) dan katanya gak boleh gak hadir. Otomatis si Miko jadi tambah stress, karena selain harus belajar, dia juga dapet PR dari gurunya sekitar 120 soal2 latihan per hari,yang mana akhirnya itu PR yang jumlahnya ratusan ujung2nya gua juga yang kerjain karena anaknya ngegeletak setengah fly gitu...hadeuhh, gila yaa jadi emak2 itu! Udah jadi koki, jadi PRT, jadi suster sekaligus jadi murid sekolah juga nih pake ngerjain PR segala! *ikutan fly bareng si Miko dah!
Trus kita udah bujuk supaya libur aja sekolahnya, nanti minta dispensasi nyusul aja ujiannya. Tapi tuh anak ketakutan dan kekeuh sumeukeuh gak mau libur. Memang sih gak ada solusi lain akhirnya terpaksa kita putusin dia boleh ke sekolah cuma 2 jam aja kerjain ujian, terus langsung dijemput pulang. Jadi selama 4 hari dia ke sekolah selama 2 jam doang. Yah jadi gitu deh, mungkin karena stress mau ujian plus banyak bergerak, setelah minum obat thypus 3 harian pun masih demam-deman dan lemes terus. Yahh ampyunn....baru juga orang bilang si Miko agak gemukan. Lha kalo seminggu ini gak mau makan, apa jadinya tuh anak ya? Bakal menciut lagi dong....OH NO! *emaknya sih udah susut sekilo nih....lumayannn, kagak usah diet!

Tambahan lagi begitu balik kontrol ke dokter, dokternya bilang sepertinya belom membaik dan makannya harus bubur, gak boleh nasi tim. Setiap hari harus makan telur dan ayam untuk asupan proteinnya. Dan beneran harus bedrest, gak boleh banyak gerak apalagi ke sekolah. Obatnya pun harus diganti. Haiyaaa...jadi parno kann kita yahh! Apalagi gua kan orang kantoran, kalo anak sakitnya begini kan jadi reypot tohh. Subuh2 udah bangun berjuang bikin bubur yang ternyata lamaa bingiittt yaaa. Pokoknya tuh bubur penuh perjuangan dah bikinnya. hahahha.Begitu ngeliat si Miko udah mendingan dikit, gua tinggal ke kantor dong, eh itu bubur masih utuh aja, paling dimakan cuman sesendok doang. Padahal gua bikinnya sepanci! Kata Miko :"bubur nya kok aneh sih Mi?" Hadeuhhh...mau loncat gak tuh dari balkon? KZL! Buburnya sepanci dibuangin.

Pegimana mau cepet sembuh yaa? Ya udah, karena gua sayang anak, gua pilih stay di rumah seharian dong urusin dia.Ujung2nya si Miko bilang :"Enak kalo ada Mamie di rumah....mau makan tinggal diambilin, disuapin." Jleb....*ketujes . Peluk Miko kenceng2. Hiks  hiks....nasib orang kantoran yah begini ini nak! Hmm....sepertinya harus cepet2 pensiun dini nih *mulai ngarang surat resign dari sekarang ( kasihinnya mah nanti-nanti aja dong...wong sebentar lagi THR, sebentar lagi jalan2 gratis lagi...hahaha*menghibur diri ). Hmm, atau sekarang mah ada alternatif lain nih buat cari sampingan, tinggal gali-gali tanah aja cari batu akik lagi, siapa tau ketemu yang beratnya 2 ton! hahahha....*mulai ngaco karena stress!

Well.....total kita udah bolak-balik ke dokter 4 kali, semoga aja deh nih anak cepet pulihnya. ( Sepertinya masih harus istirahat seminggu ke depan sih ). Soalnya minggu2 depan udah mulai ulangan tengah semester..OH NO! TIDAAKKKK! Gua yang stress berat jadinya! Hayuu atuh Mik, kamu harus sembuhhh! *anaknya lagi ngefly abis minum obat. Yang penting sih dia mau makan aja deh, itu udah cukup ngebantu supaya kagak lemes. Dan untungnya sekarang bubur gua udah dinyatakan lulus sensor masuk kategori enak...hahaha, jadi dia udah mulai mau makan sedikit sedikit. Nah kalo rasa buburnya enak, doakan yaa buburnya mamie funky goes to public nih...kan lumayan tuh bisa nambah-nambah uang shopping, syukur-syukur jadi tukang bubur naek haji ..eh tukang bubur naek pesawat ajalah biar jalan-jalan terus! *sepertinya otak gua udah geser nih, dari tadi banyak ngaconya. Abaikan aja yaa....don't take it serious.

So, beda sakit sama si Miko, gua kan juga kena batuk lumayan parah nih. Seminggu batuk-batuk terus sampe cape rasanya. Tidur aja kagak nyenyak. Obat batuk mah udah abis sebotol. Tapi yahh gitu dehh, gua mah ngomel2 waktu si Miko kepengen makan ayam kremes ( iyah tuh anak bisa-bisanya lagi sakit thypus begini kepengen makan ayam kremes! *tepok jidat ), lhaa gua pun gak bisa nahan godaan buat kagak makan eskrim. Abis cuaca Jakarta belakangan ini puanassnya poll! Kayak nebus dosa kemaren kita dikasih ujan banjir, sekarang dikasih puanas biar pada kering kali yaa cuciannya ibu-ibu...hahaha. Huahh, biarin deh biarpun batuk, dengan senang hati gua makan eskrim juga biar ademmmm....( otaknya! ). Kan stress juga lohh ngurusin anak sakit...*butuh hiburan. Udah abis makan eskrim, baru minum obat batuknya deh. Sesudah itu? Yahh dijabanin deh batuk-batuk terus seharian! Terima aja resikonya....*emak badung
Udah lagi tenang-tenang, lagi ngadem-ngadem ngelurusin pinggang setelah seharian bolak balik suapin bubur, kasih obat, washlap badannya si Miko,en de brai en de brei ( banyak banget dah kerjaan emak2 tuh )...... ehh si Alvin tiba-tiba ngomong :"Kayaknya koko juga sakit nih Mi. Pusingg kepalanya." Whaaattt? *pingsan. Ngurusin satu anak sakit aja udah jungkir balik rasanya, gawattt banget kalo dua-duanya sakit mah. Langsung kasih si Alvin makan yang banyak biar jangan sakit. hahahaha! *ibu yang smart bukan?!

Nahh jadi terbukti kann.....kesehatan itu nomor satu!  Jangan sampe sakit, karena sakit sekarang itu mahal! Oh iya, ngomongin soal mahal, jadi keinget sama BPJS nih. Di kantor lagi jadi big issue disuruh ikut program BPJS. Nahh apakah temen2 blogger ada yang ngerti masalah BPJS? Gua kok gelap banget ya, kebanyakan denger kanan kiri urus BPJS tuh susah, harus antri lah dari subuh, trus kalo mau daftar online pun websitenya hang mulu lah.... bla bla bla....belom lagi waktu mau klaim nya juga susah amit-amit, harus ke puskesmas dulu lahh ( dimanaa puskesmas sayaaa???! gua gak pernah liat puskesmas lagi perasaan...semua udah jadi klinik 24 jam! ), terus gak semua rumah sakit mau nerima kita lah, cuman RSUD aja yang nrima dan itu pun harus daftar subuh2, lalu gak semua obat ditanggung. Hadeuhh... kok tetiba kepala saya jadi puyeng nih?! Mau bikin BPJS jadi maju mundur cantikk dahh! Sebenernya, apa iya sebegitu susahnya ya? Any comment or info please?
So everybody, jagalah kesehatan dan hidup sehat selalu yaa....*sok bijak. Ciaoobellaa!

57 comments:

  1. Kalo bpjs kudu ikut semua ci, nti 2019 ga punya ga bs bikin passport dsb..

    Yah klo ga mw ribet pake asuransi swasta sih. Ud kepuguhan. Hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah urusan bpjs kayak pemaksaan yaa wi...sampe dikait2in ke passport segala? Welee....aya2 wae. Iya klo boleh milih sih mending beli asuransi ajalah..jelas apa aja yg dicover.

      Delete
  2. Saya bikinin BPJS utk Papa saya sejak Sept 2014. Kalau online gampang kok, cuma hrs punya rekening bank yg sdh ditentukan krn sekarang aturannya auto debit dari rekening. Tapi yah gitulah tdk bisa dipakai karena RS langganan Papa saya M*distr* & dokter langganan dia praktek di M*distr* jadi tidak berlaku.

    Contohnya, Desember 2014 lalu Papa saya ngeluh sakit. Kita kira serangan jantung seperti tahun sebelumnya, jadi kita langsung suruh ke gawat darurat M*distr* (di peraturan BPJS ditulis: BPJS berlaku di semua RS kalau pasien dalam keadaan gawat darurat walaupun RS tsb tdk bekerja sama dgn BPJS. Stlh tdk dlm gawat darurat, pasien bisa pindah ke RS lain yg kerjasama dgn BPJS atau tetap stay di RS yg tdk bekerja sama tetapi biaya tanggung sendiri).

    Ternyata kita ditolak pakai BPJS di gawat darurat walaupun sdh telpon customer service BPJS. RSnya tetap berkeras mereka tdk bekerja sama dgn BPJS walaupun saya sdh kasih liat print out peraturan BPJS. Akhirnya kita bayar sendiri lah tagihan di gawat darurat Rp 5 jt plus biaya 1 hari perawatan di ruangan. Karena adik saya pengacara, dia suruh saya menghadap management RS dan minta surat pernyataan kenapa kami tidak bisa claim BPJS di gawat darurat. Juga kenapa pasien harus claim sendiri ke BPJS uang yg telah dibayarkan ke RS padahal di peraturan tertulis BPJS jelas2 dinyatakan RS yang harus claim dana gawat darurat ke BPJS bukan pasien. Akhirnya dapat surat pernyataan RS tapi isinya cuma karena mereka tdk kerjasama dgn BPJS. Akhirnya kita males urus claim ini ke BPJS dan merelakan uang Rp 5 juta lebih itu, karena hrs bawa2 surat ke kantor pusat BPJS yang ngantri dari subuh dan BPJS bisa aja ping-pong kita karena kan peraturan BPJS hrsnya RS yg minta claim bukan pasien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh kan chris...ternyata bener kan banyak terjadi kasus2 seperti ini. Temen saya juga bawa anaknya ke Ugd RS yg jelas2 kerjasama dgn bpjs, tapi tetap ditolak tuh....kan jadi bikin pusing urusannya ya, mana ini kan urusan nyawa, masa RS masih boleh nolak sihh klo padien udah gawat. Pihak RS katanya berhak menilai orang layak atau ga layak pake bpjs...( diliat penampilannya orang mampu gitu...bukan lusuh2 )...kan berarti bener aja percuma bayar bpjs juga tiap bulan

      Delete
    2. Makanya saya sekarang lagi mikir mau stop saja bayar BPJS nya, kan sayang Rp 60 rb per bulan tapi tidak bisa dipakai karena mau tidak mau pasti kita bakal berobatnya ke RS M*distr*. Untuk saya sendiri sih belum bikin BPJS.

      Delete
    3. Iya mending setop aja chris...ikut asuransi swasta aja kali yaa lebih bisa diandalkan

      Delete
  3. kasian ya ci :( semoga sukses ya ujiannya

    ReplyDelete
  4. Ya ampun kasian miko. Dilema banget ya yan. Tp tipus itu emang mst bedrest kalo gak bakal lama banget sembuh nya. Jd mendingan jangan mikirin ujian dulu deh. Fokus disembuhin dulu aja.

    Test darah harus nunggu 3 hari karena sblm 72 jam blm bisa ketauan bakteri nya yan. Jd hasil Test darah kalo blm 3 hari itu gak akurat.

    Moga2 pada cepet sehat ya...

    Ttg BPJS, iya ribet banget. Nyokap gw kan kmrn ini jatuh jd pergerakan tangannya retak jd skrg mesti fisioterapi setiap hari. Nyobain pake BPJS, bokap mesti ngantri daftar dari pagi berjam jam. Trus udh dpt nomor pas balik ternyata mesti ngantri berjam jam lg. Jd mulai ngantri jam 8 pagi sampe akhirnya sore tetep blm dpt giliran masuk fisioterapi (pdhl udh dpt nomor, aneh kan). Dan pas ditanya besok nya apa harus ngantri daftar lg dari pagi, dijawab iya. Jd harus tiap hari kayak gt. Akhirnya bokap nyokap gw nyerah dah gak jd pake BPJS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Man emang jadi lama sembuhnya nihh...makanya gua minta surat dokternya buat ijin libur sekolah lagi dehh...biar tuntas. Tengkyu yaa....
      Emang nih urusan bpjs banyak banget kasus2 yg mendiskriminasikan orang2 yg dinilai "orang mampu"...jadi ditolak2in dahh waktu ke RS dipersulit lah...biar orang kapok ga balik lagi...katanya sih mereka prioritasin yang bener2 kagak mampu. Ahh gua jadi males dehh bikin bpjs, padahal iming2nya kan bisa menanggung satu keluarga tuhh...( dua org ortu dan 3 org anak ). Payah nih, mungkin banyak oknum2 nakal, sebenernya tujuannya sih bagus ya

      Delete
  5. Timing-nya nggak pas banget ya Miko sakitnya itu. Mudah-mudahan sekarang udah sembuh!!! :D

    Kesehatan memang nomor satu! Beberapa minggu lalu aku sakit demam sehari aja rasanya nggak enak banget. Untungnya demam biasa jadi tidur bentar langsung sembuh deh, hehehe :) .

    Kalau tyfus sebenarnya ada vaksinnya kan? Kemarin ke India itu aku harus divaksin dulu dari Belanda dan salah satu vaksinnya vaksin tyfus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkyu ya ko...lagi masa pemulihan sih nih. Emang bener nih udah ada vaksin thypus, tapi kalo lagi sakit gini emang bisa minta suntik vaksin ya? Bukannya buat org yg blm kena aja? *ga paham kesehatan

      Delete
    2. Hehe, untung sudah masa pemulihan, hehe. Yang vaksin tyfus itu maksudnya buat yang belum kena, jadi ntar nggak akan ada yang kena lagi :D . Yaa, lebih baik mencegah daripada mengobati kan :D .

      Delete
    3. nahh iyaa berarti yg blom kena harus divaksin nihh biar terbebas dr thypus....tengkyu ko

      Delete
  6. cepet sembuh ya miko. biar mami ga pusing pala barbie lagi. :D
    singkatan ujian nya lucu banget ci, sampe ngakak bacanya. hehehe.
    masak bubur emang lama ya.. nyesss rasanya kalo dibilang rasanya ga enak. >.<

    sehat2 selalu sekeluarga ci yance.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkyu cyn...iya si ucus sama ucun lucuu bgt nyingkatnya

      Delete
  7. Sakitnya tuh disini,
    Menjawab pertanyaan dokter,
    Maaf aku mampir disini,
    Mumpung cuaca lagi seger..

    ReplyDelete
  8. aduh... kasian Miko... moga cepet sembuh yak Miko :)
    Btw soal BPJS..gw dah punya 1 keluarga, tapi ga pernah dipake. Dulu rencana ada pikir mo pake, tapi diliat2 kok beda ya pelayanannya? Gak jadi deh dipake tapi tetep dibayar terus.
    Terus di kantor juga pada ga mau tuh mereka ikutan BPJS.. dipikir2 mank rugi sich.. masak yang single bayarannya sama kayak yg udah merit? Sedangkan anak2 di kantor gw banyakan single loh. Sedangkan yang udah merit cuma 2 doank. Yang merit enak ditanggung istri dan anak2nya. Yang single ga bisa nanggung siapa2..cuma sendiri aja, tapi bayaran perbulan mahal.
    Misal : yg single bayar 90rb/bulan dapet kelas 2.. katanya, daripada bayar 90rb/bulan gitu, mending bikin bpjs mandiri aja (gak usah lewat perusahaan), dapet kelas 1 pula..ada lebihnya pula..Meskipun mereka cuma bayar dikit sisanya perusahaan yg bayar tapi mereka bilang sayang juga duitnya... katanya mending sisanya kasi mereka..hehehe :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih ya fun...nahh iya itu jg jadi kendala kan yaa..orang jadi males lah mau ikut bpjs kalo itungannya sama aja antara single dan yg dah merit. Kalo boleh pilih sih.asuransi sendiri aja yaa

      Delete
  9. waaa kasian mikooo, semoga cepet sembuh ya mik.. emang thypus sih mesti bedrest, semoga next week udah mendingan biar bisa ujian..

    ci aku jg maju mundur nih mau bikin bpjs abis banyak denger yang ujung2nya gak dipake karena ribet bgt pas ke RSnya. mamaku jg waktu itu gitu, malem2 ke RS karena jantungnya bermasalah lg, udah lemes2 masuk UGD tapi katanya gak bisa pake BPJS soalnya keadaannya gak gawat darurat (padahal itu RS jelas2 kerjasama sama BPJS). lahhh.. trus mesti sampe udah parah banget gtu baru ke rsnya.. akhirnya bayar normal deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu re....iya ini lg diusahakan bedrest seminggu biar cepet bae. Lhaa gimana sihh itu RS nya yg jelas2 kerjasama sama bpjs kok seenaknya aja ya nolak pasien di UGD pula..ck ck ck..mau sampe separah apa baru dilayani? Makanya tuhh banyak yg.meragukan program bpjs bisa sukses klo gini caranya ya

      Delete
  10. duh i feel u banget yan.
    paling pusing kalo anak sakit yah.
    rasanya pengen kita yang gantiin dia sakit saja.

    kalo bpjs gw diurusin sm kantor sih.
    kemaren ada buat utk mertua gw. lewat orang kantor juga.
    pas dipake berobat ke klinik 24jam dekat rumah sih gampang prosesnya.
    cm kasih fotokopi kartu bpjsnya dan benar2 free biaya dokter dan obat.
    belum pernah pake utk ke RS sih.

    setau gw, kalo untuk RS, harus ada rujukan dari faskes tingkat I pilihan kita (klinik/dokter/puskesmas).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener lim...mending kita aja deh yang sakit daripada anak2...kasian liatnya.
      Nahhh tuhh, jangan2 bpjs mah cuma kesannya aja bisa berobat dimana2 termasuk RS yang kerjasama, tapi kenyataannya mah "diarahkan" ke klinik yang murmer aja kali yaa...biar klaimnya gak mahal...hahahha, bingung dah

      Delete
  11. wah.. cepet sembuh yah ci untuk miko.. dan untuk cici juga.. :)

    aku juga masih tahap dibuatin bpjs sama kantor.. cuma belum tau seberapa efektif bisa dipakai apa kaga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih pi.....oh bpjs nya rombongan kantor bisa diurus kolektif gitu ya pi?

      Delete
  12. mudah2an miko cepet sembuh yah ci...
    iyu bukan makanan rasa gak jelas tapi lidah jadi nggak ada rasa gara2 thypus hahaha...dulu gw sebulan loh tidur2an doang pas bangun seminggu pertama masih lemes bgt jalan aja masih kleyengan wkwkwkwkw
    itu sekolah tega bgt masa masih harus emaknya yg bikin tugas2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu ya fel...iya nihh lemes2 terus apa karena makan bubur doang, plus kebanyakan tidur2 yaa... jadi klo bangun pasti keleyengan. bukan sekolahnya tega fel, ini mah si mikonya aja ketakutan sendiri pokoknya PR harus dikumpulin juga biarpun sakit...

      Delete
  13. Semoga cepet sembuh yaa si miko, kasihan banget ngeliat dia lemes gitu.
    Kalo kantor hubby diwajibkan punya bpjs, itu juga langsung kantor yang urus. Tapi kalo hubby bilang dari omong - omong sama temen kantornya, mereka lebih prefer pake asuransi aja, bikin bpjs di kantor krn harus dan udah diurus kantor aja buat formalitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya ngel....ohh iyaa di kantor2 dan.perusahaan2 emang lagi disuruh masuk bpjs semua..ujung2nya ya formalitas aja, blom tentu bisa nikmatin fasilitasnya

      Delete
  14. Ngga bisa jawab yang tentang BPJS. Cuma nyokap pernah bilang, udah bikin buat aku juga. Trus ya udah deh ga mikir lagi akunya hahaha =))

    Petmbuh yaaa Miko...
    Minggu lalu aku juga radang tenggorokan, dua hari pusing nonstop, gak enakkk! Sekarang nelen masih sakit tapi ga panas lagi badannya ;)

    Entah kenapa mau ketawa baca UCUN UCUS itu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahh biarpun udah punya bpjs tapi jangan sampe deh kepake..( berarti kan sakit..). makasih ya una...

      Delete
  15. Semoga Miko cepet sembuuuh. Aku belum pernah ngurus bpjs mba.. tapi ortuku udah sempet aku kasih tau sih buat urus juga.. ga tau deh ceritanya gimana sekarang.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu be. Iya ortu ku juga punya, tapi mudah2an gak kepake dehh ( supaya sehat2 terus )

      Delete
  16. aduhh aya-aya wae yaa.. lagi ujian malah sakit mikonya. si miko udah fix typus apa masih gejala?

    dulu aku pernah kena juga, pas kelas 6, pas lagi ebtanas pula! dan kalo udah kena typus gitu ke depannya suka yang kambuh2 gitu ci. kalo badan drop, itu typus suka kumattt.. aku sampe kelas 3 SMP berkali2 kumat~~

    jadi buat miko, kalo udah sembuh lebih dijaga kesehatannya. bener2 gak bole makan sembarangan, bahkan aer es juga kudu dihindarin~ akunya dulu bandel, di sekolah diem2 beli es teh. hahahahahaah..

    BPJS emang wajib punya. aku udah bikin dari des kemaren. bikin online ci, gampang, gak ribet, gak pake antri. tinggal register, isi ini-itu, bayar, dapet deh nomer bpjsnya. hahahah.. cuma menurut aku mah kurang guna.. hahaahah.. kebanyakan RS gitu ngutamain yang gak pake bpjs, jadi orang2 yg ke dokter pake bpjs suka lama nunggunya. ya kalo sakitnya biasa aja, kalo parah? udah mokat keknya ci -____- better sih asuransi~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu the....iya nihh dokternya juga pesen gitu, ga boleh olahraga dulu beberapa lama ini...*amit2 dehh jangan sampe kambuhh!

      bpjs mah sepertinya cuma ngumpulin dana doang modusnya...pemakaiannya diprioritasin ke yang gak mampu the...*itu sih kata gua...hahhaa

      Delete
  17. Gws ya Miko :)
    Gw ikut BPJS ci, karena wajib aja dr kantor suami. Tapi gak pernah pake sih, krn masih enakan pake insurance, udh jelas en bisa ke RS pilihan kita, kalo BPJS kan masih dikit list RS yg kerjasama *terutama di Bali ya, rekanan BPJS masih diitung jari* Tapi bokap nyokap sih kita daftarin BPJS, ya buat jaga2 aja, soalnya kalo udh lansia, kan gak bisa masuk insurance lagi, dah ditolak :( Tapi di kantor sini sih ada staff yg pengalaman pake BPJS , walaupun di RSUD ya, tapi bisa tuh dicover waktu dia operasi kaki krn kecelakaan lalulintas..

    yah semoga aja kedepannya BPJS lebih user friendly, lebih bonafid en bisa diandelin, dan bs dipake di RS mana aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu ya mei....wahh iya itu lumayan banget operasi kaki pake bpjs gratis mah yaa...kalo kagak kan mahal juga nanggung sendiri. Mudah2an program ini makin membaik deh pelayanannya...mungkin yang sekarang kurang sosialisasi juga nih..

      Delete
  18. Wah .. Semoga Miko cepat sembu ya. Biar bisa mengerjakan ujian dengan baik.

    ReplyDelete
  19. cepet sembuh miko...
    di blog gua ada ulasan tentang bpjs ci :-D

    kalo orang tipes emang lidah rasanya lain ci... jadi makanan enak juga rasanya ga jelas *menghibur emak galau hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkyu ya des...ntar gua intip2 dehh info bpjs nya

      Delete
  20. Terakhir ke dokter mau imunisasi tifoid buat clo1, dokternya bilang: ga usah lah kalo anaknya ga jajan di luaran (maksudnya masih full makanan rumah). Tapi jadi takut nih.. katanya tetep kudu vaksin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh dokternya malah bilang ga usah ya...tapi kita kan ga bisa jagain anak kita 24 jam apalagi makin lama makin gede banyak jajannya xiao...

      Delete
  21. Hikkksss

    cepat sembuh ya cakep :'(

    ReplyDelete
  22. Wah wah pasti repot ya, tetep semangat lho Ibu ketjeeeeee :D

    mampir-mampir yaaa :)

    ReplyDelete
  23. Cepet sembuh ya, Dek Mikooooo :3

    Ngurus BPJS gampang kok, Mbak.. Aku malah ngurus sendiri. Cumak datengnya emang mesti pagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu ya beby....iya nihb bpjs nya.ditunda dulu sampe juli, katanya mau ada kenaikan tarif bayarnya

      Delete
  24. mertuaku kemaren itu kan masuk rumah sakit, pake BPJS ga ada masalah sih... mungkin karena di kampung kali ya hehehe... aku sendiri belom bikin BPJS, males ngurusnya... hehehe...

    semoga miko cepet sembuh ya ci...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh mungkin juga karena RS nya di kota kecil yang gak gitu rame kali ya mel, jadi RS nya masih melayani gituu. kalo di Jakarta kan ramee banget , jadi dipilih2 kali ya...* jadinya untung2an gitu
      Tengkyu yaa... sekarang udah mulai pulih kok

      Delete
  25. Replies
    1. memang......makanya harus jaga kesehatan ya

      Delete
  26. Tulisannya bagusss lucu dan nasib kita sama.....pegawe kantoran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengkyu paula dah mampir kesini....sering2 aja ya...hahaha

      Delete
    2. Udah sering baca kaliiii...tapi ga pernah koment hehehe. Silent reader

      Delete