Sunday, January 24, 2016

JALAN-JALAN KE GUILIN : DAY 3 SANJIANG - GUILIN

Lanjut lagi yaaa the story of Guilin trip nya....yang ketinggalan, silakan baca episode awalnya disini : Guilin 1 dan disini : Guilin 2 .
Hari ketiga, pagi-pagi kita udah harus cek out dari hotel di Sanjiang dan melanjutkan perjalanan balik ke Guilin lagi sekitar 3 jam perjalanan dengan bis. Yaowohhhh! Ini tour keder apa lieur yaaa...bolak balik begini itinerarynya? Bikin peserta tour pada lemes tak berdaya....hihihii. Cape karena harus packing-packing mulu kerjaannya, beresin koper terus-terusan, sementara juga belom nemu tempat shopping bikin tambah lemes aja...Halah!


Sampe di Guilin, langsung menuju sebuah restaurant karena udah waktunya makan siang.  Padahal tadi pagi sarapan di hotel lumayan banyak, eh ketemu makanan lagi kok jadi berasa lapar lagi yaa? hahaha...*perut karet. Mungkin cuaca dingin bikin perut cepet lapar nih. Makanan di resto ini kalo tidak salah ingat menyajikan makanan khas suku Hunan. Rasanya enak sih pedas-pedas gitu, kemaren2 kan rata2 cuma asin-asin tawar sehingga kita harus keluarin koleksi saus sambal yang kita bawa dari rumah. Kali ini udah pas lah rasanya, terutama yang irisan daging mentah itu yang paling diserbu. Cara makannya dicelupin ke rebusan panci berisi kuah cabe. Beuhhh, maknyusss!
Makanan disini per meja pasti minimal sekitar 10 macam lauk pauk dan sayur mayur. Kebanyakan sih sayur2an, dan lama-lama ketemu sayuran yang aneh-aneh, seperti yang warna putih itu adalah rebung ditumis. Hmm...banyak yang gak suka, jadi mubazir aja deh tuh sayur sebanyak berapa meja tersisa berpiring2 sayuran yang kurang favorit.
Kalo yang gak suka sayuran, otomatis ayam goreng dan kentang goreng ini yang jadi favoritnya.
Setelah acara makan selesai, kita menuju ke salah satu tempat wisata yang memang menjadi top destination di Guilin dan bahkan menjadi lambang kota Guilin yaitu Bukit Belalai Gajah atau Elepant Trunk Hill. Gak lupa harus foto di depan gerbang masuknya dulu dunk....hehehe
Guide kita juga bercerita di bis tadi tentang sejarah si Bukit Belalai Gajah ini, tapi lagi-lagi gua tertidur.....krok krok krok..( pake ngorok pula ), sepanjang perjalanan yang 3 jam itu kan memang bikin ngantuk banget yaaa...*siapa suruh bangunin pagi2 coba! hahaha *peserta tour sableng. Jadi karena kagak dengerin, yahh gua buta sama sekali mengenai informasi tentang tempat wisata ini. Untung nya jaman internet sekarang mah tinggal googling aja tohhh? Banyak yang menuliskan legenda asal muasal Bukit Belalai Gajah ini yang konon katanya berasal dari Dewa Gajah yang sudah turun ke sungai Li dan tidak mau kembali ke khayangan sehingga ditusuk punggungnya dengan sebuah pedang oleh Raja Giok. Nahh silakan deh googling sendiri lanjutan legendanya yaa....hihihihi. Yah kalo dibilang gundukan batu ini seperti gajah yang sedang menjulurkan belalainya ke air dan di punggungnya ada "pedang" yang menusuk ...yah mirip2 juga sih, asal gunakan daya imajinasi anda! hahaha. Di bagian paling atas yang diibaratkan "gagang pedang" di punggung gajah itu adalah sebuah pagoda yang dibangun sekitar abad 14 dan sampai sekarang masih dipakai untuk tempat sembahyang.
Ahhh, ikut-ikutan aja foto di mari ...walopun dalam hati berbisik : "perasaan udah dikasih tau sama si Tulus dehh : jangan panggil aku gajahhhhh!" ...maap, jadi agak melankolis dikit teringat lagunya....

Di bagian lain kawasan Bukit Belalai Gajah ini, ada jembatan kecil yang menuju ke area taman...
Diujung jembatan sebelah kiri kanannya ada patung gajah kecil.
Nahh, ada yang bisa baca tulisan kanji di batu ini? Taman Bukit Belalai Gajah kalii yaa?
Di tengah air, ada beberapa patung gajah yang kagak tau lagi ngapain...lagi mandi dan berendam kali..hahaha
Kok belalainya ada yang pendek ya?
 Mungkin ini yang diceritakan jaman dulu ada beberapa gajah sakti yang turun dari khayangan itu, dan yang "bandel" gak mau balik ke khayangan itu yang dikutuk jadi bukit gajah nya...
Entah lah, ceritanya "susah" gua cerna...*maklum otak minimalis.....hahahaha, kagak kepikir ngapain itu gajah udah enak-enak di khayangan malah betah di bumi...*udah lah jangan dipikirin, mau foto aja jadi pening mikirin gajah. wkwkwk. Cisss aja dulu!
Fotonya harus dari jauh kalii..biar lebih mirip gajah nya....hehehe
Oh iya, disini tuh ada tempat penyewaan kostum2 China gitu...bayarnya sekitar 20 yuan. Sayang rombongan kita cuma dikasih waktu 30 menit doang disini, jadi mana sempat lagi mau sewa kostumnya.
 
Ke bagian belakang dari tempat penyewaan kostum itu, ada taman yang berisi patung-patung...ini juga kagak sempet dikelilingin karena panggilan naek ke bis udah berkumandang.
Cuaca pas kesini baru aja turun hujan, jadi jalanannya becek....langitnya juga kelabu.
 Bergaya bersama lampion....
Tidak jauh dari Bukit Belalai Gajah ini, sekitar 2 kilometer, adalah tempat wisata yang biasa dikunjungi juga di Guilin yaitu Fubo Hill. Di depan gerbang masuknya ada patung yang kelihatannya seorang jenderal yang sedang menaiki kuda dan memegang panah. 
Nahh buat yang bisa baca huruf kanji sih tinggal baca aja nihh, patung siapakah itu?
 
Inilah gerbang masuk ke Fubo Hill...sepertinya harus beli tiket dulu kalau mau masuk ke dalam.
 Tinggal baca papan petunjuk, mau ke arah mana dulu....dan rata2 pada ke toilet dulu nih. hahaha
Disini ada pedang yang tertancap ke sebuah batu.....dan lagi-lagi gua kagak inget apa yang diceritain sama si guide yang pasti udah cerita legenda mengenai fubo hill ini tadi. hahhaa....*gak penting sejarahnya, yang penting fotonya! *itu sih gua banget
Kalo ada penjelasannya begini kan gampang, tinggal baca aja...
Inilah pot yang dimaksud itu....thousand men pot...entah apalah...apalah ini.....huhuhuu, gua kok kagak tertarik banget yaa dengan sejarah...
Mending foto2 sama si geisha jepang ini aja lah...lebih menarik...hihihiihi
View ke arah seberang Fubo Hill.....harusnya kita naek ke bukit nya kali yaa, baru bisa lihat keindahannya dari atas. Tapi waktunya tidak cukup, jadi hanya keliling di sekitar area tamannya aja.
Terus kita masuk ke bawah bukit melalui lubang di belakang itu....
Di dalam goa nya itu ada tempat sembahyang nya...
Berjalan ke arah belakang goa, bakal nembus ke tepi danau ...
Ada hanging stone ...yang pastinya punya kisah tersendiri yang menjelaskan kenapa dia bergelantungan disitu selama berabad-abad...wkwkwk. Aseli! Gua mah kagak tertarik banget sama sejarahnya!
Silakan menebak-nebak, batu apakah ini...hihihi, saya males googling nya..
Pokoknya view nya kayak begini dehh....
Setelah itu, kita bakal "digiring" ke sebuah toko teh. Oh iya, jadi cerita dari guidenya bahwa setiap rombongan tour akan diwajibkan untuk "setor muka" ke toko-toko pemerintah seperti toko teh ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Apabila tidak masuk, akan dikenakan denda US $40. Ini adalah program pemerintah untuk mensubsidi pariwisata China, makanya harga paket tour2 ke China bisa lebih  murah. Jadi itulah sebabnya di dalam itinerary kita selalu diselipin "misi" khusus ini....Oh iya, di depan toko teh nya ini ada sebuah taman yang untuk masuk ke dalamnya harus beli tiket.
Daripada disuruh beli teh, gua lebih pilih jalan-jalan ke taman aja sih....
Di pintu masuknya ada namanya nih.... gak bisa bacanya sih! *nasib ke tempat yang kagak ada bilingual nya
Numpang foto2 di jembatan bentar....*ogah bayar
Habis itu, baru deh masuk ke ruangan khusus untuk di presentasi in asal muasal teh nya darimana, cara bikinnya gimana, manfaatnya buat apa aja, ada macam2 teh nya...
Dan kita dikasih tester beberapa kali dengan macam2 rasa teh, ada yang rasa original, rasa lohankuo, rasa ginseng, dan waktu gua tanya ada yang rasa kasih sayang gak? langsung digebah sama SPG nya..hahahhaa, just kidding ya. jangan serius-serius amat bacanya. hihihii. Pokoknya rasa tehnya ada yang enak yang bikin kita minta nambah *karena haus dan ogah rugi... ada juga yang aneh rasanya, kayak tanah gitu...yaks!
Selain teh, dikasih juga tester beberapa cemilan yang dijual di toko ini...
Ada talas goreng yang rasanya lebih enakan talas Pontianak kata gua sih...hahaha *teuteup selera Indonesia dahh! Terus yang merah2 itu adalah manisan kelopak mawar. Rasanya enak juga lohh ternyata! Terus ada juga permen jahe yang rasanya biasa aja kayak permen jahe pada umumnya. Kagak ada istimewanya. Tapi heran nihh, semua orang di rombongan gua langsung pada borong2 loh....gua doang yang kagak. Males amat nenteng berkotak-kotak cemilan beginian....rasa es te de be ge te.
 
Dan ada cerita dibalik aksi borong-borong teh ini...ceritanya mereka menjual teh dengan paket beli 2 gratis 1 seharga 600 yuan, berarti 1 kaleng teh jatohnya 200 yuan ( Rp.400 ribuan ) tuh. Wahh banyak yang beli nih karena pikir udah murah dibanding beli satu kaleng doang dengan harga aselinya 300 yuan ( Rp. 600 ribuan ). Hadeuhhh teh apahan sihh, mahal amat yaa. Gua sih kagak tertarik dah. sama teh-teh an, apalgi mahal begitu harganya..Terus, ketika "kerusuhan" belanja sudah mereda dan peserta tour banyak yang udah balik ke bis, rombongan kita di bis yang satu nya lagi ternyata membeli paket teh nya dengan harga 300 yuan aja lohh! Berarti 1 kalengnya seharga 100 yuan aja ( Rp. 200 ribuan ), katanya mereka dipanggil2 sama SPG nya karena udah agak sepi dan dikasih diskon lagi harganya. Hahaha....yang borong teh di bis kita bisa sakit hati tuh beda 100 yuan ( Rp. 200 ribuan ) per kaleng. Makanya....tips gua sih : kalo ke toko pemerintah gini jangan asal maen borong dan beli banyak2 dulu....*kayak di Vietnam waktu itu tuhhh! Napsu belanja tinggi, taunya pas akhir tour harganya semakin murah...*nyesek dah!

Yaudah lah, jangan dipikrin soal belanja2....enjoy aja! Udah kadung beli, yah anggap aja murah karena kagak bisa bikin sendiri toh?! Sekarang waktunya makannnn! Makan malam kita kayak begini nih... 

Yang unik adalah ikan goreng yang digantung-gantung kayak jemuran gini...hahaha. Dan ini cuma tampilannya aja menarik, rasanya mah biasa aja, kayak ikan cuwe gitu...agak amis gimana dah. Gua cobain dikit doang ...lebih enak baso2 goreng yang ada dibawahnya itu tuh.
Setelah makan malam, kita diajak nonton akrobat Guilin Dream of Li River
Rombongan kita dapet di deretan agak tengah...tapi agak jauh dari panggung...
Jadi fotonya cuma seadanya aja deh....*ilmu gua belom sampe buat fotoin yang bagus...Lagian orang lagi akrobat, gimana caranya difoto, pastinya gerak2 terus kann? hahaha *alibi
Dan anehnya, sepanjang pertunjukan dikasih asap2 dry ice, yahh atuhhh jadinya berkabut gitu panggungnya...dasar pertunjukan yang aneh! *kagak terima kagak bisa fotoin yang bener disini.
Hmm...apa yahhh komentarnya untuk akrobatik show kayak begini? Karena keseringan nonton yang lebih canggih dari ini, jadi bagi gua kesannya biasa-biasa ajaa. Sementara kalo belom pernah liat show2 akrobatik sama sekali, segini juga udah bagus lahh....
Apalagi dengan permainan lighting dan kostum yang warna warni , cukup menghibur lah...
Di akhir acara, seluruh pendukung acara akan naek ke panggung dan berdadah-dadah ria...
Keluar dari ruang pertunjukan, para pendukung acara akan berdiri berjejer di lobby dan para pengunjung boleh berfoto bersama...gratis! Udah lah, kalo gratis mahh hajar ajaa!
Yahhh begitu dehhh cerita hari ketiga....*kisah perjalanan mamie funky di Guilin. Kurang bersemangat, karena badan cape, mata ngantuk .hahaha. Terus hari ini ke tempat2 wisata yang kurang asyikkk dan kurang cetar gimanaaa gitu yaa! Padahal tempat2 wisata yang hari ini banyak di rekomendasi oleh orang dan termasuk yang wajib dikunjungi plus masuk ke dalam jajaran top destination. Ahhh, maap dehh, it's not my type, selera kita beda ternyata. Gua kagak suka tempat2 beginian....suwer! Manaaa sihhh tempat shoppingnya? Udah kagak betahh nihhh, yuan nya belom keluar dari dompet *belaguuu! Sementara orang2 kan tadi udah borong teh dan snack2 berkantong2...terus ujung2nya ribet sendiri beresin kopernya dan bingung bawanya. Nah lohh....*dilema banget.. Yang udah beli2, bingung. Yang belom beli2 kayak gua, lebih bingung lagiii!. hahahha
Udah deh...tunggu lanjutannya lagi ajaa yaa....*harusnya tambah seru sihh! Babayyy Ciaobellaa!

30 comments:

  1. wkwkwkw dulu gw bawa tour ya, pasti pada protes kalo misalnya dibawa ke tempat2 belanja. dan kalo diskip, giliran guide & sopir yang bakalan ngambek. katanya beli ga beli gpp, yang penting kudu wajib didatengin. sama kayak di thailand juga.
    ahahaha samaa ci, gw juga ga demen kalo wisataya begitu aja.. beda selera yak.. hahaha :) tapi sekali lagi, karena gratis, ga bole protes! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh kann...emang ada misi begitu bikin kagak enak di dua belah pihak yaaa...ho oh nihh, karena gratis ajaa kita pasrah...hahaha

      Delete
  2. Sayurnya banyak amat Ci. Itu kebayang nyisanya kalo emang gak suka sayur ya. Bukitnya emang mirip gajah kok Ci. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti daya imajinasi nya sama nih dan. ho oh, sisa nya banyak banget dehh tuh sayuran...sayang banget

      Delete
  3. udah pengalaman ya ci, jd gak tertipu lagi pas beli oleh2 snack hihhi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pengalaman ther...emang males beli cemilan2 gitu..hehehe, jadi terbebas dari jebakan betmen deh

      Delete
  4. Makanannya yg paling keliatan menarik yan.
    Iya ya patung galak nya kok belalai nya pendek pendek ya. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama trip, makanan yang ini yang paling enak Man, selain yang shabu2 juga. yang laen mahh biasa aja. Itu gajah nya gajah jaman dulu kali, masih pendek2 belalainya..

      Delete
  5. aku dulu ke guilin juga ke tempat gajah itu ama fubo hill... tapi aku nyewa kostum ci wahahahaha... buat kenang2an hehehehe... aku juga ikut tour dibawa ke toko2 pemerintah gitu... tapi ga beli apa2... bawa duit pas2an sih hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti emang paket tournya begini-begini aja ya dari jaman dulu mel...hahaha

      Delete
  6. Hahaha barusan 5 menit lalu koment di posting hari ke 2 tentang batu gajah ga mirip gajah, eh ternyata cicik kesono juga.
    Aku ke Guilin juga beberapa tahun lalu, dan jujur kurang menarik semuwanyaaaaa. Mana kesono pas musim panas pula, panas banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh kalo musim panas kesini tambah emosi jiwa dahh...ini yang adem2 aja kesel kok..hehehe ketemu gajah yang biasa2 aja...

      Delete
  7. kali ini puas lah yah Ci, dapet pemdangan kece. gak kecele kaya kemaren. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ketiga ini lumayan lah rie...gak seperti kemaren

      Delete
  8. Hahaha ci, sekali2 nulis lagi dong di Tionghoa.INFO :)
    Bagi2 pengalaman jalan2 ke Tiongkok nya ke pembaca kita juga :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Man, mau sihh nulis2 yg "seriusan" dikit, tunggu waktu senggang tapinya...

      Delete
  9. Wah, baru tahu ada program subsidi begitu jadi mesti setor muka ke toko-tokonya, hahahaha... . Ah, kalo ga beli mah lumayan ya bisa nyicip tehnya gretongan, hahaha :P . Dan jadi intinya kalo mau beli apa-apa mah nunggu terakhir aja ya biasanya harganya didrop lagi sama yang jual :P .



    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah sepertinya baru2 belakangan ini dan untuk group gitu ko. Kalo pergi sendiri sih ga wajib setor muka. Iyahh, lumayan tester gratisnya, ga usah beli kalo mau beli, tunggu sepi2 aja..hahahaha

      Delete
  10. Kalo ikut tour itu males ya ke bagian pabrik ina inu. Barang-barangnya nggak jelas gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah diajaknya ke pabrik yang barang2nya kita gak butuhin...hahaha, coba pabrik baju fashion, tas, sepatu...mungkin masih diborong dehh

      Delete
  11. Ga enaknya tour ya ci bangun pagi2...haha :D Walah bisa beda jauh gitu sekaleng tehnya..wkwkwk.. Kalo Py yg beli sih sakit ati liat yg dapat mureh.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener py, klo ikut tour kagak santai, pagi2 udah morning call...hahaha. iya ih, teh nya jauh amat bedanya, untung gua kagak borong2..hahaha

      Delete
  12. Klo ingetan aku belom rusak sama bener sama apa kaga tempatnya, yg acara show itu paling kece dr show2 yg aku nton. Cm emg mahal banget.. Dl aja klo d kursin 200 rb lbh waktu taon 2004.

    Paling keren dr guilin cm naik cruise trus foto2, sama masuk goa yg keren buat foto2 karena warna warni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya dari dulu emang ini ini aja tempat2 tournya wi, ga ada variasi lain, brarti sama lah kali ya. Iyaa itu naek cruise di postingan berikutnya...heheehe

      Delete
  13. Saya suka sayurannya nih...nampak seger banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus diakui sih, sayurannya fresh2 semua

      Delete
  14. Wah cci makanannya sayuran banyak ya. Pantes ttp sehat n cantik hahaha.

    bagus banget viewnya ya disana ci..
    jadi pengen kesana *nabung* hohoho :D

    Salam kenal ya ci...
    yolandangelina28.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. lam kenal juga yolanda....tengkyu dah mampir kesini...sering2 aja ya...heheehe

      Delete
  15. Nama tempat yg di batu itu "ai qing dao" atau pulau cinta... Elu sih diceritain sejarah malah bobo... Tp akhir2 ini gw ga mau belanja tempat suvenir yg singgah itu.. Dah terbukti mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ck ck ck..hari gini masih bisa baca huruf kanji? dulu belajar mandarin ya yul? hehehe, iyah gua mah kalo denger sejarah2 langsung kehipnotis....zzzzzzzzz...hahahha

      Delete