Sunday, January 31, 2016

JALAN-JALAN KE GUILIN : DAY 4 GUILIN YANGSHUO

Yahh owohhhh, gak berasa udah 3 minggu aja berlalu dari balik liburannya.....capenya masih terasaaaaa! Memori otak juga udah mulai lemot, harus mengingat2 lagi kejadian 3 minggu lalu. Apa yang mau diceritain yaa kalo kagak ada yang inget? Gawatt!. hahaha, payah dehh faktor U mah......*mungkin aku lelahhh!  Bagi yang ketinggalan, silakan baca episode sebelumnya disini : Guilin Day 1, disini : Guilin Day 2 dan disini : Guilin Day 3 

Hari ke 4  ini adalah jadwal kita untuk melanjutkan perjalanan dari Guilin menuju ke Yangshuo dengan mengikuti Li River Cruise. Jadi pagi harinya dari hotel kita langsung cek out ( again! ) dan langsung menuju ke pelabuhan yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dengan bis. Sepanjang perjalanan kita diiringi oleh hujan gerimis. Untunglah sesampainya di pelabuhan, hujannya berhenti.

Kapalnya ada beberapa berjejer sedang menunggu penumpangnya naek. Satu kapal bisa menampung ratusan penumpang, makanya walaupun keliatannya antri banget, tenang aja semua kebagian tempat kok, jadi tidak usah berdesak-desakan dan buru-buru naeknya, takut kepeleset dan nyemplung ke laut. Kemaren sih karena ketemu sama rombongan orang China, yahhh jadi agak "rusuh" dikit dehh, mereka maen dorong2 aja dan berebutan naek kapal. Kadang gua gemessss pengen tegur, tapi yahh sudahlah....sama-sama penumpang inih. Kalo gua yang punya kapalnya tuhh..baruu dehh berani gua tegur...hahaha
Di dalam kapalnya ada beberapa lantai, yang bawah adalah tempat duduk yang ada mejanya yang juga sekaligus tempat makan, lalu kita bisa naek ke atas geladak untuk melihat langsung pemandangan di sepanjang sungai ini nanti kalau kapalnya sudah jalan.
Saat kita sudah berkumpul dan duduk tenang di meja masing2, guide local nya akan memberikan brosur dan menjelaskan tempat2 yang akan kita lewatin.
 
Sepertinya inilah "gong" nya alias tour utamanya kalau jalan-jalan ke Guilin. Karena dengan menaiki cruise itu, kita akan menyusuri sungai Li dan di sepanjang kiri kanan sungainya akan bertaburan ribuan bukit2 karst yang katanya indah seperti lukisan2 China. Jadi begitu kapalnya sudah jalan beberapa menit aja, kita langsung pada naek ke geladak, gak sabar lagi mau lihat seperti apa keindahan alam Guilin yang kesohor itu.....Tapi sayang banget yaaa, cuaca nya tidak mendukung nih. Mendung-mendung gimanaaaa gituu...Coba kalau langitnya biru.....
Seperti yang dibilang sama guide nya, bukit-bukit karts ini ada yang berbentuk seperti begini lah, seperti begitu lah, tergantung daya imajinasi kita aja. Kalau yang gak bisa membayangkan dan daya imajinasinya cetek kayak gua, yahhh nurut-nurut aja kalau dibilang bukitnya mirip ini....bukitnya mirip itu, yahh masa mau komplen sihh ya?...hahahha. Nahh yang ini katanya disebut bukit mahkota raja, karena mirip mahkota. Mirip gituuuu?
Ahhh, gua sihh gak pentingin itu bukit mirip apa, mirip siapa. Pokoknya foto aja dulu dahh! Soalnya di atas kapal ini dingiiiiinnnnnn luar binasa karena anginnya bertiup kencang.
Lagipula, naek cruise macam begini bener-bener persis sama dengan tour yang baru aja tahun lalu kita ikutin, jadi rasanya biasa ajaaaa! *merasa udah pernah dan persis sama euphorianya. Kagak terpukau, kagak terpesona, kagak punya efek cetar gimana gimana. Biasa aja....*muka datar.
 
Terus, karena habis hujan, jadilah itu sungainya berwarna coklat butek, kagak menarik, kagak seperti foto2 promosi yang bertebaran dimana-mana yang menggambarkan sungainya hijau bening memantulkan bayangan bukit-bukit karst nya.
Tapi katanya kita masih beruntung, kalau habis hujan begini, tidak ada kabut sehingga bisa jelas melihat pemandangan bukit-bukitnya itu.
Bener juga sihh...dalam keadaan cuaca mendung-mendung begini, kita masih bisa melihat dengan jelas pemandangan yang ada. Beuhhhh, kebayang deh kalau misalnya hujan deras, terus berkabut. Wewwww! Mati gaya dehh di dalam kapal. Nahh yang ini adalah bagian yang bukitnya katanya mirip Dewi Kwan Im dan banyak lagi deh yang mirip-mirip seperti apel, seperti telunjuk, dan ada bukit yang terlihat ada lukisan 9 ekor kuda. Tapi gua kagak lihat, karena sibuk foto...hahahaha.
Memang pemilihan timing yang tepat untuk jalan-jalan ke Guilin itu harus diperhitungkan loh. Jangan sampe menyesal, udah jauh-jauh kesini, tapi gak bisa menikmati pemandangan sepanjang sungai yang sebenernya bagus juga sih....
Sesekali terlihat kapal-kapal motor kecil melintas di sungai ini, sepertinya mereka adalah penduduk lokal yang menggunakan transportasi sungai untuk bepergian.
Karena jarak dari Guilin ke Yangshuo sekitar 80 kilometer, maka dengan kapal ini akan memakan durasi sekitar 3 jam. Yah foto2nya santai aja, masih banyak waktu. Asal kuat dan tahan dingin aja lah di atas geladak yang berangin kencang ini. Tinggal balik kanan ....jepret, muter kiri...jepret, tengok kanan....jepret...*banyak gaburnya soalnya...hahahha. Lagipula lama-lama bosen juga ahh, bentuknya begitu2 semuaaa....hahahaha *anaknya bosenan
Udah puas foto2 di atas geladak dan juga jari tangan udah mulai membeku, kita balik ke tempat duduk masing2. Eh gak lama kemudian, panggilan makan siang datang. Begini lah suasana waktu mengambil makanan di dalam kapal....udah kayak kondangan aja. hahaha, ngambilnya sedikit2 karena banyak macam masakannya, eh lama-lama jadi bukit deh tuh piring...*apakabarnya si diet?? Entahlah....udah ke laut! hehehhe, ini mah efek kena angin dingin, jadi bawaannya laparr sodara2!
Akhirnya setelah kurang lebih 3 jam mengarungi sungai Li, kita akan sampe di kota Yangshuo. Dari kapal sudah terlihat bangunan-bangunan di sepanjang tepi sungainya.
Begitu mendarat di tepi sungai, kita akan melihat bangunan ini....
Ada papan ucapan selamat datang ....tapi kok yang dijadiin iconnya petugas pemadam kebakaran yaa?
Pokoknya apa aja difoto dehh...hihihihi....
Untuk masuk ke dalam kotanya, harus melewati gerbang ini ....Aduhhh itu photobomber nya banyakkkk...gimana ngecrop nya sihh! *kesel!
Setelah melewati gerbang tadi, akan ada papan petunjuk dan peta wisata
Kita akan langsung memasuki kawasan shopping street....horeee horree, baru berasa jalan2nya nihhh!
Mulai deh lirik kiri....lirik kanan....tapi gua merasa kayak di Bali atau Yogya yaa? hahaha, barangnya mirip2 sejenis gitu dehh....Cuman beda motif aja ..
Harus kekepin dompet, jangan sampe tergoda buat beli barang2 yang kadang cuma karena lapar mata sesaat doang....
Piring2 keramik dan buah2an juga ada....
Tapi sepi banget nihhh ....pada kemana yaaa orang2? Kok gak ada yang belanja sihh?
Ini namanya West Street shopping area.....
Souvenirnya lucu-lucu....
Seribu satu macam patung.....eh lebih dari seribu satu sih...*maap gak sempet hitungnya, jadi gak akurat datanya....hihihihhii, jayus deh!
Jadi kota Yangshuo ini dikelilingi oleh bukit-bukit, memandang ke segala penjuru pasti bukit dimana-mana.
Lupa ini toko apa, tapi tulisannya apah maksudnya yaaa?
Kreatif nih..mangganya dibentuk bunga....
Nahh, tempelan2 kulkasnya lucu nihh yang panda....
Pokoknya kalo buat oleh-oleh, silakan aja nawar semurah2nya.....dikasih kok walaupun awalnya diomelin. hahaha....
Katanya gak boleh foto bertiga, jadi gua temenin dehh si bear bear ini biar jadi ber 4...
Beneran ini kawasan shopping street kok sepi yaaa?
Pengunjungnya cuma kelihatan sekali-sekali lewat....
Barang-barang souvenir khas China yah begini ini lahh...
Sepatu kekinian juga banyak ngebelatak disini...tapi di Jakarta juga udah banyak kok yang kayak gini...
Tas dan jaket....silakan dipilih dipilih....
Ketemu gerobak yang jualan bakmi...campurannya banyak amat yaaa ituuu?
Tapi dagingnya pake daging bekicot...atau keong yaa?
Porsinya gede juga nihhh mangkoknya.....Rasanya lumayan enak...( kata yang makan )...hahaha, gua sih kagak beli karena masih kenyang tadi di kapal lumayan banyak makannya.
Nahh kalo sate yang ini ben.eran enak....rasanya pedas2 gitu
Sampe ke ujung jalan, masih terlihat sepi-sepi aja....
Kebetulan dehh kalo sepi begini sih.....fotonya jadi leluasa, terbebas dari photobomber...hahaha
Tuhh kann, disini bukit, disana bukit..dimana-mana bukit....
Sampe lah diujung akhir dari shopping street ini....padahal kita dikasih waktu 2 jam disini, tapi gua belom belanja2 nih...*mood belanjanya tiba-tiba hilang...Sementara rombongan gua tuh disini pada beli drone...tau dong drone itu apaa? Sampe beberapa penjual drone kewalahan diserbu rombongan kita. Ada kali sekitar 30 an orang yang beli. Sebenernya gua mau beli juga....tapiii itu dus nya gede bangett, males bawanya.
Pokoknya ketemu batu, ketemu tulisan yang gak ngerti artinya pun, harus teuteup narsis dan eksis...hahhaa
Sekilas kota Yangshuo seperti begini lah.....masih banyak yang mau dibangun sepertinya....
Bangunnan disini tidak boleh tinggi-tinggi, supaya pemandangan ke bukit2nya tidak terhalang....
Cantik juga yaa kotanya...bener-bener dikelilingin bukit gitu....
Jalan rayanya juga lebar-lebar....pastinya lebih maju daripada Cibinong dan Bogor....hahahha
Setelah itu kita akan diajak ke toko pemerintah lagi, kali ini mengunjungi toko bambu....Haiyaaaa,  ini sih persis sama kayak yang di Vietnam itu....baca disini aja : Vietnam Trip
Jadi ini toko yang menjual barang2 yang berkaitan dengan bambu gitu dehh...pokoknya olahan bambu..
Kita akan masuk ke ruangan "kelas" dulu, dikasih presentasi dulu....asal muasalnya, bahan olahannya, jenis-jenis barangnya....
Setelah itu baru deh masuk ke storenya.....silakan dipilih-dipilihhh...
Perasaan yang beginian mah banyak di Jakarta ya....Tapi karena rombongan gua kan tiap tahun orangnya beda-beda, jadi yang tahun lalu gak ikut ke Vietnam sih bakalan borong-borong lah disini....
Gua juga ikutan beli-beli....tapi beli yang aneh dan unik aja kayak kacang yang satu ini....Bentuknya bulat2 hitam seperti kotoran kambing...tapi rasanya enakkkkk! hahahha. Waktu si Alvin dan Miko tanya , gua bilang aja ini (maap ) tai kambing....mereka langsung menunjukkan ekspresi jijik dan gak mau makan. *emak jahat.....
Di depan toko bambu nya itu ada yang jualan tahu kayak gini....ternyata enak juga lohh!
Selesai borong-borong di toko bambu, kita langsung diajak makan malam, padahal belom malem2 banget nih, masih nanggung jam nya. Langitnya aja masih terang begini....
Makan malamnya di sebuah hotel, tapi lupa namanya...halahh! Makanannya aneh-aneh gitu dehh...bikin gak napsu makan....yang enak cuma tahu nya aja....*maklum lidah kampung
Ikannya gak tau ikan apa, banyak tulangnya. Yang putih panjang2 itu talas ...gak ada yang makan karena dari penampakannya aja kurang menarik...
Setelah makan, kita cek in dulu ke hotel Vienna. Nahh, kali ini hotelnya lumayan bagus nihh...dari rangkaian perjalanan kita kemaren2 itu hotelnya kan standard semua.
Lobby nya cukup luas
Kamarnya juga lebih nyaman dibanding kemaren2....*abaikan barang2 yang berserakan
Kondiisi kamar langsung berantakan dengan barang2 kita beertebaran dimana-mana...hahaha
Nahh, berhubung hari masih belum terlalu malam, baru sekitar jam 7 an...rasanya gak betah dong kalo cuma di kamar doang. Akhirnya tanya2 guide nya gimana cara balik lagi ke West Street shopping area tadi, ternyata cukup jalan kaki aja sekitar 10 menit juga sampe. Wahhhh...suasana malam hari disini ternyata malah lebih rame dan meriah dibanding siang tadi yaa...
Tadi siang toko ini perasaan biasa-biasa aja gak menarik, eh liat dooong waktu malam hari langsung berubah jadi eye catching gini....
Semakin malam malah semakin rame....sepertinya turis-turis yang datang kesini tadi siang sibuk pergi ke tempat lain, begitu malam hari baru deh menyerbu kesini...
Penasaran juga sih..sebenernya apa sih yang ditumbuk oleh dua orang ini? Tapi males nanya....maklum lah orang2 sini kan gak ngerti bahasa Inggris...daripada nanya jawabnya kemanaa...mending diliatin aja lah...
Dan inilah hasil keliling2 di shopping street tadi....tempelan kulkas ciri khas Guilin...( kok bukan Yangshuo yaaa? )
Gantungan kunci nya lucukk juga.
..
Pulang jalan kaki dari West Street tadi, eh ketemu warung bakmi. Penasaran dengan bakmi disini, jadilah mampir dulu dan cobain semangkuk..( bukan sebaskom yaa ). Ittu mangkoknya emang agak gede sihh...Rasanya tawar2 asin begitu aja sih, harus pinter meracik kasih kecap kasih saos kasih sambel....halahh! Kayak mau ngebakso aja yaa...
Menurut gua, kota Yangshuo ini menyenangkan gitu dehh. Lumayan betah shopping diisini dan sebenernya kota ini bisa diexplore lebih banyak lagi. Tapi berhubung kita cuma semalam doang, yahhh jadi dapetnya cuma segini doang. Kalo yang gua dapetin dari hasil googling, sebenernya ada wisata air yang bisa kita nikmatin yaitu mengarungi sungai dengan perahu-perahu bambu kecil seperti di foto di bawah ini. Gambar dari chinahighlights.com. Harusnya lebih seruuu lagiii yaaa kalo bisa ke sini....sayang banget tour kita skip tempat ini.....
Terus harusnya juga bisa naek ke daerah seperti puncaknya gitu, dan melihat view kota dari atas..Wahhh itu juga cakep banget dehh pemandangannya. Ahhhhh, kalo mau ke tempat yang bagus-bagus memang harus explore sendiri sihh yaa....*kebanyakan googling jadi kecewa sendiri. hahaha
Tapi masih untung lahhh, dari sekian banyak yang ke skip tidak bisa dikunjungi, gua berhasil juga menemukan "ciri khas" dari Yangshuo trip yang terkenal yaitu tradisi dari desa Xingping sebagai fishing village dengan icon nya seorang bapak tua yang lagi menggendong sebatang kayu dengan burung cormorant di kiri kanan batang kayunya seperti gambar di bawah ini...   gambar dari quilinchina.net
Ceritanya tadi waktu mendarat turun dari kapal, ada kakek tua yang menjajakan properti batang kayu plus burungnya seperti foto di atas itu...harganya cuma 5 yuan. Dan sebagai cewek antimainsteam, gua langsung tergoda buat foto dengan menggendong batang kayu itu...lumayan berat booo! hahaha Coba aja cari, di mana ada cewe yang mau foto pake gendong2 batang kayu begini? Kagak adaaa kannn? hahahaha...Yah kalo sampe ada pun...berarti kita sealiran dehh! *bukan cewe biasa
Itu burungnya kan beneran...jadi dia bisa gerak2 dan kayak mau terbang gitu....Weleee, walaupun agak sedikit panik, tapi model mah teuteup harus tersenyum yaaa! Prettt! Ini malah harusnya gua naek rakit dan pinjam topi si kakeknya...tapi katanya sungainya agak pasang, jadi rakitnya gak bisa dinaekin. Weww....Tapi segini pun udah cukup puas deh, punya koleksi foto yang kagak biasa. hahahaha...
Itulah the story hari ke 4 dari  rangkaian perjalanan mamie funky di Guilin.....tunggu aja lanjutannya yaa. ..yang punya cerita mau upgrade memori otaknya dulu....Babayyyy ...Ciaobellla!

26 comments:

  1. lucu gantungan kuncinya... :D

    btw bukit2 nya yang kayak dewi kwan im, apel, dll itu yang mana yan. kok di foto gak keliatan bentuk2 gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh kann, berarti daya imajinasi elu juga gak bisa liat kann Man? * ehh kidding yaa...emang di foto gak begitu mirip jadinya nih....yg kwan im yang bukitnya paling lancip itu ( dari kiri bukit yg ke 3 ), kalau yang apel yang paling ujuuunggg sungai di gambar ini...( samar2 sih ). hahaha....mirip2 in aja

      Delete
  2. Hahaha kayaknya memang wisata guilin kurang lebih begotu. Aku naik cik yg perahu bambu itu. Muter2 naik perahu bambu sambil ada anak cewek nyanyi khas china teus disuguhin semangka sambil nonton burung bangau nangkep ikan. Karena pas itu musim panas, danaunya butek. Ga ada mirip2nya ma chinahighlight. Untuk naik kapal bambu gitu ada extra charge cukup mahal tapi lupa berapa
    Honestly china wisata paling bagus itu beijing menurut aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh harusnya seru tuh kalo musimnya pas yaa...iyahh, gua juga demen Beijing, lebih kota gituu ...gak terlalu suka yang kampung2 gini..hahaha *anak metropolitan

      Delete
  3. Sebenarnya pemandangannya bagus ya disana. Coba kalau cuacanya pas oke, pasti cetar membahana banget itu cruise di sungainya! Hehehehe :D . Kota Yangshuo-nya juga keren dikelilingi bukit-bukit karst gitu!! :D

    Properti fotonya murah juga ya cuma 5 yuan, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ko, harusnya bagus seperti di foto2 yang beredar kalo perginya saat cuaca oke. Yangshuo sih keren juga yaa kann....iyah itu si burung dihargain cuma 5 yuan...murah meriah

      Delete
  4. foto yang sama burung mantapp cii..hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh kannn....untung ajaa gua sempet foto sama burung..hahahaha

      Delete
  5. aku juga dulu ke yangshuo trus belanja di west street juga... tapi ga belanja banyak2, bingung kalo belanja, bingung nawarnya hahahaha...

    hotelnya cakep ci... kasurnya keras ga ci? dulu selama trip ke china, kasurnya keras2 hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bingung barang2nya begitu2 semua mel....hahaha. Iya hotelnya mendingan daripada kemaren2, tapi kasurnya emang keras. Anehh yaa, kasurnya masih pake model gitu...mana dingin pulaa...

      Delete
  6. kayanya kl wisata alam, tetep bagusan di Indo kali ya ci? hehehe.
    foto terakhir nya bener2 anti mainstream. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah bener cyn...Indo punya banyak tempat bagus...cuman belom sempet dikelilingin aja...hahaha

      Delete
  7. akhirnya ketemu tempat shopping ya ci..
    gantungan kuncinya lucu ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya ter..jalan2 tanpa shopping mah apalah atuhh yaa..

      Delete
  8. >>
    seruuuu..kl udh baca cerita2nya mamie funky
    ditunggu episode berikutnya yaa..
    *
    magnet panda nya lucuuuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa episode berikutnya masih digodog..hehehe, yang sabar nunggunya yaa...

      Delete
  9. bener bener asyik membaca artikel laporan perjalanan (travel report) nya MamIe Funky. Seru abis, Jalan jalan, dengan wisata belanja dan kulinernya merupakan perpaduan yang serasi dan luar biasa. Hihiehiheiehie. Itu bukit bukitnya ada dimana mana. Apa ada rumah atau rumah penduduk juga di bukit itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah penduduk ga di bukitnya, tapi disekeliling kaki bukit.bukitnya itu kan batu kapur gitu mas Asep...wahhh komentar mas Asep cetarr dahh!

      Delete
  10. 3 jam di kapal ngiterin sungai mba? kok kuaaaat? aku ikut river cruise di stockholm, cuma 1 jam kayaknya, 30menitnya dipake tidur.. huahahaha..

    Tempatnya kalo sepi gitu enak ya buat pepotoan.. hahaha.. ga keliatan sumpek juga jadinya. Kebayang kalo udah musim liburan yaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapalnya menyusuri sungai be, ga ngiterin sungai. Yahh kita paling sejam doang di geladak, sisanya duduk2 di dalam sambil minum teh. Emang kalo sepi paling asik dahh buat pepotoan..,hhahaha

      Delete
  11. Suasananya jadi serem2 mistis gitu ya ci sungainya.. haha *efek penakut*.. Kalo cerah kebayang pasti lebih indah lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah py, timingnya kagak tepat nih...jadi suram yaa

      Delete