Thursday, March 17, 2016

SWEET ESCAPE TO MALDIVES

Jadi ceritanya, jauhhhh sebelum orang pada heboh tentang Maldives, gua udah tau tentang Maldives dongg. Halahhh, gitu doang sombong yaa. hihihi. Yah cuma sekedar tau doang, itupun karena jaman gua SD dulu gua suka koleksi perangko, terus perangko2nya si Maldives itu lucu2 dan keren2, ada yang gambar Snow White dan tokoh-tokoh kartun Disney begitu deh. Dulu mah kebayang nya negara Maldivs yang memproduksi kartun2 Disney itu .Yang seumuran gua pasti paham dan tau nih.( ketauan deh yaa angkatannya ), maenannya masih koleksi perangko, gak kayak anak-anak jaman sekarang yang koleksinya gadget. Masya olohh anak jaman sekarang teh mahal amat koleksinya yaa? Kalo dulu mah murah meriah aja, maen loncat karet juga udah hepi...*jadi curcol. Kalo kata Alvin dan Miko sih :" itu mah derita Mamie ajaa..kenapa lahir duluan ". Haiyaaa, pengen jitakin tuh anak. oopps, gak boleh yaa ..nanti kena pasal kade erte, bisa gawat!


Balik lagi soal Maldives, banyak yang masih bertanya-tanya : itu nama negara? negara apaan tuh? adanya dimana sih? Berarti kan masih mendingan gua dongg, wawasannya cukup luas sehingga tau bahwa Maldives itu nama sebuah negara, bukan nama restaurant atau nama pantai...hihihi.  Daripada kalo nyebutin Maldives langsung jidat berkerut dan mikir : itu nama apahan ya? Soalnya gak banyak orang ngerti dan tahu juga loh. Masih mengira-ngira dan gak yakin kalo Maldives itu nama sebuah negara. Contohnya aja nyokap gua, waktu dipamitin mau ke Maldives, maen iya iya aja gak pake nanya, soalnya buta sama sekali, bingung apa yang mau ditanyain juga. Untung aja anaknya ga diculik, kalo gak mau cari kemana hayoo?hehehe. Terus bacanya gimana? Yang gua tau bacanya cukup Maldifs aja....bukan Maldifes ( e nya jangan dibaca jelas ). Negara Maldives atau Maladewa adalah negara kepulauan terdiri dari kumpulan atol, letaknya di samudera Hindia,  dekat dengan negara India dan Srinlanka. Makanya penduduk aseli Maldives sendiri mirip-mirip sama orang India Srilanka gitu dan mayoritas beragama Islam, juga merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia.

Dulu-dulu mana kepikir mau pergi jalan-jalan ke negara ini? Bermimpi pun gak berani, dipendam aja di dalam hati. Rasanya gak mungkin bisa kesini. Biarpun udah tahu kalau Maldives punya pantai indah dan bagus, tapi rasanya cuma horang kaya aja yang bisa berlibur kesini karena harus nginep di resort2 mahal dan exclusive. Kalau sekarang, Maldives nya sendiri udah membuka diri untuk meningkatkan pariwisatanya, sehingga orang bisa aja berlibur ke Maldives tanpa harus menginap di resort yang harganya gila-gilaan. Udah banyak guesthouse dan losmen yang bertebaran di pulau2 Maldives dengan harga yang terjangkau.

Beberapa tahun belakangan ini orang juga udah banyak yang ngeshare foto dan video tentang Maldives, terlebih lagi waktu si Mr. AB yang pergi ke salah satu resort di Maldives bareng selebriti lalu diblow up media sosial dan jadi heboh ( lho jadi blogtainment deh nih ), ditambah lagi issue yang bilangnya kepulauan Maldives bakal tenggelam karena permukaan air lautnya semakin naik, bikin banyak orang semakin kepengen pergi ke Maldives, dan salah satunya adalah kita.... iyahh KITA ( gua dan si Papoy ). Yah awalnya gua juga gak nyangka bakal diajak ke Maldives, secara yahh yang ngajak itu orangnya kurang romantis...hihihi..hahaha, terus senangnya ngebolang ke hutan, gunung, laut, eh sekarang ngajak gua ke Maldives yang jelas-jelas terkenal akan aura keromantisannya. Hmm...gua sih langsung iya iya ajaa tanpa menolak lagi. Aji mumpung,...mumpung si Papoy lagi insaf ngajaknya ke Maldives, bukan kemping ke gunung. Duhhh....serasa mimpi gua yang dulu terkubur itu dihidupkan lagi....*mummi kaliii! Yahh kalo menurut si Papi sihh, dia sengaja ngajak gua ke tempat yang romantis itung2 buat merayakan wedding anniversary kita  yang ke 17 tahun ( padahal masih beberapa bulan lagi )...so sweet eh?! Love you pull dahhh Pap! *ada jalan-jalan abang disayang, kagak jalan-jalan abang ditendang. wkwkwk. Yipppyyy, satu lagi cita-cita gua tercapai dehh.....Thanks God! *loncat balet kegirangan.

Singkatnya dari sekitar bulan November 2015 lalu kita mulai hunting2 tiket, sibuk googling cari tau nanti bakal kemana aja selama di Maldives, harus naek apa. Pokoknya exciting banget dehh. Sengaja kita pilih bulan Maret karena katanya the best season di sana, gak musim hujan. Yahh tentu jatohnya jadi peak season dimana harga-harganya jadi mahal semua gitu dongg. *mendadak sakit kepala. Dapet tiket pesawat pas lagi mahal, cari hotel juga mahal-mahal. Duhhh sebenernya agak gak rela gituu belinya....*prinsip mamie hemat always and forever. Tapi gimana lagii dongg. YOLO! You Only Live Once! So hajarrrrr aja! Pesen aja semua sambil merem mata. wkwkwk. *tebarin pupuk banyakan ke pohon duit, biar cepet panen. Oh iya, apa reaksi dua bocah ingusan yang kagak diajak itu? Yahh jelas mereka ngomel2 dan menuntut keadilan mau ikut juga. Jiahhh, pegimana sihh, kalo perginya ber 4 mah namanya bukan honeymoon atuh yaa, namanya holiday. wkwkwk.... Untunglah kita langsung tebarin bujuk rayu dan sogokan, jadi akhirnya mereka bisa juga "dijinakkan"....*bom kalii....hihihihi

Kalo ditungguin, dari November ke Maret itu rasanya lamaaaaa banget. Sambil nunggu hari H, gua juga harus punya persiapan nihh. Ceritanya kan punya cita-cita mau berbikini ria...prettt! Seumur-umur belom pernah punya bikini, sekali ini kepengen banget bisa pake bikini. Mumpung kagak ada yang kenal di sono. hihihi....Ahh tapi gilaaa dehh godaan syaiton ni rojim nya banyak banget. Cuma buat kempesin perut aja susah setengah mati. Tiap hari ada ajaaaa godaannya. Ditambah lagi gua harus lewatin Natal, tahun baru, sincia, belom lagi ada yang ulang tahun, yang mana semuanya kan penuh dengan perayaan makan-makan. Huahh, pokoknya gagal mulu dehh, sampe udah deket waktunya si perut cuma kempes sedikit doang. Sighhhh....udah lah pasrah ajaa.....*buang bikininya.

Dan akhirnya tiba juga nihh hari keberangkatan kita. Karena perginya gak lama, cukup 3 hari di Maldives dan sisanya 2 hari adalah masa transit di Singapore, jadi kita cuma bawa ransel aja. Packingnya cukup ribet karena mau bawa baju renang, baju pantai, kaos, celana pendek plus perabotan2 underwater si Papoy yang segambreng plus lagi tripod. Nahhh tuhh! Pfiyuhhh....*elap keringet. Intro nya panjang banget yaaa....sekarang baru masuk ke inti ceritanya nih...siapin popcorn banyakan yaa...pintu theater 1 sudah dibuka....eng ing eng....

TIKET PESAWAT
Dari Jakarta ke Maldives, ada beberapa penerbangan ( gak banyak ),  rata2 penerbangannya gak langsung, harus transit dulu, jadi connecting flight gitu. Ada Air Asia yang transit di Kuala Lumpur, ada juga Tigerairways yang transit di Singapore. Kalo gak salah ada juga Srilanka Air, tapi gak minat jadi gak googling lebih jauh lagi. Jadi silakan pilih airlines apa yang cocok.
Yang kita pilih adalah ( teuteup ) antimainstream, kita beli tiketnya pisah2 karena kebetulan pas Air Asia lagi promo Rp. 0, jadi beli tiket Air Asia Jakarta Singapore PP. Itu pun gak Rp.0 dapetnya gara2 mikir kelamaan mau pergi atau gak, keburu harga naik. Ceritanya galau...hahaha. Nah pas hari H nya kita udah ke terminal 3 jam 05.00 pagi karena mau naek pesawat paling pagi ke Singapore jam 07.15. Masih sepii nih. Sebenernya kalo udah punya boarding pass dan gak ada bagasi, datengnya gak usah 2 jam dimuka, cukup 40 menit aja gak masalah. Sebelom berangkat, titip pesen dulu, anak2 jangan begini, jangan begitu, makan yang banyak, en de brai en de brei...(  maklum lahh yaa emak2....hihihihi ).
Lalu untuk ke Maldives nya, kita pilih Tiger Airways dari Singapore ke Maldives PP. Karena kita pilihnya pas high season, jadi tiketnya xoxo lah. Bagi horang kaya sih udah murah banget, bagi gua sih agak mahal...hehehe. Mahal dan murah kan relatif toh? Yah pasrah aja deh...yang penting sampe dengan selamat. Kalo mau rajin, pantengin terus promo dari airlines, pasti dapet yang murah.

TRANSIT
Berhubung kita beli tiket yang bukan connecting flight, jadi begitu sampe Singapore jam 9.00 pagi waktu Singapore ( beda 1 jam sama Jakarta ), waktu untuk nunggu penerbangan ke Maldives nya yang jam 19.50 agak panjang yaa. Dan tentunya bagi seorang blogger, meng explore Changi Airport adalah suatu keharusan. So liputan di Changi bakal diposting terpisah, biar puwas! hehehe. Nahh begini deh gaya si backpacker syantikkkk....
Just info aja, bagi yang beli connecting flight biasanya dari Jakarta sampe di Singapore malem hari, lalu terbang ke Maldivesnya pagi harinya. Otomatis harus nginep semalem di Singapore, terserah itu sih mau nginep di airport atau di hotel. Kalo ambil connecting flight ini ada keuntungannya, bisa melihat kepulauan Maldives dari atas pesawat karena penerbangan siang hari.
Gambar diambil dari uniquemaldives.com
Duhhh, gua kehilangan moment ini karena flight nya kita malam hari nih. Sayang banget gak bisa liat pemandangan atol yang dikelilingin laut berwarna turqois! *harus balik lagi sepertinya nih....*kode keras.

LAMA PENERBANGAN
Total penerbangan Jakarta Maldives sekitar 6 jam, hitungannya dari Jakarta Singapore aja udah 1,5 jam, lalu dari Singapore Maldives sekitar 4,5 jam. Untungnya kemaren itu semua flight nya on time berangkatnya, dan nyampe lebih cepet 1/2 jam. Lumayan lama juga yaa, berarti jaraknya jauhhhh dong yaa dari Jakarta. Yahh begitu dehh. Di pesawat pas malem2 kan ngantuk, tapi ketemu penumpang yang berisik banget yang duduknya pas di belakang dan di samping kita. Mereka tuh sibuk pesen makanan, pesen bir, beli parfum di pesawat....yaolohhh, kayak gak ada waktu shopping aja. Udah gitu ngobrol terus sepanjang penerbangan, suaranya keras banget bikin kita gak bisa tidur. Huhh...KZL!

BANDARA / AIRPORT
Nama bandara di Maldives adalah Ibrahim Nasir International Airport. Tapi gua udah kelilingin gedungnya, gak ada tulisannya Selamat Datang di Maldives...Welcome to Maldives ...something like that.  Aneh kannn? *ahh jadi kecewa. Gua kan mau foto disitu....wkwkwkwk. Adanya cuma tulisan iklan : I love Maldives. Yahh gak apa-apa lahh....yang penting ada tulisannya Maldives...hahaha.
Keliatannya bandaranya kecil dari luar...
 
Di depan pintu keluar berjejer konter-konter dari resort yang ada di Maldives...
Ini pemandangan ke arah depan bandara...seberangnya itu langsung laut.
Wahh untung kita bikin itinerary yang kayaknya ribet bolak balik ke bandara, tapi kita jadi bisa menyaksikan pemandangan sekitar bandara yang cakep banget di siang hari. Foto diambil hari berikutnya saat kita balik ke bandara buat nunggu dijemput dari resort yang kita booking. Airnya beneran warnanya turquois...
 
Ini view ke arah bandara..itu kapal ferry dan speedboat yang bakal anterin turis2 dari dan ke bandara. Ck ck ck ....airnya booooo....beniiiinggggg! Kepengen nyemplung gak sihh? *histeris
Kita mendarat di bandara Ibrahim Nasir ini kan di pulau Hulhumale, so di belakang gua itu adalah ibukotanya Maldives yaitu Male ( beda pulau ), jadi kalo mau ke ibukotanya harus nyeberang pake ferry.
 
Kalo ke Maldives mah perginya kudu sama pasangan dunk...lebih gimanaaa gituuu rasanya. hehehe...Kalo mau paket superhemat, begitu landing dengan penerbangan siang, foto2 di sekitar bandara aja, abis itu balik pulang lagi, yang penting judulnya : udah pernah ke Maldives! Iyahh kann begini juga udah bagus2 tuh fotonya. Iya kannn?! Wkwkwkwk.....#tipshematkeMaldives
 
Begitu masuk ke terminal keberangkatan, wahh ternyata bandaranya lumayan gede loh, sampe ada duty free dan restaurantnya segala.
Tuh ternyata dalamnya luas juga yaa...lebih gede lah dari yang gua bayangin...
Agak terkejut disini banyak airline yang jurusannya ke Tiongkok sana, ada yang ke Changsa, Wuhan ( yang jauh2 gitu kotanya ). Hebatt kannn! Masa Jakarta aja kagak ada penerbangan langsung kesini yaa?
Di dalamnya setelah melewati imigrasi ada duty free store nya.
Di tempat tunggu, jangan khawatir kalo gadget kalian kehabisan batere, disini ada charger station .
Wahh ternyata penumpangnya ramee lohh, dan mayoritas orang-orang Tiongkok. ck ck ck, gua seperti bukan berada di Maldives, rasanya seperti berada di Tiongkok sana, orangnya sipit2 putih semua, ngomongnya cang cing cong... hahaha. Yah gak heran lah, penerbangan ke Tiongkok lebih banyak daripada ke negara lain.
Eh boarding pass nya juga lucu banget, ada gambar2 hewan lautnya gitu....

MATA UANG
Mata uang di Maldives adalah Rufiyaa ( mirip yaa sama mata uang Indonesia : Rupiah ). Dari Jakarta gua sih bawanya dollar Amrik, pas di airport tuker aja USD 20, jangan banyak2. Soalnya kalo kebanyakan nanti susah tukernya lagi di Indo. USD 20 = 300 Rufiyaa. Ini pecahan uang 100 dan 50 MVR.
Sampe sekarang gua masih agak pening tuh, 1 Rufiyaa berapa Rupiah jadinya yaa? Kalo gak salah sih Rp. 850..tinggal cari di konversi mata uang aja. Jadi 300 Rufiyaa tadi cukup lah buat naek taxi, beli tiket ferry dan tips orang lokal. Sisanya kita transaksi pake dollar Amrik, kayak buat beli makanan di resto dan bayar tiket excursion dan sisanya lagi pake kartu kredit aja. Tinggal gesek, beres deh. Tapi ini balik lagi ke jenis travel yang dipilih yaa, kalo kita kan cuma ke pulau Gulhi satu hari, jadi gak banyak pengeluaran dalam Rufiyaa, sisanya kita di resort hotel yang terima kartu kredit. Jadi kebutuhan uang Rufiyaa nya silakan hitung sendiri.

PERBEDAAN WAKTU
Perbedaan waktu antara Jakarta Maldives adalah 3 jam. Kalo di Jakarta jam 9.00 pagi, maka di Maldives baru jam 6.00 pagi. 
Makanya kalau bangun jam 6 pagi di Maldives tuh masih gelap gulita. hahaha. Agak parno juga nih perbedaan waktunya, takut ketinggalan pesawat, ketinggalan ferry, karena kita kan pindah-pindah lokasi : Jakarta, Singapore, Maldives, yang zona waktunya beda2. Malahan ada juga perbedaan waktu di kepulauan Maldives nya sendiri loh. antar pulau yang satu dengan yang satu lagi ada yang beda juga ( yang letaknya jauh2 ). Mabok gak tuh! Jadi kita harus selalu cocokin jam dengan orang lokal. Untungnya pulau2 yang kita kunjungin selama di Maldives sih sama semua waktunya, karena masih berdekatan.

TRANSPORTASI
Karena Maldives negara kepulauan, maka kalau kita mau menuju ke pulau lain, otomatis harus naek ferry, speedboat atau yang jaraknya jauh banget pake seaplane. Kalo ferry sifatnya massal dan harganya ekonomis, sekitar 5,5 Rufiyaa ( MVR ) yang jarak dekat, yang jauh kayak ke Mafushi 1 1/2 jam perjalanan tiket ferry nya 22 Rufiyaa.
Berbaur dengan orang lokal....udah mirip kannnn?!
Cukup rame yang naek kapal ferry ini, kalo yang ferrynya jarak dekat ( dari airport ke ibukota Male ), setiap 15 menit sekali pasti ada. Tapi kalo yang ke pulau Mafushi cuma ada satu kali sehari yaitu jam 14.30. Jadi bikin itin jangan sampe salah, nanti ketinggalan fery  yah harus tunggu besok harinya, atau sewa speedboat bisa kena USD 20 per orang. Malahan hari Jumat tidak ada ferry yang ke Mafushi loh, karena disini mayoritas Islam, sehingga hari Jumat libur untuk sholat Jumat.
Kalo speedboat lebih personal dan harganya lumayan mahal. Apalagi seaplane, mahal banget kakakkk! Cuma horang kaya yang naek seaplane.  Yah syukur2 suatu hari gua bisa sewa seaplane ke atol yang paling ujunggg buat bertapa....hahaha
Disini taxinya juga bisa sharing dengan orang lain loh. Jadi kita cukup melambaikan tangan aja ke taxi yang lewat, biarpun sudah ada penumpangnya di dalam, si taxi akan berhenti dan mengangkut kita bila sudah deal. Biasa tarifnya 20 Rufiyaa, tanpa bagasi. Cukup mudah lah pokoknya jangan khawatir akan transportasi disini.

SOUVENIR / OLEH2
Selama jalan2 gua cuma ketemu souvenir, kaos dan oleh2 itu di airport saat mau pulang. Tapi harganya bikin kejengkang mau pingsan. Sepotong tshirt dibandrol sekitar 30 USD ( kurleb Rp. 400.000 ). Gantungan kunci juga sekitar Rp. 100 ribuan...argghhhh males banget dehh gak bisa shopping disini, mahal-mahal semua, sayang ahh duitnya. hehehe

INTERNET
Begitu nyampe Maldives dapet SMS kayak gini....
Astagaaaaa....mahal amattt yaaa. Makanya harus cari hotel yang ada wifi nya...hahahha

MAKANAN
Saat di bandara Ibrahim Nasir, kita sempet mampir ke restaurant yang berjejer di luar terminal keberangkatan/kedatangan. Yang ada tuh antara lain gerai Swensens, Burger King, Thai Expres, Noodle dan cofee shop.
Akhirnya pilihan jatuh ke Thai Express...sepertinya enak nih minum thai tea. Tapi yaolohhhh, segelas thai tea ukuran standard itu ada harganya USD 5 ( sekitar Rp. 65.000 ), Jadi minuman dua gelas itu aja sekitar Rp. 130.000. glek...minumnya dikit-dikit aja lahh...sayanggggg....hahahhaa
 Nasi ikan asam manis seharga USD 12 ( sekitar Rp. 160.000 ). huahhhhh....
Somay 3 biji seharga USD 7 ( sekitar Rp. 90.000 )...*makannya diemut lama-lama, biar nikmatttt
Kita juga beli Burger King untuk take away seharga USD 13 ( Rp. 170.000 ) , udah paket 1 double cheese burger, 1 french fries dan 1 coca cola. Huahh, itu hitungan satu orang loh, untung aja gua udah latihan diet, jadi nyomot2 kentang goreng doang udah kenyang. Apa ceritanya kalo ajak si Alvin kesini yaaa? Ngeriii lihat dia makan, nasi putih aja bisa nambah 5 kali....gubrak!

HOTEL
Berhubung kita semacam kutu loncat, selama 3 malam di Maldives, kita cobain 3 macam hotel/guest house karena kita juga pindah2 3 pulau. Hadeuhhh...cape juga tiap hari cek in cek out. Tiap hari kerjaannya beberes melulu...kayak di rumah aja. wkwkwk.
Untuk review hotel, nanti diposting tersendiri aja ya...biar lebih afdol! hehehe

Jadi begitulah spoiler buat Maldives trip kali ini. Siapa tau ada yang mau kesana juga, mudah2an infonya berguna deh yaa. Sekarang gua mau pilih2 foto yang segambreng ituuu....*mabok juga lama2.....hihihi. Tunggu postingan selanjutnya, pastinya lebih seruuu bo! Ciaobellaa!

45 comments:

  1. ci yanceeeeee seruuuu bgt sih ke maldives honeymoon-nan pula yah hihhihi.. ini juga salah satu yg ada di bucket listku nih. aduh bagus banget ya di airport aja air lautnya udah bagus yah hahaha ditunggu postingan maldives selanjutnya ci :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah re, di airportnya doang udah bagus laut nya....sabarr yaa lanjutannya lagi digodog...hehhee

      Delete
  2. Ciciiiiiiii.. mo gw kirimin pempek ga biar semangat nulis? hahaha .. klo ke central park, please PM gw ya ci...
    SEMANGAT!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr yaaaa madam...*semangat di iming2in mpek2

      Delete
  3. Aduuh asiknya yg honeymoon...Tapi emang ci anniversary ke 17 itu patut dirayakan, sweet seventeen lhoo...Jadi pengen tebar kode juga nih ke si suami biar diajak ke maldives, sebelum tenggelem..
    Btw itu tarif internet mahal amatttt ci 4jt *ngejengkang*

    ReplyDelete
  4. ahhhh ciciii asikk bangettt ke maldives..bikin banyak orang iri nih pasti..hahaha
    comment pertama, itu foto pertama di Bandara Kerenn bangett gayanya...hhihihi

    kedua, aku jadi tau nih alasan cc ngurusin perut dari pas postingan2 sebelomnya...rupanya karena mao ke maldives..hihiyyy jadi pakai bikini ga cii?

    gilee makanannya mihil2 bener ya cii...klo begitu mending bawa bekel popmie dari rumah...wkwkkwwk #ketauanpelitnya...haha
    hayooo ciiii lanjutin lagi nulisnyaa..penasaran sama guest house sm hotelnya..


    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha, tau aja nat, usaha diet nya teuteup aja gatot lah..nahh bener tuh, kalo kuat sih bawa popmie aja...wkwkwk, paling kembung 3 hari makannya itu terus

      Delete
  5. mupeng bgt yan...kapan ya gw bisa sampe ke maldives (intip2 celengan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhh celengannya udah penuh lim...tebok ajaaa buat ke maldives...*racunin

      Delete
  6. seru bangettt ciciiiii.. ih. cepetannnn cerita yang lainnyaaaaa. hehehehe

    ReplyDelete
  7. Cakep bener ya ci maldives, tapi mahal-mahal banget yaa semuanya..
    Ditunggu postingan selanjutnya ci, seru bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahh abisnya itu negara import semua bahan2 makanannya...jadi mahal deh ter

      Delete
  8. Astagahhh dragoonnn.. Ituuu Lautnyaaa aslii bikin pengen nyemplung abisss... Duhh.. Bikini mana bikini..wkwkw.. Asliii ngilerrr abisss.. Ci penasaran abis brp total kesana, impian bgt ini sik, pen nabung buat kesana deh mengingat harganya gila2an.. Bisa kali ya bawa abon cakalang biar ga mahal2 kali..haha..

    Menanti cerita lanjutan dgn ketidaksabaran..haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikini nya nyangkut di genteng *abis dilempar. bang bing bung yokk, kita nabung py, pasti bisa lah..
      sabarrrrr yaaa...*nunggu due date. apaa seehh...hahaha

      Delete
  9. aaahhh seru banget honeymoonnya.... hahaha :)
    mesti bawa duit berapa ya ci ke sana? mahal bener... singapore aja bagi gw dah mahal banget apalagi di sana ya hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa sebakul fun...hahaha, iyaa sebel banget kerjaannya ngitung2 mulu pake dollar amrik mah, perasaan semua mahal kalo dihitung2..hiks *relakan....relakan

      Delete
  10. coming soon yaa paula...*sibukk milih foto..hahaha

    ReplyDelete
  11. hai ciicii..
    ya ampunn itu lautnya di bandara cantik pisannnnn,,,
    saya juga harus punya impian ke maldives yakk berartii,, bagusss..
    kudu masuk wish list nya,,

    mahal ya biaya hidupnya d sanaa.. berasa juga buat makan dll nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga dayenna...( bener ga panggilnya )
      iya di bandara nya udah cakep gituuu, pasti bisa lah kesini, udah banyak yang ngeshare info2 nya...udah banyak tiket murah, so capcussss to maldives!

      Delete
  12. wuihh...asiknya ke Maldives... warna airnya bagus bangeettttt :D
    tapi harga makanannya bikin gubrak ya. huahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikk dong lin, iyah lautnya biruu banget loh. makanan import semua sih ya, jadi mahalll

      Delete
  13. Wihhh mantap ci...anniverasy ke 18 kemana ci? eropa? kode keras ke papi hahahha
    pssttt ci AB it sapa? hahhaha
    Duhh pengen deh ke maldive tp budi anti pantai , dia sukany gunung pegimane donk hahahh wihh perbedaan waktuny bikin mabok binti keder tuh ci
    klo ak bs lola deh ngitung jam nya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ke 18 masih dipikir2 dulu, gak boleh gegabah...wkwkwk. googling aja mir si AB, rame kok beritanya. udah kilik2 aja misua mu...bilang kalo sayang istri harus ikut kemana istri mau pergi...hahaha *racun

      Delete
  14. huaaaa.. kerennya ke maldives.. kayak artis - artis di instagram.. hehe..

    katanya sih mank kalau liburan jangan ngitung - ngitung ke rupiah, bikin sakit hati..
    tapi kalau nggak diitung, tau - tau budgetnya udah abis.. huhu..

    ditunggu cerita lanjutannya ci..
    semangat \\(^.^)//

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fen, sakit kepala ngitung2 mulu mah..jadi udah ikhlas aja dahh...pas balik jakarta aja masih pusing pecahan receh nya mau gimana itungnya...hahaha

      Delete
  15. ASTAGAAAA!!! Keren banget ke Maldives!!!!!!! :D Aku juga pengeeen kesanaa *banyak pengennya anaknya :P *

    Btw. tadi pas baca pilihan penerbangan gitu tiba-tiba aku teringat kalau Emirates kan ada rute penerbangan fifth freedom ke Maldives dari Singapore. Tapi ternyata salah ingat, fifth freedom-nya yang dari Singapore ke Colombo ternyata, hahaha. :P Tapi mereka ada fifth freedom dari Colombo ke Maldives sih :P . Jadi in theory bisa naik Emirates dari Singapore ke Maldives via Colombo. Tapi nggak tahu deh jadwalnya connect ato engga, hahahaha....

    Aaaaa, warna airnya keren bangett ya!! Dan iyaaa, aku kalo ke Maldives nanti bakal pilih penerbangan yang mendaratnya siang-siang gitu! Aku lihat videonya di Youtube keren-keren bangetttt!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuu ko kesini....kalo bisa sama pasangan ko, biar lebih romantis...hehehe. iyah harus siang2 kalo terbang kesini, atol nya cakepp dari atas. mungkin flightnya semua rata2 transit di singapore ya....udah gampang lah sekarang mah tinggal pake skyscanner atau mesin pencari tiket

      Delete
  16. Wah ci gw udah bayangin foto resort bertebaran sama cici berenang main air bikini an merah menyala eh tau2 bersambung aja....

    Ditunggu sambungannya ci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh belom sampe episode ituu fel.. gua kan specialist cerita bersambung...wkwkwkwk. tunggu aja coming soon dehh ya

      Delete
  17. yaowooo ci, aernya!!! *ngubek2 nyari bikini* beneran kudu pecut Jo deh nii sembari kode keras biar diajak ke maldives :P

    ayok ci lanjuttt, penasaran euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah siapin aja bikininya dulu ping...nti baru deh kilik2 ajak ke sono...

      Delete
  18. waaa asiknya abis ke maldives...
    itu air lautnya bagus banget warnanya ya yan, dan bening banget....

    ReplyDelete
  19. wahh yg anniv d maldives... tumben ya papoynya dpt ilham gt haha.. mudah2an utk seterusnya ya mamie. Eh pulang2 jadi bertiga gak mamie? *uhuk hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, lagi kesambet...untung kann ajaknya ke maldifs....klo ke kebon raya mah bisa mogok masak selamanya. Iyahh pulangnya bertiga, sama topi...hihihi

      Delete
  20. Empat juta sehari???? *busettt...
    Kemarin aku abis nonton acara di Yutub tentang orang Jepang yang nikah sama orang Maldives. Nyewa rumah susun 3 kamar, biasa banget tempatnya aja 15 juta sebulan. Mahal amaat~ ternyata makanan pun juga mahal banget ya di sana Mi... omg~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang busett na...mahall yaaa...kudu puasa medsos disono...namanya cuma pulau, ga ada sumber daya alam, semua import kecuali ikan doang kali, jadi serba mihill

      Delete
  21. Hwaaaa udah semangat mao liat foto2 di resort tau2 bersambung *meratap*. Cepet lanjutin ya, Mami!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabarr dinn.....*keburu kamu kesana yaa? hihihihi...coming soon lahh

      Delete
  22. lautnya bagus banget ya, photo2nya keren....
    ditunggu sambungannya Ci....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ka, lautnya bisa biru gituu...( yah saya cuma contras in dikit doang ). coming soon yaa

      Delete
  23. eh busyet air nya bisa ijo tosca bening banget yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuyyy lah pokoknya cum, bisa keluarin cangcut andalan mu ituuh

      Delete