Sunday, January 20, 2013

LOST IN YOGYAKARTA ( Part 3 )

Kali ini tripnya kan cuman 3 hari, jadi postingannya juga cukup dibagi 3 aja deh yaahh...gak selebay yang dulu2 bisa sampe part 14 ...wakakaka. Buat yang belom baca cerita sebelumnya ada disini : Yogya part 1 dan disini : Yogya part 2

Oke deh....seperti gua bilang kemaren pagi kita udah langsung pindah ke hotel yang lebih ekonomis, dan semalem nyampe udah langsung tidur kayak mayat saking capenya. Pagi2 baru deh keliatan jelas kayak apa bentuk hotelnya. Hotelnya namanya Edotel, kayak gini deh penampakannya. Hotel ini lucu juga, belakangnya itu adalah sekolahan sebuah SMU.
Dan ini kamarnya yang kita booking, jenisnya family room yang muat 8 bed. hahahha..kayak asrama yah ...pokoknya kamarnya sesuatu banget dehh, gak berasa kayak lagi tidur di hotel. hihihiii, tapi not bad lah, fasilitasnya termasuk lengkap, ada tivi flat, kamar mandi 3 buah ( kamar mandi biasa pake bak air gitu
),handuk sabun sikat gigi semua tersedia. Oh iya, tarifnya 700rb boo...relatip lah mahal enggaknya, tergantung sama yang digantung ( opo sehh..gak jelas gitu ).
 Dan dapet breakfast juga, lumayan lah sepiring nasi goreng dan kopi atau teh manis, bisa buat ganjel perut sementara.
Pagi ini kita mau ngunjungin candi Kalasan yang letaknya deket dari hotel, paling sekitar 5 menit aja. Eh di tengah jalan ketemu pemandangan ini : mesjid warna warni ( serasa kayak di Rusia yahh).
Nah candi Kalasan sendiri letaknya agak nyempil di gang agak kecil walopun keliatan candinya selintas dari jalan raya , papan petunjuknya pun ala kadarnya. Kita aja kelewatan,sampe mundur lagi mobilnya, karena kalo  mau muter balik lagi entah dimana muternya. Harusnya kalo plat mobilnya bukan plat mobil daerah Yogya masih bisa dimaklumin dah ya.
Yah emang sih candinya kagak segede Borobudur yang dah terkenal....tapi ini merupakan candi tertua di Yogya lohh, cuman karena patung2nya udah banyak yang hilang dan rusak, makanya kurang populer.
Tapi teuteup aja yang namanya peninggalan jaman dahulu kala tuh setidaknya kita ketahui tohh?
Bentuk candinya seperti reruntuhan bangunan kuno di Yunani yahh...( belom pernah ke Yunani sihh...tapi sotoy.com aja ..hehehehe).
Selanjutnya kita ngunjungin candi Prambanan, sekitar jam 9 pagi udah sampe sini, tapi puanassnya udah poll! Aneh juga yah cuaca disini , panasnya panas banget gitu...bikin kulit gosong.
Ternyata candi Prambanan termasuk world heritage juga toh? Baru tau nihh gua...Oh iya, tarif masuk ke candi seperti yang tertera di loketnya tuhh...Pengelola candi Prambanan dan Borobudur sama ( pemerintah Yogya gitu deh ), jadi tarifnya sama.
Sebelum jalan sampe ke candinya, kita harus pake kain yang sudah disediakan, jadi kita semua seragaman deh kainnya.
Jalannya lumayan jauh juga dan udah mulai panasss menyengat pas disini. Tampak dari jauh candinya menjulang.....
Kagak boleh dilewatkan ....kudu foto dulu dong disini
Wihh semakin dekat ke candinya, semakin terlihat lebih bagus yahh.....
And this is the best picture of the year.....LOL!
Yang ini juga.....jurus bango dikeluarin dehh demi the best picture.....
Sayang kalo gak dimaksimalin foto2 disini...jadi harus foto all the time....wakakaka....
Padahal pengunjung disini juga rame loh...dan kita selalu manfaatin disaat background kosong gak ada orang buat foto. Emang harus extra sabar nunggu sepi mah....sigghhhhh!
Dan ini patung yang ada di dalam candi....bentuknya kerbau yang tanduknya udah copot satu. 
Langitnya bener2 biru yahh....emang harus rajin bangun pagi2 kalo mau dapetin langit kayak gini, penuh perjuangan banget. Kalo kesiangan, udah gak ketulungan lagi panasnya...dan nanti keburu sore malah ujan. Ini aja sekitar jam 9.30 an gitu udah panass banget.
Dan ini beberapa gambar si candi Prambanan tampak dari jauh......
Akhirnya selesai deh muter2in candi, dan jalan keluar dari candi persis sama kayak di Borobudur, dibelokin ke jalan yang lebih jauh supaya kita bener2 muterin kompleknya. Aujubilaah jauhnya. Cape juga lohh.....kenapa harus muter2 gitu ya? Nah makanya disini juga disediain mobil buat keliling2 disini, bayar sih sekitar Rp.5000.
Dannnn...sekeluarnya dari candi Prambanan, kita disambut oleh deretan kios2 yang menjual cinderamata khas Yogya. Shopping timeeeee! Agak histeris dan kalap juga disini, berhubung kemaren gak kesampean mau ke Malioboro, jadi disini rasanya pengen borong2 aja deh. Cuman untungnya masih waras sedikit, masih bisa ngerem blanjanya. Kebiasaan tuh bela beli di Yogya tapi barang2nya suka gak kepake gitu, cuman jadi penunggu lemari. Makanya kali ini belinya cukup selektif gak asal beli. hehehhee
Puas belanja belenje, panggilan perut udah gak bisa dihindari, kita udah harus cari makan siang sebelum melanjukan jalan pulang ke Jakarta. Pas di arteri alternatif situ kita ketemu rumah makan yang jual gudeg dengan nama Yu Djum. Menurut gua sih rasa gudegnya gak seenak yang kemaren di Parakan itu. Soalnya gudegnya beda, yang ini gudegnya kering dan manis banget, sementara gua suka gudeg basah. Jadi emang ada beberapa macam jenis gudeg yah ternyata. Tergantung selera sih. Tapi disini rame juga lohh...waktu kesini aja udah ada beberapa macam sayur yang abis. Kebanayakan orang beli untuk dibungkus bawa jadi oleh2 gitu deh, dan belinya dimasukin ke dalam sejenis kendi gitu nasi gudegnya. Ada juga yang di dalam besek, sepertinya tergantung paket apa belinya.
Abis makan, kita masih sempet lewatin tugu khas Yogyakarta nih yang ada di tengah kota.
Tepat jam 12 siang kita start perjalanan ke Jakarta , rencananya mau lewatin jalur selatan, karena kan perginya udah lewat Pantura , pulangnya pengen cobain jalur selatan gitu, supaya udah ngerasain lewat dua2nya. Perjalanan lewat jalur selatan ternyata lebih berbahaya lohhh, ampyunnn dehh, awal2nya sih jalanan mulus2 dan lebar, jadi bisa ngebut deh uber waktu biar nyampe Jakarta gak kemaleman. Ehhh, begitu udah masuk ke daerah yang lewatin utan2 dan jalanan berlobang, terus macet karena banyak truk2 yang jalannya pelan serta macet karena sebab gak jelas, udah mulai hopeless dahh...dan menyesal kenapa gak ambil jalur pantura aja. hahahhaa....Tapi gak nyesel juga ding...karena disini ketemu pemandangan bagus2 juga, terutama sawah yang ijo ini, letaknya di belakang pom bensin di daerah manaa deh gitu. Gua lupa....( hahhahaa....gak bakat banget jadi reporter yahh...).
Terus ada saat dimana sepanjang jalan itu ( panjang deh sampe berkilo kilo meter ), banyak orang berjualan dawet hitam. Karena penasaran saking banyaknya yang jualan, kita mampir aja di salah satu pondoknya. Ehh ternyata enak juga loh...apalagi makannya pas siang2 gini. Segerrrr banget. Jadi es dawet hitam itu seperti cincau tapi ini lembutt banget rasanya, trus dia berwarna hitam karena bikinnya dari air merang, terus dicampur santan, gula merah dan ketan. Slurrrp....mantap juga.
Abis itu, nyampe di daerah Banyumas juga sama aja, sepanjang jalan berderet2 tukang jualan getuk goreng, sampe bikin gua ngiler aja pengen beli. Tapi gua kecele, dalem pikiran gua tuh getuk kan singkong yah, gua doyan banget kue getuk yang biasa ada kelapanya itu. Eh taunya ini sih sejenis tepung yang udah dikasih gula merah gitu, terus digoreng. Yakkk...gua kagak doyan. Lagian ini kan gorengnya udah kapan tau, jadi minyaknya udah nginep, pokoknya aneh gitu deh rasanya. Manis2 gak jelas. hahhahaa...Heran juga gua,  ada yang beli getuk goreng ini sampe berkilo kilo loh...buat apaan ya? Apa emang doyan banget sampe segitunya beli diborong abis deh...
Dan akhirnya, setelah melewati gunung dan hutan belantara, nyampe lah kita di Jakarta jam 2 pagi aja gitu. Yang nyetir juga udah ganti shift karena saking udah gak tahan. Gua kebagian nyetir di tol Cipularang sampe rumah, ini aja jalannya udah oleng ke kiri ke kanan saking ngantuk dan capenya. Mana besok udah harus ngantor pula. Busettttt....ini liburan kok nyiksa banget yaaa? hahahhaa....Serba keburu buru gitu....Segini aja kita udah kagak mampir2 lagi ke tempat wisata lain di sepanjang jalan jalur selatan. turun dan istirahat cuman di pom bensin aja. Kebayang deh kalo sampe masih mampir2 segala....bisa2 nyampe kantor tengah malemnya lagi. hahahaha
Thanks God deh, liburannya berjalan lancar jaya dan kita sampe rumah dengan selamat walopun agak semaput besoknya udah harus ngantor ( beginilah nasib kuli orang yahh...pulang liburan langsung durr kerja lagi ). Setelah dihitung2, total perjalanan kita ke Yogya sudah menempuh jarak sekitar 1426 km dan menghabiskan bensin kurang lebih 200 liter. hahahhaa....jauh yah.
Dan ini baru sempet bongkar oleh2nya beberapa hari kemudian. Inilah hasil shopping kita di Yogya...yah rata2 sih buat oleh2 kasih sodara. Gua sendiri cuman dapet dompet dan udah puas lah makanin salak Yogya yang maniss dan gede2.
Sekian trip report dari Yogya....sampe ketemu lagi di trip2 selanjutnya yah....babayyy! 

31 comments:

  1. hahaha kamar hotelnya antik banget ya yan... :)

    suka ama foto2 keluarga di candi prambanannya yan... bagus... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu Man...
      iyah antik banget kan, kayak asrama yah

      Delete
  2. Ci Yance, mau jualan sendal? Hihihi...

    Itu kamarnya beneran ampir ga ada jarak antar bed ya? Cuma naik turun aja gitu satu di atas satu di bawah? Hebring euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mau jualan....soalnya kalo beli satu dua biji, gak diskon, jadi kayak beli dvd deh, beli 10 gratis 1...
      iya bed nya dempet2 gitu le...persis deh kayak di asrama

      Delete
  3. Edotel kaya nama hotel tempat praktek di sekolah aku .. haha :D
    kamar nya juga ada yang mirip banget..
    cuma beda nya yang ini hotel bneran yang bisa di sewa, yang di sekolahan aku ngga haha :D

    waaa aku mau dong mbak di beliin sandal nya :D lucu banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha jangan2 ini sekolahan kamu ya dea? hahahaha

      Delete
    2. xixixi ada ada aja si mbak ini

      Delete
  4. Wuihhh...sendalnya banyak amattt.. buat hadiah kuis ya? wakakakak.... :-p

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bener juga tuh tia, bisa gua jadiin hadiah give away nanti..wakakaka

      Delete
  5. Hotelnya lucu ya. Kalau ngeliat modelnya kayaknya sih bekas gedung apa gitu trus disulap dijadiin hotel?? Hahahaha...

    Ah, Candi Prambanan, udah berapa tahun semenjak aku terakhir kesana ya? Hahaha. Btw, patungnya itu bukannya patung sapi ya? Ceritanya kan namanya Nandi tuh. Di kepercayaan Hindu kalau nggak salah dia ini alat transportasinya salah satu dewanya gitu (Dewa Siwa kalau nggak salah). :D

    Btw, aku malah belum pernah lewat Pantura lho, hahaha. Secara kalau ke Jakarta (dari Jogja) dulu selalu naik kereta atau pesawat. Ogah dah nyetir sendiri (walau pernah beberapa kali sih nyetir kalau ke/dari Bandung, hahaha).

    ReplyDelete
  6. duhh ko, sapi sama kerbau beda2 tipis sepertinya..hahahhaa, mirip sihhh
    iya aku juga bakal naek pesawat kalo udah tau perjalanan daratnya gak enak gitu...hehehe

    ReplyDelete
  7. mau hadiah kuis hahahha....gara2 baca posting ini jd pengen ke jogja nih ci hahaha...terakhir ke jogja keliling study tour smp, trus ada natal 2006 kesana tapi meritan sodara jd gak kemana2, cuman ke kali urang soalnya waktunya gak cukup buat keliling2...pdhl gw pengen ke borobudur lg haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekrg yogya beda sama dulu fel...udah macet kemana2...soalnya banyak tempat wisata baru dan kulinernya juga yaa

      Delete
  8. Bener2 Mamie Funky..
    Suka gaya nya ..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu dah mampir yahh....lam kenal...

      Delete
  9. Hihihi tu hotel bener bener kek asrama, ada juga hotel isi 8 bed @.@
    Jadi pengen gudeg deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu kan hotelnya ya un?
      gudeg yg di parakan tuh yahudd un...

      Delete
  10. seragam ke pranbanan boleh dibawa pulang? atau dibalikin lagi mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh dibalikin lagi kaennya ul...kan property disana, gak boleh dibawa pulang....

      Delete
  11. sendalnya buat quiz ya ci? hehehehe...

    gua belum pernah ke jogja nih. pengen deh suatu hari nanti :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedang dipikirin...buat hadiah gak yaaa? tapi usulnya ditampung deh des...hahahha
      hayu lah ke yogya, Air Asia ada yang murah tuu

      Delete
  12. WAH .. nama hotelnya seperti namaku .. (itu apa salah satu anak perusahaanku ya?? hehehe) bisa minta diskon nih wkwkwk ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh jangan2 kamu pemiliknya nihh yah? merendah aja..hahahaha

      Delete
  13. waaahaa, dieksplor banget ya kalo jalan", ampe rela nungguin tempat sepi buat bisa ambil pose ditempat yang bagus.. Kalo aku kayak gitu dah kutinggal Mi, *gaksabaran* hehe
    Tapi kalo emang keren banget, ya aku tunggu juga si kadang.

    Ngomong" soal borong getuk, aku juga ngeliatin kadang kalo liburan orang" suka pada kalap, laper mata biasanya .. sayang ya boros"in duit padahal ga enak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sra, tergantung selera sihh soalnya...ada yang doyan sampe rela beli banyak2...hahahha
      harus sabar lah klo mau dapet foto yang sepiii....

      Delete
  14. wah, seru banget nih jalan2nya. itu foto gaya bangau keren juga, hihihi. aku kebagian oleh2nya nggak, nih? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....kan perginya udah lama...oleh2nya udah ngilang ndi...maap yahhh...hihihihii

      Delete
  15. foto yang pose megang candi itu oke banget cii hahaha, duhh pengen deh ke jogja belum kesampean aja nihh >,<

    ReplyDelete
  16. prambanan bgs juga , g dah lama tuh ga kesana
    kata g sih akenya bgs an Prambanan dr AngkorWatt hi22 (sok tau pdhl lom liat Cambodia)
    btw htl kae asrama Retret yah , tp boleh tuh kl mau irit murah sih kata g .
    g jg kagak doyan gudeg Yu Djum , kering kerontang . g jg sukanya yg agak basah2 .
    tp emang top sih dia , rame terus .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus juga kan yah...jadi males ke Angkorwatt dehhh ( samaa...sok tau juga...hihihihii).
      Hotel mah ada rupa ada harga ven..
      gua juga suka gudeg basah...gak enak yang kering mah

      Delete