Sunday, August 16, 2015

WAT RONG KHUN ( WHITE TEMPLE AT CHIANGRAI )

Ceritanya, kemaren sebelum kita berwisata keliling Chiangmai, kita minta diantar oleh uncle taxi "siwer" itu ke terminal bis buat booking tiket Greenbus ke Chiangrai, kota tujuan kita selanjutnya. So, kita beli tiket bis itu sehari sebelumnya untuk ambil jadwal berangkat yang jam 7 pagi besoknya supaya sampe di Chiangrai tidak terlalu siang. Di terminal, kita tinggal cari konter Greenbus dan ambil nomor antrian dahulu. Tenang aja, mesin tiket antrian itu ada 2 bahasa, bahasa Thai dan bahasa Inggris.

Loketnya dipisahkan antara yang beli tiket on the spot, dan booking tiket untuk next day. Jadi pelayanannya cepet dan oke banget loh. Harga tiket bis dari Chiangmai ke Chiangrai adalah 180 bath per orang ( Rp.72.000 ).
So, here we are....paginya kita udah check out dari hotel sekitar jam 6.20 pagi dan langsung nyegat songthew yang lewat buat ke terminal bis. Tawar menawar akhirnya deal dengan harga 100 bath ( Rp. 40.000 ). Iyah lahh udah pasrah harga berapa aja, yang penting sampe...hahaha..*daripada ngesot bawa ransel?
Sampe dehh di depan terminal. Jadi kalo yang baru tiba di terminal ini dan mau ke kota, bisa naek songthew ini...kalo rame-rame bisa lebih murah
Kayak gini deh terminal bisnya dari depan....ingat yaa, Greenbus itu ada di terminal 3
Semuanya kecapean, kurang tidur....sekarang pagi-pagi udah ngejogrok di terminal nunggu bisnya dateng...
Ada papan petunjuknya dimana tempat nunggu bisnya.....
Bisnya datanggg....( agak telat beberapa menit ..tapi masih ontime lah ). Mariii kita naekkkk ke bis...Jangan khawatir bagasi tertukar, karena diberi nomor sesuai nomor tiket bisnya. Karena kita mau berhenti bukan di terminal kota Chiangrai, maka tag bagasinya diberi warna coklat ( kalo tidak salah ingat ), sementara yang lain warna hijau, artinya mereka turun sampai di kota Chiangrai.
Di dalam bis, ada "pramugarinya" loh...tugasnya periksain tiket dan bagiin makanan...
Lumayan juga nihh..dengan harga 180 bath, kita dapet sebotol air putih dan snack wafer...
Di bis, lanjutin lagi tidurnya... ( kata Alvin : aku padamu lah Pi...hahahha).
 
Jarak dari Chiangmai ke Chiangrai sekitar 200 km dan ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam perjalanan. Di tengah2 perjalanan, bis akan berhenti satu kali untuk sekedar ke toilet atau membeli makanan untuk sarapan.
Oh iya, di bis ini ada yang membawa anak balita dan karena jalanannya berkelok-kelok, mungkin anaknya mabuk dan akhirnya muntah deh. Alhasil, kita yang duduk di bangku barisan sekitarnya lumayan tercium juga aroma muntahnya. Kasian anak kecilnya, kasian ibunya...( I feel you mom...*sok akrab ), kasian sama turis cewe bule yang duduk bareng si ibu, kasian sama penumpang lain yang mencium aroma muntahan...hahahha. Tapi untunglah"pramugari" bis sigap juga membantu ibu si anak buat membersihkan muntahannya, jadi lama-lama udah gak bau lagi deh...Untung aja si Alvin dan Miko tidur sepanjang jalan, jadi kagak komplen...

Oh iya, kita tuh bukan mau ke kota Chiangrai nya yaa...( catet! ), tetapi kita mau ke temple yang heits banget di daerah Chiangrai yaitu Wat Rong Khun. Jadi jangan lupa minta sama supir Greenbus nya untuk turun di tempat terdekat ke temple itu. Kan lumayan langsung nyampe tempat tujuan gak usah balik lagi dari kota ke temple ini yang katanya jaraknya sekitar 15 kilometer. Weww...untung aja kita bisa turun langsung di sini nih, hemat uang sewa taxi/songthew. Nahh ini kita udah diturunin dipinggir jalan....ngadem bentar dibawah pohon, karena nyampe sini pas jam 10 siang, mataharinya lagi terik-teriknya...( jam berapapun sepertinya terik melulu yaaah! * hadeuhhhh! ).
Masalahnya bis yang kita naekin gak lewatin temple yang letaknya padahal di pinggir jalan. Bis nya harus mengambil arah yang berlainan, makanya kita diturunin di lampu merah dan masih harus jalan kaki lagi sekitar 100 meter nikung ke kiri untuk menuju ke temple nya...very hot hot hot here....langsung gelar kaen dehhh...
Akhirnyaaa yaa....perjuangan kita berhasil juga...sampelah kita di area temple. Untung aja masuk sini gratis gak pake bayar, langsung aja nyelonong masuk....open area gitu dari arah jalan raya.
Semua ini bermula dari saat gua liat temple putih ini di profil picture temen gua beberapa tahun lalu. Kok keren banget kuilnya. Tentunya gua langsung mencari tahu adanya dimana dan punya cita-cita suatu hari gua harus sampe ke tempat ini. Ehh, hari ini tercapai dehhhh....*terharu...*sujud cium tanah...lebayyy yaa ?! ( ahh udah biasa kann?! wkwkwkwk ). 
Lagi duduk terharu.....*masih gak percaya udah nyampe dimari....ck ck ck..
Dan untuk merayakan "pencapaian cita2" gua ini ( apaan seeehh?! ), harap maklum aja kalo postingan tentang Wat Rong Khun ini merupakan postingan yang bakal bertaburan foto2 narsis, Yahh kan namanya aja udah bisa sampe di tempat yang kita idam2kan sejak lama...rasanya kan gimanaaa gitu yaaa, terlebih lagi gua mah orangnya sangat menghargai hasil karya seni ( alibi doang ), jadi harus diliput dari setiap sudut dooongggg dan ujung2nya susah dipilih yang mana yang mau diposting fotonya, mending posting aja semuanya dahh...beress kann! wkwkwkwk....*pemalas... Siapin aja internetnya yang kencengan....kalo sampe lemot yah mau gimana lagi dongg yaa?! *berdoa barangkali? hehehe

Pembangunan kuil ini berlangsung dari tahun 1998 - 2008 dan baru dibuka untuk umum sekitar tahun 2009. Dan kita beruntung karena saat kita kesini udah boleh dimasukin kuilnya, soalnya sempat ditutup karena kena gempa tahun 2014 dan sekarang sih tampak masih dalam taraf renovasi....tapi teuteup kece lahhh! Warna putihnya tampil beda dengan kuil-kuil yang sedari kemaren kita liat. Warna putih menggambarkan kesucian sang Budha. Dan di beberapa bagian kuil adalah mozaik yang terbuat dari kaca sehingga tampak berkilauan saat terkena sinar matahari yang melambangkan wisdom, kebijaksanaan sang Budha yang bersinar cerah di seluruh bumi dan alam semesta.
Tampak 2 patung raksasa di depan gerbang masuk ke kuil, berbentuk ular tapi berbadan dan berkepala manusia yang dalam pose sedang mengangkat senjata...Secara garis besar, kuil ini melambangkan surga dan neraka dengan simbol2 dan ornamen yang ada di seluruh area kuil.
Di dekat pintu masuknya, banyak ornamen-ornamen yang menggambarkan setan, tengkorak, api neraka....ada juga gambar dilarang merokok dan botol minuman keras yang melambangkan kehidupan duniawi yang menyesatkan.
Eh ada kepala Allien juga disini? Ada kepala2 terpenggal yang digantung di pohon dengan ekspresi bermacam-macam...yang melambangkan kematian....
Yang digantungin disini juga beraneka ragam bentuknya,  seram-seram gitu.....melambangkan setan, kejahatan, neraka...
Semuanya unik-unik bentuknya....kerennn lahhh pokoknya..
Semuanya merupakan hasil karya seni yang indah.....tsahhhh! 
Pas kita sampe disini, masih gak terlalu rame pengunjungnya. Tapi sepuluh menit kemudian, langsung jadi lautan manusia karena turisnya rame banget gak berhenti-henti datang berombongan dengan bis-bis tour.
Duhh, harusnya kalo mau kesini lebih pagi lagi...pertama masih sepi ( ini penting banget! hehehe ), kedua gak terlalu panas mataharinya ( ini juga penting demi kesehatan kulit..prett! ). Manalah kuilnya warna putih kinclong bling2 gitu, jadinya kan silauuuu men!
Lhaa ini sekitar jam 11 an siang, lagi panas2nya bo! Tapi demi foto yang cetarrr, mau gimana lagi dong? ..*olesin krim antiUV yang banyak aja lah! hahaha...( begitu lepas kacamata , udah kayak panda, yang putih sekitaran mata doang, laennya gelap gosong...wewww! ).
Ck ck ck....kepikir yahhh mau bikin kuil sedemikian indahnya.....itu ukirannya serba detil, ngejelimet, tapi kerenn banget jadinya...
Karena tampil beda, kuil ini menjadi serbuan para turis yang ke Chiangrai dan menjadi salah satu landmark yang terkenal dari negara gajah. Kuil ini masuk ke dalam 7 keajaiban Thailand.
Tampak dari samping....kece badaii!
Saking teriknya, semua foto rasanya jadi too much exposure yaa ( terlalu terang )...apalagi kuilnya putih begitu..
Ceritanya ini mau masuk ke kuilnya tapi antriii rame bingit...*saya sih NO, gak tau mas Anang yaa...
Jadi kita melipir ke pinggir jalan raya ajaaa....ngadem di bawah pohon kamboja...
Namanya aja kuil hasil karya seniman, yah ornamen2 kuilnya bener-bener unik dan berbeda dengan kuil pada umumnya. Kata Syahrini mah : bukan kuil biasa...., Contohnya kayak yang ini....Kalo kata gua ini robot gituu yaa? Tapi kok kayak dewa2 ada mahkotanya yang meliuk-liuk gitu? Entahlah...*masih jadi misteri bagi gua...hahahha ( kan gak pake guide, jadi gak tau juga...hihihi ).
 
Nahh sekarang kita mulai masuk ke dalam area kuil ( teuteup ajaa tuhh kerumunan massa di belakang ga bubar-bubar..hehehe )....eh pas foto sama "robot" ini, pas banget tuh mahkotanya mantulin cahaya, jadi kayak pake lampu yaa
Selain kuil yang mayoritas berwarna putih semua, ada juga yang berwarna emas seperti ornamen di depan pintu masuknya ini....
Harus bersabar kalau mau foto "efek sepi kagak ada kerumunan orang"....hahaha, yahh saking sabarnya menunggu sepi ( yang ternyata kagak sepi-sepi juga malah bertambah rame orangnya dateng terus), hasilnya muka gosong2 kebakar dehh...hikss!
Ini tampak depan kuil....topinya udah mulai dipake aja deh...puanasss bo!
Wohooooo.....kesampean ngedeprok dimariii! with the blue sky...the white temple....everything looks perfect! Only photobomber in the back...never mind lah...hahhaa
Dibelakang gua itu adalah patung ratusan tangan yang menggambarkan tangan-tangan manusia yang terentang meminta pertolongan....
Tangan-tangan ini melambangkan penyiksaan di neraka, jadi manusia2 ini menerima karmanya sesuai dengan perbuatan mereka di dunia....hiyyy serem yaa
Ehh, ada jari yang pake kutek merah nih...hayoo ini jari siapaa yaa? hehehehe.
Ornamen2 yang ada disekitaran kuil ini keren-keren ukirannya dan warnanya bling2...
Ciri khas kuil di Thailand, di pintu masuk pasti ada sepasang patung naga
Di area depan kuil melambangkan area neraka, jadi  serem2 patungnya....
Untuk masuk ke dalam kuil, kita harus melewati jembatan yang sistemnya satu arah, kalau sudah berjalan ke depan, tidak boleh balik lagi. Yang artinya ini adalah seperti penggambaran bahwa manusia yang sudah berjalan dari area neraka ke area nirvana jangan balik lagi ke neraka...
Namanya juga turis yaaa...udah diumumin harus jalan terus, gak boleh berhenti sepanjang jembatan sampai ke depan kuil, tapi semua rata2 berhenti buat foto2 dulu, jadinya bikin macet dan antrian panjang deh. Petugasnya diujung sana teriak2 pake toa, udah pake bahasa Thai, bahasa Inggris dan pake bahasa Tiongkok, masih kagak mempan juga...hahahaha
Yahh kalo gua sih liat-liat sikon dulu....sabar aja nunggu sepi....kalo sepi kan boleh-boleh aja berhenti untuk sekedar foto sejepret dua jepret...( bohong banget...adanya puluhan jepret....wkwkwkwk ).
Nahh, kalo sepi kagak masalah kok....silakan ajaa foto disini ( itu kata gua loh ). Nah kuil yang di belakang itu bisa kita masukin, tapi gak boleh foto di dalemnya. Jiahhh, gua langsung males dehh mau masuk, apalah artinya kalo tanpa foto2 yaa kannn? *orang narsis dilawan! hahahaha. Jadi gua mah minggir ke pintu keluar, kagak ikutan masuk. Kata si Papi yang masuk, di dalem itu ada wall painting yang keren2, gambarnya tuh gambar Michael Jackson, the Beatles, Kungfu Panda, Sailor Moon, Doraemon, Harry Potter,, Neo Matrix, dll, ..(wowww! ), keren juga yaaa *nyesel kagak masuk! Rupanya seniman pembuat kuil ini ingin memadukan budaya tradisional dan masa kini di dalam kuilnya sebagai bagian dari sejarah, memilih superhero masa kini untuk menggambarkan pertarungan antara baik dan jahat. Si Papi gak berani foto karena diliatin petugasnya, lagipula di dalam itu masih dalam taraf pengerjaan, banyak steger dan alat2 renovasi disana...tapi pas gua googling, ternyata ada juga yang posting foto2 di dalemnya tuh.....apa dulu boleh kali yaa?!
Yah bayangin aja kalo lagi banyak orang berdiri di jembatan terus masing2 mau foto, yahh atuhh bisa panjang yang antri mau masuk....Kalo sepi gini kann santaiii....mau hadap kiri kek, hadap kanan kek...suka-suka aja, asal tahan panas matahari aja...hahaha
Ada kolamnya juga dengan ikan yang berwarna putih melambangkan sungai yang membagi antara dunia fana dan surga.
Pokoknya sekali kesini, harus foto yang banyak lah....
Once in your life time tohhh? yahh syukur2 sih punya rejeki bisa balik lagii...tapi kan masih banyak negara lain yang mau dikunjungi....jadii teutepp! fotonya yang banyak aja dah intinya mah, balik gak balik urusan nanti aja! wkwkwkwk
Patung naganya keren yaaa....
Oh iya, pas disini kita berasa kan terik banget gitu yaa, dan tiba2 aja mendung sesaat. Pas nengok ke atas langit, kita liat fenomena aneh ini....*gua berasa serem kayak mau kiamat ( kebanyakan nonton pilem...wkwkwkwk ). Katanya ini disebut fenomena halo..... hallo...is it me you're looking for?
Begitu keluar dari kuil, kita bakal nemuin gazebo cantik ini...( gua kira tadinya kereta Cinderella....*mata siwer! hahaha ).
Ada apahan sih di dalam gazebo ituu? Ohh ternyata ada kolam yang penuh dengan koin...
Okee dehh...mariiii make a wish and throw the coin...let's see what happened then ...wish nya keliling eropa someday...semua bilang apaaaah??! Aminnnnnn! ( makasih yaaa doanya...doa orang banyak pasti terkabul...*ketinggian ngayalnya..hahhaha ). Masalahnya satu : orang lain juga sibuk berdoa untuk diri mereka sendiri keleusss, ngapain doain mamie funky ke europe! *lemparin koin banyakan dehh biar bener-bener terkabul...*anaknya ngeyel. Yo wiss, biar kata gak ke europe, ke US boleh dah, atau ke Ausie tak apa lah....yahhh minim-minim keliling Jawa wis ora opo-opo...yang penting judul nya keliling-keliling lahhh....*ujung2nya pasrah..hahahhaa
Di langit-langit gazebo nya ada semacam "lampu"...lampu bukan sih ini tehh? *gak yakin karena siang2 gini kan gak nyala....anggap aja lampu dehh yaaa *masa harus ditest ke sini malem2? hahahhaa
Di samping gazebo itu, ada pohon natal yang menjulang tinggi....( bukan lah...ini bukan pohon natal tentunya ).
Terus banyak yang beli gantungan2 itu tuh...gua mah ikut-ikutan aja beli *anaknya gak mau kalah...hihihi
Nahh ditulisin dehh di gantungan itu apa harapan ( doa ) kita....hahahha, itu yang pake topi gayanya udah eksis poll!
Ahhh, tiba-tiba otak gua beku, kagak tau mau nulis apa. Gua kan bukan pujangga, tidak pandai merangkai kata2 indah, jadi nulis seadanya aja....hahahaa
Udah ditulis, sekarang saatnya digantung dehh...disini ada dua pohon, tinggal pilih yang mana aja deh...
Yupp, digantung disini aja dahh...
Udahh kegantung disini....
Disini nih...dipohon yang paling depan...nanti kalo kesini lagi harus cek masih ada gak nihh gantungan kita....hehehe
Di bagian belakangnya masih ada lagi bangunan kuil versi mini...
Widihhhh, langitnya mendukung banget yaaa....
Di belakangnya masih terlihat lahan kosong yang katanya bakal masih dibangun beberapa bagian lagi. Katanya total luas kuil Wat Rong Khun sekitar 3 hektar...ck ck ck..kebayang kan kalo udah jadi semua satu komplek, bakal tambah lama nihh mau keliling2 disini. Ini aja kita habisin waktu sekitar 2 jam an disini. Kayak gini workshop nya....
 Patung-patungnya banyak yang keren-keren....
 
Foto lagi dari samping saat mau jalan keluar
Bangunan emas ini adalah toiletnya....*celangap. Toilet aja dibikin sekeren iniii!
Bener-bener kontras yaa, disisi sana serba putih bling2, di sisi sini serba keemasan kinclong...Emas disini katanya melambangkan keserakahan duniawi..
Lihat aja nih area dalam toiletnya...betah kann disini? hahahhaa
Dan gua sama sekali gak tau kalo yang gua foto ini adalah "otak" dibalik kuil ini. Gua gak sengaja cuma narsis iseng foto sama apa aja diarea kuil ini kan. Ehh taunya inilah yang bernama Mr.Chalermchai Kositpipat yang memprakasai pembangunan kuil ini dan merupakan seorang seniman terkenal di Thailand. Thanks to him deh....punya ide briliant kayak gini sehingga bikin gua bisa berada di tempat seindah ini...*kecup basah! ( selanjutnya silakan Googling sendiri aja yaa sejarah Wat Rong Khun dan pendirinya ini ).
Nahh, dari tadi kan gak ada foto si Alvin dan Miko....mereka tuh gua "titipin" di cafe yang ada di sebelah kuil. Disini mereka duduk ngadem dan nunggu kita foto2 di dalam...hahahha. Cuma modal beli minuman udah dapet wifi gratis dan bisa nitip anak....*jenius kann! Habisnya anak2 udah bete kecapean, ngantuk dan kepanasan, gak mau ikut keliling2 disini.
Nahh begitu kita balik ke cafe itu, udah waktunya makan siang. Di seberang cafe ada resto yang jualan nasi hainam dll, Jadi kita pesan makanan disitu, tapi makannya numpang di cafe tadi. Untung orangnya baik-baik yaa disini...hehehe. Rasa nasi hainamnya enakkk bingitt! Sampe nambah lagi. Terus ceritanya kita pesen bakmi, bilangnya noodle2 aja, yang dateng bentuknya kayak kwetiau lebar-lebar gitu, bukan seperti bakmi yang kita bayangin. Tapi rasanya juga enakk.....Total semua sekitar 290 bath ( sekitar Rp. 116.000 ). Murah juga kann....
Sesudah makan, kita foto dulu bareng2...tadi kan anak2 gak mau foto saking kepanasan....Eh ternyata, jam 12 s/d jam 13 tuh kuil ditutup karena jam istirahat pekerjanya. Ho ho ho...betapa sepinya disini....kalo gitu mah nunggu jam 12 aja yaaa, daripada tadi emosi jiwa sama orang lalu lalang kalo mau foto....( tapi aseli panasssssnya kayak neraka bocor! hahhaha ).
Berhubung tujuan kita ke Chiangrai cuma ke Wat Rong Khun doang, jadi dari sini kita mau langsung ke airport. Udah tanya2 sama pelayan cafe, apa ada taxi atau songthew yang bisa kita sewa? Mereka bilang ada taxi panggilan dan dikasih nomor teleponnya. Tapiii....kita kan kagak ada sim card Thailand, pegimana mau teleponnya kakakkk? Nyegat songthew juga kagak ada. *mulai panik.. Hmmm, untunglah God is good all the time. Si auntie tukang nasi hainam nolongin kita teleponin tukang taxi buat jemput kita disini dan antar ke airport. Thanks God! Thanks auntie nasi hainam....Tidak lama kemudian taxinya dateng deh. Sempet mau nawar2 taxinya sihh, tapii namanya juga taxi panggilan, yahh harganya fix 300 bath ( Rp. 120.000 ). Yah sudahlah...tarikkk mang!
Ternyata jauh juga loh dari Wat Rong Khun ke airportnya, sekitar 25 km. *kata uncle taxi : makanya jangan nawar2 ...Coba aja jalan kaki. hahahha. Sekitar 1/2 jam perjalanan sampelah kita di bandara Chiangrai...kayak ginilah penampakannya....
Baru tau kannn nama bandara di Chiangrai tuhh? Mae Fah Luang....Coba kalo gak kesini, yah gua gak akan pernah tau deh, kan udah gak ada pelajaran IPS...hehehhe *tapi kalo mau tau teutep bisa googling kannn?!...masalahnya gua tuh anaknya suka gak mau tau...Jiahhhhh...*jadi panjang sih?!
Kayak gini lah bagian dalam bandara Mae Fah Luang Chiangrai International Airport....sepii yaa..
Di ruang tunggu nya pun agak sepi nih.....masa cuma penerbangan kita doang ya?
Akhirnya.....kita udah di pesawat nihh... tampak kota Chiangrai dari atas ...masih banyak lahan2 kosongnya yaaa ...
Bye-bye Chiangrai.....kita terbang balik lagi ( lagi?! ) ke Bangkok...mumpung dapet tiketnya murah nihh ber 4 cuma Rp. 700.000 an. Sama seperti kemaren kita terbang dari Bangkok ke Chiangmai, harganya sekitar segitu. Murah kannn?! Makanya dari Chiangrai ini kita ambil itinerarynya balik ke Bangkok lagi dehh....
Selanjutnya....dari Bangkok baru deh kita menuju ke tempat wisata sejuta umat yaitu Pattaya...
Nantikan ceritanya, jangan kemana-mana teuteup pantengin blog ini yaaa.....Ciaobellaaaa!

32 comments:

  1. serem banget ya patung2 yang digantung2 itu... kalo malem2 pasti ngeri tuh. hehehe.

    temple putih nya keren sekali ya yan... asli keren. belum pernah tau gua sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Man...serem2, namanya aja melambangkan neraka....makanya kuilnya ga buka sampe malem kayaknya...hahahha, ga ada yg kesini malem2 juga kali

      Delete
  2. astaga ce, balik lage ke bangkok? hahaha untung anak2 loe dah gede yak ce....
    gw pernah tuh ke Wat Rong Khun... bagus banget... gw inget di bagian dalem, ada banyak bikhu2 gitu, kayak didoain atau diapain, terus beli gelang2nya gitu....
    turis2 disuruh masuk semua.. hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, ke bkk bolak balik jadi tempat transit doang jadinya...maklum lah tiket murce...waktu disini ga ada bhiku gitu fun...,ramenya turis tiongkok...hahaha

      Delete
  3. White templenya keren bangeeet.. Makasih Ci Yance. Nanti jalan ke Thailand pasti buka blog ini deh. Mihihihi.. Sama kayak Ko Arman, itu yang digantung serem beneeer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kerenn Dan...beda aja warna putih gitu, cuman emang serem kepala digantung2 gitu

      Delete
  4. Ci, kalau dapat tiket pesawat murah bagaimana? Bagi tips nya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, saya pikir sih faktor untung2an juga ya....biasanya sih langsung cari ke website airlines yang lagi promo, misalnya AA, Cebu,Tiger, dll yang low cost punya lah. Saya search aja ke beberapa negara jangkauan mereka, yah kalo kebetulan dapet murah2, langsung bikin itinerary dadakan, di otak udah kebayang dari kota ini mau menclok kesini, lanjut ke kota situ, sekalian langsung booking tiket nya...jadi saya ga pasang target mau kemana, tapi tiket apa yg termurah baru dicari tempat wisatanya apa...*saya mah gitu orangnya....hahahaa

      Delete
  5. Bagus banget ci templenya. Pantes aja deh dibela-belain ya naik bus ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa udah terobsesi mau kesini, jadi dijabanin dehh

      Delete
  6. wah ini baru asik temple-nya, diantara semua temple, ini yang paling menarik. Kereeen.
    Dan buat ibu yang balita-nya muntah, I feel you too !!!! hahaha pasti8 rempong dan bete dah pas anaknya muntah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa keren kann... rame banget disini

      Delete
  7. seru ya perjalanannya :)
    itu ukirannya pada bagus-bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ukirannya detil dan njelimet banget....

      Delete
  8. Mamie .. Pingin banget ke sini. Kok bisa bagus banget ya. Sampe lihat foto2 mamie sampe ngiler aku hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh kamu kan blom pernah ke Chiangmai tuh, sekalian deh kesini....bulan desember enak adem2 do, kulit ndak gosong...hahaha

      Delete
  9. Wuidiiih..temple nya emang keren abis Mam...
    Gak sia2 lah semua perjuangannya yah :))

    Dan itu maksudnya Mamie & anak2 mainan ke temple sembari menggeret koper & ransel gitu yah? Asyik banget siiih bisa ala backpacker kalo anak2 udah gede mah yah hehehe...

    Lanjut ceritanya Maaaam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah ry, ga sia2 dahh. Kita cuman bawa ransel doang, ga sampe gerek2 koper sihh

      Delete
  10. kuilnya paling keren yang ini yan.
    tapi serem ya byk patung aneh gitu.
    kalo bawa anak gw pasti ketakutan ga berani liat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang serem2 patungnya lim....tapi keren diliatnya ya...

      Delete
  11. Aduh kereeennnn... bagusss... putih semuaaaa! Eh tapi di bagian yang hell itu, kalau kita masih anak-anak sih pasti kebawa deh bayang2 seremnya itu. Pas gue masih kecil soalnya pernah dibawa ke kuil manaaa gitu, yang ada gambar2 bayangan neraka. Sampe rumah dan mau bobo pun jadi kebayang2 dan ga bisa tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua baru ngeh juga sih le, kemaren anak2 balitanya ga keliatan berkeliaran disini. Rata2 orang dewasa dan remaja. Mungkin nunggu di bis....( sotoy).

      Delete
  12. Wahhh klo white temple nya mah keceehhh badai ya ci, kudu berapa bulan sekali tuh ngecat ulang biar kinclong trus, tp gantungan kepala2 gt ndk banget ci bikin merinding hahhahaha...memang mental tempe ya ak nya ngeliat toilet di area kuil kok serem sendiri ya ahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, elu malah mikirin ngecatnya ya mir...abis putih gitu kan cepet kotor yaaa

      Delete
  13. temple-nya bagussss tapi yang tangan-tangan itu horror yaaaa...

    ngayal ke us ato eropa tuh harusss... soalnya AA & cebu mau buka rute ke honolulu dan AA juga mau buka Londan lagi.. coming soon katanyaahhh hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh ciyuss nih Xiao AA mau ada flight ke US eropa gitu? Doa gua bakal terkabul dong yaaa....hahahaha, makanya kemaren lempar koinnya udah banyakk bgt..,wkwkwwk

      Delete
  14. Ci tempelnya bagus bgt ya! Dl pernah liat org prewed dsana kerenn banget! Kyknya sih bener di tempel yg ini soalnya putihh smua.. keren euy.. cmn ga nyangka itu ad detail" tangan" kyk dineraka.. horror juga.. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh ada yang kepikiran mau foto prewed disini yaa jur? iyahh agak serem sihh kalo yang bagian neraka2 gitu mah...ada kepala2 orang, tangan2 itu juga serem...hehehe, pengantennya gotic kali themanya...

      Delete
  15. Beneran jadi konclong foto2nya ya ci.. Tapi asli serem bgt itu kepala digantung2.. huhuhu.. Sama tangan2 itu jadi merinding sendiri liatnya.. *Py anaknya cemen*

    Btw, bawa baju brp biji ci seransel gitu? Laundry kah selama liburan ini? Apa cukup aja bajunya? hihii.. Tetiba nongol pertanyaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang tuh kepala yang digantung2 itu horor dahhh py. Kita bawa baju secukupnya, sesuai jumlah hari tripnya, 10 hari yah sepuluh kaos, sisanya beli...hihihiihi ( modus ).
      semuanya dipadetin ke ransel, untungnya muat sih...hahaha

      Delete
  16. pembangunan temple ini belum berhenti juga sampai sekarang ya mba', ke sana 3 tahun lalu penampilannya beda banget dengan yang postingan ini, bangunan-banguan di sekitar hampir semuanya belum ada. setidaknya pas ke sana bukan pas terik tapi malah mendung :)

    http://bludstory.blogspot.co.id/2015/04/mengintip-surga-di-wat-rong-khun.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih dibangun terus, kalau udah selesai semua boleh kesini lagi deh ...lahannya masih luas yg belum dibangun..

      Delete