Tuesday, August 21, 2018

JALAN JALAN KE BALI ( PART 1 )

Akhirnyaaa....edisi jalan-jalan ke Bali nya tayang juga nih.....*elap keringet. Siggh, gua harus berpikir keras mengingat2 lagi kejadian yang belom juga 2 bulan berlalu. Tapi kok udah banyak yang lupa yaa...Gawat nih...faktor U gak bohong dah. Maklum lah, ceritanya kan banyak banget dari Labuan Bajo ( baca disini : Labuan Bajo Part 1Labuan Bajo Part 2Labuan Bajo Part 3Labuan Bajo Part 4 ) sampe ke Nusa Penida ( baca disini : Nusa Penida ). Otaknya agak keaduk aduk sedikit...hehehe.
Yaudah, kita langsung cuss ke tekape ajaa ya. Diawali dengan review hotel saat kita nginep di Bali....Yahhhh cita cita mah pengen nginep di hotel Ayana, tapi dipikir2 sayang juga duitnya karena kita di Bali kan cuma numpang lewat doang karena tujuan utama mau ke Nusa Penida, sayang kalo fasilitas hotelnya kagak di nikmatin maksimal. Berarti memang harus balik lagi ke Bali yaaa...*kode keras.


AQ-VA HOTEL & VILLAS
Kita milih hotel ini dengan pertimbangan letaknya di daerah Legian deket Seminyak. Ceritanya kita gak mau nginep di daerah Kuta yang konon udah macet gila-gilaan sekarang. Tapi ternyata oh ternyata...di Legian ini juga sama aja macetnya bo! Pas pertama kita dari airport , macet hampir 2 jam an cuma untuk mencapai hotelnya yang ternyata letaknya di jalan kecil ( bukan jalan raya ). Dan besok2nya, setiap kali kita habis jalan2, pasti kita minta turun di depan gang hotel aja, mending lanjutin jalan kaki aja deh daripada macet. Dan salah satu hal yang aneh dari hotel yang katanya bintang 4 atau 5 ini adalah halaman parkirnya yang cuma muat satu atau dua mobil doang!  Bayangin aja, kalo sampe ada tamu yang datengnya barengan dengan mobil dan bawa barangnya banyak seperti kita ini, pasti mikir kannn mobilnya mau berentinya dimana. Masa harus parkir di pinggir jalan, terus kopernya digerek2 sendiri ke meja recepcionist. Memang sih, belakangan baru tau juga ternyata ada basementnya....tapiii argghhh, teuteup aja kayaknya gak layak kalo sampe disebut sebagai hotel bintang 4 deh.   Nahhh di belakang pohon bonsai itu ( tempat si Papoy ambil foto ini ) adalah tempat parkir yang langsung bersebelahan dengan jalan raya. Jadi kalo kita duduk sarapan di resto ini, yah langsung bisa liat2 mobil yang lewat deh.
Kita booking hotel ini dengan harga Rp. 642.000. Dan konsep bangunannya open space gitu deh. Dari meja recepcionist yang ukurannya cuma sekitar 2 meter, melewati meja bar di restoran, langsung ketemu bangunan kamar2 dan kolam renang. Kamar kita yang ada handuk belang2 itu....di lantai 2. Untung aja dapetnya di lantai 2, karena hotel ini gak ada liftnya. Bayangin kalo mau gotong koper kita yang segede gaban ke lantai 3 atau 4  kan repot banget yaa. Biarpun itu digotongin sama bell boy nya, teuteup aja gak tega. Ukuran kolam renangnya pun cuma untuk berendam rendam cantik aja sepertinya. Akses mau ke kamar cuma ada satu jalan ini doang...( dari tempat gua foto ). Dan disini adalah tempat duduk satpam dan pelayan resto, sehingga kita pasti bakal melewati mereka setiap keluar masuk kamar. Kagak nyaman banget deh kita seakan2 diawasi oleh mereka gitu. Kita kan mau bebassss...mau keluar kek...mau masuk kek...emang masalah buat lo. KZL juga jadinya...hahaha
Dan inilah kamarnya, lumayan luas dengan sofa tambahan dan kita pilih kamar dengan dua single bed.
View kamar dari arah dalam ke arah pintu masuk. Keanehan kedua adalah  pada pintu kamarnya yang berbentuk pintu kaca geser yang mana penutupnya menggunakan roller blind ( tirai gulung ) sehingga kalau kita mau keluar masuk, sungguh merepotkan sekali, harus dikerek naek dulu tirainya, baru kita bisa lewat. Kalo kita biarkan tetap tergulung tirainya ( misalnya males harus turun naekin roller blind nya ), maka kamar kita akan seperti akuarium, bisa keliatan semua dari luar. Nahh serba salah kannn....enaknya digulung atau diturunin tirainya? Halahhh....ribet amat! *jebret! banting pintu. Eh gak bisa dibanting ding...bisanya digeserrrr shayy!
Kamar mandinya biasa aja sih, itupun wastafelnya sedikit mampet pula...harus lapor baru dibenerin.
Kirain kolam renangnya cuma ada di bagian depan kamar kita doang, ternyata begitu kita ke bagian belakang hotel, ada lagi nih kolam renangnya yang ukurannya mini tapi panjang...
Memang agak sedikit aneh yaa konsep hotel ini menurut gua.....Mau berenang nya kan jadi tanggung yaa..Apalagi kalo gua mau naek floaties....langsung penuh sendiri dehh! Lagian apes juga, udah pilih hotel ada kolam renangnya. eh dua hari turun hujan mulu. Pegimana mau berenang yeee....
Ada ruang gym nya...tapi mana sempettt! Kita pergi pagi, pulang malem terussss selama disini.
Dan sarapannya cuma kayak begini aja nih....
Gak banyak pilihannya...cuma nasi goreng, wafel, kentang. Lainnya buah dan roti.
Inilah yang berhasil diambil.....yang lainnya gak napsuin. Ada sih omelete, tapi masa harus bayar, gak include di dalam pilihan menu sarapan gratisnya. Aneh banget nih hotel. Arrghhhh, kayaknya kali ini gua salah pilih hotel deh. Kagak puas banget! Emang sih, harusnya nginep nya di Ayana gitu yaaa!*lirik si Papoy.
Nahh, selama di Bali 3 hari ini, kita sewa mobil di Pustakatour.com yang secara acak aja gua pilih dari hasil pencarian di om gugel. Kebetulan dikasih supir merangkap guidenya yang asik dan recommended nihh. Namanya Bli Gede Suyasa ( no WA nya : 0822 4701 1171 , barangkali ada yang butuh ).  Jadi dia itu bagus banget nyetirnya, tau tempat2 makan yang enak, tau daerah2 yang gak macet, tau tradisi2 di Bali, jadi kita bener2 cocok lah. Pagi ini kita rencananya kan mau ke Uluwatu, diajak mampir dulu ke rumah makan babi guling yang ada di tepi jalan menuju ke Uluwatu.
Serem juga yaa kalo liat kepala babi nya dipajang di etalase begini...
 
Nah ini nasi babi gulingnya....disajikan dengan kuah....Total kerusakan sekitar Rp. 140.000
Kulit babinya bisa dipesen tersendiri ( tanpa nasi ). Garing kriuk2 rasanya maknyus juga...tapi menurut gua babi panggang bangka is the best lah, gak ada lawan!

PANTAI PANDAWA
Tempat wisata yang pertama kita datangi adalah Pantai Pandawa. Begini lah jalan masuknya, membelah bukit karang. Kita sama sekali belom pernah kesini nih, makanya jadinya dimasukin ke dalam itin kita kali ini. Tiket masuknya Rp. 32.000 ber 5 berikut supir.
Tulisan Pantai Pandawa nya gede banget di batu karang
View pantainya dari tempat parkir mobil.
Family pose dulu dehhh disini....tandanya kita udah pernah ke Pantai Pandawa.
Karena kita udah bosen dengan laut dan pantai, plus pagi ini hawanya udah lumayan panas, kita gak turun sampe ke pantainya. Cuma foto2 di tulisannya itu doang, terus langsung lanjutin perjalanan lagi.

ULUWATU TEMPLE
Setelah itu kita ke Uluwatu Temple, yang berarti untuk ketiga kalinya kita kesini nih. Tapi demi untuk merefresh lagi memori anak2, kita sengaja balik lagi biar mereka ingat pernah datang kesini. Soalnya dulu ajak si Alvin dan si Miko waktu mereka SD, dan gak ada foto mereka disini karena waktu itu belum doyan foto2. hehehhe. Tiket masuknya kalo gak salah inget Rp. 20.000 per orang.
Foto keluarga dulu kitaaa
Aseli, setiap kali ke Uluwatu selalu nyampe nya jam2 makan siang yang hawanya tuh puanasss warbiasahhhh....Lumer bang akuhh disini mahh...Jadi males mau liat2 nya disini, Pengennya ngadem dibawah pohon aja.
Disini masih banyak monyetnya nih....lucu2 sih yang kecil2 ini. Tapi jadi gak lucu lagi kalo mereka udah merebut barang2 kita. Jadi ati2 banget deh kalo kesini, jangan sampe mereka merebut barang2 yang ada di tubuh kita. Kemaren aja gua diserang sama monyet yang gede, mau ambil topi sama kacamata yang ada ditangan gua, sampe tarik2an gitu. Untung aja ditolongin sama si Alvin usir monyetnya...Gilee, padahal gua udah pegangin topi dan kacamata, kagak dipake. Eh mereka teuteup aja usil pengen ambil juga. Emangnya mau dipake apah? *Huhhh...jadi sebel banget sama monyetnya, kagak lucu lagi lo!
Emang sih udah diinfo sama petugasnya, hati2 sama monyet. Eh malah ada turis China yang foto2in monyet nya deket2 gitu, alhasil hp nya dijambret sama monyet, tapi yah itu...si turisnya masih bisa pegang kuat2 hpnya, jadi sama kejadiannya kayak gua, mereka tarik2an hp tuh antara turis china sama monyet nya. Dasar monyet brengsek ah!
Sebenernya view nya bagus disini....cuma ancamannya si monyet2 itu aja di samping lagi incer mau rebut barang kita. Males dehh lama2 disini, buru2 pergi deh.
Uluwatu ini viewnya bagus ke batu karang dan ombak di bawah sana....
Dan tentunya temple yang ada di ujung batu karang itu yang jadi point interestnya.
Tapi mataharinya siang ini terik banget deh...bikin gosong jadi gak betah berlama2 ria disini.
Keliatannya sepi2 aja ya, tapi pas kita kesana itu pas barengan sama rombongan turis China yang rame banget dan selalu aja bikin pusing kalo mau foto antri bareng mereka, nyerobot2 dan lama banget fotonya....halahhh! Keburu gosong dehhh ....
Akhirnya kita gak sampe lama2 disini, langsung melanjutkan perjalanan lagi. Yang penting anak2 udah inget pernah ke sini.....inget sama monyetnya yang nakal.
Abis itu ceritanya kita balik ke arah kota dan mau makan di Sate Babi Bawah Pohon yang kondang itu. Tapi ternyata, antriannya panjang banget kayak di Dufan, bisa 2 jam kalo mau makan disitu. Ahhh, males amat yaa...orang udah laper, masa disuruh nunggu. Akhirnya batal deh cita2 kita makan disini. Padahal baru aja 2 minggu sebelum ini si Alvin kan ke Bali juga bareng temen2nya dalam rangka perpisahan sekolahnya. Mereka leluasa makan disini sampe 2 kali tanpa pake antri....Tapi saat ini saat libur Lebaran, diserbu deh sama orang2 Jakarta...sampe antri gak keruan gitu.
Lupakan dehh sate bawah pohonnya. Akhirnya guide kita ajak ke tempat makan sate babi yang lain aja. Namanya Warung pak Ngurah.
Satenya lagi dipanggang....bikin ngiler gak sihh...
Anak2 dikasih testernya dulu. Warungnya memang cuma ala kadarnya doang. Kita kasih nama warung sate bawah asbes. hehehe.
Nahhh, sok akrab deh sama bule depan kita yang lagi makan dengan lahapnya. Ternyata mereka ini udah langganan sate ini  dari 4 tahun lalu. Setiap datang ke Bali, mereka pasti makan disini. Mereka bilang satenya enak banget! Wahhhh jadi tambah penasaran dong kita...
Kayak gini lah satenya. Kita pesen 80 tusuk dengan ketupatnya gak tau lagi berapa deh, nambah lagi nambah lagi. Enak sih satenya....apa lagi lapar berat ya? Enggak kok, emang enak...hehehehe. Cuma satu tusuknya itu kecil2 , dagingnya sedikit, pantesan aja mesen 80 tusuk ber 4 juga belom berasa kenyang...hahaha...
Seruuu aja makan sate pedes manteppp, sampe keringetan dan panas gak dirasa....saking enaknya. Total semua kerusakan plus minum Rp. 170.000.

TANAH LOT
Setelah itu kita baru lanjut lagi ke tempat wisata terakhir yaitu ke Tanah Lot yang fenomenal itu dan menjadi icon nya Bali. Dan gua mewajibkan Tanah Lot masuk ke dalam itin kita, supaya anak2 bisa melihat keindahannya. Apa artinya ke Bali tanpa ke Tanah Lot....tsahhh!
Tapi berhubung kita menunggu sunset dan hawanya juga masih panas karena baru sekitar jam 3 an, kita melipir dulu ke tempat eskrim Paletas Way yang jual eskrim rasa buah2an. Ihhh enak banget deh panas2 gini makannya eskrim. Yang rasa kiwi dan strawberry ini cucok banget dehhh, segerrrr!
Ditambah lagi disini ada wifi, udah dehhh langsung pewe abis..males jalan lagi. Mending ngadem2 disini.
Setelah agak adem, sekitar jam 5, baru lah kita masuk ke dalam area wisata Tanah Lot. Dari pintu gerbangnya sini aja udah keliatan rame banget pengunjungnya. Tiket masuknya Rp. 85.000 ber 4.
Memangnya hari ini ada apa yaa disini?
Ternyata hari ini banyak umat yang sembahyang disini. Rameeee bangettt...
Semua orang2 ini menuju temple yang ada di atas batu karang itu...
Wah kebetulan banget kita kesini pas lagi ada upacara sembahyang ini yaa...jadi sekalian bisa melihat langsung tradisi orang Bali ini.
Biarpun udah sore, tapi sinar mataharinya masih terasa panas banget....
Area pantai dipenuhi pengunjung dan umat yang mau sembahyang....
Kita melipir ke warung tenda2 untuk menunggu sunset tiba....karena sunset di Tanah Lot adalah moment yang paling ditunggu2 oleh para pengunjung.
Yahh cencunya duduk duduk disini harus pesen makanan dan minuman dong yaa...mana ada yang gratis.
 

  Sambil nunggu makanan dateng...sibuk ber wefie ria...
Toast dulu..misi kita hari ini berhasil....
Cemilan cepuluh....
Menikmati sunset di Tanah Lot...
Tapi sayang nih, mataharinya sedikit ketutup awan mendung...
Tanah Lot itu memang iconic dan unik banget yaa....
Masih rame umat yang sembahyang di pura itu...
Semakin sore langitnya semakin bagus....nuansa keunguan gitu.
Tanah Lot itu katanya artinya adalah batu di atas laut.
Akhirnya kita juga ikutan turun ke pantai.....
Melihat lebih dekat lagi ke pura Tanah Lot...
  Setiap kali ke Tanah Lot, pasti punya foto yang berbeda angle nya...
Nah kebetulan sore ini airnya lagi surut nih....jadi kita masih bisa berjalan2 di karang2 di pantai ini.
Gak nyangka yaaa...gua sekarang jadi makhluk terpendek di keluarga ini...
Mamiefunky squad in action..
Nuansanya penuh mistis kalo sore2 gini..
 
Di Tanah Lot ini ada 2 pura, yang satu di atas batu karang, yang satu lagi ada di ujung batu karang yang bolong itu.
 
  Ahhhh, Tanah Lot memang bagus...Harus dan wajib kesini setiap kali ke Bali.
 
Setelah itu kita jalan pulang deh, karena udah gelap juga, gak ada lagi yang bisa diliat. Kita mampir makan malam di Warung Bamboo.
Konsepnya makan di pinggir sawah...cuma sayang kita kesini nya malam hari, jadi kurang begitu keliatan deh view nya. Kalo siang hari mugkin lebih bagus nih..
Yah gelap2an deh fotonya...
Muka muka udah kelaparan berat....beng beng!
Eh dapet sepeda dari Pak Jokowi nih....*kidding.
Nahh disini yang terkenal adalah Iga Bakar nya...jadi kita semua pesan iga bakar deh. Ini non halal yaa..karena ini iga babi...hihihihi. Rasanya maknyus juga! Daripada antri di Wahaha...Heran ya, kita ke Bali ketemunya antri melulu, jadi kita cari yang antimainstream aja lah...Total kerusakan disini sekitar Rp. 640.000 udah termasuk nasi dan minum.
Ahh, akhirnya misi jalan-jalan di hari pertama selesai deh. Untung aja hari ini gak ada drama dramanya. Semua berjalan lancar, karena kita jalan2nya santai gak harus begini, gak harus begitu. Gak diuber waktu, gak pake itin. Mengalir spontan aja. Enaknya gitu kalo sewa mobil plus supir. Tinggal bilang aja mau kemana. Nanti supirnya yang mikirin jalannya kemana dulu yang gak macet, makan dimana yang gak antri. Asikk kannn! Abis ini, tunggu cerita kelanjutannya di hari kedua yaa...
Babayyy Ciaobella!

Lanjutannya klik disini : JALAN JALAN KE BALI PART 2 dan disini : JALAN JALAN KE BALI PART 3

8 comments:

  1. kalo di bali selalu ngiler sama makanan2nya.... duh ngeliat nasi babi gulingnya itu... :)

    hotelnya gak keliatan kayak hotel bintang 4-5 ya. kayaknya sih 2-3 aja itu yan kalo fasilitasnya kayak gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Man, makanan khas Bali tuh enak2 juga, bikin kangen jadinya. Fasilitas hotelnya cuma gitu doang emang, gak sebanding servicenya sama bintangnya...

      Delete
  2. Hotelnya parah juga ya ci, bintang 4 darimananya model bgitu.. #ikutangasantai

    Wahh.. Makasih ci info drivernya.. Nyari supir yang asik dan ga suka ngatur tuh gampang2 susah XD Jadi kangenn Bali deh bacanyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau itu bintangnya siapa yang kasih yaa..kebanyakan kasihnya. Hehehe....iya nih dapet supirnya yang okeh, bikin kita nyaman jalan2nya

      Delete
  3. baca tulisan cici baru inget blm pernah ngajak olive ke tanah lot wkkwkw
    jadi kangen pulkam deh klo baca tentang balu tsahh hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuu mir pulkam ajak olive ke tanah lot....ga pernah bosen gua sih klo ke sana...

      Delete
  4. Bali kalo pas musim libur memang gila banget gitu ya macetnya! Dulu terakhir kesana pas liburan Natal/Tahun Baru juga malesin banget, waktunya habis di jalan, hahahaha....

    Tapi Bali memang OKE banget sih!! :D Tempatnya oke, makanan-makanannya juga oke-oke! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang Bali setiap musim liburan udah kusutt dehh, macet dimana2, antri makan dimana2...hahaha. Tapi tempat2nya bikin kangen....hahaha. Kepengen balik lagi...balik lagi...

      Delete