Sunday, December 6, 2020

JALAN JALAN KE CURUG CIKASO, CURUG CIGANGSA DAN UJUNG GENTENG

Hola gaess! 

Waduhhh, ini kenapa sekarang si mamie jadi "ancur" yaa? Alias Anak Curug....LOL! Jalan jalannya ke curug melulu. Emang kagak ada tempat lain apah? Yah ada sih, tapi kann tapi kannn...akuh mau jalan jalannya ke tempat yang sepi dan gak banyak peminatnya. Harus cari yang antimainstream, biar gak kebanyakan orang. Kebanyakan orang tuh maunya jalan2 ke tempat yang terlihat mewah, shopping2, wisata kuliner, gak usah cape2 jalannya, maunya leyeh2, santai2 macem ke Bali..ye kann?! Bener atau betul? Pasti betul, apalagi cewe2, emak2, ibu2 sosialita ibukota yang manja dan kaum rebahan, ngapain jalan2 nyari cape. Ya gak? *abis ini dilempar kerupuk sama cewe2, emak2, ibu2..pada protes, mereka mah kagak gitu, gak semuanya kok. Masih ada aja yang mau jalan2 ke curug, buktinya kan rame aja curug2 di Sentul, malah pada demen kesana bisa pepotoan juga kan. Ya kali...hehehe

Yaudah lah ya..mungkin ini sudah suratan takdir mamiefunky. Jadi pemburu curug disaat pandemi karena gak ada pilihan tempat jalan2 lain lagi. Biasa kan jadi pencari kitab suci...sekarang sudah tidak lagi. Sekarang berbagai macam curug didatengin dengan beragam macam drama di baliknya. Bersyukur aja, kita masih bisa kelayapan ke curug di masa pandemi ini. Yang penting mah abis jalan2 jadi happy, katanya kan kalau kita happy bisa menaikkan imunitas tubuh, dan gak gampang terserang penyakit. Gituhh kakak! Ahh tapi kalo gua mah abis jalan2 tuh biasa bukan happy, tapi cape...wkwkwk. Happy nya nanti pas liatin foto2 yang segambreng dan banyak yang bagus2...itu baru happy! 

Nah kali ini kita mau ke Ujung Genteng dan juga ke curug Cikaso yang masih satu kawasan di daerah Sukabumi sana. Kita jalan dari rumah sekitar jam 5 pagi dengan perkiraan waktu tempuh 5 jam dari Jakarta. Jalannya lewatin jalur yang mau ke Ciletuh itu lagi, jadi udah ada gambaran bakal kayak apa jalannya. Kalo belom baca cerita jalan2 kita ke Geopark Ciletuh, klik disini aja : Jalan Jalan ke Geopark Ciletuh
Dan waktu lewatin tukang bubur yang waktu itu kita kepengen mampir ternyata keabisan, kali ini kita kesampean deh makan disini. Lumayan buat sarapan, walaupun belum berasa lapar tapi abis juga semangkuk bubur dan segelas kopi. Emang rada kagak nyambung sih ya, bubur sama kopi. Tapi buat ngilangin ngantuk mah udah hajar aja dah. Sampe sini kita sekitar jam 7 an, berarti udah 2 jam nih perjalanannya dari Jakarta.
Nah beginilah penampakan jalanan lewat Cikidang itu...banyak motor yang touring lewat sini. 
Bakal lewatin hutan dan jalannya berkelok kelok dashyat, dan gua yang tadi kekenyangan bubur jadi merasa mabok dan pusing banget gegara terombang ambing di mobil. Jadi gua pilih tidur aja dah. Sebenernya enak banget lewatin jalur ini, gak banyak mobil, gak ada truk dan bis, jadi bisa ngebut dan cepet sampe.
Dan mau ke Curug Cikaso ini rasanya seperti melewati jalan tak berujung, lama dan jauh banget jalannya, padahal menurut hitungan jaraknya dari Jakarta sekitar 200 kilometer, tapi gak sampe2. Entah udah berapa kelokan, tanjakan, turunan, tikungan, perempatan, masih belum keliatan juga batang hidung si tempat wisata itu. 

CURUG CIKASO

Dan sekitar jam 10 an, berarti 3 jam perjalanan dari tempat tukang bubur tadi, baru lah kita sampe di jalan masuk Curug Cikaso dengan penanda plang selamat datang nya seperti di foto ini. Jalannya yang sebelah kanan warung itu ya..kecil dan agak nyempil. Harus awas2 matanya liatin petunjuk plang ini.
Di gerbang masuk tadi kita dikenakan biaya masuk Rp. 15.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 per orang.
Setelah kita parkir mobil dan turun dari mobil, langsung disamperin sama bapak2 kaos merah ini. Jadi dia seperti guide gitulah, mau anterin kita ke air terjunnya. Katanya bayarnya seikhlas nya aja. Yah okay deh, gak apa2 kita berbagi rejeki sama si bapak, toh jadi merasa aman ada orang lokal yang tau kondisi disini. Saat itu cuma mobil kita doang yang parkir. Katanya tadi pagi udah ada rombongan dateng, tapi udah pergi. Jadi sekarang cuma kita doang nih yang kesini. Asik juga kannn...sepii.
Ada 2 jalan menuju lokasi air terjunnya. Mau naek perahu atau jalan kaki sekitar 15 menit. Yahhh tentu aja mamie pilih yang naek perahu dongg...kalo ada yang gampang, kenapa pilih yang susah ya? Betul gak ibu2? *cari dukungan. Nahh ini di depan pintu masuk ke tempat naek perahunya ada plang namanya Curug Cikaso.
Nahhh, baru pada tau kann ada curug yang namanya Cikaso. Gua aja baru denger pas diajakin mau kesini. Baru browsing2...dan ternyata lumayan ngetop. Jadi selama ini kemana ajaa si mamie ya? Gak tau apa2 soal per curug an lah waktu itu sih...beruntung juga ya ada pandemi Covid19..hahaha, akuh jadi menemukan harta harta terpendam yang bikin kaki kepengen menjelajahi curug yang bagus2 dimanapun berada. Tsahhhh! 
Untuk naek perahu, kita beli tiket dulu nih di pos jaga nya.
Tuh harganya resmi Rp.65.000, kagak nipu2, tertera jelas di karcisnya.
Nahhh incess udah siap2 meluncur manja menuju cakrawala nih...eh menuju perahunya berada..
Tuhh incess dah ditungguin boarding nih...perahunya yang ujung sana.
Aihhh, sungainya coklat banget ya airnya, karena katanya 3 hari lalu hujan besar dan banjir sampe naek ke tempat parkiran kita tadi. Yah olohh, ngeri juga ya. Pas kesini sih udah mulai mendung nih langitnya, semoga aja kagak hujan..Plisss jangan ujan dong. 
Nahh udah di tengah2 perjalanan sih airnya mulai hijau nih...gak terlalu coklat lagi. Nahh kann, berasa naek gondola di Venesia, duduknya di ujung perahu.
Onde mandee, mau turun pun macem putri keraton, harus dipegangin soalnya kagak ada tempat mendarat perahu yang permanen gitu, pas injek batu2, eh batunya malah goyang2, ampir aja jatoh nyemplung ke kali...hadeuhhh! Maklum anak kota....
Foto dulu di plang yang ada penjelasan tentang curug Cikaso ini.
Dari tempat turun perahu tadi, kita melewati jalan setapak sedikit menuju ke air terjunnya. Paling sekitar 30 meter aja..
Yalorddd...entuh dia air terjunnya. Wahhh tinggi dan deras banget nih air terjunnya, sampe tampias cipratan airnya terhempas jauh nih. Katanya lagi musim hujan disini, jadi debit airnya banyak. Ini juga begitu keluarin kamera, langsung basah kena cipratan airnya. Jadi harus dari jauh fotonya.
Nahh, fotografer mah enak aja kan nyuruh2 model nya naek ke batu di depan air terjun sana, belum tau itu perjuangannya betul2 berat. Batu2nya itu lumutan, jadi licin banget kalau diinjek bisa kepleset. Sementara kolamnya itu juga makin dalem dan airnya coklat keruh, bikin geli kalau harus ceburin kaki.
Udah gitu, modelnya pake celana putih pula, sayang2 kalo sampe kotor. Beuhh rempong dah pokoknya. Jadilah si bapak guide yang tuntunin modelnya hingga sampai ke atas batu yang dituju. Untung juga kan ada si bapak...Oh iya, tuhh sepi banget kannn, cuma ada kita doang! *menjerit kegirangan.
Inilahh dia Curug Cikaso yang mempunyai ketinggian sekitar 80 meter dan lebar 100 meter dengan 3 titik curahan air yang masing2 memiliki nama. Paling kiri bernama Curug Aseupan, yang tengah Curug Meong dan sebelah kanan namanya Curug Aki. Gimanaaaa? Kerennnnn sekaliii bukan air terjunnya?! 
Mamie merasa takjub melihat curug yang gede banget begini. Kemaren2 kan cuma curug2 di Sentul yang ukurannya mini, sekarang naek level nih ke curug yang lebih gede lagi...halahhh, curug pun ada level2nya ya. Ayam geprek kali ahh!
Padahal modelnya udah basah kuyup nih sama cipratan airnya yang deras, tapi dituntut harus tetap bergaya.
Sebenernya kita tuh udah bawa floaties Unicorn, ceritanya mau photoshoot di kolam ini yang normalnya kolam ini berwarna hijau dan tenang. Ehh tapi hari ini kurang beruntung karena habis hujan, airnya deras dan keruh kecoklatan, batal deh photoshoot ngambang2 naek Unicorn disini. Si bapak guide nya juga bilang gak bisa naek floaties, lagi deras arusnya. Bahaya.
Haiyaaa, cita2 incess gagal nih. Di tambah lagi cipratan airnya yang seperti air hujan, bikin kamera kita basah dan harus dilap terus biar gak blur. Penuh tantangan deh fotonya...
Nahh selesai foto diatas batu, ada bodyguard  yang nungguin nih, buat nuntun modelnya sampe ke tempat yang aman.
Gua paling suka foto yang ini...keliatannya gimanaa gitu ya. Disuruh duduk pokoknya model kan nurut aja. Sampe lupa akan cerita mitos yang gua baca sebelom kesini. Untung aja lupa, kalo inget sih kayaknya kagak bakal ada foto ini, karena udah pasti gua ketakutan kagak mau foto sendirian begitu. 
Mitosnya itu konon katanya curug ini dihuni makhluk halus yang selalu memakan korban para pengunjungnya. Udah beberapa kali terjadi, orang yang berenang di kolam itu pada tenggelam. Ada yang diketemukan mayatnya, ada juga yang hilang. Kolamnya emang dalem juga, katanya puluhan meter. Terus katanya ada penampakan buaya yang amat banyak yang merupakan jelmaan siluman yang sesekali menyamar jadi manusia juga. Ada juga yang bilang disini adalah tempat pesugihan Nyi Blorong karena kan daerah sini dekat dengan kawasan pantai selatan. Ditambah lagi katanya sering ditemukan ular ular dengan ukuran yang tidak lazim, dimana ular itu kan identik dengan si Nyi Blorong itu. Hiyyyyyy.....serem beut kann! Makanya, kalo denger ular sih biasa gua udah lari ngibrit terbirit birit lah...

Yah karena niat kita kan suci ya, cuma mau pepotoan narsis disini, gak ada maksud jahat, jadi yah kita mah enjoy aja dan gak punya pikiran macem2, bahkan lupa sama cerita mitos tadi.
Foto paling romantis nih...kamu disana dan aku disini. Modelnya yang baju biru itu akhirnya nyungsep dengan sukses, jatoh dari batu yang lumutan itu. hehehe, udah deh itu celananya belepotan lumpur semua. Nahh untung kan kita tadi pakai jasa si bapak guide, bisa dimintain tolong buat foto2 juga nih. Kalo kagak, mana bisa kita punya foto berdua disini?
Coba tebak, modelnya ada dimana? 
Jadi di sebelah kanan itu ada jalan menuju ke atas batu yang lebih dekat dengan air terjun yang paling kanan alias Curug Aki. Anak tangganya sedikit curam dan licin, jadi harus hati hati ya.
Beuhhh! Kostumnya udah kayak Zorro kata si Alvin...wkwkwk. Emang ada Zorro warna merah? Eh kalian tau Zorro kagak? Yah bagus deh kalo kagak tau mah. Yang jelas mamie merasa kerennn beut pake syal merah ini. Titik, no debat. wkwkwk!
Percayalah, semua curug yang mamie datengin itu indah indah. Bagus2 semua. Ya gak sih? 
Pokoknya, biarpun cuma sebuah curug, kalo udah mamie datengin dan fotoin, rasanya kok jadi lebih punya "roh" nya gitu ya? Bener gak? Soalnya gua tuh  pengen unjukin, begini loh keindahan dari setiap sudut akan sebuah tempat yang gua datengin. 
Nahh beginilah view yang bisa didapetin dari atas ke arah air terjunnya.
Kadang kan ada aja komentar2 yang bilang : "halah cuman jalan jalan ke curug gitu doang." Atau ada yang bilang : " ahh bagusan juga curug yang sono, bagusan juga curug yang di daerah sana, sini, situ," Kagak ada udahnya kalo banding2in mah. Ye kann! Percayalah, setiap tempat itu punya keindahannya  sendiri2. Ibaratnya manusia, kan kagak ada yang sempurna, masing2 manusia itu unik dan punya keistimewaan sendiri2. Begicuhhh gaess!
Tapi liat lah, kalo udah eikeh yang dateng, tuh curug jadi cetar menggelegar seantero jagat raya. Bodo amat kalo pada kagak setuju..blog blog sape! *jadi sewot. wkwkwkwk!
Apalagi kalo fotonya kagak bocor, alias sepi nobody, ai jadi happy....kerennn beut kan! Iya in aja napaa!
Perasaan cita cita kita dulu bukan jadi tim pemburu curug deh, berkat si Ferguso, Maria udah berubah nih jadi Ancur....Anak Curug.
Ihh Maria happy banget ternyata Curug Cikaso emang sekeren ituh...apalagi pas kita dateng itu debit airnya deras banget. Oh iya, semakin siang itu udah mulai banyak pengunjung lain yang dateng, foto2nya udah mulai bocor deh...udah gak asik ah.
Nahh jangan sampe kayak gini nih...pas ke sini air terjunnya kering, sedikit banget airnya. Kan pasti kecewa..Jadi liat2 musim juga kali ya kalo mau kesini. Kalo bisa sih pas musim buah, biar bisa bawa pulang buat oleh2.....hehehe..canda! Eh tapi jangan sedih juga kalo lagi sedikit air terjunnya, kita bisa naek floaties tuh di kolamnya yang warnanya hijau dan tenang gak ada arus. Yah semua ada plus minusnya lah ya..Jadi mungkin harus beberapa kali kesini, ambil foto di setiap moment, biar lengkap deh koleksi fotonya...*udah gila!
Udah ah, yuk pulang, perut udah lapar. Disini sih ada warung yang jualan gorengan dan Indomie gitu, tapi kita mau makannya nasi, sekalian kenyang karena mau menuju ke tempat lain lagi. Baliknya naek perahu yang sama. Kalo lagi rame sih katanya perahu itu bolak balik anter pengunjung, bisa naek perahu yang mana aja.
Oh beautiful day...untung gak jadi hujan nih, cuma gloomy2 aja cuacanya.
Sampe di parkiran, kita langsung makan di warung yang ada disitu. Nasi dengan ayam goreng lauknya, segitu aja udah enak banget lah pas banget jam makan siang lagi laper2nya. Gak lupa kita ajak makan bareng si bapak guide, dan juga kasih dia tips. 
Oh iya, di parkiran udah mulai rame nih kendaraan yang parkir, kita sih udah selesai dan langsung cabut dari situ.

CURUG CIGANGSA
Abis itu lanjut jalan ke curug berikutnya yaitu Curug Cigangsa yang kata ibu warung tadi gak jauh jaraknya dari Curug Cikaso. Curug ini masih alami dan belum dikelola jadi tempat wisata gitu ya, jadi letak jalan masuknya itu melewati pemukiman warga dan untungnya ada papan petunjuk arahnya sih, jadi gak sampe nyasar carinya. Kita pun parkir mobil di samping rumah warga karena distop sama yang punya rumah, dikasih tau kalo mau ke curug, emang sampe situ jalanan mobilnya, udah buntu jalannya. Oke lah, kita pun parkir dan nitip mobil disitu.
Nahh tuh, lewatin jalan depan rumah warga, ada yang lagi jemur bantal tuh disitu pas Zorro merah lewat..hahaha.
Lewatin jalan yang kanan kirinya ada sawah, tanpa ada orang satupun, terus kagak ada petunjuk sama sekali. Kita yakin aja jalannya udah bener nih.
Akhirnya ada seorang ibu petani nongol dari arah depan dan katanya lurus aja jalannya.
Oh iya, terus ketemu sisa sisa dari plang yang harusnya itu tulisannya Curug Cigangsa, tapi udah tinggal huruf C, A, N doang nih...sayang juga ya kagak terawat gini. Yang penting berarti jalannya udah bener kalo udah nemu plang ini.
Masih jalan terus, disini kita berasa galau, antara senang karena sepi kagak ada orang lain, tapi juga sedikit khawatir, ini kita nyasar apa kagak....bener2 nobody.
Pokoknya ikutin aja jalan setapak, biarpun kecil dan dipinggir sawah, emang itu jalannya.
Dan tau2 gua udah berdiri di ujung jurang di aliran sungai....kita tuh menerabas semak2 di pinggir sungai, gak ada jalur kalo mau turun ke sungai dari jalan setapak pinggir sawah tadi.
Inilah aliran sungai yang biasa digunakan untuk irigasi sawah warga desa sini. Nah alirannya itu berujung ke air terjun di bawah sana...
Kebetulan pas kesana debet airnya gak begitu deras, sungainya masih keliatan batu2 yang bisa kita injak dan bisa duduk di ujung jurang di atas air terjun Curug Cigangsa. 
Makanya curug Cigangsa ini disebut juga Curug Luhur, karena letak sumber aliran airnya di atas sini. Luhur itu bahasa Sunda yang artinya Atas.
Ihhh, view dari atas sini bagus juga loh....agak ngeri2 juga duduk di pinggir jurang ini.
Yang penting ati2 aja injek batu2nya itu, karena lumutan dan licin. Nahh tuh airnya turun ke bawah dan jadi air terjun deh.
Untuk ke air terjunnya masih lanjut lagi nih, lewatin tangga yang curam 
Dan bener2 in the middle of nowhere gitu lahh, gak ada orang pula..
Dan inilah hidden gem nya....di balik rerumpunan pohon bambu mengintip aliran air terjun yang cukup deras saat itu...
Dan ketemu nih petunjuk lokasi dengan nama Wisata Curug Luhur.
Tuh jalannya bener2 curam ke bawah sana, dan untung udah dibikinin anak tangga dengan pegangan dari besi.
En tadaaa.......sampe deh kita di bawah air terjun Curug Cigangsa. Bayangin tadi tuh kita ada di atas sana...diujung jurangnya.
Untung juga debit airnya keliatan banyak ya, padahal tadi diatas kan sepertinya sungainya aja surut gitu, airnya sedikit sampai keliatan batu2nya.
Wahhh, karena debit airnya lumayan deras, jadi kolam airnya berwarna coklat keruh nih. Dan udah pastilah ini sih bukan kolam yang bisa dibuat berenang2, karena gak tau kedalamannya, terus sama sekali kagak ada orang atau penjaga curug, jadi serem aja kalo kenapa2. 
Dan itu batu yang diinjek pun lumutan parah, jadi licin banget. Dan gua jatoh donggg....sampe panik takut nyemplung ke kolam. Padahal tadi cuma geser kaki dikit, mau muter dari pose foto hadap belakang ke hadap depan. Hadeuhhh, tangan, sikut dan pantat pun jadi korban, telapak tangan jadi sedikit bengkak tuh....ampun deh, kebanyakan gaya sih...hehehe.
Nahh abis itu, cari pose aman aja dah...duduk aja ngedeprok. Udah kadung celana tadi belepotan lumpur, mana celana putih pula...emak2 udah rempong mikirin gimana cucinya tuh ya?
Nah sekalinya kagak ada orang sama sekali, jadi bingung dah kalo mau foto berdua. Jadi pake tongsis aja dah, dan pastinya hasilnya kurang cetar lah yaa. Hmmm, kadang kita emang masih butuh orang lain sih yaa..jadi jangan sepi2 amat gitu dong...hahahha. 
Jadi sebenernya, curug Cigangsa itu air terjunnya bertikat 3 dengan dinding batunya berwarna hitam yang katanya terbentuk dari gempa yang kuat. Tinggi air terjunnya sekitar 30 meter. Udah segitu doang air terjunnya? Kagakkkk lah! Bukan disini tujuan utama foto2nya, melainkan di bawahnya.
Tuh air yang di kolam itu tumpah lagi ke undakan yang dibawahnya. Karena kagak ada orang yang bisa ditanya, kita jadi kagak turun ke batu undakan di bawah itu. Kagak tau harus lewat mana, dan resiko juga takut kepleset karena batu2nya licin banget. Huhuhuhu, padahal rata2 orang kesini tuh pasti fotonya dari bawah sana...itu bakal cetar banget air terjunnya keliatan bertingkat2 gitu. Itulah harusnya yang menjadi target kita.
View ke arah sungai di bawahnya...
Nahhhh beginilah kira2 kalo kita foto dari undakan batu yang di bawah....cetarrrr banget kannnn air terjunnya! Gua nangis guling2 dahhh karena gak bisa turunnn dan gak dapetin foto kayak gini.
Tapi balik lagi lah, yang penting kan keamanan. Dan masih bersyukur karena debit airnya lumayan deras waktu kita kesana. Daripada kayak difoto dibawah ini? Itu perginya kayaknya pas lagi kering airnya..jadi air terjunnya terlihat biasa2 aja ya? Hayooo, pilih manaaa? Ternyata hoki hokian juga kannn kalo pergi ke curug tuh..hoki kalo airnya banyak...Jadi liat2 cuaca dulu deh kalo mau kesini.

AMANDA RATU RESORT
Sekalian jalan ke arah pantai Ujung Genteng, kita mampir dulu nih ke sebuah resort bernama Amanda Ratu Resort. Sepertinya udah gak terawat ya tempatnya, udah tua dan jalan masuknya aja rusak parah, gak berbentuk aspal lagi. Mau masuk bayar parkiran Rp.15.000 di pos satpam. Terlihat kolam renang yang airnya kehijauan di bawah sana. 
Gua sih suka sama barisan pohon kelapa yang berbaris teratur dan terlihat Instagramable banget. Tapi bangunan yang udah kumuh itu bikin sedikit merusak pemandangan ya. Entah lah apakah resort ini masih berfungsi atau kagak. 
Tujuan kita sih cuma mau ke halaman resort ini yang katanya mempunyai view seperti Tanah Lot Bali.
Yang dimaksud mungkin gundukan batu karang ini yang mirip sebuah pulau di tengah laut seperti yang ada di Tanah Lot Bali.
Yah katanya sih disini dijuluki Tanah Lot nya Sukabumi. Ahhh aya2 wae ..yah sedikit mirip sih
Cuman sayangnya, disini tuh muaranya air sungai ke laut, jadi pas debit air sungainya deras akibat hujan beberapa hari belakangan ini, sehingga airnya berwarna coklat keruh dan langsung menyatu dengan air laut.
Disini terdapat beberapa spot foto dengan pemandangan ke laut.
Cuacanya pas gloomy2 juga, jadi sama sekali kaga ada nuansa biru laut, langit biru....Kita masih terheran2, ngapain juga ya orang bikin resort di Ujung Genteng ini yang terbilang jauh banget letaknya dan cuma punya view ke laut dan kagak ada pantai. Kalo dah dibilang resort kan juga pasti patok harganya mahal ya? Udah gak masuk hitungan deh kalau sampe nginep disini , terus kagak ada fasilitas apa2. Mungkin dulunya sih resort mewah gitu ya.....Entahlah...
Yah sekedar cekrek cekrek doang beberapa kali, kita pun langsung lanjut ke pantai Ujung Genteng.

UJUNG GENTENG
Jadi rencananya kita mau nginep nih, kagak langsung pulang ke Jakarta karena kan jauh banget. Belom booking hotel dan rencana mau cari on the spot aja seketemunya. Lagian udah liat2 di Agoda & Traveloka, kok kagak ada hotel yang bagus di daerah sini, adanya semua penginapan. Pasrah aja lah mau dapet homestay juga terserah. Kita jalan ke arah pantai Ujung Genteng tanpa ada petunjuk apa2, ikutin google map aja. Eh terus liat petunjuk arah ke penangkaran penyu, kita maen belok aja masuk gang kecil. Tau2 tembus langsung ke pantai dong. Dan begitu belok kanan, langsung ketemu penginapan yang keliatan bersih dan homy. Udah kagak pake survey2 tempat lain lah, langsung aja belok parkir disitu dan tanya ibu2 penjaga hotel ini. Untung masih ada 2 kamar yang kosong, dan dikasih harga Rp. 300.000 per malam. Udah lah, langsung deal aja. Heran juga ya, dibilang sepi sih ternyata full juga loh tamu yang nginep. Mobilnya aja penuh nih..
Nah ini view ke arah laut dari pintu kamar kita. Tinggal jalan 10 meter juga sampe ke pantai, kagak usah jalan jauh2. Bangunan hotelnya terhitung baru dan masih bersih gitu. Kalau kita lihat sebelah sebelah hotel ini, penginapannya rata2 yang jadul, kusam dan auranya sedikit seram gitu, lampunya juga muram kuning2, horor lah. Terus juga banyak homestay yang kayak rumah kontrakan gitu. Bersyukurlah kita dapet disini tanpa susah2 nyari, tau2 nongol di depan mata. Udah kayak cinta pada pandangan pertama, begitu liat langsung naksir. Tsahhh!
Luas kamarnya standard aja, dengan bed ukuran queen dan ada TV serta AC. Lumayan lah, kamar mandinya juga gede dan bersih. Kalo kita test cari di Agoda sih ratenya Rp. 290.000, yah beda beda tipislah...
Kita istirahat sebentar dan sorenya udah gak sabar mau maen air di laut. Nahh ini yang baju merah tukang pompa si Unicorn, happy banget berhasil mompa segitu gede floatiesnya. hampir segede mobil kan...hahaha. Huahh harusnya tadi di curug udah naek si Unicorn sih yaa...akhirnya malah di laut nih naeknya.
Pantai di depan hotelnya sih kayak gini ya, gak terlalu bagus bagus amat..dan banyak karangnya. Pasirnya juga kagak halus. Keliatannya sih sepi ya, tapi makin sore ternyata banyak juga pengunjungnya, ada lah puluhan orang yang maen2 di pantai tapi diujung sebelah sana.
Dan sore ini sedikit mendung, jadi sunset nya yah muncul malu2, cuma semburat kuning kuning aja. Yang penting mamie udah dilepas di laut nih, biar fotografer nya bisa foto dengan leluasa. Kagak tau aja itu modelnya udah teriak2 parno takut hanyut kebawa ombak, yah biarpun gak terlihat ombaknya, tapi lama2 floatiesnya jalan sendiri ke tengah laut. Seremmm kan. Akhirnya diiket lah ke batu biar gak hanyut...wkwkwk.*behind the scene
Ahhh relax...bener2 udah gak tau lagi deh ada masalah apa di Jakarta, di rumah, anak2....lupa semua.
Riding the Unicorn....padahal tuh Unicornya diiket ke batu...hihihi
Wahh, lama2 awan mendung hilang dan sunset nya muncul sempurna....Kerennn!
I love my Unicorn!
Mandi dulu ya Uni....biar wangi...
Yeayyy....dating with Unicorn
I love this pic! 
Namaste...
Maria,Ferguso dan Unicorn....ada orang ketiga disini...
Udah yuk pulang, udah mulai gelap. ntar kagak keliatan jalan pulangnya. Mau mandi dan istirahat.
Setelah mandi dan baring2 sebentar, kita mulai cari makan di sekitar hotel. Dikasih tau sama ibu penjaga hotel, kalo mau makan di hotel cuma ada nasi goreng. Kalau mau makan seafood bisa ke hotel yang masih satu grup sama hotel ini, letaknya sekitar 500 meter. Okelah, jadi kita naek mobil mencari hotel yang disebutin si ibu tadi, tapi sampe sana dibilang harus nunggu 1 jam karena dia lagi rame banyak pesenan. Wahh lama banget...akhirnya kita melipir ke warung depan hotel itu yang jualan ikan bakar. Yah udah kita pesen ikan baronang bakar sama cah kangkung. Segitu aja rasanya udah nikmat banget dah. Totalnya abis Rp. 150.000. Oh iya, di warung ini ketemu ibu2 yang nawarin pijat badan. Gua langsung mau banget deh, karena mau urut tangan yang tadi bengkak gara2 jatoh di curug. Jadi kita ajak pulang dia ke hotel. Udah kagak mikir Covid19 lagi lah, pokoknya pijat aja dulu. Beuhh enak banget abis cape tadi siang jalan2, malemnya pijat seluruh badan. Nikmat! Kasih Rp. 100.000 dan untungnya tangan yang bengkak dan salah urat di kaki langsung ilang pagi2nya. Ajaib juga tuh tangan si ibu. Namanya ibu Mega..hahaha...siapa tau nanti gua mau inget2 lagi namanya, gua simpen disini.
Nahh pagi2 nya, udah ada yang jualan bubur nih di depan hotel. Dan tamu2 hotel pada sarapan deh. Sebenernya tadi kita udah bangun jam 4, gara2 alarm bekas kemaren pagi. Jadi udah kebangun gak bisa tidur lagi. Jam 6 an kita udah keluar kamar dan liat ke pantai. Tentunya kagak ada sunrise disini karena sore kemaren kan terlihat pantai sisi sini tuh bagian sunset.
Terus ada ibu2 jualan nasi uduk yang dateng ke hotel. Kita beli dulu aja buat nanti sarapan.
Nahh pagi ini kita mau explore ke pantai sebelah kiri dari hotel kita. Disini tuh pantainya kapal nelayan, jadi yah emang pantainya bukan yang pantai tempat wisata gitu...Liat aja tuh kapalnya banyak banget memenuhi pantai.
Pagi2 masih ada yang jalan nih kapalnya...
Nah kita udah jalan lumayan jauh, dan ini foto ke arah hotel kita..masih kapal2 nelayan disepanjang pantai ini.
Huh, cape juga nih jalannya lumayan jauh, ada kali sekitar 1 kilometer. Masalahnya pasirnya kasar kagak halus, banyak karang2nya, jadi gak santai jalannya. 
Pagi2 disisi pantai ini tuh malah surut....aneh juga ya? Setau gua kebanyakan pantai tuh kalau pagi airnya pasang, dan ombaknya gede2. Dan liat deh, pantainya ini bawahnya air itu banyak rumput lautnya, jadi geli2 di kaki. Airnya sih terlihat bening..
Nah tuh liat aja, surutnya jauhhhhh banget ke tengah laut sana. Gua sampe nanya si Papoy berkali2...ini normal gak sih? Gua ngeri tsunami sodara2....wkwkwkwk! Kan salah satu tandanya adalah pantai yang surut jauh ke laut. Bukan begitu ya? Entah lah...gua mah langsung baca2 doa aja yang gua hapal. hihihi
Pagi ini cuacanya mendung banget, kayak mau ujan. Awan hitamnya udah tebel banget. Yahhh kurang beruntung nih...
Emang susah kalo udah keturunan Sun Go Kong, bawaannya pengen menclok di pohon mulu. 
Kita udah jalan kurang lebih 1 kilometer dari hotel , view nya masih sama aja...
Dan ketemu dong spot foto yang ada tulisan Ujung Genteng warna warni eye catching gitu...
Yah udah...loncat2 senang lah ya. Kesampean juga foto disini....
Eh ada ayunan juga, pake dinamain Ayunan Cinta segala....apa maksudnya? Kagak ada love love atau tanda apa2 gitu?
Nahhh kalo photobooth yang ini bener ada bentuk love nya...
Uhuyy, akhirnya bisa juga foto berdua...minta tolong orang fotoin. untung aja kagak blur...hehehe
Nahh, abis ini kemana lagi ya? Pusing kebanyakan arah...Tuh liat aja, pantainya kotor banyak sampah dan biarpun dibilang tempat wisata, yahh cuma begitu aja view nya, kurang menarik ya. Kagak ada fasilitas apa2 juga. Tapi pengunjungnya rame loh...
Abis itu kita balik ke hotel lagi..dan airnya semakin surut dong. Kaburrrrr! Ku takut! 
Sampe hotel langsung pesen kopi sama ibu penjaga hotel, terus duduk ngopi di pinggir pantai sambil makan nasi uduk.  Ikan hiu pake topi, yukkk kita ngopi. Nikmat benerrr! Gua mau deh kalau tiap hari kerjanya jalan2 terus, aseli biarpun cuma begitu doang, efek refreshing nya tuh dapet banget.
Abis itu kita mandi dan check out dari hotel sekitar jam 8 pagi. Lanjut jalan ke sebelah kanan hotel nih ceritanya. Karena katanya di sebelah kanan itu semuanya barisan pantai. Biarpun bentuk pantainya nyambung, tapi namanya beda2.
Ada yang namanya Pantai Cibuaya tapi batu2 karang semua, kagak ada pasir2nya. Bahaya banget kayaknya disini. Tapi di daerah pantai Cibuaya ini justru yang paling banyak hotel dan homestay nya. Dan waktu kita kesini keliatannya rame banget loh, banyak tamu nya dan parkiran mobilnya juga penuh. Heran juga tapi nya, di sini mau liat apa , gak ada fasilitas apa2nya perasaan.
Ada lagi namanya Pantai Pangumbahan , tapi gak tau batasnya yang mana, soalnya nyambung terus.
Kita jalan sampe ujung yang katanya namanya Pasir Putih, tapi kagak putih2 amat pasirnya. Celingak celinguk, kagak ada apa2nya? Herannn..kenapa Ujung Genteng terkenal ya? Terus malahan banyak dijadikan lokasi photoshoot untuk prewed. Aku sihhh NO...gak tau mas Anang ya. Ini mah STD BGT ya..Maap deh....Gua aja males turun dari mobil. Ini semua cuma si Papoy aja yang kerajinan fotoin satu2 pantainya buat kenang2an. ( yah buat blog gua juga sih...wkwkwk ). Untung juga waktu itu kita pilih ke Sawarna waktu pulang dari Geopark Ciletuh bulan September lalu. Lebih mending jauh pemandangan pantainya. Nah yang mau liat cerita ke pantai Sawarna, klik disini : MENIKMATI INDAHNYA PANTAI SAWARNA
Nah tuh, paling ujung ini masuk kawasan Pasir Putih. udah itu mentok jalannya buntu.
Udah puas liatin pantai dari ujung ke ujung, kita lanjut jalan pulang ke Jakarta. Dan pulangnya ceritanya mau lewat jalur lain lagi dari yang kemaren kita dateng. Emang si Papoy suka gitu, perginya jalan mana, pulangnya jalan mana. Katanya biar tau. Jadi kalo nyasar2 gak apa2 katanya. Padahal kalo gua kan pengennya cepet sampe rumah ya. Emang gitu lah orangnya. *jadi curcol deh!
Jadi kita lewatin jalur yang tau2 tembusnya di kawasan Geopark Ciletuh. Nahh kebetulan deh, pas lewatin ada yang namanya Panenjoan, kita melipir mampir mau liat itu tempat apaan ...
Nah kita mampirnya ke tempat yang sepi, kalo Panenjoan satunya lagi yang ada disebelahnya tuh rame pengunjungnya. Kalo kita mampir yang ke gedung setengah jadi gitu...
Dan lumayan banget nih view nya cakep banget...Jadi ini kebalikan dari Puncak Darma yang view nya ke laut. Panenjoan ini di atas bukit juga letaknya, tapi view nya ke arah persawahan dan hutan2 hijau di kaki bukit.
Sayang nih cuacanya seharian ini gloomy gitu, jadi gak dapet foto langit biru secetar kayak waktu kita ke Puncak Darma. Tapi lumayan lah yah, sekalian lewat bisa mampir disini. Cuma bayar parkir aja Rp. 5.000, karena emang bukan tempat wisata sih yang kita mampirin ini. 
Dan you know what? Si Papoy ngajak mampir ke Curug Sodong yang bulan September lalu kita udah kunjungin itu loh. Dan kali ini emang sih debit airnya lebih banyak, cuman kolam yang dibawahnya itu airnya jadi coklat dan butek.
Yah kita cuma liat dari atas aja, dan tujuan utama mampir ke sini bukan mau foto di Curug Sodong ini, melainkan mau ke Curug Cikanteh yang berada di atasnya. Si Papoy diinfo sama guide kita waktu itu,
katanya saat ini lagi bagus air terjunnya karena disini sering hujan sehingga debit airnya lagi banyak. Pas kita sampe sini aja langsung gerimis nih dan ternyata rame pengunjungnya. Mobil dan motor yang parkirpun terlihat lumayan banyak.
Nahh buat pengingat ajaa, yang bulan September kita ke Curug Cikanteh, debit airnya itu kecil, jadi cuma keliatan batu2nya yang lebih dominan. Itulah makanya si Papoy penasaran banget, pengen kesini lagi. Pas kebetulan dari Ujung Genteng bisa ada jalur pulang yang lewatin Ciletuh. Tuhh kurang menarik kan air terjunnya kalo airnya kecil...
Dari tempat parkir jalan menuju ke Curug Cikanteh itu mungkin ada sekitar 400 meter, terus bekas hujan, jadi jalanannya becek, licin dan berlumpur serta ada yang terjal gitu tangganya. Lumayan lah trekking dikit demi untuk sebuah curug. Dannn beginilah curug idaman ituhhh...debit airnya harus banyak baru keliatan indahnya. Beuhhh...untung juga si Papoy ngotot ajak balik lagi kesini..Tuhh, 
beda banget kann sama yang atas...
Eh baru juga foto satu cekrekan yang atas itu, tau2 turun ujan deras banget dong. Yang tadinya orang2 rame lagi foto2 di sini, langsung hilang lenyap seketika...hahaha. Bagus juga sih, jadi secara gak langsung ngusir mereka pergi. Kita sih udah siap sedia sama jas hujan...*terniat. Demi apah cobaa, kita foto2 pake jas hujan akhirnya...
Hujannya sebentar doang ternyata, langsung reda. Dan model nya kembali beraksi...
Puas2in deh foto disini lagi....Emang keren sihh. Sumpahhh...Ini sih recommended curugnya. Kita aja sampe 2 kali kesini....*curug mania.
Setelah selesai foto2, kita pun bergegas jalan balik ke parkiran, takut hujan lagi. Abis itu sempet minum air kelapa muda dulu. baru jalan pulang menuju Jakarta. Dan seperti yang waktu itu kita lewatin jalur Ciletuh itu view ke lautnya luar biasa indah, dengan laut biru dan langit biru, pas kemaren kan hujan jadi cuma dapet view nya yang serba abu2.
Terus udah deh, kita jalan dari Curug Sodong sekitar jam 1/2 1 dan perut mulai terasa lapar. Tapi kita pikir nanti aja makannya di kota Sukabumi, karena si Papoy ubah lagi jalur pulangnya gak lewatin Cikidang, tapi jalan raya Pelabuhan Ratu yang banyak truk, angkot, bis dan segala macem kendaraan, sehingga kita kena macet gila2an, jalanan padat merayap, banyak berenti2nya, sampe jam 4 kita baru ketemu warung sate di daerah setelah lewatin Cibadak, entah apa namanya. Udah laper dan udah emosi jiwa tinggi. Dan jawaban belio ketika gua ngoceh2 ngapain sih ganti2 jalan, nyari susah , mana udah laper gak ada restoran yang enak, dengan santainya cuma bilang :"mana tau lewat sini jalannya macet. Kan sekarang udah tau, jadi nanti2  gak usah lewat sini lagi." Nanti?  Huhhh! Siapa juga yang mau ke Ciletuh lagi? Padahal kalo lewat Cikidang yang biarpun hutan2 dan berkelok2, tapi lebih sepi dan pasti lebih hemat waktu. Alhasil kita sampe rumah mungkin sekitar jam 7an malem lah. Untung aja pas liat foto2nya banyak yang bagus2, kalo kagak mah udah tebalikin meja di rumah deh...wkwkwk! Cuma foto lah hiburan satu2nya. Segala cape dan emosi jadi hilang lenyap gak berbekas.

Tapi aseli sih, selama kita jalan2 ke daerah Sukabumi ini sama sekali kagak ada nuansa sedang ada wabah Covid19, rata2 ketemu orang gak pake masker loh! Ampunnn deh, malah kita yang jadi seperti manusia aneh dari luar angkasa yang pake masker. Ujung2nya, kita juga lepas masker begitu sepi gak ada orang...hahaha. Entahlah, udah gak tau lagi mau negakin yang bener gimana, yang penting kita mah jaga diri sendiri aja. Stay safe and healthy gaess!

Yaudah, sekian laporan trip dari Ujung Genteng Sukabumi. Sampe ketemu lagi di cerita jalan2 berikutnya. Doain aja ya..jangan ke curug lagi! hahaha...
Babay Ciaobella!

8 comments:

  1. Balik lg ke ujung genteng ci, masih ada penangkarang penyu yg belum didatengin loh. lalu arus laut di ujung genteng itu kuat ci, kaya ga ada ombak tp bisa kebawa aja. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya benerr tuh....tau2 anyut ajaa ke tengah laut. Seremm ah

      Delete
  2. jadi rajin ke curug curug ya yan.. :D

    ReplyDelete
  3. limmy mama radhika raniaDecember 8, 2020 at 12:36 PM

    yance, lu sudah bisa diangkat jadi duta curuq nasional nih.
    udah pake kostum merah putih sesuai bendera indonesia. hahaha

    maria ferguso kayaknya bulan madu mulu nih ya.
    apa mungkin nanti miko ada adeknya hahaha

    ReplyDelete
  4. Hahaha...aya2 wae duta curug...ogah ah, cape jalannya. Iya dong, maria n ferguso dulu pacarannya LDRan..jadi blom puas maennya. Wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Iya ya curug yang ini lebih gede daripada yang sebelumnya, difotonya juga jadi lebih mantap!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ko, yg kali ini sih ukurannya berkali2 lipat gedenya drpd yg kemaren2. Puas foto2nya dah..

      Delete