Tuesday, February 19, 2013

JALAN JALAN KE MEIZHOU / MOYAN ( THE END )

Suwerrr dahhh....ini edisi terakhir dari Moyan Trip....hahahha, yang punya cerita udah cape ngedongengnya.....( tumben kannn ). Lagi kena virus M alias males tingkat tinggi.
Ceritanya hari ini dari Moyan kita bakal ke Guangzhou lagi buat nginep sehari dan besoknya pulang ke Jakarta. Perjalanan dari Moyan ke Guangzhou kayaknya lamaaaa banget deh, sama seperti pergi nihh, naek bis yang kecepatannya diatur gak boleh lebih dari 90 km/jam bikin ngantuk karena jalannya lurusssss aja di tol, belom lagi keluar masuk terowongan yang  ngebelah bukit kayak gambar di bawah ini :
eh aseli ini supirnya juga nyetirnya pake acara ngantuk lohh, sampe keliatan banget nyetir di tengah2 garis ( karena gua duduk paling depan kannn ), sampe gua beberapa kali ingetin ke tour guide nya supaya ajak ngobrol supirnya biar kagak ngantuk....parno jadinya...( maklum deh, sesama supir angkot harus saling mengingatkan......peyukkkk! prett! ). Untunglah setelah sekitar 3 jam, kita langsung nyampe dan menghirup udara perkotaan. Beda banget rasanya.....langsung keliatan jembatan tol bertingkat, dan keliatan mulai macet. Jiahhhh, sama aja kayak di Jakarta deh, masuk tol dapet bonus kemacetan.



Di Guangzhou kita cuman di drop ke satu taman...lupa juga namanya apa....hahahaha , seperti biasa, beginilah gaya reporter gagal, selalu lupa nama tempat yang mau diceritain. Sighhh...harus nenggak gibolan 3 botol dulu kali, baru bisa inget. Lagian gak famous2 banget sihh, jadi gua gak gitu terkesan..hehehhehe.
Yahh gitu deh, biar kata biasa2 aja, foto mah is a must alias kudu! hahahahaa....kagak ada matinya dahh, walopun udara dingin udah mulai semriwing2....gaya mah nomor satu!
Kagum aja sama sungainya yang bersihhhh banget.....sampe bisa mantulin bayangan kayak gitu...ck ck ck...coba kalo di Jakarta kayak gini yahh!
Buat sore2 nongkrong disini sih emang enak....
Di seberang taman ini, ada tempat jajanan macam di Glodok pancoran...mirip2 sihhh kayak gitu...
Terus diujung taman ada rumah opera....

Banyak hiasan berbentuk topeng yang biasa dipake sama pemain opera China.
Yang unik, malah ketemu si doggy bersepatu...keren yahhh! Lebih keren lagi kalo sepatunya sepatu boot gitu ya? Trus itu si doggy jalan sambil bawain tas majikannya lohh ....co cuwittt!
Maap ya...semua sepakat yang keren tuh pantulan bayangan gedung di aer sungai kan yah? Bukan yang unyu2 di depan entu....
Akhirnya kagak pake berbasa basi lagi, semua peserta sepakat tidak mau berlama2 di taman ini....soalnya kita masih harus cek in ke hotel dulu sebelom lanjut acara shopping, kalo lama2 disini, nanti waktu shoppingnya kepotong deh. Kita nginep di Hotel Guangdong Lido, persis di depannya Beijing Lu yang famous itu. Kayak gini deh view depan hotel.....udah krodit, rameee dan siwer liat orang lalu lalang....but I like it! Ini tandanya tempat keramaian....dan tentunya udah tercium aroma shopping zone! hehehehehe....
Nah tuhh....tinggal nyeberang ke belakang sedikit nyampe deh ke deretan toko2 sepanjang Beijing Lu....wait for me yahh....jangan pada tutup dulu, kan belom saya kunjungin tokonya. Make me bankrupt!
Abis cek in, kita gak langsung shopping, tetapi diajak dulu ke Guangzhou Pearl River Night Cruise. Ada beberapa macam kapal sepertinya.....ada harga ada rupa. Jadi ada kapal yang lebih murah, kapalnya biasa2 aja, pada duduk rame2 di kapal seperti kayak gini :

Sementara, untuk group kita dikasih yang mahalan dikit ( per orang sekitar Rp 290 rb gitu deh )....naek kapal yang konon katanya ini adalah kapal kerajaan dari mana gitu....( jiahhh....lupa nih sejarah kapal ini padahal diceritain...tepok jidat deh! Lupa mulu.....payahhhh! ).
Dalem kapalnya ada restoran dan mini barnya, bisa pesen makanan dan minuman
Ada museumnya pula? Gak sempet liat2 sihh....cuman numpang foto trus buru2 naek ke atas geladak...
Nahh, group kita berkumpul di atas geladak kapal ....kita dijamu dengan teh dan jeruk shantang dan cemilan ( include paket yang kita bayar sepertinya....). Duhhh....ini yang namanya anginn di atas sini luar biasa kenceng dan jadi berasa dingin banget.
Tapi rasa dingin langsung ilang setelah liat ke kiri kanan kapal viewnya cakep2....ada jembatan rainbow.....( bukan namanya loh...maksudnya warnanya ajaa.....). Gak cuman kue aja demam rainbow2 an yahh....jembatan juga dibikin rainbow.
Ini jembatan nya juga warnanya bisa gonta ganti....
Berasa lebar banget yahh sungainya......sungai apa laut? hihihiihi.....
Dannn....ini dia Guangzhou tower in Rainbow colour.....I like it!
Selaen rainbow.....ada juga yang unyuuuuu! halahhhh.......
Pokoknya kiri kanan cakep2 view nya......sampe pusing fotonya....hahahaha....
Pusing karena saking buru2, kebanyakan fotonya goyang2 jadi blur blur semua dehh....padahal kayaknya cuman sekali doang deh naek ginian. Mehong ah kalo disuruh bayar sendiri sih. hihihiiihi
Selain dijamu makanan, kita juga dihibur sama artis pemain kecapi.....hebatt yah jari2nya gak beku, padahal aseli disini dinginnn banget anginnya.
Udah dehh....abis selesai ber river cruise ria.....sampe lah pada acara terakhir dari trip ini, yaitu SHOPPING TIME. Kita dilepas dalam acara bebas di Beijing Lu...terserah mau ngapain aja. Wahh tentunya langsung gua manfaatin moment ini dong....jangan sampe bawa remingpinya balik lagi ke indo neh...( prettt! gaya lo coy! ). hihiihiii....maksudnya....nuker cuman dikit, kalo dituker lagi ke money changer kan malu donggg.....mending dijajanin aja deh. Dan for your info....gua juga dapet uang saku dari si boss ( sengaja pengumuman, biarin pada sirikkk dehhhh ). Jumlahnya berapa? Yahhhh cukuplah buat beli sekilo emas...Gubrakkk! Lebayyy banget! Ahh, pokoknya cukuplah buat beli  jaket dan sepatu dan cemilan. Nah tuhh...mau apalagi? Asikkk dahhh! Serbuuuuuu!
Kayak gini dehh suasana Beijing Lu diwaktu malam....kroditt banget! Mana pas malem minggu pula. Hadeuhhh...jangan harap ketemu sama rombongan kita deh, semua udah pada ilang entah kemana tau. Mencar2 gak jelas. 

Widihhh, dalam tempo yang tidak terlalu lama....tangan udah ada tentengan....senyum pun mulai merekah....hahahahhaa....

 Padahal sebenernya ini mah persis banget kayak pasar baru di Jakarta, yang kanan kiri toko. Tapi kenapa yah disini mah suasananya bedaaaaa....terus barangnya keren keren...kenapaaa..... kenapa cobaa?
Oh iya, di tengah2 nya ada semacam memorabilia tentang sejarah China jaman dulu gitu....ditaro di bawa kaca dibawah jalan....lumayan unik sih ya.
Ahhh, sayang banget nihh, waktunya kuranggg...gua iderin sampe toko2nya pada tutup lohhh baru pulang ke hotel sekitar jam 12 malem. Hahahaha.....parahhh! 
Paginya buka jendela kamar hotel, langsung viewnya ke arah Beijing Lu ...
Berhubung kita ke airportnya sekitar jam 1 siang, berarti masih ada waktu buat shopping lagi dari pagi. Makanya begitu jam 9 an kita langsung samperin lagi tuh si Beijing Lu. Tapi kecele, belom pada buka toko2nya....Melongo dan bengong2 deh. Yang belom dapet oleh2, udah mulai resah gelisah. Sementara jamnya jalan terus...hihihii
Sampe saking putus asanya, begitu ada satu toko yang baru buka, langsung diserbu....hadeuhhhh....no choice lah
Suasana di tengah2 Beijing Lu waktu pagi masih lengang.....gak tau deh kalo semakin siang semakin rame gak, yang jelas jam 12 gua udah harus ngumpul di hotel buat cek out.
Abis cek out, kita langsung menuju ke airport buat cek in minimal kan 2 jam sebelom terbang. Kenyataannya, kita emang sampe 2 1/2 jam sebelom penerbangan ke Jakarta, tapiii....antri bagasi lamaaa, antri di imigrasi nya lamaa....jadi 2 1/2 jam itu kagak berasa tau2 udah abis dan nyaris gua gak sempet makan siang, padahal udah lapar banget. Akhirnya terpaksa makan mie di dalem airport yang harganya lumayan mehong, dan rasa mie nya es te de be ge te aja gitu. Haiyaa....pengalaman tuh, laen kali kalo mau ke airport, pastikan perut udah keisi dulu dah, daripada ujung2nya kepepet waktu gak sempet cari2 makanan lagi di airport.

So, dengan ini kisah Moyan Trip dinyatakan tamat.....see you in next trip ( kalo diajak gratis lagi loh yahhh....hihihihii ).  THE END

47 comments:

  1. Guangzhou ud keren abis, gk ky Jkt lg...
    Beijing lu wmg buka siang, hahhaha emg dr dulu tuh toko kaos buka plg pagi..
    Ah senangnya jalan2 gratis + uang sakuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah jauh lah kalo dibandingin jkt mah Wi....
      seneng banget dong dapet yang gratis2, plus ditambahin uang saku pula...hehehehe

      Delete
  2. huaaaa... jadi kangen pengen ke guangzhou lagi hahahaha...

    dulu juga aku sempet ke beijing lu, tapi kayaknya cuma beli satu kaos doang deh... soalnya guangzhou itu kan kota pertama, masih ada banyak kota lagi yang kudu didatengin, jadi duitnya disimpen2 dulu hahahaha... dulu kesananya pas siang, jadi ga terlalu rame banget...

    tau ga ci kenapa di imigrasi lama? kata tour guide aku sih, orang cina itu kan ga bisa alfabet, jadi kudu dicocokin satu2, makanya lama... hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang puas yah shopping nya disini mel...
      ohhh pantesan tuhhh imigrasi lama bin lelet....bener juga yah mel....hahahahha

      Delete
  3. yaaaa kok udah abis.. kurang panjang yan!! huuahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhaaa, kalo dipanjangin lagi mah bakal banyak yang muntah2 nanti Man....hahahhaa

      Delete
  4. Mamie .. jujur yang terakhir foto2nya paling menarik (maklum juga suka belanja) hehe .. aku belon pernah ke Guangzhou. Padahal sudah ke Shenzhen. Ga sempat. Lain kali disempatin cuma ke beijing lu saja wkwkwk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya di Shenzhen barang2nya lebih mahal loh do...mending ke Beijing Lu aja...bisa dapet seraup...haahhaha

      Delete
  5. Mi mau oot nih, kameramu apaaa, sirik liat foto malemnya bagoooosss bagooosss...
    Anw, anjingnya tampan bangeeeet :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake Sony Nex 5 na.....ini pake mode automatic ...
      hahahha....iya ganteng tuhh doggy ne

      Delete
    2. eh bener tuh... foto2 lu pas malem2 bagus banget jatohnya ya yan... sangat clear...

      Delete
    3. wahh ini pasti karena kameranya dah Man.....gua mah asal jepret2, otomatic mode on...hayuu dahh beralih ke Sony...udah ada yang seri terbaru sepertinya...hehehee

      Delete
  6. setuju sama bang arman :D
    biasa nya sampe 12 episode ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...durasi kan disesuaikan dengan berapa hari trip nya...kali ini emang cuman sebentar aja kok...jadi gak pake panjang2 storynya....

      Delete
  7. kirain bakalan panjang kaya di malaysia itu hahahah taunya tamat juga..
    btw itu beijing lu nya sama modelnya kaya wangfujing di beijing sama kaya di shanghai juga ada model lu gituan tp lupa nama jalannya...

    beda sama pasar baru sini jualannya kan abal2 bukan merk2 gitu hehehe trus banyakan sepatu sama kain doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...kecele yahh fel...
      LU itu kan artinya jalan...jadi di manapun di daratan China pasti akhirannya LU...kalo kayak di barat mah road gitu kali yah...( sotoy...hihihihi).

      Delete
  8. cakep ya pemain kecapinya, jadi inget film silat jaman dulu.

    Mungkin beda kayak di pasbar karena orang-orangnya yang seliweran beda kali Ci. Terus ga panas gitu kali yah? kali kali doang abisnya emang ga pernah kesana sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. ho oh yah Mar, kayak di pelem2 silat cewenya..
      benerr juga sih, yang lalu lalang pada putih2...kinclong2...udaranya semriwing bikin santai, gak leleran keringet....hehehhe

      Delete
  9. Ah, aku dulu di Guangzhou juga nginepnya di Hotel Lido itu. Enak jadi ke Beijing Lu-nya tinggal nyebrang jalan aja, wkakakaka... . Dan itu memorabilianya masih ada ya ternyata :D

    Cuma dulu nggak sempat naik cruise-nya nih. Jadi nggak sempet ngelewatin Guangzhou Tower-nya deh. Padahal sempet pengen ngelewatin soalnya pernah nonton acara dokumenter pembangunannya. Arsiteknya orang Belanda loh, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ko....selangkah juga nyampe dehhh!
      wahh tuh orang Belanda hebattt amatt yah....kirain mah orang amerika gitu

      Delete
  10. Itu pasar barunya, barangnya 39 RMB alias gobanan doang? Bener2 kayak pasar baruuuu!!!

    Untung akhirnya mampir di Guangzhou, kalau ngga nangis deh lu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya le gobanan! tapi teuteup harus pinter2 milih juga ya, ada harga ada rupa lah

      Delete
  11. Baek banget ye bosnya, masi dikasi uang saku lagi Mi.. Sebangsa perbloggeran pada sirik tuh.. hehe
    Tapi ternyata disana jam9 belon pada buka juga ya toko-toko, hampir sama kaya di Indo. Sikapnya orang asia doang ato gimana si tuh, kok kayaknya kalo usaha tuh bukannya buka dari pagi bener aja biar makin maksimal gitu, daripada masi tidur"an dirumah.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.....rejeki orang laen2,sra....jadi dilarang sirik
      iyah tuh, padahal katanya kan kalo siang2 rejeki dipatok ayam yah...mungkin gak ada ayam yang berkeliaran di situ, jadi santai2 aja bukanya...

      Delete
  12. trip episode kali ini singkat ya ci.. biasa episodenya nyaingin cinta fitri~~ hahahaha..

    aku belom pernah ke chinaaa, jadi gak tau ni mo komen apaan. abis komen2 di atas smua udah pernah ke china ya.. hihi,.

    akhirnya bisa ke kotanya juga ya, setelah kemaren maennya di kampung2 terusss.. cuma ak lebi demen yg diperkampungan, asri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...tau kan the, kalo episodenya kepanjangan bisa pada muntah2...gua nonton cinta fitri aja udah eneg2..hahahaha
      gua kan anak kampung, jadi lebih demen ke kota...udah bosen pemandangan kampung....prettt!

      Delete
  13. g nysel wkt di GZ 2 mlm tuh g ga nyempet liat Rainbow Tower huhh g musti balik lg nih wahahaaaa
    iya Beijing Lu semirip Ps Baru t kesan nya stlh injek sana beda ya ...
    tp kata g sih brg nya biasa2 aja , g koq lbh suka mangdu ya wahahaaa
    lu koq cepet amat drr moyaan sampe GZ cmn 3 jam ? rasanya g 4 jam lbh deh . emang sih kita pake setop2 ke toilet n makan2 dulu .
    bener tuh lwt terowongan kae lu poto , bisa2 an ya lu poto2 , g ga napsu krn udah letih pegi sama ortu2 wkt itu wahahaaa
    bsk2 g mau pergi sama rombongan g aja dah , bw ortu jd ga napsu mau ngaap2in kikikikikkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh elu kan jadi ada alasan buat balik lagi ke GZ ven....buat liat GZ tower itu tuh!
      pikir2 emang enak ke mangdu sih, segala macem ada. kalo di sini, karena perginya musim dingin, adanya sweater lah, jaket lah, sepatu boot lah....sejenis semua dagangannya.
      benerr kalo jalan2 mah mending sama yang seumuran atao lebih kecil, masih bisa ganjen2 ke sono ke mari...kalo sama ortu bisa manyun ajaa dahh...( duhh ntar gua tua juga digituin dehhh....kualat...wakakakak)

      Delete
  14. ehh ehhh jadi ngiri ci kalo dikasih uang saku gituh! hahaha. enak yaah punya bos baikk. kayanya asik yah ci kalo di gz nya agak lama, sehari sih mana cukup ya. huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha...semoga aja baik selamanya ya....
      iyah rasanya harus 3 hari deh baru puas.....shoppingnya!

      Delete
  15. Whoaaa.. kotanya baguuuss.. Klasik tapi bersih gitu. Seneng liatnya..
    Guangzhou tower-nya kereeeeeeen... mau kesanaaa.. mauuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah towernya bagus be....hayu deh jalan2 ke sini..

      Delete
  16. hieheie lengkap sekali liputannya nih Mamie Funky. Senang sekali saya bisa melihat lihat dan menikmati betapa indahnya Beijing di waktu malam. Ih serasa datang langsung ke sana lewat blog ini. Mangcapsssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe makasih mas Asep....btw, ini Beijing Lu di Guangzhou ya, bukan di Beijing...hehehhe

      Delete
  17. Gua belasan tahun lampau pernah ke Guang Zhou ngunjungi papa bokap yang tinggal di sana, tapi perasaan jauh dari postingan ini, maju bener ya sekarang.

    Btw jadi penasaran, jadi kemaren pas ke kampungnya boss berkunjung gak ke sanak sodara boss di Moyan? atau gua yang bacanya kelwt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya el, hawa kota yang maju berasa disini....
      yang di postingan yang sebelum ini el...yang pas ke kuburan itu kan yg rumahnya ada liftnya itu rumahnya sepupunya boss...jadi satu rumah itu berkumpul deh family2nya....

      Delete
  18. Kok cuma 4 jilid aja nih Moyan trip. Biasanya berseri-seri hihi..

    Akhirnya belanja juga ya ci, malu ama RMB kalo gak belanja hihi... tamannya cakep! Selalu suka deh kota yg dialiri sungai gitu, kalo sungainya bersih lho ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahannya udah abis ngel....hehehehe
      ho oh, akhirnya shopping juga...kalo kagak, malu kan tuker recehan ke money changer lagi...hahahha
      bersih banget emang disini....

      Delete
  19. mantep reviewenya tapi ko liatnya kaya kawasan kota pecinaan jakarta, tapi ini versi kerennya heheh

    Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. lam kenal juga...makasih dah mampir sini...iyah ini mah lebih keren dari kawasan pecinan jakarta bro....hehhehe

      Delete
  20. dari sekian banyak pemandangan indahnya, kok gue paling terkesan sama foto anjing nya ya mam :)) aduh tu anjing bulunya bs dikepang kali ya, trus bawain tas majikannya jg, pinter bangett

    ReplyDelete
  21. beneran haneut moyan tuh suasananya
    tapi tau beneran cakep atau tukang fotonya saja yang pinter ambil sudut
    soalnya aku sering ketipu kalo ada yang posting foto wisata keren, setelah disamperin biasa aja
    haha pisss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. piss ahh mas rawins......
      tapi kalo yg ini emang cakep sihhh mau dari sudut mana juga....hehehe

      Delete
  22. Seruuu bgt mami funky ini bercerita berasa dah kenal bgt
    Dan saya sukaaaaa blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih deh arin...( #tersipu sipu dipojokan....)

      Delete