Thursday, March 2, 2017

SEMAR 2017

Sebenernya gua lagi males posting2 di blog nih....lagi kena penyakit M : Males! hahaha. Pengen istirahatin matanya maksimal. Kalo ngeblog kan otomatis pake laptop lumayan lama juga. Tapiii, daripada ntar keburu tambah males, yaudah dehhh dikerjain juga. Tentunya cerita lari kali ini bukan cerita lari yang seperti biasanya. Kan bosen juga yaa ceritain lari mulu. Yahh walopun kadang ada yang nyinyir : cuma lari aja, pake foto2 segala, banyak pula. Lhaaa, berarti kagak kenal gua dongg? Baru baca blog gua? Ciri khas blog ini kan memang bertaburan foto dari dulu  juga. Jaman sekarang mah kalo nulis2 doang kagak ada fotonya dibilang hoax tau...hahaha *alibi. Lalu buat apa diciptain hp berkamera canggih? Buat apaaaa?! hahaha...tuh kannn jadi emosi jiwa. Tenangggg...tenanggggg, lo kan bukan ikan, jangan sampe kepancing. Biarin aja anjing menggonggong, gua mah teuteup aja posting dengan foto2 segambreng...hahahha. Postingan mamie funky mah dijamin sesuatu lah, lain dari yang biasa....maklumlah.... orangnya antik! ( peninggalan purbakala keleuss! ). hahaha...
 
Ceritanya, di bulan Pebruari kemaren udah ada lagi tuh event lari yang melambai2 minta kita daftar. Nama eventnya Semar 2017 yaitu singkatan dari Sentul Half Marathon 2017. Acaranya di Sentul Bogor dengan biaya pendaftaran normal price Rp. 300.000 per orang untuk kategori 10K. Tapi karena kita daftar early bird, jadi cukup bayar Rp. 150.000 aja. Lumayan kann diskon 50%. Tapi harga segini gak dapet kaos nya, kalau mau harus beli lagi terpisah sekitar Rp.100.000. Ada juga kategori 21K, tapi kita ( kitaaaa? gua aja keleusss! ) kan masih cupu, belom sanggup lari jauh2. Yah harganya lebih mahal sedikit dari yang 10K yaitu normal price Rp. 350.000, early birdnya kayaknya Rp. 250.000 gitu deh kalo gak salah.  Gua dan si Papoy iseng2 aja ikutan karena mau cari suasana lari yang lain ceritanya. Udah bosen juga lari di jalur car free day Sudirman mulu. Tapi begitu daftar dari akhir bulan Januari, ehhh kayaknya pas puncaknya musim hujan nih. Hampir tiap hari hujan. Jadi udah beberapa kali hari minggu turun hujan disertai kilat angin geledek...( agak lebay yaa..tapi beneran sihh ).Yahhh, pegimana mau latihan lari yaa? Yang ada malah narik selimut dan mager dah! Ditambah lagi gua abis operasi mata, kan bisa jadi alesan buat kagak lari dulu...*emang dasarnya males. Jadi gak ada persiapan apa2 buat acara lari kali ini....gimana nanti aja.

Pas hari H nya, gua udah bangun dari jam 3 an subuh. Biasaaa...sindrom kalo mau ada acara selalu gitu. Bangun kepagian takut telat. hahaha, kayak anak kecil mau pergi piknik aja, gelisah dan gak sabar biar cepet selesai urusannya. Panitia udah emailin informasi seputar acara, termasuk jam start untuk lari 10 K adalah 06.15, jadi kita berangkat jam 05.00 juga masih keburu lah. Jakarta Sentul kalo subuh2 sih harusnya 40 menit juga sampe. Itu kalo kondisi normal lohh yaa. Ehh emang nasib jadi orang  abnormal antimainstream ya, begitu sampe di km 10 jalan tol Jagorawi, loh kok mobil2 di depan kita pada ngerem semua, malahan ada yang kontra flow lewat jalur darurat sebelah kiri jadi pada balik lagi mobil2nya. Memang sih tadi sempet baca di running text sign board yang ada di tengah jalan tol, ditulis jalan tol Jagorawi ditutup sementara karena ada kecelakaan. Ahhh gua pikir kan mana mungkin subuh2 begini udah ada kecelakaan. Mungkin itu mah berita semalem yang lupa di update sama petugasnya. *keluar sotoynya. wkwkwk. Eh tapi ini beneran berhenti semua mobilnya, parkir aja gitu. Langsung browsing cari2 berita dan beneran ternyata jam 4.15 ( barusan aja berarti ), ada truk tangki pengangkut bahan bakar yang terbakar. Yahhhhh elahhhh, kenapaaa....oh kenapaaaa?! Kenapa harus pagi ini disaat gua mau buru2 ke satu acara yang pake jam, yang kemungkinan bisa batal acara gua? *egoisme tinggi. Tapii yah udah lahh, daripada stress karena udah pasti gua bakal stuck di tol ini, gua coba cari kontek panitianya dan ketemu deh tuh twitternya. Si panitianya udah ngetwit bahwa karena ada kecelakaan itu, maka dikasih dispensasi jam start lari nya bakal diundur melihat sikon yang ada. Ah tenang dehhh....sambil berdoa semoga aja kecelakaannya cepet ditanganin dan kita bisa segera lewat supaya bisa cepet sampe lokasi acara.
Menit demi menit berlalu, duduk udah ganti berbagai posisi gaya, udah tidur bangun, tidur lagi, bangun lagi...masih belum selesai juga. Dari gelap sampe terbitlah terang....hahaha.
Alhasil nyaris 2 jam lah kita menunggu sampe boleh jalan dan ketika melewati bangkai mobil tangki yang terbakar, kayak beginilah penampakannya. Yaolohhh, kasian juga..semoga gak ada korban jiwa. Cukup kita pemakai jalan aja yang jadi korbannya....korban kemacetan.
Setelah itu mah jalan tolnya lancar jaya, tinggal injek gas sampe pol. Ehh lucunya, begitu kita sampe jalan masuk ke lokasi acara di depan SICC ( Sentul International Convention Centre ) sekitar jam 07.15 an, lhaaa para peserta lari nya udah pada lari loh. Ternyata diputuskan oleh panitianya start jadi jam 07.00 berhubung peserta yang bukan dari Jakarta udah rame ngumpul sejak subuh. Kasian juga panitianya mungkin dikomplen sama peserta yang udah dateng on time.
Sementara kita mah masih harus berjuang cari parkiran nih...rame juga ternyata pesertanya.
Parkirannya penuh sampe nyaris di ujung baru dapet. Mana lapangan parkirnya gak diaspal, jadi agak2 becek deh bekas hujan semaleman.
Begitu habis parkir, bukannya pemanasan, malah mampir ke mobil toilet karena kebelet pipis dari tadi. Habis itu jalan deh ke garis start.....
Makanya, jangan telat datengnya, begitu masuk area garis start udah langsung diteriakin sama MC nya : ayo bu, langsung lari ajaa.....hahahha, sungguh lomba lari yang aneh kannn! Kita juga udah kagak inget mau pake pemanasan segala....udah kelamaan duduk di mobil kan badannya jadi males buat gerak...
Yah udahh.....lari aja dahh sekuatnya. Mana udah sepi nih, peserta lainnya terlihat satu dua orang doang, welee gawatttt, takut ntar kita finish paling belakang kan malu juga yaa.
Eh gak lama mulai ketemu juga dengan peserta lain. Sementara itu langitnya cerah banget hari ini. Bakalan panas dahhh....kesiangan sih startnya! Biasa kan kita start subuh2, jam 7 an pagi udah selesai larinya, gak sempet ketemu matahari.
Lhaaa....ini pake acara belok ke arah Giant supermarket segala....lomba lari atau lomba shopping? Kalo lomba lari gua sih gak bakal menang, tapi kalo lomba shopping kemungkinan sih masih bisa juwara. hahaha
Apa rasanya lari dikejar orang lain? Yah gua sih gak berasa apa2 karena kagak nengok2 belakang, lari aja maju ke depan. Tapi kalo liat foto ini lucu juga yaa, serasa lagi lari diuber trantib...hahaha..
Biasaaa, awalnya doang gaya larinya kenceng....begitu masuk kilometer 1 dan 2, udah mulai gerak jalan...hahaha, udah engap.
Larinya perasaan belom lama, ehh udah ketemu hydration point...dikasih air putih. Mayan dehh, selama 10 kilometer lari bakal ada 4 hydration point, jadi gak bakal kehausan. Ada minuman isotoniknya juga selain air putih.
Gua sering juga ke Sentul, tapi naek mobil. Perasaan kalo naek mobil sebentar aja udah sampe ke lokasi yang ini. Tapi kalo lari begini, perasaan lamaaaaa bener dah gak sampe2.
Kok seragam eikeh sama sih sama pak pulisi? Kita satu tim ya pak?
Di kilometer 3 kalo gak salah, udah mulai ketemu jalan tanjakan....semua gerak jalan deh disini....masuk gigi satu. hahaha...kalo bisa sih nebeng taksi aja tuhh kayaknya kosong taksinya.
Nahh ini dia track yang gak disangka2...kita dibelokin ke tanjakan di sebelah kiri.....
 
Udah dehhh disini udah kayak truk gandeng....semua merayap. hahaha
Gua masih berusaha lari...biar keliatan agak di depan dikiitttt. hahaha
Tapi nyerah dehh beneran sama tanjakannya. Lucu nih semua gaya nanjaknya samaan pada pegang pinggang semua....
Seneng banget kalo nemu jalanan rata dan pohon2 rindang.....larinya bisa ngacir. Ketemu turunan juga lebih asik lagi...bisa meluncur tanpa rem.
Nah setelah turunan kita bakal ketemu sebuah danau. Gua juga baru tau di Sentul ini ada danaunya. hahaha...makanya gak dilewatin begitu aja. Orang2 mah pada ngejar waktu buat finish, kita mah santai aja foto2 disini....
Untunglah cuacanya cerah gak hujan......tapi cenderung jadi panas banget sinar mataharinya.
Ternyata yang ikutan belok foto2 ke danau bukan cuma gua berdua si Papoy doang. Yang lain juga ikut2an belok dan malah kita jadi bisa foto gantian. hehehe
Setelah dari danau itu, yang kategori 10K jalur larinya dibelokin balik lagi ke jalan raya arah pulang. Dan tau2 gua berasa udah lari 17 km aja....hahahhaa
Eh di depan marketingnya itu ada danau juga....foto lagi ahh! Harap maklum yaa...hahaha
Sebenernya kalo jalurnya lewatin pepohonan begini sih betah2 aja ya larinya....adem soalnya.
Dan tau2 gak berasa udah di km 7 aja ....udah lewat setengah jalan...
Ahhh setelah itu kita dibelokin ke perumahan yang pohon2 rindangnya ada di seberang jalan...jadi jalan yang kita lewatin mah bener2 kering kerontang panasss warbiasahhh! Padahal baru jam 9 pagi, tapi mataharinya ganas banget nihh.
Mau gak mau dehh...biarpun kaki berasa udah mau copot, harus cepet2 lari biar gak kena panas kelamaan.
Bersyukur juga hari ini gua pake legging panjang, jadi kaki masih aman gak kena panas. Tapi tangan kejemur berasa panas banget dan  bakal gosong dehh nihhh.
Aduhh ..pake lewatin foodcourt segala nihh...bener2 menggoda. Udah cape, lapar....enaknya sih mampir kesini dulu yaaa.....*tampang memelas ngajak mampir.
Dan akhirnyaaa......touch down finish line! Ini sekitar jam 9.15 gitu lah. Duhhh....itu petunjuk waktunya bikin malu ajaa yaaa. Serasa larinya berjam2...Jadi dari 2 jam 10 menit itu tinggal dikurangin aja sama menit saat gua start tadi ( klo gak salah di menit 26 ). Jadi catatan waktunya buat lari 10K kali ini mungkin sekitar 1 jam 44 menit. Berarti kalo kagak pake acara berenti foto2 dulu di danau dan lain2, harusnya bisa lah 1 jam 30 menit. Lumayann kann...hihihihi
Ahh pokoknya, cepet atau kagak cepet larinya, semua kebagian medali finisher kok selama larinya tidak melebihi cut of time nya. Jadi tenang aja....Di halaman SICC nya udah disiapin photobooth nya nih buat para runner bernarsis ria....hehehe
Foto wajib para runner ya disini inih.....hahaha, rasa capenya langsung ilang deh.
Para pelari yang masuk finish bakal dapet minuman air putih, isotonik, pisang dan juga medali.
Kayak gini deh medalinya. Kurang bagus sih yaa....Tapi yang penting, ini adalah medali ke 4 selama ikutan acara lari lari....lumayannnn lahh buat nambah2 koleksi. hehehe
Begitu selesai foto2, kita langsung jalan pulang, balik lagi ke Jakarta. Kita pikir masih pagi arah ke Jakarta gak bakal macet. Eh tau2 menjelang Cibubur, berenti lagi. Ada apaa lagii nihh? Kok hari ini apes amat ketemu macet melulu. Taunya, mobil tangki yang tadi subuh kebakaran itu lagi diangkut dengan mobil crane, jadi mobil2 yang lewat pada nonton deh. Anehhh yaa, nontonin ginian aja bikin macet. Yahh eyah lah macet, apalagi yang naek mobil punya jiwa reporter kayak gua....dikit2 cekrek...dikit2 cekrek ( ih hp apaan bunyi shutter nya jelek gituu yaa?! ). Jadi gua jepretin aja deh bangkai mobil tangkinya yang lagi dikerek itu....buat barang bukti....hahahaha
Akhirnya kita sampe rumah sekitar jam 10.30 an. Yahh lumayan deh pengalaman lari hari ini jadi bikin lelah hayati. hahaha. Tapi kalo diliat2 lintasan lari di Sentul itu, sebenernya enak dan bagus penuh pemandangan hijau2 pepohonan, bikin ademmm. Cuma larinya harus pagi2, jangan kesiangan karena bakal panas banget hawanya. Yah boleh lah sekali2 nanti lari ke sana lagi. Deket ini dari Jakarta, asal jangan ketemu kecelakaan aja di tol. Gawat itu sih. Bener2 yaa jalan tol utama begini megang banget, begitu ada kecelakaan kayak gitu aja, udah deh putus hubungan akses Jakarta Bogor dan sebaliknya. Makanya repot juga kalo mau lari yang jauh2. Mendingan sih lari di jalur car free day aja lah.. gratis pula! hahaha *susah muka gratisan mah!
Okay deh, segini dulu ceritanya. Sampe ketemu di cerita yang lain. Babayyyy Ciaobella!

16 comments:

  1. ya ampun ci, stuck 2 jam di jalan tol itu kayaknya hopeless banget ya... tapi yang penting masih eksis di lomba lari ya hehehehe...

    sentul banyak pohon ya, keliatannya jadi adem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 2 jam diem aja gitu lumayan bete mel...hahaha, untung masih bisa ikutan acara. iya ademmm banyak puun

      Delete
  2. Wah senang juga ini. Kalau saya sekarang sudah jarang mengkonsumsi atau minum ISOTONIK seperti itu sih, nda tau kenapa. Jarang jarang giti deh, maunya saya sih air putih yang berkualitas dan mengandung anti oksidan dan PH yang baik untuk menangkis radikal bebas gitu deh hiheiheeiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas asep, harusnya air putih aja lebih sehat, udah jangan minumin isotonik begituan yaa...

      Delete
  3. lu rajin ikutan acara lari ya yan.. bagus tuh... biar sehat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya man, lagi anget anget tai ayam..hahahaha, ntar mah bosen juga balik bobo bobo cantik terus kalo minggu pagi..

      Delete
  4. Nah itu dia, cuaca sekarang bikin saya rajin tidur dan males buat renang dan lari haha.. Saya juga baru lari lagi minggu lalu, rasanya? Lumayan ngos ngosan haha.. Semoga cuaca Sabtu besok bisa secerah minggu lalu jadi bisa lari lagi. Yuk lari bareng ci, ditunggu ya besok haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh hayuu lari wien....biar sehat. hehehe. Iyaa kali2 aja ketemu yaaa

      Delete
  5. Hahaha, kadang memang nyebelin gitu ya. Pas kita pergi ke suatu tempat karena ada urusan yang berkenaan dengan jam, eh kok ada apa-apa di jalan. Hadeuh. Hahaha *egois. Tapi untuk menghindari beginian biasanya aku lebih suka berangkat agak awalan dikit sih. Yang penting kan ketenangan jiwa terjaga, hahaha...

    Iya suasananya kayaknya enak ya buat lari gitu. Seger banyak pohon dan rumputnya, asalkan cuacanya gak panas menyengat sih, hahaha. Kebayang deh dengan panas dan lembabnya Indonesia bikin lebih susah beraktivitas fisik gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah itu ada2 aja pake ada kecelakaan segala pas jam kita lewat situ. ampun dah stress juga....hahaha. itu yang banyak pohon aja kalo udah siang dikit udah berasa hawa panasnya ko..apalagi klo di tempat yang gak ada pohon2nya...sengsara larinya...hahaha

      Delete
  6. salken ya ci...sampai sekarang saya belum bisa nemuin kesenangan dari lari-lari/marathon selain cuma bikin badan sehat hehehe...untuk pemula bagusnya ikut event lari marathon yang mana ya? Yg jaraknya pendek gitu dan di jakarta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken juga chandra. iya urusan lari mah dari niat sih yaa, kalo diturutin males yah males banget saya juga ..males bangun pagi nya. klo mau ikut lomba lari yah paling ikut yang 3K atau 5K, silakan cek website2 yang pasang info event2 lari di Jakarta.

      Delete
  7. Ayooo cii semangat terusss..hhahaha gilee kali ini track nya nanjakk yaaa,..mantappp...lucu banget yang pada pegang pinggang semua pas di tanjakan...hahaha klo aku udah naek ojek aja x...hihihi

    ci abis lari gak langsung cari makan dulu? teteuppp..hahha

    oh yaa ciii aku tag cc di blog ku yaa..mampir yaa ciii

    http://sobhanalika.blogspot.co.id/2017/03/tak-kenal-maka-tak-sayang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya trek nya kali ini mantap dah tanjakannya. lucu yaa yang foto lagi pegang pinggang semua. okee ntar mampir dehhh ke blog mu...tengkyu ya

      Delete
  8. Wah, hebat 10K gitu lho terus nanjak jalannya lagi . Kalo nggak sanggup #kibarbendera
    Salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. lam kenal juga yah...hahaha iya kalo gak sanggup kibarin bendera siapa yang gotong ya?

      Delete