Wednesday, November 7, 2007

PART 3 : SHENZHEN, GUANGZHOU, ZHU HAI

HARI KE VII - VIII : 16 - 17 Oktober 2007

Pagi2 kita dah jalan mau ke Shenzhen. Kita naek MTR yang ke arah Lowu.Di MTR ga begitu rame, dapet duduk lah. Hehehe, orang Indo males banget berdiri...Perjalanan paling 40 menitan, ga berasa tau2 dah sampe.Pas nyampe Lowu kita kudu antri di imigrasi dulu. Tapi ga lama kok. Abis antrian imigrasi selesai, udah kelihatan tuh Lowu Shopping Centernya, tapi karena masih pagi, belum pada buka deh kayanya. Kita jalan kaki ke arah apartemen sodara gua, sekalian mau makan bakmi. Katanya sih enak bakminya. Jalan kaki lumayan jauh, eh lewatin Indonesia Seafood Restaurant yang lumayan gede juga. Bingung juga, sapa neh yang punya? hehehehe, bisa nyasar buka resto di Shenzhen gitu loh? Kita pesan bakmi goreng, bihun goreng dan ada juga cakue ala situ. Semuanya biasa aja sih bagi gua mah, yang penting anak2 gua bisa makan. Kalo dua cemen itu udah makan.....lega rasanya...
Abis makan, kita jalan kaki lagi ke Window of The World. Ya udah deh, langsung foto2 di depannya doang, berhubung pada males masuk ke dalem. Soalnya mungkin sodara gua mah udah bosen kali masuk kesitu. Setiap kali ada sodara dari Indo dibawa kesitu, yah lama2 bosen lah. Tapi bagi yang belom pernah masuk mah pasti penasaran dong...
Tapi apa mau dikata, yang penting udah pernah kesitu lah judulnya...hihihi..Lagian gua pikir mah mau shopping aja di Lowu. Dari kemaren belom ngabisin duit neh...Belom shopping sama sekali..Ya udah, di Window of The World kita paling 25 menitan gitu deh, cuman foto doang.



Abis itu naik bis ke Lowu lagi. Judulnya keder lah, balik situ2 lagi. Tapi liat jalanan di Shenzhen mah asik banget..Jalan rayanya bisa 8 jalur bo..Gede banget....Rapi, teratur, ga macet, banyak tamannya. Takjub deh..
Dah nyampe Lowu Shopping Center, langsung ijo neh mata liat tas sama jam tangan. Cita2 emang 2 barang itu yang mau "dijarah" ma gua..hih, preman! Sebenernya sama aja sama ITC Mangga Dua, cuman kan katanya disini bisa lebih murah kalo bisa nawar dan tau barang. Gua sih ga tau barang, KW1, KW2 (kayak keramik aje..hihihi), bagi gua mah sama aja..ga efek!Wong selama ini pake tas murah2 aja gitu loh...Udah mulai hunting neh ceritanya. Lewatin toko mata jelalatan, ngincer yang mana yang mau ditawar. Soalnya, kata orang kalo ga minat, jangan dipegang2 barangnya, si pelayan tokonya bisa marah2. Hih, serem banget ya...Belom pernah tuh gua dimarahin orang, mau juga gua yang marah2 in orang! hihihi...Tapi, baru juga nawar2 tas, sodara gua itu udah nyuruh kita cepet2 jalan ngejar waktu buat naek MTR lagi ke Zhang Mu Tou...
Hah, apa? Jadi dari tadi pagi tuh ke Shenzhen cuma gini doang....Yaelah, please deh ah! Becanda aje...Eh, tapi beneran loh...Alhasil, gua cuma dapet tas 1 biji doang, itupun tas yang udah gua incer dari waktu di Stanley Market. Astaga....ga nyampe 15 menit deh kayanya...Itupun anak2 gua pada ngerengek minta dibeliin trading card gambar Naruto (apaan lagi neh..gua juga ga ngerti fungsinya apaan). Kayanya sih sejenis gambaran gitu yang biasa di sekolaan dijual Rp.1000, disitu mahal banget, sekitar RMB 150. Buset....gubrak! Emang bedalah kualitasnya, tapi kan teuteup...namanya cuma gambaran aja gitu loh..Ntar bosen juga dibuang2. Haiya!.Huh, syebel banget deh, shoppingnya ga puas!Akhirnya dengan muka agak cemberut dan mata masih jelalatan,ngikut aja deh, yah mau gimana lageee?
Naek MTR dari Shenzhen ke Zhang Mu tou mungkin sekitar 40 menitan juga. Ga terlalu perhatiin sih. Nyampe stasiunnya kecil banget dibandingin yang udah2, tapi tetep aja lebih bagus dibandingin stasiun di Jawa mah. hihihi...Didepan stasiun banyak taksi gelap sejenis daihatsu carry gitu. Tau ga, kita ber-7 orang dewasa + 2 anak gua + koper dan tas2 travel muat loh di satu mobil itu. Gila juga ya...bisa masuk Guiness book neh. Ceritanya kita mau ke apartemen sodara gua, ga jauh dari stasiun itu. Tapi bo, apartemennya udah ga ditengok2 sejak 2 tahun lalu, so bisa dibayangin lah kayak apa kondisinya. Debu dimana2 dan kotor banget. Anak2 gua langsung ngambek ga mau nginep disitu, sementara gua begitu nyampe langsung sok rajin nyapu2, ngelap2 dan ngepel2. Buset dah...ini jalan2 or kerja bakti? Kacau dah.Akhirnya pada demo, terutama provokatornya anak2 gua..(padahal mah maminya!), mau tidur di hotel aja. Terserah yang gede2 kalo masih mau tidur disitu yah gpp. Akhirnya sepakat cuma gua sekeluarga aja yang nginep di hotel. Yang lain ceritanya cuma nganterin doang ke hotel Yu Dong (kalo ga salah), eh ngeliat harganya murah sekitar RMB 150, kamarnya bagus lah, kasurnya juga empuk, bintang tiga deh gitu...eh pada membelot. Akhirnya semuanya pada nginep di hotel, buka 3 kamar. Ya ampun, knapa ga dari awal aja ya? Cuapeee deh, udah ngepel2 segala! Hihihihi...ga mau susah neh!
Malemnya kita makan di restoran chineese food gitu lah...Abis makan, disepanjang jalan ke hotel banyak toko2 lagi diskon en deket mal juga. Udah deh, akhirnya dendam dari Lowu dilampiasin di sini...di Zhang Mu Tou...yang gua ga ngerti juga ini Cina bagian mana.Mungkin sejenis kecamatan kali ya....tapi tetep aja lebih kota dibandingin Cibinong or Bogor ! Hik hik..emang neh, kalo liat gini kok beda banget ya? Disini mah biarpun dibilang orang tuh kampung, tapi fasilitas dan suasananya malah lebih bagus dari kampung gua.Aih, ga penting deh...Yang penting barang2nya ga kalah bagus dan dijamin murah pula. Gua jalan bertiga sama laki en anak gua yang kecil sampe jam 11 an, disini masih rame loh.Gua dapet kaos2 keren, trus anak gua malah minta dibeliin sepatu Ultraman yang ada lampunya. Keren juga tuh. hihihi, muji sendiri biar ga nyesel...wong udah dibeli. Padahal ga murah2 juga, sekitar RMB 67. Namanya juga oleh2 ya. Padahal mah setengah sakau. Kalau ga diusir karena mau tutup bisa sampe tengah malem neh.Trus kita nemuin satu jalan yang semuanya jualan makanan seafood yang dibakar or kayak steamboat gitu. Kayak di film2 Korea gitu kali ya? Orang makan sambil minum bir or arak. Ga tau deh nama jalannya, itupun ketemu ga sengaja abis pulang shopping. Penasaran juga tuh liat kerang gede2 banget, gimana rasanya ya? Modal nekat, pake bahasa tubuh dan bahasa tunjuk2, kita maen pesen aja tuh kerang2. Alhasil, yang dateng tau ga bo? Dua nampan penuh kerang gede2. Busyeettt...jadi tadi tuh ngomong apa ya pesennya? Liang ke?...aih, gelap! Tawar lagi bisa ga diretur....tapi bingung ngomongnya..Ya sudahlah, kita makan aja sambil ketawa2. Si penjualnya juga ketawa2...nge-bego2 in kita kali!




Paginya kita sarapan di McD yang letaknya di seberang hotel. Yah ga jauh2 dari ayam goreng dan kentang plus coca cola neh. Untung aja anak2 gua pada ga panas dalem. Abis itu kita naek MTR menuju ke Guangzhou. Rombongan kita duduknya kepencar2 karena rame juga pagi ini yang mau ke arah Guangzhou. Jadi pas turun kalang kabut tuh..sibuk cari cari anggota geng deh. Begitu formasi lengkap, kita antri naek taksi mau ke Yuen Tai Garden. Ini tuh sejenis taman bunganya Guang Zhou. Sopir taksinya jail lagi, ajak kita muter2. Rese juga ya..ga dimana2 , kalo emang mau jahat mah bisa aja...huh syebel!
Di Yuen Tai Garden kita juga cuma sebentar doang. Lumayan bagus lah bunga2nya. Kalo buat foto2 sih oke lah. Itu juga ketemu penganten yang foto outdoor disitu.




Abis selesai keliling dan foto2 disitu, kita makan di resto deket pintu masuk Yuen Tai Garden. Yang enak sih katanya Kwetiau gorengnya. Alhasil, kita cobain semua aja deh. Dari bakmi goreng, bakmi wonton, kwetiau goreng. Hihihi, lapar ato maruk neh? Rasanya enak juga,harganya juga ga mahal2 amat lah...
Abis dari situ kita mampir dulu ke rumah sodara yang jadi dosen di Univ.Jin Nan..Eh, ternyata punya sodara juga disini, jadi dosen pula!..hehehe, baru tau deh. Kita ngobrol2 bentar sambil nunggu waktu buat naek bis ke Zhu Hai. Nah, yang gawat tuh si Alvin, disini dia dah kecapean dan ngantuk pula. Alhasil dia minta gendong sepanjang jalan mau ke terminal bis. Miko juga ga mau kalah, dia mau digendong juga. Akhirnya dia nemplok aja di koper , sementara tangan dah mau putus narik dia yang lumayan berat. Weleh2, tapi biar gitu masih sempet juga foto2 di Universitas Jin Nan yang guedeee banget kompleks dan bangunan2nya.



Nyampe di tempat naek bis kita masih harus nunggu sekitar 45 menit. Ya udah, ngaso dulu deh di bangku. Begitu bisnya dateng, kita langsung deh naek en pilih2 tempat duduk agak belakang biar lega. Di bis semuanya teler, pada tidur tuh. Perjalanan paling 2 jam ke Zhu Hai. Nyampe hotel udah agak sore. Hotelnya kalo ga salah namanya Golden Phoenix. Udah agak tua, jadi bau2 lembab, and parahnya kasurnya rata en ga ada empuk2nya sama sekali. Katanya sih emang begitu kasur di Cina, supaya tulang belakang kaga bongkok. Hah? Apa enaknya tuh tidur di kasur begitu? Haiya, aya aya wae. Abis istirahat sebentar, mandi, kita mau makan malam di resto kapal gitu. Tapi sebelomnya, gua ke KFC dulu yang ada di seberang hotel. Biar anak2 gua makan dulu, baru tenang. Soalnya takut ga doyan menu di resto itu. Tapi ternyata di China sini mah parah juga, masa resto model KFC or McD yang udah international gitu,taunya orang2nya kaga ngerti bahasa Inggris sama sekali. Gua aja pesan makanan sampe susah payah ngomongnya. Udah semua kata2 Inggris gua keluarin, tapi teuteup aja...mereka cuma mlongo aja kaya sapi ompong.hihihi..parah abisss...Jelek2 juga mendingan gua ding...masih bisa sepotong2 mah. Alhasil gua minta gambar aja deh, modalnya tunjuk2 doang sambil bilang i ke...liang ke....hehehehe ancur! Udah dapet makanan dan minumannya, anak2 gua protes. Mereka bilang gini : "Mami, mami...di China mah aneh ya...ayamnya ga ada tulangnya...ga kaya KFC di Indo." Hehehehehe, mereka ga tau aja tadi gua nunjuknya chicken nugget, saking kaga ada gambar potongan ayamnya..Gua cuma jawab : "Udah sama aja ya...yang penting enak kan? soalnya Mami kaga bisa ngomongnya kalo mau minta ayam dada.....or paha.....". Hahahahaha, masa gua mau peragain tunjuk2 dada or paha gua? Mana antrian panjang pula....Aih...cuapeeee deh....Abis makan,sambil nunggu jemputan sodara gua, kita window shopping dulu di mal depan hotel. Jadinya malah beli sepatu lagi deh buat anak gua. Udah gitu udah pada ngumpul semua, baru deh kita naek taksi ke resto kapal itu. Lumayan keren lah tempatnya. Menunya juga banyak pilihan, cuman dalam huruf kanji semuanya. Ngikut aja deh, soalnya ga ngerti, ntar kejadian kayak pesen kerang itu lagi...



Di resto itu banyak akuarium yang isinya ikan, udang lobster, kepiting, sampe uler pun ada. Hih, serem! Gua paling takut sama uler....lari....!!! Abis makan, kita bisa naek mini car yang disediain sama resto nya buat dianter ke jalan utama. Trus kita jalan kaki lagi sampe ke depan hotel. Berhubung mal nya belom tutup,kita muter2 dulu disitu sampe ga kerasa udah jam 11 en kita adalah pengunjung terakhir yang belanja disitu. Keluarnya aja sampe barengan sama karyawan. hehehehe....lupa waktu neh kalo udah shopping..padahal mah emang datengnya aja kemaleman karena abis makan. Nyampe hotel udah cape banget, padahal masih mau beres2, bawa koper kecil satu plus ransel 2 biji kayanya ga bakal muat neh. Sementara barang2 yang dibeli semakin banyak aja. Mana beli sepatu anak2 gua sampe 3 pasang pula, plus dusnya! Gile aja tuh kalo sampe dibawa juga itu dusnya!
Alhasil berkat keahlian gua ngepak2 barang, akhirnya muat juga lah semua barang yang udah kita beli selama di perjalanan ini....itupun sampe jam 1 malem baru tidur....hik hik hik...ngantuk ne....Besok masih mau ke Macau pula.....aih...ga pikirin deh...bobo dulu ah...

2 comments:

  1. Aku barusan bulan februari tgl 23 ada masuk senzhen; hanya khusus masuk Windows of the World nya seharian. Harga per orang 180 RMB. Masuk diatas jam 8 malam 60 RMB. Orang tua warga negara lokal dipotong 1/2. Senzhen banyak tempat wisata bagus cuma waktu tidak mencukupi nanti esok2 mesti balik ke sini lagi ci Yance hehehe.

    LouHu aku cuma lihat gedungnya tidak masuk.

    ReplyDelete
  2. Ahaa, its nice discussion about this paragraph here at this webpage,
    I have read all that, so now me also commenting at this place.

    ReplyDelete