Wednesday, September 25, 2019

DUA DASAWARSA

Holaa...pakabar duniaaa?!

Ihhh bener kan waktu itu berlalu begitu cepatnya. Tau2 udah 20 tahun aja Maria dan Ferguso mengarungi bahtera rumah tangga. Yang udah ngikutin blog ini masih inget dong tanggal cantik 19-9-1999 adalah hari bersejarah kita berdua? Apahh? Gak inget? Yawdah, emang Maria dan Ferguso doang kok yang wajib inget selalu. Ck ck ck..bayangin aja, 20 tahun! Itu kan berarti 7300 hari, 175.200 jam. Gilee, lama bangettt kann yaa! *kasih standing applause dong! Eitss, apakabarnya yang udah lewatin 50 tahun pernikahan yaaa? Lebih lama lagi itu sihh! *nyembah. Gak kebayang dehh! Yah udah, jangan dibayangin atuh lah, daripada stress sendiri. Dijalanin aja....tau2 juga nanti tiba saatnya. Gak kerasa kok! *menghibur diri...hihihii.


Kalo ada yang nanya : apa sih rahasia pernikahan yang bahagia dan rukun selalu? Gua pribadi asal aja ngejawab :  Ga ada rahasia2 ah perasaan. Santai aja jalaninnya. Yah memang, kalo di teori2 sih bilangnya kan : saling mencintai, saling menghormati, saling menghargai.....banyak banget deh tipsnya. Semua juga awalnya begitu kann : Cinta...Love...Sayang. But, Love isn't  always perfect. It isn't fairytale or a storybook. And it doesn't always come easy. Gak cukup cuma modal cinta doang gaess! Gak cukup cuma modal sayang doang. Itu semua palsu, cuma ada dalam sinetron dan drama Korea. Realita itu lebih kejam. Gak ada yang mudah di dunia ini. Memang beruntung banget kalau sampe bisa menemukan pasangan hidup yang satu frekuensi. Tapi, ibarat radio, kadang gelombangnya bisa gak tune juga kan, gak pas, bisa kresek-kresek bikin kuping sakit..ye kann!

Begitu juga dalam berumah tangga. Semua teori2 itu susah banget diterapkan dan dicerna oleh otak, kadang kalo lagi gak mood, masalah kecil aja bisa jadi hal yang besar. Ya gak sihh? *lirik Ferguso. Gak usah disebutin contoh2nya ya, wong sepele doang kecil2 sebangsa jarum, paku payung, remahan rengginang...tuhhh, kecil banget kannn! Hihihi. Tapi coba aja kalo jari ketujes jarum, sakit kann! Belom lagi kalo paku payung ketelen, atau mata kelilipan remahan rengginang, bisa jadi big problem toh? Yahh kira2 seperti ituh....*contoh yang simple bukan? hihihi
Ahh sudahlah, pokoknya gak ada tips2 penting dari kita berdua. Jaman now semua kiat2, tips2 tentang pernikahan yang bahagia dan langgeng udah banyak banget beredar di dunia maya. Silakan aja baca sendiri dan praktekin. Kita berdua pun masih saling belajar sampe sekarang. Dibilang berantem sih kita gak pernah berantem, ada nya bacok2an, cakar2an, tinju2an...wkwkwk! Gawat, KDRT itu sih! Gak ding, gak pake begituan kita mah. Intinya, setiap rumah tangga punya kaidah2, prinsip2 dan cara masing2. Gak ada contekan ke rumah tangga orang lain, ke tetangga, ke sodara. Gak usah banding2in. Rasain aja sendiri yang cocoknya gimana, yang terpenting yah omongin kemauan kita ke pasangan. Kalo sampe pasangan kita gak mau dengerin omongan kita, ambil golok aja! wkwkwwk. Maksudnya, buat tebang pohon goloknya.....gitu loh. *abaikan kalimat terakhir ya.

Yah pokoknya komunikasi lancar dan bernegosiasi lah sepinter mungkin dengan pasangan. Syukur2 pasangan bisa mengerti kemauan kita. Seperti contoh si Ferguso yang sampe detik ini selalu merayu Maria buat ke Everest! Mau pingsan gak coba. Tontonannya BBC Earth, pas acara2 extreme trekking lah, pas orang trekking ke gunung bersalju dimana lah...pokoknya gunung melulu.*elap keringet. Gawat lah pokoknya. Maria udah harus siap2 mengarang alasan gimana cara supaya kagak mau diajak ke gunung. Kira2, enaknya bilang apah yaaa? *berpikir keras. Udah lah, gimana nanti ngarangnya, masih setahun lagi. wkwkwk!

Nahh setelah 20 tahun, kita mah masih begini2 dan begitu2 aja...gak yang gimana2. Kalo foto berdua, teuteup harus terlihat harmonis, walaupun misalnya ada drama diantara kita..wkwkwkwk!
Trus, karena tanggal 19-9-2019 itu jatuh pada hari Kamis, jadi berasanya ga semangat amat buat ngerayainnya. Pulang kerja udah males mau kemana2. Tambahan pula hari Kamis ini jadwal kontrol mata yang abis dilaser, jadi janjian 'ngedate'nya malah sama dokter ganteng di RS mata. Fix, gak ada yang special lah hari ini. Nunggu kiriman buket bunga pun ga nyampe2. Emang kagak bakal ada yang ngirim juga sih! hiks hiks! *nangis guling2. Padahal udah dikasih kode2 morse, teuteup aja ga peka ih! Padahal akutu sukanya disurprise in...Arghhhh, terima nasib aja dah. Padahal kalo liat bunga layu juga suka kesel sendiri, kenapa kasih bunga sih, mending bayarin candle light dinner dimana kek...wkwkwkwk. Amsyiong lahh yang jadi suaminya...mao lo apa sih! Yang sabar yaaa Ferguso...terima aja nasibmu menikah dengan orang cantik! *kebayang Ferguso jedot2in kepala ke tembok.

Oh iya, sebutan untuk peringatan ulangtahun pernikahan yang ke 20 adalah Pernikahan Keramik/Porselen dalam bahasa Indonesia, sedangkan dalam bahasa Inggrisnya adalah China Wedding. Errgghhhh, agak gak nyambung yaa antara istilah Indo sama istilah bule? Apa hubungannya itu si keramik sama si China? Apa karena keramik kebanyakan dari China? Yaolohhh...entah lah, ku tak ada waktu buat mikirinnya. wkwkwk. Apalah arti sebuah nama..ye kann! Halahh, kemaren2 waktu ulangtahun pernikahan ke 16,17,18,19, protes karena gak ada namanya. Sekarang udah dikasih namapun, masih juga protes. Mau lo apah sih! wkwkwk...
Nahh, gegara keramik dan porselen ini nih, otaknya jadi mikir, nyari2 thema buat bikin kue. Eh nemu deh yang jualan tatakan kue persis seperti yang gua mau. Nama item barangnya pun mirip sama nama sebutan peringatan ulangtahun pernikahan ke 20, yaitu China Blue. Yaudah, beli dulu aja tatakannya, kue nya mah gimana nanti aja. Yah emang, karena tanggal 19 September kan udah berlalu dengan begitu saja, bikin kue nya pun nyaris batal karena udah males duluan. Kayaknya tahun ini ngambang aja gitu, kayaknya gak harus ada kue juga gak apa2 deh. Tapi dipikir2, mana seru yaa ngerayain tanpa ada kue nya? Masa biasa2 aja sihh perayaannya? Akutu gak bisa cuma pasrah2 begini doang. Aku gak terima pokoknya! Apalagi jiwa sebagai tukang kuenya tuh selalu mendidih menggelora setiap kali ada moment2 khusus sebangsa ulangtahun, anniversary, dll. Rasanya tuh kepengen bikin kue melulu, yang special gak ada yang nyamain. Tsahhh! Nunggu yang kirim kue pun udah pasti kagak bakal ada.  Halahh!
Ya sudahlah, akhirnya diniatin aja deh bikin sendiri dengan konsep yang udah ada dikepala hasil browsing2 selama ini. Tapi ini maksa banget bikin kuenya, pertama, gak ada bahannya. Manalah pas hari Sabtu malam itu kita kondangan dulu. Pulang kondangan udah jam 9 malam, masih mampir ke Alfamart buat beli mentega. Pulang ke rumah, ganti baju, langsung kocok mentega untuk jadi buttercreamnya. Kue nya sendiri pake dummy bekas kemaren gua ultah aja. Udah hampir sejam menteganya dimixer, warnanya kagak putih2, masih agak krem begitu. Yah kali, margarine Blueband gitu kan emang kuning, mana bisa berubah jadi putih Bambang! *tepok jidat. Pasrah...dicampurin pewarna biru, warnanya bukan biru, malah sedikit tosca, jadinya kurang matching sama tatakan kuenya, udah melenceng dari rencana. Amsyiong! Emang sih, antara angan2 dan realita ituh jauh berbeda! Yah mau gimana lagi, daripada kagak ada...ye kan! Itu baru mulai dekor kuenya sekitar jam 10 malam. Konsepnya tuh painting buttercream gitu, kebanyakan liat di akun IG baker2 seluruh dunia. Sebenernya gua mau ikut kursusnya, tapi belum sempet gak ada waktu, plus sayang duitnya juga. Lumayan kalo mau kursus sekitar 1,6 juta. Yah atuhh, beli aja ituh mah kuenya, udah dapet yang 3 tingkat cetar membahana keleus! hahaha. Yahh, kan kalo dapet ilmunya, bisa dipraktekin lagi dong, gak cuma sekali doang. Jadi sekarang mah mending plototin youtube aja dah, hemat! Sambil baca mantera yahud sepanjang segala masa : Jek jek nong jek jek nong, prok prok prok jadi apahh?! Semoga aja jadi. Keliatannya gampang banget, cuma asal templok2in doang...ye kann! Dan sejam kemudian....beginilah jadinya kue China Wedding kita taon ini ...Tadaa!
Hmmm, gimana gimanaa? Lumayan kannn? Lumayan ancurr! wkwkwk! Yahhh, maklum deh, tukang kuenya cuma modal nekad doang ini, gak pake kursus. Ibarat lukisan, ini tuh aliran impressionisme menjurus ke abstrak. hihihi. Segini sih menurut gua lumayan lah bagi yang pertama kali ngelukis dengan buttercream, tanpa kursus pula...ye kann! *dih, muji diri sendiri. Yah jangan diliatin sampe dizoom lah kakak! Liatnya sekilas aja..hihiihi. Yang penting judulnya : tiada kesan tanpa kehadiran kue buatan saya. Uhuy...Belom lagi masih juga ngotot kudu pake bunga, berhubung kagak ada yang ngasih, sengaja abis lari pagi, mampir ke depan TPU, disitu banyak yang jualan bunga kann...wkwkwk! Maksa banget kann si mamie...Aku mah emang gitu orangnya. Kagak ada yang ngasih, yah beli aja sendiri. Gitu aja kok repot. Udah gitu, si Ferguso masih bisa banggain dirinya, kalo dia yang nganterin gua beli bunganya. Hadeuhhh...
Narsis dulu ah sama hasil karya sendiri. Bagus gak bagus, yang penting kan kepuasan batin....*syarafnya agak terganggu kali nih orang...hihihi
Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapapun - demikian kata eyang B.J. Habibie.
Anniversary kiss....
Nahh, sekarang fokus ke celebration nya aja ya. Mau makan dimana lagi nihh kita? Mau makan apa yaa? Restoran apa sih yang lagi diskon atau promo buy 1 get 2 free? Kita kan bertiga nihh....hihihii. Gak mau rugi banget lah si mamie! Oh jelas, penting banget ituh. Demi kelangsungan kerajaan mamiefunky, kita harus selalu memanfaatkan promo dan diskon yang ada. Memang ada sih promo2 makan all you can eat atau buffet di hotel bintang kejora, tapi kita udah gak mau lagi kayak gitu. Udah bertobat, perut gak akan muat. hahaha. Kita juga gak perlu lagi makan di resto2 mewah bin mahal, cukup yang sekedarnya aja lah buat quality time rayain anniversary. Ubek2 di Zomato, cari resto yang lumayan lagi heits dan makanannya enak. Muncul lah si The Garden yang ada di daerah PIK dengan rating 4,7 dari 5. Okelah, kita pun meluncur kesana. Nyampe depan restonya sih emang eye catching banget, restonya didekor dengan thema lolipop seluruh bangunannya sampe ke pintu masuknya, tapi kayaknya rame banget. Banyak yang lagi foto2 juga di depan restonya. Cari parkir nya pun jauh banget dari resto, itupun beruntung dapet pas ada mobil yang baru mau keluar. Trus, saat lagi jalan ke The Garden, kita lewatin resto yang eye catching juga di depannya ada dekor kayak photobooth gitu. Kaca restonya bening, jadi diliat2 dari luar juga kayaknya kece nih, dan masih ada meja2 kosongnya. Yawda lah, daripada nanti waiting list di The Garden, kita malahan masuk ke resto ini aja. Galawer! Namanya aja gak pake rencana2, jadi kita mah seketemunya aja. Apalagi bawa orang lapar, kan bahaya, orang lapar bisa berbuat apa saja, mending cari aman aja. hahaha.
Nahh kayak ginilah depan restonya : ( kita foto disini sesudah makan dong...). Nama restonya : San Thai. Dan emang menyajikan makanan2 khas Thailand.
Dan masuk ke dalam restonya, wihhhhh enak banget deh ambience nya.
Sesuai namanya : San Thai, interiornya juga terlihat eye catching dengan mural kekinian : flamingo dan daun2 monstera dan floral, membuat santai pengunjungnya.
Di area bar dan kasir terlihat balon2 kecil berbentuk flamingo, unicorn, dll yang dijadikan tatakan minuman.
Nahh kayak begini maksudnya...Ini kita order minumannya Ice Thai Tea.
Dan inilah pasangan yang berbahagia masa gitu....eh masa kini. hihiihi.
Foto aja terus, mumpung belum banyak orang. hahaha
Lagi berunding, siapa yang mau bayarin tagihannya nanti....wkwkkwk!
No relationship is all sunshine, but two people can share one umbrella and survive the storm together. Tsahhhh, masih juga sok quote2 gini, boleh nyontek ini juga. Hihihi
Nahh tuhh , background nya kece kann. Sayang kita gak kebagian meja di belakang sana...
Inilah orderan kita di San Thai : udang saus telor asin yang rasanya endeuss tralala trilili.
Bangkok beef , rasanya maknyus juga.
Tomyam nya kita pesen 2 porsi, karena seporsi gak akan cukup saking rasanya enyak gurih lezatos!
Ini cah kacang panjang terasi, rasa kacang panjangnya garing2 gitu, endang bambang gulindang.
Terakhir dan agak lama nih keluarnya, yang kata supervisor restonya menu recommended disini, adalah tropical chicken, emang enak sih rasanya. Cuma kita udah kekenyangan banget sama makanan2 yang duluan keluar, jadi masih tersisa sedikit.
Dan inilah tamu yang datang ke hari berbahagia kita....hahaha. The one and only : Miko the Nonoy. Huahhh, kurang si Panda nih! Kurang seru ajaa rasanya...gak ada yang abisin makanan. hahaha
Tuh kan, semua ludes tandas. Recommended banget deh makan disini...*jadi ngiklan, dibayar gak nih? hahaha.
Pas jalan ke toilet, mampir foto dulu dimari....buat kenang2an ye kann!
Udah gaya duduk, gaya berdiri...komplit lah! Narsis tingkat akut nya kumat.
Sekalian foto lagi dipojokan sini....
Malahan si supervisor restonya kasih tau kita, kalo tangga mereka itu salah satu spot foto favorit di resto ini. Yaoloh..benerrr! Kece nih tangganya...
Niat banget yaa yang bikin resto ini. Udah dekornya cakep2, makanan enak2....recommended dan cocok buat orang2 narsis kayak akuhh. hihihii
Nahh di lantai 2 nya juga interiornya cakep2, lucu banget deh. Cocok buat kumpul2 bareng keluarga, temen, geng.?terserah mo ajak siapa juga kesini..hahaha
Tuh yang ada nanasnya lebih kiyut lagi...
Ahh coba tadi kita makannya diatas aja yaa..
Ga tau juga sih diatas ruangannya lebih lucu lagi interiornya.
Untung juga sih pas siang itu pengunjungnya ga begitu bahyak yang makan di atas sini, jadi bisa capture2 sesaat.
Lucu banget mural nanasnya, betah deh gua disini..hahaha
Di pojokan lantai 2 nya pun gak kalah instagramable sama yang bawah.
Udah selesai makan dan bayar, dikasih suvenir tissue basah dengan logo restonya. Lucu juga...
Keluar dari situ, kita balik ke parkiran mobil. Ternyata mobil kita parkir di depannya Orbit Gelato yang lagi booming juga sepertinya. Gua pernah liat beberapa selebgram yang review tempat ini. Jadi kita melipir dulu kemari.
Awalnya cuma ada beberapa pengunjung, eh lama2 rame juga loh.
Pilihan rasa gelatonya lumayan banyak, sempet dikasih tester beberapa macam rasa. Lumayan kann...hihihi
Kita pilih yang rasa strawberry mix dengan honey pockey, yang satunya lagi rhum raisin mix dengan rasa apa gitu.gua lupa. Hahaha. Rasa yang pernah ada kali...trus toppingnya gratis, pilihannya juga macem2. Kita pilih almond sliced dan coklat cracker gitu. Rasanya gimana? Awalnya enak2 aja, yang strawberry asem2 seger. Tapi lama2 ketemu yang honey pockey rasanya manis banget. Trus kenyang banget..jadi ga abis deh. Yang rhum raisin juga sama kasusnya, kekenyangan jadi ga abis.
Yah udah gitu aja sihh perayaan anniversary kita yang sederhana macem rumah makan padang..hihihi. Tapi yang penting kan maknanya toh? Yang penting mah : Ferguso tetap sabar ya menghadapi istrinya yang super ga sabaran, biar rejeki tambah lancar. Masih 5 tahun lagi nihh menuju ke silver wedding...kira2 mau ngapain yaa nanti? Istri visioner mah gitu, liatnya jauhhh ke depan. Gak yang cuman besok..hahaha, tapi udah mikir selangkah lebih dulu. Ahh beruntunglah pokoknya Ferguso bisa mempunyai istri seperti Maria yang pinter urus rumah, urus anak, bisa masak, bikin kue, dekor kue, bisa diajak ke laut, ke mol, ke bengkel, ke sungai, sampe ke gunung pun diladenin. Kurang apah cobaa? Inih kok jadi promosiin diri sendiri ya lama2? Udah ahh, sekian ngaco belo nya, nanti jadi banyak yang ngefans sama mamie kan reypott...hihihi.
Pokoknya, inti dari semua itu, cuma ada 2 golden rules of married couples :
1. Wife is always right.
2. When you feel she is wrong, slap your face and read rule no.1 again

Got it?! Niscaya pernikahan kalian akan bahagia dan langgeng sampai akhir hayat.
Sampe ketemu di anniversary tahun depan yaa...
Babay Ciaobella!

10 comments:

  1. happy china anniversary utk maria dan fergusooo.......

    sambil baca post kali ini sambil mencatat quote2 penting..
    quote plg akhir tuh yg plg mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks lim..hahaha,iya bener, quote yang terakhir yang harus diinget selalu.

      Delete
  2. hai haiii ce yance,, wah udah happy anniv yang dua dasawarsa aja yahh. cepet bener.. seperti ferguso akan memberikan kado yang cukup indah yaitu tiket pesawat yang mengarah ke everest sebagai kado annivnya deh.. hahahaha.. nyiksa itu mah ya..

    tapi hebat loh jaman sekarang denger orang mah kawin cere. kalo denger maria sama ferguso mah rasanya anteng adem ayem aja udah. gitu ya udah gitu aja.
    gak rempong ribet bin ruwet..

    happy anniv ya ce2 dan ko2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ruby..welee, plis jangan ke gunung lagi...masih cape. Hehehe

      Delete
  3. Mantapp!! Congrats ya sudah 20 tahun!! Semoga awet, langgeng-langgeng, dan jalan-jalan terus!! Hehehehe :D

    Ah aku baru tahu lho istilah pernikahan keramik/porselen, hahaha. Ada hubungannya kok sama istilah China Wedding bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris "China" itu bisa berarti perabot porselen/keramik (piring, gelas, dll) yang mahal banget gitu yang cuma dipakai pas acara-acara khusus aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya ko. Ooohhh, Ic...begitu toh knapa istilahnya China Wedding jadi keramik / porselen dalam Indonesianya..

      Delete
  4. Istri gw habis baca ini blog lgsg forward ke gw.. trus di highligh dong bagian ini:

    Pokoknya, inti dari semua itu, cuma ada 2 golden rules of married couples :
    1. Wife is always right.
    2. When you feel she is wrong, slap your face and read rule no.1 again

    tepok jidat dha..

    ReplyDelete
  5. Jangan sering tepok jidat, ntar pala cepet botak. Hehehe...kalo di rumah kita, memang kanjeung mamie yang selalu benar, jadi yah begitulah adanya.

    ReplyDelete
  6. Happy Anniversary, Ci Yance dan Suami. Makin lengket, makin mesra, makin banyak rejeki, dan semoga segala keinginan tercapai termasuk keinginan suami daki Himalaya hehehehehe. (Cuma blg, dia aja yg daki, kalo cici naek heli).

    Ciiii kursus aja Ci. 1.6 jt itu jaman now kalo di baker yg ada nama, 2 tier aja gak dapet loh harga segitu. Mayan kan buat nyalurin hobi, dan buat future siapa tau buka toko kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya le...iya nih pengen banget kursus kue...tapi belom sempet2 mulu...

      Delete