Monday, August 6, 2018

WONDERFUL NUSA PENIDA

Ngomongin Bali memang gak akan ada habisnya. Selalu ada aja tempat-tempat baru yang belum pernah kita kunjungin walopun udah bolak balik kesana beberapa kali. Nahhh, belakangan ini ada satu tempat wisata yang masih termasuk Bali juga karena bagian dari Kabupaten Klungkung. Tempat wisata ini lagi heits dan instagramable banget . Yupp, namanya adalah Nusa Penida yang letaknya di sebelah tenggara pulau Bali dan hanya bisa dicapai melalui jalur laut karena dipisahkan oleh selat Badung. So, mamiefunky squad mah kagak mau ketinggalan yang serba kekinian donggg! Kalo ke Bali yah harus lah sekalian explore Nusa Penida. Gicuuu!

Karena kita buta sama sekali akan tempat wisata ini, maka kita mencari agen tour yang menjual paket wisata lewat internet. Kalo kita rajin googling, banyak banget dehhh yang muncul. Kita udah hubungi beberapa dan yang responnya paling cepet dan harganya terbilang murah adalah dari website lovenusapenida.com. Kita ambil paket wisata 2 hari 1 malam dengan harga Rp. 750.000 per orang. Murahh kann?! Hmmm, coba aja dikali 4 yaa sodara2...tung itung itung berapaaaa?! Yahh jadinya jutaan juga yee kann....*jadi sensi dahh kalo urusan duit. Bagi yang gak mau nginep ( biar lebih murah biayanya ), bisa kok ke Nusa Penida pagi hari dan balik ke Bali lagi sore harinya. Tapi you know mamiefunky squad kannn? Selalu tampil terdepan, gak akan pulang sebelom api padam....eh maap, kok jadi nyasar ke semboyan orang lain...maksudnya, gak akan pulang sebelom tempat wisatanya habis dijelajahi, atau gak akan pulang sebelom memori cardnya penuh.... hihihi... Yahh tanggung kann, udah sekalian pergi, sekalian aja semua dijelajahi, masa harus balik lagi kesini sih?!

Paket wisata 2 hari 1 malam itu dapet apa aja? Beginilah kira2 isi paket private tour nya :
1. Tiket speedboat PP ( Sanur - Nusa Penida )
2. Tiket masuk ke semua tempat wisata
3. Mobil Avanza / AVP include supir merangkap jadi guide & fotografer
4. Bensin & parkir
5. Hotel / penginapan
6. Sarapan hari ke 2
7. Makan siang nasi kotak ( 2 hari )
8. Air mineral.

Diluar paket itu, kita harus bayar lagi Rp. 400.000 untuk antar jemput dari hotel ke Sanur ( tempat naek kapal cepat ) dan pulangnya dari Sanur ke hotel. Ini sih pilihan ya, kalo mau naek taxi juga terserah, tapi harganya sekitar segitu juga kok. Kalo kita kan gak mau pusing, mending sewa mobil untuk antar jemput aja terima beres.

Oh iya, postingan kali ini bakal panjang banget yaa, karena trip 2 hari dijadiin satu postingan. Siap2in kuota internet ajaa pokoknya....hihihihi....
Pas hari H nya, kita dijemput jam 6.30 pagi di hotel dan kita sekalian check out dari hotel. Jadi semua tas termasuk koper terpaksa lah kita bawa juga ke Nusa Penida karena gak tau mau dititip dimana. Kita gak balik ke hotel ini lagi, jadi yah udah diangkut aja lah. Padahal kita kan cuma semalam di Nusa Penida, tapi bawaannya minta ampun banyaknya, termasuk si floaties dan pompa nya dibawa juga sekalian. wkwkwk. Oh iya, buat yang belom tau, bawaan kita banyak banget begini karena kita tuh baru pulang dari Labuan Bajo,..baca disini yaaa : Labuan Bajo Part 1, disini : Labuan Bajo Part 2, disini : Labuan Bajo Part 3, dan disini : Labuan Bajo Part 4. Jadi kebayang kann banyaknya kayak apa bawaan kita, karena udah 5 hari di Labuan Bajo dan sekarang bawa baju kotornya udah semakin banyak aja dah.

Kita sampe di Sanur sekitar jam 7 pagi dan langsung diantar supir jemputan kita ke konter Idola, partnernya lovenusapenida.com mungkin yaa, untuk melapor kedatangan kita dan nanti kita dikasih kalung tanda pengenal untuk naek kapal cepatnya. Disini berderet konter agen2 penjual tiket kapal cepat, jadi pastikan kalo kita ambil paket wisata di agen tour tertentu, kita tau menuju konter yang mana.
Inilah jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal cepat dari Sanur ke Nusa Penida dan sebaliknya di Idola Express. Jadi kita akan naek kapal yang jam 8.15 pagi.
Ternyata rame banget nihh saat kita di Sanur itu, sepertinya high season dan banyak turis yang mau ke Nusa Penida.
Dan beginilah pemandangan pantainya tempat naek kapal cepatnya...Ada banyak berjejer kapal2nya, nanti akan ada pemandu yang kasih tau kita harus naek kapal yang mana. Gua pikir kita akan naek lewat dermaga, taunya ini sih barbar gitu langsung nyemplung ke air, baru naek ke kapalnya.
Tadinya kita semua bersepatu kets biar tasnya gak berat, tapi berhubung mau nyebur naek ke kapal, langsung ganti sendal jepit. Sebenernya nanti juga disediain satu kotak besar buat orang2 yang pake sepatu untuk taro sepatunya atau titip sendalnya dan kotak itu dibawain ke kapal oleh porter. Koper dan ransel kita pun bakal diangkatin sama porternya. Kita sih tinggal naek ke kapal aja. Tapi pagi ini agak pasang sedikit, air lautnya itu kira-kira setinggi paha gua, jadi celana pendek pada basah deh. Tuh catet, yang mau kesini jangan pake jeans celana panjang yaa....belom apa2 udah basah duluan nanti.
Akhirnya kita berangkat juga deh setelah tadi menunggu agak lama.....air lautnya masih tenang, ombaknya gak gede2 amat.
Beginilah kira-kira pemandangan di dalam kapalnya. Tiketnya gak ada nomor kursi, jadi duduknya berebutan sedapetnya aja. Perjalanan sekitar 45 menit dan saking tenang ombaknya kita sampe ketiduran berasa enak diayun2 di atas kapal.
Akhirnya sampe lah di dermaga Nusa Penida. Disini malah lebih elit sedikit ya, turun kapal gak usah nyebut ke air laut, tapi ada dermaga sederhananya. Masih mendingan lah dibandingin di Sanur tadi. Eh di belakang sana itu adalah Gunung Agung loh...keliatan kann?
Supir merangkap guide kita sudah menunggu di dermaga dan setelah berkenalan, kita langsung menuju tempat parkir mobil. Nama guidenya bli Kadek. Dan ternyata dia recommended banget deh. Masih muda, memang asli orang Nusa Penida sehingga penjelasan dia tentang budaya, kebiasaan, tradisi dan lain2 soal Nusa Penida lumayan lengkap. Nyetirnya jago, cekatan, lincah, rajin, pinter moto dan bahasa Indonesianya bagus. Good job! Kita puas banget deh dapet guidenya belio ini. Cuma lupa difoto orangnya...hahahha
Nah inilah mobil yang akan membawa kita keliling selama 2 hari ke depan.
Begitu sampe langsung berasa lapar dan kita mendapatkan nasi kotak dengan sayur dan lauk pauk kayak difoto ini. Yah xoxo lah yaa rasanya, gak bisa berharap terlalu gimana gimana deh. Yang penting ada nasi dan sambelnya deh buat penambah rasa. Kita makan di jalan nih..maksudnya sambil mobilnya jalan...saking laparnya.
Kalau dari dermaga ke sekitarnya itu jalanan masih aspal mulus, cuma jalan rayanya agak sempit untuk 2 mobil. Begitu jalanan aspal habis, wahhh udah kayak naek kuda dehh. Jalanannya ancur lebur, siap2 aja pegangan. Gua sendiri entah berapa kali kejedot kaca jendela saking guncangan mobilnya keras banget..hahahha
Nahh tempat wisata apa saja yang akan kita kunjungi di Nusa Penida? Capcusss ke tekape...

PULAU SERIBU ( RAJA LIMA ) & RUMAH POHON MOLLENTENG
Tempat wisata yang pertama kita kunjungi adalah Rumah Pohon Mollenteng dan Pulau Seribu ( Raja Lima ) yang lokasinya masih dalam satu area. Dari jauh udah terlihat rumah2 dibawah sana...
Zoom in mode on....
Gimana caranya mau ke bawah sana? Yahhh harus melewati trek anak2 tangga yang sedikit curam lah dan aseli hawanya panas banget disini....Padahal baru sekitar jam 11 an...tapi sinar mataharinya ganas banget menerpa kulit. Jangan lupa usap2 sunblock cream yang banyak deh..
Nahh ini lah yang disebut Pulau Seribu ( Raja Lima ) yang keindahannya terbentuk dari jajaran pulau-pulau kecil di tengah laut.
Jika dilihat dari kejauhan, sejumlah bukit yang membentuk pulau-pulau kecil itu tampak seperti yang ada di Raja Ampat Papua. Makanya dikasih namanya Raja Lima karena mirip Raja Ampat kali yeee, terus namanya dibedain dikit..abis empat trus lima kan...hihihi. Ini nebak loh...gak tau yg benernya gimana.
Family picture from up here...
Di atas sini ada semacam pura kecil nya gitu....
View ke arah pondok dan rumah pohon ...
Harus berjuang jalan dan naek dan turun tangga sedikit lagi....pfyiuhhhh....bener2 jalan2 kali ini butuh fisik yang prima yaa...kerjaannya dari Labuan Bajo sampe Nusa Penida penuh dengan acara naek turun tangga, mana hawanya panas warbiasa pula!
Tapi kalo udah nemu spot kece begini, udah berenti deh keluh kesah dan no komplen komplen lagi lah. Langsung pose abisss! wkwkwk
Bang, eneng udah hepi diajak kemari....abis ini eneng diajak kemana lagi bang?
Tuhhhh cakep kannnn! *view nya.....
Nahh kalo kita rajin jalan kaki di hawa panas begini...baru deh bakal nemuin view kayak gini. Kalo cuma ikutin guidenya jalan yang standard2 aja, yah gak bakal nemu view cakep ini....
Ini dia rumah pohon yang instagramable dan lagi heits bingit dikalangan IGer yang udah ke Nusa Penida....jadi pastikan harus kesini yaa. Rumah pohon ini unik karena dibangun persis ditebing karang.
Betah juga disini, soalnya sekalian ngadem...hehehe. Gak ding, emang viewnya cakep banget lah ke arah laut sana...
Selain rumah pohon yang tadi, ada juga rumah pohon yang dibangun di tanah lapang...
  Rumah pohon berarti rumah yang dibangun diatas pohon....tuluga....
 Gak tau juga rumah pohon yang ini fungsinya apa....karena biasa2 aja menurut gua. hehehe
Gak berlama2 disini, kita langsung lanjutin balik ke mobil. Penuh perjuangan juga nihh naek tangganya....
Dari atas kembali kita liat gugusan pulau2 kecil...
Zoom in mode on....
Gimanaa? Ternyata bagus juga kannn view di Pulau Seribu ini?

BUKIT ATUH DAN PANTAI ATUH
Tempat wisata berikutnya adalah Bukit Atuh yang nyambung jadi satu lokasinya dengan Pantai Atuh.
Sebenarnya letak Bukit Atuh ini masih satu garis pantai dengan Pulau Seribu tadi yaa....cuma ini view dari sisi lainnya.
Bagus juga view nya dari sini....
Pokoknya semua yang bagus2 bakal dishare disini...hehehe
Air lautnya biru banget yaa...
Nahhh, kalo tuntutan model tuh biarpun tengah hari bolong dan sinar matahari panas jahanam, udah harus siap pose setiap saat....hihihiihi
Dari situ kita jalan ke sisi lainnya akan melihat Pantai Atuh dibawah sana....wihhh pasir putihnya bener-bener mengundang untuk turun ke bawah.....
Let me "ngadem" dulu sebentar.....panas panas dan panas doang yang terasa saat ini. Harus menyelamatkan kulit dulu nih.
Mau turun ke bawah sebenernya males, anak tangganya curam dengan kemiringan sekitar 75 derajat kali....halahhh!
Ada pura nya juga di bawah sana....
View ke arah pura dan sekitarnya.....
Nah beginilah anak tangga untuk turun ke bawah sana....meliuk2 bikin mules duluan...
Thankgod...tau2 setapak demi setapak kita sampe juga dan buru2 cari tempat ngadem di bawah payung dengan atap ilalang ini. Jangan dikira gratis yaa, harus bayar kalo gak pesan makanan atau minuman sama pemilik warung di belakang payung ini. Kita sih langsung beli minuman dll biar gak kena charge...hehehe.
Waktu kita disini sekitar 2 jam, jadi terserah aja mau ngapain. Sementara itu guidenya pergi tidur siang...
Yah harusnya sih berenang yaa....tapi kita gak siapin baju renang dan memang gak kepengen berenang juga siang2 tengah hari bolong begini. Cuma bule2 aja deh yang hobby gosongin kulitnya. Gua mah duduk2 syantik aja lahh nunggu tukang somay lewat....hihihii...Laparr nihh dah sampe sini.
Untunglah pantainya sepi siang2 gini, sepertinya turis2 lokal udah kesini waktu pagi2 soalnya amprokan sama kita di atas bukit tadi saat mereka mau jalan ke parkiran. Itu di belakang sana keliatan kann jalan menuju ke bawah sini yang tadi kita lewatin? Duhhh mikir mau jalan pulang aja udah males duluan ya..
Cuit cuit....santai santai aja deh kerjaannya disini.
Pepotoan macam lagi foto prewed....
Jaman kita mau merit dulu kan masih jaman kegelapan, jarang banget yang foto prewed outdoor. Sekalinya ada pun, harganya selangit. Kasian ya kita....*kok jadi curcol. Sekarang kita bikin foto postwed aja lah...
Ughhh....ombaknya lumayan gede juga nihh siang ini. Untung kita kagak basah....
Sementara orang-orang bule kesini buat berenang, gua mah cukup celup2 kaki manja aja lah
Menyambut ombak......yeahhhhh!
Kalo kita jalan ke ujung pantai, maka terlihat di belakang sana ada "karang bolong" sebagai ciri khas Pantai Atuh...
Trus dipojok pantai ada batu karang gede yang bisa kita naekin nih...
Nahh, lebih bagus kann view nya dari sini....
Abaikan sinar matahari yang panas menerpa kulit, yang penting foto2 aja dulu....
Oh iya ati2 nih kalo foto diatas batu karang ini, bisa tiba2 ombaknya gede banget menghantam karang sehingga kita pun basah kuyup tersiram air laut.
Untung juga si abang ini kerjanya merangkap, jadi fotografer iya, jadi baywatch pun iya, sehingga bisa menyelamatkan eneng dari atas batu karang, kalo kagak kan cilaka bisa kegulung ombak...*makin cintahhh! Prettt!
Duhh babang baywatch, akuh padamu lahhh! Jangan jauh2 bang....eneng takut ama ombak entuh..
Gaya model ala-ala long....apasehhh!
Ku berjalan..sepi sendiri...( hmmm..lirik lagu apa yaaa? Ini model clip nya baru keluar...hihihi ).
Beuhh, abis pepotoan dan maen air, jadi laparrr kannn! Langsung dahh pesen yang ada di warung sini
Pesennya air kelapa dan indomie goreng pake telor....nyam nyammm....
Berasa nikmat banget lohhh....ini pantai udah kayak private beach aja...
 
Nahhh pulangnya jadi PR banget nihh...harus manjat naek lagi ke atas...Duhhhh!
Anak tangganya itu jaraknya agak lebar2.....bikin paha sedikit ketarik ya kakak! Jadi kalo mau ke Pantai Atuh siapin fisik dan mental ya. Kalo udah nyampe bawah, dijamin males pulang loh...hahaha
Melirik terakhir kali ke arah pantainya sebelum kita meninggalkan Pantai & Bukit Atuh...

PURA GOA GIRI PUTRI
Kita tidak ke Bukit Teletubies seperti yang tercantum di itinerary nya. Katanya bukitnya itu tandus karena sedang musim panas, sehingga tidak bagus juga pemandangannya. Sebagai penggantinya kita diajak ke Pura Goa Giri Putri.
Ternyata pintu masuk goa nya itu ada di atas bukit, jadilah kita harus naek tangga...aduhhh, kaki udah nyut2an dari tadi kerjaannya naek turun tangga begini semua.
Letak puranya itu di pinggir pantai....jadi dari atas sini view nya ke arah laut. Oh iya, kita bakal disewain kain sarung di tempat parkiran di bawah sana. Kalo ke pura harus pakai yang panjang2 bajunya.
Sebelum masuk, kita diminta mengisi buku tamu dan memberi sumbangan Rp. 20.000 sebagai tiket masuknya.
Jangan dikira pintu masuk ke dalam goa nya itu besar ya....Tapi cuma berbentuk celah diantara batu begini doang. Astagaaa....
Konon katanya kalau yang punya niat baik akan dengan mudah bisa masuk ke dalam goa walaupun badannya gemuk sekalipun. Kalau yang hatinya jahat maka dia tidak bisa lolos dari celah ini.
Ahhh tentunya mamie funky mahhh hatinya baikk...ye kannn! Tuh udah bisa molos ke dalam..wkwkwk
Terus di dalam gua, masih ada lagi nihh rintangannya. Kita harus jalan menunduk  karena ada karang yang menjorok ke bawah di depan pintu masuk gua nya. Weleee....
Nahhhh barulah ketemu goa yang tidak kita sangka2.....di dalamnya ternyata luas bo! Jangan khawatir gelap, di dalam goa sudah dipasangin lampu2 di beberapa titik.
Dan yang namanya pura adalah tempat beribadah, jadi banyak yang sedang beribadah disini.
Dbeberapa pojok sepertinya ada beberapa lobang goa yang entah  menuju kemana....
Kita sih berjalan lurus ikutin orang2 yang ibadah aja.....
Siapa yang menyangka yaa dengan pintu  masuk yang kecil begitu, taunya di dalamnya goa ini gede banget ya ruangannya.
Dan ada patung dewa2nya juga di atas sana.
Foto dulu buat kenang2an kalo gua udah pernah masuk ke dalam goa...gak ada foto artinya hoax bukan? hihihii
Umat yang telah selesai sembahyang di atas....
Menurut gua sih bagus juga goa ini....dan orang2 Bali banyak juga yang beribadah kesini. Mereka sengaja nyebrang dengan kapal cepat untuk menuju ke goa ini.
Dan yang bikin kita berdecak kagum adalah disini terdapat patung Dewi Kwan Im juga loh.
Dan dipasang beberapa lampion merah di tiang itu, seperti tradisi2 di rumah atau klenteng Chinese gitu yaa. Malahan disetel musik lagu mandarin juga disini. Padahal ini di Nusa Penida gitu loh, di dalam pura pula....gak nyangka bukan?
Setelah itu kita langsung keluar dan untuk jalan balik ke tempat parkiran mobil tadi, kita harus jalan memutar dengan menuruni tangga dan melewati perkampungan penduduk setempat.
Selesai deh jadwal wisata kita hari ini. Setelah itu kita dianter ke penginapan kita yang namanya Saren Villa. Beginilah pintu masuknya....
Bentuknya seperti rumah kontrakan gitu yaa...hahahha. Tapi terlihat asri dan bangunannya baru.
Silakan mampir ke villa saya...
Beginilah kamarnya....luas juga kok...
Dan kamar mandinya kayak gini...Lumayan lah untuk menginap satu malam doang mah ya. Apalagi disini wifi nya kenceng banget. Jadi betah dehh di kamar...hahaha. Oh iya, kita dapet sarapan juga disini, menunya boleh pilih antara omelet atau pancake. Gua sih sebenernya pengennya pisang goreng, tapi gak ada...halahh!
Berhubung makan malam gak ditanggung oleh agen tour nya, maka kita harus cari makan nih. Udah dikasih tau tadi kalo kita berjalan sekitar 300meter, ada satu restoran yang namanya Minang Penida. Yah gak ada pilihan lain, yang terdekat cuma ada resto ini doang. Jadilah kita makan malam disini.
Kita pilih menunya ayam bakar kalo gak salah. Beginilah penampakannya. Rasanya enak juga sih, tinggal minta kecap manis aja buat penambah rasa. Total kerusakan makan malam disini habis Rp. 260.000 untuk berempat.
Di bagian belakang resto langsung pantai dan laut nih..Asik juga viewnya...
Biarpun udah malam, masih terlihat semburat sunset di ujung sana...
Hari kedua di Nusa Penida.....
Pagi2 nya si Papoy sengaja pergi sendirian ke pantai yang letaknya di belakang resto tempat semalam kita makan. Beginilah pantainya saat pagi hari...
Pasirnya hitam yaa disini...
Inilah resto yang semalam tempat kita makan dilihat dari arah pantai....
Oh iya, pagi ini kita dijemput pagi sekitar jam 7 dan sekalian check out karena nanti sore jam 15.00 kita udah harus naek kapal cepat kembali ke Bali.

PANTAI KLINGKING
Tempat wisata pagi ini adalah ke Pantai Klingking yang lagi ngetop2nya di social media. ..Yeayyy, cita-cita eikeh buat foto disini kesampean juga dehh!
Mamiefunky squad yang pantang pulang sebelom memory card nya penuh...hehehe
Dengan berbagai macam pose....puas-puasin deh ya...
Karena kita nyampe sini masih pagi, jadi belom terlalu antri buat foto disini. Pengunjungnya masih sedikit. Gak tau ya kalo udah siang, rasanya sih bakal emosi jiwa buat antri foto doang....
Dan ini semua fotonya oleh supir merangkap guide merangkap fotografer kita...Jago juga dia fotonya, sehingga gak usah take berulang2. Dia udah paham angle foto yang bagus dari sebelah mana.
 Kalo menurut gua, pulau nya itu bentuk dolphin..atau ikan lah gitu. Tapi kok malah ada yang bilang mirip dinosaurus yaa? Hayoo kalo menurut kalian mirip apa ini pulaunya?
Inilah yang bikin Nusa Penida naek daon....tempat ini memang bagus sih yaa...
Makanya satu dua foto aja gak akan cukup....harus puluhan donggg! hihihii
Cuma mamiefunky lahh yang nekad begini....demi apahhh! Yahhh demikian lahhh!
Tiba-tiba kepengen aja menclok di pohon ini..padahal letak pohonnya persis dipinggir jurang. Guidenya aja sampe nanya berkali-kali : ibu gak apa2 naek2 kesana? Mungkin dalam hatinya sih bilang : aduhh nih ibu2 nekad amat sihhh! wkwkwkwk! Iyahh bli, sayah mah emang gitu orangnya. Suka yang ekstrim2...hihihihi...( padahal dalam hati juga mpot mpotan takut....).
Abis itu, bingung turunnya....ribet pabaliyeut deh. Naeknya bisa, turunnya agak ngeri-ngeri sedap.
Sebenarnya kita bisa aja turun ke bawah sana, maen air atau berenang di pantai Klingking nya, tapi akhirnya gua memutuskan jalannya berenti sampe disini aja deh.
Soalnya jalan turun naeknya itu begajulan kayak begini nih....bikin males kannn! Menurut guidenya mungkin sekitar 30 menit kalau mau turun ke bawah . Gua gak sanggup, mending milih naek aja balik ke mobil. Udah bosen juga maen air dan pantai.....hahaha...
Kalo gua kagak salah denger penjelasan guidenya, ini adalah pohon Cinta yang baru2 ini patah jadi tinggal batangnya sedikit doang begini. Duhh...gak kebagian deh foto di atas pohon Cinta. Kalo liat2 di foto orang2 sih bagus dan unik bentuk batang pohonnya...dan dibelakang itu belom ada atap warung begitu....coba aja cari di IG dengan kata kunci : pohon cinta...

ANGEL'S BILLABONG
Tempat kedua hari ini adalah ke Angel's Billabong. Jalan masuknya melewati deretan pohon yang instagramble bingit dahh...
Di ujung2 ranting pohon itu ada bunganya berwarna pink macam sakura...bagus lah pokoknya.
Angel's Billabong itu adalah kolam yang dikelilingi tebing2 di pinggir laut yang mempunyai warna kehijauan.
Tuhhh keren kannn.....*iya in aja biar cepet....hahaha
Sebenernya saat kita disini tuh rame banget pengunjungnya. Jadi satu tantangan sendiri gimana caranya kita dapetin angle foto yang terlihat sepi gak ada orang....
Pokoknya belom mau udahan kalo fotonya belom dapet "kesan sendirian" nya...wkwkwk
Nahhh begitulah kondisi aslinya saat kita kesini. Ada yang berenang di kolamnya di bawah itu...belom lagi orang yang berdiri di pinggir tebing buat foto2....Rame banget deh...
Nahh hati2 nih yang mau foto dipinggir tebing ini. Udah pernah kejadian seorang turis terbawa ombak ketika lagi foto2 di karang2 ini, ditemukan beberapa hari kemudian dalam keadaan sudah meninggal. Memang serem sih ombaknya tinggi sampe airnya muncrat2 ke atas seperti waterblow yang di Bali itu.
 
Jadi selalu berhati2 deh di setiap tempat wisata. Malahan ketika kita udah balik ke Jakarta, cuaca di sini semakin buruk, ombaknya itu naek sampai ke atas tebing yang atas itu.
 

BROKEN BEACH
Masih di kawasan yang sama, tinggal berjalan melewati pepohonan, maka kita akan sampe di tempat wisata yang juga lagi heits yaitu Broken Beach.
Nahh mungkin bunga pink nya lebih keliatan di foto yang ini nih....Kalo lagi berbunga semua, katanya mirip sakura...
Nahhh ini dia yang dimaksud Broken Beach.....batu karangnya bolong di tengah2 sana.
Sayang banget nih pas kita kesini tuh cuacanya morat marit gak tentu banget. Sebentar gerimis, awannya kelabu, terus gak lama mataharinya nongol lagi. Tsahhh....jadi level warna biru air laut dan awan pun mengikuti cuacanya....Kadang bisa biru cerah, kadang biru gelap...
Yahh mamiefunky squad wajib lah pose bersama disini....
Nahh pas sampe di Broken Beach ini kan udah agak siang, jadi pengunjungnya rame banget nih sehingga mau foto di spot ini pun antri dah...harus sabar nunggu orang lain foto.
Viewnya memang bagus yaaa....
Apalagi dengan deburan ombak di batu karangnya itu...bikin fotonya terlihat dramatic.
Si Miko rajin banget jalan keliling sampe ke atas karang yang bolong  itu....
Dia disuruh jadi modelnya kali ini. Soalnya si mamie mah udah ngetem di warung yang jualan pisang goreng dan malah duduk2 makan disitu. hahaha. Abisnya panas banget sih, jadi males keliling2...
Tapi memang bagus juga yaa foto dari spot ini....dari arah karang yang bolong ke arah tempat tadi kita foto....
Intinya semua yang dipajang disini udah pasti bagus2 lah....*iya in aja...kalo kagak, nanti fotografernya ngambek. hihihihi.
Jadi kalo ke Broken Beach, usahakan jalan berkeliling yaa..biar dapet spot2 foto yang bagus kayak gini.
Kita gak berlama-lama disini, langsung balik lagi ke mobil untuk menuju ke tempat selanjutnya. Tuhh bunganya ngepink ngepink bagus yaaa...
 Di dekat parkiran, ketemu deh pohon yang disebut Angel's Tree. Langsung manjat dan pose lah sebelum rame yang mau foto disini...
Nahh beginilah pohon nya secara utuh....
Dan gak lama kemudian, di belakang sana rame udah kayak pasar....Sighhhhh! Kudu sabar tingkat dewa dehh kalo mau foto sepi2 mah....*ternyata susah yaa jadi IG seleb....Ku tak sanggup!
Balik ke parkiran, kita dapet nasi kotak lagi yang menunya mirip seperti kemaren. Langsung deh kita makan dulu di mobil karena udah laper. Abis itu baru deh lanjut jalan lagi.
Nah beginilah sekilas jalanannya dari Angel's Billabong. Jalanan sedikit sempit dan berdebu plus geradakan jalannya. Cuaca juga memburuk nih. Ngeliat awannya yang hitam tinggal nunggu hujan turun bikin hati ketar ketir. Kita kan masih mau berkunjung ke satu tempat wisata lagi. Masa ujan sihhh?!

CRYSTAL BAY
Tujuan terakhir hari ini sebelum kita ke pelabuhan untuk naek kapal cepat balik ke Bali adalah Crystal Bay Beach. Kawasan ini adalah sebuah teluk dengan air yang bersih dan jernih sehingga akan berkilauan seperti kristal bila airnya terkena sinar matahari. Tapi begitu kita sampe sini, langsung disambut hujan gerimis ajeee.....hadeuhhh! Liat aja tuh awan mendung2 di tengah laut sana.Tapi gerimisnya lalu berhenti....
 
 Deretan pohon kelapanya instagramable bingit dehhh.....
Bikin akuhh ingin meloncat loncat manjahhhh!
Setelah itu duduk kecapean....hahahha.
 
Ombak disini lumayan besar, jadi kayaknya gak cocok untuk tempat berenang.
Tuh kan, sepi gak ada yang berenang....
Nah di pantai ini juga ada semacam onggokan batu karang di tengah laut dan ada bolongannya juga sebagai ciri khasnya.
Awannya semakin gelap disini, dan gak lama hujan gede turun lah. Kita manyun gak bisa ngapa2in, malah melipir ke warung yang banyak berderet di deket area parkiran. Kita malah makan mie goreng, popmie dan sate ayam disini sekalian ngopi2. Halahhh....untung aja cuaca jeleknya pas kita udah selesai ngunjungin tempat2 heitsnya yaa. Jadi kalo pantai ini sih sekedar mampir aja lah....walopun kita bisa aja menyewa kapal untuk snorkling di area yang agak ke tengah laut sana.  Sewa kapal sekitar Rp.200 ribu dan sewa alat2 snorklingnya Rp. 50.000.  Bisa juga menyelam dan sewa alat selamnya sekitar Rp. 1 juta. Hueeee... kita mah gak sempet lah, waktu kita kan terbatas karena udah mau balik ke Bali sore ini.
Kalau kita berjalan terus ke depan sana, akan ketemu pantai lagi yang banyak payung2 pantai yg disewakan. Kita udah gak semangat lagi explore ke ujung sana. Lagipula rasanya udah puas banget deh maen ke lautnya....You know kan, begitu udah ke Labuan Bajo, lalu diajak ke pantai sini yang pas cuacanya juga mendung2 begini, rasanya kebanting banget pantainya. Gak ada apa2nya. hahaha...
Akhirnya, kita diantar ke pelabuhan dan say goodbye deh sama si bli Kadek yang udah nemenin kita 2 hari ini. Tak lupa kita kasih tips juga karena dia sudah bekerja dengan baik. Dan hujan masih terus aja gak berenti2 sampe kita naek kapal.
Dan gak seperti perginya, saat perjalanan pulangnya ini balik ke Sanur, sepanjang jalan kapal diterpa ombak besar dan tinggi sehingga kapal kita terbanting banting dengan cukup keras dan menyeramkan. Semua penumpang menjerit jerit. Boro2 mau tidur kayak waktu perginya yang ombaknya tenang. Ini sih jadi ketar ketir sepanjang 45 menit perjalanan. Gilaaa sport jantung beneran. Si Alvin aja mukanya udah pucet ketakutan, gua sih berusaha tenang. Ada cewe orang India yang bilang ( dalam bahasa Inggris cencunya ), dia minta tolong bilangin ke kapten kapalnya supaya jalanin kapalnya pelan2 aja. Dia ketakutan setengah mati. Pokoknya satu rombongan kapal kita itu semua pada histeris dahhh kalo kapal udah kebanting dan miring2. Astagaaaaa......Gua juga yang parno kalo soal naek kapal laut, udah langsung memanjatkan doa-doa yang gua hapal deh...wkwkwkwk! Aseli..ini perjuangan banget buat balik ke Bali. Perginya enak-enak aja, pulangnya sengsara tersiksa begini. Untung kagak ada yang muntah. halahhh! Thankgod, akhirnya kita sampe juga di Sanur dengan selamat dan tak kurang apapun. Cuma tas kita plus kopernya basa kuyup karena di Bali hujan lebat banget. Berarti tadi di tengah laut tuh badai yaaa....pantesan naek kapalnya begajulan kayak gitu! Huh! Bikin mamiefunky squad jiper aje!

Trus dari tempat turun kapal yang harus nyemplung di tengah2 air laut, kita berlari hujan2an mencari tempat meneduh. Sambil nunggu porter turunin koper kita kan. Eh taunya koper dan ransel kita gak dibawain ke konter Idola, cuma digeletakin di batu karang dipinggir pantai. Akhirnya si Papoy dan si Alvin lah yang lari lagi kesana buat gotongin koper kita yang berat aujubilah plus ransel2 kita 4 biji. Ampunnn, semua basahhh kuyup. Abis itu kita pikir mau makan malam sekalian di warung Mak Beng Sanur yang heits itu...Tapii, yahh owohh, waiting listnya sampe keluar2, orang rela pake payung antri. Lha kita kan gak punya payung, terpaksa melipir ke sebelahnya dan batal makan, saat itu masih sekitar jam 5 an. Trus kita nunggu mobil jemputan agak lama juga tuh karena macet banyak mobil dan taxi yang mau jemput tamunya masing2. Akhirnya dateng juga jemputan kita dan kita minta di anter ke hotel di daerah Kuta yang super duper macet. Weleeee...kaco banget deh Bali sekarang2 ini. Kagak hujan aja udah macet, apalagi ini hujat lebat banget. Kita minta mampir ke McD drive through aja buat beli makan malam, karena udah tau begitu sampe hotel gak bakal bisa keluar kemana2 saking hujannya gede banget dan macet dimana2.

Jadi begitulahh the story of Nusa Penida trip kita yang singkat tapi padat. Overall semua menyenangkan sih ya, cuma infrastruktur nya aja nih yang belom sempurna. Jalanannya gradakan belom diaspal di beberapa tempat menuju lokasi obyek wisatanya, ,. entah gimana kalo musim hujan lebih parah lagi kali, mobil bisa slip.  Belom lagi jalanannya juga sempit, kadang jalannya harus bergantian antar mobil. Fasilitas seperti toilet di obyek wisata juga darurat dan ala kadarnya. Hotel juga belom ada group besar yang masuk kesini. Segitu aja, pariwisata disini udah rame banget dan pengunjung bakal dateng terus. Nahhh buat yang belom kesana, buruan mulai hunting2 tiket ke Bali deh. Gak bakal nyesel karena tempat wisata disini bagus pake banget! Aseli! Gua bilang : Alamnya Indonesia itu amazing!
Tapi pas posting ini, kemaren malam kan gempa di Lombok sampe 7 SR dan berpotensi tsunami, efeknya kerasa juga sampe ke Bali tuh. Aduhhhh, semoga aja tempat2 wisatanya ini gak hancur ya. Dan gak sampe makan korban manusia juga. Kasian banget. Untungnya kita udah pernah ke Gunung Rinjani dan tempat2 wisata Lombok lainnya. Trus padang rumput Gili Lawa di Labuan Bajo juga kebakaran seluas 20 hektar gara2 ada turis yang nyalain kembang api demi mendapatkan foto yang cetar membahana. Astagaaa......sedih banget ngebayangin savana yang kuning eksotis yang baru aja kita datengin berubah jadi hitam gosong dimana2 cuma gara2 ulah segelintir orang egois. Kebayang kan orang2 yang mau berlibur kesana dalam waktu dekat ini? Yang udah jauh2 hari kepengen ke Gili Lawa..yahh mungkin harus nunggu sampe pulih dulu deh, biar bisa menyaksikan keindahannya yang hakiki. Argghhh....sayang banget ya. Sekali lagi gua merasa bersyukur dan beruntung banget deh saat jalan-jalan ke semua tempat wisata yg gua sebutin diatas itu, baik Bali, Lombok dan Labuan Bajo, kita masih dilindungi dan tidak mengalami hal2 yang menakutkan seperti gempa bumi, kapal terbalik, ombak besar, kebakaran hutan, dll. Thankgod!

Yaudah, sampe sini dulu yaaa......abis ini gua masih harus siapin cerita jalan-jalan kita di Bali selama 3 hari sebelom akhirnya balik Jakarta. Tunggu aja yeee.....Babayyy Ciaobella!

4 comments:

  1. Nusa Penida memang lagi heitsss dan kayaknya memang keren banget ya! Aku suka banget pura yang berada di dalam gua itu, keren banget!!!

    Rp 750K untuk dua hari termasuk penginapan oke ya. Dan iya, kayaknya kalau perginya one day kurang puas untuk explore pulaunya ya. Berhubung sudah sampai sana, yang mana transport-nya agak ribet (soalnya mesti naik kapal, haha), ya mending disekalianin explore semuanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut kita sih 750k per org itu udah murah banget ko, bisa explore pulau 2 hari plus makan siang..sarapan, mobil, dan hotel. Kalo kita pesen sendiri2 terpisah juga repot sih ya, paling beda2 tipis aja biayanya.

      Delete
  2. Akhirnyaa ya ci ada operator yang ok di trip kali ini. Baguss banget servisnya.. Dan foto2nya selalu always bikin mupeeeng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh beruntung deh yang di nusa penida ini dapet yang serba oke no komplen2...jadi pulang dengan hati puas...

      Delete