Wednesday, August 15, 2018

MENGURUS PERPANJANGAN PASPOR JAMAN NOW

Seminggu lalu gua baru aja mengurus perpanjangan paspor yang sebenernya baru taon depan habis masa berlakunya. Mumpung lagi sempet dan bukan musim liburan, mendingan diurus sekarang aja lah karena sekalian mau ganti jadi epaspor juga. Eh tapi ya, bulan Juli kemaren saat balik dari Bangkok, gua cobain lewat autogate imigrasi Bandara Soetta ternyata bisa juga loh pake paspor biasa. Terus ngapain mau ganti jadi epaspor dong? Ahhh biar keren ajahh! *gua mah gitu orangnya. hihiihihi. Yahh kann biar bisa lewatin autogate dengan lebih pede jaya gitu lohh. Gak usah pake antri panjang di imigrasinya. Soalnya untung2an juga kemaren paspor gua bisa lolos autogate, eh giliran mertua gua kagak bisa2 discan nya, jadi teuteup aja harus ikutan antri di tempat biasa. Plus, katanya kalo udah punya epaspor, kita gak usah urus visa kalo mau ke Jepang, cuma minta waiver visa aja. Tuhh, banyak keuntungannya lah kalo punya epaspor mah....ye kannn!


Harga resmi untuk epaspor 48 halaman adalah Rp. 600.000 plus biaya tambahan jasa penggunaan teknologi penerbitan paspor berbasis biometrik Rp. 55.000. Jadi total Rp. 655.000. Sedangkan harga paspor biasa Rp. 300.000 plus biaya tambahan Rp. 55.000 jadi Rp. 355.000. Memang sih harga epaspor dua kali lipet lebih mahal daripada paspor biasa, tapi mending sekalian ganti jadi epaspor aja lah. Malahan gua berharap masa berlaku paspor yang mau dijadiin 10 tahun itu cepet berlaku, biar gak repot urus2 perpanjangannya. Tapi sayang, sekarang ini cuma baru sekedar wacana aja. Yahh siap2 aja 4,5 tahun urus perpanjangannya lagi nih. Cepet banget loh tahun2 berlalu, apa lagi kalo sampe paspor nya kosong gak pernah pergi kemana2, lebih berasa lagi....*berasa duka nestapa. wkwkwkwk. Gak pergi2 keluar negeri, tapi harus perpanjang paspor, harus keluar duit lagi. Wewww!

Nah sejak tahun 2017 kan ada perubahan prosedur baik untuk pembuatan paspor baru atau perpanjangan paspor nih. Jadi otomatis kita harus update juga dong. Makanya gua mau share disini, blog gua kan selalu berisi info-info yang akurat dan terpercaya jauh dari hosip2.....ye kannn!
Jadi kalo jaman dulu kita harus dateng ke kantor imigrasi subuh2 biar bisa dapet nomor antrian lebih awal. Betul? Hayoo siapa yang pernah ngerasain kayak gitu? Yahh gua pernah sih jam 6 pagi ( gak sampe subuh2 sih ya ) udah nongkrong di kantor imigrasi. Tapi itu masa lalu. Kalo jaman now? Yahh gak usah lagi dong....Jaman udah semakin canggih. Kita hanya perlu mendaftar di website imigrasi atau bisa juga di aplikasi Antrian Paspor yang bisa didonlot di hp kita. Gua pilih daftar di aplikasi Antrian Paspor di hp. Disitu kita tinggal isi data diri kita, memilih kantor imigrasi mana dan pilih mau datang tanggal berapa serta ada keterangan kuota per hari dari kantor imigrasi tujuan kita. Setelah itu kita akan mendapat email konfirmasi akun. Setelah klik link yang ada di email tadi, keluar deh jadwal jam berapa kita harus dateng di tanggal yang udah kita pilih tersebut. Gua dapet yang jadwalnya jam 11.00 - 12.00. Jadi gak ada lagi yaa cerita dateng subuh2 ke kantor imigrasi, kantornya juga masih tutup keleus. hehehe. Terus, lebih enak dong sekarang? Arrgghhhh...! Berdasarkan pengalaman gua kemaren kayaknya sih gak beda jauh, sama aja pelayanannya mah. Kok bisa gitu sih?

Jadi ceritanya, pas hari H nya gua udah dateng lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Jam 10.15 gua udah nyampe kantor imigrasi Bandara Soetta. Gua pilih kesini karena dulu juga pernah urus disini, jadi berasa lebih familiar aja. Tapi sampe sana juga udah berubah kok dari 5 taon lalu, yang tadinya pintu masuk ada disamping gedung, sekarang letaknya dibelakang dekat kantin. Sampe sana udah rame aja dong antriannya yang gua tebak orang2 itu pasti yang jadwalnya dari jam 9 pagi atau jam 10. Gua langsung aja masuk ke dalam gedung dan nanti ada meja kecil petugas di depan pintu masuk yang sepertinya menjadi tempat bertanya para pengunjung. Gua langsung tanya aja petugasnya dan kasih tau kalo jadwal gua adalah yang jam 11. Dia kasih map kuning yang isinya form yang harus kita isi dan nanti jam 11 baru dipanggil sesuai jadwal kita. Berhubung di dalam ruangan udah penuh sesak gak ada tempat duduk kosong, gua terpaksa keluar dan isi form di bangku yang ada di depan gedung.Nahh begini lah suasana di dalam ruangan saat itu...penuh sesak.

Setelah isi form selesai, gua tunggu aja di luar, gua pikir ntar aja jam 11 baru masuk. Eh pas jam 11 kurang 10 menit, kok orang2 yang diluar mulai sepi tuh. Gua ikutan aja masuk dan ternyata orang2 yang jadwal panggilannya jam 11 tuh udah pada antri mau nyerahin form ke meja petugas di depan pintu masuk itu. Yah gua ikutan aja antri disitu. Begitu jam 11, langsung deh buru2 kasih form nya ke petugas dan nanti dipanggil berdasarkan urutan tumpukan form itu. Nahhh, berarti kita mau datang awal pun, nasib2an deh pas ngumpulin form nya belakangan, yah bakal dipanggil belakangan juga. Agak gak fair yaaa sistemnya. Untung aja tadi gua gak nunggu diluar terus sampe jam 11, kalo kagak yahh dapet antriannya lebih lama lagi deh.
Oh iya, sebelum pergi kesini sih memang infonya cukup bawa KTP dan paspor lama aja beserta fotocopynya. Tapi gua gak percaya begitu aja, gua bawa semua dokumen seperti mau bikin paspor baru, pokoknya selengkap mungkin dokumen yang gua punya gua bawa aja deh...*parno. Gua bawa akte lahir, KTP, KK, Surat Kawin sama paspor lama. Dan bener aja, pas giliran dipanggil petugas di meja pendaftaran, malah diminta akte lahir segala. Tuhh kann, semua hal gak diduga, bisa aja terjadi. Jadi kalo sampe gak bawa....gimana cobaaa?! Yah mungkin juga ini terjadi karena nama di paspor gua ada nama bokap, sedangkan di KTP gak ada. Lhaa, memang dari awalnya dari kantor imigrasinya yang nambah2in sendiri, jadi gak sesuai kan sama akte lahir dan KTP gua. Tapi jelas itu bukan salah gua....*bela diri. Makanya kudu diperiksa ke dokumen aslinya.
Dan akhirnya, setelah dibolak balik dokumen gua, dapet juga deh nomor antriannya dan tinggal duduk manis menunggu dipanggil. Gua dapet nomor 3-086...saat gua duduk di dalam itu baru nomor 3-049. Yahh busettt, sampe jam berapa selesainya nihh? Masih separo lagi.....
Iseng2 foto in nomor WA kantor imigrasi untuk info2 seputar paspor. Nih siapa tau berguna...
Dan yang gua baru tau adalah ( ini nihh yang gua rasa gak pernah dishare orang2 ), pas di nomor 3-064 itu pelayanan berhenti karena jam istirahat jam 12.00 sampai dengan jam 13.00. Masyaaa owohhhhhh, langsung deh pengunjung bubar jalan sambil ngedumel2. Kita bakal buang waktu lagi 1 jam buat nunggu petugas istirahat. Yahh keleus, kalo tau kalo jadwal yang jam 11 itu bakal kepotong jam istirahat, gua juga mending pilih jadwal lainnya aja deh. Jam 10 kek, atau jam 1 sekalian. Ini bener2 diluar dugaan. Mana lah, untuk urus 1 orang yang dipanggil masuk ke dalam ruangan, lama bukan maen. Entah diapahin di dalam sana....siggghhh! Gua cuma bisa ngedumel2 dalam hati doang. Arrghhhh, dateng jam 10 an, ini harus tunggu sampe jam 1 an...itu pun baru sampe nomor 64...batere hp udah drop...*pengen cakar2 lantai rasanya.
Dan nomor yang dilayar ini cuma hiburan sesaat doang. Keliatannya aja nomor udah jalan jadi 3-065 dan 3-066, tapi orangnya belom dipanggil2 masuk ke dalam. Baru jam 1.30 an lah dimulai lagi pemanggilan masuk ke dalam. Terus yang lebih menjengkel kan adalah : itu yang nomor 4-001 adalah orang yang jadwal datangnya jam 1, udah langsung dilayanin dipanggil ke dalam. Jadi mereka gak perlu menunggu lama. Lhaaa, yang jam 11 aja belom habis dilayanin, masa mereka udah layanin yang datang jam 1 sih. Waktu itu ada yang protes ke bagian informasi, jawabannya adalah itu dari sistem komputernya. What the *&^%$@@)(*&%!!!! Kesel bukan main liatnya.....
Akhirnya, gua dipanggil masuk sekitar jam 14.10 an. Dan di dalam itu ternyata cuma tinggal foto doang! Yahhhh busetttttt, kita yang diluar gak bakal pernah tau di dalam itu petugas ngapain aja sampe orang yang cuma tinggal foto dan data semua udah ada di database ( gak usah isi2 ulang ), kok bisa selama itu pelayanannya. Itung coba itungggg....*kesabaran gua udah habis! Berapa jam yang harus dihabiskan cuma untuk nunggu dipanggil foto doang? Plus ditambahin harus nunggu orang istirahat 1 jam! Anggap deh gua anulir jam istirahatnya, manusiawi kan mereka harus istirahat juga. Tapiiii teuteup, kagak efisien banget kerjanya! Di dalam itu gua liatin mereka di belakang ada yang sambil makan mpek2, makan baso, maen IG, pegang hape. Memang sih yaa, bukan yang bagian fotoin yang pegang hp, yang makan mpek2. Memang gua tau, semua butuh proses, semua harus ikutin prosedur. Gua juga paham, bahwa dengan tindakan mereka maen hp itu cuma ngambil sekian detik aja dari waktu pelayanan mereka, tapiiiii teuteup aja yaaa, kalo menurut gue nih yaaaaa, kalo untuk orang2 yang di tempatkan di pelayanan publik, JANGAN LAH SAMPE KAYAK GITU CARA KERJANYA. Kalo gak diliat umum sih oke2 aja kerja sambil makan dan maen hp. Tapi ini didepan kita yang udah nunggu berjam2, dan mereka gak serius gitu kerjanya. kan bikin jengkel dan kita orang luar cuma bisa ngejudge : ohh pantesan lama, sambil maen2 sihh kerjanya. Yahh gua juga gak tau di dalem2nya ada apa yang sampe bikin lamaaaa banget kerjaan mereka yang seharusnya bisa diberesin mungkin dalam waktu 3 menit doang. Ini cuma sekilas pandang beberapa menit gua di dalam situ. Untung aja gua udah makan tadi di kantin, kalo kagak mah bisa ikutan mamam mpek2 mereka kali....wkwkwkwkk *emosi jiwa.
Ahhhhh, sudahlah, yang penting gua udah difoto terusannya. Gak tau deh tuhh fotonya lagi cembetut kali saking emosinya. Gua kan gak bisa sandiwara, kalo lagi kesel yah muka juga kesel....wkwkwkwk. Ampunnn dahhh....Jadi kalo sampe foto orang2 di SIM, KTP atau paspor pada cakep2, itu sihhhh mungkin dapet layanan super baik dan gak pake emosi jiwa kali yee. Atau bisa jadi...pinter sandiwara. Ehh!
Udah difoto, akhirnya kita dapet form untuk bayar paspor yang bisa dilakukan lewat ATM, klik BCA atau pun di teller bank2 yang sudah terdaftar di imigrasi. Gambar diatas adalah cara kalo kita mau bayar lewat ATM BCA. Gua sih bayar lewat Klik BCA, itu pun bayarnya pas besoknya. Karena gua sampe kantor udah jam 3 an, dan saat mampir ke ATM BCA, gak ada datanya. Jadi gak bisa dibayarkan hari itu juga. Paspor kita akan selesai 10 hari kerja setelah tanggal pembayaran. Jadi tinggal nunggu ambil paspor aja nihh. Dan siap2 aja deh antri lagi.....Sighhhhh. Cepetan dehhhh masa berlaku paspor jadi 10 tahun direalisasikan...Akuh sudah gak tahan kalo begini terus!....hahahaha. Segini yang cuma balik 4,5 tahun sekali aja rasanya kepala udah berasap, apalagi yang harus tiap tahun diurus yaaa? Ahhhhh...Indonesia....kapannnnn kamu bisa efisien di segala hal? Kita tunggu aja dahhhh yaaa....Semoga yang mau mengurus paspor gak sampe mengalami hal2 menjengkelkan kayak gini ya. Berattt....suruh Dilan aja! *hueee...musim Dilan udah lewat keleus!
Babayyy Ciaobella!

6 comments:

  1. ya ampun nyebelin banget ya... kok bisa malah yang dateng jam 1 dipanggil duluan. alasan macem apa juga tuh komputernya yang begitu. aneh bin ajaib...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gondok bgt liat yg dateng jam 1 langsung dilayanin gitu...kita udah kering nunggu dari pagi. Sistem komputer yang aneh..harusnya bilang aja lagi error...

      Delete
  2. ya ampun... kayaknya kacau amat ci... padahal aku baca di beberapa cabang pelayanannya uda lumayan oke... harusnya SOP semua cabang sama ya...

    dan aku baru inget uda harus perpanjang paspor... padahal paspor lama capnya cuma satu doang hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya beda2 di tiap imigrasi...tergantung petugasnya juga. Seharusnya sih dah efisien dan oke pelayanannya ya...semoga aja sihh ke depannya lebih rapi

      Delete
  3. Itu kayaknya komputernya aja yang disalah-salahin ya. Hadeuh kayaknya parah banget pelayanannya di sana. Tapi iyaa, 5 tahun mah beneran kependekan banget ya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah pake prosedur baru teuteup aja kerjanya masih gitu2 aja..teteup lamaaaa pelayanannya. Makanya harusnya 10 tahun aja masa berlakunya yaa...hehehe

      Delete