Sunday, January 17, 2016

JALAN-JALAN KE GUILIN : DAY 1 JAKARTA GUANGZHOU GUILIN

Holaaaa eperi bodih...apakabarnya dunia?
Semoga baik2 aja semuanya yaa...*setelah peristiwa bom Sarinah yang bikin kaget aja di siang hari bolong. Untungnya pihak kepolisian bisa gerak cepat menanganinya dan katanya situasi sudah kembali normal. Dan pasti sekarang semua lagi pada sibuk nihh....sibuk nyari tau : siapakah polisi ganteng yang fashionable itu, yang pake sepatu kets branded....ya kann? ya kann?! *nuduh gitu....Gua juga ikutan sibuk, tapi sibuk yang lain dong ahh, masa sibuk nyariin pulisi ganteng entu, kann gak mungkin tohh yoo!.....*gua mah sibuk menyelamatkan diri...hahaha. Just kidding yaa, gua mah sibuk harus balik kerja lagi, harus nyangkul2 tanah lagi...hiks hiks! Tapi tentunya dengan semangat baru yang masih berkobar-kobar dong. Gimana kagak semangat coba? Kan gua baru aja balik dari liburan tambahan....*siapa nanya? Kagak ada, cuma pengumuman aja! hehehe.


Jadi setelah libur Natal 4 hari, libur taon baru 3 hari, nah minggu lalu itu dikasih lagi jalan2 gratis selama 6 hari plus uang saku....Asikk kannn?! Asikkk dongg! Tapi suwer, gua bukan di bidang MLM atau asuransi loh...*soalnya pasti ada yang nebaknya begitu. Saya mah apa atuh da, cuma kuli biasa aja, hoki nya yang luar biasa. Betul begitu? Iya kaliii.....hahaha. Jadiii? kenapa bisa jalan-jalan gratis mulu sih? Maklum lah, rejeki anak soleha. Rajin bekerja, rajin sembahyang dan rajin cari muka yang lainya. So, mumpung masih suasana tahun baru, harus semangat baru karena pasti bakal "dipecut" lagi euy, buat jalan2 gratis taon depan! *doa yang kenceng : semoga Eropah....semoga New Zealand ..semoga Amerika *mimpi ketinggian.

Jadi ceritanya, my "Santa Claus" ngajak jalan-jalannya taon ini ke Guilin. Memang sih gak secetar atau seheboh  liburannya para seleb yang ke Korea, Jepang, Eropah, Amerika,NZ dan lain-lainnya. Kita mah masih yang paket sederhana aja : ke China...eh Tiongkok yaaa sekarang mah? Tepatnya ke kota Guilin. Paket murah meriah bisa rebah! hahaha. Yah udah bersyukur deh, dikasih jalan-jalan gratis mah yaa, terima takdir aja lah. Mau ke Tiongkok kek, ke Asia kek, bahkan ke Bandung sekalipun....yang penting gua mah gratis! *muka gratisan.
Rejeki gua sepertinya udah diukur, gak boleh maruk2 dan penuh khayalan tinggi. Cukup yang biasa-biasa aja dan tentunya : ANTIMAINSTREAM always n forever! wkwkwk...Ke tempat yang tidak biasa-biasa, ke tempat yang kadang orang emoh pergi. *emang takdirnya mamie funky begitu kali yee! Kalo mau liburan ke tempat yang cetar yah harus rogoh kocek sendiri lah....hahaha...Intinya balik lagi : bersyukur aja dikasih kesempatan melihat tempat wisata yang dahulu kala banyak diincer turis, tapi kalo sekarang sih sepertinya udah ketinggalan jaman lah ya. Udah gak seheboh waktu awal-awal dikenal orang, dimana semua orang kepengen ke Guilin...*iya gituuu? Gak juga yaa? hahaha...Entah lah, sepertinya udah kagak fantastic lagi....bagi gua cukup funtastic aja dehh...having fun aja kesana ( karena dibayarin...hehehe).

Okay, langsung aja deh mulai dengan cerita perjalanannya yaaa....( sebelom curhatannya tambah panjang..hihihihi....).

Dimulai dengan berkumpul di airport sekitar jam 5.30 pagi dimana berarti gua harus bangun jam 4 subuh, supaya gak terlambat. Ini pun seperti biasa, malem harinya baru ribet beberes kopernya sampe jam 12 malem.... beres2nya agak rempong dengan kostum musim dingin yang segambreng itu : jaket tebel, sarung tangan, syal, topi, penutup telinga, kaos kaki, sepatu boot...gubrak! Banyak amat nihh rombongan kostumnya ya? Abisnya di Guilin sana lagi musim dingin, bisa 4 derajat Celcius, jadi harus persiapan matang biar kagak beku. Di kantor AC cuma 18 derajat Celcius aja udah berjaket ria bo, apalagi yang dibawah 10 derajat Celcius tuh ya? Kebayang dong pergi sendiri aja ribet beres2nya, satu koper medium udah penuh sama jaket dan sepatu boot doang, apalagi pergi ajak rombongan sirkus gua nih? Bisa kagak tidur kali yaa, beresin 4 koper....*nyaingin Syahrini dunk!

Rombongan kita naek pesawat Garuda yang jadwal terbangnya jam 8.45, berarti masih harus nunggu lumayan lama. Begitu selesai lewatin imigrasi yang gak terlalu rame, kita langsung sibuk nyari lounge. Gaya banget mau nunggu di lounge, berasa punya kartu kredit andalan..*berasa jadi horang kaya. Tapi ternyata kita kecele nih. Untuk terminal penerbangan internasional, lounge nya memberlakukan kartu kredit yang jenisnya di atas platinum...apa tuh ya namanya? Premiere kalo gak salah. Atau berlakunya prioritas. Halahhh! Kartu2 platinum gua dari 3 bank udah kayak sampah, kagak laku di lounge mana pun. Bisa berlaku kalo potong poin, atau bayar cash. Well....akhirnya untung aja gua doyan  belanja pake salah satu kartu kredit nih, poinnya cukup lah jadi tinggal redeem poinnya aja. Padahal di lounge juga cuma numpang duduk doang. Yah sembari icip-icip makanannya juga sih. Bubur di lounge ini sih menurut gua enak banget. Jadi kemaren itu paling cuma makan buburnya aja.dan numpang wifi gratis....hehehe *wifi is my life! Ah tapi sekarang di sekitar airport Soekarno Hatta udah bisa wifi kok, kagak harus di lounge. Yahhh bersyukur juga sihh, masih bisa ngerasain gaya hidup horang kaya borju yang suka nongki-nongki di lounge....

Kita naek pesawat dengan tujuan Guangzhou. Padahal setau gua, Guilin punya international airport. Tapi mungkin karena dari tour kita udah susunin itinerary nya ke tempat yang jauh dari airport Guilin, makanya lebih gampang dari Guangzhou. Lama penerbangan Jakarta - Guangzhou sekitar 5 jam. Dan nasib gua tuh emang bener2 aneh banget dehh menurut gua, masa dari rombongan yang sekitar 100 an orang, gua bisa duduk terpisah sendiri dari rombongan gua. Gokil gak coba! Semua orang dari rombongan gua duduk di barisan depan, gua duduk di belakang rombongan gua nyampur sama 2 orang dari China. Ehh tenang ajaa, gua malah suka begini sihh! *antimainstream. Gua mah santai aja, nggak yang minta tuker2 tempat duduk supaya bareng sama rombongan, nggak yang ngeluh2 kenapa duduk sendirian. Gua malah diajak ngobrol sama si orang China, udah kayak ayam sama bebek aja ngobrolnya. wkwkwk. Abis you know kannn....bahasa Mandarin gua inget cuma sepotong2 kata doang, Inggris nya si China juga aneh bin ajaib, jadi kita pake bahasa you know ai know sambil tunjuk2 di gadget, unjukin peta tujuan gua mau kemana. Udah itu abis ngobrol bentar, gua nengok ke belakang, ternyata 3 baris paling belakang itu kosong. Akhirnya gua pindah ke baris paling belakang dan itu ternyata enak banget lohh. Bebas duduknya karena kan 3 bangku sekaligus, bisa lonjorin kaki, bisa taro handcarry bag, bisa bebas mondar mandir ke toilet tinggal ngesot doang, mau makan juga lega gak senggol2an. Wihhh berasa di business class! wkwkwkwk.....

Selama di pesawat yang 5 jam itu, kerjaannya cuma 2 S : sleeping dan siaopien...alias pipis. hahaha Abis pesawatnya dingin, minum banyak, jadi bawaannya kepengen ke toilet mulu. Trus pelayanan Garuda lumayan lah, di awal2 take off kita dikasih minum sama kacang. Terus gak lama lagi, dikasih kantong kecil isinya penutup mata, kaos kaki dan penutup telinga. Sebentar mau istirahat tidur, eh udah dikasih lagi makan  dengan 2 pilihan mau menu western atau Indonesian food. Udah abis makan, tidur2 bentar, ditawarin lagi minum. Intinya sepanjang 5 jam itu kagak bener2 tidur lah, karena banyak faktor gangguan. hahaha. Kayak gini deh makanannya yang indonesian food, kemaren itu menunya rendang. Tapi rasanya gak kayak rendang....aneh rasanya...
Sampe di Baiyun International Airport Guangzhou, kita masih harus gerek koper ke tempat parkir bis yang jaraknya lumayan jauh. Mana harus lewatin tangga pula...kebayang deh kalo bawanya koper ukuran gede. Eh ada yang nekad bawa 2 koper loh, jadi gereknya tangan kiri dan kanan. Busett...segitunya yaa! Niat shopping banget ini sih! Kita pergi makan dulu di satu restoran, saking laparnya makanannya terasa enak2 aja dah. hahaha. Yang paling penting : harus selalu bawa sambal saos di tas, buat nambah rasa. Umumnya masakan di China sini tawar2 asin gitu deh. Ini  makan sekitar jam 5 sore waktu China ( di Jakarta berarti jam 4 ), masih tanggung antara makan siang dan makan malam.
 Abis makan, barulah kita ke stasiun kereta cepat. Wahhh stasiunnya juga keren nih, mirip bandara yaa?
Orang narsis mejeng dulu ahh...
Ini mau naek kereta aja antriannya puanjanggggg....
 Jalannya jauh, lewatin tangga manual dan gerek koper sendiri bo! Bener2 bikin tangan melintir dan bersepir dahh!
Nahh kayak gini kereta cepatnya...mirip2 yang di Jepang entu deh...
Dalemnya juga rapi dan bersih, jarak kursinya lumayan lega jadi bisa selonjorin kaki. Semua barang bisa taro di kabin atas, koper yang besar2 ditaro di bagian belakang atau depan gerbong. Jenis gerbong nya adalah yang second class. Segini aja udah bagus dan bersih banget, petugasnya bakal bolak balik ngepel.
Kecepatannya yang bisa gua liat sekitar 245 km / jam. Yang kefoto pas 243 km/jam...Tapi gak berasa gajlukan atau gesekan rel loh...smooth banget. Mau jalan bolak balik ke toilet, ke kantin atau apa juga gak berasa.
Perjalanan Guangzhou Guilin naek kereta cepat sekitar 3 jam, berarti sekitar 700 km gitu yaa jaraknya. Welee, jauh juga euy. Nahh, kemaren itu dari pihak tour nya kasih kita cup kertas dan kopi instan buat ngopi2 di atas kereta. Ternyata ada dispenser air panasnya di kereta ini. Asik juga, bisa bawa pop mie kalo masih lapar dan pengen makan di jalan. Karena kalo beli makanan di atas kereta harganya lumayan mahal juga, sekitar 30 RMB ( Rp.60.000 )
Karena udah cape dari pagi kita jalan dari rumah, di kereta pun gak bisa liat pemandangan keluar karena malam hari kan gelap semua, jadinya semua  udah mulai ngantuk2 dan banyak yang tidur. Kereta akan berhenti beberapa kali di stasiun2 tertentu dan sepertinya Guilin adalah stasiun terakhir nih, karena cuma rombongan kita doang yang tersisa. Kurang tau juga sih, soalnya rombongan kita pun terbagi jadi 3 gerbong. Akhirnya sampe juga di stasiun Guilin, cuma sayang gak sempet foto in karena buru2 mau ke bis. Wahh begitu keluar stasiun, disambut udara dingin menusuk tulang. Langsung heboh keluarin jaket, sarung tangan dan lain2 karena tadi di kereta ada heaternya, jadi malah berasa kagak dingin. Ditambah lagi harus gerek koper dari stasiun ke bis yang jaraknya sekitar 200 meter dalam keadaan berangin dan gerimis. Wahh wahh wahh..super duper deh perjalanannya. Dan akhirnya sampe di hotel sekitar jam 11 an malem. Kamar hotelnya standard aja, karena emang budget hotel. Pas sampe kamar, heater belom nyala, mana kita masih harus mandi dan beberes pula karena besok udah harus cek out pindah hotel lagi. Gubrak!
Udah habis mandi, badan udah penyesuaian gak begitu dingin banget, tapi msih teuteup dingin sihh. Heaternya gak nyala2....huahhh akhirnya tidur meringkuk kedinginan dibalik selimut.
Itulah hari pertama.....( *kisah penciptaan dunia......eh salah....*kisah perjalanan mamie funky ke Guilin...). Segini dulu dah yaaa...masih jetlag nih! Belaguuuuu banget....( maksudnya masih capee, belom pilih2 foto2nya yang segambreng itu...*pastinya!  hahahhaa ).
Ikutin terus lanjutannya yaaa.....Ciaobellaa!

30 comments:

  1. asik bisa jalan-jalan gratis ci..

    Stasiunnya bagus ci.

    Di hotel cuma numpnag tidur doank ya ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ther, masih bersyukur aja deh bisa jalan2 gratis. Stasiunnya keren emang. tiap hari ganti hotel ini teh...hahaha

      Delete
  2. wahhh asiikk bangeett ciciii jalan jalan mulu..hahahaa
    di tunggu lanjutannya ciii udah gak sabar..wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabarrrr bu....matanya lagi suntur inihh pilihin foto nya...wkwkwkwk

      Delete
  3. dulu aku pernah ke guilin tapi bukan dari guangzhou... lupa darimana... ikut tour, jadi naiknya naik bis hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mel...ini abis naek kereta cepat, di guilin nya mah naek bis mulu ber jam2

      Delete
  4. cicik kerja dimanaaa sih cikk... sampe bisa halan halan melulu #kepo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....jadi kuli orang yos...jalan2 nya cuma setaon sekali...

      Delete
  5. enaaaknyaaa... pengen punya Mr Santa Claus juga donk... hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mau berbagi Mr. Santa Claus nya ahh....*posesif

      Delete
  6. semogaaaaa kereta cepat disini bisa segera direalisasikan yaaa...
    ditunggu cerita lanjutannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh Xiao, kalo kereta api cepat ada di indo, asik tuh ke surabaya cuma 3 jam...bisa sering2 ke Malang deh

      Delete
  7. hahahah...seperti biasa, kalo baca cerita cici, bisa ngikik2 sendiri *ketauan deh nih ga kerja malah blog walking* Hahaha... Ditunggu cerita selanjutnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati-ati Tia, ngikik nya jangan sendirian, bisa gawat......hahaha

      Delete
  8. ihiy, semangat nungguin edisi jalan2 nya kali ini. ayo posting lanjutan nya ci.. :)
    wah, keren ya kereta cepat nya China. pantesan waktu di Jakarta mau bikin kereta cepat, ada 2 negara yg ajuin proposal, Jepang sm China.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keretanya keren ya cyn...coba ada di indo, pasti asik tuhh

      Delete
  9. Hahaha, flight yang ke Guilin dari Asia Tenggara kayaknya memang nanggung sih ya, cuma ada LCC (AirAsia dari KL ama Tiger dari Singapore). Kayaknya memang lebih enak ke Guangzhou trus lanjut kereta cepat gitu mungkin? :P

    Btw, lihat makanannya GA 898, aku jadi penasaran ngebandingin sama dulu waktu aku kesana tahun 2010. Ternyata porsi makanannya emang sedikit mengecil ya. Dulu mah kaya gini: http://s13.photobucket.com/user/Zilko/media/China%20JulAug2010/GA738dK3.jpg.html
    Tapi yang dikurangi cuma rotinya itu doang sih kayanya, haha :P .

    Ah, aku penasaran juga nih sama high-speed train-nya China :D . Ini mereka sedang banyak riset untuk high-speed train ini (ada beberapa proyek riset S3nya di Belanda) dan infrastrukturnya memang sedang mereka bangun :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh cuma LCC aja ya ko dr Jkt Guilin? Pantesan kita ke Guangzhou dulu jadinya. Iyah makanannnya sedikit, bagi yg biasa makan banyak sih dah pasti kurang. Hehehe. High speed trainnya aku bilang sih oke banget..*soalnya di Jakarta kan ga ada

      Delete
  10. Maaaaam...
    Udah jalan2 lagi aja siiiih...
    Ngikut di koper napaaaa!
    *Seriusan itu bawa 4 koper? bhahaha...*

    Lanjut ceritanya Maaaam, nangguuuung.... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyah ry, gak mau kalah sama kamu yang ke korea mulu....huhuhu, saya mah paket hemat aja...justru yang nanggung2 itu yang ditunggu2 ( pede ketinggian...hahaha)

      Delete
  11. Garuda ke sana pake pesawat Airbus apa Boeing 737-800 Ci ?

    ReplyDelete
  12. Jadi cici kerja di bidang apa sebenarnya? *kepo* hihihi
    Keren ya ci kereta cepatnya, fasilitasnya lengkap hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dibidang perkuli an...alias kuli..hahaha. iyahh itu kereta cepatnya keren juga sur...

      Delete
  13. Ci, jadi lu hari ini dari pagi gitu, bener-bener cuma buat nyampe ke Chinanya doang ya? Makan aja jamnya nanggung kagak jelas. Hadeh, 6 hari kayaknya capek banget nih perjalanannya. Tapi disyukurin aja, soalnya freeee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emberrr Le, bener2 seharian....cape poll! Balik lagi deh, kalo free mah pasrah aje dehh yee..hahaha *nasib gratisan

      Delete
  14. Itu bullet train, nomor 2 tercepat di Asia, setelah punyanya korea selatan. Tanggal2 mendekati imlek juga biasanya harga paket tur ke Tiongkok murah2 lho, soalnya disana pada sepi mudik ke kampung. tahun lalu pernah dapat tiket murah (bukan tur) ke HK 2,2 juta PP naik Garuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohhh justru murah yaa kalo mau imlek...semua org chinese sibuk ngumpul sama sodaranya, jarang yg jalan2 Man...hehehe

      Delete
  15. Seruuuu :D Seperti biasa aku penggemarmuuu ci Yan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelahh py, aku semacam drakor..aada penggemarnya...hahaha

      Delete