Monday, August 24, 2015

THE SANCTUARY OF THE TRUTH

Well, cerita awalnya dimulai saat nyusun itinerary terus si Papi bilang mau ke Pattaya. Gua langsung demo besar-besaran  :"ngapain ke Pattaya? kagak ada apa2nya...jelek tauu!" Dengan sombongnya gua jelasin yang tahun 2008 gua ke Pattaya tuh cuman ke gems gallery, pabrik madu, ke pantainya juga biasa banget ( menurut gua lohh yaa! ), dan nontonin show2 macamnya banci show dan Spiderman show yang gua diuber2 sama orang kagak jelas...bisa baca disini : Bangkok Pattaya 2008 , yang intinya adalah : mungkin itu tour yang salah, karena bikin gua kagak berkesan sama sekali tentang Pattaya. Kepikir mau balik lagi pun kagak....


Tapi, berkat si Papi yang banyak membaca sehingga  jauh dari kebodohan, akhirnya bliau  bisa meyakinkan gua bahwa tempat yang bakal kita kunjungin di Pattaya tuh pasti beda lah dari biasanya.
Sebagai orang yang ngakunya antimainstream, cencunya jalan-jalannya juga gak boleh yang biasa-biasa aja dong yaa...hihihi *gua mah gitu orangnya. Jadi begitu dikasih unjuk foto satu tempat yang rasanya banyak orang yang belum tau ( maca cihh?? ), yaitu The Sanctuary of The Truth wahhh langsung gua masukin ke dalam first list must visit in Pattaya. Udah semacam obsesi ( seperti halnya si Wat Rong Khun itu ),  pokoknya gua harus kesini, bagaimanapun dan apapun yang terjadi....Beuhhh!

So, kalo orang pergi ke Pattaya tujuannya mau main air di laut, ke pantai, naek parasailing, naek banana boat, yahhh saya sih NO! Gua lebih pilih naek songtew aja nihh.... Dari hotel Mercure cukup berjalan kaki ke jalan raya sekitar 100 meter, lalu tinggal nyetop songtew yang lewat. Kebetulan ada songtew yang kosong tidak ada penumpang lain, lalu kita nego sama supirnya untuk antar kita ke The Sanctuary of The Truth. Ternyata murah juga...cuma 100 bath ( Rp. 40.000 ), dibandingin suruh jalan kaki ? Hayuu lahh capcuss...
Jalan di depan gerbang The Sanctuary of The Truth seperti perumahan gitu....letak bangunan ini di Naklua Road, Banglamung Pattaya.
Nahh inilah gerbang masuknya. Di sebelah kanan itu tempat penjualan tiket masuk dan ada staff marketingnya juga yang ngasih kita sekilas informasi. Tiket masuknya 500 bath ( Rp.200.000 ) per orang. Wewww....mahal juga yaa. *si Mamie stress, apa-apa mahal semua ( coba aja dikali 4 )...hahaha *ngintip dompet.
Memang sih kita udah tau harga tiketnya sebelom kesini, jadi udah gak kaget lagi dan udah berembug bahwa anak-anak gak usah beli tiket masuk, cukup nunggu di resto yang ada di dalam...*Mamie bijak dan irit..hihihii. Di dalam sini ada beberapa atraksi seperti terlihat di petanya, tetapi tujuan kita cuma mau foto2 di bangunan sanctuary nya aja, makanya cuma beli tiket masuk doang.
Karena kita kesini masih pagi, belum banyak turis yang datang, jadi staff marketingnya pun sampe nganterin kita ke tempat pengecekan tiket dan ngasih tahu ke penjaganya bahwa kita cuma beli 2 tiket dewasa, sementara anak-anak cuma mau nunggu di restorannya aja...*tips hemat.
Disini ada kuda-kuda yang keliatannya terawat dan bersih...
Kalo kambing ini gak tau deh buat apa....yah mungkin buat pemanis aja, saking luas areanya. hihiihi...( yah masa buat disate sihh?! )
Jalan masuknya gak jauh kok...kita sih milih jalan kaki aja ( walopun udah mulai panas cuacanya ). Yah tapi kalo horang kaya  males jalan, tinggal bayar aja sekitar 800 bath ( Rp.320.000 ) udah include tiket masuk plus naek kereta kuda.
Kayak gini dehh kereta kuda kencana nya....
Tuhh mendingan jalan kaki kann....lebih sehat..( menghibur diri...hahaha ). bisa ketemu bunga-bungaaa....
Yahh kalo kata papan petunjuknya  mah : kagak jauh lagi kokk! Ciayoo! ( bener kan terjemahannya?)
Wohoooo! This is it! The Sanctuary of The Truth......
View from where I stand.....
Funtastic 4.... in yellow and blue theme....
So, karena tempat ini adalah salah satu obsesi gua to be here, jadi cencunya liputannya juga harus lengkap dongg dan pastinya bakal penuh bertaburan foto, karena foto bercerita lebih banyak daripada kata-kata....Tsahhhh! *siapin internet yang kenceng yaaa
Nahh inilah restoran yang tadi gua sebut2 di awal, namanya Naklua Kitchen...
Anak-anak gua suruh tunggu disini aja, tinggal dikasih duit biar mereka bisa jajan. hehehe. Ini viewnya oke banget yaaa ke belakang sana...
Nahh ini jalan masuk ke area bangunan sanctuary....
Yuk yak yuk....tu wa ga pat, masih sepi nih,semangat nurunin tangga...
Disini kita dikasih helm proyek untuk melindungi kepala, ini udah prosedurnya kalo mau berkeliling di bangunan yang masih dalam taraf pengerjaan disana sini.
Di sepanjang jalan masuknya udah mulai ketemu sama patung2 dari pahatan kayu.
Wihhh.....tampak ujung bangunan sanctuary yang tingginya sekitar 105 meter menjulang tinggi
Di depan nya terbentang danau buatan dengan perahu-perahu yang bisa disewa untuk berkeliling
Hmm...kapan yaaa si Papi ajak gua naek "cruise" kayak gitu? *lagi mengkhayal,,,,hahahha. Sirik banget deh gua!
Believe it or not...I'm here right now....*sujud nyium tanah. Salah satu cita-cita gua terkabul ( lagi ).
Hold my breath....no words can describe it...
Keseluruhan bangunan ini terdiri dari ukiran kayu yang detil dan ngejelimet....
Penuh dengan simbol2 filosofi dunia di masa lalu, budaya dan filosofi negeri timur
Pertama kali dimulai proyek pembangunannya pada tahun 1981, dan katanya diperkirakan selesai di tahun 2025 bahkan lebih.....mungkin bisa 2050..entah lah, tidak ada yang menjamin kapan selesainya.
Bisa dibayangkan kalo semua pengerjaan ukiran kayunya ini dipahat dengan tangan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan keseluruhan kuil.
Di bagian depan menggambarkan bahwa wanita adalah makhluk yang diagungkan di tempat ini, yang melahirkan manusia ke bumi.
Ditempatkan di puncak menara sebagai simbol perdamaian, orang pertama yang mengajarkan tentang moralitas kepada keturunannya.
Wanita digambarkan sebagai laskar perkasa, pemuji, penari, penyeimbang kehidupan, sumber inspirasi dan pemberi kehidupan.
All about the women....banggalah jadi seorang wanita.
Jadi di tangga ini semuanya berderet patung-patung wanita ( gak termasuk yang di depan loh yaa..hihihi ).
Di dalam ada salah satu ruangan yang disebut sebagai Parental Pure Love yang melambangkan moralitas dan pembentukan karakter manusia bermula dari keluarga, oleh orangtua ( ayah dan ibu ) kepada anak-anaknya.
Dan inilah the creator dari the sanctuary ini yaitu seorang miliuner Lek Viriyahbhun yang saat ini sudah tiada dan pembangunannya sekarang ini diteruskan oleh keluarganya.
Dan ini istri dari sang creator the sanctuary....
Nah foto mereka tuh ada di ruangan Parental Pure Love ini....
Wooowww.....yang ini ukirannya bener-bener detil, dari ujung atas sampe ke bawah, pegimana kagak lama yaa pembuatannya? Hanya bisa berdecak kagum....
Sebenernya ada beberapa staff disini yang menawarkan diri untuk menjadi guide buat kita berkeliling di kuil, Tapi kan...tapi kan...kita sibuk foto-foto, takut nanti gak konsen dia ngomong apa. Jadi kita tolak tawarannya itu dengan halus....dasar orangnya baik hati dan pantang menyerah, lalu dia menawarkan diri untuk fotoin kita berdua, yahhh kalo itu mah langsung okay aja lahh...hehehe....
Kalo orang narsis dilepas disini yahh begini ini lah...sangat memaknai setiap detil sudut dari bangunan ini adalah sebagai sebuah mahakarya seni yang indah. Tsahhhh!
The magnificence of Heaven Recreated on Earth.....
Hip hip hoorayyy! Akhirnya ayee nyampe sini juga yaaa bang...( ngomong ke si Papi...)
Setiap sudutnya benar-benar mengandung filosofi spiritual dalam karya seni yang indah.....
No caption needed..
Just enjoy the wooden carve sculpture...everywhere around here 
Kebayang dong gimana rasanya....ketika sesuatu yang cuma bisa kita liat di tivi, di majalah, di media sosial atau di website manapun, akhirnya hari ini bisa berdiri disini menyaksikan keindahan dari mahakarya seni itu dengan mata kepala sendiri....*speechless
Secara garis besarnya, bangunan ini bukan sebuah candi atau kuil, tempat ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat untuk menyelami dan memaknai kehidupan spiritual bahwa manusia berasal dari debu dan suatu saat akan kembali menyatu dengan alamnya.
Berhubung kagak pake guide, jadi gua gak tau juga arti dari setiap simbol di tempat ini...
Katanya perpaduan antara tokoh2 Hindu dan Budha gitu....
Dan ini sepertinya yang disebut sebagai Four Face of Brahma
Jalan masuk ke bangunan utamanya waktu itu diarahin kesini, lewatin tangga yang ada patung gajahnya
Patung gajahnya dari dekat.....
Bingung dah, mau pilih lewat kiri atau kanan.....hahaha, jadi galau. Padahal mah sama aja...
Disini lebih jelas lagi ngeliat ukiran2 di seluruh bangunan the sanctuary....
Ada cerita sejarahnya nih...silakan dizoom aja yaa....hahaha
Begitu masuk kita bakal memasuki ruangan yang dibagi ke 4 bagian utama. Yang pertama ini melambangkan alam semesta yang mengandung 4 unsur utama yaitu Bumi, Air, Angin dan Api
Disini ada patung Trimurti yang dalam kepercayaan Hindu adalah Shiva sebagai dewa bumi dan api, Wisnu sang Pemelihara sebagai dewa air dan Brahma sang Pencipta sebagai dewa langit,
Ditengah-tengah ruangan adalah yang disebut The Center Hall....
Tersedia bantal-bantal bulat untuk tempat berlutut disini...
Disini guide nya nawarin kita untuk memberikan bunga ke tempat persembahannya itu...dengan memberikan uang suka rela di kotak yang ada di samping.
Nahh bunganya di taro di kotak putih itu tuh...
Bunganya bunga anggrek , masih fresh semua...
Ukiran di atasnya ini bagus banget....sebenernya ada artinya, tapi gua lupa nih apaa....( hadeuhh, guidenya ngomongnya kecepetan sihh....*turis koplak hahahha ).
Maklum deh bahasa Inggris ekeh kan cemen banget, daripada salah menterjemahkan, yah lebih baik digoogling sajaaa yaaa.....ada websitenya kok...
Pokoknya gua mah foto-foto aja dulu....masalah artinya apa, ini buat apa, tinggal pada googling aja dah yaa....maafkeun saya, gak tahan kalo gak foto disini...hahaha
Kalo gak salah ini lambang Brahma yang dihormati sebagai sang pencipta.
Nahhh, di dalamnya sini juga pekerja2 pemahat patungnya bekerja terus supaya bangunan ini cepet selesai.
Dan malahan kebanyakan pemahat kayunya adalah para pekerja wanita loh...Saat kita kesini mereka sedang beristirahat tuh diantara steger2 besi di atas sana....
 
Saking detilnya, makanya pengerjaannya sangat lama...entah kapan selesainya nih...
Mungkin satu patung aja bisa makan waktu beberapa hari....
Dan menurut guidenya, kayunya ini asli dan tidak memerlukan finishing, jadi dibiarkan apa adanya, tidak dilapis cat ataupun furnish...
Makanya warna kayunya pun bergradasi bermacam2 warna sesuai jenis kayunya...
Kena efek cahaya lampu jadi bagus banget yaa...
Nahhh, ini dia yang paling cetarrr : Ratu Sirikit KW 10....wkwkwkwk! Mau foto dengan kostum kayak gini bayar 100 bath.
Hadeuhh, cape juga loh berkeliling disini. Duduk ngaso dulu ahh...
Tips : kalo mau kesini lebih baik pagi2 atau sore hari sekalian, karena hawanya panas banget.
Boleh aja duduk ngadem-ngadem disini, nunggu pangeran berkuda putih lewat.
 Tampak proses pengerjaan bagian luar dengan besi-besi steger disana sini....
Gua suka banget sama patung-patung di setiap ujung atap bangunannya...
Bener-bener bangunan dengan mahakarya seni yang luar biasa ....only in Pattaya...only one in the world...
Oh iya, bangunan ini berdiri di tepi pantai loh....
View dari pantai ke arah the sanctuary...so bisa kebayang kalo pas sunset pastinya lebih keren lagi
Bangunan ini belum selesai aja udah ngabisin waktu kita hampir 2 jam disini. Apalagi kalo udah kelar yaa? Mau habisin waktu buat foto2nya berapa lama lagi? hahaha....
Hmmm...masih harus nunggu sampe tahun 2050? Gua udah bawa tongkat dong kalo balik kesini...Wewww...Makanya harus foto yang banyak dimanapun dan kapan pun! Kita gak akan pernah tau apakah bisa balik lagi atau kagak...*tiba-tiba jadi melow
Ehh pas jalan mau pulang, tiba-tiba lihat si gajah lewat....Dari kemaren kan gua belom kesampean mau naek gajah. Katanya ke Thailand tuh belom sah kalo belom naek gajah...( ini mah kata gua lohh yaa....hahaha ). Kalo gak salah tiket masuk plus keliling naek gajah gitu sekitar 1000 bath deh...
Kita mah ambil yang paket hemat ajaa, naek gajah cuma buat foto disini doang bayar 250 bath ( Rp.100.000 ) plus dapet foto langsung jadi. Lumayan lahh buat kenang-kenangan.
Hohoho, kesampean juga naek gajah....ahhh, tapi ada "pihak ketiga" nya nih...kurang asikk!..hahahha . itu si bapak nya meuni sadar kamera pisan euy! Bagaimana kalo dia turun dulu, trus gua foto berdua aja sama si Papi, kan baru bagus yaa fotonya. Menurut ngana?
Kau temanku, kau doakan aku, punya otak cerdas, aku harus sanggup. Bila jatuh, gajah lain membantu, menghadapi situasi rela jadi tamengku. Jangan panggil aku : gajahhhh! ( Tulus mode on ).....Yahh memang kamu gajah kok, masa dipanggil kodok! 
Ini kios untuk tebus foto2 yang diambil sama fotografer keliling, jadi ada beberapa foto kita ( dicetak dan dikasih pigura gitu ) karena tadi dia ngikutin kita selama di dalam bangunan sanctuary. Kalo mau nebus harganya 200 bath ( Rp. 80.000 ). Yah buat kenang2an gua beli aja deh...kasian juga. Lagian nanti foto gua bisa beredar kemana2 dongg...Beuhh! *siapa lo? hahaha.
Nahh, sebagai orang antimainstream, di penghujung cerita gua kasih foto dengan kata2 : Welcome! yang artinya : end of story....( gugle translate lagi error ).
Yahh pokoknya gua bangga lah bisa jadi salah satu manusia di dunia yang menyaksikan mahakarya secanggih ini. So, semoga info foto-foto segambreng ini bermanfaat buat kalian yang mau kesini, Explore your destination world and be apart of the Amazing Thai's recreation treasure constructing. The only one life on Earth! Beuhh..kata2nya emejing banget kann! Yakinlah itu bukan kata2 gua, itu mah nyontek....wk kwkwk ( nyontek aja bangga! ). Sekali lagi, kalo mau info selengkapnya tentang the sanctuary ini silakan aja googling sendiri yaa, ada website nya kok.

And the last, cencunya stay tune terus di blog ini yaaa...karena tempat wisata di Pattaya selanjutnya pun kagak kalah menariknya kok...( menurut gua loh! hihihihi ). Tapi percayalah apa yang dikatakan Mamiefunky....Ca o'ong sihh?! hihihii.....Ciaobellaaa!

39 comments:

  1. Alhamdulillah. Akhirnya saya hadir kembali ke blog super kerennya Mamie FuNkY. Untuk urusan traveling Mamie FuNkY lah yang the best. Yang lain lewat semua. Lihat saja statistic blognya yang wow mantaf,. Sudah dapat back link dari Google. Hiehiehiehiehiheie. Pokoknya saya banyak belajar darfi MaMie FuNKy. Traveling memang sangat menyenangkan Hiehiheie

    Regarding Thailand, wow. Saya masih sedih karena kasus pemboman Kuil Erawan yang banyak menimbulkan korban Jiwa termasuk korban meninggal dari Indonesia. Tapi walau demikian kita sebagai traveler tentu harus tetap yakin bahwa semuanya itu sudah ada yang mengaturnya.


    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhh ampunnnn mas Asep, pujiannya sungguh bikin terbang ke langit...padahal mah blog ini apa lahhh atuhhh, cuma begini doang.,nanti yang travelling blogger sejati pada demo nihh...hahaha...tapi makasih anyway..
      Iyahhh itu bom di Thailand sangat menyedihkan yaa...shock juga dengernya...

      Delete
  2. Ditunggu cik untuk pattaya selanjutnya. Reviewnya maksudnya :)
    jadi penasaran di pattaya ada apa aja selain pantai dan banci

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sabarr yaa...hahahaa, semedi dulu nihh

      Delete
  3. Ci Yance.. Kereeeeeen ini postingannya. Sayah baru tahu pertama kali tentang kuil ini dari sini dan langsung mupeeeeenggggg bangettt. Keren Ciii. Suka banget deh saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ngiler yaa Dan...ya udah nanti nunggu selesai aja baru kesana. wkwkwk

      Delete
  4. bagus yah ci detail2 patung2nya. hihihihi.. aku juga amazed. hihihi.. semoga someday bisa kesini yaa.. *amin*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah pi, pasti suatu hari juga nyampe kesini...

      Delete
  5. aaaaahhhhh tempatnya bagus amaaat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ri, keren nihh buat foto2 disini....

      Delete
  6. Puass puasss bgt liatin fotonya ci Yan.. Gilakk itu mah asli njlimet bgt ya. Dan itu miliunernya cakep ya :D

    ReplyDelete
  7. wuii keren banget tempatnya ya yan. ukiran2nya itu lho.. keren abis.
    tapi kok ya tega sih anak lu gak diajak masuk. hahaha gelo... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man, keren yaaa. Hahahaa, bukan tega sih, anak gua gak suka foto2 dan boring di kuil beginian, mereka malah happy nunggu di resto...pada jajan kerjaannya.

      Delete
  8. Ci, gue jadi inget sama Sagrada Familia di Barcelona yang sampai sekarang kagak kelar-kelar juga (udah 100 tahun lebih), kayaknya si Sanctuary ini juga bakalan never ending project juga ya! Gede banget, bagus, dan tanahnya masih luas tuh, bisa ditambah terus nonstop. Emang bagusan kemari lah ya daripada ke Pattaya yang pantainya gitu-gitu doang, walaupun sampai sekarang masih belum juga kepingin ke Thailand lagi sih hahahaha. Tapi kalau sampai pergi lagi, jadi to do list juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Le, kalo liatin sampe detil rumit begitu bakal never ending kayaknya...mana lahannya juga masih luas, bisa dibikin satu komplek perkuilan penuh ukiran juga bakal keren sih....

      Delete
  9. aih keren yak ce... gw belon pernah ke situ. kalo ke pattaya, kalo ga ke pantai, ya show... bosen yak? hahaha pasti gw ke sana kalo ke sana lagi tapi kapan yak? hehehe :)
    anak loe nurut amat disuruh ga usah masuk? hehehehe
    hahahah coba tuh suruh abangnya turun dulu... kan bagus difotonya... jelek gitu ada foto abangnya.. menganggu hahahaha :) tapi kalo abangnya turun, gajahnya langsung jalan loh ce, gimana? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang fun, klo mau kesana masih bisa nanti2, tunggu steger2nya dicopot ( merusak pemandangan soalnya...hehehe). nahh itu dia, abangnya gua suruh turun ntar kita dibawa kabur sama gajah...bisa gawat...hahaha

      Delete
  10. hahaa.. iya tuh pihak ketiga kenapa sih ga sadar diri.. turun lah ya mustinya hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang nih dimana2 pihak ketiga mah bikin masalah ya Xiao...hahahha

      Delete
  11. Keren banget ya kuilnya. Memang beda banget bentuknya dari kuil-kuil lain.

    Pas baca bahwa kuil ini sebenernya belum beres, aku langsung teringat Sagrada Familia di Barcelona, haha...

    Btw, kenapa ya namanya The Sanctuary of "Truth"? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa belom selesai2 nih dari 34 tahun lalu bangunnya...mungkin sang creator nya kepengen tempat ini jadi semacam tempat orang2 menginstropeksi diri gitu kali yaa...(sotoy.com ). Hahahha...kurang tau juga tepatnya ko...

      Delete
  12. Oh ini yg kapan lalu di bahas ama prue, mahal juga tiket nya #Kutaksanggup

    ReplyDelete
  13. ci.... ya ampun ini keren banget... detail banget bangunannya... belom kelar aja uda keren gini, gimana uda kelar yak... mudah2an aku juga bisa kesini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenaaang mel, sampe si Jayden udah gedepun belum tentu tempat ini udah jadi sempurna...hahaha

      Delete
  14. Iya cii.. ya ampunn ak pikir pantai pattaya bagus.. ya ampun di ketek"in mah am kuta juga... huahaha.. tmpat" anti mainstream gini yg malah bagus ci, kalo anaknya ud pd gede n bs di "titip" di resto lmyn jg ci, selain hemat serasa pacaran n honeymoon lg.. hihi..
    Bruntung jg suami cc rajin" googling n membaca makanya tau ad tempat kyk gini, klo ak mah kyknya harus smua ak plan n cari sndiri... huhihu...

    Ayo ci, brikutnya kemana ni? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jur, ke pantai mah udah kapok bergosong ria...( tapi disini juga puanass bo, gosong juga...halahh! ). iyahh harus rajin cari2 tempat yang unik gitu,..kalo gak yahh biasa2 aja deh perginya......berikutnya ? yahh masih seputar pattaya...hahhaa

      Delete
  15. ci, tempatnya baguuuus ya. apalagi semuanya diukir manual dari kayu.. bener2 keren deh.
    kapan kelar nya tempat itu? pasti makin megah kalo semuanya dah selesai dibangun.. :D

    yg bingung, dana pembangunan tempat nya dari mana ya ci? pasti habis biaya yg gede bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keren cyn, gak tau kapan kelarnya ini sih....njelimet begitu. Dananya yah dari tiket masuknya itu, makanya agak mahal kann....selain itu juga yah duit nya si miliuner itu dan keluarganya yang nerusin

      Delete
  16. Keren banget ci!!! Kirain ini kuil juga, tapi ternyata bukan ya. Cuma orang kaya aja kebanyakan duit nggak tau duitnya mau dibuat apaan lagi hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren sempet tanya sama guide nya sih, dibilangnya bukan kuil...di dalamnya sih ada tempat2 sembahyang mirip2 kuil gitu...entahlah jadinya apa ini teh...hahaha

      Delete
  17. Kerennnn baru liat foto2nya Aja belum baca ceritanya hihi Gemesss pengen koment dulu hihi jd pengen ke Sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah nanti kapan2 ajak yoishi kesini...hehehe.

      Delete
  18. Wah, jadi pingin balik ke pattaya nih. Waktu dulu kok ga kepikiran ke sini ya. Emang mamie itu menginspirasi hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa pergi ajaa kesini do.....10 tahun lagi juga gak apa2, kan udah nambah lagi tempat2 barunya, si sanctuary blom tentu rampung..hahaha

      Delete
  19. Keren bget yaahh! Aq jg mw ksna tp sptny cm bs dr jauh aja liatny coz wktny ga ckp kl muter2in sanctuary.. tp mom, kl aq cm dr jauh aj (ky ank2ny mom itu, mayan tuh foto dgn latar blkg sanctuary dr jauh itu yg di pager) brati aq ga usa byr kn ya? Jd lgsg msuk aj gt ga usa beli tiket2 sgala, ato gmn..

    ReplyDelete
  20. Halo Stef, kalo cuma mau foto dari atas, ga usah beli tiket masuk, bilang aja mau ke restaurant nya...

    ReplyDelete
  21. keren euy... bulan april mau ke sini ah bosen klo ke pantai or nong noogh

    ReplyDelete